• 10 Rekomendasi Tea Tree Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Tea Tree Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Tea Tree Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Tea Tree Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Tea Tree Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Tea Tree Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Tea tree oil merupakan olahan daun teh (Melaleuca) yang diproses dengan cara diembunkan hingga menghasilkan minyak. Tea tree oil dikenal memiliki banyak kelebihan seperti untuk menyembuhkan jerawat, mengobati bekas luka, sebagai aromaterapi, dan body care.

Selain manfaat tersebut, wangi dari tea tree oil juga dapat memberi efek relaksasi bagi penggunanya. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih tea tree oil beserta rekomendasi produk-produk terbaik. Anda dapat menemukan tea tree oil dari merek The Body Shop, Moriganic, dan produk yang bagus lainnya di sini. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 21 Oktober 2021
  • 68.723 Views
Daftar isi

Efek dan manfaat tea tree oil

Efek dan manfaat tea tree oil

Tea tree oil adalah minyak esensial yang memiliki sifat antibakteri dan anti peradangan dengan bahan aktif terpinen-4-ol di dalamnya. Selain itu, efek antimikroba pada tea tree oil berfungsi sebagai diffuser untuk wewangian ruangan dan deodoran. Namun, ada juga perbedaan efek yang dirasakan setiap individu. Untuk itu, Anda harus memperhatikan jumlah takaran agar aman dipakai.


Selain memiliki efek positif tersebut, tea tree oil juga memiliki beberapa manfaat luar biasa seperti berikut ini.

  • Disinfeksi luka di mulut dan gigitan serangga.
  • Menghilangkan bau mulut.
  • Skin care untuk perawatan kulit wajah.

Cara memilih tea tree oil

Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang harus Anda perhatikan sebelum memilih produk tea tree oil. Jadi, jangan dilewatkan ya!

Pilih jenis kemasan yang tepat

Memilih jenis kemasan produk yang tepat akan membantu memudahkan penggunaan dan praktis dibawa kemana-mana. Oleh karena itu, pertimbangkan faktor berikut ini ketika Anda hendak membeli tea tree oil.

Sesuaikan besarnya kemasan dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan besarnya kemasan dengan kebutuhan Anda
Hal pertama yang harus Anda perhitungkan adalah jumlah pemakaian tea tree oil tersebut. Minyak esensial yang sudah dibuka kemasannya secara bertahap akan menurun kualitasnya. Jika Anda menggunakan tea tree oil sebagai pengharum ruangan, setiap botolnya dapat Anda gunakan untuk satu tahun. 

Namun, jika digunakan untuk skin care, misalnya tea tree oil untuk bruntusan, sebaiknya Anda menghabiskannya dalam waktu enam bulan. Bila ingin menggunakannya untuk skin care, Anda hanya perlu beberapa tetes tea tree oil. Untuk itu, kemasan 3-5 ml dapat digunakan dalam waktu yang cukup panjang. Kami sarankan Anda sering menggantinya agar kualitas tea tree oil selalu terjaga.

Produk dengan kemasan spray atau bentuk padat praktis digunakan

Produk dengan kemasan spray atau bentuk padat praktis digunakan
Kami juga menyarankan Anda untuk memilih tea tree oil dalam kemasan spray atau bentuk padat seperti balsam. Jenis tea tree oil spray sangat mudah digunakan sebagai deodoran kaki atau mengobati jerawat di punggung. Anda juga dapat menggunakan sebagai deodoran biasa atau disemprotkan sebagai pengharum ruangan.

Tea tree oil berbentuk padat lebih mudah diaplikasikan pada bagian tubuh yang Anda inginkan dan biasanya dilengkapi bahan pelembap. Jenis ini mengandung 100% tea tree oil murni sehingga paling aman digunakan. Namun, tea tree oil dalam bentuk padat dan spray sulit ditemukan di pasaran Indonesia.

Periksa apakah botolnya dilengkapi pelindung cahaya

Periksa apakah botolnya dilengkapi pelindung cahaya
Tea tree oil yang sering terpapar sinar matahari akan menurun kualitasnya. Sebagian besar produk tea tree oil dikemas dalam botol kaca. Untuk itu, pilihlah yang dikemas dalam botol kaca berwarna cokelat, biru, dan hijau karena dapat meredam paparan sinar matahari.

Selain itu, ada pula tea tree oil yang dikemas dalam botol plastik dengan pipet. Namun, karena tea tree oil dapat melelehkan plastik, ada baiknya Anda melepaskan pipet dari botol saat tidak digunakan.

Pilih tea tree oil berdasarkan bahan baku dan area produksinya

Pilih tea tree oil berdasarkan bahan baku dan area produksinya
Dalam memilih produk, utamakan tea tree oil dengan bahan baku asli dari Australia. Anda juga dapat memilih produk yang dibuat dari bahan-bahan alami atau bahkan produk yang mengandung 100% Melaleuca alternifoliaMelaleuca memiliki lebih dari tiga ratus jenis pohon. Namun, efek terapi dapat Anda dapatkan dari Melaleuca alternifolia yang juga disebut sebagai pohon teh medis. 

Sebaiknya, Anda memilih produk lain jika tidak ada informasi yang jelas mengenai bahan baku dalam produk tersebut. Walau mungkin harganya lebih mahal, tetapi kualitasnya lebih tepercaya. Anda dapat mencari tahu harga tea tree oil di apotek untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Periksa bahan yang terkandung didalamnya

Tea tree oil mengandung banyak senyawa kimia yang memiliki berbagai manfaat. Mengetahui bahan yang terkandung dalam tea tree oil dapat membantu memaksimalkan penggunaan. Di bawah ini adalah bahan-bahan yang umum terkandung dalam tea tree oil.

Bahan aktif terpinen-4-ol biasa digunakan untuk terapi

Bahan aktif terpinen-4-ol biasa digunakan untuk terapi
Terpinen-4-ol adalah senyawa dalam tea tree oil dan menjadi komponen utama minyak esensial yang diturunkan dari tanaman aromatik. ATTIA (Australian Tea Tree Industry Association) di Australia memiliki pedoman yang jelas untuk minyak pohon teh yang digunakan untuk terapi. Salah satunya adalah kandungan terpinen-4-ol berjumlah 30% atau lebih. Namun, jika persentase mencapai 40%, tea tree oil dikatakan sangat pekat.

Senyawa cineol memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba

Senyawa cineol memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba
Selain terpinen-4-ol, cineol juga menjadi salah satu senyawa yang terkandung dalam tea tree oil. Senyawa cineol memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Menurut hasil uji, senyawa ini dianggap sebagai konstituen yang bertanggung jawab pada iritasi kulit bila dipakai secara berlebihan. 

Untuk menghindari iritasi kulit, ATTIA menyebutkan standar kandungan cineol dalam tea tree oil tidak boleh lebih dari 15%. Kandungan 5% cineol menjadi angka yang dinilai aman dan efektif dalam mencegah alergi. Bila Anda memiliki kulit sensitif dan hendak membeli produk tea tree oil, pastikan melihat konsentrasi cineol pada label kemasan.

Bahan organik baik untuk perawatan kulit

Bahan organik baik untuk perawatan kulit
Jika Anda menginginkan tea tree oil untuk wajah yang aman, pilihlah jenis organik karena tidak menggunakan pestisida. Tea tree oil yang digunakan untuk kulit biasanya melalui proses pengenceran. Namun, beberapa produk tidak melalui proses tersebut sehingga dapat dikatakan minyak mentah. Bila Anda akan menggunakan tea tree oil untuk jerawat, pilihlah tea tree oil seaman mungkin.

Jika produk tersebut adalah jenis organik, Anda dapat menggunakannya sebagai skin care, obat kumur, dan mengatasi masuk angin. Gunakan produk yang mengandung tea tree oil dengan bijak sampai Anda merasakan perubahan positif. Bila digunakan untuk skin care, pastikan produk tersebut sesuai dengan jenis kulit Anda agar tidak memicu iritasi kulit.

10 Rekomendasi tea tree oil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tea tree oil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10
Isi10 ml
Asal bahan bakuAustralia
Formula100% konsentrasi liquid tea tree alami
OrganikTidak disebutkan
9

NusaromaTea Tree Organic Essential Oil

Mulai dari Rp 142.000,00

Isi10 ml
Asal bahan bakuAustralia
Formula100% pure and natural organic tea tree oil
OrganikYa
8
Isi10 ml
Asal bahan bakuIndonesia
Formula100 % Organic Melaleuca Alternifolia
OrganikYa
7
Isi10 ml
Asal bahan bakuTidak disebutkan
Formula100% pure tea tree oil
OrganikTidak disebutkan
6
Isi10 ml
Asal bahan bakuAustralia
Formula100 persen essential tea tree oil
OrganikTidak disebutkan
5
Isi10 ml
Asal bahan bakuTidak disebutkan
FormulaPure tea tree oil
OrganikTidak disebutkan
4
Isi30 ml
Asal bahan bakuAustralia
Formula100% pure essential oil
OrganikTidak disebutkan
3
Isi10 ml
Asal bahan bakuAustralia
FormulaPure essential oil tea tree oil
OrganikYa
2
Isi10 ml
Asal bahan bakuAustralia
FormulaPure tea tree oil
OrganikTidak disebutkan
1
Isi10 ml
Asal bahan bakuKenya
Formula100% tea trea oil
OrganikTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk tea tree oil terbaik

Gambar produk
1
The Body Shop Tea Tree Oil 1

The Body Shop

2
Lave Tea Tree Oil 1

Lave

3
Moriganic Tea Tree Oil 100% Pure 1

Moriganic

4
Happy Green Tea Tree Essential Oil 1

Happy Green

5
Nu Aroma Essential Aromatic Oil Tea Tree 1

Nu Aroma

6
Darjeeling Tea Tree Oil 1

Darjeeling

7
Utama Spice Tea Tree Essential Oil 1

Utama Spice

8
Eucalie Tea Tree Pure Essential Oil 1

Eucalie

9
Nusaroma Tea Tree Organic Essential Oil 1

Nusaroma

10
Essenzo Tea Tree Essential Oil 1

Essenzo

Nama produk

Tea Tree Oil

Tea Tree Oil

Tea Tree Oil 100% Pure

Tea Tree Essential Oil

Essential Aromatic Oil Tea Tree

Tea Tree Oil

Tea Tree Essential Oil

Tea Tree Pure Essential Oil

Tea Tree Organic Essential Oil

Tea Tree Essential Oil

Keunggulan

Mengobati kulit berjerawat dan menjadikannya lebih sehat

Dengan bahan highest premium grade, hasilkan high-quality tea tree oil

Menggunakan bahan organik, aman untuk ibu hamil dan menyusui

Produk tea tree oil yang bisa mengatasi masalah ketombe!

Makin berenergi dengan aroma fresh yang ditebarkan

Solusi praktis untuk atasi semua masalah kulit

Khasiatnya juga dapat menyembuhkan flu dan migrain

Formulanya mampu mematikan kuman dan bakteri

Pas untuk Anda yang menghindari tea tree oil dengan bau menyengat

Kandungan 100% tea tree oil alaminya berperan dalam perbaikan kondisi kulit

Harga mulai dariRp 95.000,00Rp 45.000,00Rp 52.500,00Rp 135.000,00Rp 34.500,00Rp 39.000,00Rp 92.400,00Rp 189.000,00Rp 142.000,00Rp 179.000,00
Isi10 ml10 ml10 ml30 ml10 ml10 ml10 ml10 ml10 ml10 ml
Asal bahan bakuKenyaAustraliaAustraliaAustraliaTidak disebutkanAustraliaTidak disebutkanIndonesiaAustraliaAustralia
Formula100% tea trea oilPure tea tree oilPure essential oil tea tree oil100% pure essential oilPure tea tree oil100 persen essential tea tree oil100% pure tea tree oil100 % Organic Melaleuca Alternifolia100% pure and natural organic tea tree oil100% konsentrasi liquid tea tree alami
OrganikTidak disebutkanTidak disebutkanYaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanYaYaTidak disebutkan
Tautan produk

Hati-hati dengan efek samping pemakaian

Hati-hati dengan efek samping pemakaian
Tea tree oil dapat digunakan untuk mengobati luka atau penyakit kulit lainnya. Namun, efek samping yang dirasakan satu orang dengan orang lainnya belum tentu sama. Menurut hasil penelitian, gejala alergi mungkin saja terjadi pada beberapa orang.

Oleh sebab itu, saat pertama kali menggunakan tea tree oil, sebaiknya Anda menggunakan dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Segera hentikan pemakaian saat Anda merasakan adanya gejala alergi yang muncul. Hindari juga pemakaian tea tree oil pada anak-anak. Selain itu, saat Anda menggunakan tea tree oil sebagai obat kumur, jangan menelannya karena bukan obat minum internal.

Baca juga rekomendasi produk essential oil lainnya di sini!

Selain tea tree oil, masih terdapat banyak essential oil lain yang tidak kalah baik manfaatnya. Kami juga mempunyai beberapa rekomendasi essential oil yang dapat Anda coba di bawah ini. Intip artikelnya juga, yuk!

Kesimpulan

Karena memiliki banyak khasiat, tea tree oil adalah produk yang baik untuk Anda miliki. Selain itu, wanginya yang khas juga dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran. 

Jangan lupa untuk selalu memeriksa aroma dan kandungan bahan-bahannya sebelum membeli produk tea tree oil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda memilih tea tree oil terbaik.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Khasiat kemiri bukanlah mitos belaka. Sering digunakan sebagai bumbu dapur, kemiri ternyata bisa diolah menjadi minyak. Minyak kemiri menyimpan banyak manfaat, salah satunya untuk menutrisi rambut. Anda bisa membuat minyak kemiri sendiri dengan cara menyangrai, merebus, atau memanggang biji kemiri hingga minyaknya keluar. Namun, Anda tidak perlu bersusah-susah karena kini sudah banyak minyak kemiri berkualitas tinggi dijual di pasaran. Merek-merek seperti Cantiqa, Cussons, dan KUKUi, telah menawarkan minyak kemiri asli untuk menyuburkan rambut anak dan dewasa. Artikel ini akan membantu Anda memilih minyak kemiri sesuai kebutuhan. Jadi, tetaplah membaca, ya!
    Essential oil
    75.080 Views
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Di zaman modern yang supersibuk ini, banyak orang mencari ketenangan pikiran dan mental dengan memakai essential oil. Essential oil adalah konsentrat minyak dengan berbagai aroma yang diekstrak dari tanaman. Salah satu merk essential oil yang merajai pasar di Indonesia adalah Young Living. Apakah Anda sudah pernah memakai essential oil dari Young Living? Jika belum, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa produk essential oil yang bagus dari Young Living. Berbagai varian aroma, seperti lavender, bergamot, atau patchouli bisa Anda dapatkan. Cari tahu juga cara memilihnya di artikel ini, ya!
    Essential oil
    18.412 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Aroma / Aroma Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minyak Aroma / Aroma Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menghilangkan lelah, mengurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak, merupakan sebagian dari manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan minyak aroma atau aroma oil. Memiliki segudang varian, Anda pun semakin mudah untuk memilihnya sesuai selera dan kebutuhan.Selain produk dari Happy Green yang sudah terkenal, produsen lokal, seperti Nusaroma dan Darjeeling pun mengeluarkan produk yang tak kalah berkualitas. Jangan bingung dalam memilih karena di bawah ini, kami akan menyajikan cara memilih dan rekomendasi produk-produk pilihan untuk Anda!
    Essential oil
    78.251 Views
  • 10 Rekomendasi Body Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Body oil dapat mencegah kulit kering karena memiliki kadar minyak dan kelembapan yang tinggi. Dengan minyak nabati sebagai bahan utamanya, body oil populer di kalangan orang-orang yang berorientasi hidup sehat. Body oil juga dapat digunakan untuk perawatan rambut, mencerahkan kulit, minyak pijat, sekaligus aromaterapi.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi body oil dari berbagai merk, seperti Clarins, Nuxe, Wardah, dan Josie Maran. Dengan body oil yang bagus, kulit lembap dan mulus pun bisa Anda dapatkan. Yuk, temukan body oil yang tepat untuk Anda dan keluarga!
    Essential oil
    27.340 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minyak bidara adalah minyak dari ekstrak daun bidara yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Bahkan, minyak bidara juga dipercaya dapat mengatasi gangguan nonmedis. Karena khasiatnya yang lengkap, minyak bidara sering dipakai sebagai minyak untuk bayi, ibu hamil, dan mengatasi pegal-pegal.Cara penggunaan minyak bidara tergolong cukup beragam, ada yang digunakan dengan cara dioleskan, diminum, hingga ditaburkan dalam air. Di artikel ini kami akan membagikan rekomendasi minyak bidara yang bagus dari berbagai merk seperti As Zahra dan Sidra99. Sebelumnya, yuk ketahui dahulu apa manfaat minyak bidara berikut ini!
    Essential oil
    3.433 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan (Terbaru Tahun 2021)
    Minyak almond merupakan salah satu minyak kecantikan yang banyak menarik perhatian. Selain baik untuk kulit, minyak almond juga dapat digunakan pada wajah dan rambut. Karena kandungan vitaminnya yang tinggi, minyak almond bahkan dapat dikonsumsi sebagai bahan tambahan makanan!Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana memilih minyak almond sesuai dengan penggunaannya. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari merek ternama, seperti Now, Green Tosca, Organic Supply Co, Indoganic, dan lainnya yang dapat menjadi referensi Anda. Mari temukan minyak almond yang paling sesuai untuk Anda!
    Essential oil
    23.046 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori