1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Permainan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Mainan Rubik's Cube sebenarnya sudah lama beredar di Indonesia. Hanya saja, mainan ini baru booming mulai tahun 2008. Mainan sejenis puzzle yang dapat mengasah kemampuan otak ini banyak disukai oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Variasi model yang beragam menambah asyiknya permainan.


Rubik kini dapat dibeli hampir di seluruh toko mainan, baik offline maupun online. Ada beberapa merek yang bagus dan populer, seperti Yong Jun, QiYi, dan MoYu. Namun, untuk mengetahui lebih jelas mengenai cara memilih Rubik yang bagus, silakan simak artikel berikut ini. 

Diperbaharui 09-11-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa daya tarik Rubik?

Apa daya tarik Rubik?

Rubik's Cube adalah merek dagang terdaftar dari Mega House Co., Ltd. Sekarang ini, Rubik dikenal sebagai salah satu permainan yang banyak digemari semua kalangan. 


Permainan Rubik sendiri tidak hanya sebatas teka-teki mencocokkan warna, tetapi juga untuk mengadu kecepatan dalam menyelesaikannya. Saat ini, permainan Rubik telah menarik begitu banyak perhatian. Anda bisa menjumpai berbagai kompetisi Rubik di seluruh dunia. 


Sebelumnya, model Rubik hanya ada satu, yakni Rubik kotak 3x3. Namun, sekarang ini telah muncul berbagai model Rubik dengan tingkat kesulitan yang makin tinggi. Tentu akan sangat menyenangkan saat Anda berhasil menyelesaikan setiap model Rubik. Nah, mengapa Anda tidak mencoba bermain Rubik dan melihat sejauh apa kemampuan Anda?

Cara memilih Rubik

Tingkat kesulitan dalam memainkan Rubik bergantung kepada ukuran cube-nya, ada atau tidaknya warna, dan motif Rubiknya. Untuk itu, mari simak ulasan berikut ini untuk menentukan Rubik yang cocok untuk Anda. 

① Pilih jumlah kotak yang sesuai dengan level Anda

Tingkat kesulitan Rubik bervariasi tergantung pada jumlah kotak. Untuk itu, pilihlah yang sesuai dengan level Anda. 

Level pemula, gunakan tipe sederhana 3x3 atau kurang

Level pemula, gunakan tipe sederhana 3x3 atau kurang

Jika Anda baru mengenal Rubik, pilihlah model kotak dengan ukuran maksimal 3x3. Ada juga model kotak 2x2 yang relatif lebih mudah. Model ini cocok untuk Anda yang baru pertama kali mencoba bermain Rubik. Anda bisa menggunakan model ini untuk mengenal mekanisme Rubik. 


Bentuk dasar Rubik adalah kotak 3x3, tingkat kesulitannya meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah kotak. Jika Anda dapat menyelesaikan model kotak 3x3, Anda bisa beralih ke level pengguna tingkat lanjut.

Level lanjutan, cobalah dengan kotak yang lebih banyak

Level lanjutan, cobalah dengan kotak yang lebih banyak

Jika Anda dapat menyelesaikan Rubik basic 3x3, cobalah memainkan Rubik dengan kotak yang lebih banyak. Di pasaran, Anda dapat menemukan model Rubik kotak 4x4, 5x5, bahkan 10x10. Semua model tersebut sangatlah sulit. Model Rubik ini cocok untuk Anda yang menginginkan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan level pemula. 


Dalam kompetisi resmi, jumlah kotak dalam Rubik biasanya telah ditentukan. Tipe Rubik dengan banyak kotak mungkin saja tidak berlaku untuk kompetisi. Jika Anda ingin berpartisipasi dalam turnamen resmi, lebih baik berlatih dengan Rubik basic 3x3 saja.

② Tentukanlah berdasarkan susunan skema warnanya

Tentukanlah berdasarkan susunan skema warnanya

Setidaknya, ada dua jenis skema warna Rubik, yaitu skema gaya Jepang dan gaya internasional. Dua skema ini dibedakan berdasarkan posisi kotak warna biru dan kuning. Skema internasional adalah jika sisi putih berada di bawah dan sisi kuning berada di atas. Sementara, gaya Jepang adalah jika sisi biru berada di bagian atas. 


Sebagian besar buku manual Rubik menggunakan skema warna standar internasional. Dalam beberapa tahun terakhir pun, semua Rubik yang dijual di pasaran mengikuti gaya standar internasional. Namun, ada baiknya Anda tetap memeriksa skema warnanya untuk berjaga-jaga. 

③ Pertimbangkan speed cube jika Anda mengutamakan kecepatan

Pertimbangkan speed cube jika Anda mengutamakan kecepatan

Bagi Anda yang ingin mengikuti kompetisi dan ingin memecahkan rekor Anda sendiri, perhatikanlah kemudahan perputaran Rubik. Speed ​​cube adalah Rubik yang disukai banyak pengguna tingkat lanjut karena mudah diputar dan digerakkan dengan mulus. Anda dapat memutar speed cube dengan cepat hanya dengan sentuhan ringan.


Selain itu, bila ada magnet built-in pada Rubik, pergerakan Rubik dapat berhenti dengan tepat. Fungsi ini membuat kotak tidak mudah tersangkut sehingga tidak ada waktu yang terbuang. Sekarang ini, sudah banyak produk speed ​​cube yang disetujui untuk dapat digunakan kompetisi. Jadi, jika Anda ingin berpartisipasi dalam sebuah kompetisi, Anda dapat memilih produk yang bertuliskan "speed ​​cube" atau "competition".

④ Perhatikan bentuk dan pola Rubik

Untuk tingkat kesulitan yang lebih tinggi, ada Rubik dengan bentuk dan pola yang tidak biasa. Untuk itu, silakan perhatikan bentuk dan pola Rubik. 

Rubik dengan pola, tantangan yang menyenangkan

Rubik dengan pola, tantangan yang menyenangkan

Sudah banyak produk Rubik yang dijual dengan berbagai macam motif atau gambar. Produk jenis ini cocok untuk Anda yang sudah mahir bermain Rubik. Dalam kasus Rubik dengan pola berbeda di setiap sisinya, Anda perlu mengatur penempatan pola-pola tersebut. Model Rubik seperti ini tentu lebih sulit dibandingkan model yang hanya menyusun warna saja. 


Namun, ada juga Rubik dengan ilustrasi landscape atau karakter. Anda dapat melihat gambarnya secara utuh dengan menyusun kotak-kotak Rubik secara tepat. Rubik seperti ini tentu memiliki tantangan tersendiri. Jika Anda adalah orang yang sudah mahir atau tertantang dengan tingkat kesulitan tersebut, cobalah Rubik model ini. 

Rubik monokromatik dengan bentuk kompleks, kesulitan tingkat tinggi

Rubik monokromatik dengan bentuk kompleks, kesulitan tingkat tinggi

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang lebih sulit, kami sarankan mencoba Rubik monokromatik. Rubik monokromatik adalah Rubik satu warna dengan ukuran kotak yang berbeda-beda. Ukuran kotak yang berbeda akan membatasi pergerakan kotak-kotak tersebut dan menambah tingkat kesulitan. 


Jika Rubik tersebut berbentuk piramida atau kombinasi bentuk yang kompleks, tentu akan lebih sulit. Namun, Rubik monokromatik ini tidak bisa digunakan untuk kompetisi. Tipe ini hanya bisa digunakan untuk bermain-main saja atau sebagai hobi. 

⑤ Pastikan Anda menggunakan panduan strategi, khususnya para pemula

Pastikan Anda menggunakan panduan strategi, khususnya para pemula

Lebih mudah untuk memahami permainan Rubik jika Anda menggunakan panduan strategi dibandingkan hanya mencoba-coba sendiri. Jika Anda menggunakan panduan, tentunya kemajuan Anda akan makin cepat. Jadi, ada baiknya untuk memastikan bahwa Rubik dilengkapi dengan panduan.


Jika Anda memiliki panduan, bahkan pemula yang baru mengenal Rubik akan segera tahu cara bermainnya. Namun, tidak semua panduan dijelaskan dalam bahasa Indonesia. Jadi, pastikan Anda memeriksa bahasa yang digunakan dalam panduan. 

10 Rekomendasi Rubik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Rubik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

QiYi

Rubik Mirror

QiYi Rubik Mirror 1枚目

Metode solving lain dari yang lain

2

Yong Jun

Rubik Glow in The Dark

Yong Jun Rubik Glow in The Dark  1枚目

Unik! Bisa menyala dalam gelap

3

Yong Jun

Pyraminx

Yong Jun Pyraminx 1枚目

Kreasikan banyak bentuk dengan Rubik piramida ini

4

Rui Chuang

Rubic 5x5 Stickerless

Rui Chuang Rubic 5x5 Stickerless 1枚目

Siap menantang Anda dengan kotak 5x5

5

MoYu

Meilong Megaminx

MoYu Meilong Megaminx 1枚目

Hadir dengan bentuk tak biasa, cocok untuk si pencinta Rubik

6

MoYu

Meilong Skewb

MoYu Meilong Skewb 1枚目

Dilengkapi material berkualitas tinggi, makin tahan lama!

7

QiYi

Rubik Model Gantungan Kunci

QiYi Rubik Model Gantungan Kunci 1枚目

Dilengkapi gantung kunci, bisa dijadikan suvenir

8

X-Cube

Magic Gear 3D Puzzle

X-Cube Magic Gear 3D Puzzle 1枚目

Tampil beda dengan bentuk gear

9

Siuxin 3x3 Void Cube

 Siuxin 3x3 Void Cube  1枚目

Level baru permainan Rubik kubus 3x3

10

Yong Jun

Fortune Cat

Yong Jun Fortune Cat  1枚目

Rubik lucu untuk edukasi anak-anak

Perincian produk
Close
No.1

Metode solving lain dari yang lain

Kelebihan:
  • Desainnya membuat pencinta Rubik makin kreatif memikirkan solusi 

Kekurangan:

  • Ukuran kotaknya berbeda, relatif sulit untuk pemula

Pada umumnya, Rubik memiliki warna yang berbeda-beda pada tiap sisi. Akan tetapi, Rubik ini hanya memiliki satu warna sehingga Rubik ini mungkin terlihat mudah untuk dimainkan. Kenyataannya, Rubik jenis ini memerlukan strategi penyelesaian yang berbeda karena ukuran kotaknya pun tidak sama.


Cara memainkan produk ini sebenarnya mirip dengan Rubik 3x3 biasa. Bedanya terletak pada solving method yang berdasar pada perubahan bentuk. Jika Anda adalah penyuka tantangan dalam permainan Rubik, produk ini cocok untuk Anda.
No.2

Yong JunRubik Glow in The Dark

Mulai dari Rp32.000,00

Unik! Bisa menyala dalam gelap

Kelebihan:
  • Bisa dimainkan meski pencahayaan redup

Kekurangan:

  • Tidak ada keterangan mengenai ketersediaan panduan strategi

Rubik dengan kubus penyusun berjumlah 3x3 ini cukup unik karena memiliki kelebihan glow in the dark. Jadi, Anda dapat memainkannya dalam kondisi cahaya yang redup sekalipun. Anda bisa membawanya saat kegiatan outdoor seperti camping untuk mengusir kebosanan.


Dengan warna standar, produk ini memiliki tingkat kesulitan yang cocok untuk para pemula. Bila Anda ingin bermain Rubik di tempat yang minim cahaya, produk ini bisa menjadi pilihan.
No.3

Kreasikan banyak bentuk dengan Rubik piramida ini

Kelebihan:
  • Bisa dijadikan alternatif jika bosan dengan Rubik kubus

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi dengan panduan strategi

Tidak seperti bentuk Rubik pada umumnya, Rubik ini terdiri dari segitiga-segitiga sama sisi. Meskipun bentuknya berbeda dari Rubik biasa, komponennya simpel dan hanya terdiri dari tiga susun. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk menyelesaikan Rubik ini.


Anda juga dapat menggunakan Rubik ini untuk mempelajari dasar-dasar bermain Rubik segitiga. Rubik ini kami rekomendasikan bagi Anda yang sudah bosan dengan Rubik kubus. 
No.4

Rui ChuangRubic 5x5 Stickerless

Mulai dari Rp46.000,00

Siap menantang Anda dengan kotak 5x5

Kelebihan:

  • Materialnya sudah memenuhi standar kompetisi, bisa dijadikan sarana untuk berlatih

Kekurangan:

  • Kurang pas untuk pemula

Jika rata-rata Rubik kubus yang beredar di pasaran berukuran 3x3, lain halnya dengan Rubik yang satu ini. Rubik kubus ini hadir dengan ukuran 5x5. Jumlah kotak yang lebih banyak ini mengharuskan pemain untuk berpikir lebih keras. 


Jika Anda sudah mahir dengan Rubik 3x3, tidak ada salahnya untuk mencoba Rubik 5x5 ini. Di sisi lain, Rubik dengan banyak kotak ini juga tetap asyik untuk dimainkan karena rotasinya yang smooth. Materialnya juga sudah dijamin berkualitas karena sesuai dengan standar kompetisi. 

No.5

Hadir dengan bentuk tak biasa, cocok untuk si pencinta Rubik

Kelebihan:

  • Bentuk tidak umum, menambah tantangan tersendiri

Kekurangan:

  • Kurang pas untuk pemula karena tergolong sulit

Jika Anda gemar bermain Rubik, mungkin Anda memiliki keinginan untuk menaklukan berbagai model Rubik. Nah, MoYu menghadirkan Rubik yang lain daripada yang lain, yaitu dodecahedron. Bentuk Rubik ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pencinta Rubik. Tingkat kesulitan yang dimilikinya dijamin akan menambah keseruan permainan! 

No.6

Dilengkapi material berkualitas tinggi, makin tahan lama!

Kelebihan:

  • Bahannya kokoh, awet digunakan jangka panjang

Kekurangan:

  • Kurang pas digunakan untuk latihan karena berukuran kecil

MoYu menghadirkan Rubik dengan jaminan material berkualitas tinggi. Ya, Rubik ini dibuat dari plastik ABS yang antipecah, kuat, dan tahan lama. Selain itu, setiap bagian dijadikan satu dan dikencangkan dengan erat sehingga tidak mudah berantakan. Jika Anda mencari Rubik yang kuat dan tahan lama, silakan pilih produk ini.


Rubik kubus yang satu ini juga hadir dengan potongan yang berbeda, yaitu skewb. Bentuk potongan ini akan membuat rotasi pergerakannya berbeda dengan Rubik kubus biasa. Menarik untuk dicoba, bukan? 

No.7

QiYiRubik Model Gantungan Kunci

Mulai dari Rp26.000,00

Dilengkapi gantung kunci, bisa dijadikan suvenir

Kelebihan:

  • Bisa dijadikan gantungan kunci

Kekurangan:

  • Kurang pas digunakan untuk latihan karena ukurannya kecil

Kami merekomendasikan produk ini karena bentuknya compact sehingga bisa dibawa ke mana saja dengan mudah. Menariknya lagi, produk ini sudah dilengkapi dengan gantungan kunci. Jadi, ke mana pun Anda pergi, Rubik ini pasti akan senantiasa menemani Anda. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan produk ini sebagai suvenir, lho.

No.8

X-CubeMagic Gear 3D Puzzle

Mulai dari Rp49.900,00

Tampil beda dengan bentuk gear

Kelebihan:

  • Berbentuk gear, bisa dijadikan koleksi tambahan

Kekurangan:

  • Ukurannya hanya 6 cm, relatif kecil untuk digunakan pemula

Jika Rubik 3x3 pada umumnya terdiri dari susunan kotak-kotak, produk ini hadir dengan susunan gear. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan perputarannya karena Rubik ini memiliki mekanisme putar yang halus sehingga mudah dimainkan. 


Selain itu, Rubik satu ini memiliki warna dasar hitam yang memberikan kesan berbeda. Jika Anda senang mengoleksi berbagai bentuk Rubik, produk ini bisa Anda pilih. 

No.9

Level baru permainan Rubik kubus 3x3

Kelebihan:

  • Bentuknya unik, berikan tantangan baru

Kekurangan:

  • Tidak ada keterangan tentang level Rubik

Produk ini merupakan model upgrade dari model Rubik kubus 3x3. Di samping itu, Rubik ini memiliki desain dengan lubang pada bagian tengahnya. Lubang inilah yang kemudian meningkatkan level kesulitan Rubik 3x3. Bagi Anda yang penasaran dengan mekanisme Rubik berlubang, silakan langsung saja coba produk ini.

No.10

Rubik lucu untuk edukasi anak-anak

Kelebihan:
  • Bentuknya cute, pas untuk si kecil yang baru berkenalan dengan Rubik

Kekurangan:

  • Tidak tersedia bentuk lain

Rubik antimainstream ini memiliki bentuk yang simpel, Jadi, Rubik ini dapat Anda gunakan untuk belajar dasar-dasar bermain Rubik bersama si kecil. Dengan Rubik ini, Anda dapat melatih ketekunan, pengambilan keputusan, serta koordinasi antara gerak mata dan tangan.


Bentuknya yang menyerupai boneka kucing pasti disukai oleh anak-anak. Jika Anda menginginkan mainan yang edukatif untuk anak Anda, Rubik lucu ini bisa menjadi pilihan.

Baca juga rekomendasi mainan lainnya di sini

Selain Rubik, ada beragam jenis mainan lain yang seru dan bisa mengasah kemampuan otak. Nah, silakan baca rekomendasi produk-produk terbaiknya di sini. 

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan Rubik favorit Anda melalui rekomendasi Rubik terbaik dari kami? Ternyata, bentuk Rubik tidak hanya satu jenis, melainkan ada berbagai macam dengan bentuk dan warna yang unik. Sejak booming pada 2008, produk Rubik menjadi makin bervariasi.


Mainan ini asyik untuk dimainkan sendiri ataupun untuk adu cepat bersama keluarga dan sahabat. Pilihlah Rubik terbaik untuk pengalaman bermain yang lebih mengesankan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer