10 Rekomendasi BBQ Grill Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi BBQ Grill Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Acara BBQ party seringkali diselenggarakan untuk mempererat keakraban di keluarga, pertemanan bahkan dengan kolega kantor. Dengan konsep acara yang santai dan akrab, Anda bisa memanggang ayam, daging dan sebagainya sambil bercengkrama dengan kolega yang hadir. Untuk berbagai kebutuhan acara BBQ Anda, tentu Anda memerlukan BBQ grill yang pas untuk acara Anda.

BBQ grill kini tersedia dengan berbagai pilihan tipe produk, di antaranya yang menggunakan arang, gas, dan listrik untuk pemanasannya. Untuk memudahkan Anda memilih BBQ grill yang cocok untuk acara dan kebutuhan Anda, kami akan mengulas bagaimana cara memilih BBQ grill dan merekomendasikan 10 produk BBQ grill untuk berbagai kebutuhan. Selamat membaca !

Daftar isi

Cara memilih BBQ grill

Berikut ini akan kami paparkan beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda, saat Anda akan memilih BBQ grill untuk memenuhi kebutuhan Anda. Simak ulasannya berikut ini !

Pilih tipe grill berdasarkan lokasi penggunaannya

Saat ini ada berbagai tipe dari BBQ grill tersedia, Anda perlu untuk memilih grill berdasarkan gaya dan lokasi acara BBQ Anda.

BBQ grill dengan tipe kaki untuk gaya BBQ tradisional

BBQ grill dengan tipe kaki untuk gaya BBQ tradisional

Tipe ini seringkali dinamakan dengan tipe klasik karena menggunakan kaki. Umumnya tipe ini berukuran besar, karenanya grill ini cocok untuk dikelilingi oleh banyak orang yang memanggang bersamaan. Anda juga dapat menggunakan kursi tinggi untuk duduk memanggang bersama jika menggunakan grill ini.

Biasanya panjang kaki grill ini sekitar 70 cm, cocok digunakan untuk para wanita. Untuk penggunaan oleh para pria, kami sarankan Anda membeli grill dengan tinggi kaki 80 cm. Untuk kenyamanan Anda agar dapat menggunakan grill baik bagi pria dan wanita, ada baiknya Anda membeli grill yang bagian kakinya dapat diubah-ubah tinggi rendahnya.

Tipe meja, mudah dalam pemasangan dan penyimpanan

Tipe meja, mudah dalam pemasangan dan penyimpanan

Tipe ini tidak memerlukan tempat yang luas untuk pemasangannya, Anda cukup meletakannya di atas meja. Tipe ini cocok untuk acara BBQ dengan jumlah orang terbatas dimana Anda dapat duduk bersama mengelilingi meja tempat BBQ grill ini diletakan dan memanggang daging sambil bercengkrama.

Tipe ini umumnya ringan dan berukuran kecil, sehingga mudah dibawa dan disimpan. Juga sangat mudah dalam pemasangan dan membersihkannya. Karenanya tipe ini direkomendasikan untuk para wanita yang ingin mengadakan acara BBQ party.

Tipe dengan penutup untuk berbagai variasi memanggang

Tipe dengan penutup untuk berbagai variasi memanggang

Panggangan jenis ini bisa digunakan untuk berbagai fungsi, selain untuk memanggang Anda bisa menggunakannya sebagai oven dan steamer, maupun untuk memasak berbagai jenis makanan dengan metode pengasapan. Fungsinya yang dapat memasak dengan metode yang bervariasi akan mempermudah Anda untuk menyajikan berbagai jenis makanan saat mengadakan BBQ party.

Umumnya tersedia dalam ukuran yang sedang dan besar, Anda dapat membeli sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk digunakan oleh tamu yang jumlahnya hanya beberapa orang saja, Anda bisa memilih ukuran yang sedang. Untuk tamu dengan jumlah yang banyak maka gunakanlah panggangan ini dalam ukuran yang besar.

