1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Mainan anak
  6. >
  7. 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023)

Anak Anda tidak hanya bermain, tetapi juga bisa belajar mengenal huruf, angka, dan bentuk dengan mainan edukasi. Produknya juga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan berkonsentrasi. Tak jarang jika mainan ini digunakan sebagai materi pembelajaran di PAUD, TK, dan SD.

Kali ini kami akan memberikan tips memilih mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, dan 6 tahun. Tentu saja produknya bisa digunakan untuk anak laki-laki ataupun perempuan. Kami juga akan berbagi dan mengulas rekomendasi produknya, lho. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Mari simak terus pembahasannya!
Diperbaharui 10-25-2022
Pakar
Play-based parenting
Grace Melia

Grace adalah seorang play and mental health advocate. Sejak 2019, ia memberikan layanan play therapy bagi anak-anak usia 4–16 tahun dengan permasalahan emosi, sosial, dan perilaku. Saat ini, Grace berpraktik di Jogja Medical Center. Grace mendapatkan penghargaan Kartini Next Generation dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu, ia juga dianugerahi 10 Anugrah Kemenkes dari Kementerian Kesehatan. Ia sering sharing seputar pengasuhan, kesehatan mental dalam keluarga, dan kegiatan anak yang bisa Anda baca di Instagram-nya.

Profil Grace Melia
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa manfaat mainan edukasi untuk anak?

Apa manfaat mainan edukasi untuk anak?
Tahukah Anda bahwa golden age manusia hanya terjadi sampai usia 5 tahun? Selama masa golden age, terjadi perkembangan otak yang pesat pada area bahasa, indra-indra, dan aspek sosial emosi. Saat menginjak umur di atas 5 tahun, fungsi otak untuk berpikiran logis akan mulai berkembang pesat lewat pola asuh dan interaksi sehari-hari.

Pada masa-masa golden age, Anda bisa menggunakan permainan edukasi untuk mengembangkan kemampuan berekspresi, berkomunikasi, bekerja sama, dan berimajinasi anak. Dengan permainan yang tepat, si kecil juga bisa melatih kreativitas dan berpikir logis. Tak kalah penting, Anda pun perlu memilih atau menyediakan mainan yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan kebutuhan si kecil.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun

Kami akan menjelaskan dahulu hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, dan 6 tahun. Inilah saatnya bagi Anda memberikan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan dan potensi anak.

① Pilihlah jenis mainan yang sesuai kebutuhan edukasi

Ada beberapa jenis mainan edukasi dengan karakteristik yang berbeda untuk anak berusia 4 hingga 6 tahun. Jenis-jenis mainan tersebut adalah mainan huruf/angka, board game, block brick, dan puzzle. Selengkapnya akan kami bahas di poin berikut.

Block dan flash card, mengenalkan huruf hingga angka

Block dan flash card, mengenalkan huruf hingga angka
Block serta flash card adalah mainan huruf dan angka yang membantu meningkatkan pemahaman terhadap simbol serta kemampuan berekspresi anak. Umumnya anak-anak mulai tertarik dengan huruf dan angka di usia 4 tahunan. Bahkan, anak-anak dengan kemampuan belajar yang cepat dapat menghitung hingga angka 100 pada usia tersebut.

Seiring bertambahnya perbendaharaan kata, kemampuan berekspresi dengan kata-kata pun akan makin meningkat. Dengan begitu, anak Anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus saat memainkan mainan edukasi. Anda akan terkejut mendapati banyaknya huruf dan angka yang anak Anda pelajari dengan membiarkannya bermain!

Board game, membantu kemampuan komunikasi dan kerja sama

Board game, membantu kemampuan komunikasi dan kerja sama
Di usia 4–6 tahun, kemampuan berinteraksi dan berkolaborasi anak dengan teman seusianya sedang berkembang. Untuk itu, Anda bisa memilih mainan berupa kartu, board game, dan sejenisnya. Mainan tersebut dapat dimainkan oleh si kecil bersama Anda atau teman-temannya.

Anak Anda pun bisa belajar mengenal dinamika relasi bermain bersama, mengikuti peraturan, serta mengelola perasaan saat menang/kalah. Permainan bersama yang memerlukan strategi ini juga bisa memberikan kesempatan si kecil untuk melatih kemampuan problem solving dan logical thinking. Permainan yang seru dan mencerdaskan, bukan?

Block brick, melatih imajinasi dan kreativitas anak

Block brick, melatih imajinasi dan kreativitas anak
Jika anak Anda sudah bisa melakukan beberapa kegiatan sendirian, mainan sejenis block brick sangat direkomendasikan. Mainan ini akan membantu mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak ketika ia membuat berbagai bentuk benda, bangunan, dan sebagainya.

Anda bisa memilih produk yang simpel dan memiliki mekanisme penggunaan yang sederhana. Tergantung cara memainkan dan pola pemikiran anak, jenis mainan seperti ini bisa dimainkan dengan banyak cara. Dengan begitu, Anak Anda tidak mudah bosan dan akan senang memainkannya.

Puzzle, mengajarkan anak mengenal ruang dan logika

Puzzle, mengajarkan anak mengenal ruang dan logika
Kegiatan mengenal bentuk dan ukuran sudah bisa dikenalkan sebelum anak berusia 4 tahun. Saat menginjak usia 5 tahun ke atas, pemahamannya akan bentuk dan ukuran akan menguat. Jadi, kami sarankan untuk memilih puzzle siluet, seperti tangram atau puzzle 3D.

 

Mainan ini berguna agar anak belajar memilih bentuk yang tepat untuk mengisi ruang kosong pada area tertentu. Dengan memikirkan kombinasi dan berbagai bentuk yang berbeda, kecerdasan anak dalam mengenal ruang serta kemampuan berpikir logisnya akan meningkat.

② Pertimbangkan keamanan mainan berdasarkan usia

Pertimbangkan keamanan mainan berdasarkan usia
Biasanya tiap mainan mempunyai target usia pengguna. Label rekomendasi usia tidak hanya mewakili tingkat kesulitan permainan, melainkan juga informasi standar usia aman bagi anak-anak untuk memainkannya.

Untuk mainan anak kecil, sebaiknya Anda memilih mainan yang materialnya BPA free. Jenis bahan yang BPA free ini aman dipegang, bahkan ketika terjilat oleh anak. Demi keamanan, jangan lupa juga untuk memeriksa apakah mainan tersebut sudah tersertifikasi SNI atau belum.

10 Rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, 6 tahun

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, 6 tahun yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Grace Melia.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

KKV

Puzzle 100 Pcs Exploring the Universe

KKV  Puzzle 100 Pcs Exploring the Universe 1枚目

Puzzle rumit untuk ditaklukkan oleh pencinta puzzle

2

Momi Homi

Flash Card Edukasi Anak

Momi Homi Flash Card Edukasi Anak  1枚目

Kenalkan banyak hal sejak dini dengan menyenangkan

3

Lettering and Life

Black Alphabet and Number Wooden Blocks

Lettering and Life  Black Alphabet and Number Wooden Blocks 1枚目

Mainan seru agar anak makin siap sekolah

4

Leleoncare

6 Pcs Soft Building Blocks

Leleoncare  6 Pcs Soft Building Blocks 1枚目

Karakteristiknya unik, squeezable, chewable, dan stackable

5

Zivana Kids

Busy Page Montessori Board Game

Zivana Kids  Busy Page Montessori Board Game 1枚目

Belajar dan berinteraksi dengan anak jadi makin seru

6

LEGO

City Police Prisoner Transport

LEGO City Police Prisoner Transport 1枚目

Block brick polisi, temanya menarik untuk anak laki-laki!

7

Sluban

Bricks Mini HandCraft Girl's Dream

Sluban  Bricks Mini HandCraft Girl's Dream  1枚目

Melatih kreativitas dan imajinasi anak perempuan

8

Cubic Fun

Tower Bridge Mini 3D Puzzle

Cubic Fun Tower Bridge Mini 3D Puzzle 1枚目

3D Puzzle untuk pencinta miniatur bangunan

9

Mideer

Road Builders Animal Island Board Game

Mideer  Road Builders Animal Island Board Game  1枚目

Board game premium, awet untuk waktu yang lama!

10

Omocha

Truk Geometri Mainan Transportasi

Omocha Truk Geometri Mainan Transportasi  1枚目

Efektif mengenalkan bentuk dan melatih kemampuan motorik anak

Perincian produk
Close
No.1

KKV Puzzle 100 Pcs Exploring the Universe

Mulai dari Rp49.900,00

Puzzle rumit untuk ditaklukkan oleh pencinta puzzle

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau, bisa beli beberapa varian sekaligus

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan potongan puzzle yang diterima kurang lengkap

Apakah anak Anda memiliki ketertarikan memasang puzzle yang rumit? Anda bisa memberikannya puzzle ini. Ada banyak pilihan puzzle yang disediakan oleh KKV. Beberapa di antaranya bertemakan alam semesta, dunia bawah laut, dunia dinosaurus, dan hutan. Anak Anda bisa bebas bereksplorasi dengan puzzle ini.


Untuk puzzle yang lebih rumit, Anda bisa membeli jenis puzzle dua ratus pcs yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Selain itu, mainan anak 5 tahun ini menggunakan kertas berkualitas yang dapat ditekan rapat dan tidak mudah rusak. Pola-pola gambar di puzzle-nya juga hidup dan berwarna.

No.2

Momi HomiFlash Card Edukasi Anak

Mulai dari Rp24.999,00

Kenalkan banyak hal sejak dini dengan menyenangkan

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan bebas BPA, aman untuk bayi sekalipun
  • Pilihan game yang tersedia bervariasi, aktivitas jadi tidak monoton
  • Harganya terjangkau, bisa beli banyak varian dengan hemat


Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa kartunya tipis

Flash card ini merupakan mainan edukasi yang bertujuan mengenalkan anak dengan banyak hal. Jika anak Anda masih dalam tahap mengenal hal-hal dasar, tidak ada salahnya memilih flash card ini. Anda bisa mengenalkan buah hati tentang huruf, angka, warna, sayuran, dan lainnya. Dengan tampilan kartun yang menarik, flash card ini bisa membantu daya ingat anak Anda, lho!

No.3

Lettering and Life Black Alphabet and Number Wooden Blocks

Mulai dari Rp350.000,00

Mainan seru agar anak makin siap sekolah

Kelebihan:

  • Mudah dibersihkan, cukup menggunakan kain basah

Kekurangan:

  • Harga cukup tinggi untuk Anda yang berbujet terbatas


Black Alphabet and Number Wooden Block memiliki banyak keunggulan. Selain bisa digunakan untuk bermain bentuk bangunan, block ini dapat melatih anak untuk membaca dan berhitung. Di setiap block terdapat huruf dan angka yang tercetak dengan jelas. Mainan edukasi anak TK ini cocok untuk Anda yang ingin membuat anak lebih siap belajar di sekolah.

No.4

Leleoncare 6 Pcs Soft Building Blocks

Mulai dari Rp99.600,00

Karakteristiknya unik, squeezable, chewable, dan stackable

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan bebas BPA, aman untuk bayi sekalipun
  • Heat-resistant, bisa disterilkan dengan cara di-steam

Kekurangan:

  • Isi tidak terlalu banyak dalam satu kemasan

Apakah Anda mencari mainan yang multifungsi? Kami merekomendasikan block dari Leleoncare ini. Block ini memiliki karakteristik yang unik, yakni squeezable, chewable, dan stackable. Produk ini tidak hanya bisa digunakan sebagai mainan edukasi, tetapi juga mainan saat anak mandi. Bahannya pun BPA free dan mudah dipegang.

No.5

Zivana Kids Busy Page Montessori Board Game

Mulai dari Rp50.000,00

Belajar dan berinteraksi dengan anak jadi makin seru

Kelebihan:

  • Pilihan game yang tersedia bervariasi, aktivitas jadi tidak monoton

Kekurangan:

  • Produk terbuat dari kertas yang dilaminating sehingga tidak terlalu solid

Anda bisa membuat anak lebih dekat sembari mengenalkan banyak hal baru dengan board game ini, lho. Tema game-nya bervariasi. Anda bisa mengenalkan serta mengajarkan anak Anda tentang jenis transportasi, anggota tubuh, tata surya, hingga berhitung. Mainan edukasi anak 4 tahun ke atas ini juga tahan air karena telah dilaminating bolak-balik.

No.6

LEGOCity Police Prisoner Transport60276

Mulai dari Rp236.000,00

Block brick polisi, temanya menarik untuk anak laki-laki!

Kelebihan:

  • Terbuat dari material premium, memasangkan block brick jadi praktis

Kekurangan:

  • Block brick berukuran kecil, Anda perlu mengawasi anak agar bagiannya tidak tertelan

Untuk Anda yang memiliki anak laki-laki, Anda bisa memberikan mainan LEGO ini. Mainan block brick yang bertemakan polisi ini memiliki multi-model playset yang seru. Produk ini juga sudah dilengkapi aksesori-aksesori pendukung polisi, seperti truk derek, sepeda motor polisi, dan helm pengaman. Dengan begitu, proses menyusun block brick oleh anak Anda jadi makin menyenangkan.

No.7

Sluban Bricks Mini HandCraft Girl's Dream

Mulai dari Rp69.900,00

Melatih kreativitas dan imajinasi anak perempuan

Kelebihan:

  • Model yang tersedia bervariasi, banyak ragam permainan yang ditawarkan
  • Harganya terjangkau, mudah untuk mengoleksi model lain

Kekurangan:

  • Block brick berukuran kecil, Anda perlu mengawasi anak agar bagiannya tidak tertelan

Jika Anda memiliki anak perempuan, Anda bisa memberikan block brick ini. Mainan ini memang didesain untuk anak perempuan dengan temanya yang feminin. Selain itu, varian yang disediakan bisa menjadi koleksi khusus untuk anak bermain peran.


Tidak hanya melatih motorik dan koordinasi mata serta tangan, anak Anda bisa mengembangkan imajinasinya menggunakan block brick ini. Tambahan lagi, tiap box-nya dilengkapi tiang. Jadi, mainan anak 4 tahun ini bisa ditumpuk membentuk menara.

No.8

Cubic FunTower Bridge Mini 3D PuzzleS3010H

Mulai dari Rp35.000,00

3D Puzzle untuk pencinta miniatur bangunan

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau, mudah untuk mengoleksi model lain

Kekurangan:

  • Penyimpanan kurang praktis, cukup repot bila harus dibongkar lagi

Puzzle 3D ini berbentuk bangunan terkenal sehingga sangat cocok untuk anak Anda yang sangat menyukai miniatur bangunan. Terlebih lagi dengan bentuknya yang tiga dimensi, sensasi menyusun puzzle pun jadi lebih menyenangkan.


Mainan edukasi anak 6 tahun ini memiliki 32 kepingan yang harus disusun menjadi bangunan utuh. Selain mendapatkan kesenangan saat menyusun, puzzle ini juga melatih kesabaran, kecerdasan logika, dan sistem motorik anak Anda.

No.9

Mideer Road Builders Animal Island Board Game MD2076

Mulai dari Rp200.000,00

Board game premium, awet untuk waktu yang lama!

Kelebihan:

  • Pilihan challenge-nya beragam, dari level mudah hingga rumit
  • Mampu melatih anak untuk berkonsentrasi dan mengatur strategi

Kekurangan:

  • Perlu bimbingan orang dewasa, anak akan kesulitan bermain sendiri

Mideer menawarkan board game yang terbuat dari material premium sehingga bisa digunakan untuk waktu yang lama. Anda juga tidak perlu khawatir si kecil akan bosan dengan mainan edukasi anak 5 tahun ini. Ada 72 challenge untuk mengajarkan anak memahami instruksi, mengikuti peraturan, dan melatih konsentrasi. Jadi, si kecil akan terlatih mengatur strategi untuk menyelesaikan challenge.

No.10

OmochaTruk Geometri Mainan Transportasi

Mulai dari Rp112.200,00

Efektif mengenalkan bentuk dan melatih kemampuan motorik anak

Kelebihan:

  • Block-nya padat sehingga tidak mudah penyok
  • Warna block variatif, mudah disukai oleh anak-anak


Kekurangan:

  • Block tidak bisa dimainkan selain disusun di truk

Jika Anda hendak mengenalkan anak dengan beragam bentuk, kami merekomendasikan mainan edukasi anak 3 tahun ke atas ini. Produk ini memiliki block dengan beragam bentuk, seperti lingkaran, persegi, persegi panjang, dan segitiga. 


Anak Anda akan dilatih menempatkan bentuk dengan benar sehingga menjadi sebuah truk. Dengan begitu, si kecil dapat mengenal bentuk, mengembangkan imajinasi, melatih motorik, mengenal warna, serta melatih otot tangan.

Baca juga rekomendasi mainan edukasi lainnya di sini

Kami juga mengulas mainan edukasi untuk bayi dan anak usia 2 hingga 3 tahun. Jenis mainan ini sudah disesuaikan dengan kemampuan anak berdasarkan umurnya. Simak ulasan rekomendasi produknya dari kami di artikel-artikel berikut.

Kesimpulan

Adanya mainan edukasi untuk usia 4 hingga 6 tahun bisa menstimulasi kecerdasan dan kemampuan anak Anda. Ada baiknya jika jenis mainan yang digunakan beragam sehingga tumbuh kembang kecerdasan anak jadi seimbang.


Mengembangkan kemampuan kerja sama, logika berpikir, mengenal ruang dan bentuk, serta memacu kreativitas merupakan hal penting untuk anak. Maka dari itu, pilihlah mainan yang tepat dan disukai anak. Semoga ulasan ini membantu Anda menemukan mainan edukasi terbaik untuk anak.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer