10 Rekomendasi Stetoskop Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Stetoskop Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Stetoskop adalah alat untuk mendengarkan suara yang dihasilkan oleh organ tubuh. Biasanya alat ini digunakan oleh para tenaga medis di rumah sakit, klinik, dan sebagainya. Meskipun begitu, alangkah baiknya bila Anda juga mempunyai stetoskop di rumah untuk kebutuhan Anda sendiri.

Berbeda produsen stetoskop, maka berbeda pula karakteristiknya. Saat ini, Littmann dan Erka adalah dua contoh produsen stetoskop yang terkenal. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan cara-cara yang benar dalam memilih stetoskop serta rekomendasi produk stetoskop terbaik untuk Anda yang dapat dibeli melalui online shop.

Daftar isi

Cara memilih stetoskop

Stetoskop terdiri dari tiga bagian. Pertama, earpiece yang dipasang pada telinga Anda. Kedua, eustachian tube, yaitu selang/pipa perpanjangan dari earpiece. Ketiga, chestpiece, bagian yang dilapisi membran untuk mengumpulkan suara dari organ dalam tubuh.

Setelah mengetahui bagian-bagiannya, simaklah 4 cara dalam memilih stetoskop berikut ini. Pilihlah tipe stetoskop yang tepat untuk Anda!

Tipe double chestpiece yang serbaguna

Tipe double chestpiece yang serbaguna

Ada beberapa tipe dari stetoskop, di antaranya adalah tipe single chestpiece dan double chestpiece. Tipe double chestpiece memiliki dua sisi, yaitu sisi diafragma yang memiliki membran serta sisi bell yang tidak bermembran.

Sisi diafragma yang bermembran ini berfungsi untuk mendengarkan suara organ jantung, paru-paru, dan organ dalam lainnya. Bagian dengan lapisan membran ini umumnya digunakan untuk mendengarkan suara treble. Sedangkan, sisi bell digunakan untuk mendengarkan suara dengan frekuensi rendah, contohnya organ jantung pada anak. Stetoskop dengan double chestpiece direkomendasikan untuk memeriksa ibu hamil serta penggunaan oleh tenaga medis yang bekerja pada bagian kardiovaskuler.

Stetoskop tipe single chestpiece berguna untuk mendengar bunyi Korotkoff atau bunyi tekanan darah. Tidak seperti tipe membran ganda, tidak adanya bell pada stetoskop ini membuat chestpiece-nya cenderung tipis sehingga mudah untuk dimasukkan ke bagian cuff dan arm dari sphygmomanometer. Untuk proses auskultasi normal, Anda cukup menggunakan stetoskop tipe single chestpiece.

Tipe inner spring yang lebih mudah digunakan

Tipe inner spring yang lebih mudah digunakan

Spring adalah bagian stetoskop yang terbuat dari besi. Fungsinya adalah untuk menghubungkan dua eustachian tubes/eartubeSpring yang terletak pada bagian dalam disebut inner spring dan spring yang terletak pada bagian luar disebut outer spring. Tipe stetoskop dengan outer spring saja umumnya lebih murah dibandingkan dengan inner spring karena lebih mudah untuk diproduksi. Kekurangan dari stetoskop dengan outer spring adalah dapat menimbulkan suara berisik saat proses auskultasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, stetoskop tipe inner spring semakin banyak dipilih konsumen. Akan tetapi jika Anda mencari stetoskop dengan harga murah atau hanya untuk digunakan di rumah, Anda direkomendasikan untuk memilih stetoskop outer spring.

Pilih yang bobotnya ringan

Pilih yang bobotnya ringan

Bagi Anda yang bekerja sebagai dokter atau tenaga medis lainnya, biasanya mungkin Anda membawa stetoskop dengan cara digantung pada leher Anda atau dimasukkan ke dalam saku. Karena pekerjaan di bidang kedokteran membutuhkan kecepatan dalam bekerja, pasti Anda akan merasa lebih cepat lelah bila menggunakan stetoskop yang berat.

Pada umumnya, bobot stetoskop berkisar antara 100 g-200 g. Ini sudah termasuk bobot chestpiece dan tube. Bobotnya terkonsentrasi pada bobot chestpiece berbahan logam. Bahan logam ini sebenarnya kurang dapat menyerap suara karena kerapatannya yang tinggi dan harganya mahal.

Saat ini sudah dijual stetoskop berbobot ringan yang hanya memiliki bobot sekitar 100 g. Bagi Anda yang sering membawa stetoskop ke mana-mana, sebaiknya pilihlah stetoskop berbobot ringan.

Perhatikan sound insulation-nya

Perhatikan sound insulation-nya

Faktor paling penting dalam menilai performa stetoskop adalah kemampuannya mengirimkan bunyi organ tubuh sampai ke telinga Anda. Akan tetapi, bila ada suara yang berisik dan mengganggu selain bunyi yang berasal dari tubuh yang diperiksa, penggunaan stetoskop menjadi tidak akurat. Oleh sebab itu, gunakan stetoskop yang dilengkapi peredam suara.

Bagian tube (selang) dan earpiece berguna sebagai peredam suara. Selang yang tebal akan membantu transimisi suara yang lebih baik. Untuk earpiece, pilihlah yang pas dengan ukuran lubang telinga Anda. Jika ukurannya tidak pas, suara dari luar akan masuk ke telinga dan mengganggu proses pemeriksaan yang Anda lakukan.

Telah banyak stetoskop yang dilengkapi beberapa earpiece dengan ukuran yang beragam. Akan tetapi, tambahan earpiece umumnya tidak disertakan pada produk stetoskop dengan harga ekonomis. Jadi sebaiknya, pastikan terdapat tambahan earpiece dengan beragam ukuran pada produk stetoskop pilihan Anda.

10 Rekomendasi stetoskop terbaik

Setelah menjelaskan mengenai cara memilih stetoskop, kami akan memberikan 10 rekomendasi stetoskop terbaik secara berurutan untuk Anda. Meskipun produk-produk ini biasa digunakan oleh tenaga medis di rumah sakit, tetapi tidak ada salahnya bila Anda memiliki salah satunya untuk dipakai di rumah.

10. Riester Duplex® Baby Stethoscope

10. Riester Duplex® Baby Stethoscope

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 385.000

Didesain khusus untuk bayi

Stetoskop ini memiliki double chestpiece yang kecil sehingga cocok digunakan untuk memeriksa tubuh bayi. Selain itu, bahan pada bagian stetoskop yang tersentuh ke kulit tidak menghantarkan dingin sehingga membuat bayi yang diperiksa merasa nyaman tanpa kejutan sensasi dingin pada kulitnya.

Produk ini dilengkapi juga dengan eartip dan membran cadangan apabila terjadi kerusakan. Dengan fitur seperti ini dan harga terjangkau, stetoskop ini cocok untuk digunakan di rumah. Bila Anda perlu mengecek kondisi kesehatan bayi Anda yang baru lahir secara mandiri, stetoskop ini layak untuk Anda pertimbangkan.

9. Erka Precise Stethoscope

9. Erka Precise Stethoscope

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.155.000

Mencegah gangguan suara bising

Stetoskop buatan produsen Jerman ini memiliki eartip lembut berdesain ergonomis sehingga nyaman bagi penggunanya. Eartip-nya juga pas pada lubang telinga sehingga dapat mencegah masuknya suara dari luar. Bagian selangnya juga dapat mencegah adanya suara bising. Dengan tidak menggunakan bahan latex, stetoskop ini lebih aman secara dermatologis.

Adanya spring pada bagian dalam tube berfungsi untuk transmisi suara yang lebih baik. Bagi pasien dengan kulit sensitif, stetoskop ini memiliki karet pada bell yang tidak menghantarkan suhu dingin. Bila Anda mengutamakan kejernihan suara saat melakukan auskultasi, stetoskop ini patut untuk Anda pertimbangkan.

8. Erkaphon Child Stethoscope

8. Erkaphon Duo Child Stethoscope

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 352.275

Mengerti kebutuhan anak-anak

Stetoskop ini memang khusus dibuat untuk mengecek kesehatan anak-anak. Untuk itulah, desain stetoskop ini juga disesuaikan untuk ukuran tubuh yang kecil. Fiturnya dapat dilihat pada bagian double chestpiece berukuran kecil yang sesuai untuk auskultasi pada anak. Eartip-nya juga lembut dengan desain yang ergonomis.

Selain itu, penggunaan material kuningan pada bagian chestpiece-nya memudahkan Anda untuk membersihkannya. Difragmanya pun dapat mengumpulkan suara organ dengan baik sebelum disampaikan ke telinga Anda. Bagi Anda yang menggunakan stetoskop dengan tujuan khusus untuk mengecek suara organ tubuh anak, stetoskop ini pantas untuk dipilih.

7. Erkaphon Duo Black Line Stethoscope

7. Erkaphon Duo Black Line Stethoscope

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 724.000

Lebih personal dengan nama terukir pada bagian membran

Stetoskop ini terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap mikroorganisme. Spring-nya memang masih menggunakan outer spring, tetapi ini sepadan dengan harganya yang terjangkau. Sebagai gantinya, auskultasi dapat dilakukan dengan semakin baik berkat chestpiece berdesain ergonomis yang lebih nyaman di kulit pasien.

Anda akan dibuat terkesan oleh desain elegan stetoskop ini. Bukan itu saja, Anda dapat membuat stetoskop ini unik dengan mengukir nama Anda pada bagian membrannya. Bila Anda menginginkan stetoskop terjangkau yang bisa dibuat lebih personal dengan mudah, produk ini pantas Anda pilih.

6. ADC Adscope® 609 Ultra-Lite Clinician Stethoscope

6. ADC Adscope® 609 Ultra-Lite Clinician Stethoscope 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 795.868

Mudah dibawa berkat bobotnya yang ringan

Stetoskop ini terbuat dari bahan alumunium yang ringan dengan bobot hanya 100 g. Dengan eartip yang bertekstur lunak dan pas, telinga Anda pun akan merasa nyaman serta bebas dari gangguan rasa sakit saat menggunakannya. Produk ini juga memiliki kepala tipe dual head, yaitu bell untuk memeriksa anak-anak dan diafragma untuk memeriksa orang dewasa.

Produk ini dilengkapi dengan double leaf spring untuk menjaga tegangan antara eartube tetap stabil. Garansi dari produsen yang diberikan untuk konsumen pun mencapai 5 tahun sehingga Anda tidak perlu khawatir bila terjadi kerusakan. Apabila Anda ingin memiliki stetoskop yang ringan dibawa dan tidak membuat telinga cepat lelah, stetoskop ini sangat cocok untuk Anda.

5. KL-970 Single Head Cardiology Stethoscope

5. KL-970 Single Head Cardiology Stethoscope

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.860.000

Mengeliminasi suara bising

Stetoskop tipe single head ini terbuat dari bahan stainless steel yang awet. Telinga Anda akan nyaman saat menggunakan stetoskop ini karena eartip-nya terbuat dari bahan yang lembut. Dengan tube yang tebal, suara berisik yang mengganggu Anda akan tereliminasi sehingga Anda dapat lebih fokus mendengarkan suara dari organ tubuh saja.

Frekeunsi bunyi yang dapat didengar melalui stetoskop ini pun luas, mulai dari low sampai dengan high. Stetoskop ini juga tahan banting dan tahan tekanan. Jika Anda perlu menggunakan stetoskop single head berkualitas untuk segala keadaan, stetoskop ini sangat cocok bagi Anda.

4. Omron Sprague Rappaport Stethoscope

4. Omron Sprague Rappaport Stethoscope

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 702.224

Ketersediaan spare-part dalam setiap paket produk

Dengan harga 5 digit rupiah saja, stetoskop ini bisa dibilang terjangkau. Selain ekonomis, stetoskop ini sudah dilengkapi dengan spare part pada setiap paket produknya. Ketika membeli produk ini, Anda akan mendapatkan 2 bentuk ukuran diafragma yang berbeda, sepasang eartip cadangan, dan 3 macam ukuran bells yang berbeda-beda.

Stetoskop ini adalah pelopor dari proses evolusi stetoskop modern saat ini. Dengan memakai stetoskop ini, Anda akan bisa merasakan seperti apa cikal bakal stetoskop modern. Nah, apakah Anda mencari stetoskop yang mudah diganti-ganti spare parts-nya? Barangkali stetoskop inilah yang Anda cari.

3. 3M™ Littmann® Master Classic II™ Stethoscope

3. 3M™ Littmann® Master Classic II™ Stethoscope

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.270.000

Untuk hasil auskultasi yang akurat

Bagian pipa stetoskop ini sangat fleksibel sehingga bentuknya tetap kembali seperti semula meskipun sering ditekuk dan dimasukkan ke dalam kantong. Teknologi tunable diaphragm memungkinkan pengguna mendengarkan bunyi dari organ tubuh dengan frekuensi berbeda-beda melalui pengaturan tekanan pada chestpiece.

Pengaturan ini akan memudahkan Anda untuk melakukan auskultasi yang sempurna sehingga Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih tepat. Bila Anda ingin menggunakan stetoskop yang membantu Anda mendengarkan suara organ yang presisi, stetoskop ini sangat pantas untuk dimiliki.

2. 3M™ Littmann® Classic III™ Stethoscope

2. 3M™ Littmann® Classic III™ Stethoscope

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.750.000

Banyak digunakan berkat kualitas yang terpercaya

Stetoskop ini memiliki two sided chestpiece dengan ukuran yang berbeda-beda, yaitu untuk memeriksa anak dan dewasa. Diafragmanya dapat dipasangi lapisan non-chill rim, yaitu karet bulat yang tidak menghantarkan dingin sehingga nyaman untuk pasien Anda. Suara yang disalurkan ke telinga pun jernih dan tajam.

Bagian pipa untuk menyalurkan suara memiliki durabilitas yang baik. Karena semua kualitas terbaik ini, stetoskop ini banyak digunakan oleh para profesional, baik itu dokter maupun suster. Bila Anda ingin stetoskop yang telah terpercaya di kalangan para dokter, stetoskop ini sangat pantas untuk Anda miliki.

1. 3M™ Littmann® Master Cardiology™ Brass Stethoscope

1. 3M™ Littmann® Master Cardiology™ Brass Stethoscope

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.350.000

Menghasilkan suara yang lebih tajam dan jernih

Hampir semua bagian pada stetoskop ini memiliki kelebihan. Soft eartip-nya bertekstur lembut sehingga nyaman dipakai. Bell nya terbuat dari stainless steel yang tahan gores dan benturan. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan dual lumen tube agar suara yang dihasilkan tidak bising sehingga pengguna dapat mendengarkan suara yang jernih dan tajam.

Tunable diaphragm-nya membuat pengguna dapat mendengarkan suara dari frekuensi rendah sampai tinggi hanya dengan mengatur tekanan pada chestpiece. Ditambah lagi, masa garansinya sangat panjang, yaitu 7 tahun! Bagi Anda yang menginginkan stetoskop dengan fungsi terlengkap dan terjamin kualitasnya, stetoskop ini perlu masuk ke dalam wishlist Anda.

Kesimpulan

Kami telah memberikan informasi mengenai cara memilih stetoskop serta rekomendasi stetoskop dari kami. Bagaimana tanggapan Anda? Sudah banyak variasi produk stetoskop yang dibuat berdasarkan tujuan penggunaannya. Karena stetoskop adalah produk untuk mengecek kondisi kesehatan, pilihlah stetoskop yang terbaik untuk Anda agar hasil pemeriksaan lebih akurat!