mybest
Alat pengukur

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Alat medis
  4. 10 Oximeter Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Oximeter Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Oximeter Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Oximeter Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Oximeter Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Oximeter Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Oximeter Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2024)

Pulse oximeter adalah alat yang berkaitan dengan pemeriksaan kondisi jantung dan paru-paru. Alat ini juga digunakan untuk mendeteksi happy hypoxia, kondisi saat kadar oksigen dalam darah menurun. Happy hypoxia dapat menyebabkan organ utama dalam tubuh mengalami gagal fungsi dan berakibat fatal. 


Ada banyak merek oximeter yang bagus dan akurat di pasaran, seperti Beurer, Yuwell, ChoiceMMed, dan lainnya. Cara menggunakannya pun beragam. Untuk itu, kami akan mengulas cara memilih oximeter beserta harga dan rekomendasi produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Selamat membaca!

Diperbaharui 14/07/2023
dr. Prima Dimalouw
Pakar
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat. Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Profil dr. Prima Dimalouw
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu pulse oximeter?

Apa itu pulse oximeter?

Menurut Kementerian Kesehatan, pulse oximeter adalah alat untuk mengukur saturasi oksigen di dalam darah. Alat ini memberikan gambaran jumlah oksigen di bagian tubuh yang terjauh dari jantung dengan mengukur persentase hemoglobin teroksigenasi (SpO2). Dari segi akurasi, World Health Organization (WHO) menyatakan pulse oximeter sebagai metode non-invasif paling akurat untuk mendeteksi hipoksemia. Pengertian hipoksemia itu sendiri adalah tingkat oksigen yang sangat rendah dalam darah.

Perlu diketahui, nilai saturasi oksigen akan berada pada rentang 95% hingga 100% jika kondisi badan dalam keadaan normal. Nilai tersebut akan berkurang pada orang dengan kondisi penyakit tertentu, seperti penyakit paru dan/atau jantung kronis. Jadi, mereka perlu memantau nilai saturasi oksigen menggunakan pulse oximeter. Perubahan signifikan pada level oksigen dan detak jantung (terutama saat istirahat) bisa menjadi warning sign untuk segera ke dokter atau IGD.

dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw
Penyakit paru kronis, contohnya penyakit paru obstruksi kronis (PPOK), paling umum terjadi di antara perokok. Penyakit ini ditandai oleh sesak kronis dan batuk, kadang bisa memberat (disertai penyakit lain). Oximeter akan membantu memantau kadar oksigen dalam darah pada orang yang mengalami kondisi ini.


Penyakit jantung kronis, misalnya gangguan irama jantung (aritmia), bisa berdiri sendiri atau menyertai banyak penyakit jantung lainnya. Beberapa contohnya adalah gagal jantung kronis dan pasca serangan jantung. Aritmia bisa ditandai dengan detak jantung yang terlalu cepat (jauh di atas normal) atau terlalu lambat, bahkan tanpa aktivitas. Hal tersebut bisa dideteksi jika memiliki oximeter.


Namun, oximeter tidak digunakan untuk mendiagnosis penyakit pneumonia ataupun penyakit paru lainnya. Oximeter hanya menyajikan data saturasi oksigen dalam darah yang seterusnya menjadi pertimbangan untuk diagnosis.


Perlu diketahui bahwa gangguan desaturasi oksigen pada hemoglobin tidak hanya timbul dari penyakit paru. Penyakit lain, seperti anemia berat atau penyakit jantung, juga bisa menimbulkan desaturasi oksigen. Karena itu, hasil bacaan oximeter tidak dapat disimpulkan sebagai gangguan paru saja.

Bagaimana cara pakai oximeter yang benar agar hasil akurat?

Bagaimana cara pakai oximeter yang benar agar hasil akurat?
Menggunakan pulse oximeter tidaklah sulit. Namun, Anda perlu memakainya dengan benar agar hasil pengukuran akurat. Berikut ini langkah-langkah menggunakan oximeter dengan benar:

  1. Pilih area yang tepat seperti kuku jari tangan, kuku jari kaki, atau cuping telinga. Pastikan area tersebut memiliki sirkulasi darah yang baik, tidak bengkak, dan tidak luka. Hindari area berkuteks dan penggunaan kuku palsu agar hasil pengukuran akurat.
  2. Nyalakan oximeter dan pastikan alat berfungsi dengan baik.
  3. Relakskan badan dan posisikan area yang diukur pada level setinggi jantung dan dalam keadaan hangat. Kondisi dingin mampu memengaruhi hasil.
  4. Buka klip oximeter dan posisikan pada area yang mau diukur, misalnya ujung jari. Pastikan LED pada oximeter berada pada bagian atas. Tempatkan cahaya pada kuku dan kulit bagian atas, sedangkan photosensor pada bagian bawah jari.
  5. Diamkan beberapa lama untuk stabilisasi karena oximeter butuh waktu beberapa detik hingga menit untuk menunjukkan hasil.
  6. Catat hasil. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, level oksigen normal manusia berkisar 95–100%. Sementara itu, detak jantung bervariasi menurut umur dan aktivitas. Umumnya, detak jantung dalam posisi istirahat adalah 70–100x/menit.
  7. Lepaskan oximeter dengan hati-hati.
  8. Bersihkan oximeter secara rutin sesuai panduan manufaktur untuk mempertahankan akurasi.


Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, ada faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi keakuratan hasil pengukuran pulse oximeter. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Tekanan darah tinggi
  • Pergerakan yang berlebihan
  • Anemia
  • Ukuran dan ketebalan jari
  • Pengukuran dilakukan di daerah dataran tinggi (tingkat oxyhemoglobin akan lebih rendah karena kekurangan oksigen di lingkungan)

Setelah mengetahui cara menggunakan pulse oximeter dan faktor-faktor yang memengaruhi hasil pengukuran, kini kami akan menjelaskan poin memilihnya. Pastikan Anda menyimak sampai akhir untuk mengetahui rekomendasi pulse oximeter terbaik untuk penggunaan di rumah.

Cara memilih oximeter

Produk oximeter di pasaran hadir dengan berbagai fitur, bentuk, dan harga. Hal itu mungkin akan membingungkan Anda saat hendak memilihnya. Maka dari itu, simaklah cara memilih pulse oximeter berikut ini agar Anda mendapatkan produk yang tepat.
1

Untuk memantau penderita COVID-19, pastikan fitur saturasi oksigen akurat

Untuk memantau penderita COVID-19, pastikan fitur saturasi oksigen akurat
Pilihlah produk oximeter dengan tingkat akurasi tinggi untuk memantau kadar oksigen saat terkena COVID-19. Hal ini penting karena terkadang penderita COVID-19 mengalami happy hipoxia. Happy hipoxia adalah kondisi ketika kadar oksigen dalam darah mengalami penurunan, tetapi penderita tidak merasa sesak. Kondisi ini bisa fatal jika tidak dideteksi sedini mungkin dengan oximeter yang akurat.

  1. Sebagai informasi, oximeter yang akurat memiliki tingkat akurasi SpO2 ±2% dari nilai pengukuran gas darah arteri (SaO2)
  2. Jadi, jika SpO2 menunjukkan nilai 95%, nilai SaO2 akan berkisar pada 93–97%. 

SaO2 itu sendiri merupakan nilai yang didapatkan dengan mengukur kadar oksigen darah secara langsung, yaitu melalui pengambilan sampel darah.


Perlu dicatat juga bahwa rentang normal SpO2 dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi individu, daerah tempat tinggal, dan faktor-faktor lainnya. Seperti yang sudah disampaikan di atas, kisaran normal SpO2 pada orang sehat adalah 95–100%. Namun, untuk individu tertentu dengan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), rentang saturasi oksigennya mungkin lebih rendah.


Orang dengan PPOK selalu dalam kondisi sesak kronis. Namun, kondisi ini kadang bisa memberat jika disertai penyakit lain, misalnya flu. Saat itu terjadi, kadar oksigen darah akan turun dan penderita akan merasa lebih sesak. Keberadaan oximeter dapat mendeteksi hal tersebut sehingga dapat dilakukan penanganan lanjutan, misalnya membawa penderita ke IGD.

2

Cari juga yang memiliki fitur pulse rate dan warning alarm untuk pantauan tahap awal terhadap penderita penyakit jantung kronis

Cari juga yang memiliki fitur pulse rate dan warning alarm untuk pantauan tahap awal terhadap penderita penyakit jantung kronis

Fitur heart rate penting untuk penderita penyakit jantung kronis. Pasalnya, sesak pada penderita penyakit jantung kronis, seperti gagal jantung kronis, bisa disertai penurunan kadar oksigen di sirkulasi darah. Jika diukur, oximeter akan menunjukkan kadar oksigen rendah dan detak jantung abnormal (terlalu rendah atau terlalu tinggi). Hal ini bisa menjadi tanda adanya aritmia. Namun, pengukuran oximeter hanya sebagai tahap awal, diagnosa tetap harus dilakukan oleh dokter.


Kementerian Kesehatan memberikan rentang detak jantung normal berdasarkan usia sebagai berikut:

1. Dewasa: 60–100 kali per menit

2. Anak usia 1–12 tahun: 80–120 kali per menit

3. Bayi <1 tahun: 100–170 kali per menit


Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika pengukuran detak jantung pada oximeter konstan menunjukkan hasil di luar batas normal. Selain fitur heart rate, warning alarm yang berbunyi saat saturasi oksigen berada di bawah normal bisa dipertimbangkan. Hal ini terutama pada orang yang kondisinya membutuhkan pemantauan ketat

dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

Namun, jika tidak memiliki penyakit serius yang perlu pemantauan khusus, fitur ini tidak darurat dibutuhkan. Perubahan level oksigen dan detak jantung adalah normal pada aktivitas sehari-hari. Lagi pula, warning alarm yang terus berbunyi akan menyebabkan kecemasan yang tidak perlu.

3

Penggunaan sendiri atau untuk orang lain? Pastikan pulse oximeter mudah dibaca: Layar OLED, multi-angle, dan tampilan angka besar

Saat memilih pulse oximeter, Anda perlu memastikan hal-hal yang memengaruhi kemudahan pembacaan hasil pengukuran. Kami akan mengulas hal-hal tersebut di bawah ini. Simak, ya!

Layar LED atau OLED, tampilan jelas dan mudah terbaca

Layar LED atau OLED, tampilan jelas dan mudah terbaca

Tampilan pulse oximeter yang jelas memudahkan Anda untuk mengetahui hasil dari pengecekan. Maka dari itu, kami merekomendasikan Anda memilih produk dengan tampilan LED atau organic LED (OLED). Angka dan tulisan dari kedua jenis tampilan tersebut akan terlihat dengan jelas. 


Tampilan LED/OLED memiliki piksel yang memancarkan cahaya secara terpisah. Karena itu, tampilan ini akan menunjukkan hasil pengukuran lebih jelas daripada jenis liquid crystal. Oximeter dengan display LED dan OLED juga bisa dipakai di tempat gelap sehingga tidak masalah meski digunakan saat malam.

Multi-angle, memudahkan saat memeriksa saturasi oksigen orang lain

Multi-angle, memudahkan saat memeriksa saturasi oksigen orang lain

Fitur multi-angle direkomendasikan untuk para ibu atau perawat yang merawat pasien di rumah. Dengan fitur multi-angle, Anda dapat mengubah orientasi tampilan menjadi empat arah atau dua arah sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa mengukur saturasi oksigen diri sendiri, tetapi juga orang lain.

Angka hasil besar dan berwarna kontras, meminimalkan risiko keliru pembacaan

Angka hasil besar dan berwarna kontras, meminimalkan risiko keliru pembacaan

Selain layar LED/OLED dan desain multi-angle, sebaiknya Anda juga memperhatikan ukuran dan warna hasil pengukuran. Pilihlah pulse oximeter dengan ukuran tulisan yang besar dan memiliki warna kontras dengan warna background. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah melihat hasil yang ditunjukkan dan meminimalkan risiko salah membaca data

4

Cek fitur auto shut-off, adjustable brightness, dan durasi response time agar hemat baterai dan bisa digunakan berulang kali

Cek fitur auto shut-off, adjustable brightness, dan durasi response time agar hemat baterai dan bisa digunakan berulang kali
Sebagian besar pulse oximeter di pasaran menggunakan tenaga baterai untuk mengoperasikannya. Karena itu, keberadaan fitur penghemat daya menjadi poin yang penting agar Anda tidak perlu sering-sering mengganti baterai. Berikut ini beberapa fitur penghemat baterai yang biasanya ada pada oximeter:


  • Auto shut-off

Auto shut-off adalah salah satu fitur penghemat daya yang banyak tersedia dalam produk-produk oximeter. Sesuai namanya, fitur ini membuat oximeter mati secara otomatis saat tidak digunakan


  • Adjustable brightness

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Misalnya, saat pencahayaan cukup terang, Anda bisa menurunkan tingkat kecerahan layar untuk menghemat baterai. Sebaliknya, Anda bisa menambah tingkat kecerahan layar saat kondisi ruangan sedang redup.


  • Response time

Selain kedua fitur di atas, Anda juga bisa memilih pulse oximeter dengan response time yang cepat. Dengan produk seperti ini, Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil pengukuran. Alhasil, penggunaan baterai menjadi lebih hemat dan oximeter bisa digunakan lebih sering.

5

Pertimbangkan adanya inner adjuster untuk penggunaan pada anak-anak dan bayi

Pertimbangkan adanya inner adjuster untuk penggunaan pada anak-anak dan bayi

Beberapa produk oximeter didesain agar dapat digunakan untuk anak kecil dan bayi (kecuali bayi baru lahir). Produk jenis ini biasanya memiliki inner adjuster yang berguna menyesuaikan detektor dengan jari kelingking anak Anda. Dengan begitu, pemeriksaan saturasi oksigen anak Anda akan menjadi lebih akurat.


Namun, tidak masalah apabila oximeter pilihan Anda tidak dilengkapi inner adjuster. Untuk mendapatkan nilai saturasi yang akurat, Anda hanya perlu memastikan jari anak berada di posisi yang tepat saat pengukuran. Periksa juga material dan dudukan bagian dalamnya supaya dapat digunakan dengan nyaman. Anda dapat mencari info tersebut dari keterangan produk hingga review pengguna lain.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi oximeter terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan oximeter terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Layar
Daya
Fitur lainnya
Nomor izin edar Kemenkes
Range pengukuran SpO2
Range detak jantung

Jiangsu Yuyue Medical Equipment

Yuwell Fingertip Pulse OximeterYX102

Jiangsu Yuyue Medical Equipment Yuwell Fingertip Pulse Oximeter 1

Rp191.100

Agak Murah

Tahan getaran atau goncangan, berikan hasil lebih akurat

LED

Baterai

Auto shut-off, battery indicator

AKL 20502026671

70–100%

25–250 bpm

Beijing Choice Electronic Technology

ChoiceMMed Fingertip Pulse OximeterMD300C15D

Beijing Choice Electronic Technology ChoiceMMed Fingertip Pulse Oximeter 1

Rp589.309

Agak Mahal

Tingkat kecerahan bisa disesuaikan, mudahkan Anda melihat pada setiap kondisi

LCD

Baterai

Multi-angle, adjustable brightness, auto shut-off, battery indicator

AKL 20502714479

Tidak ada keterangan

Tidak ada keterangan

Jiangsu Yuyue Medical Equipment

Sowell Pulse Oximeter FingertipSDO720

Jiangsu Yuyue Medical Equipment Sowell Pulse Oximeter Fingertip 1

Rp292.000

Menengah

Hasil pengukuran mudah dibaca, pas untuk lansia yang rutin memeriksa oksigen dalam darah

LCD

Baterai

Auto shut-off, light resistance

AKL 20502122350

70–99%

25–250 bpm

Evercoss Technology Indonesia

LUNA LIFE Pulse OximeterKOX10

Evercoss Technology Indonesia LUNA LIFE Pulse Oximeter 1

Rp299.000

Menengah

Kualitasnya bagus, bantu kontrol kadar oksigen untuk Anda yang bermasalah dengan paru-paru

LED

Baterai

Battery indicator

AKD 20502122431

70–100%

25–250 bpm

Hunan Accurate Bio-medical Technology

ONEHEALTH Pulse OximeterFS-10F

Hunan Accurate Bio-medical Technology ONEHEALTH Pulse Oximeter 1

Rp289.000

Menengah

Fitur high brightness membuat Anda mudah melihat hasilnya meski dalam kondisi terang

LED

Tidak ada keterangan

High brightness

AKL 20502124378

Tidak ada keterangan

Tidak ada keterangan

Beurer

Pulse OximeterPO 80

Beurer Pulse Oximeter 1

Rp4.114.000

Lebih Mahal

Bisa melihat hasil saturasi oksigen untuk pengidap sleep apnea

OLED

Baterai rechargeable

Alarm function, recording up to 24 hours, multi-angle, auto shut-off

AKL 20502611813

70–100%

30–250 bpm

Shenzhen Jumper Medical Equipment

JUMPER Fingertip Pulse OximeterJPD-500H

Shenzhen Jumper Medical Equipment JUMPER Fingertip Pulse Oximeter 1

Rp700.000

Agak Mahal

Oximeter cute dengan karakter beruang, tampilannya disukai anak-anak

LED

Baterai

Adjustable brightness, battery indicator, alert function

AKL 20502912580

70–100%

25–250 bpm

Jiangsu Konsung Bio-medical Science and Technology

General Care Finger Pulse Oximeter

Jiangsu Konsung Bio-medical Science and Technology General Care Finger Pulse Oximeter 1

Rp285.999

Menengah

Deteksi terjadinya happy hypoxia sejak dini

OLED

Baterai

Alarm beep, auto shut-off

AKL 20502918057

35–100%

25–250 bpm

Shenzen Jumper Medical Equipment

Microlife Fingertip Pulse OximeterOXY 200

Shenzen Jumper Medical Equipment Microlife Fingertip Pulse Oximeter 1

Rp675.000

Agak Mahal

Bentuknya ergonomis dan ringan, cocok untuk dibawa saat perjalanan

LED

Baterai

Battery indicator, risk reminder, auto shut-off

AKL 20502914661

35–100%

25–250 bpm

Shenzhen Fitfaith Technology

DJMed Finger Pulse OximeterM130

Shenzhen Fitfaith Technology DJMed Finger Pulse Oximeter 1

Rp175.000

Lebih Murah

Bisa digunakan pada semua ukuran jari, mudahkan Anda mengecek oksigen dalam darah

OLED

Baterai

Multi-angle, alarm function

AKL 20502124816

Tidak ada keterangan

Tidak ada keterangan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

Jiangsu Yuyue Medical EquipmentYuwell Fingertip Pulse OximeterYX102

Yuwell Fingertip Pulse Oximeter 1
Sumber: shopee.co.id
Yuwell Fingertip Pulse Oximeter 2
Sumber: shopee.co.id
Yuwell Fingertip Pulse Oximeter 3
Sumber: shopee.co.id
Yuwell Fingertip Pulse Oximeter 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp191.100
Agak Murah
Harga referensi
Rp191.100
Agak Murah

Tahan getaran atau goncangan, berikan hasil lebih akurat

Kelebihan:

  • Mati otomatis setelah 8 detik tidak digunakan, baterai jadi lebih awet
  • Dilengkapi indikator baterai, menginformasikan kapan baterai perlu diganti

Kekurangan:

  • Display angka kurang kontras sehingga mungkin menyulitkan beberapa pengguna untuk membaca hasil pengukuran

Kami merekomendasikan Yuwell oximeter tipe YX102 untuk Anda yang menyukai produk dengan tampilan futuristik. Berbeda dari produk lainnya, oximeter ini hadir dengan warna dasar putih dan angka display berwarna senada. Kerennya lagi, alat ini diklaim tahan goncangan sehingga dapat memberikan hasil pengukuran yang lebih akurat.


Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa tampilan seperti ini menyulitkan untuk dilihat. Namun, kenyataannya tidak demikian. Anda tetap dapat melihat nilai yang tertera pada display dengan jelas. Bahkan, desain tersebut membuat oximeter ini jadi tampak istimewa.

LayarLED
DayaBaterai
Fitur lainnyaAuto shut-off, battery indicator
Nomor izin edar Kemenkes AKL 20502026671
Range pengukuran SpO2 70–100%
Range detak jantung25–250 bpm
View all
Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

Beijing Choice Electronic TechnologyChoiceMMed Fingertip Pulse OximeterMD300C15D

Harga referensi
Rp589.309
Agak Mahal

Tingkat kecerahan bisa disesuaikan, mudahkan Anda melihat pada setiap kondisi

Kelebihan:

  • Mendapatkan mini bag, oximeter lebih aman saat dibawa
  • Diklaim ringan, bobot hanya sekitar 50 gram

Kekurangan:

  •  Display layar masih LCD, tampilan hasil pengukuran tidak sejelas layar LED atau OLED

Jika Anda sering bepergian ke tempat yang ekstrem, sebaiknya pilihlah pulse oximeter yang kokoh. Karena itu, produk keluaran ChoiceMMed ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Pasalnya, produk ini dilengkapi dengan tas penyimpanan sehingga aman saat dibawa menemani Anda berolahraga. Selain itu, tingkat kecerahan pada alat ini juga bisa diatur agar memudahkan Anda untuk melihat hasilnya kapan saja.

LayarLCD
DayaBaterai
Fitur lainnyaMulti-angle, adjustable brightness, auto shut-off, battery indicator
Nomor izin edar KemenkesAKL 20502714479
Range pengukuran SpO2 Tidak ada keterangan
Range detak jantungTidak ada keterangan
View all

Jiangsu Yuyue Medical EquipmentSowell Pulse Oximeter FingertipSDO720

Harga referensi
Rp292.000
Menengah

Hasil pengukuran mudah dibaca, pas untuk lansia yang rutin memeriksa oksigen dalam darah

Kelebihan:

  • Waktu respons hanya 3 detik, pas jika Anda sedang terburu-buru

Kekurangan:

  • Tidak mendapatkan storage bag dan belum termasuk baterai

Sebagian orang menggunakan oximeter untuk mengukur tingkat saturasi oksigen setelah berolahraga. Jika Anda salah satunya, kami merekomendasikan produk ini, khususnya untuk Anda yang sering berolahraga pada pagi atau siang hari. 


Pasalnya, produk dari Sowell ini dilengkapi dengan fitur light resistance. Fitur ini akan memudahkan Anda melihat hasil pengukuran meski dalam keadaan terang. Karena itu, hasil pengukuran pun mudah dibaca, bahkan oleh lansia sekalipun.

LayarLCD
DayaBaterai
Fitur lainnyaAuto shut-off, light resistance
Nomor izin edar KemenkesAKL 20502122350
Range pengukuran SpO2 70–99%
Range detak jantung25–250 bpm
View all

Evercoss Technology IndonesiaLUNA LIFE Pulse OximeterKOX10

Harga referensi
Rp299.000
Menengah

Kualitasnya bagus, bantu kontrol kadar oksigen untuk Anda yang bermasalah dengan paru-paru

Kelebihan:

  • Diklaim bisa digunakan secara terus-menerus selama 25 jam dalam kondisi baterai penuh

Kekurangan:

  • Garansi yang diberikan hanya 3 bulan

Jika Anda sedang menjalani perawatan yang berhubungan dengan paru-paru, penyakit asma atau anemia, pilih saja produk ini. Pasalnya, oximeter keluaran Evercoss ini diklaim memiliki kualitas yang baik karena Evercoss sudah dikenal memproduksi berbagai gadget. Selain itu, produk ini dapat memberikan hasil pengukuran saturasi oksigen darah dan nilai denyut nadi secara akurat.

LayarLED
DayaBaterai
Fitur lainnyaBattery indicator
Nomor izin edar KemenkesAKD 20502122431
Range pengukuran SpO2 70–100%
Range detak jantung25–250 bpm
View all

Hunan Accurate Bio-medical TechnologyONEHEALTH Pulse OximeterFS-10F

Harga referensi
Rp289.000
Menengah

Fitur high brightness membuat Anda mudah melihat hasilnya meski dalam kondisi terang

Kelebihan:

  • Diklaim low power consumption, Anda pun tidak perlu sering mengganti baterai

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi mini pouch, rentan terbentur atau lecet jika sering dibawa bepergian

Jika Anda sering menggunakan oximeter di luar ruangan dan kondisi pencahayaannya cukup terang, produk ini bisa dijadikan alternatif. Pasalnya, produk dari ONEHEALTH dilengkapi dengan fitur high brightness sehingga hasil pengukuran tetap terlihat jelas meski di tempat terang. Selain warna putih, Anda juga bisa memilih warna biru, ya.

LayarLED
DayaTidak ada keterangan
Fitur lainnyaHigh brightness
Nomor izin edar KemenkesAKL 20502124378
Range pengukuran SpO2 Tidak ada keterangan
Range detak jantungTidak ada keterangan
View all

BeurerPulse OximeterPO 80

Harga referensi
Rp4.114.000
Lebih Mahal

Bisa melihat hasil saturasi oksigen untuk pengidap sleep apnea

Kelebihan:

  • Hasil pengukuran bisa ditransfer ke komputer lewat kabel USB, mudahkan Anda melihat histori pengukuran
  • Garansi produk selama 5 tahun

Kekurangan:

  • Harga relatif pricey dibandingkan merek lainnya

Apakah Anda penderita sleep apnea, gangguan tidur yang ditandai reduksi napas saat tidur? Jika ya, kami menyarankan Anda menggunakan pulse oximeter yang akurat ini. Beurer PO 80 dirancang agar dapat digunakan saat Anda sedang tidur. Daya tahan baterainya pun cukup lama, bahkan dapat menyala seharian penuh. 


Selain itu, produk ini juga direkomendasikan untuk mereka yang menderita gagal jantung. Hal ini karena pengukurannya yang akurat sehingga tindakan pencegahan pun dapat dilakukan. Ditambah lagi, fitur pada produk ini memungkinkan Anda untuk melihat hasil yang lebih detail melalui komputer. Canggih!

LayarOLED
DayaBaterai rechargeable
Fitur lainnyaAlarm function, recording up to 24 hours, multi-angle, auto shut-off
Nomor izin edar KemenkesAKL 20502611813
Range pengukuran SpO2 70–100%
Range detak jantung30–250 bpm
View all

Shenzhen Jumper Medical EquipmentJUMPER Fingertip Pulse OximeterJPD-500H

Harga referensi
Rp700.000
Agak Mahal

Oximeter cute dengan karakter beruang, tampilannya disukai anak-anak

Kelebihan:

  • Hemat baterai karena terdapat fitur mati otomatis dalam 5 detik
  • Mendapatkan storage bag dan baterai, tidak perlu membeli secara terpisah

Kekurangan:

  •  Tidak dilengkapi fitur warning alarm untuk menginfokan saturasi oksigen yang drop

Jika Anda akan menggunakan pulse oximeter untuk anak, produk ini bisa menjadi pertimbangan. Pulse oximeter dari JUMPER mempunyai desain beruang yang terlihat menarik untuk anak. Dengan begitu, Anda lebih mudah saat akan mengukur tingkat saturasi oksigen si kecil. Sebagai tambahan, Anda juga akan mendapatkan storage bag supaya oximeter senantiasa aman saat dibawa bepergian.

LayarLED
DayaBaterai
Fitur lainnyaAdjustable brightness, battery indicator, alert function
Nomor izin edar KemenkesAKL 20502912580
Range pengukuran SpO2 70–100%
Range detak jantung25–250 bpm
View all

Jiangsu Konsung Bio-medical Science and TechnologyGeneral Care Finger Pulse Oximeter

Harga referensi
Rp285.999
Menengah

Deteksi terjadinya happy hypoxia sejak dini

Kelebihan:

  • Mendapatkan garansi 1 tahun
  • Sudah termasuk baterai, tidak perlu membeli baterai secara terpisah

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi storage box, perlu membeli secara terpisah agar aman saat dibawa

Tidak semua penurunan kadar oksigen dalam darah disertai dengan gejala seperti sesak napas. Kondisi ini umumnya dikenal dengan sebutan happy hypoxia atau silent hypoxia. Untuk mencegah hal ini terjadi, gunakanlah oximeter secara rutin sejak dini seperti produk yang satu ini. Hal ini untuk mencegah terjadinya kondisi-kondisi yang dapat mengancam nyawa.

LayarOLED
DayaBaterai
Fitur lainnyaAlarm beep, auto shut-off
Nomor izin edar KemenkesAKL 20502918057
Range pengukuran SpO2 35–100%
Range detak jantung25–250 bpm
View all

Shenzen Jumper Medical EquipmentMicrolife Fingertip Pulse OximeterOXY 200

Harga referensi
Rp675.000
Agak Mahal

Bentuknya ergonomis dan ringan, cocok untuk dibawa saat perjalanan

Kelebihan:

  • Dilengkapi tas penyimpanan, oximeter dapat tersimpan dengan aman
  • Garansi yang diberikan panjang, yakni mencapai 2 tahun

Kekurangan:

  • Durasi auto shut-off tidak dicantumkan

Microlife OXY 200 diklaim memiliki bentuk ergonomis sehingga pas saat dibawa dan digunakan di mana saja. Anda dapat memilih pulse oximeter ini untuk penggunaan saat bepergian atau di rumah. Bentuknya yang compact dan kokoh memudahkan saat dibawa ataupun digunakan. Ada juga kantong penyimpanan untuk melindungi pulse oximeter dari gesekan dan benturan saat disimpan di dalam tas.

LayarLED
DayaBaterai
Fitur lainnyaBattery indicator, risk reminder, auto shut-off
Nomor izin edar KemenkesAKL 20502914661
Range pengukuran SpO2 35–100%
Range detak jantung25–250 bpm
View all

Shenzhen Fitfaith TechnologyDJMed Finger Pulse OximeterM130

Harga referensi
Rp175.000
Lebih Murah

Bisa digunakan pada semua ukuran jari, mudahkan Anda mengecek oksigen dalam darah

Kelebihan:

  • Dilengkapi storage bag, oximeter menjadi lebih aman

Kekurangan:

  • Tidak mendapatkan baterai di dalam paket pembelian

Kami merekomendasikan oximeter dari DJMed karena alat ini diklaim bisa digunakan pada semua ukuran jari. Hal ini tentu memudahkan Anda saat akan mengukur kadar oksigen dalam darah. Menariknya lagi, produk ini juga diklaim fleksibel sehingga dapat mengecek jari berukuran jumbo. Produk ini layak dipilih jika akan digunakan oleh semua anggota keluarga dengan ukuran jari yang berbeda-beda.

LayarOLED
DayaBaterai
Fitur lainnyaMulti-angle, alarm function
Nomor izin edar KemenkesAKL 20502124816
Range pengukuran SpO2 Tidak ada keterangan
Range detak jantungTidak ada keterangan
View all

Baca juga rekomendasi perlengkapan kesehatan lainnya di sini

Ada berbagai perlengkapan kesehatan juga yang telah kami ulas. Beberapa di antaranya adalah alat pengukur tekanan darah, termometer, hingga stetoskop. Tertarik untuk membacanya? Anda bisa melihatnya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dari kami, apakah Anda sudah memahami mengenai pulse oximeter dan kegunaannya? Lalu, apakah Anda telah menemukan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda?


Pilihlah produk yang mudah digunakan dengan fitur yang memudahkan pemakaiannya. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan profesional medis seperti dokter atau perawat sebelum menggunakan pulse oximeter, ya. Semoga ulasan ini membantu Anda!

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Alat medis
  4. 10 Oximeter Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.