10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Jika Anda ingin mengubah kesan pada mata secara instan, Anda bisa menggunakan softlens warna. Softlens warna merek Exoticon adalah yang paling populer dan tersedia dalam beberapa seri seperti X2, Bio, dan Ice. Dengan banyaknya jenis dan merek softlens warna, wajar saja jika Anda bingung dibuatnya, bukan?

Pada artikel ini kami akan memberikan tips memilih sotflens warna serta 10 rekomendasi softlens warna terbaik. Softlens yang kami rekomendasikan telah kami pilih berdasarkan harga, kualitas, dan jangka waktu pemakaian. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan softlens warna dengan cantik tanpa khawatir merusak kesehatan mata Anda.

Daftar isi

Cara memilih softlens warna 

Softlens warna yang baik tidak hanya membuat mata Anda jadi lebih indah, tetapi juga nyaman dipakai. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan empat hal berikut ini sebelum membeli softlens warna. Yuk, simak apa saja empat hal yang perlu diperhatikan tersebut!

Pilih berdasarkan warnanya

Pilih berdasarkan warnanya

Softlens warna yang Anda gunakan harus sesuai dengan karakter wajah Anda agar terkesan alami. Bagi orang Indonesia, menggunakan softlens berwarna cokelat sangat disarankan karena tidak begitu mencolok dan cocok dengan karakter wajah kebanyakan orang Asia Tenggara. Jika bosan dengan warna cokelat, Anda juga bisa mencoba warna hazel atau hijau karena masih cocok dengan wajah Asia.

Selain karakter wajah, tempat tujuan menggunakan softlens juga perlu dipertimbangkan. Mungkin Anda bisa bebas bereksperimen menggunakan softlens berbagai warna jika tujuan Anda ke pesta kostum, tetapi jika Anda ingin menggunakan softlens di sekolah atau di kantor sebaiknya pilihlah warna yang tenang dan tidak begitu mencolok.

Pilih berdasarkan masa berlaku pemakaiannya

Pilih berdasarkan masa berlaku pemakaiannya

Softlens tidak dapat dipakai untuk jangka panjang sehingga Anda perlu memperhatikan masa berlaku pemakaiannya. Biasanya, masa berlaku pemakaian softlens adalah satu hari, dua minggu, satu bulan, bahkan hingga 6 bulan. Softlens yang masa berlaku pemakaiannya hanya satu hari paling direkomendasikan karena kebersihan softlens bisa terjaga sehingga mata Anda pun tetap sehat.

Masa berlaku penggunaan softlens berpengaruh pada harga. Softlens sekali pakai harganya lebih mahal dibandingkan dengan softlens yang masa berlaku pemakaiannya hingga dua minggu atau satu bulan. Jika Anda mempertimbangkan nilai ekonomis, softlens dengan masa pemakaian hingga dua minggu atau satu bulan sangat disarankan, tetapi Anda perlu memperhatikan kebersihan softlens tersebut agar tetap higienis walau dipakai berkali-kali.

Perhatikan diameter warna softlens 

Perhatikan diameter warna softlens

Pada setiap kemasan softlens terdapat keterangan ukuran diameter lensa yang ditulis dengan kode “DIA”. Akan tetapi, kali ini diameter yang kami maksud bukanlah diameter lensa, tetapi diameter area lensa yang diberi warna. Diameter lensa akan memengaruhi kenyamanan dalam pemakaian softlens, sedangkan diameter warna perlu diperhatikan untuk menentukan kesan yang akan muncul pada mata Anda.

Semakin besar ukuran diameter warna, iris mata Anda juga akan terlihat semakin besar. Memakai softlens dengan diameter warna yang besar memang dapat membuat mata yang kecil terlihat lebih besar dan cantik. Akan tetapi, diameter warna yang terlalu besar akan menimbulkan kesan tidak alami sehingga Anda tetap perlu mempertimbangkan ukuran yang cocok agar tetap terlihat alami di mata Anda.

Periksalah status perizinan dan keamanan merek dagang softlens 

Periksalah status perizinan dan keamanan merek dagang softlens 

Di Indonesia, softlens digolongkan ke dalam alat kesehatan. Menurut undang-undang nomor 36 tentang kesehatan pasal 106 ayat 1, setiap alat kesehatan dan produk farmasi yang dijual di Indonesia harus memiliki izin edar. Untuk memastikan keamanannyapendistribusian softlens juga perlu didaftarkan di Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Anda bisa memeriksa perizinan produk softlens di www.infoalkes.depkes.go.id untuk memastikan softlens yang Anda beli aman dan sudah terdaftar di Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Apabila suatu produk softlens tidak terdaftar dalam website tersebut, Anda patut waspada karena softlens tersebut belum teruji keamanannya.

10 Rekomendasi softlens warna terbaik

Kami telah memilih 10 produk softlens terbaik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Tentukan softlens yang akan Anda beli dengan mempertimbangkan poin-poin pada cara memilih yang telah kami jelaskan di atas.

10. Eos Almond Brown Color Lens

10. Eos Almond Brown Color Lens

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga: Rp 69.000

Beri kesan mata cantik seperti boneka

Softlens Eos Almond Brown ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki mata sipit karena softlens ini memberikan efek mata besar seperti boneka berkat lingkar hitam di pinggiran lensanya. Namun, Anda tak perlu khawatir penampilan mata Anda terlihat tidak natural sebab warna cokelat almonnya mampu memberi efek alami nan cantik.

Softlens ini dapat digunakan hingga 12 bulan tentunya dengan perawatan yang baik agar tetap higienis dan awet. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan softlens lainnya, kadar air pada softlens ini hanya 38% sehingga Anda perlu meneteskan cairan khusus pada mata setiap beberapa jam sekali agar tetap nyaman dipakai.   

 9. Exoticon X2 Ice No.8 The Nude Lens Hazel

 9. Exoticon X2 Ice No.8 The Nude Lens Hazel

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 45.000

Menimbulkan efek mata polos bayi yang bulat

Setiap corak pada softlens akan menimbulkan efek yang berbeda. X2 menghadirkan softlens dengan corak kilau mata hazel natural dan tone lingkar hitam yang memberikan efek mata bulat seperti bayi. Softlens ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin memberi kesan polos pada mata Anda.

Akan tetapi, softlens ini memiliki diameter lensa cukup lebar jika dibandingkan dengan softlens lainnya, yaitu sebesar 16 mm sehingga mungkin tampak kurang natural. Oleh sebab itu, softlens ini cocok dipakai hanya pada saat-saat tertentu dan tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari.

8. Exoticon X2 Diary Brown

8. Exoticon X2 Diary Brown

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 113.300

Softlens dengan sembilan pilihan warna

X2 Diary memberikan sembilan pilihan warna-warna yang cantik yang akan menyatu dengan warna asli mata Anda dan menimbulkan kesan unik nan alami yang sangat cantik. Jika Anda ingin menggunakan softlens ini untuk penggunaan sehari-hari, kami merekomendasikan warna cokelat seperti di gambar.

Anda tidak perlu ragu untuk memilih softlens ini karena softlens ini cocok untuk segala jenis warna mata. Masa pemakaian softlens ini mencapai 12 bulan sehingga Anda bisa berhemat. Akan tetapi, ingatlah selalu untuk memperhatikan kehigienisan softlens supaya mata Anda tetap sehat.

7. Lumiere Softlens Winter Melon

7. Lumiere Softlens Winter Melon

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 85.000

Nyaman dipakai hingga 12 jam

Rasa tidak nyaman seringkali muncul saat menggunakan softlens karena bahan softlens yang tebal dan kaku. Kini masalah tersebut tidak perlu Anda jumpai lagi karena softlens dari Lumiere ini terbuat dari bahan yang sangat lembut dan tipis. Kini, Anda bisa merasa nyaman mengenakan softlens bahkan hingga 12 jam! 

Softlens ini cocok untuk Anda yang sibuk dan membutuhkan softlens nyaman yang bisa digunakan seharian. Softlens ini semakin luar biasa karena dilengkapi dengan pelindung sinar ultraviolet. Masa pemakaiannya yang mencapai 12 bulan juga membuat Anda semakin hemat, bukan?

6. Dreamcon Valentine Series

6. Dreamcon Valentine Series

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 125.000

Bebas gatal dengan softlens antibakteri

Dreamcon menghadirkan softlens antibakteri yang mencegah mata gatal dan iritasi. Sifat antibakterinya membuat softtlens ini aman digunakan di luar ruangan yang penuh debu dan polusi. Oleh karena itu, softlens ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan seharian.

Selain itu, softlens ini juga dilengkapi dengan UVA 75% dan UVB 99% yang memastikan softlens aman digunakan di bawah sinar matahari langsung. Terdapat tiga warna pilihan, yaitu cokelat, abu-abu, dan biru, tetapi kami menyarankan Anda menggunakan softlens warna cokelat apabila digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

5. Sweety Spatax Brown

5. Sweety Spatax Brown

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 75.000

Tanpa motif di pinggiran lensa menimbulkan efek natural

Jika Anda mencari softlens yang memberikan efek sangat natural, softlens dari Spatax ini sangat direkomendasikan untuk Anda.  Softlens ini tidak memiliki motif lingkar hitam di pinggirannya sehingga membuat mata Anda terlihat cantik natural. Warna cokelatnya juga terlihat alami dan membuat mata Anda tampak segar dan bersinar.

Softlens ini memiliki diameter lensa 14,5 mm yang sangat pas untuk mata kebanyakan orang Indonesia. Softlens ini juga sangat nyaman digunakan karena memiliki kadar air 40%. Anda dapat menggunakan softlens ini sampai satu tahun, tetapi ingat untuk selalu menjaga kebersihan softlens saat akan digunakan kembali.

4. Gel Berry Black Choco

4. Gel Berry Black Choco

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga: Rp 29.999

Nyaman dipakai berkat softlens berbahan dasar gel 

Kadar air softlens berbahan gel ini lebih banyak jika dibandingkan dengan softlens lain yakni mencapai 55% sehingga softlens ini sangat nyaman dipakai. Oleh karena itu, kami merekomendasikan softlens ini untuk pemula yang belum terbiasa menggunakan softlens karena efek nyaman yang ditimbulkannya.

Softlens ini memiliki diameter lensa 14.5 mm yang cocok digunakan oleh orang Indonesia. Warna hitam atau coklat lembutnya mampu mempercantik mata Anda dan terkesan alami. Anda dapat menggunakan softlens ini berkali-kali karena masa berlaku pemakaiannya mencapai enam bulan.

3. Ageha Natural Brown

3. Ageha Natural Brown

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 185.000

Softlens warna untuk mata minus

Softlens menjadi pilihan ketika bosan menggunakan kacamata, apalagi kini terdapat softlens untuk mata minus dalam berbagai pilihan warna. Salah satu produk yang kami rekomendasikan adalah softlens dari merek Ageha. Selain menjadikan penglihatan Anda normal, softlens berwarna cokelat natural ini akan membuat mata Anda terlihat cantik.

Jika Anda memiliki mata minus dengan tingkatan yang berbeda antara kiri dan kanan, Anda juga bisa memesan sesuai kebutuhan mata Anda. Meski bisa digunakan hingga enam bulan, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan softlens Anda karena softlens yang kotor rentan terhadap bakteri dan bisa membuat mata Anda iritasi.

2. Exoticon Ice Silver Light Grey

2. Exoticon Ice Silver Light Grey

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 47.499

Warna terang dengan sistem berlapis dan polimerisasi

Kebanyakan softlens memang dapat dipakai selama enam bulan sampai satu tahun. Akan tetapi, dengan jangka waktu tersebut, terkadang warna pada softlens cepat memudar. Exoticon sebagai merek softlens ternama membuat softlens dengan teknologi polimerisasi dan sistem berlapis sehingga membuat warna lensa tetap terang walau dipakai dalam jangka waktu lama.

Softlens ini direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan warna softlens tetap sama seperti saat pertama Anda membelinya. Warna light grey pada softlens ini menimbulkan kesan alami sehingga bisa Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Terlebih, softlens ini aman karena sudah terdaftar ini Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, lho.

1. Exoticon X2 Bio Softlens Brown Byonce

1. Exoticon X2 Bio Softlens Tipe Brown Byonce

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga: Rp 60.500

Aman untuk mata sensitif dengan teknologi sandwich dyeing doughnut 

Softlens yang terlalu tebal bisa membuat mata Anda iritasi karena kekurangan oksigen. Melalui teknologi sandwich dyeing doughnut, X2 menciptakan softlens yang aman untuk mata sensitif karena teknologi tersebut mampu membuat mata memperoleh oksigen lebih banyak. Pelindung sinar ultravioletnya juga membuat softlens ini aman digunakan saat hari sedang terik.

Oleh karena itu, softlens ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki mata sensitif karena Anda tetap dapat mempercantik mata tanpa melupakan kesehatan mata. Softlens ini memiliki kadar air cukup banyak yaitu 45% sehingga sangat lembut untuk mata. Masa waktu pemakaian softlens ini adalah enam bulan sehingga bisa Anda gunakan berulang kali.

Kesimpulan

Softlens yang dijual di Indonesia kebanyakan memiliki jangka waktu pemakaian lebih dari enam bulan. Memang softlens tersebut dapat digunakan berkali-kali, tetapi rentan terhadap bakteri sehingga Anda perlu memastikan kebersihan softlens yang Anda gunakan.

Kami harap produk yang kami rekomendasikan di atas dapat membantu Anda memilih softlens yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan tujuan pemakaian agar mata Anda semakin tampak cantik alami.