10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pulse oximeter atau saturation monitor adalah alat untuk mengukur kadar oksigen yang terlarut dalam darah. Alat ini termasuk ke dalam salah satu alat kedokteran dan sangat diperlukan di tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit. Kini, telah banyak produsen yang memproduksi pulse oximeter, diantaranya adalah Beurer, Kingta, dan Contec.

Saat ini harga pulse oximeter semakin terjangkau sehingga banyak dibeli untuk digunakan di rumah. Harga dan fitur-fiturnya pun berbeda-beda sehinga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips cara memilih dan rekomendasi beberapa produk pulse oximeter terbaik pilihan kamu!

Daftar isi

Apa itu pulse oximeter?

Apa itu pulse oximeter?

Pulse oximeter adalah alat untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah. Oleh sebab itu, alat ini disebut juga sebagai saturation monitor.

Alat ini banyak digunakan oleh para dokter atau perawat saat mengecek kesehatan pasien. Tidak hanya di rumah sakit saja, alat ini akan sangat berguna apabila dimiliki di rumah. Khususnya bagi Anda yang menderita penyakit saluran pernafasan.

Cara memilih pulse oximeter

Oleh karena pulse oximeter adalah alat kedokteran, Anda tidak dapat menemukannya dengan mudah di toko elektronik rumah tangga biasa. Meskipun Anda tidak bermaksud memakainya untuk praktek medis, tetapi alangkah baiknya bila Anda berkonsultasi mengenai hasil pengukurannya kepada dokter Anda. Akan lebih baik lagi bila Anda dapat berkonsultasi kepada dokter Anda terlebih dahulu sebelum membeli dan menggunakan alat ini.

Di pasaran banyak beredar pulse oximeter dengan berbagai fungsi, bentuk, dan harga sehingga membuat Anda bingung dalam memilihnya. Untuk itu, kami akan memberikan poin-poin cara memilih pulse oximeter agar Anda dapat menemukan produk yang cocok untuk Anda.

Tentukan pengguna dan tujuan penggunaannya

Tentukan pengguna dan tujuan penggunaannya

Alasan setiap orang yang membeli pulse oximeter ini berbeda-beda. Jadi, sebaiknya Anda tidak sembarangan membeli pulse oximeter. Selalu pastikan apakah fitur dan kegunaannya sesuai untuk Anda sebelum membelinya.

Sebagai contoh, pertimbangkanlah tempat di mana Anda akan sering menggunakan alat ini, misalnya di rumah atau di luar rumah. Selain itu, jika Anda berencana menggunakannya ketika mendaki gunung atau ketika bepergian ke dataran tinggi, Anda tidak bisa memilih pulse oximeter yang biasa saja.

Jika Anda menggunakan alat ini untuk anak Anda, pilihlah pulse oximeter yang dapat digunakan pada jari anak Anda. Bila tujuan Anda untuk mengukur denyut jantung, pilihlah alat yang memiliki fitur pengukur denyut jantung. Silahkan jadikan pengguna dan tujuan penggunaan pulse oximeter ini untuk memilih produk yang sesuai dengan Anda.

Cek akurasi pengukurannya

Cek akurasi pengukurannya

Akurat atau tidaknya suatu pengukuran tergantung pada pulse oximeter itu sendiri. Pulse oximeter yang dipakai di rumah sakit memiliki tingkat akurasi yang tinggi, tetapi tentu saja harganya juga tinggi. Meskipun semakin tinggi tingkat akurasinya semakin baik, faktor budget harus selalu Anda jadikan pertimbangan. Pikirkan baik-baik mengenai hal ini sebelum melakukan pembelian.

Pulse oximeter dengan akurasi presisi umumnya telah lulus sertifikasi ISO (International Standard Organization) dan SNI (Standar Nasional Indonesia). Sertifikat dan label ISO dan SNI tidak akan diberikan bila tingkat akurasinya belum memenuhi standar. Jadi, jika Anda menginginkan pulse oximeter dengan tingkat akurasi yang sangat presisi, pastikan produk yang Anda pilih telah bersertifikat ISO atau SNI.

Cek garansi dan support produk

Cek garansi dan support produk 

Apabila mengalami kerusakan, pulse oximeter tidak dapat Anda perbaiki sendiri. Untuk itu, Anda perlu memeriksa masa dan isi garansi yang umumnya disertakan ketika Anda membeli alat ini. Tentu saja ada produsen yang tidak menyertakan garansi. Bahkan ada pula yang menyertakan garansi, akan tetapi menyulitkan konsumen dalam mengklaim garansinya. Oleh karena itu, Anda harus bijaksana dalam memilih produsen pulse oximeter yang terpercaya.

Sebaiknya Anda juga memilih produk yang spare parts-nya dapat diganti dengan mudah dan praktis. Untuk jenis alat yang dipakai pada jari, biasanya memang tidak memiliki spare parts yang dijual secara terpisah. Bila memungkinkan, pilihlah produk yang spare parts-nya juga dijual di pasaran.

10 Rekomendasi pulse oximeter terbaik

Setelah mengetahui apa itu pulse oximeter dan cara-cara memilihnya, kami akan memberikan 10 rekomendasi produk pulse oximeter untuk Anda. Berdasarkan pilihlah pulse oximeter yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Biolight Fingertip Pulse Oximeter M70A

10. Biolight Fingertip Pulse Oximeter M70A

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 994.000

Desain lucu yang pasti disukai anak-anak

Pulse oximeter ini bisa digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa. Baterainya yang tahan lama menjadikan pulse oximeter ini dapat diaktifkan selama 18 jam nonstop. Pengukuran denyut nadi juga dapat diukur dengan alat ini sehingga kesehatan anak Anda dapat dipantau dengan parameter yang lebih lengkap.

Adalah hal yang wajar bila anak-anak tidak mau memakai pulse oximeter karena belum mengerti atau merasa asing dengan alat tersebut. Akan tetapi, desainnya yang menggemaskan dapat memotivasi anak Anda agar mau memakainya. Apabila sasaran pengguna utama pulse oximeter di rumah Anda adalah anak Anda, produk ini cocok untuk Anda miliki.

9. Beurer Pulse Oximeter PO 30

9. Beurer Pulse Oximeter PO 30

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 750.000

Variasi tampilan hasil yang dapat dipilih untuk dilihat

Produk asal Jerman ini juga dapat menampilkan frekuensi dan grafik denyut jantung. Tampilan hasilnya mudah dilihat karena brightness-nya dapat diatur. Selain untuk orang sehat, alat ini juga dapat khusus digunakan bagi penderita gagal jantung, asma, dan chronic obstructive pulmonary disease.

Dilengkapi dengan 6 jenis tampilan sehingga Anda dapat memilihnya secara fleksibel saat melihat hasil ukuranya. Tampilannya layarnya juga jelas dan mudah dibaca dengan tulisan dan grafik yang berwarna. Jadi, bagi Anda yang ingin melihat hasil pengukuran pulse oximeter dengan jelas dan mudah, produk ini cocok untuk Anda.

8. Contec OLED Wireless Bluetooth Pulse Oximeter

8. Contec OLED Wireless Bluetooth Pulse Oximeter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.371.000

Teknologi OLED untuk konsumsi daya listrik rendah

Pulse oximeter ini dapat Anda gunakan seharian karena baterainya dapat menyala 24 jam. Dapat dihubungkan dengan Bluetooth sehingga hasil pengukuran dapat ditampilkan di layar komputer. Adanya fitur low-voltage indication dan alarm mengingatkan Anda saat daya baterainya hampir habis dan perlu segera di isi ulang.

Layarnya menggunakan teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode) sehingga konsumsi daya listrik pulse oximeter ini rendah. Dengan teknologi ini juga, tampilan layar pulse oximeter ini menjadi lebih jernih dan jelas. Bila Anda ingin menggunakan pulse oximeter dengan energi yang efisien, produk ini cocok untuk Anda.

7. Biolight Fingertip Pulse Oximeter M70

7. Biolight Fingertip Pulse Oximeter M70 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.634.000

Soft silicone padding untuk kenyamanan jari Anda

Teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode) pada tampilan layarnya membuat daya listrik yang digunakannya cukup rendah. Layarnya bahkan sudah memiliki resolusi tinggi. Anti-motion technology membuat pengukuran tetap akurat walaupun tangan Anda bergerak saat memakai alat ini.

Jari Anda tetap nyaman ketika Anda menjepitkan jari menggunakan alat ini karena penjepitnya terbuat dari silikon yang lunak. Penggunaan bahan ini sangat membantu Anda, apalagi bila Anda perlu berulang kali menggunakan alat ini. Bagi Anda yang ingin jari Anda nyaman saat penggunaan pulse oximeter, produk ini pantas jadi pertimbangan Anda.

6. Dr.meter OLED Display Fingertip Pulse Oximeter

6. Dr.meter OLED Display Fingertip Pulse Oximeter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 825.000

Deteksi cepat dengan baterai yang awet

Produk ini menggunakan vivid OLED untuk konsumsi listrik yang efisien dan kejernihan tampilan. Selain mengukur  saturasi oksigen, alat ini juga dapat mengukur angka kecepatan denyut jantung. Simbol hati pada bagian samping alat ini memudahkan orang awam untuk mengetahui bahwa alat ini juga menunjukkan frekuensi denyut jantung.

Proses pengukuran juga sangat cepat, yaitu hanya berkisar 6 detik saja karena alat ini telah menggunakan sensor yang lebih canggih dari pulse oximeter generasi sebelumnya. Baterainya membuat alat ini mampu aktif selama 40 jam dengan satu kali pengisian daya penuh. Bagi Anda yang ingin hemat waktu saat menggunakan pulse oximeter, produk ini cocok untuk Anda.

5. Vinmax LED Pulse Oximeter RPO-60B

5. Vinmax LED Pulse Oximeter RPO-60B  

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.169.352

Untuk pengukuran dengan hasil yang akurat

Produk ini memiliki model yang sedikit berbeda dari pulse oxilator kebanyakan karena layarnya terpisah dengan sensornya. Ukuran layarnya juga besar serta terang tampilannya sehingga hasil pengukuran dapat terlihat dengan jelas. Produk ini fleksibel bagi penggunanya karena dapat dipakai untuk bayi, anak-anak, maupun orang dewasa.

Rentang pengukuran detak jantung yang dapat diukur oleh alat ini cukup luas, yaitu 30-250 bpm. Sedangkan rentang pengukuran untuk saturation oxygen adalah 35-99% dengan tingkat akurasi 70-100%. Bagi Anda yang menginginkan pulse oximeter dengan hasil pengukuran yang presisi, produk ini cocok untuk Anda.

4. Contec OLED Fingertip Pulse Oximeter

4. Contec OLED Fingertip Pulse Oximeter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.035.900

Untuk Anda yang mementingkan kepraktisan

Bila pulse oximeter umumnya dipakai pada jari saat digunakan, produk ini berbeda karena dapat dipakai pada pergelangan tangan. Anda dapat memakainya tanpa perlu bolak-balik diisikan dayanya karena baterai alat ini dapat bertahan selama 30 jam. Agar Anda praktis dan aman menyimpan produk ini, produsen menyerkan satu kantung untuk tiap pembelian produk ini.

Disediakan juga sebuah software untuk menganalisis hasil pengukuran di komputer sehingga dokter dan Anda dapat melihat hasilnya dengan lebih jelas. Ukurannya juga kecil sehingga simpel dibawa-bawa. Bagi Anda yang tidak ingin ribet menggunakan pulse oximeter, mungkin Anda bisa mempertimbangkan produk yang satu ini.

3. ELERA Finger Pulse Oximeter 4 Parameters

3. ELERA Finger Pulse Oximeter 4 Parameters

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 589.000

Telah tersertifikasi ISO dan lengkap dengan 4 parameter

Parameter saturasi oksigen, parameter PI (Perfusion Index), frekuensi denyut jantung, dan ODI (Oxygen Desaturation Index) ada pada alat ini. Keempat parameter ini semuanya bertujuan agar dokter dan Anda dapat mengevaluasi kondisi kesehatan dari hasil yang paling lengkap. Anda pun tidak perlu membeli alat kesehatan yang lain lagi.

Tampilannya mengusung desain rotatable multidirectional display untuk melihat hasil pengukuran dengan mudah. Produk ini begitu reliable karena produsennya, Shenzhen Fitfaith Technology, telah tersertifikasi ISO. Jadi, bila Anda ingin menggunakan pulse oximeter berjaminan mutu dengan parameter yang sangat lengkap, produk ini cocok untuk Anda.

2. Beurer Pulse Oximeter PO 80

2. Beurer Pulse Oximeter PO 80

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.025.000

Manfaat lebih bagi penderita sleep apnea

Produk ini dapat Anda pakai saat mendaki gunung atau berada di dataran tinggi. Waktu pemakaiannya juga dapat cukup lama berkat baterai yang dapat bertahan hingga sehari penuh. Disediakan juga software dari Windows untuk komputer sehingga dapat menampilkan hasil yang lebih detail.

Produk ini juga cocok dipakai untuk penderita sleep apnea karena memungkinkan untuk digunakan saat tidur. Bukan hanya itu, alat ini juga dirancang untuk penderita gagal jantung berkat fitur deteksi oxygen saturation yang begitu akurat. Produk ini cocok untuk siapa saja dan bila Anda penderita kedua penyakit seperti yang disebutkan, produk ini patut untuk dipertimbangkan.

1. Kingta Finger Pulse Oximeter Generation 2

1. Kingta Finger Pulse Oximeter Generation 2

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.068.750

Dapat dipakai outdoor, tahan banting, dan kedap air

Pulse oximeter ini dapat diaktifkan dalam waktu yang sangat lama karena baterainya mampu bertahan selama 50 jam. Pada lingkungan banyak cahaya, Anda tetap dapat melihat tampilan layar dengan jelas berkat lapisan pelindung pada layar. Jadi, Anda dapat memakainya di mana saja, bahkan di jalanan perkotaan yang penuh cahaya lampu sekalipun!

Anda tidak perlu khawatir produk ini cepat rusak karena memiliki fitur-fitur yang membuatnya tetap awet, seperti tahan banting dan tahan terhadap air. Bila digunakan sesuai petunjuk, alat ini akan tahan lama di tangan Anda. Bagi Anda yang ingin memiliki pulse oximeter dengan durabilitas yang tinggi, produk ini cocok untuk Anda.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, tentunya Anda sudah tahu apa itu pulse oximeter dan kegunaannya. Lalu, bagaimana tanggapan Anda tentang 10 rekomendasi produk pulse oximeter dari kami? Semoga Anda tidak lagi bingung dalam memilih pulse oximeter setelah membaca artikel ini.

Selama dibawah pengawasan dokter atau ahlinya, Anda dapat menggunakan pulse oximeter dengan tenang dan tepat. Nah, temukanlah pulse oximeter yang paling sempurna untuk Anda!