1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Essential oil
  6. >
  7. 10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像1枚目
  • 10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像2枚目
  • 10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像3枚目
  • 10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像4枚目
  • 10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像5枚目

10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)

Tea tree oil merupakan olahan daun teh (Melaleuca) yang diproses dengan cara diembunkan hingga menghasilkan minyak. Tea tree oil dikenal memiliki banyak kelebihan seperti untuk menyembuhkan jerawat, mengobati bekas luka, sebagai aromaterapi, dan body care.

Selain manfaat tersebut, wangi dari tea tree oil juga dapat memberi efek relaksasi bagi penggunanya. Nah, kami akan menjelaskan cara memilih beserta merekomendasikan merek tea tree oil yang bagus seperti The Body Shop dan Moriganic. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
06-29-2022更新
監修者
Dokter spesialis bedah plastik dan dosen
dr. Nova Primadina

dr. Nova adalah seorang dosen di Fakultas Kedokteran Muhammadiyah Surabaya. Beliau juga doktor peneliti yang berfokus pada efek essential oil lokal Indonesia serta aromaterapi pada manusia dan pengobatan herbal. dr. Nova juga seorang dokter spesialis bedah plastik dengan keahlian tambahan sebagai seorang formulator skincare natural, aromaterapi, dan hipnoterapi. dr. Nova memenangkan hibah penelitian efek essential oil asli Indonesia, Cananga latifolia, terhadap tingkat stres dan konsentrasi mahasiswa FK. Beliau juga meraih juara 1 UMKM binaan IPB dan Prima Kelola dengan skincare-nya yang merupakan essential oil asli Indonesia.

dr. Nova Primadinaのプロフィール
ガイド
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Tim editorial mybestのプロフィール
  • 本コンテンツはmybestが独自に制作しています。メーカー等から商品・サービスの無償提供を受けることや広告を出稿いただくこともありますが、メーカー等はコンテンツの内容やランキングの決定に一切関与していません。
  • 詳しくはmybest制作・運営ポリシーをご覧ください。
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
ランキングに掲載している商品は、hasil riset di berbagai sumber(13 Januari 2023時点)をもとにして順位付けをしています。

Efek dan manfaat tea tree oil

Efek dan manfaat tea tree oil

Tea tree oil adalah minyak esensial yang memiliki sifat antibakteri dan anti peradangan dengan bahan aktif terpinen-4-ol di dalamnya. Tea tree oil juga mempunyai efek antivirus, antijamur, serta terkenal dengan efek antiseptiknya untuk luka atau tujuan lain. Namun, ada juga perbedaan efek yang dirasakan setiap individu. Untuk itu, Anda harus memperhatikan jumlah takaran agar aman dipakai.


Selain memiliki efek positif tersebut, tea tree oil juga memiliki beberapa manfaat luar biasa seperti berikut ini.

  • Disinfeksi luka di mulut dan gigitan serangga.
  • Menghilangkan bau mulut.
  • Skin care untuk perawatan kulit wajah.
  • Meredakan jerawat
  • Meringankan gejala batuk dan pilek.
  • Meringankan gejala psoriasis
  • Meredakan reaksi radang
  • Mengontrol ketomber
  • Obat kumur efektif untuk radang gusi, tetapi tidak boleh ditelan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tea tree oil

Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang harus Anda perhatikan sebelum memilih produk tea tree oil. Jadi, jangan dilewatkan ya!

① Pilih jenis kemasan yang tepat

Memilih jenis kemasan produk yang tepat akan membantu memudahkan penggunaan dan praktis dibawa kemana-mana. Oleh karena itu, pertimbangkan faktor berikut ini ketika Anda hendak membeli tea tree oil.

Ukuran kemasan sesuai kebutuhan, kualitas oil lebih terjaga

Ukuran kemasan sesuai kebutuhan, kualitas oil lebih terjaga
Hal pertama yang harus Anda perhitungkan adalah jumlah pemakaian tea tree oil tersebut. Minyak esensial yang sudah dibuka kemasannya secara bertahap akan menurun kualitasnya. Jika Anda menggunakan tea tree oil sebagai pengharum ruangan, setiap botolnya dapat Anda gunakan untuk satu tahun. 

Namun, jika digunakan untuk skincare, misalnya tea tree oil untuk beruntusan, sebaiknya Anda menghabiskannya dalam waktu enam bulan. Bila ingin menggunakannya untuk skincare, Anda hanya perlu beberapa tetes tea tree oil. Untuk itu, kemasan 3-5 ml dapat digunakan dalam waktu yang cukup panjang. Kami sarankan Anda sering menggantinya agar kualitas tea tree oil selalu terjaga.


Di samping itu, biasakan untuk melakukan patch test terlebih dahulu di kulit belakang telinga sebelum memakai essential oilTujuannya untuk memastikan Anda tidak alergi dengan essential oil ini.

Produk dengan kemasan spray atau bentuk padat, praktis digunakan

Produk dengan kemasan spray atau bentuk padat, praktis digunakan
Kami juga menyarankan Anda untuk memilih tea tree oil dalam kemasan spray atau bentuk padat seperti balsam. Jenis tea tree oil spray sangat mudah digunakan sebagai deodoran kaki atau mengobati jerawat di punggung. Anda juga dapat menggunakan sebagai deodoran biasa atau disemprotkan sebagai pengharum ruangan.

Tea tree oil berbentuk padat lebih mudah diaplikasikan pada bagian tubuh yang Anda inginkan dan biasanya dilengkapi bahan pelembap. Jenis ini mengandung 100% tea tree oil murni yang sudah diencerkan (dengan beeswax dan butter agar jadi padat) sehingga paling aman digunakan. Namun, tea tree oil dalam bentuk padat dan spray sulit ditemukan di pasaran Indonesia. 

② Periksa apakah botolnya dilengkapi pelindung cahaya

Periksa apakah botolnya dilengkapi pelindung cahaya
Tea tree oil yang sering terpapar sinar matahari akan menurun kualitasnya. Sebagian besar produk tea tree oil dikemas dalam botol kaca. Untuk itu, pilihlah yang dikemas dalam botol kaca berwarna cokelat, biru, dan hijau karena dapat meredam paparan sinar matahari.

Selain itu, ada pula tea tree oil yang dikemas dalam botol plastik dengan pipet. Namun, sebaiknya Anda tidak memilih kemasan plastik untuk pure 100% therapeutic grade essential oil tea tree. Pasalnya, tea tree oil dengan grade tersebut juga bisa melelehkan bahan plastiknya sehingga produk berisiko terkontaminasi plastik yang meleleh. 


Lain halnya jika tea tree oil sudah diencerkan. Anda boleh memilih produk berbotol plastik tertentu, yakni berbahan HDPE atau PET.

③ Pilih tea tree oil berdasarkan bahan baku dan area produksinya

Pilih tea tree oil berdasarkan bahan baku dan area produksinya
Dalam memilih produk, utamakan tea tree oil dengan bahan baku asli dari Australia. Anda juga dapat memilih produk yang dibuat dari bahan-bahan alami atau bahkan produk yang mengandung 100% Melaleuca alternifoliaMelaleuca memiliki lebih dari tiga ratus jenis pohon. Namun, efek terapi dapat Anda dapatkan dari Melaleuca alternifolia yang juga disebut sebagai pohon teh medis. 

Sebaiknya, Anda memilih produk lain jika tidak ada informasi yang jelas mengenai bahan baku dalam produk tersebut. Walau mungkin harganya lebih mahal, tetapi kualitasnya lebih tepercaya. Anda dapat mencari tahu harga tea tree oil di apotek untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

④ Periksa bahan yang terkandung didalamnya

Tea tree oil mengandung banyak senyawa kimia yang memiliki berbagai manfaat. Mengetahui bahan yang terkandung dalam tea tree oil dapat membantu memaksimalkan penggunaan. Di bawah ini adalah bahan-bahan yang umum terkandung dalam tea tree oil.

Bahan aktif terpinen-4-ol, biasa digunakan untuk terapi

Bahan aktif terpinen-4-ol, biasa digunakan untuk terapi
Alpha terpinen, alpha terpinen-4-ol, dan gamma terpinen adalah senyawa dalam tea tree oil dan menjadi komponen utama minyak esensial yang diturunkan dari tanaman aromatik. 

ATTIA (Australian Tea Tree Industry Association) di Australia memiliki pedoman yang jelas untuk minyak pohon teh yang digunakan untuk terapi. Salah satunya adalah kandungan terpinen-4-ol berjumlah 30% atau lebih. Namun, jika persentase mencapai 40%, tea tree oil dikatakan sangat pekat.

Senyawa cineol, memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba

Senyawa cineol, memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba
Selain terpinen-4-ol, cineol juga menjadi salah satu senyawa yang terkandung dalam tea tree oil. Senyawa cineol memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Menurut hasil uji, senyawa ini dianggap sebagai konstituen yang bertanggung jawab pada iritasi kulit bila dipakai secara berlebihan. 

Untuk menghindari iritasi kulit, ATTIA menyebutkan standar kandungan cineol dalam tea tree oil tidak boleh lebih dari 15%. Kandungan 5% cineol menjadi angka yang dinilai aman dan efektif dalam mencegah alergi. Bila Anda memiliki kulit sensitif dan hendak membeli produk tea tree oil, pastikan melihat konsentrasi cineol pada label kemasan.

Bahan organik, relatif baik untuk perawatan kulit

Bahan organik, relatif baik untuk perawatan kulit
Tea tree oil organik memang tidak selalu berarti aman untuk wajah. Namun, tea tree oil jenis organik tidak mengandung herbisida dan pestisida sama sekali. Sebagai perhatian, tea tree oil yang digunakan untuk kulit biasanya melalui proses pengenceran.

Namun, beberapa produk tidak melalui proses tersebut sehingga dapat dikatakan minyak mentah. Bila Anda akan menggunakan tea tree oil untuk jerawat, wajib diencerkan terlebih dahulu dengan carrier oil.


Jika produk tersebut adalah jenis organik, Anda dapat menggunakannya sebagai skin care, obat kumur, dan mengatasi masuk angin. Gunakan produk yang mengandung tea tree oil dengan bijak sampai Anda merasakan perubahan positif. Bila digunakan untuk skin care, pastikan produk tersebut sesuai dengan jenis kulit Anda agar tidak memicu iritasi kulit.

10 Rekomendasi tea tree oil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tea tree oil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Nova Primadina.

Hati-hati dengan efek samping pemakaian

Hati-hati dengan efek samping pemakaian
Tea tree oil dapat digunakan untuk mengobati luka atau penyakit kulit lainnya. Namun, efek samping yang dirasakan satu orang dengan orang lainnya belum tentu sama. Menurut hasil penelitian, gejala alergi mungkin saja terjadi pada beberapa orang.

Oleh sebab itu, saat pertama kali menggunakan tea tree oil, sebaiknya Anda menggunakan dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Di samping itu, sebaiknya Anda melakukan patch test terlebih dahulu pada kulit di belakang telinga untuk memastikan ada alergi atau tidak. Jika dalam waktu 24 jam muncul rasa panas atau gatal di lokasi tersebut, artinya Anda alergi.


Segera hentikan pemakaian saat Anda merasakan adanya gejala alergi yang muncul. Hindari juga pemakaian tea tree oil pada anak-anak. Selain itu, saat Anda menggunakan tea tree oil sebagai obat kumur, jangan menelannya karena bukan obat minum internal.

Baca juga rekomendasi produk essential oil lainnya di sini!

Selain tea tree oil, masih terdapat banyak essential oil lain yang tidak kalah baik manfaatnya. Kami juga mempunyai beberapa rekomendasi essential oil yang dapat Anda coba di bawah ini. Intip artikelnya juga, yuk!

Kesimpulan

Karena memiliki banyak khasiat, tea tree oil adalah produk yang baik untuk Anda miliki. Selain itu, wanginya yang khas juga dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran. 

Jangan lupa untuk selalu memeriksa aroma dan kandungan bahan-bahannya sebelum membeli produk tea tree oil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda memilih tea tree oil terbaik.

記事で紹介した商品を購入すると、売上の一部がmybestに還元されることがあります。
各商品の紹介文は、メーカー・ECサイト等の内容を参照しております。

関連記事

  • 10 Body Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Body Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Body oil dapat mencegah kulit kering karena memiliki kadar minyak dan kelembapan yang tinggi. Dengan minyak nabati sebagai bahan utamanya, body oil...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Minyak jojoba diakui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Saat ini, minyak jojoba menjadi bagian penting dalam rangkaian perawatan para wanita...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Rekomendasi Essence Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Essence Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Essence oil adalah produk serbaguna yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk perawatan wajah, produk ini juga dapat digunakan untuk merawat rambu...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Rosehip oil adalah salah satu bahan alami yang saat ini banyak digunakan dalam produk skincare. Rosehip oil tidak hanya digunakan untuk merawat kul...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Minyak almond merupakan salah satu minyak kecantikan yang banyak menarik perhatian. Selain baik untuk kulit, minyak almond juga dapat digunakan pad...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut  - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Salin digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata kemiri bisa diolah menjadi minyak. Minyak kemiri menyimpan banyak manfaat, salah satunya untuk menutr...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Tamanu Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Tamanu Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Bagi penggemar skincare berbahan alami, minyak tamanu atau tamanu oil tidaklah asing. Minyak alami ini memiliki segudang manfaat untuk mengatasi be...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Essential Oil Ylang-Ylang Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Essential Oil Ylang-Ylang Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Apakah Anda penggemar essential oil atau minyak aromaterapi? Jangan lupa untuk mencoba essential oil ylang-ylang yang wanginya segar dan eksotis. M...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Minyak Cengkeh Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Minyak Cengkeh Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Minyak cengkeh adalah minyak esensial hasil ekstraksi dari kuncup bunga cengkeh. Minyak ini berwarna kuning atau cokelat keemasan dan aromanya peda...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Squalane Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Squalane Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Squalane oil adalah salah satu minyak kecantikan yang memiliki banyak manfaat, baik untuk wajah, tubuh, maupun rambut. Pada wajah, fungsi squalane ...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 人気の記事

  • 10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Tea Tree Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Tea tree oil merupakan olahan daun teh (Melaleuca) yang diproses dengan cara diembunkan hingga menghasilkan minyak. Tea tree oil dikenal memiliki b...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Minyak Jojoba Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Minyak jojoba diakui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Saat ini, minyak jojoba menjadi bagian penting dalam rangkaian perawatan para wanita...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Minyak bidara adalah minyak dari ekstrak daun bidara yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Bahkan, minyak bidara juga dipercaya d...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Rekomendasi Essence Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Essence Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Essence oil adalah produk serbaguna yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk perawatan wajah, produk ini juga dapat digunakan untuk merawat rambu...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Rekomendasi Minyak Sereh Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Minyak Sereh Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Minyak sereh adalah minyak asiri yang proses pembuatannya diekstrak dari batang serai. Namun, serai yang digunakan berbeda dengan serai untuk bumbu...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 9 Minyak Peppermint Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    9 Minyak Peppermint Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Selain bisa memberikan sensasi menyegarkan, minyak peppermint merupakan minyak serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Melegakan h...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut  - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Salin digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata kemiri bisa diolah menjadi minyak. Minyak kemiri menyimpan banyak manfaat, salah satunya untuk menutr...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Tamanu Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Tamanu Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Bagi penggemar skincare berbahan alami, minyak tamanu atau tamanu oil tidaklah asing. Minyak alami ini memiliki segudang manfaat untuk mengatasi be...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Squalane Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Squalane Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Squalane oil adalah salah satu minyak kecantikan yang memiliki banyak manfaat, baik untuk wajah, tubuh, maupun rambut. Pada wajah, fungsi squalane ...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
    Rosehip oil adalah salah satu bahan alami yang saat ini banyak digunakan dalam produk skincare. Rosehip oil tidak hanya digunakan untuk merawat kul...
    Minyak pengobatan & perawatan
  • 人気のfavlist

    カテゴリから探す