Tipe sekali pakai, tidak perlu pemasangan dan tidak perlu dibersihkan

Tipe sekali pakai, tidak perlu pemasangan dan tidak perlu dibersihkan

Bagi Anda yang tidak suka memasang peralatan panggangan dan membersihkannya sehabis BBQ party, tipe ini cocok untuk menjadi pilihan Anda. Tipe ini biasanya sudah dijual satu set grill komplet dengan papan panggangan yang sudah dilengkapi arang atau briket, Anda hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan untuk BBQ saja seperti daging, ayam dan sosis.

Untuk produk sekali pakai, harganya pun cukup ekonomis. Setelah penggunaan, Anda hanya perlu untuk melipatnya dan membuangnya. Tipe ini kurang cocok untuk Anda yang senang melakukan BBQ secara rutin, namun direkomendasikan untuk Anda yang ingin melakukan BBQ sesekali saja.

Pilih besarnya ukuran panggangan berdasarkan jumlah orang

 Pilih besarnya ukuran panggangan berdasarkan jumlah orang

Sangat penting untuk menyesuaikan besarnya ukuran panggangan yang akan Anda gunakan dengan jumlah orang yang akan berpartisipasi dalam acara BBQ. Jika Anda akan ber-BBQ dengan jumlah 2-3 orang, maka ukuran 30 cm x 20 cm pas untuk Anda. Untuk BBQ dengan total 4-5 orang, pilih yang berukuran lebih besar yaitu 40 cm x 30 cm. Untuk jumlah 6 – 8 orang, maka ukuran 60 cm x 40 cm adalah yang paling pas.

Semakin besar ukuran panggangan, maka bahan untuk pemanasan seperti arang atau briket yang diperlukan untuk memanggang tentu jumlahnya akan semakin banyak. Demikian juga saat selesai penggunaan, Anda akan memerlukan energi lebih banyak untuk membersihkannya. Hal-hal ini perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli panggangan dengan ukuran yang besar.

Pilih material panggangan berdasarkan harga dan daya tahannya

Pilih material panggangan berdasarkan harga dan daya tahannya

Panggangan untuk BBQ umumnya terbuat dari material stainless steel dan baja. Meskipun panggangan yang terbuat dari stainless steel umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan yang terbuat dari baja, namun pada umumnya lebih ringan, tahan lama dan memiliki ketahanan yang lebih kuat terhadap karat.

Panggangan yang terbuat dari bahan baja memiliki keunggulan harga yang lebih murah. Namun panggangan tipe ini biasanya cukup berat dan mudah berkarat. Bila Anda sering mengadakan acara BBQ baik dengan keluarga dan teman, kami sarankan Anda membeli panggangan yang terbuat dari stainless steel, sekalipun sedikit lebih mahal namun tahan lama dan ringan.

Bagi Anda yang ingin membeli panggangan dengan harga murah, maka panggangan dari material baja bisa menjadi pilihan Anda. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, Anda bisa menggunakan panggangan ini untuk beberapa kali pemakaian.

Pilih sumber pemanas berdasarkan lokasi penggunaan

Ada 3 tipe sumber pemanas pada panggangan yaitu arang, gas dan listrik. Harga panggangan tentunya berbeda-beda tergantung pada jenis sumber pemanasnya. Berikut ini akan kami jelaskan keunggulan dan kelemahan dari masing-masing sumber pemanas pada panggangan.

Untuk suasana BBQ yang asli, gunakan arang

Untuk suasana BBQ yang asli, gunakan arang

Panggangan jenis tradisional dengan bahan pemanas dari arang sangat cocok untuk menciptakan suasana BBQ yang asli. Bahan-bahan makanan yang dipanggang dengan arang biasanya lebih lezat, sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan suasana BBQ yang sebenarnya. Namun, Anda akan membutuhkan energi dan waktu yang lebih lama untuk mempersiapkan arang untuk panggangan maupun untuk membersihkannya setelah pemakaian. Tetapi itulah seninya BBQ party.

Jika Anda belum terbiasa dengan penggunaan panggangan arang, mungkin akan sulit bagi Anda untuk mempersiapkannya. Karenanya, mari kita pilih panggangan dengan desain yang menggunakan laci untuk tempat meletakan arang sehingga akan mempermudah Anda untuk menambahkan arang, dan alas panggangan yang bisa diatur tinggi rendahnya untuk mempermudah mengatur suhu panas pada makanan yang dipanggang.

Panggangan gas, mudah penggunaannya

Panggangan gas, mudah penggunaannya

Tipe panggangan gas memiliki daya tarik yang besar bagi konsumen karena kemudahannya. Anda tidak membutuhkan energi yang besar untuk persiapannya seperti pada tipe arang. Anda hanya perlu membeli gas dalam kemasan yang dijual dan memasangkannya pada panggangan. Dengan panggangan gas, Anda bisa memastikan api pemanasan yang merata pada panggangan Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir adanya daging yang tidak rata matangnya.

Panggangan jenis ini juga direkomendasi untuk wanita, karena Anda tidak perlu melakukan banyak persiapan pada panggangan sebelum memulai BBQ. Namun sayangnya, jika menggunakan panggangan tipe ini, Anda mungkin tidak bisa merasakan suasana BBQ yang sebenarnya. Selain itu daging hasil panggangan tidak selezat yang dipanggang dengan arang.

Tipe elektrik, sedikit asap dan mudah digunakan di halaman rumah

Tipe elektrik, sedikit asap dan mudah digunakan di halaman rumah

Panggangan tipe elektrik sangat mudah digunakan, cukup dengan menghubungkannya dengan aliran listrik yang stabil. Tidak seperti tipe arang dan tipe gas, umumnya tipe elektrik menghasilkan sedikit saja asap saat proses pemanggangan, karenanya Anda dapat menggunakannya di halaman rumah tanpa harus khawatir asapnya akan menggangu tetangga kiri kanan Anda. Namun perlu diingat, tipe ini tidak dapat digunakan jika tidak ada sambungan listrik, misalnya di pantai atau di gunung.

Jika Anda ingin membeli panggangan tipe ini, pastikan lokasi BBQ Anda nantinya memiliki sambungan listrik. Seperti halnya dengan panggangan gas, panggangan tipe elektrik ini bisa memberikan pemanasan yang merata pada daging. Namun, jika Anda ingin suasana BBQ yang sebenarnya seperti pada panggangan arang, maka tipe ini tidak cocok untuk digunakan.

Pilih bagian pada panggangan yang dapat dibeli secara terpisah

Pilih bagian pada panggangan yang dapat dibeli secara terpisah

Bagian jaring panggangan adalah bagian yang mudah rusak setelah beberapa kali pemakaian. Demikian juga ada bagian-bagian lain dari panggangan yang perlu untuk diganti setelah pemakaian berulang kali. Karena itu Anda perlu mengecek apakah bagian-bagian yang mudah rusak tersebut dapat dibeli secara terpisah dan dapat diganti.

Demikian juga dengan bagian laci arang dan alas panggangan dari baja yang mungkin juga perlu diganti setelah sekian lama pemakaian.

10 Rekomendasi BBQ grill terbaik

BBQ grill seperti apakah yang menjadi idaman Anda? Berikut ini akan kami tampilkan 10 rekomendasi panggangan terbaik. Selamat menyimak dan temukan pilihan panggangan terbaik Anda !

10. Maspion Fancy Grill

10. Maspion Fancy Grill

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 100.000

Simpel dan ekonomis

Ingin memanggang ayam dan ikan di rumah tapi tidak punya panggangan? Kini Maspion hadir dengan panggangan simpel yang dapat Anda gunakan di dapur rumah Anda. Tampilannya mungkin sekilas terkesan sederhana dan kurang meyakinkan apakah produk ini mampu memanggang daging, ayam dan ikan. Jangan khawatir, produk ini teruji mampu memanggang berbagai jenis makanan.

Anda hanya cukup memanaskannya di atas kompor Anda, lingkaran di tengah panggangan yang sekilas terlihat seperti sisik ikan dengan lubang-lubang, akan berputar ketika ada nyala api di bawahnya. Lingkaran ini didesain untuk mengubah panas api dari kompor seolah-olah menjadi seperti bara yang akan memanggang makanan dengan sempurna. Harganya yang ekonomis menambah nilai plus produk ini.

9. MSG-9800 Portable BBQ Grill Gas Stove

9. MSG-9800 Portable BBQ Grill Gas Stove

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 943.700

Panggangan gas portabel dengan sinar inframerah

Berencana mengadakan BBQ party di pinggir pantai bersama keluarga? Produk panggangan ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Panggangan gas portabel menggunakan gas untuk sumber pemanasannya, Anda bisa memilih untuk menggunakan gas butane ataupun gas LPG ukuran 3 kg. Persiapan BBQ party Anda akan lebih mudah, Anda cukup memutar tombolnya dan panggangan bisa langsung digunakan.

Bobotnya sekitar 2,4 kilogram membuat panggangan ini mudah untuk dibawa kemana saja ketika Anda akan mengadakan BBQ party. Salah satu yang menjadi fitur andalannya adalah metode pemanasannya yang menggunakan energi sinar inframerah, sehingga makanan yang Anda panggang tidak akan sampai gosong dan matang dengan merata. Tunggu apalagi, yuk segera pesan produk ini !

8. Kanzler BBQ Instant Grill

8. Kanzler BBQ Instant Grill

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Praktis untuk sekali pakai

Anda mencari panggangan sekali pakai yang sudah lengkap dengan arang dan jaring panggangan? Kanzler menawarkan panggangan sekali pakai yang komplet. Satu paket ini sudah termasuk kertas minyak, arang, jaring panggangan dan alas panggangan. Anda hanya perlu mempersiapkan bahan makanan untuk BBQ saja.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah, nyalakan api pada bagian arang dan biarkan sampai arang menjadi seperti bara. Kemudian Anda bisa mulai memanggang daging dan sosis diatasnya. Panasnya bisa bertahan sampai kurang lebih 90 menit, cukup untuk mempersiapan daging BBQ untuk makan siang atau malam keluarga Anda. Setelah pakai, Anda hanya perlu melipatnya dan membuangnya di kotak sampah. Praktis bukan !

7. Marco W7A1198 Portabel BBQ Grill Arang

7. Marco W7A1198 Portabel BBQ Grill Arang

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 226.000

Panggangan dapat dilipat dan alas panggangan dapat diatur ketinggiannya

Meskipun memiliki 4 kaki, kaki panggangan ini dapat dilipat sehingga akan memudahkan Anda untuk memindahkannya ataupun membawanya ke lokasi BBQ. Ketika dilipat, akan berbentuk seperti tas koper kecil dengan kunci dan pegangan pada salah satu sisinya. Tinggi kaki panggangan 14,5 cm sehingga panggangan bisa diletakan diatas meja saat Anda memanggang makanan.

Panggangan arang membuat makanan yang dipanggang terasa lebih lezat. Namun pemanasan dari arang seringkali tidak merata, jika terlalu panas maka makanan yang dipanggang akan cepat gosong dan menghitam. Karenanya panggangan ini dilengkapi dengan fitur pengatur ketinggian alas panggangan, yang dapat Anda naikan atau turunkan sekitar 3 cm. Dengan begitu Anda dapat memastikan makanan Anda tidak gosong.

6. OEM BBQ Grill Pan Anti Lengket

6. OEM BBQ Grill Pan Anti Lengket

 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 188.000

Anti lengket, tahan lama dan tidak mudah berkarat

OEM mengeluarkan produk wajan BBQ anti lengket yang dibuat dengan material berkualitas tinggi sehingga tahan lama dan tidak mudah berkarat. Wajan BBQ anti lengket ini mudah dibersihkan karena sisa-sisa bakaran daging maupun sayuran tidak akan lengket dan menempel pada wajan. Pada lingkaran sisi luarnya terdapat bagian yang menampung minyak dan lemak yang keluar dari sisa bakaran daging, membuat wajan bagian atas tetap bersih.

Bila Anda rutin melakukan BBQ bersama keluarga, wajan berdiameter 32 cm ini cocok untuk digunakan oleh 2-3 orang, Anda dapat menggunakannya di dalam atau di pekarangan rumah Anda. Sumber pemanasannya dapat menggunakan kompor listrik atau kompor gas, jika Anda ingin menggunakan di luar rumah, Anda bisa memakai kompor gas portabel.

5. Getra ET-K222 Panggangan 4 Tungku

5. Getra ET-K222 Panggangan 4 Tungku

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 849.500

Berukuran besar dengan 4 tungku

Anda mencari panggangan berukuran besar untuk usaha restoran Anda? Produk ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda, bentuknya menyerupai kompor gas dengan 4 buah tungku pemanggang sangat cocok dipakai untuk restoran yang membutuhkan panggangan berukuran besar untuk memanggang berbagai menu andalan Anda. Menggunakan sumber pemanas dari gas, sehingga mengurangi asap yang timbul saat proses pemanggangan.

Tepat di atas tungku apinya dilengkapi dengan kaca berbentuk setengah lingkaran yang tahan panas, berfungsi untuk melindungi tungku api agar tidak terkena tetesan bumbu, minyak atau lemak dari daging yang sedang dipanggang di atasnya. Bagian bawahnya juga dilengkapi dengan alas panggangan yang dapat dilepaskan sehingga mudah dibersihkan. Pada bagian ini biasanya tetesan bumbu, minyak atau potongan sisa makanan kadang terjatuh.

4. KD 30815 Panggangan Kaki Beroda

4. KD 30815 Panggangan Kaki Beroda

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Untuk berbagai variasi memasak, kaki tinggi dan beroda

Panggangan dengan tutup umumnya dapat digunakan untuk berbagai variasi memasak, baik dengan cara memanggang, mengukus, atau pun mengasap. Dengan panggangan bertutup ini, Anda bisa mencoba berbagai variasi masakan untuk acara BBQ Anda. Tentunya tamu Anda akan semakin senang dapat mencoba berbagai cara dalam menyiapkan makanan.

Bentuk kakinya yang panjang, dengan tinggi kurang lebih 74 cm membuatnya semakin mudah digunakan jika Anda ingin BBQ dengan posisi berdiri mengelilingi panggangan bersama rekan-rekan atau kerabat Anda. Dilengkapi dengan 2 buah roda pada 2 kakinya akan memudahkan Anda untuk memindahkannya. Sangat cocok digunakan untuk pesta kebun bersama rekan dan kerabat.

3. Severin PG 8522 Stainless Steel Grill

3. Severin PG 8522 Stainless Steel Grill

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.900.000

Material stainless steel tahan lama, anti lengket dan aman untuk dishwasher

Bagi Anda yang suka mengadakan acara dengan konsep standing BBQ, produk panggangan Severin didesain dengan ketinggian yang ergonomis sesuai kebutuhan Anda. Menggunakan material stainless steel berkualitas tinggi menjadikan produk ini tahan lama, tidak mudah berkarat dan dapat digunakan untuk jangka panjang.

Alas panggangan terbuat dari bahan anti lengket sehingga mudah untuk dibersihkan setelah penggunaan. Anda juga bisa melapisinya dengan minyak sebelum digunakan sehingga mempermudah Anda ketika membersihkannya. Pencucian alas panggangan juga dapat menggunakan mesin pencuci piring dan tidak perlu khawatir alas panggangan menjadi rusak. 

2. Oxone BBQ Grill

2. Oxone BBQ Grill

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 226.000

Panggangan arang bertutup, anti karat dan tahan lama

Oxone menawarkan panggangan untuk kegiatan BBQ outdoor yang terbuat dari material aluminium yang tahan karat dan tahan lama. Dengan model bertutup, akan mempercepat proses pemanggangan daging karena suhu panas yang dapat dipertahankan. Panggangan tipe arang ini membuat rasa daging dan makanan yang dipanggang lebih lezat dan Anda mendapatkan suasana BBQ yang sebenarnya.

Bagi Anda dan keluarga yang senang melakukan aktivitas BBQ rutin di luar rumah, produk ini pas menjadi pilihan Anda. Materialnya yang tahan lama membuatnya dapat digunakan berulang kali, Anda hanya perlu membersihkannya setelah pemakaian dan jangan lupa untuk mengalasi bagian bawahnya dengan aluminium foil sebelum meletakan arang agar mudah dibersihkan.

1. Philips Table Grill HD6320

1. Philips Table Grill HD6320

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 830.000

Panggangan elektrik besar dengan 2 jenis alas panggangan

Pesta BBQ di dalam rumah, kenapa tidak? Panggangan elektrik untuk 4-5 orang ini sangat cocok digunakan di dalam rumah, tanpa khawatir rumah Anda dipenuhi asap panggangan daging dan meninggalkan aroma dalam rumah. Anda dapat memanggang berbagai jenis makanan dalam rumah Anda hanya dengan menyambungkan panggangan ini pada steker listrik.

Alas panggangan terdiri dari 2 tipe, alas panggangan bergerigi atau bergelombang sangat pas untuk memanggang daging steak sirloin, wagyu, ribs atau dada ayam dan mendapatkan efek garis-garis panggangan pada daging yang menggoda. Alas panggangan berbentuk datar cocok digunakan untuk memanggang sayuran seperti paprika, jamur, udang dan sebagainya. Anda hanya tinggal menganti-ganti alas panggangan sesuai dengan selera Anda.

Membersihkan panggangan

Membersihkan panggangan

Anda menyukai kegiatan BBQ tapi tidak suka membersihkan peralatannya setelah pemakaian. Sebenarnya sangat mudah untuk membersihkannya, silahkan disimak tips-nya berikut ini.

Pertama, sebelum Anda menggunakan panggangan, oleskan minyak atau cuka pada panggangan Anda. Untuk panggangan tipe arang, Anda dapat melapisi panggangan Anda dengan aluminium foil sebelum Anda meletakan arangnya. Jangan letakan arang langsung pada panggangan. Menambahkan lapisan aluminium foil ini akan mempermudah Anda saat membersihkannya.

Coba masing-masing tipe panggangan

Coba masing-masing tipe panggangan

Cara terbaik untuk mengetahui jenis panggangan apa yang paling cocok untuk Anda adalah dengan mencobanya terlebih dahulu. Untuk keperluan ini, Anda dapat mencoba untuk menyewa masing-masing tipe panggangan untuk mengujinya apakah sesuai dengan keinginan Anda.

Kesimpulan

Apakah ulasan dan rekomendasi di atas membantu Anda untuk menemukan tipe panggangan idaman Anda? Pertimbangkanlah dan bandingkan masing-masing produk berdasarkan fungsinya, materialnya, dan harganya sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Semoga artikel ini membantu Anda dalam memutuskan jenis panggangan apa yang akan melengkapi koleksi Anda di rumah. Selamat berbelanja dan temukan panggangan terbaik bagi Anda dan keluarga !