10 Rekomendasi Tempat Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Tempat Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Tempat atau canister gula yang berkualitas dapat menyimpan gula agar tetap awet. Selain dapat menjaga kualitas gula, memiliki tempat gula yang berdesain elegan tentunya juga akan semakin mempercantik dapur Anda.

Faktor apa saja yang sebaiknya diperhatikan dalam memilih tempat gula? Agar Anda tidak salah memilih, kami akan memberikan tips cara memilih tempat gula yang benar. Di akhir artikel kami juga akan memberikan rekomendasi produk tempat gula terbaik, seperti Ikea, Noritake, dan Tupperware. 

Daftar isi

Cara memilih tempat gula

Ketika Anda mendengar kata ‘tempat gula’, bisa jadi Anda membayangkan sebuah wadah stylish berisi gula kubus yang biasa digunakan sebagai pelengkap minum teh. Meski fungsinya sederhana, sisi estetika dari sebuah tempat gula sebaiknya tidak diabaikan agar suasana minum teh menjadi lebih elegan.

Tempat gula merupakan barang yang hanya dibeli sesekali sehingga tidak selamanya akan terlihat baru dan bagus. Oleh karena itu, pilihlah tempat gula yang tidak hanya berdesain bagus, tetapi juga praktis digunakan, serta awet. Berikut ini kami akan memberikan tips cara memilih tempat gula yang sesuai untuk Anda!

Lebih baik memilih yang disertai tutup

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat gula adalah ada atau tidaknya penutup. Dilihat dari sisi situasi penggunaan, terkadang ada saatnya tempat gula tanpa penutup lebih praktis digunakan.

Contohnya adalah jika Anda sering menambahkan sedikit demi sedikit gula untuk menyesuaikan rasa manis teh. Dalam keadaan tersebut, tempat gula tanpa penutup akan lebih memudahkan Anda karena tidak perlu repot membuka dan menutupnya.

Namun, belakangan ini banyak orang yang ingin menyimpan gula supaya tetap berkualitas. Bila Anda termasuk salah satunya, pilihlah tempat gula yang disertai penutup. Pada saat memilih tempat gula berpenutup, hal-hal berikut ini juga tidak kalah pentingnya untuk Anda perhatikan.

Perhatikan kerapatan penutupnya

Perhatikan kerapatan penutupnya

Sebelum membeli, kami menyarankan Anda untuk mengecek kerapatan penutup tempat gula. Tutup yang kurang rapat dapat menyebabkan gula mengeras dan menggumpal akibat udara yang lembap atau kering.

Mungkin Anda pernah mendengar kalau gula yang kering jika dibiarkan terus akan mengeras. Namun, sesungguhnya hal ini juga tergantung dari jenis gulanya. Gula yang telah terlalu banyak menyerap udara yang lembap akan sedikit mencair sebelum akhirnya mengeras. Di sisi lain, udara yang kering juga dapat menyebabkan gula mengeras akibat kandungan air yang terlalu sedikit. Dengan demikian, menyimpan gula di dalam tempat gula yang memiliki kerapatan tepat menjadi sangat penting, bukan?

Ada banyak sekali jenis tempat gula berpenutup. Namun, kami menyarankan Anda untuk memilih tempat gula dengan penutup yang dapat menutup dengan rapat. Hal tersebut akan membuat kondisi gula tetap ideal dan mencegahnya untuk mengering dan mengeras.

Pilih bahan tembikar agar gula sulit untuk mengeras

Pilih bahan tembikar agar gula sulit untuk mengeras

Seperti yang sudah disebutkan, menyimpan gula di dalam wadah dengan kerapatan yang tepat merupakan hal yang penting. Salah satu caranya adalah dengan menyimpannya di wadah berbahan tembikar. Kami merekomendasikan bahan ini karena jenis materialnya yang rapat dan kedap udara.

Saat ini, sudah ada tempat gula yang terbuat dari tanah liat untuk menyimpan gula agar tidak mudah rusak. Beberapa di antaranya bahkan memiliki lubang untuk mengeluarkan kadar air berlebih sehingga kelembapan gula tetap pas terjaga secara alami.

Dapat dikatakan, tempat gula yang terbaik adalah yang berbahan tembikar dan disertai dengan penutup. Tempat gula seperti ini lebih direkomendasikan daripada yang terbuat dari bahan plastik atau kaca. Hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut kurang kedap udara jika dibandingkan dengan yang berbahan tembikar.

Lebih baik bila dilengkapi dengan sendok

Lebih baik bila dilengkapi dengan sendok

Faktor terakhir adalah adanya kelengkapan sendok di tempat gula yang Anda pilih. Akan merepotkan bila Anda harus mengambil sendok setiap kali hendak menyendok dan menakar gula. Oleh karena itu, akan lebih praktis dan nyaman bila Anda membeli tempat gula yang sudah dilengkapi dengan sendok.

Akan lebih baik lagi jika sendok dapat pas diletakkan bersama dengan tempat gula. Selain risiko hilang dapat diminimalkan, Anda pun tidak perlu memikirkan tempat ekstra untuk meletakkan sendok tersebut.

Kami merekomendasikan Anda untuk memilih sendok yang dapat menempel di bagian luar tempat gula, bukan sendok yang ditempatkan di bagian dalamnya. Tujuannya agar tempat gula dapat ditutup lebih rapat. Dengan demikian, kelembapan udara tidak dapat masuk melalui celah antara tutup dan sendok.

Untuk sendoknya, pilihlah sendok gula yang terbuat dari bahan kayu atau tembikar. Kedua bahan ini baik karena tidak menambah kelembapan yang dapat memengaruhi kualitas gula.

10 Rekomendasi tempat gula terbaik

Setelah Anda mengetahui cara memilih tempat gula yang tepat, selanjutnya kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produknya. Setiap tempat gula memiliki kelebihan yang berbeda. Jadi, pilihlah tempat gula yang paling Anda butuhkan!

10. Ikea Dold Tempat gula, Kaca Bening/Baja Tahan Karat

10. Ikea Dold Tempat gula, Kaca Bening/Baja Tahan Karat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 53.300

Desain simpel dengan fungsi yang praktis

Keunggulan produk ini adalah terbuat dari kaca yang transparan. Hal ini memudahkan Anda untuk mengetahui isinya tanpa harus membuka penutupnya. Jadi, Anda dapat segera mengetahui ketika persediaan gula akan habis. Tempat gula ini tetap fungsional meski desainnya sederhana.

Di bagian tutupnya, terdapat lubang yang berukuran cukup besar sebagai jalur keluarnya gula dari wadah. Anda pun tidak perlu lagi menggunakan sendok untuk mengambil gula. Jika Anda termasuk pribadi yang menyukai desain yang simpel dan fungsi yang mengutamakan kepraktisan, produk ini pas untuk Anda.

Bahan Kaca (wadah), baja tahan karat (tutup)
Ketersediaan sendok ×

9. Tempat Garam dan Gula Kayu

9. Tempat Garam dan Gula Kayu

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 50.000

Bahan kayu yang kuat dan awet

Meski dapat juga digunakan sebagai tempat untuk menyimpan garam, produk ini juga tepat digunakan sebagai tempat gula. Bahannya yang terbuat dari kayu menjadikan produk ini tidak mudah rusak akibat terjatuh atau tersenggol sesuatu.

Material kayu di wadah, tutup, dan sendok, membuat tempat gula ini tampak eye-catching. Bobotnya pun hanya 200 gram saja sehingga ringan untuk penggunaan harian. Bila Anda ingin memiliki tempat gula yang kuat dan tahan banting dengan konsep natural, produk ini adalah jawabannya.

Bahan Kayu (wadah, tutup, sendok)
Ketersediaan sendok ✔︎

8. ACE Hardware Kris Chef Tempat Gula Transparan

8. ACE Hardware Kris Chef Tempat Gula Transparan
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 54.900

Berkat mulut wadah yang lebar dan transparan, tak perlu repot mengisi serta menyendok gula

Tahukah Anda bahwa bahan plastik yang mengandung BPA (Bisphenol-A) dapat mengganggu kesehatan? Agar dapat meminimalkan bahaya bahan tersebut, sebaiknya Anda memilih tempat gula plastik bebas BPA seperti produk yang satu ini, ACE Hardware Kris Chef Tempat Gula Transparan.

Selain relatif lebih aman untuk tubuh, produk ini dibuat dari bahan yang tembus pandang sehingga Anda langsung dapat mengetahui isinya. Produk ini cocok bagi Anda yang tidak mau repot saat mengisi dan mengambil gula. Hal ini karena desain mulut wadahnya yang lebar serta dilengkapi sendok sehingga Anda lebih praktis saat menggunakannya.

Bahan Plastik BPA Free (wadah, tutup, sendok)
Ketersediaan sendok ✔︎

7. Set Wadah Gula, Kopi, Teh 

7. Set Wadah Gula, Kopi, Teh 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 57.000

Gula tak lagi tertukar dengan bumbu dapur lain!

Set produk ini terdiri dari tiga wadah yang masing-masing memiliki warna berbeda. Jadi, Anda tidak hanya dapat menyimpan gula, tetapi juga kopi dan teh. Dengan adanya label yang terbuat dari stiker vinyl di setiap wadahnya, tempat gula ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang sering salah membedakan kristal putih gula dengan bumbu dapur lain.

Bahan Aluminium (wadah, tutup)
Ketersediaan sendok ×

6. Tupperware Shelf Savers (2)

6. Tupperware Shelf Savers (2)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 83.000

Mekanisme buka-tutup yang mudah dan unik

Kebersihan gula memengaruhi kualitas minuman Anda. Sering kali setelah mengambil gula, sendok tetap disimpan di dalam canister dan bersentuhan dengan gula dalam waktu lama. Sendok tersebut berpotensi mengontaminasi gula sehingga rasanya menjadi kurang nikmat. Produk ini adalah solusi bagi Anda yang memiliki problem tersebut.

Produk ini dilengkapi dengan sendok yang dapat ditempelkan di tutup bagian luar. Dengan demikian, sendok tidak akan bersentuhan dengan gula dalam waktu lama. Selain itu, walaupun terbuat dari plastik, fitur ketat udaranya tetap dapat menjaga agar kualitas gula tidak menurun.

Bahan Plastik (wadah, tutup, sendok)
Ketersediaan sendok ✔︎

5. Stainless Steel Sugar Canister

5. Stainless Steel Sugar Canister 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 46.500

Adanya pengait di tutup, buat wadah lebih kedap udara

Stainless Steel Sugar Canister ini memiliki desain tutup yang transparan. Jadi, Anda langsung dapat melihat isinya tanpa membuka tutupnya terlebih dahulu. Dengan begitu, frekuensi gula yang terpapar udara luar pun berkurang sehingga kualitas gula dapat lebih terjaga.

Tidak hanya itu, tutup tempat gula ini pun memiliki pengait sehingga dapat lebih kedap udara. Jika Anda ingin memiliki produk inovatif yang bisa mempertahankan kualitas gula dalam jangka waktu lama, kami menyarankan produk ini untuk Anda coba!

Bahan Baja tahan karat (wadah)
Ketersediaan sendok ×

4. Karaca Florante Sugar Bowl

4. Karaca Florante Sugar Bowl

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 219.400

Bahan porselen bermotif burung dan bunga yang eksotis sekaligus estetis

Bagi yang ingin memiliki tempat gula dari bahan porselen berkualitas, Anda tidak perlu mencari-cari lagi. Baik wadah maupun penutup dari produk buatan Karaca, perusahaan terkemuka Turki ini seluruhnya terbuat dari bahan tembikar berkualitas tinggi.

Di bagian wadah, terdapat desain burung, bunga, dan daun yang dikelir dengan warna-warna serasi. Hal tersebut tentunya akan menambah nilai estetis saat minum teh Anda. Nah, jika Anda menginginkan tempat gula berbahan porselen dengan desain yang cantik, pertimbangkanlah produk yang satu ini.

Bahan Porselen (wadah, penutup)
Ketersediaan sendok ×

3. Oxone Master Sugar Bowl Set

3. Oxone Master Sugar Bowl Set 

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.000

Pelindung baja tahan karat memproteksi wadah lebih optimal

Rak dan penutup produk ini terbuat dari bahan stainless steel. Sebaliknya, bagian wadahnya terbuat dari kaca yang tidak mudah pecah. Wadah yang tembus pandang ini membantu Anda untuk mengecek ketersediaan gula hanya dalam sekali lihat.

Bagi Anda yang ingin lebih aman dalam memindahkan tempat gula, produk ini bisa menjadi andalan. Pegangan yang terdapat di bagian pinggir memberikan Anda kemudahan untuk menjinjing tempat gula, Sementara itu, pelindung di segala sisinya memproteksi wadah dari benturan.

Bahan Kaca (wadah), baja tahan karat (tutup, sendok)
Ketersediaan sendok ✔︎

2. Ikea Korken Jar with lid

2. Ikea Korken Jar with lid

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 30.000

Harga ekonomis, kualitas gula tetap terjaga

Harga yang ekonomis sering dikaitkan dengan kualitas yang kurang bagus. Namun, stereotip tersebut tidak berlaku untuk produk ini. Dengan produk dari Ikea ini, Anda bisa mendapatkan harga murah sekaligus kualitas yang baik. Dengan demikian, produk ini tepat sekali untuk Anda yang low-budget.

Dengan aroma-tight seal, bagian dalam produk ini dipastikan akan kedap udara sehingga mampu mempertahankan kualitas gula agar tidak mengeras atau menggumpal. Jadi, kondisi gula yang ideal tetap bisa Anda nikmati.

Bahan Kaca (wadah), karet alami (seal), baja tahan karat (tutup)
Ketersediaan sendok ×

1. Tempat Gula Porcelain Rim

1. Tempat Gula Porcelain Rim 

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 82.000

Simplicity is ultimate sophistication

Meski memiliki harga yang relatif terjangkau, kombinasi desain yang klasik dengan tampilan elegan membuat mata terpaku ketika melihat produk yang satu ini. Dengan warna putihnya yang netral, tempat gula ini cocok untuk menjadikan tata meja makan rumah Anda terlihat simpel serta minimalis.

Bahan tempat gula ini terbuat dari porselen tipis yang antigores. Namun, produk ini cukup aman untuk penggunaan dalam kondisi suhu yang ekstrem seperti oven maupun freezer. Oleh sebab itu, Anda tak perlu khawatir saat ingin membuat karamel gula ataupun saat ingin menyimpan gula di dalam lemari es.

Bahan Porselen (wadah, tutup)
Ketersediaan sendok ×

Baca juga rekomendasi produk tempat penyimpanan makanan lainnya di sini!

Selain tempat gula yang telah kami bahas kali ini, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli tempat penyimpanan makanan lainnya agar makanan senantiasa terjaga kualitas dan bentuknya. Simak penjelasan lebih lanjutnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Dengan menggunakan tempat gula yang terbaik, gula pun akan selalu terjaga kualitas dan bentuknya. Sementara itu, model dan desain yang tepat akan memudahkan Anda untuk mengambil gula kapan pun Anda membutuhkannya.

Kami telah memberikan rekomendasi tempat gula terbaik yang dapat menyimpan gula dengan awet. Dari rekomendasi kami, apakah Anda sudah menemukan tempat gula terfavorit? Jika belum, bacalah kembali artikel ini untuk menentukan produk yang bisa sesuai dengan ekspektasi Anda.