10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun (Terbaru Tahun 2018)

Ada banyak hal menyenangkan yang dapat anak Anda lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah memainkan mainan edukasi yang dapat menstimulasi perkembangan daya pikir anak dengan cara yang menyenangkan. Apakah Anda ingin anak Anda belajar mengenal huruf, angka, atau mengembangkan kemampuan berkonsentrasi?

Simak terus artikel ini karena kami juga akan merekomendasikan mainan edukasi untuk usia 4, 5, 6 tahun yang sesuai bagi putra dan putri Anda. Tingkatkan pengetahuan dan kemampuan anak-anak Anda dengan beragam mainan edukasi yang menarik!

Daftar isi

Cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun

Sebagai permulaan, kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun. Mainan edukasi akan membantu memberikan rangsangan bagi anak Anda sehingga kemampuan dan perkembangannya pun akan semakin meningkat.

Tingkatkan kemampuan berekspresi dengan bermain menggunakan huruf dan angka

Tingkatkan kemampuan berekspresi dengan bermain menggunakan huruf dan angka

Umumnya, anak-anak mulai tertarik dengan huruf dan angka di usia 4 tahunan. Bahkan, anak-anak dengan kemampuan belajar yang cepat akan dapat menghitung hingga angka 100 pada usia tersebut. Anda akan terkejut mendapati begitu banyaknya huruf dan angka yang anak Anda pelajari hanya dengan membiarkannya bermain menggunakan mainan edukasi.

Seiring dengan bertambahnya perbendaharaan kata, kemampuan berekspresi dengan kata-kata pun akan semakin meningkat. Jadi, Anda akan mendapatkan 2 manfaat sekaligus.

Melatih kemampuan berkomunikasi melalui mainan

Melatih kemampuan berkomunikasi melalui mainan

Usia 4, 5, 6 tahun merupakan usia yang pas untuk belajar berkomunikasi secara berkelompok. Oleh karena itu, kebanyakan orang tua memasukkan anak mereka ke pre-school atau taman kanak-kanak semata-mata agar anak belajar berkomunikasi.

Kegembiraan saat bermain bersama, belajar mengikuti aturan main, dan permainan menang kalah akan sangat membantu perkembangan otak anak. Bila anak Anda mengalami kesulitan untuk memainkan jenis permainan yang menggunakan strategi, itu adalah hal yang lumrah. Paling tidak permainan tersebut dapat melatih kemampuan berpikir anak Anda.

Mainan yang membangkitkan imajinasi dan kreativitas

Mainan yang membangkitkan imajinasi dan kreativitas

Pilihlah mainan edukasi yang sederhana namun dapat membangkitkan imajinasi dan kreativitas anak Anda. Misalnya, mainan edukasi yang mempunyai aturan permainan yang sederhana.

Kami merekomendasikan mainan seperti balok dan manik-manik yang dapat dibentuk menjadi berbagai macam rupa. Hal ini melatih dan membangkitkan imajinasi serta kreativitas anak Anda yang barangkali tidak terpikirkan oleh orang dewasa.

Periksa batasan usia

Periksa batasan usia

Biasanya, setiap mainan mempunyai batasan usia minimal atau maksimal untuk memainkannya. Batasan usia menjelaskan tingkat kesulitan suatu permainan. Bila usia anak Anda telah melebihi batasan usia minimal dari mainan edukasi yang dimainkannya, itu berarti mainan tersebut sudah memungkinkan untuk dimainkan olehnya.

Ada beberapa mainan yang tingkat kesulitannya tinggi, walaupun mainan tersebut memiliki batasan minimal untuk anak usia 3 tahun ke atas. Sebaliknya, ada juga mainan yang mudah dimainkan walaupun memiliki batasan usia minimal untuk anak 10 tahun ke atas. Jadi sebenarnya, kategori sulit atau mudahnya mainan edukasi adalah tergantung dari anak-anak yang memainkannya. Hal itu karena tiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

10 Rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, 6 tahun

Berikut ini adalah rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, 6 tahun yang telah kami rangkum untuk Anda. Pada saat memilih mainan, selain mempertimbangkan manfaatnya, pertimbangkan pula apa yang menjadi pilihan anak Anda.

10. Puzzlo Puzzle What Color

10. Puzzlo Puzzle What Color

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.500

Belajar warna dan kosakata dengan puzzle yang ciamik

Puzzlo merupakan permainan berupa kartu edukasi berbentuk lingkaran yang ciamik. Belajar sambil bermain pun dapat menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak Anda. Permainan ini cocok untuk anak-anak berusia 4 sampai 5 tahun.

Dengan bahan dari karton yang tebal, mainan ini tentunya akan awet dan bertahan lama. Melalui mainan ini, anak dapat belajar mengenal warna-warna dasar, meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan, meningkatkan daya ingat, dan masih banyak lagi. Dengan isi sebanyak 30 keping, anak Anda akan belajar banyak hal melalui mainan ini.

9. Nobie Toys Balok Bangun Ekonomis

9. Nobie Toys Balok Bangun Ekonomis

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.500

Balok edukasi untuk meningkatkan imajinasi dan kreativitas

Mainan edukasi dengan harga ekonomis ini terdiri dari 21 balok berukuran kecil. Walaupun ekonomis, mainan ini memiliki beragam fungsi untuk menumbuh kembangkan kreativitas dan imajinasi anak. Terdapat 4 variasi ukuran yang dapat Anda pilih disesuaikan dengan usia anak Anda.

Mainan seperti ini dikategorikan dalam jenis open ended karena tidak diperlukan aturan khusus dalam memainkannya. Biarkan saja anak Anda bebas berkreasi dalam menyusun balok-balok yang ada hingga membentuk apa ia inginkan. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin si kecil menjadi lebih kreatif.

8. Mainan Edukasi Balance Shapes

8. Mainan Edukasi Balance Shapes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Belajar konsep keseimbangan dengan berbagai bentuk balok kayu!

Mainan Edukasi Balance Shapes ini mengajarkan konsep keseimbangan kepada anak Anda. Berdimensi 15 x 9 x 15 cm, mainan ini sangat bermanfaat untuk melatih anak Anda mengenal warna, bentuk, dan konsep berat. Mainan ini terbuat dari kayu pinus yang di oven lalu di beri sentuhan akhir dengan vernish natural glossy.

Produk ini juga aman bagi anak-anak karena bahan-bahan yang dipakai adalah bahan yang ramah lingkungan. Bila Anda termasuk orang tua yang ingin memperkenalkan konsep mengenai keseimbangan kepada anak Anda, tentunya produk ini akan cocok untuk Anda.

7. Drawing Board Funny Toys Studio Easel

7. Drawing Board Funny Toys Studio Easel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Meja belajar yang serbaguna dan menarik

Mainan edukasi yang  satu ini berbentuk meja lipat multifungsi yang terdiri dari 66 buah keping mainan. Meja ini memiliki papan yang bisa berfungsi sebagai papan gambar dan papan untuk belajar huruf dan angka. Jika Anda mencari meja yang memiliki banyak fungsi sekaligus, produk ini layak menjadi pilihan Anda.

Sebagai papan gambar, mainan ini dilengkapi dengan 6 spidol warna beserta penghapusnya. Sebagai papan belajar, tersedia pula 20 keping angka dan 26 keping huruf yang dapat ditempel di papan karena memiliki magnet di bagian belakangnya. Selain itu, papannya juga dapat dilipat sehingga dapat difungsikan sebagai meja belajar untuk belajar hal yang lain.

6. My Family Doctor

6. My Family Doctor

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Berperan sebagai dokter cilik yang mengasyikan!

Jika Anda ingin mengenalkan profesi dokter kepada anak Anda, produk berikut dapat Anda andalkan. Terdapat 8 macam alat kedokteran mainan yang dapat dipakai dalam produk mainan edukasi ini. Anda dapat berperan sebagai pasien atau sebaliknya sehingga kedekatan emosional Anda dan anak pun semakin terjalin.

Dalam set mainan ini, ada beberapa peralatan yang dapat menyala sehingga terkesan seperti alat dokter sungguhan. Stetoskopnya pun dapat digunakan untuk mendengarkan suara detak jantung, lho! Semua mainan tersebut dapat dimasukkan ke dalam tas lucu yang sudah tersedia dalam paket.

5. Mainan Edukasi Stiker Mosaik

5. Mainan Edukasi Stiker Mosaik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.500

Tingkatkan kreasi anak dengan stiker mosaik!

Melalui mainan stiker mosaik ini, anak Anda akan belajar mengenal angka sekaligus melatih motorik halus pada saat menempelkan stikernya. Anda dapat memilih gambar dengan tema yang mereka sukai. Tersedia dalam 12 macam gambar yang dapat dipilih.

Di dalam paket mainan ini terdapat 8 warna gabus mosaik, 1 kantong manik-manik, dan 1 lembar double tape untuk merekatkan manik-manik. Mainan ini cocok untuk Anda yang ingin melatih daya nalar anak Anda sehingga anak pun bisa berpikir lebih kreatif.

4. Interlocking Learning Blocks

4. Interlocking Learning Blocks

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Mainan blocks yang bisa bergerak? Ini dia!

Mainan edukasi yang satu ini dapat menjadi alternatif selain Lego. Anak Anda dapat belajar warna dan bentuk secara menyenangkan dengan mainan ini. Selain itu, mainan ini juga dapat membantu meningkatkan koordinasi antara tangan dan penglihatan anak Anda.

Mainan ini terdiri dari 81 blocks yang dilengkapi dengan 3 gear berukuran berbeda. Produk ini juga bisa bergerak, lho! Dengan mengisi baterai dan menekan tombol power, mainan pun akan langsung menyala. Lihatlah reaksi antusias dari anak Anda saat bermain mainan ini. Pastinya akan menyenangkan, bukan?

3. Mainan Kayu Edukasi Kulintang Pelangi

3. Mainan Kayu Edukasi Kulintang Pelangi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 71.500

Mengenalkan warna sekaligus melatih jiwa seni anak Anda

Produk berikut berfungsi untuk melatih daya pendengaran anak Anda akan tinggi rendah nada, mengenalkan warna-warna, serta meningkatkan jiwa seni dalam diri anak Anda. Bagi Anda yang ingin mengembangkan potensi anak Anda dalam bidang seni dan musik, produk ini dapat menjadi pilihan tepat.

Bodi dan 2 pemukulnya terbuat dari kayu pinus yang awet dan tahan lama. Setiap kepingan kulintang memiliki nada yang berbeda, mungkin saja Anda akan terkejut ketika mengetahui anak Anda dapat berkreasi dengan nada-nada yang ia bunyikan.

2. Sweet Shop Luxury Candy Cart

2. Sweet Shop Luxury Candy Cart

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Kembangkan minat kewirausahaan anak Anda sejak dini!

Sweet Shop Luxury Candy Cart sangat cocok untuk Anda yang ingin melatih jiwa kewirausahaan anak Anda. Mainan berdimensi 33 x 20 x 38 cm ini akan menjadi seru bila dimainkan bersama teman-temannya atau pun Anda selaku orang tua. Mainan ini berbahan dasar plastik dan memiliki roda sehingga bisa didorong kesana kemari.

Produk ini terdiri dari 39 bagian yang dapat dirakit menjadi sebuah gerobak jualan. Aneka es krim dan permennya juga dapat menyala dan mengeluarkan melodi. Terdapat tombol power yang dapat dinyalakan dengan menggunakan baterai ukuran AA sebanyak 3 buah.

1. el-Hana First Busy Bag

1. el-Hana First Busy Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

1 produk dengan berbagai jenis mainan yang mendidik

Usia 2 sampai 6 tahun dapat disebut sebagai golden age. Dalam usia ini, perkembangan otak anak berlangsung sangat pesat. Namun, apakah Anda kebingungan dengan cara mengoptimalkan kecerdasan anak Anda? Tidak perlu khawatir, produk berikut dapat menjadi solusinya.

Produk mainan edukasi dari el-Hana memberikan banyak manfaat untuk anak Anda. Produk ini berisi 6 jenis mainan dengan beragam fungsi untuk melatih kecerdasan serta kreativitas anak Anda. Biarpun ini mainan untuk anak, Anda pun dapat turut serta membantu anak Anda bila diperlukan.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi produk dari kami? Apakah Anda sudah menemukan produk yang cocok untuk anak Anda?

Kami telah memperkenalkan mainan edukasi yang berguna untuk perkembangan dan masa persiapan anak sebelum memasuki sekolah dasar. Anak usia 4, 5, 6 tahun memiliki kemampuan yang tinggi dalam menyerap berbagai hal. Mainan edukasi adalah pilihan tepat bagi anak Anda agar otak dapat berkembang secara optimal. Dengan mengacu pada cara memilih dan rekomendasi produk di atas, silakan jadikan artikel ini sebagai referensi untuk memilih produk yang sesuai.