• 10 Stetoskop Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Stetoskop Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Stetoskop Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Stetoskop Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Stetoskop Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Stetoskop Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Stetoskop adalah alat untuk mendengarkan suara yang dihasilkan oleh organ tubuh, seperti jantung dan paru-paru. Alat ini biasanya digunakan oleh para tenaga medis di rumah sakit dan klinik. Alangkah baiknya bila Anda juga mempunyai stetoskop di rumah untuk penggunaan pribadi.


3M Littmann, ABN, dan Riester adalah beberapa merek stetoskop yang cukup dikenal. Tiap-tiap produsen stetoskop ini memiliki produk dengan karakteristik yang berbeda-beda. Kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih dan merekomendasikan produk stetoskop yang bagus untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 15 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.

Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Apa itu stetoskop?

Apa itu stetoskop?

Stetoskop terdiri dari tiga bagian penting. Bagian pertama adalah earpieces yang dipasang di telinga Anda. Kedua adalah eustachian tube, yaitu selang atau pipa yang merupakan perpanjangan dari earpieces. Lalu, bagian ketiga adalah chestpieces, bagian yang dilapisi membran untuk mengumpulkan suara dari organ dalam tubuh.


Stetoskop merupakan peralatan yang wajib dimiliki oleh seorang dokter, perawat, atau tenaga medis. Alat ini berguna untuk melakukan tindakan auskultasi. Auskultasi adalah tindakan mendengarkan suara dari dalam tubuh, seperti detak jantung, bunyi pernapasan, dan bising usus. 


Kini, stetoskop juga mulai digunakan untuk kebutuhan pribadi dan bisa dimiliki dengan rentang harga yang bervariasi. Agar dapat digunakan dengan tepat, kami akan menjelaskan cara menggunakan stetoskop secara singkat.


  • Cari tempat yang tenang

Tempat yang terlalu ramai akan menyulitkan Anda untuk mendengarkan suara dari dalam tubuh.


  • Atur posisi badan

Posisi badan perlu disesuaikan dengan bagian akan diperiksa. Sebagai contoh, sebaiknya badan dalam posisi telentang saat akan memeriksa bagian jantung atau perut.


  • Tentukan bagian chestpiece yang akan digunakan

Anda bisa menggunakan sisi datar (diaphragm) untuk mendengarkan bunyi berfrekuensi tinggi, contohnya bunyi pernapasan dari paru-paru. Di sisi lain, sisi cekung (bell) digunakan untuk mendengarkan bunyi dengan frekuensi rendah, seperti bunyi jantung.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih stetoskop

Setelah mengetahui bagian-bagiannya, simak cara memilih stetoskop berikut ini. Pilihlah produk yang tepat untuk Anda!

Sesuaikan tipe produk dengan kebutuhan Anda

Stetoskop memiliki dua tipe yang biasa digunakan, yakni single chestpiece dan double chestpiece. Berikut ini, kami akan jelaskan kedua tipe tersebut. Silakan disimak, ya!

Double chestpiece, bersifat serbaguna

Double chestpiece, bersifat serbaguna

Stetoskop double chestpiece memiliki dua sisi, yaitu sisi bermembran yang disebut diaphragm dan sisi bell yang tidak bermembran. Sisi diaphragm atau sisi datar berfungsi untuk mendengarkan suara organ paru-paru dan abdomen. Sisi ini umumnya digunakan untuk mendengarkan suara berfrekuensi tinggi.


Sementara itu, sisi bell atau sisi cekung digunakan untuk mendengarkan suara berfrekuensi rendah, contohnya suara murmur jantung. Stetoskop tipe ini direkomendasikan untuk memeriksa ibu hamil serta cocok digunakan oleh tenaga medis yang bekerja di bagian kardiovaskular.


Jenis stetoskop double chestpiece ini paling umum digunakan oleh dokter umum karena multifungsi. Jenis stetoskop ini sering digunakan di setting unit gawat darurat karena bisa menemukan keluhan pasien dari berbagai umur.

Single chestpiece, memadai untuk memeriksa tekanan darah

Single chestpiece, memadai untuk memeriksa tekanan darah

Stetoskop tipe single chestpiece berfungsi untuk mendengar bunyi korotkoff pada tekanan darah. Tipe ini tidak memiliki bell sehingga chestpiece-nya tipis dan mudah untuk diselipkan ke bagian cuff dan arm dari sphygmomanometer (alat pengukur tekanan darah). Apabila Anda hanya memerlukan stetoskop untuk auskultasi normal, tipe single chestpiece adalah pilihan yang tepat.

Pastikan stetoskop memiliki inner spring agar mudah digunakan

Pastikan stetoskop memiliki inner spring agar mudah digunakan

Spring adalah bagian stetoskop yang terbuat dari besi. Fungsinya adalah untuk menghubungkan kedua eustachian tubes atau eartube. Bagian ini juga berfungsi untuk menekan earpieces ke dalam telinga.


Spring yang terletak di bagian dalam disebut inner spring dan yang terletak di bagian luar disebut outer spring. Stetoskop dengan outer spring umumnya lebih murah dibandingkan tipe inner spring karena lebih mudah untuk diproduksi. Namun, outer spring mudah tersangkut dan menimbulkan suara berisik bila membentur sesuatu saat proses auskultasi dilakukan.


Dalam beberapa tahun terakhir stetoskop tipe inner spring makin banyak diproduksi. Namun, jika Anda mencari stetoskop terjangkau untuk digunakan di rumah, tipe outer spring bisa dijadikan pilihan.

Utamakan produk yang bobotnya ringan

Utamakan produk yang bobotnya ringan

Dokter atau tenaga medis biasanya membawa stetoskop dengan cara digantung di leher atau dimasukkan ke dalam saku. Karena pekerjaan di bidang kedokteran membutuhkan kecepatan kerja yang tinggi, tentu akan melelahkan bila menggunakan stetoskop yang berat.


Umumnya, bobot stetoskop berkisar antara 100–200 gram, sudah termasuk bobot chestpieces dan tube-nya. Bobot ini sebenarnya lebih banyak terkonsentrasi di chestpieces berbahan logam. Namun, selain berat, bahan logam juga sulit menyerap suara dan harganya cenderung mahal.


Kabar baiknya, saat ini telah tersedia stetoskop dengan bobot kurang dari 100 gram. Kami merekomendasikan stetoskop berbobot ringan ini jika Anda sering membawa stetoskop saat bekerja. Namun, produk dengan bobot ringan ini masih agak sulit ditemui di online shop.

Pertimbangkan panjang tube

Pertimbangkan panjang tube

Saat memilih stetoskop, Anda juga perlu mempertimbangkan panjang tube-nya. Secara teori, tube yang lebih pendek menghasilkan suara yang lebih baik. Namun, telinga manusia tidak terlalu bisa membedakan suara yang dihasilkan oleh tube pendek atau panjang. 


Karena itu, pertimbangan untuk memilih tube yang panjang adalah kemudahan saat memeriksa pasien. Sebagai informasi, panjang tube stetoskop yang beredar di pasaran adalah 52–69 cm.

Pilih produk dengan insulasi suara yang baik

Pilih produk dengan insulasi suara yang baik

Faktor terpenting dalam menilai performa stetoskop adalah kemampuannya dalam mengirimkan bunyi organ sampai ke telinga Anda. Namun, meskipun bunyi organ terdengar jelas, hasil pemeriksaan tidak akan akurat jika masih terdengar suara dari bagian eksternal. Karena itu, saat memilih stetoskop, pilihlah produk dengan insulasi atau penghambat suara yang baik.


Bagian tube (selang) dan earpieces berperan penting dalam hal penghambatan suara. Sebagai contoh, suara dari luar lebih sulit masuk ke dalam selang yang tebal daripada selang yang tipis. Kemudian, untuk earpieces, pilihlah yang pas dengan lubang telinga Anda. Jika ukurannya tidak pas, suara dari luar akan masuk ke telinga dan mengganggu proses pemeriksaan.


Ada banyak stetoskop yang dilengkapi earpieces dalam ukuran yang beragam. Akan tetapi, ada juga produk dengan harga tinggi yang tidak menyertakan tambahan earpieces ini. Jadi, saat memilih stetoskop, pastikanlah tambahan earpieces tersebut ada dalam produk yang Anda incar, ya.

10 Rekomendasi stetoskop terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk stetoskop terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima.

10

ADCAdscope® 603 Clinician Stethoscope

Mulai dari Rp 825.000,00

Tipe chestpieceDouble
Tipe springTidak ada keterangan
Bobot164 g
Panjang tube52 cm
9

IMOQDouble Head Classic Stethoscope

Mulai dari Rp 245.000,00

Tipe chestpieceDouble
Tipe springTidak ada keterangan
BobotTidak ada keterangan
Panjang tubeTidak ada keterangan
8
Tipe chestpieceDouble
Tipe springInner
BobotTidak ada keterangan
Panjang tubeTidak ada keterangan
7

3M™ Littmann®Master Cardiology™ Stethoscope

Mulai dari Rp 3.838.000,00

Tipe chestpieceSingle
Tipe springTidak ada keterangan
Bobot185 g
Panjang tube69 cm
6

Riesterduplex® 2.0 Stethoscope

Mulai dari Rp 765.000,00

Tipe chestpieceDouble
Tipe springInner
Bobot105–151 g
Panjang tubeTidak ada keterangan
5

3M™ Littmann®Cardiology IV™ Diagnostic Stethoscope

Mulai dari Rp 3.737.000,00

Tipe chestpieceDouble
Tipe springTidak ada keterangan
Bobot177 g
Panjang tube69 cm
4
Tipe chestpieceSingle
Tipe springTidak ada keterangan
BobotTidak ada keterangan
Panjang tubeTidak ada keterangan
3

3M™ Littmann®Classic III™ Monitoring Stethoscope

Mulai dari Rp 1.853.775,00

Tipe chestpieceDouble
Tipe springTidak ada keterangan
Bobot150 g
Panjang tube69 cm
2
Tipe chestpieceDouble
Tipe springInner
BobotTidak ada keterangan
Panjang tubeTidak ada keterangan
1
Tipe chestpieceDouble
Tipe springInner
BobotTidak ada keterangan
Panjang tubeTidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk stetoskop terbaik

Gambar produk
1
ABN MAJESTIC 1

ABN

2
ABN CLASSIC 1

ABN

3
3M™ Littmann® Classic III™ Monitoring Stethoscope 1

3M™ Littmann®

4
OneMed Disposable Stethoscope 1

OneMed

5
3M™ Littmann® Cardiology IV™ Diagnostic Stethoscope 1

3M™ Littmann®

6
Riester duplex® 2.0 Stethoscope 1

Riester

7
3M™ Littmann® Master Cardiology™ Stethoscope 1

3M™ Littmann®

8
Onehealth Delux Stethoscope 1

Onehealth

9
IMOQ Double Head Classic Stethoscope 1

IMOQ

10
ADC Adscope® 603 Clinician Stethoscope 1

ADC

Nama produk

MAJESTIC

CLASSIC

Classic III™ Monitoring Stethoscope

Disposable Stethoscope

Cardiology IV™ Diagnostic Stethoscope

duplex® 2.0 Stethoscope

Master Cardiology™ Stethoscope

Delux Stethoscope

Double Head Classic Stethoscope

Adscope® 603 Clinician Stethoscope

Keunggulan

Stetoskop ringan dengan berbagai pilihan warna

Tak hanya tangguh, respons akustiknya pun tinggi!

Banyak digunakan berkat kualitas yang tepercaya

Sekali pakai, cocok untuk memeriksa penyakit menular risiko tinggi

Analisa kondisi pasien yang lebih akurat dengan alat ini

Dapat digunakan untuk memeriksa newborn hingga orang dewasa

Dual lumen tube yang hasilkan suara lebih tajam dan jernih

Harganya bersahabat, pas disediakan di rumah

Desain eartip yang ergonomis cegah gangguan suara bising

Dilengkapi teknologi AFD, frekuensi rendah dan tinggi terdengar lebih jelas

Harga mulai dariRp 172.000,00Rp 287.000,00Rp 1.853.775,00Rp 11.000,00Rp 3.737.000,00Rp 765.000,00Rp 3.838.000,00Rp 47.500,00Rp 245.000,00Rp 825.000,00
Tipe chestpieceDoubleDoubleDoubleSingleDoubleDoubleSingleDoubleDoubleDouble
Tipe springInnerInnerTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganInnerTidak ada keteranganInnerTidak ada keteranganTidak ada keterangan
BobotTidak ada keteranganTidak ada keterangan150 gTidak ada keterangan177 g105–151 g185 gTidak ada keteranganTidak ada keterangan164 g
Panjang tubeTidak ada keteranganTidak ada keterangan69 cmTidak ada keterangan69 cmTidak ada keterangan69 cmTidak ada keteranganTidak ada keterangan52 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat-alat kesehatan lainnya di sini

Selain produk stetoskop yang telah kami bahas kali ini, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli alat-alat kesehatan lainnya. Hal ini agar Anda dapat mengetahui kondisi tubuh Anda maupun buah hati. Silakan simak rekomendasi kami melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah memberikan tips memilih stetoskop serta memberikan rekomendasi stetoskop terbaik. Sudahkah Anda menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan?


Stetoskop memiliki beberapa tipe sesuai dengan tujuan penggunaannya. Gunakan poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan dan pilihlah stetoskop terbaik agar hasil pemeriksaan menjadi lebih akurat. Silakan bookmark artikel ini agar mudah dibaca ulang dan sampai jumpa di artikel lainnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui bobot tubuh. Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang cara memilih timbangan badan digital. Kami juga akan memberi rekomendasi timbangan badan digital yang bagus dan akurat, seperti merek OneMed, GEA, Krisbow, dan Omron. Selamat menemukan timbangan digital terbaik!
    Alat medis
  • 10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Mengonsumsi obat minum tidak selalu dapat menjadi solusi untuk masalah pernapasan. Terkadang, Anda membutuhkan bantuan alat nebulizer. Nebulizer adalah alat yang berfungsi menghantarkan obat dengan cepat ke paru-paru. Ada beberapa tipe nebulizer dari merek populer, seperti Philips, Omron, dan OneMed sehingga mungkin membingungkan Anda.Untuk itu, ada faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kesesuaian dengan penyakit, harga, sampai kebisingan yang ditimbulkan. Kami akan menunjukkan cara memilih nebulizer yang bagus dan tepat untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Mari simak selengkapnya!
    Alat medis
  • 10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Masker telah menjadi starter pack new normal bagi semua orang. Di antara banyaknya pilihan, masker KF94 adalah salah satu jenis masker yang banyak disukai. Selain karena bentuknya fashionable, model masker Korea ini juga memiliki tingkat filtrasi setinggi 94%. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih masker KF94, baik untuk orang dewasa, wanita berhijab, maupun anak-anak. Anda juga bisa menemukan rekomendasi merek masker KF94 yang bagus, seperti Pokana, Boson, dan Trustmed. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr Afriyani Khusna. Yuk, simak informasinya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Termometer digital merupakan pengukur suhu yang saat ini umum digunakan untuk menggantikan termometer air raksa. Termometer ini tersedia dalam berbagai bentuk dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Merek-merek ternama, seperti Beurer, Omron, dan Polygreen juga turut meramaikan pasar dengan produk-produknya. Anda mungkin jadi sedikit kebingungan untuk menentukan termometer yang bagus dan tepat. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli termometer digital yang bagus. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi termometer digital terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya berikut ini, ya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Tensimeter yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tensimeter yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tekanan darah merupakan parameter kondisi kesehatan yang pemeriksaannya sering kali dilakukan di fasilitas kesehatan. Namun, bila Anda memiliki alat pengukur tekanan darah atau tensimeter sendiri, Anda dapat memeriksa tekanan darah di rumah. Merek-merek, seperti Omron, Beurer, dan Elvasense menawarkan berbagai macam tensimeter, baik yang dipakai di lengan atas ataupun pergelangan tangan. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin kesulitan untuk memilihnya. Maka dari itu, kami akan memberikan rekomendasi alat pengukur tekanan darah yang lengkap dengan cara memilihnya. Selamat memilih dan pantaulah kesehatan Anda setiap hari!
    Alat medis
  • 10 Alat Cek Gula Darah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Alat Cek Gula Darah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, mengecek kadar gula darah secara teratur adalah hal yang sangat penting. Selain mengecek kadar gula darah di fasilitas kesehatan, Anda bisa melakukan pengecekan menggunakan alat pengecek gula darah di rumah. Nah, melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih alat cek gula darah terbaik. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi alat cek gula darah dari merek yang bagus, seperti EasyTouch, Sinocare, dan Nesco. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Silakan disimak!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Termometer Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Termometer Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda memiliki bayi, termometer adalah benda penting yang harus disediakan. Tentu saja termometer untuk bayi berbeda dengan termometer untuk orang dewasa. Terdapat berbagai tipe termometer, seperti termometer yang digunakan pada ketiak, telinga, atau tipe nonkontak.Berbagai merek termometer yang bagus, seperti Omron, Braun, dan OneMed berlomba dalam memberikan fitur terbaiknya. Fiturnya beragam, mulai dari kecepatan ukur, lampu indikator, dan lain sebagainya. Di bawah ini, kami akan mengulas cara memilih termometer untuk bayi serta memberikan sepuluh produk rekomendasinya.
    Alat medis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori