• 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Pulse oximeter adalah alat yang berfungsi untuk memeriksa kondisi jantung dan paru-paru. Alat ini juga digunakan untuk mendeteksi happy hypoxia, kondisi saat kadar oksigen dalam darah sangat rendah. Happy hypoxia dapat menyebabkan organ utama dalam tubuh mengalami gagal fungsi dan berakibat fatal. 


Ada banyak produk pulse oximeter di pasaran, mulai dari Beurer, Elitech, Onemed, Contecmed, ChoiceMMed, dan lainnya. Cara menggunakannya pun beragam. Untuk itu, kami akan mengulas cara memilih pulse oximeter beserta harga dan rekomendasi produk terbaiknya. Perhatikan dengan saksama dan pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 11 Agustus 2021
  • 157.149 Views
Daftar isi

Apa itu pulse oximeter?

Apa itu pulse oximeter?

Pulse oximeter adalah alat kesehatan yang dapat mengukur saturasi oksigen (SpO2) dan denyut nadi dalam darah. Dengan begitu, Anda dapat memeriksa kondisi jantung dan paru-paru tanpa harus mengambil sampel darah. Saturasi oksigen (SpO2) adalah persentase hemoglobin dalam arteri yang berikatan dengan oksigen. Hemoglobin tersebutlah yang mengalir dari jantung menuju ke seluruh tubuh.

Jika Anda dalam keadaan sehat, nilai saturasi oksigennya sekitar 96 hingga 99%. Nilai saturasi oksigen dalam tubuh akan menurun jika Anda mengalami kerusakan paru-paru seperti pneumonia. Oleh karena itu, alat ini berguna untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya pneumonia berat.

Perlu diingat, pulse oximeter adalah perangkat medis untuk dokter. Jadi, biarlah seorang profesional medis menafsirkan arti dari nilai hasil pengukuran pulse oximeter. Alat ini bisa dibeli secara online dan dioperasikan dengan mudah. Namun, sebagai panduan utamanya, Anda tetap harus berkonsultasi dengan seorang profesional medis.

Apakah pulse oximeter dapat mendeteksi gejala COVID-19?

Apakah pulse oximeter dapat mendeteksi gejala COVID-19?

Di tengah pandemi global COVID-19, pulse oximeter menjadi benda yang mendapatkan perhatian banyak kalangan. Hal ini karena pulse oximeter digunakan untuk penderita pneumonia, peradangan paru-paru dengan gejala yang mirip COVID-19. Namun, kenyataannya pulse oximeter tidak dapat mendeteksi infeksi COVID-19 pada tubuh seseorang.


Perangkat ini digunakan oleh profesional medis untuk menilai tingkat keparahan pneumonia dan kondisi medis pasien. Jika Anda merasa tidak enak badan, sebaiknya melakukan konsultasi pada profesional seperti dokter atau perawat. Hal itu jauh lebih baik daripada Anda melakukan diagnosa tubuh sendirian.

Cara memilih pulse oximeter

Ada banyak jenis produk pulse oximeter yang beredar di pasaran dengan berbagai fungsi, bentuk, dan harga. Hal itu mungkin akan membingungkan Anda saat hendak memilihnya. Maka dari itu, simaklah dengan saksama setiap poin cara memilih pulse oximeter berikut ini. 

Pilih produk yang tersertifikasi untuk akurasi pengukuran yang tepat

Pilih produk yang tersertifikasi untuk akurasi pengukuran yang tepat
Pilihlah produk pulse oximeter dengan tingkat akurasi yang tinggi. Produk dengan akurasi presisi umumnya telah lulus sertifikasi ISO (International Standard Organization) dan SNI (Standar Nasional Indonesia). Sertifikasi dan label ISO dan SNI tidak akan diberikan bila tingkat akurasi pada pulse oximeter belum memenuhi standar. Jadi, pastikan produk yang Anda pilih telah telah memiliki sertifikasi dari ISO atau SNI, ya.

Sesuaikan tampilan pulse oximeter dengan kebutuhan

Saat memilih pulse oximeter, Anda perlu memastikan hal-hal yang memengaruhi tampilannya. Kami akan mengulas hal-hal tersebut di bawah ini.

Layar LED atau OLED, tampilan jelas dan mudah terbaca

Layar LED atau OLED, tampilan jelas dan mudah terbaca

Tampilan pulse oximeter yang jelas memudahkan Anda untuk mengetahui hasil dari pengecekan. Maka dari itu, kami merekomendasikan untuk memilih produk dengan tampilan LED atau organic EL (OLED). Angka dan tulisan dari kedua jenis tampilan tersebut terlihat dengan jelas. 


Tampilan LED/OLED memiliki piksel yang memancarkan cahaya secara terpisah. Karena itu, tampilan ini akan menunjukkan nilai saturasi oksigen lebih jelas daripada jenis liquid crystal. Selain itu, pulse oximeter dengan display LED dan OLED dapat digunakan di tempat gelap. Dengan demikian, digunakan pada malam hari pun tidak masalah.

Multi-angle, memeriksa saturasi oksigen orang lain lebih mudah

Multi-angle, memeriksa saturasi oksigen orang lain lebih mudah

Ada juga jenis pulse oximeter yang memiliki orientasi tampilan multi-angle. Fitur multi-angle ini direkomendasikan untuk para perawat atau ibu yang merawat anak kecil di rumahnya. Dengan fitur multi-angle, Anda dapat mengubah orientasi tampilan menjadi empat arah atau dua arah sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa mengukur saturasi oksigen diri sendiri, tetapi juga orang lain.

Pastikan adanya inner adjuster untuk penggunaan pada anak-anak dan bayi

Pastikan adanya inner adjuster untuk penggunaan pada anak-anak dan bayi

Beberapa produk pulse oximeter didesain agar dapat digunakan untuk anak kecil (selain bayi baru lahir). Produk jenis ini biasanya memiliki inner adjuster yang berguna menyesuaikan detektor dengan jari kelingking anak Anda. Dengan begitu, pemeriksaan saturasi oksigen anak Anda pun jadi lebih akurat.


Namun, tidak masalah apabila produk pilihan Anda tidak dilengkapi inner adjuster. Untuk menghasilkan nilai saturasi yang tepat, pastikan jari anak Anda berada di posisi yang tepat saat pengukuran. Periksal juga material dan dudukan bagian dalamnya supaya dapat digunakan dengan nyaman. Anda dapat mencari info tersebut dari keterangan pada produk hingga review pengguna lain.

Pilih oximeter yang dilengkapi strap agar mudah dibawa

Pilih oximeter yang dilengkapi strap agar mudah dibawa

Pulse oximeter juga biasa digunakan saat Anda melakukan aktivitas outdoor, seperti saat mendaki gunung atau berolahraga. Jika Anda membutuhkan pulse oximeter untuk kegiatan tersebut, pilihlah produk dilengkapi dengan pouch, strap, atau cover khusus. Meskipun terlihat praktis dan mudah dibawa, ada resiko pulse oximeter akan terjatuh dan hilang. Jadi, pilihlah produk yang mudah dibawa tetapi tetap aman.

Periksa fitur yang terpasang pada pulse oximeter

Beberapa produk pulse oximeter dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Ada produk yang tidak hanya mengukur saturasi oksigen tetapi juga heart rate (detak jantung) penggunanya. Kemudian, ada produk yang dapat digunakan dalam waktu lama, bahkan hingga 50 jam nonstop.


Fitur lainnya adalah hemat daya dengan konsumsi daya yang rendah atau otomatis mati saat tidak digunakan. Tidak hanya itu, beberapa produk juga memiliki warning alarm yang berbunyi saat saturasi oksigen di bawah normal. Warning alarm ini juga berbunyi jika daya pulse oximeter sudah menipis.


Pulse oximeter yang lebih modern biasanya dapat langsung terintegrasi ke smartphone. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui data terkini dengan cepat melalui ponsel. Kami merekomendasikan untuk memilih produk dengan fitur yang memudahkan penggunaan Anda.

Cek garansi dan support dari produk pulse oximeter

Cek garansi dan support dari produk pulse oximeter
Jika mengalami kerusakan, pulse oximeter tidak dapat Anda perbaiki sendiri. Untuk itu, Anda perlu memeriksa masa dan isi garansi yang disertakan ketika Anda membeli. Masa garansi bervariasi tergantung pada produk. 

Jadi, pilihlah produk dengan masa garansi yang lama. Pulse oximeter yang tidak mempunyai garansi produk akan menjadi masalah jika alatnya rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya pilih pulse oximeter dari pabrikan yang banyak orang beli dan percayai.

10 Rekomendasi pulse oximeter terbaik

Kami telah menjelaskan cara memilih pulse oximeter. Selanjutnya, kami akan mengulas rekomendasi produk yang bisa jadi pertimbangan pilihan Anda. Bandingkan keunggulan dari setiap produk, kemudian pilih pulse oximeter yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

10

OnemedFingertip Pulse Oximeter OxyONE Yellow

Mulai dari Rp 500.000,00

DisplayOLED
FiturPulse rate, battery level, automatic power off
Garansi2 tahun
AksesoriTidak disebutkan
9

F2 Fingertip Pulse Oximeter Premium

Mulai dari Rp 214.000,00

DisplayOLED
FiturAuto off, warning alarm
GaransiTidak disebutkan
AksesoriPouch, tali gantungan
8
DisplayOLED
FiturPengukuran kadar oksigen, heart rate, auto off, battery life indicator
Garansi1 tahun
AksesoriTidak disebutkan
7
DisplayOLED
FiturPulse rate, autorotation
GaransiElitech Servis & sparepart (tergantung tempat pembelian)
AksesoriCasing silikon, strap, baterai, kartu garansi
6

Zola Fingertip Pulse Oximeter Sp02 Saturation

Mulai dari Rp 659.000,00

DisplayHD Monitor
FiturHeart rate, auto off 8 detik, display mode, HD monitor
Garansi1 tahun
AksesoriStrap
5
DisplayLED
FiturHeart rate, auto off
Garansi2 tahun
AksesoriPouch
4

HANNOX Children Pulse Oximeter Oxy Panda

Mulai dari Rp 1.250.000,00

DisplayOLED
FiturAuto off, display mode
GaransiTidak disebutkan
AksesoriHand lace, baterai, blister case
3

ChoiceMMed Fingertip Pulse Oximeter

MD300C15D

Mulai dari Rp 584.000,00

DisplayLCD
FiturUkur saturasi oksigen, Heart rate, auto off.
Garansi2 tahun
AksesoriPouch, strap
2
DisplayTidak disebutkan
FiturHeart rate, auto off, display mode, warning alarm, software, rechargeable battery, adjustable display bright
Garansi5 tahun
AksesoriPouch, strap, kabel USB, kotak penyimpanan (logam), kartu garansi
1
DisplayOLED
FiturDisplay mode, warning alarm
GaransiTidak disebutkan
AksesoriPC software, power adaptor, adult-oximeter probe, two one-off adhesive SpO2 probe

Tabel perbandingan produk pulse oximeter terbaik

Gambar produk
1
Contecmed CMS50I Pulse Oximeter 1

Contecmed

2
Beurer PO 80 Pulse Oximeter 1

Beurer

3
ChoiceMMed  Fingertip Pulse Oximeter 1

ChoiceMMed

4
HANNOX  Children Pulse Oximeter Oxy Panda 1

HANNOX

5
Microlife  OXY 200 1

Microlife

6
Zola  Fingertip Pulse Oximeter Sp02 Saturation 1

Zola

7
Elitech Pulse Oximeter Fox-1 1

Elitech

8
Tissor Pulse Oximeter  1

Tissor

9
F2  Fingertip Pulse Oximeter Premium 1

F2

10
Onemed Fingertip Pulse Oximeter OxyONE Yellow 1

Onemed

Nama produk

CMS50I Pulse Oximeter

PO 80 Pulse Oximeter

Fingertip Pulse Oximeter

Children Pulse Oximeter Oxy Panda

OXY 200

Fingertip Pulse Oximeter Sp02 Saturation

Pulse Oximeter Fox-1

Pulse Oximeter

Fingertip Pulse Oximeter Premium

Fingertip Pulse Oximeter OxyONE Yellow

Keunggulan

Simpan data hasil saturasi oksigen untuk pemeriksaan lanjutan

Bisa melihat hasil saturasi oksigen untuk pengidap sleep apnea

Lebih kukuh dengan pelindung silikon

Desain panda yang lucu, disukai oleh anak-anak

Bentuk ergonomis, teman perjalanan yang praktis

Desain elegan dengan teknologi modern

Pulse oximeter dengan beragam warna sehingga tidak mudah hilang

Layarnya dapat diputar 360 derajat untuk pengecekan bersama

Konsumsi daya rendah untuk penggunaan yang lebih lama

Dengan automatic power off menghindari baterai cepat habis

Harga mulai dariRp 2.450.000,00Rp 3.085.500,00Rp 584.000,00Rp 1.250.000,00Rp 625.000,00Rp 659.000,00Rp 548.550,00Rp 199.500,00Rp 214.000,00Rp 500.000,00
DisplayOLED Tidak disebutkanLCDOLED LEDHD MonitorOLEDOLEDOLEDOLED
FiturDisplay mode, warning alarmHeart rate, auto off, display mode, warning alarm, software, rechargeable battery, adjustable display brightUkur saturasi oksigen, Heart rate, auto off.Auto off, display modeHeart rate, auto offHeart rate, auto off 8 detik, display mode, HD monitorPulse rate, autorotationPengukuran kadar oksigen, heart rate, auto off, battery life indicatorAuto off, warning alarmPulse rate, battery level, automatic power off
GaransiTidak disebutkan5 tahun2 tahunTidak disebutkan2 tahun1 tahunElitech Servis & sparepart (tergantung tempat pembelian)1 tahunTidak disebutkan2 tahun
AksesoriPC software, power adaptor, adult-oximeter probe, two one-off adhesive SpO2 probePouch, strap, kabel USB, kotak penyimpanan (logam), kartu garansiPouch, strapHand lace, baterai, blister casePouchStrapCasing silikon, strap, baterai, kartu garansiTidak disebutkanPouch, tali gantunganTidak disebutkan
Tautan produk

Bagaimana cara menggunakan pulse oximeter untuk mendapatkan hasil yang akurat?

Bagaimana cara menggunakan pulse oximeter untuk mendapatkan hasil yang akurat?

Menggunakan pulse oximeter tidaklah sulit, Anda cukup menjepitkannya ke jari, lalu nilai saturasi oksigen akan muncul. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar pengukuran saturasi oksigen menjadi lebih akurat.


Cara pulse oximeter mengukur saturasi oksigen adalah dengan mendeteksi aliran darah menggunakan sensor optik. Dengan demikian, saat melakukan pemeriksaan, kuku pada jari Anda sebaiknya jangan dicat. Kemudian, hindari penggunaan pulse oximeter di tempat yang terlalu cerah. Hal ini akan menyebabkan sensor tidak berfungsi dengan baik sehingga hasil pengukuran pun tidak persisi. 


Selain itu, aliran darah yang tersumbat karena dingin atau tekanan bisa menyebabkan pengukuran yang salah. Saat hendak menggunakan pulse oximeter, perhatikanlah poin-poin ini, ya. Anda pun dapat memperoleh hasil dengan tingkat akurasi yang persisi.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan kesehatan lainnya di sini

Ada berbagai perlengkapan kesehatan juga yang telah kami ulas. Beberapa di antaranya adalah mengenai alat pengukur tekanan darah, termometer, hingga spinning bike. Tertarik untuk membacanya? Anda bisa melihatnya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dari kami, apakah Anda sudah memahami mengenai pulse oximeter dan kegunaannya? Lalu, apakah Anda telah menemukan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda? Pilihlah produk yang mudah digunakan dengan fitur yang memudahkan pemakaiannya. 


Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan profesional medis seperti dokter atau perawat sebelum menggunakan pulse oximeter. Dengan demikian, Anda dapat memakai pulse oximeter dengan lebih tenang. Semoga ulasan ini membantu Anda. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Masker Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masker sekali pakai atau disposable mask adalah pelindung wajah yang banyak dicari akhir-akhir ini. Masker ini umumnya terdiri dari beberapa lapisan, dilengkapi penyangga hidung, dan terbuat dari bahan nonwoven. Disposable mask dapat digunakan saat Anda sedang mengalami masalah kesehatan, berada di tempat berdebu, atau dikelilingi zat-zat berbahaya.Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memilih disposable mask. Rekomendasi merek masker sekali pakai yang bagus, seperti Sensi, Pokana, Neppi, dan Softies juga akan kami berikan. Bacalah artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan ulasan lengkapnya!
    Alat medis
    283.392 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu model masker yang paling banyak dicari saat ini ialah masker duckbill. Masker yang bentuknya menyerupai paruh bebek ini memiliki potongan yang pas di wajah dengan desain yang stylish. Bagian tengahnya diijahit secara vertikal menjadi lancip untuk memberi ruang ekstra pada area hidung dan mulut Anda.Khusus untuk Anda, kami akan memberikan tips memilih masker duckbill yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, kami juga akan membagikan ulasan merk masker duckbill yang bagus, seperti Sensi, Alkindo, I Care, dan BOSON. Mari baca review lengkapnya di bawah ini, ya!
    Alat medis
    11.704 Views
  • 10 Rekomendasi Masker KF94 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker KF94 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, masker menjadi starter pack new normal yang wajib dibawa semua orang. Produk masker kesehatan pun makin beragam, salah satunya adalah masker KF94. Masker KF94 adalah salah satu jenis masker yang banyak disukai. Selain karena bentuknya fashionable, masker Korea ini juga memiliki tingkat filtrasi setinggi 94%.Kali ini kami akan mengulas masker KF94, baik untuk wanita dengan hijab sampai yang model earloop. Ada juga masker KF94 untuk anak sampai dewasa. Selain itu, Anda akan menemukan sepuluh merek masker KF94 yang bagus, seperti Sensi, JSP, dan Pokana. Yuk, simak informasinya!
    Alat medis
    3.430 Views
  • 10 Rekomendasi Masker KN95 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker KN95 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini masker KN95 dianggap salah satu jenis masker yang memberikan perlindungan efektif. Masker yang satu ini mampu menyaring sampai 95% partikel udara, termasuk mencegah masuknya virus dan bakteri. Berbagai merek masker KN95 yang bagus bisa Anda pilih, misalnya Pokana, Sensi, serta 3M. Tentunya, harga masker KN95 yang dijual di apotik dan e-commerce berbeda-beda tergantung mereknya. Anda dapat menyimak poin-poin tips memilih dan rekomendasi produk berikut ini sebelum membeli masker KN95. Pastikan Anda menjatuhkan pilihan pada produk yang paling sesuai kebutuhan!
    Alat medis
    1.547 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mengecek kadar gula darah secara teratur adalah hal penting bila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan alat cek gula darah yang kini banyak beredar di pasaran. Anda dapat memilih alat dari berbagai produsen, seperti Abbott, Roche atau Xiaomi. Pemilihannya tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih alat cek gula darah sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya. Pilihlah alat yang dapat membantu Anda untuk memantau gula darah secara efektif!
    Alat medis
    94.650 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tekanan darah merupakan parameter kondisi kesehatan yang pemeriksaannya sering kali dilakukan di fasilitas kesehatan. Namun, bila Anda memiliki alat pengukur tekanan darah atau tensimeter sendiri, Anda dapat memeriksa tekanan darah di rumah. Merek-merek, seperti Omron, Beurer, dan Elvasense menawarkan berbagai macam tensimeter, baik yang dipakai di lengan atas ataupun pergelangan tangan. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin kesulitan untuk memilihnya. Maka dari itu, kami akan memberikan rekomendasi alat pengukur tekanan darah yang lengkap dengan cara memilihnya. Selamat memilih dan pantaulah kesehatan Anda setiap hari!
    Alat medis
    117.371 Views
  • 10 Rekomendasi Underpad Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Underpad Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Zaman dahulu, orang menggunakan kain lampin untuk mengalasi kasur agar terhindar dari kotoran. Namun, saat ini penggunaan kain lampin sebagai alas dirasa kurang praktis karena harus mencucinya ketika terkena noda. Oleh sebab itu, banyak orang beralih ke underpad.  Sama halnya dengan popok celana, underpad bersifat disposable alias sekali pakai. Jadi, Anda tinggal membuangnya setelah digunakan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan cara memilih underpad yang bagus. Lalu, kami juga akan merekomendasikan produk underpad terbaik dari merek-merek terkenal, seperti Onemed, Sensi, dan sebagainya. 
    Alat medis
    44 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori