• 10 Kotak Makan Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kotak Makan Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kotak Makan Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kotak Makan Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kotak Makan Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kotak Makan Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)

Saat anak memasuki TK atau SD, mereka akan membutuhkan kotak makan untuk membawa bekal ke sekolah. Saat ini, terdapat banyak pilihan merek kotak makan seperti Yooyee, Thermos, Uchii, dan lainnya. Setiap produk terbuat dari material yang berbeda, mulai dari plastik, stainless steel, hingga kayu.

Sebetulnya, kotak makan manakah yang tepat untuk anak Anda? Di sini kami akan membagikan tips memilih kotak makan terbaik untuk anak-anak. Kami juga akan menyediakan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Isi artikel ini telah ditinjau oleh cooking influencer kami, Inov Pelawi. Mari simak informasi selengkapnya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Inov Pelawi
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Cooking influencer, Inov Pelawi

Profil pakar: Cooking influencer, Inov Pelawi
Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun.


Kegemarannya terhadap dunia masak dan baking membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun Instagram-nya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa kontennya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kotak makan untuk anak

Dalam memilih kotak makan untuk anak, selain desain yang lucu, Anda juga harus memperhatikan fungsinya. Selain itu, periksa juga apakah kotak makan tersebut mudah digunakan. 

Di bawah ini, kami akan menjelaskan berbagai poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih kotak makan untuk anak. Mari kita mulai!

Sesuaikan kapasitas dengan usia anak

Sesuaikan kapasitas dengan usia anak

Pada dasarnya, kapasitas kotak makan harus disesuaikan dengan jumlah makanan yang biasanya diasup anak. Namun, mungkin Anda pun bingung dalam menentukan kapasitas yang pas dengan kebutuhan anak. Untuk mempermudah Anda, kami telah menyiapkan standar kapasitas kotak makan yang sesuai dengan usia anak.


  • Untuk anak usia preschool dan TK: 280–450 ml
  • Untuk anak SD kelas kecil: 450–600 ml
  • Untuk anak SD kelas besar: 600–850 ml

Anak usia preschool dan TK akan senang jika mereka merasa telah menghabiskan makanan dan bisa melakukannya tepat waktu. Kepercayaan diri anak pun akan meningkat karena berhasil menghabiskan makanannya. Untuk itu, Anda dapat menyiasatinya dengan cara meletakkan dessert di kotak makan yang berbeda. Target yang kecil-kecil seperti itu tentunya lebih mudah dipenuhi. 

Pilih material yang tahan lama dan mudah dibersihkan

Plastik, stainless steel, dan kayu adalah jenis material yang biasanya digunakan untuk membuat kotak makan. Ketiganya memiliki kelebihan masing-masing. Berikut ulasan dari kami untuk Anda.

Plastik: Harganya lebih murah, pilihan desainnya lebih beragam

Plastik: Harganya lebih murah, pilihan desainnya lebih beragam
Kotak makan plastik cukup digemari karena ringan dan harganya lebih murah. Desainnya pun sangat beragam sehingga Anda mempunyai banyak pilihan. Jenis ini akan cocok untuk anak usia preschool, TK, dan SD kelas kecil. Hal itu disebabkan oleh kebutuhan makan mereka yang cepat bertambah sehingga akan sering mengganti kotak makan.

Beberapa produk berbahan plastik telah dirancang agar bisa dibersihkan dengan mesin pencuci piring. Lebih praktis, bukan? Selain itu, ada banyak kotak makan plastik yang kompatibel dengan microwave oven.


Namun, produk yang kerap digunakan untuk menghangatkan makanan di microwave oven akan mudah berubah warna. Jadi, Anda tidak bisa menggunakannya untuk waktu yang lama. Sebagai catatan, ada beberapa kotak makan plastik yang tutupnya tidak boleh ikut dimasukkan dalam microwave oven. Anda sebaiknya mencari informasinya secara detail sebelum membeli.


Meskipun tempat makan plastik memiliki banyak kelebihan, jenis ini ternyata lebih mudah menyerap bau. Karena itu, pastikan untuk mencuci bersih tempat makan berbahan plastik agar bau dari makanan sebelumnya tidak menempel. Sebelum digunakan, cek kembali apakah tempat makan mengeluarkan bau atau tidak. Hal ini juga akan menjaga makanan si kecil tetap segar.

Aluminium atau stainless steel: Tahan lama dan mudah dirawat

Aluminium atau stainless steel: Tahan lama dan mudah dirawat
Aluminium adalah material yang tahan lama dan tidak mudah rusak. Kotak makan yang terbuat dari aluminium biasanya berbentuk simpel sehingga mudah dibersihkan. Bobotnya pun ringan dan mudah dibawa-bawa, termasuk oleh anak kecil.

Di sisi lain, stainless steel cenderung lebih berat dibandingkan aluminium. Material ini tahan banting sehingga ideal bagi Anda yang membutuhkan kotak makan yang bisa dipakai lama. Sebagian besar kotak makan stainless steel bisa dibersihkan dengan mesin pencuci piring. Jadi, Anda bisa menjaganya selalu higienis.


Namun, ingatlah bahwa tidak semua kotak makan stainless steel dapat digunakan di dalam microwave oven. Karena itu, perhatikanlah spesifikasinya terlebih dahulu sebelum Anda membeli. 


Jika Anda menggunakan tempat makan berbahan stainless steel atau aluminium, segera keringkan kotak makan dengan lap bersih setelah dicuci. Dengan begitu, permukaan stainless steel dan aluminium akan selalu mengilap dan tidak kusam.

Kayu: Menjaga nasi tetap pulen. Tampilannya pun elegan

Kayu: Menjaga nasi tetap pulen. Tampilannya pun elegan

Kotak makan dari kayu mampu menjaga kehangatan makanan dengan baik. Selain itu, karena tidak terlalu menyerap kelembapan, kotak makan dari kayu dapat menjaga nasi tetap pulen. 


Harga kotak makan kayu memang relatif lebih mahal, tetapi kotak makan ini memiliki tampilan yang elegan. Anda bisa memakainya untuk waktu yang lama, baik untuk anak laki-laki maupun perempuan. Bahkan, kotak makan dari kayu tetap bisa digunakan untuk membawa bekal ketika anak-anak telah tumbuh besar.


Membersihkan kotak makan dari kayu biasanya butuh lebih banyak waktu karena seluruh bagiannya harus dibersihkan dengan saksama. Selain itu, Anda harus segera mencuci dan mengeringkannya setelah selesai digunakan. 


Jangan biarkan tempat makan berbahan kayu berada dalam keadaan kotor terlalu lama. Segera cuci dan bersihkan kotak makan kayu agar tidak ada kerak makanan yang membekas. Kerak makanan bisa merusak lapisan kayu.

Perhatikan bagian penutup dan partisi pada kotak makan

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah partisi dan penutup dari kotak makan. Kami akan memaparkannya secara detail.

Antitumpah dan antibocor dengan penutup yang dilengkapi karet

Antitumpah dan antibocor dengan penutup yang dilengkapi karet

Saat membawakan si kecil bekal makanan berkuah seperti sup, Anda pastinya tidak ingin kuahnya tumpah sehingga membasahi tas. Kotak makan yang memiliki karet pada bagian dalam tutupnya dapat menjaga agar kuah tidak tumpah. Namun, penutup kotak makan yang dilengkapi karet biasanya sulit dibuka oleh anak kecil. Akibatnya, anak bisa menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membuka kotak makan.


Sebaliknya, kotak makan yang tutupnya tidak dilengkapi karet akan lebih mudah untuk dibuka si kecil. Akan tetapi, risikonya adalah lebih mudah bocor. Untuk itu, Anda harus menyesuaikan menu untuk si kecil. Sebaiknya, pilihlah menu yang berkuah sedikit atau tidak berkuah agar tidak tumpah dari tempat makannya. Hal ini juga akan meminimalkan kerepotan anak saat makan dan membersihkannya. 


Jangan lupa. pertimbangkan usia anak saat Anda memilih di antara kotak makan berkaret atau tidak. Pilihlah yang memang sesuai dengan usia dan kemampuan mereka.

Menggunakan partisi atau tidak? Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Menggunakan partisi atau tidak? Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Terdapat beberapa jenis kotak makan untuk anak, ada yang memiliki partisi, ada juga yang tidak. Agar rasa makanan tetap lezat, Anda sebaiknya menggunakan kotak makan berpartisi. Beberapa produk dirancang dengan partisi yang dapat dilepas pasang sehingga Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menuliskan nama si kecil pada partisi makanan agar mudah ditemukan jika tertinggal.


Produk yang partisinya bisa dilepas pasang memang nyaman digunakan. Namun, agar lebih higienis, Anda dapat memilih kotak makan yang tidak hanya dipisahkan oleh partisi, tetapi terdiri dari beberapa kotak kecil. Dengan begitu, makanan anak Anda sudah pasti tidak akan saling tercampur. 

Bila ingin digunakan untuk jangka panjang, hindari produk bergambar karakter animasi

Bila ingin digunakan untuk jangka panjang, hindari produk bergambar karakter animasi

Saat memilih kotak makan untuk anak, sering kali Anda memilih produk dengan gambar karakter kesukaannya. Namun, terkadang karakter kesukaan anak sering berubah-ubah. Saat hal itu terjadi, bisa-bisa anak Anda tak ingin lagi menggunakan kotak makan dengan karakter yang sudah tidak disukainya. 


Karena itu, sebaiknya Anda menghindari kotak makan dengan gambar karakter. Anda bisa memilih kotak makan dengan bentuk yang simpel sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Jika kotak makan anak Anda tidak memiliki pengait atau tali pengikat, Anda bisa berkreasi dengan menggunakan tali bermotif lucu.

10 Rekomendasi kotak makan terbaik untuk anak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk batu kotak makan terbaik untuk anak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini adalah murni rekomendasi mybest dan bukan dari Inov Pelawi.

10
Kapasitas600 ml
Dimensi174 mm x 97 mm x 64 mm
MaterialPlastik PP
Ada partisi
Kompatibel dengan microwave
Aksesori tambahanBelt pengikat
9
Kapasitas370 ml
Dimensi117 mm x 145 mm x 75 mm
MaterialPlastik PP, ABS, silicone
Ada partisiX
Kompatibel dengan microwave✓ (kecuali penutupnya)
Aksesori tambahanTas drawstring
8
Kapasitas500 ml
DimensiTidak disebutkan
MaterialPlastik
Ada partisiX
Kompatibel dengan microwaveTidak disebutkan
Aksesori tambahanX
7

SkaterTomica Three-Dimensional Patrol Car Lunch Box

Mulai dari Rp 160.000,00

KapasitasKotak besar: 280 ml・kotak kecil: 80 ml
Dimensi87 mm x 153 mm x 85 mm
MaterialPolypropylene, polyethylene, ABS resin
Ada partisi
Kompatibel dengan microwaveTidak disebutkan
Aksesori tambahanBelt pengikat, case berbentuk mobil polisi
6

UchiiWooden Lunch Box - Bento Style

Mulai dari Rp 219.500,00

KapasitasTidak disebutkan
Dimensi195 mm x 130 mm x 70 mm
MaterialKayu
Ada partisi
Kompatibel dengan microwaveX
Aksesori tambahanBelt pengikat
5

Afra KidsLunch Set- Doa Before You Eat

LS015

Mulai dari Rp 108.000,00

KapasitasTidak disebutkan
Dimensi183 mm x 136 mm x 63 mm
MaterialPP
Ada partisi
Kompatibel dengan microwaveTidak disebutkan
Aksesori tambahanX
4

HakoyaKokeshi 2 Stage Lunch Box - Momotaro

Mulai dari Rp 210.000,00

KapasitasBagian atas: ±240 ml・bagian bawah: ±200 ml
DimensiDiameter: 100 mm・tinggi: 130 mm
MaterialABS
Ada partisi
Kompatibel dengan microwave
Aksesori tambahanBelt pengikat
3
KapasitasTidak disebutkan
Dimensi320 mm x 240 mm x 110 mm
MaterialNon-toxic PP, silicone
Ada partisi
Kompatibel dengan microwaveTidak disebutkan
Aksesori tambahanX
2
Kapasitas550 ml
Dimensi200 mm x 150 mm x 70 mm
MaterialPP dan stainless steel 304
Ada partisi
Kompatibel dengan microwaveX
Aksesori tambahanSendok makan
1

ThermosVacuum Lunch Tote Insulated

JBC-801

Mulai dari Rp 808.500,00

Kapasitas200 ml + 220 ml + 270 ml
DimensiDiameter: 130 mm・tinggi: 175 mm
MaterialStainless steel
Ada partisiX
Kompatibel dengan microwaveX
Aksesori tambahanSumpit, tote bag

Tabel perbandingan produk kotak makan terbaik untuk anak

Gambar produk
1
Thermos Vacuum Lunch Tote Insulated 1

Thermos

2
Yooyee Lunch Box Stainless 1

Yooyee

3
Pot De Miel Lunch Box 1

Pot De Miel

4
Hakoya Kokeshi 2 Stage Lunch Box - Momotaro 1

Hakoya

5
Afra Kids Lunch Set- Doa Before You Eat 1

Afra Kids

6
Uchii Wooden Lunch Box - Bento Style 1

Uchii

7
Skater Tomica Three-Dimensional Patrol Car Lunch Box 1

Skater

8
Miniso Kotak Makan Marvel 1

Miniso

9
Torune Lunch Box Panda 1

10
Arniss Oishii Lunch Box 1

Arniss

Nama produk

Vacuum Lunch Tote Insulated

Lunch Box Stainless

Lunch Box

Kokeshi 2 Stage Lunch Box - Momotaro

Lunch Set- Doa Before You Eat

Wooden Lunch Box - Bento Style

Tomica Three-Dimensional Patrol Car Lunch Box

Kotak Makan Marvel

Torune Lunch Box Panda

Oishii Lunch Box

Keunggulan

Merek terkenal yang sudah tepercaya

Makanan tetap hangat. Makin nikmat tentunya!

Lebih mudah dibawa dengan tambahan pegangan

Membawa lauk berkuah tanpa tumpah

Makan sambil mengingat nilai-nilai agama

Klasik dan simpel. Siapa pun cocok memakainya

Selamat makan, Pak Polisi!

Makan bareng superhero, yuk!

Bentuknya menggemaskan banget! Si kecil bakal suka, deh!

Ringkas dan ramping! Tak bakal membuat tas jadi makin sesak

Harga mulai dariRp 808.500,00Rp 57.800,00Rp 455.000,00Rp 210.000,00Rp 108.000,00Rp 219.500,00Rp 160.000,00Rp 59.900,00Rp 235.000,00Rp 48.000,00
Kapasitas200 ml + 220 ml + 270 ml550 mlTidak disebutkanBagian atas: ±240 ml・bagian bawah: ±200 mlTidak disebutkanTidak disebutkanKotak besar: 280 ml・kotak kecil: 80 ml500 ml370 ml600 ml
DimensiDiameter: 130 mm・tinggi: 175 mm200 mm x 150 mm x 70 mm320 mm x 240 mm x 110 mmDiameter: 100 mm・tinggi: 130 mm183 mm x 136 mm x 63 mm195 mm x 130 mm x 70 mm87 mm x 153 mm x 85 mmTidak disebutkan117 mm x 145 mm x 75 mm174 mm x 97 mm x 64 mm
MaterialStainless steelPP dan stainless steel 304Non-toxic PP, siliconeABSPPKayu Polypropylene, polyethylene, ABS resinPlastikPlastik PP, ABS, siliconePlastik PP
Ada partisiXXX
Kompatibel dengan microwaveXXTidak disebutkanTidak disebutkanXTidak disebutkanTidak disebutkan✓ (kecuali penutupnya)
Aksesori tambahanSumpit, tote bagSendok makanXBelt pengikatXBelt pengikatBelt pengikat, case berbentuk mobil polisiXTas drawstringBelt pengikat
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar kotak makan anak

Pertanyaan umum seputar kotak makan anak

Selain penjelasan di atas, Anda mungkin masih memiliki pertanyaan seputar batu kotak makan anak. Untuk itu, kami memilih dua pertanyaan yang banyak diajukan di internet tentang kotak makan dan menjawabnya di sini. Semoga jawaban yang kami berikan bisa memberikan informasi tambahan seputar perbekalan anak.

Bagaimana mengatasi kotak makan yang berbau?

Dari bahan apapun kotak makan Anda, cara terbaik untuk mencegahnya berbau adalah dengan segera mencucinya setelah selesai digunakan. Makin lama kotak dibiarkan kotor, aroma yang ditinggalkan pun akan makin sulit hilang.


Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah mencuci kotak makan menggunakan air hangat. Bilas sisa makanan, lalu cucilah kotak makan dengan sabun hingga bersih. Setelah itu, bilas kembali kotak makan dengan air hangat.

Bagaimana cara menjaga makanan tetap hangat dalam kotak makan?

Jika Anda ingin menghidangkan makanan hangat untuk bekal si kecil, pilihlah tempat makan dengan insulated food jar. Selain menjaga kehangatan makanan, Anda tidak perlu khawatir akan bakteri yang berkembang walaupun memasukkan makanan panas tanpa didinginkan dahulu.

Baca juga rekomendasi kotak makan lainnya di sini

Di artikel ini, kami telah menjelaskan berbagai hal mengenai kotak makan untuk anak-anak. Apakah Anda juga membutuhkan rekomendasi dan informasi mengenai kotak makan lainnya? Jika ya, silakan Anda buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Wah, ternyata ada banyak pilihan kotak makan untuk si kecil. Jangan lupa untuk mempertimbangkan bahan dan kapasitasnya agar sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Selain itu, pilihlah produk yang mudah dibuka oleh anak. Dengan demikian, anak Anda akan lebih nyaman dalam menghabiskan bekalnya.

Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel ini. Selamat memilih dan menyajikan bekal sehat untuk buah hati tercinta!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lunch Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lunch Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Berhubung biasanya orang membawa bekal untuk makan siang, kotak bekal atau bento box juga dikenal dengan nama lunch box. Saat ini, Anda dapat menemukan beragam lunch box yang bisa dipilih berdasarkan jenis material, bentuk, jumlah kompartemen, hingga warnanya. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips memilih lunch box yang bagus dan pas untuk Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk lunch box terbaik seperti Ecentio, Konka, dan UCHII. Sudah penasaran lunch box seperti apa yang akan kami ulas? Yuk, simak artikel ini hingga selesai!
    Perlengkapan bekal
  • 10 Rekomendasi Tempat Bekal Makan Tetap Hangat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Bekal Makan Tetap Hangat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menyantap bekal makan siang tentu akan lebih enak ketika makanan masih tersaji dalam keadaan hangat. Agar bekal tetap hangat, Anda membutuhkan kotak makan khusus yang dapat menahan panas. Berbagai merek seperti Thermos dan Zojirushi mengeluarkan beragam tipe kotak makan penahan panas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.Jika Anda masih bingung, kami akan menjelaskan beberapa poin tips cara memilih kotak makan penahan panas. Selain itu, kami juga akan berbagi rekomendasi produk kotak makan penahan panas terbaik berdasarkan tipe, ukuran, fungsi, dan harga. Selamat memilih!
    Perlengkapan bekal
  • 10 Rekomendasi Food Container Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Food Container Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menyimpan makanan akan sangat terbantu apabila menggunakan food container. Saat ini, banyak produk yang memiliki fungsi sebagai kotak makanan yang juga kompatibel dengan microwave dan freezer. Setiap produk memiliki keunggulan yang berbeda-beda seperti fitur rubber seal dan katup udara.   Ada wadah food container plastik atau bahan lainnya yang aman digunakan merk Tupperware, LocknLock, dan sebagainya dalam artikel ini. Hanya food container berkualitas terbaiklah yang akan Anda temukan. Sebelum memilih produk, baca juga ulasan cara memilih food container yang baik di bawah ini, ya! 
    Perlengkapan bekal
  • 10 Rekomendasi Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tumbler kopi sudah menjadi produk yang umum dipakai sekarang ini. Tumbler adalah wadah minuman yang terbuat dari plastik, kaca, ataupun stainless steel. Beberapa tumbler dapat digunakan untuk menjaga suhu minuman panas ataupun dingin. Anda bisa menemukan banyak model tumbler yang bagus dan aesthetic di e-commerce.Pada artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih tumbler yang bagus untuk Anda. Tidak hanya itu, kami juga akan merekomendasikan merek tumbler terbaik dari Starbucks, Thermos, LocknLock, Miniso, dan 24Bottles. Temukan berbagai tumbler dengan insulasi vakum sampai desain yang menarik dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Perlengkapan bekal
  • 10 Rekomendasi Soup Jar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Soup Jar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Soup jar atau disebut juga termos sup sangat cocok digunakan untuk sup hangat dan makanan berkuah lainnya. Anda dapat menemukan beragam produk soup jar dari berbagai merek, seperti Thermos, Tiger, atau Shuma. Mungkin Anda merasa kebingungan menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih produk yang tepat serta memberikan sepuluh rekomendasi soup jar terbaik. Berbagai soup jar yang populer dan berkualitas akan Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Selamat membaca dan pilihlah produk soup jar favorit Anda! 
    Perlengkapan bekal
  • 10 Rekomendasi Tas Bekal Makanan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Bekal Makanan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tas bekal atau lunch bag biasa digunakan untuk membawa bekal makan siang. Banyak tas bekal yang menggunakan bahan insulasi sehingga berguna untuk menjaga suhu makanan. Selain itu, banyak juga produk yang didesain dengan motif lucu dan modis. Dengan begitu, tidak akan terlihat seperti tas bekal makan siang.Beragam pilihan tas bekal di luar sana pastinya menyulitkan Anda ketika memilih. Karena itu, kami ingin membantu Anda dengan memberikan tips cara memilih tas bekal terbaik. Kami juga akan merekomendasikan produk populer seperti LocknLock, Gabag, dan Smiggle. Mari simak selengkapnya!
    Perlengkapan bekal
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori