• 10 Serum Terbaik untuk Mencerahkan Wajah - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum Terbaik untuk Mencerahkan Wajah - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum Terbaik untuk Mencerahkan Wajah - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum Terbaik untuk Mencerahkan Wajah - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum Terbaik untuk Mencerahkan Wajah - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Terbaik untuk Mencerahkan Wajah - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Semua orang tentunya ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan sehat. Untuk itu, banyak orang yang mencari serum untuk mencerahkan wajah. Saat ini sudah banyak produk serum untuk memutihkan wajah dengan efek brightening yang membuat wajah tampak lebih cerah. 

Nah, kali ini kami akan membagikan tips memilih serum yang bagus untuk mencerahkan wajah. Temukan rekomendasi serum whitening dari berbagai merek, seperti Wardah, Azarine, dan Dear Me Beauty. Baca juga tips memilih serum dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari. Pastikan Anda menemukan serum brightening terbaik, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Andina Bulan
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Dokter Andina Bulan Sari merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang lulus pada 2008. Pada 2009, Dokter Andina memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya pada program spesialis Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin di FKUI-RSCM.

Setelah lulus pada 2014, ibu dari dua orang anak ini aktif praktik di Klinik Sakti Medika Tebet, RS Omni Pekayon, dan Zap Premiere Sumarecon Mall Bekasi. Wanita yang tertarik pada bidang kosmetik, infeksi menular seksual, dan alergi imunologi ini bisa ditemui melalui akun Instagram-nya.

Apa itu serum untuk mencerahkan wajah?

Apa itu serum untuk mencerahkan wajah?

Serum untuk mencerahkan wajah umumnya dilabeli 'whitening' atau 'brightening' alias 'pemutih kulit'. Meski demikian, sebetulnya serum tersebut tidak memberikan efek memutihkan kulit.


Bahan yang terkandung dalam serum pencerah wajah tersebut memiliki fungsi utama menghambat produksi melanin. Dengan kata lain, serum yang mencerahkan kulit adalah produk perawatan dan pencegahan.


Serum untuk mencerahkan memiliki ingredients yang dapat memudarkan dan mencegah melanin terbentuk kembali. Jadi, Anda dapat menggunakan serum ini untuk merawat dan mencegah pembentukan melanin di masa depan.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Secara molecular, skin whitening agent bekerja dengan cara menurunkan pigmen melanin. Pigmen melanin sendiri merupakan sumber utama terbentuknya warna kulit. Produksi melanin yang berlebihan bisa menyebabkan freckles, lentigo solaris, melasma, dan hiperpigmentasi pasca inflamasi.


Whitening agent dapat bekerja secara toksik terhadap sel melanosit. Dengan begitu, whitening agent dapat mengganggu tahapan penting pada proses melanogenesis (proses pembentukan melanin). 


Tahapan melanogenesis melibatkan berbagai enzim dan reaksi kimiawi. Namun, enzim utama yang berperan penting adalah enzim tirosinase. Karena itu, hampir semua whitening agent bekerja dengan menghambat enzim tirosinase tersebut agar menurunkan produksi pigmen melanin.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum untuk mencerahkan wajah

Sebelum memilih brightening serum, sebaiknya Anda mengenal kandungan utamanya terlebih dahulu. Dengan mempelajari bahan-bahan whitening di dalamnya, Anda bisa memilih produk yang efektif untuk Anda. Selengkapnya akan kami jelaskan di bawah ini!

Cermati kandungan bahan pencerahnya

Umumnya, terdapat dua jenis kandungan serum yang memiliki efek whitening yang baik. Pertama, bahan yang mampu mencegah oksidasi melanin, sementara yang kedua efektif menghambat peningkatan enzim tirosinase (tyrosinase).

Vitamin C dan turunannya, ampuh mencegah oksidasi melanin

Vitamin C dan turunannya, ampuh mencegah oksidasi melanin

Kandungan bahan whitening yang mampu mencegah oksidasi melanin adalah sebagai berikut ini:


  • Vitamin C. Ini adalah bahan pencerah yang sudah sangat dikenal baik untuk kulit. Akan tetapi, vitamin C sangat rapuh dan memiliki ciri tidak mudah menembus lapisan kulit.
  • Vitamin C derivatif. Ini juga merupakan bahan yang terkenal sebagai whitening agent. Vitamin C deritatif biasanya digunakan untuk menstabilkan vitamin C karena sifatnya yang rapuh. Vitamin ini akan menghambat pembentukan melanin. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa orang rentan mengalami iritasi saat menggunakan vitamin C. Hal tersebut karena vitamin C akan meningkatkan sensitivitas kulit.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Vitamin C atau asam askorbat bekerja dengan menurunkan O-quinon sehingga mencegah terbentuknya melanin. Asam askorbat dapat menurunkan melanin yang teroksidasi dari warna hitam menjadi coklat muda


Selain itu, vitamin C juga dapat berinteraksi dengan ion copper pada tyrosinase active site. Kandungan ini juga menghambat kerja enzim tirosinase yang bisa menurunkan pembentukan melanin.


Asam askorbat bersifat tidak stabil, teroksidasi dengan cepat, dan dekomposisi di larutan air. Untuk mengatasinya, diperlukan disintesis magnesium-L-ascorbyl-2-phospate (VC-PMG) yang lebih stabil di air, terutama larutan netral atau basa. 


VC-PMG kemudian akan dihidrolisis menjadi asam askorbat oleh fosfatase dan menghasilkan aktivitas vitamin C. Vitamin C digunakan untuk menekan pembentukan melanin oleh tirosinase dan sel melanosom.

Ekstrak plasenta, arbutin, dan lainnya, efektif menahan pembentukan enzim tirosinase

Ekstrak plasenta, arbutin, dan lainnya, efektif menahan pembentukan enzim tirosinase
Bahan aktif berikut ini dikenal mampu mencegah pembentukan enzim tirosinase:

    • Ekstrak plasenta. Ini adalah bahan yang berguna untuk menghambat pengendapan melanin dan mencegah pembentukan bintik-bintik hitam akibat faktor usia.
  • Hydroquinone. Ini adalah bahan dengan efek pemutih yang terkenal kuat sehingga sering disebut 'bleaching'. Namun, karena sangat mengiritasi kulit, bahan ini tidak cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Penggunaan bahan ini harus dengan pengawasan dokter.
  • Arbutin. Ini adalah bahan pencerah yang dibuat dari hydroquinone, tetapi memiliki tingkat iritasi yang lebih rendah dibandingkan hydroquinone.
  • Asam ellagic (ellagic acid): Ini adalah bahan alami yang terkandung dalam tanaman berry. Bahan ini memiliki efek whitening yang tinggi, tetapi dengan tingkat iritasi yang rendah.

Selain beberapa contoh yang kami sebutkan di atas, masih ada banyak bahan pencerah lainnya. Misalnya, bahan anti-inflamasi dipotassium glycyrrhizinate acid, potassium 4-methoxysalicylate, tranexamic acid, dan lainnya.


Beberapa produsen bahkan ada yang memformulasikan whitening agent-nya sendiri. Maka, sebelum membeli brightening serum, ada baiknya Anda mencermati ingredients-nya lebih saksama.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Gangguan pigmentasi di kulit sangat sering ditemukan. Ada berbagai cara untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit, yaitu secara kimiawi dan fisik. Bahan kimiawi yang paling sering digunakan adalah antara lain:


  • Hidrokuinon (HQ): merupakan bahan depigmentasi paling popular dan menjadi gold standard. Penggunaan HQ harus dengan resep dokter. Cara kerjanya adalah dengan menghambat enzim tirosinase yang menurunkan konversi DOPA menjadi melanin. Produk oksidasinya adalah quinon dan reactive oxygen spesies (ROS). Produk ini akan menyebabkan kerusakan oksidatif pada membran lipid dan protein, termasuk tirosinase. Penggunaan HQ memberikan hasil sangat baik jika dikombinasikan dengan retinoic acid dan steroid topikal seperti fluocinolon acetonide. Gabungan ini disebut sebagai triple combination.

  • Arbutin dan derivatnya: kandungan ini merupakan bentuk natural dari HQ yang diekstraksi dari tanaman bearberry. Arbutin menghambat produksi melanin dan menurunkan aktivitas tirosinase melanosom.

  • Asam kojic dan derivatnya: kandungan ini merupakan antibiotik yang dihasilkan oleh berbagai spesies Aspergillus dan Penicillum melalui proses anaerob. Asam kojic juga bekerja dengan cara menghambat enzim tirosinase.


Selain kandungan di atas tersebut, masih banyak bahan lain dengan efek whitening dan lightening, seperti retinoic acid, AHA, dan sebagainya.

Jangan lewatkan kandungan bahan pelembap

 Jangan lewatkan kandungan bahan pelembap
Selain mencerahkan, tentunya Anda juga menginginkan serum dengan manfaat melembapkan. Kulit yang lembap adalah hal yang penting karena kulit kering rentan mengalami iritasi jika bersinggungan dengan bahan pencerah. Selain itu, kulit kering yang kering juga lebih rawan kerutan dan bintik hitam. 

Untuk itu, saat hendak memilih serum yang mencerahkan, sebaiknya Anda mencermati komposisinya dengan baik. Prioritaskan serum pencerah yang mengandung pelembap, ya.

Carilah tekstur serum yang paling nyaman untuk Anda

Carilah tekstur serum yang paling nyaman untuk Anda
Biasanya, serum dipatok dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan skincare lainnya. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih serum yang kemasan, tekstur, dan klaimnya sesuai dengan keinginan Anda.

Terlebih lagi, serum umumnya memiliki tekstur yang rich dan lengket. Bila Anda kurang nyaman dengan produk semacam itu, baiknya Anda memilih serum dengan tekstur yang lebih ringan. Untuk mengetahuinya, Anda dapat membaca ulasan pengguna lain, ya.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Tekstur skin whitening agent tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing masing, sama seperti saat memilih pelembap. Pemilik kulit kering biasanya akan lebih nyaman dengan tekstur cream. Namun, jika kondisi kulit tidak terlalu kering, cobalah tekstur seperti lotion dan emulsi. Bagi pemilik kulit berminyak, silakan memilih produk yang berbentuk gel based.

10 Rekomendasi serum terbaik untuk mencerahkan wajah

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum terbaik untuk memutihkan wajah yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andina Bulan Sari.

10

Dear Me Beauty 10% Vitamin C + Orange Extract

Mulai dari Rp 129.000,00

Kandungan pencerahVitamin C dan orange extract
Kemasan12 ml
Kandungan pelembapAloe Vera, glycerin, dan collagen
9

L’OréalGlycolic Bright Instant Glowing Face Serum

Mulai dari Rp 105.000,00

Kandungan pencerah1% Glycolic acid dan niacinamide
Kemasan15 ml dan 30 ml
Kandungan pelembapGlycerin
8

True to SkinNiacinamide 10% + Zinc 1% + Allantoin Brightening Serum

Mulai dari Rp 109.000,00

Kandungan pencerah10% Niacinamide
Kemasan20 ml
Kandungan pelembapAllantoin
7

SOMETHINCRevive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol

Mulai dari Rp 39.000,00

Kandungan pencerahAlpha arbutin, SabiWhite®, dan bakuchiol
Kemasan5 ml dan 20 ml
Kandungan pelembapTidak diketahui
6

AvoskinYour Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

Mulai dari Rp 139.000,00

Kandungan pencerah3% Alpha arbutin dan grapeseed
Kemasan30 ml
Kandungan pelembapGlycerin
5
Kandungan pencerahVitamin C dan niacinamide
Kemasan20 ml
Kandungan pelembapGlycerin dan allantoin
4
Kandungan pencerahTranexamide acid, niacinamide, dan licorice extract
Kemasan15 ml
Kandungan pelembapAloe Vera extract, allantoin, calendula oil, geranium oil, dan olive oil
3

Wardah Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Mulai dari Rp 83.000,00

Kandungan pencerahAlpha arbutin, tranexamic acid, niacinamide, dan edelweiss extract
Kemasan20 ml
Kandungan pelembapTidak diketahui
2
Kandungan pencerahGold flakes, vitamin C, 5% niacinamide, dan licorice extract
Kemasan20 ml
Kandungan pelembapMarine collagen
1

GarnierBright Complete Vitamin C 30X Booster Serum

Mulai dari Rp 80.000,00

Kandungan pencerahVitamin C murni
Kemasan15 ml, 30 ml, dan 50 ml
Kandungan pelembapTidak diketahui

Tabel perbandingan produk serum wajah terbaik untuk mencerahkan kulit

Gambar produk
1
Garnier Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum 1

Garnier

2
Implora  24K Gold Serum 1

Implora

3
Wardah  Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum 1

Wardah

4
Scarlett  Glowtening Serum 1

Scarlett

5
Azarine  C White Lightening Serum 1

Azarine

6
Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed 1

Avoskin

7
SOMETHINC Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol 1

SOMETHINC

8
True to Skin Niacinamide 10% + Zinc 1% + Allantoin Brightening Serum 1

True to Skin

9
L’Oréal Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum 1

L’Oréal

10
Dear Me Beauty  10% Vitamin C + Orange Extract 1

Dear Me Beauty

Nama produk

Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum

24K Gold Serum

Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Glowtening Serum

C White Lightening Serum

Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol

Niacinamide 10% + Zinc 1% + Allantoin Brightening Serum

Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum

10% Vitamin C + Orange Extract

Keunggulan

Memberikan hasil nyata sejak hari ke-3 pemakaian!

Mencerahkan wajah dengan harga yang terjangkau

Kulit lebih cerah sebening crystal

Mencerahkan dan menguatkan skin barrier

Perpaduan manfaat pencerah dan antiaging

Serum pencerah yang kaya antioksidan

Mencerahkan kulit kusam sekaligus mengurangi beruntusan

Serum lokal yang mengatasi jerawat sekaligus memudarkan bekasnya

Menyamarkan noda hitam dalam empat minggu

Vitamin C yang gentle untuk semua jenis kulit

Harga mulai dariRp 80.000,00Rp 35.000,00Rp 83.000,00Rp 75.000,00Rp 52.000,00Rp 139.000,00Rp 39.000,00Rp 109.000,00Rp 105.000,00Rp 129.000,00
Kandungan pencerahVitamin C murniGold flakes, vitamin C, 5% niacinamide, dan licorice extractAlpha arbutin, tranexamic acid, niacinamide, dan edelweiss extractTranexamide acid, niacinamide, dan licorice extractVitamin C dan niacinamide3% Alpha arbutin dan grapeseedAlpha arbutin, SabiWhite®, dan bakuchiol10% Niacinamide1% Glycolic acid dan niacinamideVitamin C dan orange extract
Kemasan15 ml, 30 ml, dan 50 ml20 ml20 ml15 ml20 ml30 ml5 ml dan 20 ml20 ml15 ml dan 30 ml12 ml
Kandungan pelembapTidak diketahuiMarine collagenTidak diketahuiAloe Vera extract, allantoin, calendula oil, geranium oil, dan olive oilGlycerin dan allantoinGlycerinTidak diketahuiAllantoinGlycerinAloe Vera, glycerin, dan collagen
Tautan produk

Apakah serum pencerah dapat menghilangkan bekas jerawat?

Apakah serum pencerah dapat menghilangkan bekas jerawat?

Pada dasarnya, tidak semua bekas jerawat dapat dihilangkan sepenuhnya dari wajah Anda. Serum pencerah kulit tergolong sebagai perawatan nonobat yang tidak dapat mengubah warna kulit akibat bekas jerawat sepenuhnya. Jika Anda ingin menggunakan serum pencerah untuk menghilangkan bekas jerawat, periksalah komposisi bahannya terlebih dahulu.


Menurut sebagian ahli, Anda bisa merawat kulit bekas jerawat dengan serum apabila terdapat kandungan tertentu. Misalnya, keratin atau bahan lainnya yang mampu meregenerasi kulit. Dengan whitening serum yang tepat, Anda dapat merevitalisasi sel-sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit. Namun, hasilnya tentu berbeda-beda, tergantung pada kondisi kulit dari bekas jerawat tersebut.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Bekas jerawat yang rata dengan kulit dapat dibagi menjadi tiga. Ada bekas jerawat kehitaman (hiperpigmentasi), bekas jerawat putih (hipopigmentasi), dan bekas jerawat merah. Bekas jerawat kemerahan dan kehitaman dapat diatasi menggunakan skincare dengan kandungan whitening agent. 


Kandungan ini dapat berupa niacinamide, vitamin C, retinoid, dan lainnya. Khusus untuk bekas jerawat kemerahan, Anda dapat menghilangkannya lebih cepat jika dibantu dengan tindakan lain atau tidak hanya dengan skincare.

Untuk memaksimalkan perawatan, gunakan tabir surya pada siang hari

Untuk memaksimalkan perawatan, gunakan tabir surya pada siang hari

Meski telah menggunakan serum pencerah terbaik, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal jika melewatkan penggunaan sunscreen. Anda tidak bisa mencegah noda akibat efek buruk sinar UV dengan berbekal serum pencerah saja.


Gunakan sunscreen pada pagi, siang, dan sore, pada saat matahari terik maupun mendung. Saat cuaca mendung atau pada musim dingin sekalipun, sinar UV tetap berbahaya bagi kulit. Tanpa sunscreen, sinar UV akan memperparah bintik hitam dan kekusaman kulit Anda.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Penggunaan skin whitening agent dapat menimbulkan reaksi iritasi, terutama pada awal pemakaian. Iritasi ini bisa ditandai dengan rasa stinging, gatal, kemerahan, dan kering. 


Terdapat juga bahan skin whitening agent yang bersifat light sensitive yang akan terurai jika terkena sinar matahari. Contoh kandungan ini adalah golongan retinoid. Karena itu, penting untuk Anda menggunakan sunscreen pada siang hari jika Anda menggunakan serum yang mengandung whitening agent.


Akan tetapi, penggunaan sunscreen tentunya tetap penting walaupun Anda tidak menggunakan whitening agent. Hal ini karena sunscreen merupakan salah satu basic skincare. Sunscreen berfungsi untuk memproteksi kulit kita dari kerusakan akibat sinar UV.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk mencerahkan kulit di sini

Selain produk serum wajah, Anda mungkin tertarik untuk melihat referensi whitening products lainnya. Simak penjelasan lebih lanjut dari artikel-artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Untuk memperoleh kulit cerah bersinar memang dibutuhkan perawatan ekstra, terlebih jika Anda sering terkena paparan sinar matahari. Namun, kini mimpi memiliki wajah yang putih dan bebas noda hitam lebih mudah diwujudkan. 


Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih serum pencerah wajah yang paling sesuai dengan kondisi dan jenis kulit. Karena itu, temukanlah produk yang paling cocok untuk Anda dan segera miliki wajah sehat serta cerah!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Cetaphil, Hada Labo, dan Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Alat Uap Wajah Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Alat Uap Wajah Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Berbagai masalah kulit banyak dialami wanita, seperti kusam, bintik hitam, dan keriput. Bila Anda sulit meluangkan waktu untuk perawatan wajah di luar, gunakan alat uap wajah mini atau face steamer mini. Ada juga yang mengenalnya sebagai nano spray karena uap yang dihasilkan memiliki skala nano yang mampu melembapkan kulit.Ada bermacam merek nano spray yang bagus, seperti Miniso, Fitcare, dan Elona. Karena itu, kami akan membagikan tips memilihnya agar Anda bisa mendapatkan alat uap wajah mini. Simak dan temukan nano spray terbaik model portabel untuk kulit yang sehat berseri!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori