• 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun (Terbaru Tahun 2019)

Banyak hal menyenangkan yang dapat anak Anda lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah memainkan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan daya pikir anak. Anak Anda bisa belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, dan sebagainya.

Simak terus artikel ini karena kami juga akan merekomendasikan mainan edukasi untuk usia 4, 5, 6 tahun yang sesuai bagi putra dan putri Anda. Tingkatkan pengetahuan dan daya kognitif anak-anak Anda dengan beragam mainan edukasi yang menarik!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 1.890 Views
Daftar isi

Cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun

Kami akan menjelaskan dahulu hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun. Anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan kemampuan dan perkembangan anak Anda.

Poin penting saat memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun

Poin penting saat memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun
Dikatakan bahwa perkembangan serebrum yang mengendalikan perilaku manusia, misalnya pola pikir dan tindakan emosi mencapai tahap 80% pada anak berusia sekitar 4 tahun dan 90% saat usianya sekitar 6 tahun. Hal ini juga terjadi pada anak-anak yang belajar di taman kanak-kanak. Pada kisaran usia ini, hubungan dengan orang selain anggota keluarga meningkat dan rangsangan terhadap sistem saraf kranial juga terus diaktifkan sehingga otak anak pun meningkat pesat.
Keingintahuan intelektual anak juga meningkat sehingga tahap ini adalah momen yang tepat untuk anak belajar mengenai kasih terhadap orang lain. Hal ini sangat penting untuk diingat ketika hendak memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, atau 6 tahun.
Secara spesifik, sangat baik bila Anda memilih mainan yang memungkinkan anak Anda untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengekspresikan diri, berkomunikasi, bekerja sama, berimajinasi, mengembangkan kreativitas, dan sebagainya. Tentu saja Anda juga perlu memilih mainan yang disukai anak Anda agar ia tak merasa terpaksa dan bisa menikmati bermain dengan mainan yang Anda pilih.

Pilih mainan huruf dan angka untuk meningkatkan kemampuan berekspresi

Pilih mainan huruf dan angka untuk meningkatkan kemampuan berekspresi
Umumnya, anak-anak mulai tertarik dengan huruf dan angka di usia 4 tahunan. Bahkan, anak-anak dengan kemampuan belajar yang cepat akan dapat menghitung hingga angka 100 pada usia tersebut. Anda akan terkejut mendapati begitu banyaknya huruf dan angka yang anak Anda pelajari hanya dengan membiarkannya bermain menggunakan mainan edukasi.
Seiring dengan bertambahnya perbendaharaan kata, kemampuan berekspresi dengan kata-kata pun akan semakin meningkat. Jadi, Anda akan mendapatkan 2 manfaat sekaligus.

Pilih mainan kartu atau board games untuk meningkatkan kemampuan komunikasi

Pilih mainan kartu atau board games untuk meningkatkan kemampuan komunikasi
Usia 4 hingga 6 tahun merupakan usia yang pas untuk belajar berkomunikasi secara berkelompok. Banyak anak pada kisaran usia tersebut yang biasanya hanya bermain sendiri, mulai diperluas komunitasnya dengan cara dimasukkan ke pre-school atau TK agar bisa belajar berkomunikasi dan bermain dengan anak-anak lain.
Untuk anak seusia ini, Anda bisa memilih mainan berupa kartu, board games, atau mainan sejenis. Mainan tersebut akan mengajarkan anak kegembiraan saat bermain bersama, belajar mengikuti aturan main, serta perasaan saat kalah atau memenangkan permainan. Bila anak Anda memainkan permainan yang menang atau kalahnya ditentukan oleh strategi, anak Anda juga memperoleh kesempatan untuk mengasah kemampuan berpikir logisnya.

Pilih mainan sejenis block brick untuk melatih imajinasi dan kreativitas

Pilih mainan sejenis block brick untuk melatih imajinasi dan kreativitas
Untuk anak yang sudah mampu melakukan beberapa kegiatan sendirian, mainan sejenis block brick sangat direkomendasikan. Mainan ini akan membantu mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak ketika anak Anda memainkannya untuk membuat berbagai bentuk benda, bangunan, dan sebagainya.
Anda bisa memilih produk yang tergolong simpel dan memiliki mekanisme penggunaan yang sederhana. Tergantung pada cara memainkan dan pola pemikiran anak, mainan seperti ini pun bisa dimainkan dengan begitu banyak cara sehingga anak Anda akan semakin senang memainkannya.

Pilih mainan yang melatih logika dan mengenal ruang untuk anak usia 5 dan 6 tahun

Pilih mainan yang melatih logika dan mengenal ruang untuk anak usia 5 dan 6 tahun
Sejak umur 5 tahun anak-anak sudah mulai bisa mengenali ruang dan ukuran. Karena itu, kami sarankan untuk memilih puzzle siluet atau puzzle 3D agar anak bisa belajar memilih bentuk yang tepat untuk mengisi ruang kosong pada area tertentu. Dengan memikirkan kombinasi dan berbagai bentuk berbeda, kecerdasan anak dalam mengenal ruang dan kemampuannya berpikir logis pun akan meningkat.

Pilih berdasarkan target usianya

Pilih berdasarkan target usianya
Biasanya, setiap mainan mempunyai target usia pengguna. Target usia menunjukkan batas usia yang tergolong aman untuk memainkan mainan tersebut. Bila usia anak melebihi target usia, tentu saja anak Anda bisa memainkan mainan tersebut dengan sangat aman.
Target usia seringkali tidak terkait dengan tingkat kesulitan memainkan mainan tersebut. Ada mainan yang target usianya untuk anak berusia 3 tahun ke atas, tetapi tergolong sulit dimainkan. Ada juga mainan yang target usianya 10 tahun ke atas, tetapi mudah dimainkan. Karena itu, penting untuk Anda ingat bahwa target usia lebih menitikberatkan pada keamanan pengunaannya.

10 Rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, 6 tahun

Berikut ini adalah rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, 6 tahun yang telah kami rangkum untuk Anda. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan anak Anda, ya!
Hal yang dilatihKemampuan berekspresi, berkomunikasi, dan berpikir logis
Target usia2-5 tahun
Hal yang dilatihKemampuan mengenal ruang dan bentuk, berpikir logis, berimajinasi, dan berkreasi
Target usia3 tahun ke atas
Hal yang dilatihBerpikir logis, mengenal bentuk dan ruang
Target usiaTidak disebutkan
Hal yang dilatihKemampuan berekspresi dan berkomunikasi
Target usia3 tahun ke atas
Hal yang dilatihKemampuan berkomunikasi, berkreasi, dan berimajinasi
Target usia3 tahun ke atas
Hal yang dilatihKemampuan mengenal ruang, berpikir logis, dan berimajinasi
Target usiaTidak disebutkan
Hal yang dilatihKemampuan mengenal ruang, berpikir logis, berkreasi, dan berimajinasi
Target usia3 tahun ke atas
Hal yang dilatihKemampuan berkreasi dan berimajinasi
Target usiaTidak disebutkan
Hal yang dilatihKemampuan berekspresi, berkomunikasi, berkreasi, berimajinasi, berpikir logis, dan mengenal ruang
Target usiaTidak disebutkan
Hal yang dilatihKemampuan berkomunikasi, berkreasi, berimajinasi, berpikir logis, dan mengenal ruang
Target usia2-6 tahun

Baca juga rekomendasi puzzle 3D disini!

Puzzle 3D sangat menyenangkan untuk dimainkan oleh orang dewasa dan anak-anak. Meski terdapat beragam tingkat kesulitan, umumnya puzzle 3D tetap dapat diselesaikan oleh anak dengan bantuan orang tua sehingga anak bisa ikut menikmati kegembiraan ketika berhasil menyelesaikannya. Anda bisa membacanya lebih lanjut di sini.

Kesimpulan

Kecerdasan dan kemampuan anak usia 4 hingga 6 tahun akan berkembang lebih pesat dengan memainkan mainan edukasi. Anda bisa memilih mainan untuk mengembangkan kemampuan kerjasama, logika berpikir, kemampuan mengenal ruang dan bentuk, atau imajinasi anak Anda.
Perhatikan target usia pada mainan pilihan Anda agar anak Anda bisa bermain dengan aman. Yang tak kalah penting, pastikan mainan edukasinya disukai anak Anda juga, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Bayi & anak-anak
    21.503 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Bayi & anak-anak
    8.498 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Bayi & anak-anak
    9.873 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Bayi & anak-anak
    7.164 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui yang tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada bayi. Biasanya, ketika bayi sudah tidur, Anda mulai memompa ASI. Selain bertujuan untuk menambah stok ASI yang dibutuhkan bayi, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang ini tersedia pompa ASI dengan berbagai pilihan, ada yang manual dan elektrik. Merek yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari Mooimom, Spectra, Pigeon, Medela, Philips Avent, dan sebagainya. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih pompa ASI dan memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Bayi & anak-anak
    7.684 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Bayi & anak-anak
    6.155 Views
  • 10 Rekomendasi Stroller Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Stroller Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Stroller pad membuat bayi lebih nyaman saat berada di dalam kereta dorong bayi (stroller) dan menjaganya agar tidak mudah kotor. Saat ini, terdapat pad kekinian berbahan inovatif yang melancarkan sirkulasi udara agar bayi tetap merasa sejuk saat cuaca panas!Artikel ini membantu Anda dalam memilih stroller pad terbaik. Anda dapat memilih produk dengan merek terbaik dari Aprica, Mamaway, dan lainnya. Mari menemukan stroller pad yang fungsional dan berkualitas sehingga bayi Anda nyaman dan ceria!
    Bayi & anak-anak
    678 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori