• 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pulse oximeter merupakan alat yang berfungsi untuk memeriksa kondisi jantung dan paru-paru. Alat ini juga digunakan untuk mendeteksi happy hypoxia, kondisi saat kadar oksigen dalam darah sangat rendah. Happy hypoxia dapat menyebabkan organ utama dalam tubuh mengalami gagal fungsi dan berakibat fatal. Pulse oximeter dibutuhkan untuk mencegah hal tersebut terjadi.


Ada banyak produk pulse oximeter di pasaran, mulai dari Beurer, Contecmed, ChoiceMMed, dan lainnya. Untuk itu, kami akan mengulas cara memilih pulse oximeter beserta rekomendasi produk terbaik. Perhatikan dengan saksama dan pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 68.844 Views
Daftar isi

Apa itu pulse oximeter?

Apa itu pulse oximeter?

Pulse oximeter adalah alat kesehatan yang dapat mengukur saturasi oksigen (SpO2) dan denyut nadi dalam darah. Dengan begitu, Anda dapat memeriksa kondisi jantung dan paru-paru tanpa harus mengambil sampel darah. Saturasi oksigen (SpO2) adalah persentase hemoglobin dalam arteri yang berikatan dengan oksigen. Hemoglobin tersebutlah yang mengalir dari jantung menuju ke seluruh tubuh.

Jika Anda dalam keadaan sehat, nilai saturasi oksigennya sekitar 96 hingga 99%. Nilai saturasi oksigen dalam tubuh akan menurun jika Anda mengalami kerusakan paru-paru seperti pneumonia. Oleh karena itu, alat ini berguna untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya pneumonia berat.

Perlu diingat, pulse oximeter adalah perangkat medis untuk dokter. Jadi, biarlah seorang profesional medis menafsirkan arti dari nilai hasil pengukuran pulse oximeter. Alat ini bisa dibeli secara online dan dioperasikan dengan mudah. Namun, sebagai panduan utamanya, Anda tetap harus berkonsultasi dengan seorang profesional medis.

Apakah pulse oximeter dapat mendeteksi gejala COVID-19?

Apakah pulse oximeter dapat mendeteksi gejala COVID-19?

Di tengah pandemi global COVID-19, pulse oximeter menjadi benda yang mendapatkan perhatian banyak kalangan. Hal ini karena pulse oximeter digunakan untuk penderita pneumonia, peradangan paru-paru dengan gejala yang mirip COVID-19. Namun, kenyataannya pulse oximeter tidak dapat mendeteksi infeksi COVID-19 pada tubuh seseorang.


Perangkat ini digunakan oleh profesional medis untuk menilai tingkat keparahan pneumonia dan kondisi medis pasien. Jika Anda merasa tidak enak badan, sebaiknya melakukan konsultasi pada profesional seperti dokter atau perawat. Hal itu jauh lebih baik daripada Anda melakukan diagnosa tubuh sendirian.

Cara memilih pulse oximeter

Ada banyak jenis produk pulse oximeter yang beredar di pasaran dengan berbagai fungsi, bentuk, dan harga. Hal itu mungkin akan membingungkan Anda saat hendak memilihnya. Maka dari itu, simaklah dengan saksama setiap poin cara memilih pulse oximeter berikut ini. 

Pilih produk yang tersertifikasi untuk akurasi pengukuran yang tepat

Pilih produk yang tersertifikasi untuk akurasi pengukuran yang tepat
Pilihlah produk pulse oximeter dengan tingkat akurasi yang tinggi. Produk dengan akurasi presisi umumnya telah lulus sertifikasi ISO (International Standard Organization) dan SNI (Standar Nasional Indonesia). Sertifikasi dan label ISO dan SNI tidak akan diberikan bila tingkat akurasi pada pulse oximeter belum memenuhi standar. Jadi, pastikan produk yang Anda pilih telah telah memiliki sertifikasi dari ISO atau SNI, ya.

Sesuaikan tampilan pulse oximeter dengan kebutuhan

Saat memilih pulse oximeter, Anda perlu memastikan hal-hal yang memengaruhi tampilannya. Kami akan mengulas hal-hal tersebut di bawah ini.

Layar LED atau OLED, tampilan jelas dan mudah terbaca

Layar LED atau OLED, tampilan jelas dan mudah terbaca

Tampilan pulse oximeter yang jelas memudahkan Anda untuk mengetahui hasil dari pengecekan. Maka dari itu, kami merekomendasikan untuk memilih produk dengan tampilan LED atau organic EL (OLED). Angka dan tulisan dari kedua jenis tampilan tersebut terlihat dengan jelas. 


Tampilan LED/OLED memiliki piksel yang memancarkan cahaya secara terpisah. Karena itu, tampilan ini akan menunjukkan nilai saturasi oksigen lebih jelas daripada jenis liquid crystal. Selain itu, pulse oximeter dengan display LED dan OLED dapat digunakan di tempat gelap. Dengan demikian, digunakan pada malam hari pun tidak masalah.

Multi-angle, memeriksa saturasi oksigen orang lain lebih mudah

Multi-angle, memeriksa saturasi oksigen orang lain lebih mudah

Ada juga jenis pulse oximeter yang memiliki orientasi tampilan multi-angle. Fitur multi-angle ini direkomendasikan untuk para perawat atau ibu yang merawat anak kecil di rumahnya. Dengan fitur multi-angle, Anda dapat mengubah orientasi tampilan menjadi empat arah atau dua arah sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa mengukur saturasi oksigen diri sendiri, tetapi juga orang lain.

Pastikan adanya inner adjuster untuk penggunaan pada anak-anak dan bayi

Pastikan adanya inner adjuster untuk penggunaan pada anak-anak dan bayi

Beberapa produk pulse oximeter didesain agar dapat digunakan untuk anak kecil (selain bayi baru lahir). Produk jenis ini biasanya memiliki inner adjuster yang berguna menyesuaikan detektor dengan jari kelingking anak Anda. Dengan begitu, pemeriksaan saturasi oksigen anak Anda pun jadi lebih akurat.


Namun, tidak masalah apabila produk pilihan Anda tidak dilengkapi inner adjuster. Untuk menghasilkan nilai saturasi yang tepat, pastikan jari anak Anda berada di posisi yang tepat saat pengukuran. Periksal juga material dan dudukan bagian dalamnya supaya dapat digunakan dengan nyaman. Anda dapat mencari info tersebut dari keterangan pada produk hingga review pengguna lain.

Pilih oximeter yang dilengkapi strap agar mudah dibawa

Pilih oximeter yang dilengkapi strap agar mudah dibawa

Pulse oximeter juga biasa digunakan saat Anda melakukan aktivitas outdoor, seperti saat mendaki gunung atau berolahraga. Jika Anda membutuhkan pulse oximeter untuk kegiatan tersebut, pilihlah produk dilengkapi dengan pouch, strap, atau cover khusus. Meskipun terlihat praktis dan mudah dibawa, ada resiko pulse oximeter akan terjatuh dan hilang. Jadi, pilihlah produk yang mudah dibawa tetapi tetap aman.

Periksa fitur yang terpasang pada pulse oximeter

Beberapa produk pulse oximeter dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Ada produk yang tidak hanya mengukur saturasi oksigen tetapi juga heart rate (detak jantung) penggunanya. Kemudian, ada produk yang dapat digunakan dalam waktu lama, bahkan hingga 50 jam nonstop.


Fitur lainnya adalah hemat daya dengan konsumsi daya yang rendah atau otomatis mati saat tidak digunakan. Tidak hanya itu, beberapa produk juga memiliki warning alarm yang berbunyi saat saturasi oksigen di bawah normal. Warning alarm ini juga berbunyi jika daya pulse oximeter sudah menipis.


Pulse oximeter yang lebih modern biasanya dapat langsung terintegrasi ke smartphone. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui data terkini dengan cepat melalui ponsel. Kami merekomendasikan untuk memilih produk dengan fitur yang memudahkan penggunaan Anda.

Cek garansi dan support dari produk pulse oximeter

Cek garansi dan support dari produk pulse oximeter
Jika mengalami kerusakan, pulse oximeter tidak dapat Anda perbaiki sendiri. Untuk itu, Anda perlu memeriksa masa dan isi garansi yang disertakan ketika Anda membeli. Masa garansi bervariasi tergantung pada produk. Jadi, pilihlah produk dengan masa garansi yang lama. Pulse oximeter yang tidak mempunyai garansi produk akan menjadi masalah jika alatnya rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya pilih pulse oximeter dari pabrikan yang banyak orang beli dan percayai.

10 Rekomendasi pulse oximeter terbaik

Kami telah menjelaskan cara memilih pulse oximeter. Selanjutnya, kami akan mengulas rekomendasi produk yang bisa jadi pertimbangan pilihan Anda. Bandingkan keunggulan dari setiap produk, kemudian pilih pulse oximeter yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

10
DisplayOLED
FiturHeart rate, auto off, display mode, warning alarm
GaransiTidak disebutkan
AksesorisTidak disebutkan
9
DisplayOLED
FiturAuto off, warning alarm
GaransiTidak disebutkan
AksesorisPouch, tali gantungan
8
DisplayOLED
FiturHeart rate, auto off
Garansi1 tahun
AksesorisTidak disebutkan
7

ChoiceMMed Fingertip Pulse Oximeter

MD300C15D

Rp 540.000,00

DisplayLCD
FiturHeart rate, auto off, display mode,
Garansi2 tahun
AksesorisPouch, strap
6

Zola Fingertip Pulse Oximeter Sp02 Saturation

Rp 399.000,00

DisplayHD Monitor
FiturHeart rate, auto off, display mode, HD monitor
Garansi1 tahun
AksesorisTidak disebutkan
5
DisplayLED
FiturHeart rate, auto off,
Garansi2 tahun
AksesorisPouch
4
DisplayOLED
FiturAuto off, display mode
GaransiTidak disebutkan
Aksesoris Hand hace, blister Case
3
DisplayOLED
Fitur Auto off, display mode
Garansi1 tahun
AksesorisPouch, strap
2
DisplayTidak disebutkan
FiturHeart rate, auto off, display mode, warning alarm, software
Garansi5 tahun
AksesorisPouch, strap, kabel USB
1
DisplayOLED
FiturDisplay mode, warning alarm
GaransiTidak disebutkan
AksesorisTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk pulse oximeter terbaik

Gambar produk
1
Contecmed CMS50I Pulse Oximeter 1

Contecmed

2
Beurer PO 80 Pulse Oximeter 1

Beurer

3
Yonker  Handheld Pulse Oximeter 1

Yonker

4
HANNOX  Children Pulse Oximeter Oxy Panda 1

HANNOX

5
Microlife  OXY 200 1

Microlife

7
ChoiceMMed  Fingertip Pulse Oximeter 1

ChoiceMMed

9
F2  Fingertip Pulse Oximeter Premium 1

F2

10
LV-80 Fingertip Pulse Oximeter  1

LV-80

Nama produk

CMS50I Pulse Oximeter

PO 80 Pulse Oximeter

Handheld Pulse Oximeter

Children Pulse Oximeter Oxy Panda

OXY 200

Fingertip Pulse Oximeter

Fingertip Pulse Oximeter Premium

Fingertip Pulse Oximeter

Keunggulan

Simpan data hasil saturasi oksigen untuk pemeriksaan lanjutan

Lihat hasil saturasi oksigen untuk pengidap sleep apnea

Display layar lebar dengan tampilan mudah dilihat

Desain panda yang lucu, disukai oleh anak-anak

Bentuk ergonomis, teman perjalanan yang praktis

Lebih kukuh dengan pelindung silikon

Konsumsi daya rendah untuk penggunaan yang lebih lama

Harga terjangkau dengan performa memukau

HargaRp 2.450.000,00Rp 2.400.000,00Rp 2.000.000,00Rp 1.250.000,00Rp 1.150.000,00Rp 540.000,00Rp 265.000,00Rp 200.000,00
DisplayOLED Tidak disebutkanOLEDOLED LEDLCDOLEDOLED
FiturDisplay mode, warning alarmHeart rate, auto off, display mode, warning alarm, software Auto off, display modeAuto off, display modeHeart rate, auto off,Heart rate, auto off, display mode,Auto off, warning alarmHeart rate, auto off, display mode, warning alarm
GaransiTidak disebutkan5 tahun1 tahunTidak disebutkan2 tahun2 tahunTidak disebutkanTidak disebutkan
AksesorisTidak disebutkanPouch, strap, kabel USBPouch, strap Hand hace, blister CasePouchPouch, strapPouch, tali gantunganTidak disebutkan
Tautan produk

Lakukan pengukuran dengan hasil yang lebih akurat

Lakukan pengukuran dengan hasil yang lebih akurat

Menggunakan pulse oximeter tidaklah sulit, Anda cukup menjepitkannya ke jari, lalu nilai saturasi oksigen akan muncul. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar pengukuran saturasi oksigen menjadi lebih akurat.


Cara pulse oximeter mengukur saturasi oksigen adalah dengan mendeteksi aliran darah menggunakan sensor optik. Dengan demikian, saat melakukan pemeriksaan, kuku pada jari Anda sebaiknya jangan dicat. Kemudian, hindari penggunaan pulse oximeter di tempat yang terlalu cerah. Hal ini akan menyebabkan sensor tidak berfungsi dengan baik sehingga hasil pengukuran pun tidak persisi. 


Selain itu, aliran darah yang tersumbat karena dingin atau tekanan bisa menyebabkan pengukuran yang salah. Saat hendak menggunakan pulse oximeter, perhatikanlah poin-poin ini, ya. Anda pun dapat memperoleh hasil dengan tingkat akurasi yang persisi.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan kesehatan lainnya di sini

Ada berbagai perlengkapan kesehatan juga yang telah kami ulas. Beberapa di antaranya adalah mengenai alat pengukur tekanan darah, termometer, hingga spinning bike. Tertarik untuk membacanya? Anda bisa melihatnya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dari kami, apakah Anda sudah memahami mengenai pulse oximeter dan kegunaannya? Lalu, apakah Anda telah menemukan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda? Pilihlah produk yang mudah digunakan dengan fitur yang memudahkan pemakaiannya. 


Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan profesional medis seperti dokter atau perawat sebelum menggunakan pulse oximeter. Dengan demikian, Anda dapat memakai pulse oximeter dengan lebih tenang. Semoga ulasan ini membantu Anda. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masker pelindung sekali pakai merupakan benda yang cukup sering digunakan khususnya ketika seseorang mengalami masalah kesehatan. Anda juga akan membutuhkan masker pelindung sekali pakai ketika berada di tempat berdebu atau dikelilingi zat-zat berbahaya.Saat ini, masker pelindung telah diproduksi dalam berbagai varian yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih masker pelindung sekali pakai sesuai kebutuhan. Produk-produk yang akan kami perkenalkan di sini antara lain Sensi, Skrineer, dan Nexcare. Untuk ulasan lengkapnya, silakan baca artikel berikut ini. 
    Alat medis
    223.380 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tekanan darah merupakan parameter kondisi kesehatan yang pemeriksaannya sering kali dilakukan di fasilitas kesehatan. Namun, bila Anda memiliki alat pengukur tekanan darah atau tensimeter sendiri, Anda dapat memeriksa tekanan darah di rumah. Merek-merek, seperti Omron, Beurer, dan Elvasense menawarkan berbagai macam tensimeter, baik yang dipakai di lengan atas ataupun pergelangan tangan. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin kesulitan untuk memilihnya. Maka dari itu, kami akan memberikan rekomendasi alat pengukur tekanan darah yang lengkap dengan cara memilihnya. Selamat memilih dan pantaulah kesehatan Anda setiap hari!
    Alat medis
    81.013 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mengecek kadar gula darah secara teratur adalah hal penting bila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan alat cek gula darah yang kini banyak beredar di pasaran. Anda dapat memilih alat dari berbagai produsen, seperti Abbott, Roche atau Xiaomi. Pemilihannya tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih alat cek gula darah sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya. Pilihlah alat yang dapat membantu Anda untuk memantau gula darah secara efektif!
    Alat medis
    63.492 Views
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Termometer digital merupakan pengukur suhu yang saat ini umum digunakan untuk menggantikan termometer air raksa. Termometer ini tersedia dalam berbagai bentuk dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Produsen ternama, seperti OneMed, Omron, dan Braun juga turut meramaikan pasar dengan produk-produknya. Anda mungkin jadi sedikit kebingungan untuk menentukan termometer yang tepat. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli termometer digital. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi termometer digital terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya berikut ini, ya!
    Alat medis
    113.507 Views
  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet untuk mendapatkan tubuh ideal.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui angka berat badan. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang memilih timbangan badan digital. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik, seperti OneMed, Tanita, dan Idealife. Selamat membaca!
    Alat medis
    18.613 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Pijat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Alat Pijat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi orang yang sibuk dan tak punya banyak waktu, alat pijat adalah benda yang wajib dimiliki. Berbagai merek seperti PERFECT HEALTH, MEDISANA, dan JMG pun berlomba-lomba menjual alat pijat terbaiknya. Ada beragam jenis dan model alat pijat yang ditawarkan. Mungkin Anda kebingungan untuk menentukan alat pijat yang tepat untuk Anda dan keluarga. Untuk itu, kami akan mengulas tentang cara memilih alat pijat dan memperkenalkan alat pijat yang direkomendasikan. Silakan Anda jadikan sebagai referensi dan semoga Anda menemukan alat pijat yang cocok!
    Alat medis
    34.745 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori