mybest
Serum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Berminyak Terbaik [Ditinjau oleh Dokter Estetik]
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 1
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 2
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 3
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 4
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 5

10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Berminyak Terbaik [Ditinjau oleh Dokter Estetik]

Kulit berminyak rentan terhadap beragam masalah kulit, seperti jerawat atau kulit kusam. Untuk itu, diperlukan serum untuk merawatnya. Ada banyak merek skincare, seperti Scarlett Whitening, Garnier, Emina, yang menyediakan serum wajah untuk kulit berminyak. Kira-kira, serum mana yang cocok untuk Anda?


Bersama dengan dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, M.Biomed (AAM) kami telah menyusun cara memilih serum yang bagus untuk kulit berminyak. Dengan menyimak artikel ini, Anda bisa mengetahui jenis-jenis serum dengan bahan-bahan yang direkomendasikan untuk kulit berminyak, berjerawat, dan kulit kusam. Sebelum memilih produk yang tepat, yuk simak jawabannya di bawah ini! 

Diperbaharui 11/09/2023
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Pakar
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, M.Biomed (AAM) adalah dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha, yang mempunyai ketertarikan di bidang estetik dan kecantikan. Dokter Mutia juga telah menyelesaikan pendidikan magister jurusan Anti Aging & Aesthetic Medicine, Universitas Udhayana dan sampai saat ini telah bekerja di klinik kecantikan sejak 2018.

Profil dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Lanjut membaca
Grace Mulyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace yang juga adalah content creator di Lemon8 menemukan passion-nya dalam dunia menulis dan menjadi writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace telah banyak meriset dan berhubungan dengan pakar untuk berbagai topik terkait kesehatan, elektronik rumah tangga, perawatan tubuh, makanan, serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah serum bagus untuk kulit berminyak?

Apakah serum bagus untuk kulit berminyak?
Serum wajah adalah produk skincare yang memiliki kandungan bahan aktif yang tinggi. Karena itulah, serum penting untuk semua jenis kulit, tak terkecuali kulit berminyak. Pemilik kulit berminyak diperbolehkan memasukkan serum ke dalam skincare routine-nya.

Pemakaian serum tidak akan membebani kulit berminyak selama tekstur serum tersebut tidak menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, perhatikan juga jenis serum yang akan Anda gunakan. Beberapa jenis serum yang bisa dipakai oleh kulit berminyak, antara lain:


  • Hydrating serum adalah serum untuk melembapkan kulit.
  • Exfoliating serum adalah serum untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
  • Brightening serum adalah serum untuk mencerahkan kulit.
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Kulit berminyak cenderung mudah terasa gerah sehingga biasanya pemilik kulit berminyak sering mencuci muka. Hal tersebut sebenarnya kurang disarankan karena justru dapat merangsang kulit untuk memproduksi minyak berlebih. Idealnya, proses pencucian wajah cukup dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Kemudian, tetap gunakan tambahan pelembap, seperti serum ataumoisturizer.

Cara memilih serum wajah untuk kulit berminyak

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, ada tiga jenis serum yang bisa Anda gunakan. Pemilihannya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit berminyak Anda. Misal, Anda yang memiliki masalah berminyak saja pasti akan berbeda cara pemilihannya jika kulit Anda juga berjerawat. Simak poin berikut ini untuk membantu Anda menemukan serum terbaik untuk kondisi kulit Anda.

1

Kulit berminyak tetap perlu terhidrasi; jaga kelembapannya dengan serum berbahan pelembap non-comedogenic, seperti ceramide dan hyaluronic acid

Kulit berminyak tetap perlu terhidrasi; jaga kelembapannya dengan serum berbahan pelembap non-comedogenic, seperti ceramide dan hyaluronic acid
Sebagian orang mungkin berpikir kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap. Padahal, hal tersebut adalah pemahaman yang salah. Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap, tetapi tidak semua jenis pelembap cocok untuk kulit berminyak. Perlu Anda ketahui, kulit berminyak tidak sama dengan kulit terhidrasi. 

  • Kulit berminyak adalah kondisi kulit yang kelebihan minyak
  • Kulit terhidrasi merupakan kondisi kulit yang cukup air

Jadi, kondisi kulit berminyak tidak sama dengan kondisi kulit yang mengandung banyak air sehingga tetap butuh hidrasi. Salah satu penyebab kulit berminyak adalah kurangnya hidrasi. Kulit merespons kurangnya hidrasi dengan memproduksi minyak berlebih. 


Untuk itu, Anda tetap membutuhkan serum dengan kandungan pelembap. Namun, jangan sembarangan memilih karena beberapa pelembap bisa menyumbat pori-pori. Anda bisa memilih pelembap yang ramah untuk kulit berminyak, seperti hyaluronic acid dan ceramide. Hyaluronic acid dan ceramide merupakan penyusun kulit. Serum dengan kandungan pelembap ini tidak menyumbat pori-pori kulit atau non-comedogenic.

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Tujuan lain adanya bahan pelembap dalam serum atau setelah penggunaan serum adalah untuk meredam efek bahan aktif lainnya. Terlebih lagi, bila Anda menggunakan serum dengan bahan aktif yang iritatif, seperti vitamin C, retinol, BHA, dan niacinamide.


Setelah menggunakan serum dengan bahan aktif yang iritatif, jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan-bahan pelembap yang netral setelahnya. Bahan pelembap yang netral adalah hyaluronic acid dan ceramide ini. Kandungan ini bisa ada di dalam serum yang sama atau produk skincare setelahnya.

2

Pastikan serum memiliki tekstur watery agar tidak berisiko menutupi pori-pori kulit

Pastikan serum memiliki tekstur watery agar tidak berisiko menutupi pori-pori kulit

Minyak berlebih pada wajah terasa lengket dan mengganggu. Oleh karena itu, serum yang bagus untuk kulit berminyak haruslah ringan. Pilihlah serum water-based yang mudah diserap kulit tanpa terasa greasy. Tekstur yang watery, misalnya gel, akan diserap dengan cepat dan memberi sensasi segar dan nyaman


Untuk mengetahui mengenai tekstur serum wajah Anda, bacalah deskripsi produknya. Biasanya pada kemasan produk atau deskripsi produknya tertulis "tekstur ringan" atau "mudah meresap".

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Namun, untuk lebih detailnya, Anda bisa membaca review hasil penggunaan serum untuk kulit berminyak dari para pengguna. Pemilik kulit berminyak memang sebaiknya menghindari serum yang mengandung bahan dasar minyak (oil-based). Hal ini supaya tidak membuat kulit terlihat makin 'basah' dan risikonya menutupi pori-pori.

3

Jika kulit Anda cenderung berjerawat, pilih serum yang diperkaya bahan antibakteri misalnya green tea atau bahan eksfoliator seperti BHA

Salah satu permasalahan yang umum terjadi pada kulit berminyak adalah timbulnya jerawat. Jerawat dapat timbul akibat pori-pori yang tersumbat minyak berlebih. Tersumbatnya pori-pori membuat bakteri penyebab jerawat lebih mudah berkembang biak. Jika hal tersebut adalah masalah Anda, carilah serum dengan bahan antibakteri dan eksfoliator.

Pilih yang ada bahan antibakterinya untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat (salicylic acid, zinc, green tea, tea tree oil, niacinamide)

Pilih yang ada bahan antibakterinya untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat (salicylic acid, zinc, green tea, tea tree oil, niacinamide)

Serum wajah berminyak biasanya mengandung bahan aktif untuk mencegah timbulnya jerawat. Bahan aktif tersebut memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri sehingga dapat mengurangi jerawat maupun peradangan akibat jerawat. Manfaat tersebut bisa Anda temukan pada salicylic acid, zinc, green tea, dan tea tree oil.


Sebagai tambahan, Anda juga bisa memilih serum dengan kandungan niacinamide. Niacinamide bisa dibilang memiliki berbagai manfaat. Selain melembapkan, niacinamide dapat merawat kulit berjerawat dan bekasnya.

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Tidak semua kulit berminyak cocok dengan kandungan green tea atau tea tree. Memang diperlukan trial and error karena kulit cukup kompleks. Terkadang ada orang dengan kulit berminyak, tetapi alergi dengan kandungan tertentu. Agar lebih aman dengan kandungannya, Anda juga disarankan melakukan patch test terlebih dahulu.

Sebagai tambahan, pilih yang mengandung eksfoliator untuk mengurangi sel-sel kulit mati; gunakan 1-2 kali seminggu saja

Sebagai tambahan, pilih yang mengandung eksfoliator untuk mengurangi sel-sel kulit mati; gunakan 1-2 kali seminggu saja
Kandungan minyak berlebih pada kulit cenderung membuat debu mudah menempel sehingga membuat penumpukan kotoran dan sel kulit mati pada pori-pori. Untuk itu, Anda membutuhkan exfoliating serum. Ada tiga jenis peeling agent berjenis chemical exfoliator yang biasanya digunakan dalam serum, yaitu AHA, BHA, dan PHA.

  • AHA (alpha hydroxy acid): Dosis maksimal 10%

AHA adalah asam larut air yang mengeksfoliasi lapisan luar kulit. Citric acid, glycolic acid, lactic acid, dan malic acid merupakan contoh AHA. Glycolic acid dan lactic acid merupakan AHA yang cukup ramah untuk kulit sensitif.


  • BHA (beta hydroxy acid): Dosis maksimal 2%.

BHA merupakan exfoliator yang larut dalam minyak. BHA dapat masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam melalui kelenjar minyak. Alhasil, BHA bisa membantu mengeksfoliasi dan mengatasi produksi minyak berlebih. Selain itu, BHA juga membantu menyamarkan noda bekas jerawat. Willow bark extract dan salicylic acid adalah BHA yang banyak digunakan dalam serum. 


  • PHA (poly hydroxy acid)

PHA merupakan generasi terbaru AHA yang ukuran molekulnya cukup besar. Ukuran tersebut membuat penyerapan PHA tidak secepat dua exfoliator lainnya. Karena itu, kemampuan eksfoliasi PHA lebih ringan dan cenderung tidak mengiritasi kulit sehingga cocok dipilih kulit sensitif. Contoh PHA adalah gluconolactone, galactose, dan lactobionic acid


Penggunaan exfoliating serum cukup 1-2 kali saja per minggu karena sifatnya iritatif. Kemudian, selalu gunakan pelembap tambahan setelah melakukan eksfoliasi untuk meredam efek iritasi.

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Selain pemakaian serum, pemilik kulit berminyak juga wajib menjaga kebersihan area wajah. Anda bisa melakukan double-cleansing untuk mencegah timbulnya jerawat. Intinya, rutin bersihkan wajah, gunakan pelembap (serum atau moisturizer), rutin eksfoliasi, dan menggunakan sunscreen.

4

Untuk Anda yang juga bermasalah dengan kulit kusam, pertimbangkan brightening serum dengan vitamin C dan niacinamide

Untuk Anda yang juga bermasalah dengan kulit kusam, pertimbangkan brightening serum dengan vitamin C dan niacinamide
Jenis serum terakhir yang bisa Anda pertimbangkan adalah brightening serum. Kandungan brightening yang biasa digunakan dalam serum adalah vitamin C dan niacinamide. Beberapa brightening serum bersifat mengiritasi. Jadi, gunakan dalam dosis rendah terlebih dahulu.

  • Vitamin C (Jika baru pertama kali, gunakan produk berdosis rendah <5%)

Meski tidak memiliki efek mengurangi produksi minyak berlebih secara langsung, vitamin C relatif aman untuk kulit berminyak. Namun, pemakaiannya tetap perlu memperhatikan dosis. 


  • Niacinamide (dosis yang disarankan 5-10%)

Niacinamide termasuk bahan aktif yang banyak memiliki manfaat, beberapa di antaranya adalah melembapkan sekaligus mencerahkan kulit.


Untuk mengatasi kulit kusam, Anda perlu menggunakan kombinasi treatment. Gunakan exfoliating serum secara berkala diikuti brightening serum dan sunscreen sehari-hari. Penggunaan exfoliating serum dan brightening serum harus dilakukan pada hari yang berbeda karena efeknya cukup mengiritasi. Berikan juga jeda untuk menggunakan hydrating serum agar kulit tidak kering setelah menggunakan exfoliating serum dan brightening serum.

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Kombinasi antara niacinamide dan vitamin C sebenarnya aman dan sekarang sudah banyak ditemui pada produk serum di pasaran. Jika sebuah serum mengandung dua bahan tersebut, biasanya dosis tiap bahan aktifnya sudah diformulasi tidak terlalu tinggi agar tidak mengiritasi


Jika kandungan bahan aktif pada serum yang digunakan terasa terlalu tinggi, biasanya kulit akan menunjukkan reaksi iritasi. Karena itu, sebaiknya Anda selalu meredam efek buruknya dengan menggunakan moisturizer yang cukup hydrating yang sifatnya netral. Sama seperti penjelasan tentang pelembap di atas, moisturizer tersebut bisa mengandung hyaluronic acid atau ceramide


Niacinamide dan vitamin C merupakan bahan aktif yang tidak sensitif terhadap matahari sehingga boleh dipakai pagi dan malam. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit berminyak

Berikut ini adalah rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Berminyak terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 11 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
BPOM
Nomor BPOM
Isi/varian isi
Bahan aktif
Tekstur
Bentuk kemasan
Rekomendasi jenis kulit
Fungsi/manfaat
Kandungan pencerah
Kandungan pelembap
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan antiaging
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaian
Alkohol
Pewangi
1

Scarlett Whitening

Acne Serum

Scarlett Whitening  Acne Serum 1

Rp75.000

Agak Murah

Tuntas bersihkan jerawat dan flek hitam yang membandel

NA18200104454

15 ml

Tea tree, salicylic acid, Jeju centella asiatica

Cair

Botol pipet

Kulit berminyak

Melawan bakteri penyebab jerawat, mengontrol kadar minyak berlebih, menenangkan, menghaluskan, dan memudarkan flek hitam akibat jerawat

Vitamin C, liquorice

Jeju centella asiatica

Jeju centella asiatica

Jeju centella asiatica

Pagi, malam

2

Garnier

Bright Complete Anti Acne Serum

Garnier Bright Complete Anti Acne Serum 1

Rp90.000

Menengah

Mengandung 4% bahan aktif untuk mengatasi jerawat dan bekasnya

NA18221900505

15 ml, 30 ml

Vitamin C, niacinamide, salicylic acid, AHA

Cair

Botol pipet

Kulit berminyak dan kulit acne-prone

Membantu merawat kulit berjerawat dan mencerahkan noda bekas jerawat

Vitamin C, niacinamide

Glycerin, lactic acid

Niacinamide

Niacinamide

Pagi, malam

3

SKINTIFIC

2% Salicylic Acid Anti Acne Serum

SKINTIFIC 2% Salicylic Acid Anti Acne Serum 1

Rp169.000

Agak Mahal

Serum salicylic acid dengan tambahan niacinamide dan ceramide

NA11210100166

20 ml, 50 ml

Salicylic acid, pionin, Centella asiatica extract, niacinamide, ceramide, peptide, hyaluronic acid

Cair

Botol pump

Kulit berminyak dan acne-prone

Merawat kulit berjerawat, menjaga skin barrier, mengontrol minyak berlebih, dan mencerahkan wajah

Niacinamide, glycolic acid

Butylene glycol, niacinamide, glycerin, Centella asiatica extract, sodium hyaluronate, urea

Centella asiatica

Centella asiatica, hydrolyzed royal jelly protein

Pagi, malam

4

The Originote

Hyalu-C Serum

The Originote  Hyalu-C Serum 1

Rp64.000

Agak Murah

Kaya vitamin C dan antioksidan untuk menjaga keremajaan kulit wajah

NA18222000545

20 ml

5 jenis hyaluronic acid, 3 jenis vitamin C, flower blend (daisy, marigold, sunflower)

Cair

Botol pump

Semua jenis kulit, terutama kulit kusam dan hiperpigmentasi

Mencerahkan kulit, sebagai antioksidan, merawat keremajaan kulit

Niacinamide, vitamin C

Glycerin, butylene glycol, allantoin, hyaluronic acid

Niacinamide, allantoin, Centella asiatica extract

Niacinamide, daisy extract, Centella asiatica extract

Pagi, malam

5

Trueve Mitra Indonesia

TRUEVE Acne Care Treatment Serum

Trueve Mitra Indonesia TRUEVE Acne Care Treatment Serum 1

Rp108.700

Menengah

Meredakan jerawat dengan cepat tanpa merusak skin barrier

NA18210109937

15 ml, 30 ml

SaliCare (niacinamide dan salicylic acid), hyaluronic acid, NMF

Cair

Botol pipet

Semua jenis kulit, kulit acne-prone

Mengatasi jerawat 2x lebih cepat tanpa merusak skin barrier

Niacinamide

Niacinamide, ceramide, Hyalu-10

Niacinamide, Centella asiatica

Niacinamide, Centella asiatica

Pagi, malam

6

Avoskin

Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc 1

Rp139.000

Agak Mahal

Ucapkan selamat tinggal pada komedo!

NA18202000280

30 ml

Salicylic acid, zinc

Cair

Botol pipet

Semua jenis kulit, terutama kulit berminyak

Merawat kulit berjerawat dan berkomedo

Tidak ada

Glycerin

Tea tree

Tea tree

Pagi, malam

7

Sensatia Botanicals

Tea Tree & Lemon Facial C-Serum

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum 1

Rp180.000

Agak Mahal

Mengatasi kulit berjerawat dan bekas jerawat, aman untuk bumil dan busui

NA18190123987

60 ml

Lemon, tea tree, kakadu plum

Cair

Botol pump

Berminyak dan rentan berjerawat

Mengurangi produksi sebum, merawat kulit berjerawat, dan mencerahkan kulit

Vitamin C (lemon)

Aloe barbadensis

Jojoba oil

Ekstrak kakadu plum

Pagi, malam

Tidak diketahui

Tidak diketahui

8

Azarine®

Pore Tightening & Oil Control Moist Serum

Azarine® Pore Tightening & Oil Control Moist Serum 1

Rp49.000

Lebih Murah

Pori-pori kulit mengecil, rasakan kulit lebih bersih dan bebas komedo

NA18220102924

20 ml

Glycerin, Centella asiatica extract, sodium hyaluronate

Cair

Botol pipet

Kulit berjerawat, kulit kombinasi, kulit normal, kulit berminyak, kulit sensitif

Mengontrol minyak berlebih pada kulit, merapatkan pori-pori agar tampak kecil

Tidak ada

Glycerin, propanediol, Centella asiatica extract, sodium hyaluronate

Centella asiatica

Centella asiatica, sodium hyaluronate

Pagi, malam

9

True To Skin

Niacinamide TXA Brightening Serum

True To Skin Niacinamide TXA Brightening Serum 1

Rp109.000

Menengah

Kulit terlihat kasar dan sering iritasi? Gunakan saja produk ini!

NA18221902259

20 ml

Rose water, niacinamide, tranexamic acid, vitamin B12

Cair

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit, memudarkan bekas jerawat dan flek, mengontrol minyak, mengatasi jerawat

Niacinamide, tranexamic acid, vitamin B12

Glycerin, niacinamide

Rose water, tranexamic acid

Tranexamic acid

Pagi, malam

10

Emina

Ms. Pimple Acne Solution Face Serum

Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Serum 1

Rp58.000

Agak Murah

Mengurangi produksi minyak sekaligus menghidrasi hingga 8 jam, kulit tetap terjaga kelembapannya

NA18210109300

30 ml

Salicylic acid, rosebay willowherb

Cair

Botol pipet

Kulit berminyak dan mudah berjerawat

Mengurangi minyak berlebih dan menenangkan kemerahan

Niacinamide

Zinc PCA, glycerin

Salicylic acid, rosebay willowherb

Rosebay willowherb

Pagi, malam

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Scarlett Whitening Acne Serum

Acne Serum 1
Sumber: scarlettwhitening.com
Harga referensi
Rp75.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp75.000
Agak Murah

Tuntas bersihkan jerawat dan flek hitam yang membandel

Bagi pemilik acne prone skin yang sedang mencari serum untuk mengatasi jerawat beserta flek hitam, cobalah produk ini. Harga serum ini tergolong cukup terjangkau. Namun, di dalamnya sudah ada star ingredients untuk merawat kulit berjerawat, seperti tea tree water, salicylic acid, dan Jeju centella asiatica.


Sementara itu, liquorice extract dan vitamin C di dalamnya berperan sebagai antioksidan dan antipolusi yang membantu mencerahkan kulit. Perpaduan kandungannya akan membantu mengontrol kadar minyak berlebih, menenangkan, menghaluskan, dan memudarkan flek hitam akibat jerawat.

BPOM
Nomor BPOMNA18200104454
Isi/varian isi15 ml
Bahan aktifTea tree, salicylic acid, Jeju centella asiatica
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak
Fungsi/manfaatMelawan bakteri penyebab jerawat, mengontrol kadar minyak berlebih, menenangkan, menghaluskan, dan memudarkan flek hitam akibat jerawat
Kandungan pencerahVitamin C, liquorice
Kandungan pelembapJeju centella asiatica
Kandungan anti-inflamasiJeju centella asiatica
Kandungan antiagingJeju centella asiatica
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

GarnierBright Complete Anti Acne Serum

Harga referensi
Rp90.000
Menengah

Mengandung 4% bahan aktif untuk mengatasi jerawat dan bekasnya

Apabila Anda memiliki jenis kulit yang berjerawat, Garnier punya serum yang tepat untuk Anda. Bright Complete Anti Acne Serum adalah serum khusus dengan 4% kandungan bahan aktif untuk kulit berjerawat serta bekasnya.


Serum Garnier ini mengandung salicylic acid untuk merawat kulit berjerawat dan kulit berminyak. Sementara itu, kandungan niacinamide dan vitamin C membantu mencerahkan bekas jerawat. Tambahan lagi, serum ini juga memiliki kandungan lactic acid yang dapat memberikan eksfoliasi ringan.

BPOM
Nomor BPOMNA18221900505
Isi/varian isi15 ml, 30 ml
Bahan aktifVitamin C, niacinamide, salicylic acid, AHA
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak dan kulit acne-prone
Fungsi/manfaatMembantu merawat kulit berjerawat dan mencerahkan noda bekas jerawat
Kandungan pencerahVitamin C, niacinamide
Kandungan pelembapGlycerin, lactic acid
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide
Kandungan antiagingNiacinamide
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.3

SKINTIFIC2% Salicylic Acid Anti Acne Serum

Harga referensi
Rp169.000
Agak Mahal

Serum salicylic acid dengan tambahan niacinamide dan ceramide

Punya masalah jerawat yang sulit hilang? Cobalah serum ini. Serum salicylic acid berikut ini menggunakan teknologi enkapsulasi yang melepaskan bahan aktif secara perlahan. Teknologi ini membuat salicylic acid bekerja lebih optimal sekaligus mencegah iritasi kulit.


Serum ini juga mengandung pionin dan Centella asiatica yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Sementara itu, untuk menjaga kelembapan kulit, serum ini menambahkan niacinamide, ceramide, dan peptide, dan hyaluronic acid.

BPOM
Nomor BPOMNA11210100166
Isi/varian isi20 ml, 50 ml
Bahan aktifSalicylic acid, pionin, Centella asiatica extract, niacinamide, ceramide, peptide, hyaluronic acid
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak dan acne-prone
Fungsi/manfaatMerawat kulit berjerawat, menjaga skin barrier, mengontrol minyak berlebih, dan mencerahkan wajah
Kandungan pencerahNiacinamide, glycolic acid
Kandungan pelembapButylene glycol, niacinamide, glycerin, Centella asiatica extract, sodium hyaluronate, urea
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica
Kandungan antiagingCentella asiatica, hydrolyzed royal jelly protein
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.4

The Originote Hyalu-C Serum

Harga referensi
Rp64.000
Agak Murah

Kaya vitamin C dan antioksidan untuk menjaga keremajaan kulit wajah

Dengan kandungan lima jenis hyaluronic acid, serum ini efektif untuk melembapkan kulit dan menyamarkan garis-garis halus. Tambahan kandungan tiga macam vitamin C pun membuatnya makin cocok bagi Anda yang mencari serum antiaging dengan fungsi mencerahkan. 


Masalah kulit kusam dan flek hitam bisa pula Anda coba atasi dengan serum hyaluronic acid lokal satu ini. Selain mencerahkan, kandungan antioksidan pada produk ini juga mampu menjaga keremajaan kulit dan membantu mempercepat produksi kolagen.

BPOM
Nomor BPOMNA18222000545
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktif5 jenis hyaluronic acid, 3 jenis vitamin C, flower blend (daisy, marigold, sunflower)
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit, terutama kulit kusam dan hiperpigmentasi
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit, sebagai antioksidan, merawat keremajaan kulit
Kandungan pencerahNiacinamide, vitamin C
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, allantoin, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, allantoin, Centella asiatica extract
Kandungan antiagingNiacinamide, daisy extract, Centella asiatica extract
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.5

Trueve Mitra IndonesiaTRUEVE Acne Care Treatment Serum

Harga referensi
Rp108.700
Menengah

Meredakan jerawat dengan cepat tanpa merusak skin barrier

TRUEVE Acne Care Treatment Serum adalah solusi efektif untuk kulit yang rentan berjerawat. Diperkaya dengan 6x ceramide, serum ini memperkuat skin barrier, mengunci kelembapan, dan membantu kulit tetap sehat. Ada pula kandungan salicylic acid untuk membantu mengatasi masalah jerawat dan mengurangi peradangan. 


Kombinasi hyaluronic acid dan NMF-nya menjaga kulit agar terhidrasi optimal, menghaluskan kulit, dan mengurangi tampilan pori-pori. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit yang mudah berjerawat.

BPOM
Nomor BPOMNA18210109937
Isi/varian isi15 ml, 30 ml
Bahan aktifSaliCare (niacinamide dan salicylic acid), hyaluronic acid, NMF
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit, kulit acne-prone
Fungsi/manfaatMengatasi jerawat 2x lebih cepat tanpa merusak skin barrier
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapNiacinamide, ceramide, Hyalu-10
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, Centella asiatica
Kandungan antiagingNiacinamide, Centella asiatica
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.6

AvoskinYour Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Ucapkan selamat tinggal pada komedo!

Kulit berminyak rentan terhadap komedo, terutama komedo hitam atau blackheads. Apakah Anda juga mengalaminya? Jika iya, yuk, bersihkan dengan serum Avoskin YSB. Serum ini mampu mengangkat sel kulit mati hingga ke bagian pori terdalam sehingga komedo akan ikut terangkat.


Tak cuma itu, produk ini juga merupakan serum oil control yang bisa membuat produksi sebum lebih terkendali. Kandungan salicylic acid-nya membuat serum ini cocok untuk kulit berminyak dan berkomedo.

BPOM
Nomor BPOMNA18202000280
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifSalicylic acid, zinc
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit, terutama kulit berminyak
Fungsi/manfaatMerawat kulit berjerawat dan berkomedo
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan anti-inflamasiTea tree
Kandungan antiagingTea tree
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.7

Sensatia BotanicalsTea Tree & Lemon Facial C-Serum

Harga referensi
Rp180.000
Agak Mahal

Mengatasi kulit berjerawat dan bekas jerawat, aman untuk bumil dan busui

Sensatia Botanicals menawarkan produk dengan bahan-bahan alami yang aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Jika Anda masih ragu memilih serum untuk mengatasi bekas jerawat yang aman, Anda bisa memilih serum dari Sensatia Botanicals.


Serum ini mengandung senyawa murni dari tumbuhan untuk menenangkan kulit berjerawat. Di dalamnya juga terkandung tea tree oil dan lemon oil untuk melawan jerawat. Kandungan vitamin C di dalam ekstrak kakadu plum dapat membantu mencerahkan bekas jerawat. Jadi, serum ini sangat cocok untuk kulit yang breakout sekaligus memiliki bekas jerawat.

BPOM
Nomor BPOMNA18190123987
Isi/varian isi60 ml
Bahan aktifLemon, tea tree, kakadu plum
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitBerminyak dan rentan berjerawat
Fungsi/manfaatMengurangi produksi sebum, merawat kulit berjerawat, dan mencerahkan kulit
Kandungan pencerahVitamin C (lemon)
Kandungan pelembapAloe barbadensis
Kandungan anti-inflamasiJojoba oil
Kandungan antiagingEkstrak kakadu plum
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
AlkoholTidak diketahui
PewangiTidak diketahui
View all
No.8

Azarine®Pore Tightening & Oil Control Moist Serum

Harga referensi
Rp49.000
Lebih Murah

Pori-pori kulit mengecil, rasakan kulit lebih bersih dan bebas komedo

Pori-pori besar dan kurang bersih membuat komedo muncul dengan mudah. Sebelum hal itu terjadi, pakailah serum ini untuk membantu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Berkat perpaduan kandungan Centella asiatica dan Canadian willowherb, serum ini mampu melembapkan kulit sekaligus mengecilkan pori-pori.


Selain itu, serum wajah dari merek lokal ini juga menjaga agar kulit wajah bebas kilap. Sebum pada wajah terkendali, wajah pun akan tetap matte selama lima jam. 

BPOM
Nomor BPOMNA18220102924
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifGlycerin, Centella asiatica extract, sodium hyaluronate
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitKulit berjerawat, kulit kombinasi, kulit normal, kulit berminyak, kulit sensitif
Fungsi/manfaatMengontrol minyak berlebih pada kulit, merapatkan pori-pori agar tampak kecil
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapGlycerin, propanediol, Centella asiatica extract, sodium hyaluronate
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica
Kandungan antiagingCentella asiatica, sodium hyaluronate
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.9

True To SkinNiacinamide TXA Brightening Serum

Harga referensi
Rp109.000
Menengah

Kulit terlihat kasar dan sering iritasi? Gunakan saja produk ini!

Sering tidak percaya diri karena warna kulit tidak cerah merata? Ini saatnya Anda menggunakan serum dari True To Skin ini. Serum ini mengandung 10% niacinamide, 2% tranexamic acid, serta vitamin B12 yang diklaim mampu membantu mencerahkan kulit secara merata. Selain itu, brightening agent-nya bisa mengatasi noda bekas jerawat.


Uniknya lagi, serum dengan kandungan rose water ini dapat meredakan iritasi kulit dan menyamarkan pori-pori besar. Hal ini tentunya akan membuat kulit Anda tampak lebih halus dan tampak flawless. Jadi, serum ini sangat worth it untuk Anda miliki!

BPOM
Nomor BPOMNA18221902259
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifRose water, niacinamide, tranexamic acid, vitamin B12
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit, memudarkan bekas jerawat dan flek, mengontrol minyak, mengatasi jerawat
Kandungan pencerahNiacinamide, tranexamic acid, vitamin B12
Kandungan pelembapGlycerin, niacinamide
Kandungan anti-inflamasiRose water, tranexamic acid
Kandungan antiagingTranexamic acid
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.10

EminaMs. Pimple Acne Solution Face Serum

Harga referensi
Rp58.000
Agak Murah

Mengurangi produksi minyak sekaligus menghidrasi hingga 8 jam, kulit tetap terjaga kelembapannya

Meskipun jenis kulit berminyak, bukan berarti kulit Anda tidak membutuhkan produk untuk menghidrasinya. Justru kulit berminyak membutuhkan hidrasi yang cukup agar kelenjar sebum tidak terangsang untuk memproduksi lebih banyak minyak.


Untuk mendapatkan hidrasi secara optimal, coba Ms. Pimple Acne Solution Face Serum ini. Selain dapat membantu menjaga kelembapan dengan sensasi segar selama 8 jam, Anda juga dapat mencegah masalah jerawat, lho! Terutama untuk Anda yang sedang mengalami breakout, serum ini dipercaya dapat mengatasinya hanya dalam tujuh hari!

BPOM
Nomor BPOMNA18210109300
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifSalicylic acid, rosebay willowherb
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak dan mudah berjerawat
Fungsi/manfaatMengurangi minyak berlebih dan menenangkan kemerahan
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapZinc PCA, glycerin
Kandungan anti-inflamasiSalicylic acid, rosebay willowherb
Kandungan antiagingRosebay willowherb
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all

5 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Berminyak terbaik

No. 1: Scarlett Whitening Acne Serum

No. 2: GarnierBright Complete Anti Acne Serum

No. 3: SKINTIFIC2% Salicylic Acid Anti Acne Serum

No. 4: The Originote Hyalu-C Serum

No. 5: Trueve Mitra IndonesiaTRUEVE Acne Care Treatment Serum

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Berminyak Terbaik [Ditinjau oleh Dokter Estetik]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.