• 10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Jika ingin mengubah kesan pada mata secara instan, Anda bisa menggunakan softlens warna. Anda pasti sudah pernah mendengar merek Exoticon dan beberapa serinya seperti X2 dan Ice. Ada pula FreshKon, EOS, dan sebagainya. Dengan banyaknya jenis dan merek softlens warna, wajar saja jika Anda bingung dibuatnya, bukan?

Kali ini, kami akan memberikan tips memilih softlens warna serta sepuluh rekomendasi softlens warna terbaik. Softlens yang kami rekomendasikan telah kami pilih berdasarkan harga, kualitas, dan jangka waktu pemakaian. Jadi, Anda dapat menggunakan softlens warna yang cantik tanpa merusak kesehatan mata Anda.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Elly Minarni
  • Pembaharuan terakhir: 04 Februari 2021
  • 136.353 Views
Daftar isi

Cara memilih softlens warna

Softlens warna kini sering digunakan banyak orang sebagai pelengkap fashion. Namun, selain memperhatikan desain, Anda juga harus memastikan bahwa softlens tersebut aman untuk digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum membeli softlens warna. Yuk, simak apa saja hal yang perlu diperhatikan tersebut!

Pilih berdasarkan masa berlaku pemakaiannya

Pilih berdasarkan masa berlaku pemakaiannya

Softlens tidak dapat dipakai untuk jangka panjang sehingga Anda perlu memperhatikan masa berlaku pemakaiannya. Biasanya, masa berlaku pemakaian softlens adalah satu hari, dua minggu, satu bulan, bahkan hingga 6 bulan. Untuk Anda yang tidak terlalu sering menggunakan softlens, kami merekomendasikan softlens dengan masa berlaku pemakaian satu hari. Softlens dengan masa berlaku pemakaian satu hari lebih higienis sehingga kesehatan mata Anda tetap terjaga.

Apabila Anda memilih softlens dengan masa berlaku pemakaian 2 minggu atau lebih, Anda perlu memperhatikan perawatannya. Anda perlu membersihkan softlens dengan baik di setiap penggunaan. Masa berlaku penggunaan softlens berpengaruh pada harga. Softlens dengan masa berlaku pemakaian 2 minggu atau lebih mempunyai harga lebih murah dibanding softlens sekali pakai. Jika Anda mempertimbangkan nilai ekonomis, softlens dengan masa pemakaian hingga dua minggu atau satu bulan sangat disarankan.

Cek curve dan kadar air supaya lebih aman saat digunakan

Selanjutnya kami akan menunjukkan beberapa poin yang harus Anda perhatikan supaya tetap aman saat menggunakan softlens. Mohon Anda perhatikan dengan baik setiap poin sehingga Anda terhindar dari kesalahan saat menggunakan softlens.

Sesuaikan base curve (BC) softlens dengan mata Anda

Sesuaikan base curve (BC) softlens dengan mata Anda

Setiap jenis softlens, baik softlens warna maupun bening, mempunyai base curve (BC) yang mengikuti kurva bola mata. Setiap bentuk mata juga mempunyai base curve yang berbeda dan hanya bisa diukur oleh ophthalmologist. Jadi, pastikan Anda mengukur base curve bola mata Anda di ophthalmologist sebelum memilih softlens.


Softlens warna pada umumnya memiliki base curve dengan ukuran 8,6 hingga 8,8 milimeter. Apabila ukuran base curve kecil, akan terasa ketat saat digunakan di mata. Jadi, penting bagi Anda memilih base curve softlens yang sesuai dengan ukuran mata agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan.

Cek kadar air dan sesuaikan dengan kondisi mata

Cek kadar air dan sesuaikan dengan kondisi mata

Kadar air di dalam sebuah softlens merupakan indikator kemampuan softlens dalam menyimpan air. Apabila tipe mata Anda membutuhkan kadar air tinggi, pilih softlens dengan kadar air 50% ke atas. Sebaliknya, pilih softlens dengan kadar air kurang dari 50% apabila mata Anda tidak membutuhkan kadar air tinggi.


Anda yang baru ingin mencoba memakai softlens bisa milih dengan kadar air tinggi. Softlens dengan kadar air tinggi lebih mudah untuk digunakan karena tidak cepat kering. Namun, tipe ini banyak menyerap air mata sehingga sebaiknya tidak digunakan dalam jangka waktu lama. 


Jika mata Anda kering, pilihlah softlens dengan kadar air rendah. Ini karena tipe ini tidak banyak menyerap air mata. Namun, jangan memakainya terlalu sering karena bisa membuat mata Anda kekurangan oksigen.

Periksalah status perizinan dan keamanan merek dagang softlens

Periksalah status perizinan dan keamanan merek dagang softlens
Di Indonesia, softlens digolongkan ke dalam alat kesehatan. Menurut undang-undang, setiap alat kesehatan dan produk farmasi yang dijual di Indonesia harus memiliki izin edar. Hal tersebut ditulis pada Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 106 ayat 1. Untuk memastikan keamanannya, pendistribusian softlens juga perlu didaftarkan di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Anda bisa memeriksa perizinan produk softlens di website Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Apabila suatu produk softlens tidak terdaftar, Anda patut waspada karena softlens tersebut belum teruji keamanannya.

Ketahui poin-poin untuk menentukan desain yang paling cocok untuk Anda

Selain poin yang telah kami sebutkan di atas, Anda juga perlu memperhatikan warna, diameter, dan ketebalan softlens. Pembahasan ini akan makin membantu Anda memilih softlens warna yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Sesuaikan warna softlens dengan image yang ingin Anda tampilkan

Sesuaikan warna softlens dengan image yang ingin Anda tampilkan

Anda harus memilih warna softlens sesuai image yang ingin Anda tampilkan dan lingkungan saat Anda menggunakan softlens. Apabila menyukai gaya natural, Anda dapat memilih softlens warna cokelat yang mirip dengan warna asli mata. Softlens warna cokelat merupakan salah satu warna populer dan cocok Anda gunakan untuk ke sekolah atau bekerja.


Warna biru atau hijau cocok untuk Anda yang ingin terlihat seperti orang blasteran. Pilih softlens yang mempunyai beberapa lapisan warna supaya terlihat lebih menyatu dengan warna asli mata. Warna-warna lembut seperti dark bworn juga cocok untuk semua usia mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Perhatikan ukuran diameter dan diameter warna softlens

Perhatikan ukuran diameter dan diameter warna softlens
Pada setiap kemasan softlens terdapat dua keterangan ukuran. Ukuran yang pertama adalah keterangan diameter lensa yang ditulis dengan kode DIA. Ukuran yang kedua adalah ukuran yang disebut dengan diameter warna. Diameter lensa akan memengaruhi kenyamanan dalam pemakaian softlens.

Sementara itu, diameter warna akan menentukan kesan yang muncul pada mata Anda. Rasio ideal area hitam dan putih sebuah mata adalah 1 (putih) : 2 (hitam) : 1 (putih). Anda sebaiknya memilih softlens yang mirip dengan rasio tersebut. Sayangnya, produsen dan seller jarang menyebutkan informasi mengenai diameter warna ini.


Anda dapat memilih softlens dengan diameter 14 milimeter apabila menginginan softlens yang tidak terlalu pas di mata. Softlens dengan diameter 14,2 milimeter memberikan kesan natural dan softlens dengan diameter 14,5 milimeter memberikan kesan tegas.

Diameter warna berukuran 13,1 milimeter ke bawah direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan kesan natural seperti pupil asli. Apabila Anda menginginkan sedikit efek membesarkan mata, Anda dapat memilih ukuran 13,5 milimeter. Namun, apabila Anda ingin terlihat seperti mata boneka, Anda dapat memilih ukuran mulai dari 13,6 milimeter.

Sesuaikan ketebalan softlens dengan jenis kelopak mata

Sesuaikan ketebalan softlens dengan jenis kelopak mata

Softlens mempunyai dua tipe warna pinggiran: warna terlihat blur dan warna terlihat tegas. Pilih tipe warna pinggiran luar softlens sesuai dengan bentuk kelopak mata Anda. Di Indonesia, ada orang yang memiliki bentuk mata kecil dengan lipatan mata single (monolid). Ada pula orang yang memiliki bentuk mata besar dengan lipatan mata double (double eyelid).


Apabila Anda mempunyai kelopak mata tipe monolid, Anda dapat memilih softlens dengan warna pinggiran yang tegas. Softlens dengan warna pinggiran tegas dapat membuat mata terlihat lebih tajam. Sebaliknya, apabila Anda mempunyai double eyelid, pilih softlens dengan warna pinggiran yang blur.


Anda juga dapat menyesuaikan tipe warna pinggiran softlens sesuai dengan tema makeup yang Anda gunakan. Apabila Anda menggunakan makeup dengan warna bold, Anda dapat memilih warna pinggiran yang blur agar terlihat seimbang.

Perhatikan dengan baik gambar contoh saat memilih

Perhatikan dengan baik gambar contoh saat memilih

Terkadang, warna yang dihasilkan softlens tidak sesuai dengan warna yang Anda harapkan. Namun, Anda bisa mendapatkan softlens warna yang sesuai apabila memperhatikan contoh di foto dengan saksama.


Softlens bukanlah produk yang bisa dicoba sebelum membeli. Carilah foto saat softlens benar-benar dipakai oleh model. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang ukuran dan ketebalan warna softlens.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

EXOTICONGG Girls Generation Arianna

Mulai dari Rp 65.000,00

10 Rekomendasi softlens warna terbaik

Kami telah memilih sepuluh produk softlens terbaik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Tentukan softlens yang akan Anda beli dengan mempertimbangkan poin-poin pada cara memilih di atas.
10
Masa pemakaian12 bulan
Base curve (BC)8,8 mm
Kadar air38%–40%
Diameter lensa (DIA)14,5 mm
Ketebalan area pinggirTegas
9
Masa pemakaian6 bulan
Base curve (BC)9 mm
Kadar air42%
Diameter lensa (DIA)16 mm
Ketebalan area pinggirTegas
8
Masa pemakaian12 bulan
Base curve (BC)8,6 mm
Kadar air38%
Diameter lensa (DIA)14,5 mm
Ketebalan area pinggirTegas
7
Masa pemakaian12 bulan
Base curve (BC)8,6 mm
Kadar air43%
Diameter lensa (DIA)14,5 mm
Ketebalan area pinggirBlur
6
Masa pemakaian6 bulan
Base curve (BC)Tidak diketahui
Kadar air42%
Diameter lensa (DIA)14,5 mm
Ketebalan area pinggirTegas
5
Masa pemakaian3 bulan
Base curve (BC)8,6
Kadar air43%
Diameter lensa (DIA)14,2 mm
Ketebalan area pinggirTegas
4

FreshKonAlluring Eyes Winsome Brown

Mulai dari Rp 165.000,00

Masa pemakaian1 bulan
Base curve (BC)8,6 mm
Kadar air55%
Diameter lensa (DIA)14,2 mm
Ketebalan area pinggirTegas
3
Masa pemakaian6 bulan
Base curve (BC)8,9 mm
Kadar airTidak diketahui
Diameter lensa (DIA)14,5 mm
Ketebalan area pinggirBlur
2
Masa pemakaian6 bulan
Base curve (BC)8,6 mm
Kadar air42%
Diameter lensa (DIA)15 mm
Ketebalan area pinggirBlur
1
Masa pemakaian6 bulan
Base curve (BC)8,6 mm
Kadar air45%
Diameter lensa (DIA)14,5 mm
Ketebalan area pinggirBlur

Tabel perbandingan produk softlens warna terbaik

Gambar produk
1
Exoticon  X2 Bio Brown Byonce 1

Exoticon

2
Exoticon  Ice Silver Grey 1

Exoticon

3
Ageha  Natural Brown 1

Ageha

4
FreshKon Alluring Eyes Winsome Brown 1

FreshKon

5
NewLook Charm 3 Tones Color Lens 1

NewLook

6
Dreamcon Valentine Series 1

Dreamcon

7
Lumiere Softlens Winter Melon 1

Lumiere

8
Exoticon  X2 Diary Milky Orange 1

Exoticon

9
Exoticon X2 Ice N°8 Hazel 1

Exoticon

10
EOS Almond Brown 1

EOS

Nama produk

X2 Bio Brown Byonce

Ice Silver Grey

Natural Brown

Alluring Eyes Winsome Brown

Charm 3 Tones Color Lens

Valentine Series

Softlens Winter Melon

X2 Diary Milky Orange

X2 Ice N°8 Hazel

Almond Brown

Keunggulan

Aman bagi mata sensitif dengan teknologi Sandwiched Dyeing Doughnut

Warna terang dengan sistem berlapis dan polimerisasi

Berbahan gel yang nyaman, pilihan tepat untuk dipakai sehari-hari

Warna softlens dikunci dengan teknologi hydro-micro insulated

Dengan tekstur lembut, hampir tidak terasa saat digunakan

Bebas gatal dengan softlens antibakteri

Bahannya lembut dan tipis, nyaman dipakai hingga 12 jam

Warna oranye naturalnya membuat mata terlihat manis bak tuan putri!

Menimbulkan efek mata polos bayi yang bulat

Memberi kesan mata cantik seperti boneka

Harga mulai dariRp 60.500,00Rp 55.000,00Rp 225.000,00Rp 165.000,00Rp 85.000,00Rp 125.000,00Rp 85.000,00Rp 113.300,00Rp 45.000,00Rp 69.000,00
Masa pemakaian6 bulan6 bulan6 bulan1 bulan3 bulan6 bulan12 bulan12 bulan6 bulan12 bulan
Base curve (BC)8,6 mm8,6 mm8,9 mm8,6 mm8,6Tidak diketahui8,6 mm8,6 mm9 mm8,8 mm
Kadar air45%42%Tidak diketahui55%43%42%43%38%42%38%–40%
Diameter lensa (DIA)14,5 mm15 mm14,5 mm14,2 mm14,2 mm14,5 mm14,5 mm14,5 mm16 mm14,5 mm
Ketebalan area pinggirBlurBlurBlurTegasTegasTegasBlurTegasTegasTegas
Tautan produk

Pemilik mata rabun atau silinder, beli softlens sesuai resep

Pemilik mata rabun atau silinder, beli softlens sesuai resep

Softlens warna bukan hanya dapat digunakan oleh Anda yang memiliki mata normal. Softlens warna juga tersedia dalam beragam pilihan untuk Anda yang memiliki penglihatan rabun dan silinder. Semua orang dapat mempercantik mata dengan softlens warna. Namun, pastikan Anda telah memeriksa mata dan mendapatkan resep sebelum membeli softlens.


Apabila Anda memiliki rabun jauh atau dekat, dapat mengecek kode PWR di softlens. Anda dapat mencocokkan nomor kode PWR di softlens sesuai dengan angka minus atau plus Anda. Misalnya Anda memiliki mata minus 0,25, Anda dapat memilih softlens dengan kode PWR 0,25. Apabila Anda memiliki mata silinder, Anda tidak bisa memilih sendiri softlens yang tepat. Anda harus menggunakan resep sebelum membeli softlens untuk mata silinder.

Baca juga rekomendasi pembersih dan tempat penyimpanan softlens di sini

Seperti yang sudah kami jelaskan, Anda perlu memperhatikan perawatan softlens supaya tetap bersih. Agar Anda lebih mudah saat hendak membersihkan dan merawat softlens warna, mari cek rekomendasi berikut.

Kesimpulan

Softlens yang dijual di Indonesia kebanyakan memiliki jangka waktu pemakaian lebih dari enam bulan. Memang softlens tersebut dapat digunakan berkali-kali, tetapi rentan terhadap bakteri sehingga Anda perlu memperhatikan perawatannya.


Kami harap produk yang kami rekomendasikan di atas dapat membantu Anda memilih softlens yang tepat sesuai kebutuhan. Pastikan Anda menggunakan softlens sesuai petunjuk yang diberikan agar tetap aman.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cairan Pembersih Softlens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cairan Pembersih Softlens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cairan pembersih softlens merupakan salah satu produk esensial untuk para pengguna softlens. Ada banyak merek yang terkenal dengan kelebihannya masing-masing, seperti Complete, Renu Fresh, dan ICE. Setiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi, pastikan Anda menyesuaikannya dengan softlens yang biasa digunakan.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pilih beserta cara memilihnya. Semoga Anda menemukan produk yang paling tepat, ya!
    Perawatan mata
    59.457 Views
  • 10 Rekomendasi Softlens Terbaik dengan Kadar Air Tinggi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Softlens Terbaik dengan Kadar Air Tinggi (Terbaru Tahun 2021)
    Memakai softlens sering jadi pilihan bagi Anda yang memiliki mata rabun jauh. Anda dapat memperbaiki penampilan tanpa harus memakai kacamata. Namun, softlens juga dapat digunakan untuk mata normal saat Anda ingin mengubah warna mata demi menunjang penampilan. Apa pun tujuannya, akan lebih baik jika Anda memilih softlens dengan kadar air tinggi untuk kenyamanan mata.Anda mungkin akan menemukan beberapa merek softlens dengan kadar air tinggi, seperti Acuvue, X2, atau Exoticon. Sebelum menjabarkan review masing-masing produk, kami akan menjelaskan beberapa tips memilih softlens dengan kadar air tinggi. Selamat membaca!
    Perawatan mata
    21.631 Views
  • 10 Rekomendasi Softlens X2 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Softlens X2 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pengguna softlens pasti mengenal merk X2 dan setidaknya pernah mencoba salah satu koleksinya. X2 sendiri memiliki beragam seri produk softlens seperti Bio, Baby Eyes, Sanso, dan masih banyak lagi. Meskipun tergolong cosmetic lens, softlens X2 juga dapat menjadi alat bantu bagi Anda yang memiliki mata minus. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih softlens X2 yang bagus dan cocok untuk kebutuhan Anda. Kami juga akan memperkenalkan produk terbaiknya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Selamat membaca dan menemukan softlens yang paling tepat untuk Anda!
    Perawatan mata
    3.798 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Patch Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Patch Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mata panda memang mengganggu penampilan dan membuat wajah terlihat lebih tua. Tidak cukup hanya menggunakan pelembap wajah, bagian bawah mata juga memerlukan nutrisi khusus, lho. Karena kulit bagian bawah mata lebih sensitif dibandingkan area wajah lainnya, penggunaan eye patch menjadi penting dalam rutinitas skin care Anda.Cara kerja eye patch mirip dengan masker wajah. Kandungan senyawa aktif dari eye patch akan menghidrasi dan membantu mengurangi lingkaran mata panda. Kami akan membahas cara memilih eye patch dan menampilkan beberapa rekomendasi dari merek terkenal, seperti Laneige, SNP, dan Benton. Selamat membaca!
    Perawatan mata
    12.760 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik Untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik Untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2021)
    Menginjak usia 30-an, kerutan di sekitar mata biasanya mulai bermunculan. Untuk itu, Anda perlu merawat mata dengan eye cream agar tetap cantik dan bebas dari kerutan. Merek-merek ternama, seperti SK-II, Laneige, dan L’Oreal menghadirkan beragam produk eye cream yang dapat Anda pilih.Pada artikel kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh eye cream terbaik untuk Anda yang berusia 30-an. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan tips memilih eye cream agar Anda mudah menemukan produk yang tepat. Mari simak informasinya dan tentukan produk yang menjadi favorit Anda!
    Perawatan mata
    32.362 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit pada area sekitar mata memang lebih tipis dibandingkan area lainnya. Karena itu, Anda perlu produk perawatan khusus untuk menjaga kelembapan kulit di area mata. Salah satu skincare yang dapat Anda gunakan adalah eye gel. Eye gel lebih mudah meresap di kulit, serta tidak meninggalkan efek lengket.Di artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih eye gel. Selain itu, Anda juga akan mendapat rekomendasi produk eye gel terbaik, seperti For Skin's Sake, Illuminare, Innisfree, dan Laneige. Simak baik-baik artikel ini agar Anda bisa mendapatkan produk yang paling pas untuk Anda.
    Perawatan mata
    2.367 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori