10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Wafel sebagai sarapan? Sepertinya makanan ini cukup menggugah selera untuk dinikmati di pagi hari atau di waktu lain, seperti saat piknik, acara keluarga, atau bersantai di sore hari. Makanan ini banyak dijual di restoran maupun di kios-kios kecil pinggir jalan. Anda pun bisa menyatapnya di rumah dengan waffle maker milik Anda sendiri.

Untuk dapat menikmati wafel yang lezat, Anda membutuhkan waffle maker yang tepat. Ada berbagai macam jenis waffle maker yang tersedia di pasaran. Anda harus cermat memilih waffle maker seperti apa yang Anda butuhkan. Bagaimana cara memilih waffle maker yang tepat?

Daftar isi

Cara memilih waffle maker

Terdapat 2 tipe waffle maker yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan hasil wafel yang baik. Ada yang menggunakan sumber daya listrik/elektrik, ada juga yang menggunakan sumber api/tungku. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai keduanya.

Ingin membuat wafel dengan praktis? Pilih tipe elektrik!

Apabila Anda menganut motto hidup sebagai manusia serba praktis, waffle maker tipe elektrik bisa jadi pilihan yang cocok untuk Anda. Hanya dengan menuangkan adonan wafel dan menyalakan tombolnya, Anda cukup menunggu sekitar 10 menit untuk dapat langsung menikmatinya.

Cek muatan dayanya

Cek muatan dayanya

Semakin tinggi jumlah “watt”-nya, semakin tinggi daya yang dimilikinya. Dengan begitu, Anda dapat membuat wafel yang fluffy dan renyah dalam waktu singkat. Apabila Anda ingin membuat wafel yang nikmat, disarankan untuk memilih waffle maker dengan daya tinggi, kurang lebih sekitar 900 W.

Cek variasi cetakannya

Cek variasi cetakannya

Waffle maker elektrik memiliki berbagai variasi cetakan yang bisa digunakan untuk mencetak adonan selain wafel. Terdapat cetakan untuk membuat sajian lain, seperti sandwich dan memanggang adonan kue hanya dengan mengubah centakannya. Ada baiknya untuk meneliti ulang bentuk cetakan sebelum membelinya.

Dengan berbagai macam cetakan yang dapat diganti, cetakan dari waffle maker tipe elektrik ini dapat dilepas saat dicuci. Agar lebih awet, pilihlah waffle maker dengan beberapa cetakan yang berbeda.

Waffle maker yang menggunakan sumber api

Membuat wafel tidak hanya terbatas di rumah saja. Anda juga bisa menyajikannya di luar ruangan saat piknik atau camping. Anda hanya perlu memiliki waffle maker yang menggunakan sumber api. Anda dapat mengatur intensitas panasnya dengan lebih mudah saat membuat wafel menggunakan kompor. Mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk membuatnya.

Ada berbagai pilihan waffle maker yang kompatibel untuk kompor gas. Apabila Anda ingin membelinya, pastikan dulu tipe tungku/kompor seperti apa yang cocok untuk waffle maker tersebut.

Cek ketahanan panasnya

Cek ketahanan panasnya

Anda harus berhati-hati saat memilih tipe waffle maker yang menggunakan sumber api/gas. Pilih waffle maker dengan tipe handling yang tidak mudah panas dan ditutupi material resin.

Periksa seberapa banyak adonan yang ingin Anda buat

Periksa seberapa banyak adonan yang ingin Anda buat

Memilih tipe waffle maker memang penting. Namun yang juga tak kalah penting adalah ukurannya. Pilih ukurannya sesuai dengan seberapa banyak adonan yang Anda inginkan dalam satu kali panggang. Apabila Anda ingin membuat wafel untuk seluruh anggota keluarga, kami rekomendasikan untuk menggunakan cetakan wafel berukuran 20 cm atau lebih dengan hasil 2 wafel sekali cetak.

Meskipun begitu, waffle maker juga harus dipastikan kebersihannya sebelum digunakan. Walaupun bagus saat awal penggunaan, alat ini bisa rusak secara perlahan apabila tidak dirawat. Selain memilih ukurannya, Anda juga harus mempertimbangkan kesesuaian penggunaannya.

Pilih yang mudah dibersihkan

Pilih yang mudah dibersihkan

Saat memilih peralatan masak, yang juga perlu diperhatikan adalah cara merawatnya. Direkomendasikan untuk memilih waffle maker anti lengket agar Anda lebih mudah dalam membersihkannya. Apabila sulit dibersihkan, wafel yang dihasilkan bisa jadi tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Cek bentuk cetakannya

Cek bentuk cetakannya

Wafel memiliki 2 jenis bentuk yang berbeda. Pertama, bentuk kotak/persegi panjang dan yang kedua berbentuk lingkaran. Apabila Anda ingin membuat wafel yang berbentuk lingkaran, pastikan piringannya mempunyai permukaan dengan lubang-lubang bulat yang menjorok ke dalam. Tekstur yang dihasilkan akan lebih bagus dan fluffy.

10 Rekomendasi waffle maker terbaik

Berikut beberapa waffle maker yang kami rekomendasikan. Pilihlah berdasarkan kelengkapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

10. Waffle Maker Oxone OX-83

10. Waffle Maker Oxone OX-831

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 235.000

Menghemat waktu Anda dengan 6 buah wafel sekali panggang

Anda sering tidak mempunyai banyak waktu saat membuat wafel untuk seluruh anggota keluarga? Waffle Maker Oxone OX-831 bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Waffle maker ini memiliki kapasitas sebanyak 6 buah wafel dalam sekali panggang. Pegangannya pun nyaman, sehingga membuatnya tidak mudah lepas atau jatuh ketika Anda membawanya.

Waffle maker ini berbahan plastik dengan panjang kabel hingga 1 meter. Dengan alat ini, Anda dapat membuat wafel dengan daya sebesar 500 watt. Terdapat lampu indikator dan fitur overheat safety protection untuk melindungi tangan Anda dari panas berlebih. Alat ini dapat dibersihkan dengan mudah karena materialnya menggunakan lapisan anti lengket.

9. Waffle Maker Cake Molds

9. Waffle Maker Cake Molds

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 215.000

Tidak hanya anti lengket, tapi juga anti karat!

Produk ini cocok untuk Anda yang mencari waffle maker yang awet dan tahan lama. Dengan lapisan anti karat, Waffle Maker Cake Molds akan lebih awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Anda akan menghemat biaya lebih banyak daripada harus berkali-kali mengeluarkan uang untuk biaya service atau membeli barang baru.

Selain awet, waffle maker ini memiliki bentuk cetakan berupa flower petals berbentuk hati yang cantik. Apabila Anda memiliki usaha makanan, Anda bisa memasukkan menu wafel bertema kasih sayang untuk customer Anda di hari spesialnya. Jadi, selain fungsional, alat ini juga memiliki fungsi aesthetic.

8. Waffle Maker Sayota SM-631

8. Waffle Maker Sayota SM-631

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 279.000

Desain minimal dengan hasil wafel maksimal

Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki dapur yang minimalis. Dapur yang minimalis memaksa Anda mencari peralatan dapur dengan ukuran yang tidak menyita tempat. Anda tidak perlu ragu untuk berbelanja waffle maker dari Sayota ini. Desain ukurannya yang kecil membuat Anda tidak perlu kerepotan saat menyimpannya.

Walaupun berukuran kecil, Waffle Maker Sayota SM-631 dapat mencetak hingga 5 wafel dalam sekali panggang. Dengan daya sebesar 450 watt, wafel dapat disajikan dalam waktu 15 menit. Selain itu, alat ini memiliki overheat safety protection yang mampu menurunkan panas secara otomatis saat sudah mencapai suhu tertinggi. Waffle maker ini juga mudah dibersihkan karena dilapisi bahan anti lengket.

7. Waffle Maker Pitaldo

7. Waffle Maker Pitaldo

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 276.200

Menghasilkan wafel dengan cetakan 30 lubang

Apabila menurut Anda wafel berbentuk kotak terlalu mainstream, Anda bisa mencoba waffle maker yang satu ini. Waffle maker dari Pitaldo memiliki cetakan berbentuk bulat yang terbuat dari alumunium alloy. Ada 30 lubang yang terdapat pada cetakannya. Selain wafel, Anda juga bisa memanfaatkan cetakannya untuk membuat kue semprong.

Anda tidak memerlukan listrik saat memanggang wafel dengan Waffle Maker Pitaldo. Cukup gunakan sumber api yang ada di sekitar Anda. Waffle maker ini cocok Anda bawa saat berkemah di pantai atau gunung. Cukup oleskan minyak/mentega sebelum menggunakannya. Setelah dipakai, Anda hanya perlu kain basah untuk membersihkannya.

6. Waffle Maker Krischef Double Pan

6. Waffle Maker Krischef Double Pan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 345.900

Proses pemanasannya cepat, sarapan pun tidak terlambat

Banyak orang yang merasa terburu-buru untuk berangkat bekerja hingga melewatkan waktu sarapan. Apabila Anda salah satunya, Anda bisa mempertimbangkan untuk memiliki Waffle Maker Krischef Double Pan. Sarapan tidak akan lagi terlewatkan karena proses pemanasannya yang cepat. Anda hanya perlu menggunakan api sedang hingga wafel matang.

Wafel yang dibuat menggunakan alat ini akan mudah untuk dipotong karena terdapat sekat di antara cetakannya. Anda pun bisa memanggang wafel hingga bertekstur krispi dengan mengatur intensitas api kompor. Selain cepat matang, gagangnya pun nyaman saat digunakan. Dengan lapisan anti lengket, waffle maker ini mudah dibersihkan.

5. Waffle Maker Kobwa

5. Waffle Maker Kobwa

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 189.000

Hasilkan panas wafel yang merata dengan fitur flip

Kesal dengan hasil wafel yang renyah di satu sisi saja? Hal ini tidak akan terjadi apabila Anda menggunakan Waffle Maker Kobwa. Alat ini mempunyai fitur flip yang mampu meratakan panas wafel saat dipanggang. Anda bisa memanaskan kedua sisinya agar wafel yang seluruh permukaan wafel yang dihasilkan jadi lebih renyah.

Alat ini memiliki fitur heat proof handle. Fitur ini membuat pegangannya tidak panas saat Anda memanggang wafel. Anda bisa menggunakannya dengan api dari kompor gas atau api unggun saat sedang piknik bersama keluarga. Harganya cukup ekonomis sehingga Anda tidak perlu khawatir pengeluaran bertambah banyak.

4. Waffle Maker Holstein Housewares HM-09107J-BU

4. Waffle Maker Holstein Housewares HM-09107J-BU

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 905.000

Desain colorful dengan 4 stik wafel sekali cetak

Wafel identik dengan bentuk kotak/ bulat dan diberi topping berupa es krim maupun madu. Jika Anda bosan dengan wafel seperti ini, waktunya untuk mencoba membuat wafel berbentuk stik. Wafel bentuk inilah yang dihasilkan Waffle Maker Holstein Housewares HM-09107J-BU. Anda bisa memasukkannya ke dalam cokelat, meses, atau krim layaknya popsicle.

Waffle maker dari Holstein Housewares ini memiliki desain yang colorful dengan dominasi warna biru. Alat ini mampu menghasilkan 4 wafel sekali cetak. Terdapat lampu indikator yang membantu Anda mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mulai memanggang wafel. Selain itu, alat ini dilengkapi dengan tas dan spatula khusus, sehingga dapat dibawa dengan mudah.

3. Waffle Maker Fomac EWB-E30

3. Waffle Maker Fomac EWB-E30

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.650.000

Menghemat waktu dan lebih efisien dengan daya sebesar 1400 watt

Jika Anda lebih menyukai waffle maker berjenis elektrik, Fomac EWB-E30 bisa jadi pilihan. Anda mampu membuat wafel lebih cepat dengan daya sebesar 1400 watt. Cukup menunggu 5 menit untuk dapat menikmati wafel yang Anda panggang. Menghemat waktu dan lebih efeisien, bukan?

Dengan efeisiensi waktu yang dihasilkan oleh waffle maker ini, Anda dapat menggunakannya untuk usaha cafe maupun restoran. Pelanggan Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmati wafel yang dipesan. Wafel yang dihasilkan pun bertekstur lembut dan fluffy.

2. Waffle Maker Cuisinart WAF-200HK

2. Waffle Maker Cuisinart WAF-200HK

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.800.000

Hasilkan wafel yang krispi di luar dan lembut di dalam

Bagi Anda para penggemar Belgian waffle, sudah waktunya untuk memiliki waffle maker kepunyaan Anda sendiri. Cuisinart WAF-200HK cocok untuk Anda yang menggemari wafel dengan tekstur yang krispi di luar dan lembut di dalam. Dengan alat ini, Anda mampu mencetak wafel yang dapat dipotong menjadi 4 bagian.

Waffle maker dari Cuisinart ini memiliki browning control yang bisa menghasilkan wafel dengan warna kecoklatan sesuai dengan keinginan Anda. Alat ini juga dilengkapi dengan audible alert dan lampu indikator. Anda bisa dengan mudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memanggang dan menyajikannya.

1. Waffle Maker Freebang-SKU715073

1. Waffle Maker Freebang-SKU715073

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.213.000

Memanggang wafel lebih merata dengan fitur temperature control

Menentukan suhu yang tepat saat memanggang wafel bisa jadi sesuatu yang tricky. Namun dengan waffle maker dari Freebang ini Anda tidak perlu lagi bingung menentukannya. Anda bisa melihat indikator suhu pada alat ini dan pilih antara 30 – 300℃. Dengan daya sebesar 1100 watt, wafel akan siap saji dalam waktu kurang dari 10 menit.

Waffle maker ini menggunakan material stainless steel yang mudah dibersihkan. Pegangannya terbuat dari bahan kayu yang solid dan tahan panas. Cetakannya tidak kasar, sehingga mampu menghasilkan wafel dengan tekstur permukaan yang lembut.

Kesimpulan

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak atau ingin menyajikan hidangan yang praktis namun tetap nikmat untuk keluarga Anda, waffle maker bisa menjadi opsi alat dapur yang layak Anda miliki. Maka, penting untuk memilih waffle maker yang mampu disesuaikan dengan keseharian Anda.

Dengan waffle maker yang tepat, Anda dapat menghidangkan wafel dengan tekstur yang fluffy maupun crunchy sesuai dengan keinginan Anda. Temukan waffle maker yang tepat sesuai dengan dana dan kebutuhan Anda. Apakah Anda sudah menemukannya?