• 10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Tak hanya untuk sarapan, waffle juga cocok dijadikan menu pendamping minum teh sore. Waffle pun telah menjadi menu andalan beberapa kafe atau restoran. Kini, Anda tak perlu pergi ke kafe untuk menyantap seporsi waffle hangat! Pasalnya, Anda dapat membuat waffle sendiri di rumah dengan memakai waffle maker.

Kami akan menjelaskan kriteria memilih waffle maker dan rekomendasi produknya. Anda dapat memilih merek Oxone, Cuisinart, dan Hamilton Beach yang banyak dijual di online shop. Mari disimak!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 3.547 Views
Daftar isi

Cara memilih waffle maker

Secara garis besar, waffle maker terdiri dari dua tipe yaitu tipe elektrik dan tipe api. Setelah menjelaskan cara memilih berdasarkan tipenya, kami akan memaparkan cara memilih waffle maker secara umum. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Cara memilih waffle maker tipe elektrik

Jika Anda tak mau repot dan ingin segalanya serbapraktis, waffle maker tipe elektrik bisa dijadikan pilihan. Anda hanya perlu menuangkan adonan waffle dan menyalakan tombol pemanggangan tanpa harus menggunakan pemanas api. Karena diperlukan proses pemanasan awal atau pre-heat, kira-kira dibutuhkan waktu 10 menit untuk waffle dapat matang sempurna.

Makin tinggi daya, hasilnya akan makin crispy!

Makin tinggi daya, hasilnya akan makin crispy!
Makin tinggi jumlah watt, makin tinggi daya yang dimilikinya. Dengan begitu, Anda dapat membuat waffle bertekstur fluffy yang crunchy di luar dan crispy di dalam. Jika Anda ingin membuat waffle yang nikmat, pilihlah waffle maker dengan tinggi daya sekitar 900 W.

Cari cetakan yang mudah dibongkar-pasang

Cari cetakan yang mudah dibongkar-pasang
Salah satu keunggulan waffle maker elektrik adalah Anda dapat membuat pelbagai bentuk waffle hanya dengan mengganti cetakannya. Jadi, carilah cetakan dengan bentuk yang paling Anda sukai. Pastikan cetakan tersebut dapat dilepas dari badan waffle maker, lalu dibersihkan. Silakan memilih waffle maker dengan beragam varian cetakan yang mudah dirawat. Satu lagi, pertimbangkan untuk memilih cetakan berbahan fluorine karena antilengket dan mudah dicuci.

Untuk menjamin keselamatan, pilih produk berfitur power switch dan timer!

Untuk menjamin keselamatan, pilih produk berfitur power switch dan timer!
Sebagian besar waffle maker akan memulai proses pemanasan setelah Anda mencolokkan kabel ke sumber listrik. Sayangnya, jika Anda lupa mencabut kabel, waffle maker akan terus menyala.
Seandainya Anda meninggalkan waffle maker dalam kondisi menyala, ada kemungkinan waffle maker akan rusak dan menyebabkan kebakaran. Untuk alasan keamanan, pilihlah waffle maker dengan tombol switch “on” dan “off” yang akan menyala dengan sendirinya atau tombol yang mati secara otomatis dengan fitur timer.

Cara memilih waffle maker yang menggunakan gas atau api

Kekurangan dari waffle maker yang dipanggang di atas api adalah Anda harus telaten dalam mengatur besar api. Dengan begitu, adonan tidak akan cepat gosong dan dapat matang dengan sempurna. Namun, Anda juga diuntungkan dengan kemudahan dalam membuat waffle. Berikut ini beberapa tips memilih waffle maker gas atau api.

Pastikan ukuran dan bentuk waffle maker sesuai dengan tipe kompor

Pastikan ukuran dan bentuk waffle maker sesuai dengan tipe kompor
Sebagian besar waffle maker tipe api dapat digunakan di atas kompor gas. Namun, Anda harus mengecek ukurannya terlebih dahulu jika Anda memakai kompor listrik.
Perhatikan juga apakah handel sampai menyentuh tapak kompor listrik karena bisa menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan bentuk waffle maker dan handelnya. Untuk langkah pencegahan, periksa juga review pembeli lainnya atau penjelasan produk di situs resminya.

Pilih handel berukuran panjang dan berbahan resin tahan panas

Pilih handel berukuran panjang dan berbahan resin tahan panas
Untuk waffle maker tipe gas atau api, Anda juga harus memperhatikan bahan handelnya. Jika Anda memakainya di rumah, sangatlah penting untuk memilih handel yang tidak mudah panas dan dilapisi material resin. Anda juga dapat memilih handel berukuran panjang agar lebih aman saat dipakai di luar ruangan.
Selain itu, Anda juga harus memperhatikan ukuran waffle maker dan handel saat Anda memakai kompor listrik. Takutnya, keseluruhan badan dan handel akan menempel di kompor listrik tersebut dan menyebabkan kerusakan.

Pilih material yang mudah dibersihkan

Pilih material yang mudah dibersihkan
Berbicara tentang alat memasak, Anda pasti memilih yang mudah dibersihkan, bukan? Seperti halnya tipe elektrik, waffle maker tipe gas atau api yang bagian cetakannya dilapisi material antilengket tidak akan mudah kotor dan mengelupas.
Material bahan yang sering dipakai untuk cetakan waffle maker adalah aluminium dan logam. Aluminium memiliki ciri khas ringan, mudah digunakan, dan permukaannya berbahan fluorine yang mudah dibersihkan. Di samping itu, bahan logam memiliki tampilan yang menarik dan cocok dipakai outdoor, tetapi sulit dibersihkan.

Tentukan ukuran berdasarkan jumlah anggota keluarga dan adonan yang ingin dibuat

Tentukan ukuran berdasarkan jumlah anggota keluarga dan adonan yang ingin dibuat
Selanjutnya, kami akan menjelaskan poin penting apa saja yang mesti Anda perhatikan saat memilih waffle maker tipe elektrik dan tipe api.
Pertama, silakan untuk memilih berdasarkan seberapa banyak waffle yang ingin Anda buat. Jika Anda ingin membuatnya langsung dalam satu waktu, pilih waffle maker dengan lebar minimal 20 cm yang dapat dipakai untuk memanggang dua waffle sekaligus.
Walaupun begitu, proses persiapan dan pembersihan akan memakan banyak waktu jika waffle maker berukuran terlalu besar. Ajaibnya, banyak orang yang tergoda untuk memakai waffle maker berukuran besar sebagai pilihan utama. Makanya, silakan memilih waffle maker dengan ukuran yang pas tanpa mengabaikan kapasitas cetakannya.

Untuk membuat liège waffle, pilih cetakan dengan lekukan yang dalam

Untuk membuat liège waffle, pilih cetakan dengan lekukan yang dalam
Waffle terdiri dari dua tipe yaitu Belgian waffle berbentuk persegi dengan tekstur lembut dan Liège waffle berbentuk bulat dengan tekstur yang padat.
Pada dasarnya, semua tipe waffle maker dapat digunakan untuk membuat dua jenis waffle ini. Namun, jika Anda membuat jenis Liège, pilih waffle maker dengan lekukan atau cetakan yang dalam agar teksturnya lebih penuh. Dengan begitu, Anda dapat membuat waffle dengan tekstur yang bagus dan rasanya lezat karena dipanaskan secara menyeluruh.
Terlebih lagi, ada juga cetakan dengan sekat sehingga waffle maker yang matang dapat disajikan tanpa harus dipotong-potong lagi. Jika Anda ingin membuat waffle maker berukuran kecil untuk banyak orang, silakan memilih tipe ini.

10 Rekomendasi waffle maker terbaik

Berikut ini beberapa merek waffle maker terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Pilihlah berdasarkan kebutuhan dan budget yang Anda siapkan.
Daya listrik500 W
Fitur tambahanLampu indikator, antilengket, overheat safety protection
Berat2 kg
MaterialStainless steel antilengket
Jenis cetakanWaffle
Ukuran30 cm x 22 cm x 11 cm dan diameter 19 cm
Daya listrikDipakai di atas kompor
Fitur tambahanAntilengket, double pan, magnet di pegangan
Berat2 kg
MaterialAluminium die cast
Jenis cetakanWaffle
UkuranPanjang 43 cm, diameter wadah 23 cm, dalam lubang 4 cm, diameter 9 cm x 11 cm
Daya listrik350 W
Fitur tambahanAntilengket, lampu indikator, overheat protection safety, lampu thermostatic
Berat2 kg
MaterialAluminium
Jenis cetakanWaffle, toaster
UkuranTidak diketahui
Daya listrik800 W
Fitur tambahanAntilengket, lampu indikator, browning control, cool-touch, advanced heating technology
Berat5 kg
MaterialStainless steel
Jenis cetakanBelgian waffle
UkuranLebar 25 cm, tinggi 23 cm, dan diameter 37,7 cm
Daya listrik500 W
Fitur tambahanPengontrol thermostat, antilengket, dan lampu indikator
Berat1,8 kg
MaterialCasing penolic
Jenis cetakanWaffle
UkuranTidak diketahui
Daya listrikDipakai di atas kompor
Fitur tambahanAntilengket, antikarat, pegangan tahan panas
Berat0,49 kg
MaterialAluminium alloy
Jenis cetakanSingle shaped waffle
Ukuran14 cm x 31,5 cm
Daya listrik600 W
Fitur tambahanAntilengket, cetakan bisa diganti
Berat0,945 kg
MaterialTeflon
Jenis cetakanSandwich, donut, waffle, grill
Ukuran20 cm x 18 cm x 10 cm
Daya listrik850 W
Fitur tambahanAntilengket
Berat18 kg
MaterialStainlees steel
Jenis cetakanEgg waffle
Ukuran35 cm x 42,5 cm x 50 cm

2. Cuisinart Vertical Waffle Maker

Rp 1.354.000,00

Daya listrikTidak diketahui
Fitur tambahanFive-setting browning control, lampu indikator, audible alert, antilengket, pengunci pegangan, gelas takar, BPA-free
Berat3,97 kg
MaterialStainless steel
Jenis cetakanBelgian waffle
Ukuran19 cm x 16,5 cm x 30,9 cm
Daya listrik750 W
Fitur tambahanMulti-stall temperature control, antilengket
Berat1,6 kg
MaterialPeek shell + 304 stainless steel
Jenis cetakanWaffle
UkuranDiameter 13 cm dan tinggi 5,5 cm

Baca juga rekomendasi produk untuk membuat kue lainnya di sini!

Setelah membaca artikel kami, apakah Anda tertarik untuk membuat kue? Sebelum mulai membuat kue, ada baiknya Anda menyiapkan pelbagai alat untuk membuat kue rekomendasi dari kami. Dengan demikian, hasil kue buatan Anda pasti akan lebih lezat dan nikmat karena memakai peralatan berkualitas. Tunggu apa lagi? Mari membeli rekomendasi produk untuk membuat kue terbaik berikut ini!

Kesimpulan

Pada kesempatan kali ini, kami telah mengulas rekomendasi waffle maker terbaik. Dari sepuluh rekomendasi waffle maker terbaik, apakah terdapat merek yang Anda incar? Dengan waffle maker Anda dapat membuat waffle dengan pelbagai ukuran dan rasa, bahkan bisa juga diberi topping buah dan cokelat. Silakan untuk mencoba aneka resep waffle yang paling sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Kini, menyantap waffle lezat setiap pagi bukan lagi impian!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    33.955 Views
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hand mixer merupakan salah satu peralatan dapur yang memberi kemudahan untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya untuk membuat MPASI si kecil. Berbagai produsen seperti Philips, KitchenAid, Kenwood, dan lainnya meluncurkan produk andalannya masing-masing dengan bermacam harga. Bingung harus pilih yang mana?Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih hand mixer yang tepat. Lalu, tidak lupa kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Jangan sampai lewatkan ulasan tentang pemakaian hand mixer yang efektif di bagian akhir artikel. Simak selengkapnya dan berkreasilah dengan resep Anda!
    Peralatan dapur
    17.279 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    20.694 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    16.778 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    14.801 Views
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini termasuk cukup sering digunakan di rumah. Model dan mereknya pun beragam, mulai dari Sharp, Philips, Oxone, dan merek lainnya. Anda mungkin bingung memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih blender dan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan menjelaskan perbedaannya dengan juicer dan food processor. Langsung saja, ya!
    Peralatan dapur
    20.951 Views
  • 10 Rekomendasi Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Juicer merupakan peralatan dapur yang memungkinkan Anda menikmati jus tanpa harus kerepotan memeras ekstrak sayur dan buah. Juicer sendiri terbagi menjadi dua tipe, yaitu juicer berkecepatan rendah atau masticating juicer dan berkecepatan tinggi atau centrifugal juicer. Tipe mana yang paling tepat untuk Anda?Banyaknya pilihan merek juicer di pasaran, seperti Philips, Panasonic, Sharp, Electrolux, dan lainnya tentu akan membuat Anda bingung. Untuk itu, kami ingin menjelaskan beberapa poin dalam memilih juicer yang dapat Anda jadikan referensi dan merekomendasikan produk terbaik. Mari memulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi jus segar!
    Peralatan dapur
    2.342 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori