• 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)

Banyak hal menyenangkan yang dapat anak Anda lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah memainkan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan daya pikir dan kreativitas. Anak Anda bisa belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, dan sebagainya.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk mainan yang sesuai bagi putra dan putri Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Mari simak terus artikel ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Grace Melia
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Therapeutic play practitioner, Grace Melia

Profil pakar: Therapeutic play practitioner, Grace Melia
Grace Melia
Play-based parenting
Grace Melia

Grace adalah seorang play and mental health advocate. Sejak 2019, ia memberikan layanan play therapy bagi anak-anak usia 4–16 tahun dengan permasalahan emosi, sosial, dan perilaku. Saat ini, Grace berpraktik di Jogja Medical Center.


Grace mendapatkan penghargaan Kartini Next Generation dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu, ia juga dianugerahi 10 Anugrah Kemenkes dari Kementerian Kesehatan. Ia sering sharing seputar pengasuhan, kesehatan mental dalam keluarga, dan kegiatan anak yang bisa Anda baca di Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun

Pertama-tama, kami akan menjelaskan dahulu hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun. Inilah saatnya Anda memberikan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan dan potensi anak Anda.

Poin penting saat memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun

Poin penting saat memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun
Tahukah Anda bahwa golden age pada manusia hanya terjadi sampai usia 5 tahun? Selama masa golden age, terjadi perkembangan otak yang pesat pada area bahasa, indera-indera, dan aspek sosial emosi. 

Saat menginjak umur di atas 5 tahun, fungsi otak untuk berpikiran logis akan mulai berkembang pesat lewat pola asuh dan interaksi sehari-hari. Tak heran, keingintahuan anak terus berkembang. Tidak hanya ingin mengetahui "apa ini?", si kecil juga akan menanyakan "mengapa dan bagaimana hal ini bisa terjadi?"


Kami merekomendasikan permainan yang membantu mengembangkan kemampuan berekspresi, berkomunikasi, bekerjasama, dan berimajinasi untuk anak umur 4–6 tahun. Dengan permainan yang tepat, si kecil juga bisa melatih kreativitas dan berpikir logis. Tak kalah penting, Anda pun perlu memilih atau menyediakan mainan yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan kebutuhan si kecil.

Pilih mainan huruf dan angka untuk meningkatkan kemampuan berekspresi

Pilih mainan huruf dan angka untuk meningkatkan kemampuan berekspresi
Mainan huruf dan angka akan membantu meningkatkan pemahaman terhadap simbol serta kemampuan berekspresi pada anak-anak. Umumnya, anak-anak mulai tertarik dengan huruf dan angka pada usia 4 tahunan. Bahkan, anak-anak dengan kemampuan belajar yang cepat akan dapat menghitung hingga angka 100 pada usia tersebut.

Seiring dengan bertambahnya perbendaharaan kata, kemampuan berekspresi dengan kata-kata pun akan makin meningkat. Dengan begitu, anak Anda pun akan mendapatkan dua manfaat sekaligus saat memainkan mainan edukasi. Anda akan terkejut mendapati begitu banyaknya huruf dan angka yang anak Anda pelajari hanya dengan membiarkannya bermain!

Pilih mainan kartu atau board games untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerja sama

Pilih mainan kartu atau board games untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerja sama
Pada usia 4–6 tahun, peer social skills atau kemampuan berinteraksi dan berkolaborasi si kecil dengan teman seusianya sedang berkembang. Tidak heran, banyak orangtua memilih memasukkan anaknya ke dalam sekolah usia dini agar mendapatkan kesempatan untuk bersosialisasi.


Untuk anak dengan rentang usia ini, Anda bisa memilih mainan berupa kartu, board games, atau mainan sejenis lainnya. Mainan tersebut dapat dimainkan oleh anak Anda bersama dengan Anda atau teman-temannya. Anak Anda bisa belajar mengenal dinamika relasi bermain bersama, mengikuti peraturan, serta mengelola perasaan-perasaan saat menang/kalah.


Permainan bersama yang memerlukan strategi juga bisa memberikan kesempatan si kecil untuk melatih kemampuan problem solving dan logical thinking-nya. Seru dan mencerdaskan, bukan?

Pilih mainan sejenis block brick untuk melatih imajinasi dan kreativitas

Pilih mainan sejenis block brick untuk melatih imajinasi dan kreativitas
Untuk anak yang sudah mampu melakukan beberapa kegiatan sendirian, mainan sejenis block brick sangat direkomendasikan. Mainan ini akan membantu mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak ketika ia membuat berbagai bentuk benda, bangunan, dan sebagainya.

Untuk mainan edukasi, Anda bisa memilih produk yang tergolong simpel dan memiliki mekanisme penggunaan yang sederhana. Tergantung pada cara memainkan dan pola pemikiran anak, mainan seperti ini juga bisa dimainkan dengan begitu banyak cara. Dengan begitu, Anak Anda pun tidak mudah bosan dan akan senang memainkannya.

Pilih mainan yang melatih logika dan mengenal ruang untuk anak usia 5 dan 6 tahun

Pilih mainan yang melatih logika dan mengenal ruang untuk anak usia 5 dan 6 tahun
Kegiatan mengenal bentuk dan ukuran sudah bisa dikenalkan sebelum anak berusia 4 tahun. Saat menginjak usia 5 tahun ke atas, pemahamannya akan bentuk dan ukuran akan menguat. Jadi, kami sarankan untuk memilih puzzle siluet seperti tangram atau puzzle 3D. 

Mainan ini berguna agar anak belajar memilih bentuk yang tepat untuk mengisi ruang kosong pada area tertentu. Dengan memikirkan kombinasi dan berbagai bentuk yang berbeda, kecerdasan anak dalam mengenal ruang  serta kemampuan berpikir logisnya pun akan meningkat.

Pertimbangkan keamanan mainan berdasarkan target usianya

Pertimbangkan keamanan mainan berdasarkan target usianya
Biasanya tiap mainan mempunyai target usia pengguna. Label rekomendasi usia tidak hanya mewakili tingkat kesulitan permainan melainkan juga informasi standar usia aman bagi anak-anak untuk memainkannya. Rekomendasi usia yang tepat akan membantu orangtua terkait informasi tingkat kesulitan yang sesuai dengan developmental milestone anak.

10 Rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, 6 tahun

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, 6 tahun yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Grace Melia.

10
Hal yang dilatihKemampuan memecahkan masalah, menambah kosakata baru, meningkatkan daya ingat, melatih syaraf motorik halus, kemampuan berkomunikasi
Target usia2-5 tahun
9
Hal yang dilatihKemampuan mengenal ruang dan bentuk, berpikir logis, berimajinasi, dan berkreasi
Target usia3 tahun ke atas
8
Hal yang dilatihBerpikir logis, mengenal bentuk dan ruang, mengenal ukuran dan konsep keseimbangan
Target usia3 tahun ke atas
7

Funny Toys Studio Easel Drawing Board

Mulai dari Rp 181.000,00

Hal yang dilatihKemampuan berimajinasi dan berkreasi
Target usia3 tahun ke atas
6
Hal yang dilatihKemampuan berkomunikasi, berkreasi, dan berimajinasi
Target usia3 tahun ke atas
5
Hal yang dilatihKemampuan mengenal warna, berpikir logis, kreativitas, dan berimajinasi
Target usia4 tahun ke atas
4
Hal yang dilatihKemampuan mengenal ruang, berpikir logis, berkreasi, dan berimajinasi
Target usia3 tahun ke atas
3
Hal yang dilatihKemampuan berekspresi, berkreasi, pengenalan akan nada dan musik
Target usia3 tahun ke atas
2
Hal yang dilatihKemampuan berekspresi, berkomunikasi, berkreasi, berimajinasi, dan berpikir logis
Target usia3 tahun ke atas
1

LEGOClassic Large Creative Brick Box

Mulai dari Rp 770.000,00

Hal yang dilatihKemampuan mengenal ruang dan bentuk, berkreasi, berimajinasi, berpikir logis, dan berkomunikasi
Target usia4 tahun ke atas

Tabel perbandingan mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, 6 tahun

Gambar produk
1
LEGO Classic Large Creative Brick Box 1

LEGO

2
Sweet Shop Luxury Candy Cart 1

3
Canto Electronic Keyboard 1

Canto

4
Funny Gear Bricks 1

5
Marble Run 46 Pcs 1

6
My Family Doctor Kit 1

7
Funny Toys Studio Easel Drawing Board  1

8
Mainan Edukasi Balance Shapes 1

9
 Nobie Toy Balok Bangun Ekono 1

Nobie Toy

10
Kartu Edukasi  Puzzlo What Color 1

Kartu Edukasi

Nama produk

Classic Large Creative Brick Box

Sweet Shop Luxury Candy Cart

Electronic Keyboard

Funny Gear Bricks

Marble Run 46 Pcs

My Family Doctor Kit

Funny Toys Studio Easel Drawing Board

Mainan Edukasi Balance Shapes

Balok Bangun Ekono

Puzzlo What Color

Keunggulan

Makin kreatif bermain dengan bricks superbanyak!

Tumbuhkan jiwa wirausaha anak sejak dini!

Jadikan suasana bermain lebih ceria dengan nada dan irama

Mainan blocks yang bisa bergerak, unik dan menarik perhatian si kecil

Lintasan balap kelereng yang bisa ajarkan konsep gravitasi

Ajak anak bermain peran sebagai dokter cilik, yuk!

Bermain dan belajar makin seru dengan meja belajar serbaguna

Kenalkan bentuk dan konsep keseimbangan pada anak sejak dini

Mainan kayu berbagai bentuk untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak

Belajar warna dan kosakata makin asyik dengan puzzle berwarna-warni

Harga mulai dariRp 770.000,00Rp 109.000,00Rp 89.900,00Rp 109.000,00Rp 90.000,00Rp 82.250,00Rp 181.000,00Rp 71.000,00Rp 44.000,00Rp 28.000,00
Hal yang dilatihKemampuan mengenal ruang dan bentuk, berkreasi, berimajinasi, berpikir logis, dan berkomunikasiKemampuan berekspresi, berkomunikasi, berkreasi, berimajinasi, dan berpikir logisKemampuan berekspresi, berkreasi, pengenalan akan nada dan musikKemampuan mengenal ruang, berpikir logis, berkreasi, dan berimajinasiKemampuan mengenal warna, berpikir logis, kreativitas, dan berimajinasiKemampuan berkomunikasi, berkreasi, dan berimajinasiKemampuan berimajinasi dan berkreasiBerpikir logis, mengenal bentuk dan ruang, mengenal ukuran dan konsep keseimbanganKemampuan mengenal ruang dan bentuk, berpikir logis, berimajinasi, dan berkreasiKemampuan memecahkan masalah, menambah kosakata baru, meningkatkan daya ingat, melatih syaraf motorik halus, kemampuan berkomunikasi
Target usia4 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas4 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas2-5 tahun
Tautan produk

Baca juga rekomendasi mainan edukasi lainnya disini!

Selain mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun, mungkin Anda juga sedang mencari mainan edukasi untuk rentang usia lainnya. Karena itu, kami telah menyiapkan artikel tentang mainan edukasi untuk anak usia 0 sampai 1 tahun dan usia 2 sampai 3 tahun. Silakan baca informasi selengkapnya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kecerdasan dan kemampuan anak usia 4 hingga 6 tahun dapat berkembang pesat jika distimulasi dan didampingi orangtuanya bermain bersama. Anda bisa memilih mainan untuk mengembangkan kemampuan kerjasama, logika berpikir, mengenal ruang dan bentuk, atau imajinasi anak Anda.

Suapaya kegiatan bermain anak tetap aman, jangan lupa untuk memperhatikan target usia pada mainan pilihan Anda. Satu lagi yang tak kalah penting, pastikan mainan edukasinya adalah sesuatu yang disukai oleh anak. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Pada usia 2–3 tahun anak mengalami perkembangan yang pesat. Si kecil akan mulai banyak berbicara dan mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sampai usia 5 tahun disebut sebagai golden age. Pada usia ini, terjadi perkembangan signifikan secara kepribadian dan kemampuan.Agar perkembangannya optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan edukasi yang sesuai bagi anak Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi bagi anak usia 2–3 tahun. Ada pula rekomendasi mainan-mainan terbaik sebagai referensi. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Selamat menyimak!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    Memperkenalkan aktivitas berenang sejak dini dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk anak. Selain otak anak dapat berkembang dengan maksimal, anak dapat merasa bahagia dan meningkatkan rasa percaya dirinya. Pada awal memperkenalkan serunya berenang, Anda dapat memasang pelampung demi keselamatan anak Anda. Banyak jenis pelampung yang bisa Anda temukan, mulai dari neck ring, arm ring, hingga life vest! Merk-merknya pun beragam seperti Zoggs, Swimava, dan Intex. Karena itu, kami akan memperkenalkan cara memilih dan rekomendasi pelampung yang bagus sesuai dengan usia anak Anda. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    Usia satu tahun merupakan usia di mana anak memasuki usia emas atau golden age. Karena otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, orang tua dapat memberikan mainan untuk menunjang pertumbuhannya. Mainan tersebut bersifat mendidik dan ada juga yang ditujukan untuk belajar jalan.Agar Anda bisa menemukan mainan yang tepat, kami akan membagikan tips memilih mainan untuk anak usia satu tahun. Rekomendasi mainan anak usia satu tahun terbaik seperti merk Sugar Baby dan Fisher-Price juga akan kami ulas. Simak artikel ini untuk mendapatkan produk yang sesuai untuk anak Anda.
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Bayi membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar ataupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam memberikan stimulasi ini. Jenisnya pun ada bermacam-macam, seperti mainan berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai balok susun.Dalam artikel ini, kami akan membahas mainan edukasi bayi dari berbagai merek, seperti Playgro, LEGO, dan Fisher-Price. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang bagus. Bidan Ony Christy juga menambahkan komentarnya, lho. Kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya untuk bersenang-senang, mobil remote control dapat merangsang saraf motorik dan koordinasi otak anak, lho. Saat ini, sudah tersedia beragam produk di pasaran. Harga, fitur, hingga cara pengoperasiannya berbeda pada setiap produk. Modelnya pun bervariasi.Mobil remote control atau mobil RC tersedia dalam model mobil balap, sedan, hingga truk. Mobil RC offroad juga bisa dipilih untuk penggunaan outdoor. Kami akan merekomendasikan produk yang bagus dari beragam merk. Ada produk dari Cruzer, JJRC, Huina, dan lainnya. Semuanya sudah kami ulas untuk Anda. Namun, pahami cara memilihnya lebih dahulu, yuk!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Boneka Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Boneka Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wujud dan ulah kucing yang menggemaskan membuat banyak orang ingin mengabadikannya dalam bentuk boneka. Selain sebagai koleksi atau hadiah, boneka kucing dapat menjadi alternatif bila Anda tidak bisa memelihara kucing sungguhan. Sudah banyak produk yang sangat mirip aslinya, misalnya boneka kucing anggora atau boneka kucing bergerak. Di antara banyaknya pilihan, boneka kucing manakah yang bagus?Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips untuk memilih boneka kucing terbaik, lengkap dengan rekomendasi produknya. Anda bisa memilih boneka kucing lucu dari sejumlah merk, seperti Hasbro, Istana Boneka, dan Miniso. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori