• 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Kulit berminyak rentan terhadap beragam masalah kulit. Untuk itu diperlukan serum untuk merawatnya. Ada banyak brand skincare, seperti Everwhite, TRUEVE, Avoskin, dan Nivea yang menyediakan serum wajah untuk kulit berminyak. Kira-kira, serum mana yang cocok untuk Anda?


Anda tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips dan rekomendasi serum untuk kulit berminyak yang bagus. Beragam produk dengan kandungan serum yang cocok untuk kulit berminyak akan kami hadirkan. Simak juga informasi perawatan kulit berminyak dari dr. Andina Bulan Sari. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Andina Bulan
  • Pembaharuan terakhir: 09 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Dokter Andina Bulan Sari merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang lulus pada 2008. Pada 2009, Dokter Andina memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya pada program spesialis Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin di FKUI-RSCM.

Setelah lulus pada 2014, ibu dari dua orang anak ini aktif praktik di Klinik Sakti Medika Tebet, RS Omni Pekayon, dan Zap Premiere Sumarecon Mall Bekasi. Wanita yang tertarik pada bidang kosmetik, infeksi menular seksual, dan alergi imunologi ini bisa ditemui melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum wajah untuk kulit berminyak

Ada banyak produk serum bisa Anda temukan. Namun, bagaimana menemukan serum yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat? Ikuti tips di bawah ini, ya!

Pahami penyebab kulit berminyak

Pahami penyebab kulit berminyak

Langkah pertama dalam mencari serum untuk wajah berminyak adalah memahami penyebab kulit berminyak Anda. Ada banyak penyebab kulit berminyak baik dari pengaruh eksternal maupun internal.


  • Pengaruh eksternal: perubahan cuaca, jarang atau terlalu sering mencuci muka, tidak memakai pelembap, dan skincare yang kurang cocok.
  • Pengaruh internal: genetik, usia, perubahan hormon, tingkat stres, dan pola makan yang kurang tepat.

Sebelum mulai memilih serum wajah, silakan pertimbangkan faktor yang telah kami sebutkan. Kira-kira mana yang menjadi penyebab kulit berminyak Anda?

Selain karena usia dan genetik, gaya hidup dan asupan nutrisi Anda memengaruhi keadaan kulit Anda. Menurut L’Oréal Paris USA, diet tinggi karbohidrat berhubungan dengan meningkatnya produksi sebum. Selain itu, perubahan hormon saat stres dan menjelang menstruasi bagi wanita turut memengaruhi keadaan kulit.


Faktor lainnya adalah cuaca panas dengan kelembapan tinggi juga membuat kulit menghasilkan banyak minyak. Kondisi ini biasanya dibarengi dengan penumpukan minyak pada pori-pori sehingga mengakibatkan jerawat. 


Pemilik kulit berminyak harus rajin membersihkan wajah, tetapi terlalu sering mencuci wajah juga tidak dianjurkan. Terlalu keras menggosok wajah malah akan menimbulkan iritasi yang memicu peningkatan produksi sebum.

Ketahui bahan aktif dan vitamin yang dibutuhkan kulit berminyak

Cara memilih serum untuk kulit berminyak selanjutnya adalah dengan mengetahui kandungan dan vitamin yang dibutuhkan kulit Anda. Simak lebih lengkapnya dalam ulasan berikut.

Oil control, kurangi tampilan kilap pada wajah

Oil control, kurangi tampilan kilap pada wajah

Makeup pada kulit berminyak sering dirasa kurang bertahan lama. Hal ini karena kadar minyak pada wajah yang membuat makeup luntur dan mudah terhapus. Untuk masalah ini, Anda dianjurkan memilih serum yang mampu mengontrol produksi sebum. Beberapa serum kulit berminyak, seperti Nivea, bahkan bisa Anda gunakan sebagai base makeup. 

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Tipe kulit oily atau berminyak ditandai dengan adanya:


  • Pori-pori yang besar dan banyak komedo, terutama di area T-zone (dahi, hidung, dagu).

  • Kulit terlihat berminyak atau mengilap dan apabila diraba terasa berminyak.

  • Jika menggunakan pelembap kulit, kulit sering kali makin terasa berminyak.

  • Mudah timbul jerawat dan break out.

  • Makeup mudah luntur. 


Cara untuk mengetahui kulit Anda berminyak atau tidak adalah dengan menggunakan kertas minyak. Beberapa jam setelah mencuci muka, tempelkanlah kertas minyak di area wajah, misalnya hidung. Jika terlihat adanya bercak minyak, kemungkinan besar kulit Anda adalah tipe berminyak.


Produksi minyak sangat dipengaruhi oleh genetik, tetapi kondisi lain juga dapat meningkatkan minyak di kulit. Produksi minyak bisa bertambah akibat stres, diet, kadar hormon, dan kondisi cuaca. Hal ini juga bisa disebabkan oleh skincare yang digunakan, usia, dan juga obat-obatan.


Pada kondisi kulit yang sangat berminyak, penggunaan pelembap terkadang tidak selalu diperlukan. Anda bisa saja langsung menggunakan sunscreen. Misalkan Anda ingin menggunakan pelembap, hindari pelembap dengan tekstur berat. 


Pelembap yang bertekstur berat bersifat oklusif atau emolien. Karena itu, produk tersebut akan membuat kulit tampak lebih berminyak, terutama saat beraktivitas. Pilih pelembap yang teksturnya lebih ringan, misalnya yang mengandung humektan atau yang berbentuk serum.

Acne care, mencegah dan mengobati jerawat

Acne care, mencegah dan mengobati jerawat

Wajah berminyak mudah sekali berjerawat. Maka dari itu, serum wajah berminyak biasanya mengandung bahan aktif untuk mencegah timbulnya jerawat.


Kandungan bahan aktif untuk menyembuhkan jerawat memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan mempercepat penyembuhan luka. Manfaat tersebut bisa Anda temukan pada salicylic acid, zinc, green tea, dan Centella asiatica.


Selain bahan tersebut, pilihlah serum yang mengandung vitamin A, B, dan C. Jenis vitamin A seperti retinol adalah obat jerawat dan antiaging yang baik. Selanjutnya, jenis vitamin B3 yang biasa dikenal sebagai niacinamide bermanfaat untuk memperbaiki skin barrier secara keseluruhan.


Sementara itu, vitamin C, bekerja sebagai antioksidan, meningkatkan produksi kolagen, dan mencerahkan kulit. Terakhir, jangan lupa untuk memilih produk berlabel noncomedogenic, ya.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Pada kulit yang mudah berjerawat, pelembap yang berlebihan justru dapat menyebabkan sumbatan komedo pada pori-pori dan break out. Oleh karena itu, Anda harus sangat berhati-hati saat menggunakan produk pelembap. Gunakanlah pelembap yang bersifat nonkomedogenik. 


Saat mencoba produk baru, sebaiknya Anda mencoba satu produk secara terpisah dan melihat efeknya selama dua minggu. Jika tidak menyebabkan break out, produk tersebut berarti aman digunakan. Jangan langsung menggunakan beberapa produk baru bersamaan. Hal ini karena Anda akan sulit menentukan produk mana yang menjadi pemicunya jika terjadi break out.


Serum dengan kandungan vitamin C dapat digunakan sebagai skin whitening agent. Produk ini juga bisa mengatasi kondisi bekas jerawat kehitaman atau disebut dengan hiperpigmentasi pasca inflamasi. Produk ini dapat digunakan setelah kondisi acne teratasi dan telah meninggalkan bekas kehitaman pada wajah. 

Pelembap, memperkuat skin barrier dan mencegah dehidrasi

Pelembap, memperkuat skin barrier dan mencegah dehidrasi

Meski tampak berminyak, kulit Anda juga butuh moisturizer. Banyak orang tidak memahami bahwa kulit berminyak bisa mengalami dehidrasi. Dehidrasi pada kulit menyebabkan produk sebum meningkat. Hal ini merupakan mekanisme pertahanan kulin Anda, lho.


Saat ini, sudah banyak hydrating serum untuk kulit berminyak. Cermati juga kandungan pelembapnya, seperti hyaluronic acid, glycerin, allantoin, dan ceramide.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Kondisi kulit dehidrasi (kekurangan air pada lapisan kulit) bisa dialami, baik pada tipe kulit kering maupun tipe kulit berminyak. Kondisi dehidrasi terjadi akibat lemahnya barier kulit. Karena itu, lapisan kulit bagian atas tidak bisa mencegah penguapan air dari lapisan kulit di bawahnya. Hal ini disebut juga dengan peningkatan transepidermal water loss (TEWL).


Tipe kulit dry lebih mudah mengalami dehidrasi dibandingkan tipe kulit oily. Hal ini karena minyak membantu menahan air di lapisan kulit. Kondisi dehidrasi pada tipe kulit oily biasanya terasa sebagai kulit yang tetap berminyak. 


Namun, meski berminyak, ciri dehidrasi pada kulit oily ditandai dengan adanya sensasi kulit ketat dan kering. Bisa dibilang, rasanya seperti ada minyak yang berada di atas lapisan plastik yang ketat.


Untuk Anda pemilik tipe kulit oily dengan kondisi dehidrasi, cobalah menggunakan light water-based moisturizing serum sebelum sunscreen. Anda juga bisa menggunakan produk moisturizer tunggal yang sudah memiliki kandungan SPF.

Pilih serum dengan tekstur yang ringan

Pilih serum dengan tekstur yang ringan

Minyak pada wajah terasa lengket dan mengganggu, bukan? Oleh karena itu, serum yang bagus untuk kulit berminyak haruslah ringan. Pilihlah serum water-based yang mudah diserap kulit tanpa rasa greasy. Tekstur yang watery seperti gel akan diserap dengan cepat dan memberi sensasi segar dan nyaman.


Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tekstur serum wajah Anda, bacalah deskripsi produknya. Namun, untuk lebih detail, Anda bisa membaca review serum untuk kulit berminyak dari para pengguna, ya.
dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Penggunaan pelembap pada kondisi kulit yang sangat berminyak terkadang tidak selalu diperlukan dan Anda dapat langsung menggunakan sunscreen. Jika ingin menggunakan pelembap, hindarilah pelembap dengan tekstur berat. 


Hal ini karena pelembap bertekstur berat memiliki sifat oklusif atau emolien. Akibatnya, kulit tampak lebih berminyak, terutama saat beraktivitas. Pilihlah pelembap yang teksturnya lebih ringan, misalnya yang mengandung humektan.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit berminyak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum wajah terbaik untuk kulit berminyak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andina Bulan Sari.

10

BeiersdorfNivea Make Up Starter White Day Serum

Mulai dari Rp 48.800,00

Kandungan utamaVitamin C, dan SPF 33 PA+++
Waktu penggunaanSiang hari
KlaimMencerahkan, mengontrol minyak, dan melindungi dari sinar UV
Ukuran30 ml
9

WardahNature Daily Witch Hazel Purifying Serum

Mulai dari Rp 47.500,00

Kandungan utamaSeaweed extract dan witch hazel extract
Waktu penggunaanSiang dan malam hari
KlaimMelembapkan dan meringkas pori-pori
Ukuran5×5 ml
8
Kandungan utamaGreen tea extract
Waktu penggunaanSiang dan malam hari
KlaimMelembapkan hingga lapisan kulit terdalam
Ukuran80 ml
7

AUBREE SKINCentella Herb Serum Unscented

Mulai dari Rp 99.000,00

Kandungan utamaCentella asiatica, salicylic acid 0,5%, niacinamide, dan sodium hyaluronate
Waktu penggunaanMalam hari
KlaimMelembapkan, mengatasi jerawat, mencerahkan, dan mengeksfoliasi
Ukuran30 ml
6
Kandungan utamaEncapsulated Retinol 1%, ceramide3, dan hyaluronic acid
Waktu penggunaanMalam hari
KlaimAntiaging
Ukuran20 ml
5
Kandungan utamaCentella asiatica, hyaluronate, glyzirrhinate, dan hexamidine
Waktu penggunaanPagi dan malam hari
KlaimMenenangkan iritasi, mengobati dan menyamarkan jerawat dan bekasnya, mencerahkan, dan melembapkan tanpa rasa berminyak
Ukuran30 ml
4
Kandungan utamaBHA 2%, jojoba oil, grapeseed oil, niacinamide 2%, Centella asiatica, green tea extract, dan sodium hyaluronate
Waktu penggunaanSiang atau malam hari, 2–3 kali seminggu
KlaimMenjaga kebersihan pori-pori, mengobati jerawat, dan mencerahkan kulit
Ukuran30 ml
3

TRUEVE Niacinamide 10% + Ceramide Brightening Serum

Mulai dari Rp 145.000,00

Kandungan utamaNiacinamide 10%, ceramide, dan Cystoseira tamariscifolia
Waktu penggunaanSiang dan malam hari
KlaimMencerahkan, mengontrol minyak berlebih, menghilangkan noda hitam, menyamarkan kerutan, dan melembapkan
Ukuran30 ml
2

AvoskinYour Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

Mulai dari Rp 139.000,00

Kandungan utamaSalicylic acid 2% dan zinc
Waktu penggunaanSiang dan malam hari
KlaimMengeksfoliasi dan mengontrol produksi minyak
Ukuran30 ml
1

Dear Me BeautySingle Activator Face Serum - Hyaluronic Acid + Pomegranate Extract

Mulai dari Rp 79.000,00

Kandungan utamaHyaluronic acid dan pomegranate extract
Waktu penggunaanPagi dan malam hari
KlaimMenghidrasi secara maksimal, memperkuat skin barrier, anti-inflamasi, dan antiaging
Ukuran12 ml

Tabel perbandingan produk serum wajah terbaik untuk kulit berminyak

Gambar produk
1
Dear Me Beauty Single Activator Face Serum - Hyaluronic Acid + Pomegranate Extract  1

Dear Me Beauty

2
Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc 1

Avoskin

3
TRUEVE  Niacinamide 10% + Ceramide Brightening Serum 1

TRUEVE

4
NOOLA  Breezy Willow Moist Serum 1

NOOLA

5
Everwhite  Cica Soothing Serum 1

Everwhite

6
SOMETHINC Level 1% Retinol 1

SOMETHINC

7
AUBREE SKIN Centella Herb Serum Unscented  1

AUBREE SKIN

8
Innisfree The Green Tea Seed Serum 1

Innisfree

9
Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum 1

Wardah

10
Beiersdorf Nivea Make Up Starter White Day Serum 1

Beiersdorf

Nama produk

Single Activator Face Serum - Hyaluronic Acid + Pomegranate Extract

Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

Niacinamide 10% + Ceramide Brightening Serum

Breezy Willow Moist Serum

Cica Soothing Serum

Level 1% Retinol

Centella Herb Serum Unscented

The Green Tea Seed Serum

Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum

Nivea Make Up Starter White Day Serum

Keunggulan

Kurangi kadar transepidermal water loss (TEWL)

Ucapkan selamat tinggal pada jerawat dan komedo!

Minyak wajah lebih terkontrol dan lebih cerah

Serum untuk kulit berminyak dan beruntusan

Paket lengkap untuk atasi jerawat tanpa rasa berminyak

Menjaga kadar air dan lindungi kulit dari radikal bebas

Mengeksfoliasi kulit sensitif dengan aman

Serum kaya nutrisi ekstrak green tea untuk kulit lembap dari dalam

Tekstur ringan untuk kulit lembap dan pori-pori yang ringkas

Serum praktis untuk yang suka makeup

Harga mulai dariRp 79.000,00Rp 139.000,00Rp 145.000,00Rp 99.000,00Rp 117.000,00Rp 155.000,00Rp 99.000,00Rp 340.000,00Rp 47.500,00Rp 48.800,00
Kandungan utamaHyaluronic acid dan pomegranate extractSalicylic acid 2% dan zincNiacinamide 10%, ceramide, dan Cystoseira tamariscifoliaBHA 2%, jojoba oil, grapeseed oil, niacinamide 2%, Centella asiatica, green tea extract, dan sodium hyaluronateCentella asiatica, hyaluronate, glyzirrhinate, dan hexamidineEncapsulated Retinol 1%, ceramide3, dan hyaluronic acidCentella asiatica, salicylic acid 0,5%, niacinamide, dan sodium hyaluronateGreen tea extractSeaweed extract dan witch hazel extractVitamin C, dan SPF 33 PA+++
Waktu penggunaanPagi dan malam hari Siang dan malam hariSiang dan malam hariSiang atau malam hari, 2–3 kali semingguPagi dan malam hariMalam hariMalam hariSiang dan malam hariSiang dan malam hariSiang hari
KlaimMenghidrasi secara maksimal, memperkuat skin barrier, anti-inflamasi, dan antiagingMengeksfoliasi dan mengontrol produksi minyakMencerahkan, mengontrol minyak berlebih, menghilangkan noda hitam, menyamarkan kerutan, dan melembapkanMenjaga kebersihan pori-pori, mengobati jerawat, dan mencerahkan kulitMenenangkan iritasi, mengobati dan menyamarkan jerawat dan bekasnya, mencerahkan, dan melembapkan tanpa rasa berminyakAntiagingMelembapkan, mengatasi jerawat, mencerahkan, dan mengeksfoliasiMelembapkan hingga lapisan kulit terdalamMelembapkan dan meringkas pori-poriMencerahkan, mengontrol minyak, dan melindungi dari sinar UV
Ukuran12 ml30 ml30 ml30 ml30 ml20 ml30 ml80 ml5×5 ml30 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perawatan kulit berminyak lainnya di sini

Untuk memaksimalkan perawatan pada kulit berminyak dan berjerawat, serum saja tidak cukup. Yuk, lengkapi perawatan wajah berminyak Anda dengan beragam skincare di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Manfaat serum untuk kulit berminyak sangat beragam, seperti menghidrasi, mengontrol produksi sebum, dan mengatasi jerawat. Serum dengan molekul zat yang kecil mampu menembus bagian kulit terdalam untuk mengatasi permasalahan kulit intensif. 


Maka dari itu, jangan lewatkan penggunaan serum pada rangkaian skincare Anda. Untuk menemukan serum terbaik untuk kulit berminyak dan berjerawat, gunakanlah tips dan saran yang sudah kami sediakan. Temukan beragam produk dari seller tepercaya melalui website kami, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Akhir 20-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Akhir 20-an (Terbaru Tahun 2021)
    Memasuki usia 20-an atau saat Anda mulai menginjak usia 25, kulit akan menampakkan tanda awal penuaan. Kulit perlahan akan tampak kendur, kusam, kering, dan mulai bertekstur. Inilah pertanda Anda harus mulai menggunakan essence dalam skincare routine. Essence merupakan perawatan pelengkap yang biasanya dipakai setelah penggunaan toner.Essence mengandung bahan aktif yang akan mengatasi tanda penuaan. Kali ini kami akan membahas cara memilih essence yang bagus untuk Anda. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Kami juga menyiapkan rekomendasi berbagai merk, seperti Somethinc, NPure, dan Huxley. 
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori