10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2018)

Saat memasuki taman kanak-kanak atau sekolah dasar, Anda pastinya ingin nutrisi si kecil tetap terjaga dengan membawakannya bekal dari rumah. Apakah Anda sudah memiliki tempat makan untuk sang buah hati? Jika belum, ada baiknya Anda menyimak artikel ini untuk memilih tempat makan yang pas untuk anak Anda.

Tempat makan memiliki berbagai material seperti plastik, stainless steel, maupun kayu. Selain itu Anda juga perlu mempertimbangkan bentuk tempat makan. Dalam artikel ini kami akan memaparkan beberapa hal tentang tempat makan untuk anak serta memberikan rekomendasi tempat makan. Pastinya akan membantu Anda dalam memilih tempat makan si kecil!

Daftar isi

Cara memilih tempat makan untuk anak

Berbeda dengan tempat makan untuk orang dewasa, Anda harus mencari tempat makan yang lebih imut untuk anak Anda. Tentunya hal ini akan membuat mereka senang membawa bekal ke sekolah. Selain itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti pemilihan bahan tempat makan dan apakah tempat makan tersebut mudah bocor atau tidak. Terus disimak ya!

Pilih material

Plastik, stainless steel, dan kayu biasanya digunakan sebagai bahan tempat makan. Ketiganya memiliki kelebihan masing-masing. Berikut ulasan dari kami untuk Anda.

Plastik (polypropylene)

Plastik (polypropylene)

Plastik untuk tempat makan merupakan material yang tahan panas. Tetapi, Anda harus tetap memperhatikan apakah tempat makan tersebut dapat dimasukkan di dalam microwave atau tidak. Tempat makan dari plastik memiliki harga yang tidak terlalu mahal dan cocok digunakan untuk anak yang masih kecil. Tentunya kualitas plastik lebih cepat memburuk sehingga tidak cocok digunakan untuk waktu yang lama.

Stainless steel

Stainless steel

Stainless steel memiliki karakteristik dapat menjaga panas pada makanan sehingga bekal akan tetap hangat. Tentunya stainless steel tidak mudah berkarat dan awet digunakan untuk jangka waktu panjang. Tetapi, Anda harus ingat bahwa tempat makan dari stainless steel tidak dapat digunakan di dalam microwave.

Kayu

Kayu

Tempat makan dari kayu mampu menjaga kehangatan makanan dengan baik. Selain itu, karena menyerap tidak terlalu menyerap kelembaban, tempat makan dari kayu membuat nasi tetap pulen. Tempat makan dari kayu dapat digunakan untuk anak perempuan maupun laki-laki. Namun, agar tempat makan kayu Anda tahan lama, Anda perlu mencuci seluruhnya dengan seksama dan mengeringkannya dengan benar.

Hindari gambar karakter untuk penggunaan jangka panjang

Hindari gambar karakter untuk penggunaan jangka panjang

Saat Anda memilih tempat makan untuk anak, sering kali Anda memilih tempat makan dengan karakter kesukannya. Tetapi, terkadang karakter kesukaan anak sering berubah-ubah juga sehingga anak Anda tak ingin lagi menggunakan tempat makan dengan karakter yang sudah tak disukainya. Sebaiknya Anda menghindari gambar karakter dan pilihlah tempat makan dengan bentuk yang unik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Cek karet pada tutup

Cek karet pada tutup

Saat membawakan si kecil bekal seperti sup atau makanan lain yang berkuah, Anda pastinya tidak ingin kuahnya tumpah sehingga membasahi tas si kecil. Tempat makan yang memliki karet pada bagian dalam tutup dapat Anda pilih untuk memjaga agar kuah makanan tidak tumpah. Tetapi, karet tersebut dapat membuat anak Anda kesulitan membukanya karena udara yang terperangkap di dalam tempat makan.

Tempat makan tanpa karet pada tutup bagian dalam lebih mudah untuk dibuka si kecil tetapi lebih mudah mengalami kebocoran. Untuk itu, Anda harus menyesuaikan menu untuk si kecil. Sebaiknya pilihlah menu yang berkuah sedikit atau tidak berkuah agar tidak tumpah dari tempat makannya. Sesuaikan usia anak Anda dengan karet pada tutup tempat makan ya.

10 Rekomendasi tempat makan terbaik untuk anak

Nah, setelah penjelasan tentang memilih tempat makan untuk si kecil, berikutnya kami akan memberikan 10 rekomendasi tempat makan yang dapat membantu Anda untuk memilih.

10. Square Double Layer Japanese Lunch Box

10. Square Double Layer Japanese Lunch Box

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 92.307

Tempat makan untuk berpiknik

Sekolah tentunya memiliki aktivitas di luar seperti field trip atau piknik untuk si kecil. Untuk membawakan bekal saat si kecil sedang memiliki aktivitas di luar kami rekomendasikan Square Double Layer Japanese Lunch Box. Tempat makan ini dilengkapi dengan tali yang elastis untuk mengencangkannya. Tentunya tak perlu takut tumpah ya.

Tempat makan berbahan plastik ini memiliki ukuran 12 x 12 x 10 cm dan bobot 190 gram yang pas saat si kecil berpergian ke luar. Di dalamnya terdapat 2 kompartemen untuk membawakan variasi bekal serta dilengkapi dengan garpu kecil sebagai alat makan. Square Double Layer Japanese Lunch Box memiliki 3 variasi warna dan karakter imut yang dapat dipilih si kecil.

9. The Fruits Lunch Box

9. The Fruits Lunch Box

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 555.000

Tempat makan 2 tingkat yang ringan

Untuk si kecil yang memiliki kegiatan setelah sekolah mungkin membutuhkan bekal tambahan. The Fruits Lunch Box dengan ukuran 12 x 12 x 8 cm serta bobot yang ringan sangat pas sebagai tempat makan tambahan. Di dalamnya terdapat 2 kompartemen untuk memasukkan nasi beserta lauk maupun buah sebagai snack untuk si kecil.

The Fruits Lunch Box dilengkapi dengan 2 buah pengaman pada tutup yang memudahkan si kecil untuk membuka dan menutupnya. Terdapat 3 variasi karakter buah seperti orange, peach, dan pear serta kombinasi warna yang soft yang dapat Anda sesuaikan dengan kesukaan anak Anda. Mana ya yang disukai si kecil?

8. Torune Lunch Box Panda

8. Torune Lunch Box Panda

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Tempat makan sederhana dengan drawstring

Torune Lunch Box Panda merupakan tempat makan yang dilengkapi dengan tas drawstring. Bentuk tempat makannya sangat unik, yaitu berbentuk wajah panda. Ini merupakan pilihan yang cocok untuk anak Anda yang menyukai tempat makan dengan bentuk yang menggemaskan.

Torune Lunch Box Panda hanya memiliki 1 kompartemen dengan volume 370 ml yang cukup untuk anak usia TK. Tempat makan ini lebih cocok Anda gunakan untuk makanan yang berkuah sedikit karena dilengkapi dengan karet silikon pada bagian tutupnya. Karet silikon juga membuat tempat makan ini lebih mudah dibuka oleh si kecil.

7. Technoplast Lunch Box Set Puzzle

7. Technoplast Lunch Box Set Puzzle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 76.000

Yuk, susun tempat makan seperti puzzle

Anak Anda gemar bermain puzzle? Technoplast Lunch Box Set Puzzle dapat menjadi pilihan untuk si kecil. Tempat makan ini memiliki berbagai gambar yang menarik seperti lebah, kucing, kumbang, penguin, bebek, dan burung hantu. Tentunya semua memiliki warna masing-masing yang cerah untuk si kecil.

Set ini terdari 2 buah tempat makan pada bagian atas dan tempat minum dengan ukuran 500 ml pada bagian bawah. Set ini juga dilengkapi dengan tas yang dapat diselempangkan sehingga tidak perlu dimasukkan ke dalam tas si kecil. Pastinya anak Anda akan lebih semangat membawa bekal sambil menyusun tempat makannya.

6. Lunch Box Tomica Patrol Car 3D

6. Lunch Box Tomica Patrol Car 3D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 240.000

Untuk anak yang menyukai mobil-mobilan

Tempat makan 3D ini sangat pas sekali untuk anak Anda yang menyukai mobil-mobilan. Di dalam penutup mobil 3D terdapat 2 tempat makan, yang besar dan yang kecil. Pada tempat makan yang besar terdapat sekat tambahan. Dengan tempat yang lebih banyak, tentunya Anda dapat membawakan bekal yang lebih beragam untuk si kecil.

Kapasitas tempat makan ini tidak terlalu besar, hanya 80 dan 280 ml. Ukuran yang tidak terlalu besar ini lebih cocok untuk anak balita atau yang tidak terlalu banyak makan. Tempat makan 3D ini sangat pas untuk Anda bawa saat pergi piknik bersama dengan si kecil.

5. Uchii – Lunch Box Japanese Wooden Bento

5. Uchii - Lunch Box Japanese Wooden Bento

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 189.900

Tempat makan berbahan kayu untuk Anda dan anak Anda

Jika Anda mencari tempat makan untuk anak yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama sekaligus dapat Anda gunakan, tempat makan dari kayu adalah pilihan yang pas untuk Anda. Uchii – Lunch Box Japanese Wooden Bento terbuat dari kayu berkualitas yang awet untuk Anda dan anak Anda gunakan. Bentuknya yang klasik sangat pas digunakan dalam jangka waktu lama.

Uchii – Lunch Box Japanese Wooden Bento memiliki ukuran 19,5 x 13 x 7 cm dengan partisi dapat dilepas. Jika Anda ingin membawa makanan yang lebih beragam, Anda dapat memasang sekat untuk memisahkan makanan Anda. Tentunya jangan gunakan tempat makan ini di dalam microwave dan jangan merendamnya di dalam air ya.

4. Pot De Miel Korea Lunch Box

4. Pot De Miel Korea Lunch Box

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 650.000

Lebih mudah dibawa dengan tambahan pegangan

Anak Anda sering ketinggalan tempat makannya di sekolah? Hal ini terkadang menjengkelkan untuk Anda ya. Pot De Miel Korea Lunch Box ini dapat Anda bawakan untuk anak Anda. Ukuran 21 x 11 x 24 cm serta warna yang mencolok tentunya membuat si kecil tak lupa membawa tempat makannya pulang.

Pot De Miel Korea Lunch Box memiliki 2 tempat makan serta tutup keseluruhan dengan pegangan yang memudahkan si kecil untuk membawanya. Tempat makan ini lebih cocok untuk membawakan snack seperti buah maupun roti untuk si kecil. Bentuknya yang minimalis cocok untuk anak laki-laki maupun perempuan.

3. 2 layer Bento Lunch Box for Kids

3. 2 layer Bento Lunch Box for Kids

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 104.000

Membawa makanan lebih banyak

Saat memasuki usia SD, anak Anda akan lebih membutuhkan lebih banyak porsi makanan karena aktivitas yang lebih banyak. 2 layer Bento Lunch Box for Kids dengan ukuran 18,2 x 8,5 x 10 cm dan tentunya 2 tingkat tempat makan sangat pas untuk anak Anda yang sedang aktif. Bagian atas memiliki sekat yang dapat diatur saat Anda ingin memberikan jumlah lauk yang berbeda.

Tutup tempat makan ini dilengkapi dengan lid untuk mencegah tumpahan. Selain itu, tempat makan ini juga dilengkapi dengan tempat sendok serta sendoknya sehingga lebih praktis untuk anak Anda. 2 layer Bento Lunch Box for Kids memiliki gambar netral yang dapat digunakan untuk laki-laki maupun perempuan.

2. Kokeshi Bento Lunch Box

2. Kokeshi Bento Lunch Box

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Membawa lauk berkuah tanpa tumpah

Ketika si kecil sedang sakit dan tetap sekolah, Anda tentunya ingin membawakan bekal berkuah yang hangat. Untuk menjaga agar makanan berkuah tidak tumpah kami rekomendasikan Kokeshi Bento Lunch Box untuk Anda. Kokeshi Bento Lunch Box dilengkapi dengan tutup platik yang erat untuk mecegah keluarnya kuah dari tempat makan.

Kokeshi Bento Lunch Box terdiri dari 2 tempat makan dengan ukuran masing-masing 200 ml. Bagian kepala Kokeshi Bento Lunch Box dapat digunakan sebagai mangkok. Tempat makan ini juga aman Anda masukkan ke dalam microwave dan dishwasher. Selain itu, ada berbagai variasi Kokeshi atau boneka Jepang lainnya yang dapat Anda pilih untuk si kecil.

1. Din Din Smart Stainless Divided Platter

1. Din Din Smart Stainless Divided Platter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 345.000

Membawa bekal yang lebih bervariasi tanpa tercampur

Jika Anda ingin membawakan bekal dengan banyak variasi untuk anak Anda, Din Din Smart Stainless Divided Platter sangat pas untuk Anda. Din Din Smart Stainless Divided Platter memiliki 5 kompartemen diikuti dengan tutup yang memiliki bentuk sesuai dengan kompartemen untuk mencegah makanan tercampur. Tempat makan berbentuk mobil ini memiliki 2 warna pilihan, merah dan biru.

Tempat makan ini terbuat dari stainless steel yang stain resistant sehingga lebih awet untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Tutup yang terbuat dari plastik memudahkan si kecil untuk membukanya. Jangan gunakan masukkan tempat makan ini ke dalam microwave dan untuk lebih tahan lama, cucilah tutup tempat makan secara manual tanpa dishwasher.

Kesimpulan

Wah, ternyata banyak pilihan tempat makan untuk si kecil ya, dari tempat makan plastik, kayu, sampai stainless steel. Selain memperhatikan bahan, ukuran, dan fungsinya, Anda perlu memperhatikan juga desain agar si kecil senang membawa bekal dari rumah. Kira-kira mana ya tempat makan favorit si kecil?

Apakah Anda terbantu dengan artikel ini? Semoga anak Anda semakin senang membawa bekal dari rumah dengan pilihan kotak makannya ya. Selamat memilih!