10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik yang Ampuh untuk Memutihkan Kulit (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik yang Ampuh untuk Memutihkan Kulit (Terbaru Tahun 2018)

Begitu banyak produk kecantikan yang dapat memutihkan kulit seperti lotion, serum, dan lain-lain. Salah satu produk yang populer adalah face emulsion. Namun, terdapat begitu banyak merek dan jenis face emulsion di pasaran sehingga mungkin Anda bingung dalam menentukan pilihan.

Oleh karena itu, di artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih face emulsion yang ampuh untuk memutihkan kulit. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi face emulsion yang telah kami pilih dengan saksama. Mari merawat kulit dengan face emulsion setiap hari dan dapatkan kulit wajah putih bercahaya!

Daftar isi

Pertama-tama, mengapa flek hitam bisa muncul di wajah?

Sebelum membahas cara memilih face emulsion untuk memutihkan wajah, kami akan membahas mengenai flek hitam di wajah. Flek hitam muncul akibat adanya sekresi melanin yang berlebihan. Melanin merupakan zat yang terbentuk dari melanosit. Ada beberapa hal yang merangsang pembentukan melanin, mari kita simak penyebabnya di bawah ini.

Pengaruh radiasi sinar ultraviolet

Pengaruh radiasi sinar ultraviolet

Berdasarkan panjang-pendek gelombangnya, sinar ultraviolet dibagi menjadi dua, yaitu sinar UVA dan UVB. Sinar UVB dengan gelombang lebih pendek dapat menyerang langsung ke dalam kulit dan berpotensi merusak kulit. Saat sinar ultraviolet masuk, hal ini akan merangsang melanosit menghasilkan pigmen melanin aktif untuk melindungi sel kulit. Jika melanin terus-menerus aktif untuk melindungi sel kulit, flek hitam bisa terbentuk di permukaan kulit.

Pengaruh dari radikal bebas

Pengaruh dari radikal bebas

Seluruh sel dalam tubuh tentu membutuhkan oksigen. Namun, saat oksigen tersebut teroksidasi oleh beragam faktor, ia malah akan menghasilkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit dan menyebabkan berbagai penyakit. Ketika radikal bebas dihasilkan, tubuh akan mengeluarkan melanocyte stimulating hormone untuk menghilangkan radikal bebas tadi. Hal itulah yang menyebabkan pembentukan melanin.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan oksigen teroksidasi dan berubah menjadi radikal bebas. Contohnya seperti sinar ultraviolet, stres, merokok, minum minuman beralkohol, polusi, tidur tidak teratur, dan lain-lain. Dengan kata lain, banyak faktor yang memicu munculnya radikal bebas di kehidupan sehari-hari.

Pengaruh peradangan kulit

Pengaruh peradangan kulit

Selain hal-hal di atas, faktor lain penyebab munculnya flek hitam adalah peradangan pada kulit. Penyebab peradangan kulit sendiri antara lain sengatan sinar matahari, gesekan keras pada kulit, gigitan serangga, luka bakar, trauma pada kulit, jerawat, maupun gangguan hormon terutama pada wanita.

Ketika peradangan terjadi pada kulit, tubuh akan membuat sel baru akibat dari kerusakan sel sebelumnya. Pada saat bersamaan, sel melanosit akan aktif dan mulai memproduksi melanin dan menyebabkan pigmentasi pada kulit Anda.

Cara memilih face emulsion yang ampuh untuk memutihkan kulit

Di bawah ini kami akan memberikan 6 poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih face emulsion untuk memutihkan kulit. Untuk mendapatkan kulit putih dan cerah, mari memilih face emulsion dengan baik!

Pilihlah face emulsion dengan bahan whitening

Jika Anda menginginkan face emulsion yang dapat memutihkan kulit, poin pertama yang paling penting tentu saja memilih emulsion yang mengandung bahan whitening. Bahan whitening dapat dibagi menjadi dua, yaitu tipe yang menghambat pembentukan melanin dan tipe yang memudarkan melanin yang telah terbentuk.

Bahan yang mampu menghambat pembentukan melanin

Bahan yang mampu menghambat pembentukan melanin

Bahan-bahan seperti hydroquinone, arbutin, elagic acid, rucinol, Camomilla ET, tranexamic acid, linoleic acid, ekstrak plasenta, dan lain-lain merupakan bahan yang dapat menghambat pembentukan melanin. Meskipun cara kerjanya berbeda, bahan-bahan tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu menekan pembentukan melanin dan menguraikannya.

Hasil oksidasi dari tirosinase menghasilkan tirosin yang merupakan salah satu jenis asam amino dan dapat berubah menjadi melanin hitam. Oleh karena itu, penting untuk mencegah tirosinase berubah menjadi melanin dengan menghambat pembentukan atau menguraikannya.

Bahan yang memudarkan melanin yang telah terbentuk

Bahan yang memudarkan melanin yang telah terbentuk

Lalu, bagaimana dengan melanin yang terlanjur terbentuk? Jangan khawatir, karena ada juga bahan yang dapat membantu memudarkan melanin tersebut. Bahan-bahan itu antara lain derivat vitamin C dan hydroquinone.

Vitamin C biasa akan mudah rusak jika dicampurkan ke dalam bahan kosmetik, karena itu dibuatlah senyawa turunannya atau disebut derivat vitamin C agar lebih stabil untuk digunakan. Meskipun derivat vitamin C memiliki kemampuan sangat baik untuk mengurangi melanin, vitamin C juga dapat menyebabkan kulit kering. Oleh karena itu, saat memilih face emulsion dengan kandungan vitamin C, pastikan produk tersebut juga memiliki kandungan moisturizer yang tinggi.

Di sisi lain, hydroquinone merupakan komponen kosmetik yang memiliki efek memutihkan yang tinggi. Namun, karena hydroquinone dengan konsentrasi tinggi dapat menyebabkan iritasi, banyak kosmetik yang menggunakan hydroquinone dengan konsentrasi rendah. Perlu diingat, bahwa derivat vitamin C dan hydroquinone tidak hanya memiliki efek memudarkan melanin, tetapi juga menghambat pembentukan melanin itu sendiri.

Pilihlah face emulsion yang dapat melawan radikal bebas

Pilihlah face emulsion yang dapat melawan radikal bebas

Agar semakin ampuh untuk memutihkan wajah, Anda sebaiknya memilih produk yang tidak hanya dapat memutihkan, tetapi juga dapat melawan radikal bebas. Untuk mencegah radikal bebas, salah satu bahan terbaik adalah phytochemical yang banyak ditemukan pada tanaman dan buah-buahan.

Resveratrol adalah salah satu phytochemical yang mengandung polifenol, yakni senyawa kimia yang mengandung antioksidan dan terkandung dalam buah anggur merah, blueberry, mulberry, dan sebagainya. Anda juga akan mendapatkan phytocemical pada lycopene yang terdapat pada tomat, semangkadan lain sebagainya.

Selain itu, beberapa vitamin seperti vitamin A, E, dan C juga ampuh untuk menghambat radikal bebas. Koenzim Q10 serta enzim glutathione dan L-sistein juga sangat efektif untuk melawan radikal bebas, lho! Oleh karena itu, pastikan bahwa produk yang hendak Anda beli mengandung salah satu dari bahan-bahan ini, ya.

Pilihlah face emulsion yang cocok untuk kulit Anda

Pilihlah face emulsion yang cocok untuk kulit Anda

Untuk memilih face emulsion yang berfungsi memutihkan kulit, tentu sangat penting memilih face emulsion yang memiliki kandungan whitening. Namun, kadang bahan whitening dapat menyebabkan masalah kulit iritasi dan kulit kering. Maka dari itu, Anda harus tahu tipe kulit Anda dan menyesuaikan dengan produk yang sesuai.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya Anda mencoba face emulsion yang kandungannya lembut untuk kulit. Begitu pula untuk yang memiliki tipe kulit kering, pilihlah yang mengandung moisturizer. Tentu akan sangat disayangkan jika face emulsion yang Anda pilih malah menyebabkan masalah baru di kulit Anda. Oleh karena itu, sangat penting memilih face emulsion yang cocok untuk kulit Anda.

Pilihlah face emulsion yang aman

Pilihlah face emulsion yang aman

Memilih face emulsion yang aman sangat penting karena face emulsion digunakan secara langsung pada wajah. Pilihlah face emulsion tanpa kandungan pewangi, bahan pengawet, mineral oil, dan bahan lain yang berlebihan. Selain itu, Anda juga sebaiknya memilih produk face emulsion yang telah lolos Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan labelnya tertulis di kemasan produk, karena keamanannya lebih terjamin dibanding produk yang belum memiliki label tersebut.

Pilihlah tekstur face emulsion sesuai selera

Pilihlah tekstur face emulsion sesuai selera

Di antara banyak face emulsion, ada yang memiliki tekstur agak cair seperti air, ada juga yang memiliki tekstur seperti lotion yang agak kental. Pilihlah tekstur yang Anda sukai karena face emulsion merupakan produk yang digunakan setiap harinya.

Anda juga bisa mencari tahu mengenai tekstur dan finishing face emulsion dengan bertanya pada teman yang sudah membeli atau membaca review di internet. Pastikan Anda mencari tahu dengan baik mengenai face emulsion yang akan Anda beli.

Sesuaikan budget dengan face emulsion yang akan dibeli

Sesuaikan budget dengan face emulsion yang akan dibeli

Face emulsion merupakan produk kecantikan yang dipakai setiap hari. Karena itu, sangat penting memilih produk yang sesuai budget sehingga Anda bisa membelinya lagi saat kehabisan. Meskipun face emulsion yang Anda beli memiliki kandungan whitening yang tinggi, jika harganya terlalu mahal dan melebihi budget, tentu akan percuma karena Anda tidak bisa memakainya terus-menerus.

Jadi, pilihlah face emulsion dengan harga sesuai budget yang tidak membebani keuangan Anda. Dengan begitu, Anda bisa merawat wajah dengan face emulsion secara berkelanjutan.

10 Rekomendasi face emulsion yang ampuh untuk memutihkan kulit

Di bawah ini kami akan memberikan 10 rekomendasi face emulsion terbaik yang ampuh memutihkan kulit. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Milk

10. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Milk

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 53.500

Kandungan lengkap dan harga terjangkau yang ramah di kantong

Untuk Anda yang mencari face emulsion dengan harga terjangkau dan berkualitas, tidak ada salahnya memilih produk ini. Selain kaya akan kandungan vitamin C dan arbutin yang baik bagi kulit, para penggunanya berpendapat bahwa produk ini sangat ampuh melembapkan kulit mereka. Hanya, mungkin akan terasa sedikit lengket pada awalnya.

Selain itu, produk ini cepat meresap dan mudah dibaurkan pada wajah berkat teksturnya yang cair. Apalagi tanpa adanya kandungan pewarna dan pewangi buatan, Anda yang memiliki kulit sensitif tidak perlu khawatir mencoba produk ini. Akan tetapi, pemilik kulit berminyak mungkin harus lebih berhati-hati karena produk ini mungkin bisa menyebabkan komedo.

9. The Saem Pure White Brightening Emulsion

9. The Saem Pure White Brightening Emulsion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 349.000

Bebas dari rasa khawatir, tanpa adanya kandungan 5 bahan berbahaya

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan khawatir akan kandungan berbahaya yang seringkali ada pada skincare pemutih, Anda dapat mencoba produk ini. Produk ini efektif mencerahkan kulit tanpa kandungan 5 bahan berbahaya seperti paraben, triehanolamin, benxophenon, mineral oil, dan bahan-bahan yang berasal dari hewan.

Kemudian, produk ini juga mengandung ekstrak ganggang coklat yang berguna untuk melembutkan dan menenangkan kulit sensitif. Terlebih terdapat kandungan niacinamide yang berfungsi untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah Anda. Bagaimana? Anda semakin tertarik untuk mencobanya, bukan?

8. Shiseido Aqualabel White Up Emulsion

8. Shiseido Aqualabel White Up Emulsion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Hambat produksi melanin kulit Anda dengan tranexamic acid

Face emulsion dari Shiseido ini merupakan salah satu produk dari Jepang untuk memutihkan kulit yang aman dan telah teruji klinis. Dengan adanya kandungan tranemaxic acid, produk ini dapat membantu menghambat pembentukan melanin pada kulit Anda.

Tidak hanya memutihkan, produk ini juga dapat melembapkan wajah Anda sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit normal hingga kering dan ingin menghambat munculnya melanin lebih banyak pada kulit. Teksturnya yang lembut dan tidak lengket sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari.

7. Sulwhasoo Snowise EX Whitening Fluid

7. Sulwhasoo Snowise EX Whitening Fluid

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 610.000

Mencerahkan dan menyejukkan kulit dengan Tri-White Complex

Tri-White Complex dalam produk ini terdiri dari white ginseng saponin, white cloud grass, dan white ginseng polysaccharides. Ketiga bahan tersebut dikombinasikan dalam face emulsion ini sehingga dapat mencerahkan kulit, menghambat pembentukan melanin, menangkal radiasi sinar matahari, dan melindungi kulit.

Selain itu, terdapat pula ekstrak Chinese peony yang membantu menyejukkan kulit. Oleh karenanya, face emulsion ini sangat cocok digunakan sebelum mengaplikasikan krim di pagi atau siang hari. Kami merekomendasikannya untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan dan menginginkan kulit wajah tetap sejuk.

6. Nuxe White Brightening Moisturizing Emulsion

6. Nuxe White Brightening Moisturizing Emulsion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 535.000

Ingin lebih hemat waktu? Pilih produk yang cepat meresap ini!

Face emulsion ini mengandung sunflower seed oil yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Serum ini juga memiliki bahan alami hingga 94% dan bersifat  bebas dari bahan berbahaya seperti paraben sehingga juga dapat digunakan oleh Anda yang memiliki kulit sensitif.

Tidak seperti produk lain, emulsion dari Nuxe ini dipakai di rangkaian akhir skincare setelah toner dan serum sebagai pengganti moisturizer. Teksturnya sangat cepat menyerap dibanding produk lainnya, cocok untuk Anda yang memiliki aktivitas tinggi dan ingin menghemat waktu saat mengaplikasikan makeup.

5. Hanyul Rice Essential Skin Emulsion

5. Hanyul Rice Essential Skin Emulsion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.743.840

Ucapkan selamat tinggal pada kulit kusam dan kasar

Untuk Anda yang memiliki masalah kulit kusam dan kasar, face emulsion dari Hanyul ini dapat menjadi pilihan Anda. Face emulsion ini mencerahkan, melembapkan, dan menutrisi kulit hingga lapisan terdalam dan membantu melembutkan kulit yang kasar.

Untuk memutihkan kulit, produk ini memiliki bahan utama ekstrak beras Yeoju yang telah lama dipercaya orang Korea sebagai bahan alami yang ampuh memutihkan kulit. Kemasannya berbentuk pump sehingga memudahkan Anda saat mengeluarkan isinya, kemasan pump ini juga membuat isinya tetap higienis untuk digunakan.

4. Clarins White Plus Pure Translucency Brightening Emulsion

4. Clarins White Plus Pure Translucency Brightening Emulsion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 665.000

Ingin yang lebih praktis? Pakai emulsion sekaligus sunscreen ini

Memutihkan kulit juga harus diimbangi dengan perlindungan kulit terhadap sinar matahari. Face emulsion dari Clarins ini dapat melakukan keduanya. Dengan SPF 20++ Anda tidak perlu lagi mengaplikasikan sunscreen setelah pemakaian face emulsion ini. Sangat praktis untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Bahannya sendiri terdiri dari derivat vitamin C yang dikombinasikan dengan ekstrak buah acerola, white tea, dan spergularia yang akan membantu memudarkan flek hitam di wajah serta melindungi kulit Anda dari pengaruh buruk radikal bebas. Sangat menarik, ya!

3. Skinfood Premium Tomato Whitening Emulsion

3. Skinfood Premium Tomato Whitening Emulsion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 189.000

Semakin kaya vitamin C dengan 20% ekstrak tomat

Face emulsion ini mengandung 20% ekstrak tomat yang kaya akan vitamin C sehingga dapat membantu memudarkan flek hitam di wajah. Tidak hanya itu, produk ini juga nyaman digunakan untuk Anda yang memiliki kulit berminyak karena tidak menyebabkan wajah mengilap setelah pemakaian.

Selain kandungan tersebut, terdapat pula arbutin, vitamin, dan mineral lainnya yang dapat membantu kulit kusam menjadi lebih putih dan cerah. Disarankan agar Anda menggunakannya setiap hari setelah memakai toner untuk hasil maksimal.

2. Tony Moly Floria Whitening Emulsion

2. Tony Moly Floria Whitening Emulsion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 210.000

Hasil langsung terlihat setelah pemakaian dengan 4D whitening system

Jika Anda menginginkan face emulsion yang dapat langsung terlihat efeknya setelah pemakaian, Anda dapat mencoba produk satu ini. Produk ini bekerja dengan 4D whitening system dan Nano liposome technology yang memberikan efek wajah lebih putih, cerah, dan lembap. Anda dapat langsung melihat efeknya setelah penggunaan.

Selain itu, terdapat pula water lily extract dan morning glory callus stem cell yang mencegah kerusakan kulit sehingga kulit tampak lebih cerah dan sehat. Evening prim rose oil yang terdapat pada produk ini juga mengandung pelembap dengan konsentrat tinggi yang membuat kulit kenyal dan lembap sepanjang hari.

1. Laneige White Dew Emulsion

1. Laneige White Dew Emulsion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 475.000

Konsentrat tinggi yang ampuh untuk membuat wajah cerah bebas kusam

Face emulsion dari Laneige ini memiliki kandungan whitening dengan konsentrat tinggi serta formula Mela-Vita Crusher yang berfungsi menghambat pembentukan melanin dan memudarkan flek hitam.  Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan Phyto Sugar Water yang akan menjaga kelembapan wajah Anda sepanjang hari.

Teksturnya yang melembapkan mudah menyerap ke dalam kulit sehingga Anda bisa mengaplikasikan makeup atau tabir surya dengan cepat setelahnya. Produk ini sangat tepat dipilih jika Anda menginginkan face emulsion konsentrat tinggi untuk hasil lebih maksimal!

Kesimpulan

Demikianlah 10 rekomendasi face emulsion terbaik yang ampuh memutihkan kulit serta poin-poin penting dalam memilih face emulsion yang akan dibeli.

Untuk mendapatkan kulit putih dan cerah, tidak hanya perlu memperhatikan skincare yang dipakai, tetapi juga diperlukan perawatan dari dalam. Perawatan tersebut antara lain menjaga pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, olahraga teratur, dan lain-lain. Dengan menjaga pola hidup sehat dan memilih skincare yang tepat, kulit putih dan cantik pun bukan impian lagi!