10 Rekomendasi Running Backpack Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Running Backpack Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Jika Anda pecinta olahraga lari atau mungkin senang berjalan kaki jarak jauh, kehadiran running backpack tentu akan sangat membantu aktivitas Anda tersebut. Apalagi saat ini sudah banyak merek terkenal seperti Adidas, Deuter, The North Face dan lainnya yang mengeluarkan produk running backpack andalan.

Sebelum membeli running backpack, Anda perlu memastikan bahwa penggunaannya tidak akan menganggu pergerakan. Kali ini kami akan menunjukkan cara memilih running backpack yang nyaman digunakan. Tidak lupa kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk running backpack dari berbagai merek dan membahas keunggulannya masing-masing!

Daftar isi

Cara memilih running backpack

Hal yang perlu dipastikan dalam memilih running backpack adalah memilih yang pas melekat pada badan sehingga posisinya tidak terlalu bergoyang saat Anda berlari. Selain dari pertimbangan itu, berikut kami akan menjelaskan beberapa poin lain yang penting dalam memilih running backpack untuk mendukung kenyamanan Anda dalam berlari.

Pilih kapasitas running backpack sesuai kebutuhan

Pilih kapasitas running backpack sesuai kebutuhan

Pertama-tama, poin penting yang perlu diperhatikan adalah kapasitas dari running backpack itu sendiri. Biasanya running backpack berkapasitas kecil mampu memuat barang hingga 0,5 liter, dan ada juga yang memiliki kapasitas besar hingga 20 liter. Dalam memilih kapasitas running backpack, Anda harus menyesuaikan dengan jumlah barang yang akan dibawa. Misalnya ketika Anda hanya akan melakukan olahraga lari dalam jarak pendek atau saat mengikuti lomba lari yang menyediakan minuman di tengah rute yang ditempuh, akan lebih baik jika Anda memilih running backpack dengan kapasitas kecil yang tidak akan menambah beban.

Sementara jika Anda melakukan latihan dalam jarak cukup jauh seorang diri, atau mengikuti lomba yang mengharuskan Anda membawa barang-barang kelengkapan sendiri, akan lebih baik jika Anda memilih running backpack dengan kapasitas lebih besar.

Meskipun mungkin ada di antara Anda yang merasa running backpack dengan kapasitas besar lebih praktis karena bisa memuat barang dalam jumlah banyak maupun sedikit, kami tidak merekomendasikan running backpack berkapasitas besar untuk barang bawaan yang sedikit karena justru akan menganggu kenyamanan Anda dalam bergerak atau berlari. Untuk itu, ada baiknya jika Anda untuk memiliki dua running backpack dengan kapasitas berbeda yang pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Perhatikan breathability pada sisi belakangnya

Perhatikan breathability pada sisi belakangnya

Saat berlari, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Ketika Anda menyandang running backpack, keringat di bagian belakang akan sulit menguap dan akan berkumpul di area punggung. Hal ini tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan saat berlari dan dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti iritasi kulit.

Untuk itu, saat akan membeli running backpack, pastikan material yang digunakan memiliki breathability yang sangat baik terutama di bagian belakangnya yang akan menempel dengan punggung Anda. Saat ini ada juga beberapa produk memasukkan bahan pendingin di bagian belakang sehingga akan membuat Anda lebih nyaman saat berlari.

Periksa jumlah dan posisi kantong yang tersedia

Periksa jumlah dan posisi kantong yang tersedia

Poin lainnya yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih running backpack adalah kemudahan dalam mengambil barang saat tengah berlari. Jika Anda memasukkan semua barang ke dalam saku bagian dalam tas, Anda harus berhenti setiap kali ingin mengeluarkannya. Hal ini tentu akan menambah gerakan yang tidak perlu dan bisa menyulitkan .

Jika di bagian luar tas terpasang kantong terpisah, Anda dapat mengambil barang yang Anda butuhkan hanya dengan mengulurkan tangan saat berlari sehingga Anda tidak perlu berhenti untuk membuka kantong tas bagian dalam.

Jadi, saat memilih running backpack, periksalah jumlah dan posisi kantong ekstra yang tersedia. Akan lebih mudah bagi Anda untuk mengeluarkan barang apabila terdapat kantong di bagian bahu atau sisi kanan dan kiri untuk mengurangi pergerakan yang tidak perlu.

Periksa posisi tempat botol

Periksa posisi tempat botol

Mungkin poin ini agak tumpang tindih dengan pertimbangan jumlah kantong sebelumnya, tetapi kantong untuk botol juga sangat penting untuk diperhatikan guna memastikan pasokan air selama Anda berlari tetap terjaga dengan baik. Hal ini karena kelancaran pasokan air dapat mempengaruhi stabilitas gerakan Anda. Jadi mari periksa juga posisi kantong botol pada running backpack yang akan Anda pilih.

Idealnya, kantong botol berada di tempat yang tidak mengganggu Anda dan mudah dijangkau selama berlari. Khusus untuk pelari jarak jauh, biasanya dibutuhkan lebih dari satu botol air minum. Untuk kebutuhan semacam itu, periksa juga berapa banyak botol yang bisa diletakkan di kantong luar suatu produk.

Periksa apakah tersedia sistem hidrasi

Kelancaran sistem hidrasi

Hal lain yang perlu diperhatikan sehubungan dengan pasokan air pada sebuah running backpack adalah kenyamanan sistem hidrasinya. Dengan sistem ini, Anda bisa menyimpan kantong berisi air di dalam running backpack dan meminumnya langsung dengan sedotan. Hal ini sangat baik untuk mengurangi pergerakan yang tidak perlu dibandingkan dengan meminum air dari botol. Oleh karena itu, saat Anda memilih running backpack, periksalah juga kompatibilitas sistem hidrasinya.

Sebagian besar running backpack hanya menyediakan ruang khusus untuk memasukkan kantong berisi air beserta lubang untuk dilewati slang. Sedangkan slang atau sedotannya sendiri biasanya dijual terpisah. Jadi, jangan lupa untuk memastikan ketersediaan slang ini serta berapa liter kapasitas air yang bisa dimasukkan untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi running backpack terbaik

Setelah mengetahui cara memilih running backpack yang tepat, sekarang kami akan memberikan rekomendasi 10 produk running backpack yang telah kami pertimbangkan dari segi manfaat serta cost & performance-nya. Dengan ukuran dan desain yang berbeda, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Mardingtop Hydration Pack

10. Mardingtop Hydration Pack

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 814.000

Kantong berbahan mesh dan memudahkan menyimpan barang kecil

Mardingtop Hydration Pack merupakan running backpack yang menggunakan bahan anti air pada lapisan luarnya sehingga aman digunakan dalam berbagai kondisi cuaca. Running backpack ini menggunakan bantalan mesh pada bagian punggung untuk memperlancar sirkulasi udara agar lebih nyaman digunakan.

Running backpack ini memiliki bobot cukup ringan, yaitu 280 gram, dengan Sistem hidrasi yang mampu menampung 2 liter air sebagai bekal perjalanan Anda. Dua kantong dengan bahan mesh pada bagian bahu memungkinkan Anda menyimpan dan memudahkan dalam pengambilan berbagai perlengkapan berukuran kecil.

9. Aonijie Cross Country Backpack

9. Aonijie Cross Country Backpack

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 342.000

Running backpack mungil dengan banyak kantong

Hanya dengan berat 225 gram, Aonijie Cross Country Backpack ini mampu menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan selama Anda bergerak. Meski ukurannya mungil, running backpack berkapasitas 5 liter ini memiliki tempat penyimpanan botol pada bagian strap untuk ukuran hingga 600 ml dan tersedia juga kompartemen sistem hidrasi berkapasitas 1,5 liter.

Selain itu, salah satu strap-nya juga dapat dijadikan sebagai kantong untuk menaruh smartphone hingga ukuran sekitar 13 cm. Running backpack mungil ini juga menyediakan tempat penyimpanan snack pada elastic string bag-nya sehingga mudah mengambilnya bahkan saat Anda sedang berlari. Produk ini didesain dengan strap yang kokoh dan stabil agar posisi backpack tidak mudah bergeser.

8. Teton Sports Trail Runner 2.0

8. Teton Sports Trail Runner 2.0

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.025.000

Dilengkapi shock absorber untuk kenyamanan lari Anda!

Running backpack dengan sistem hidrasi berventilasi dari Teton Sports Trail Runner 2.0 ini memiliki sistem hidrasi berkapasitas hingga 2 liter, cocok untuk Anda yang akan melakukan lari jarak jauh. Running backpack dengan desain minimalis ini memiliki kantong dalam yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai keperluan lari Anda.

Tali pinggang dan bahu pada running backpack ini dapat disesuaikan dengan proporsi badan pria maupun wanita sehingga pas di badan dan nyaman digunakan saat berlari. Dilengkapi dengan tali mesh yang lebar dan shock absorber pada bagian dada, running backpack ini juga didesain untuk mampu mengurangi goncangan saat Anda berlari.

7. Tucano Luna Reflective Running Backpack

7. Tucano Luna Reflective Running Backpack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 629.300

Running backpack dengan bahan reflektif yang memantulkan cahaya

Tucano Luna adalah salah satu running backpack yang sangat tipis, ringan, serta memiliki desain yang inovatif! Bentuknya yang ergonomis menjadikannya mampu beradapatasi dengan badan manusia selama bergerak sehingga menimbulkan rasa nyaman yang membuat Anda lupa bahwa Anda sedang mengenakan running backpack!

Running backpack ini menggunakan bahan waterproof yang memantulkan cahaya pada bagian depan dan tali sehingga tetap dapat terlihat meski digunakan pada kondisi gelap. Anda juga dapat mengatur kenyamanan pemakaian dengan adjustable strap yang tersedia. Selain itu, terdapat juga kompartemen yang cukup luas untuk menyimpan air minum, serta kantong elastis pada tali dada untuk memuat smartphone.

6. Adidas Unisex Urban Running

6. Adidas Urban Running

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.950.000

Desain sporty dan minimalis untuk pemakaian sehari-hari

Sebagai salah satu merek terkemuka, Adidas juga memproduksi running backpack dengan kualitas yang tidak kalah dari merek lain. Adidas Unisex Urban Running ini terbuat dari bahan polyster twill yang ringan agar penggunanya bisa bebas bergerak. Selain untuk aktivitas lari, desain sporty minimalis khas Adidas menjadikan running backpack ini cocok digunakan untuk sehari-hari.

Produk ini memiliki satu kompartemen utama beritsleting dan dua kantong mesh terbuka pada bagian samping kanan dan kiri. Bagian belakangnya telah disesuaikan dengan bentuk tulang punggung orang dewasa sehingga nyaman untuk dikenakan. Adjustable strap yang tersedia juga memungkinkan pengaturan dengan mengikuti proporsi badan Anda.

5. The North Face Electra

5. The North Face Electra

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 950.000

Running backpack dengan desain khusus untuk proporsi tubuh wanita

Seri running backpack yang dikhususkan untuk wanita dari The North Face ini memiliki tali bahu dan tali belakang yang didesain sesuai dengan proporsi tubuh wanita. Jadi, bagi Anda para wanita yang merasa kurang sreg menggunakan running backpack unisex, Anda dapat memilih produk ini untuk aktivitas lari yang lebih nyaman!

Running backpack ramping dari The North Face ini memiliki kapasitas 12 liter, cukup besar untuk menampung kebutuhan Anda selama berlari. Bagian punggung dan tali bahunya terbuat dari bahan mesh yang lembut dan memiliki breathability yang baik untuk memperlancar sirkulasi udara. Terdapat juga kantong ritsleting tersembunyi di samping kirinya untuk menyimpan barang berukuran kecil.

4. Osprey Duro 15

4. Osprey Duro 15

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.993.000

Running backpack dengan teknologi bounce free stability

Untuk penggunaan aktivitas lari sehari-hari, Osprey Duro 15 yang minimalis ini bisa menjadi pilihan running backpack yang tepat bagi Anda. Running backpack ini dilengkapi dengan teknologi bounce free stability yang dirancang untuk memberikan kenyamanan luar biasa saat Anda bergerak!

Meskipun minimalis, running backpack berkapasitas 15 liter ini didesain dengan banyak ruang sehingga mampu menampung botol minum, handuk, dan perlengkapan berlari lainnya. Kantong mesh tambahan di bagian depan dapat digunakan untuk menyimpan snack sebagai bahan bakar Anda selama berlari. Ransel ini juga dilengkapi ruangan untuk menyimpan mantel hujan dan tambahan layer jika diperlukan.

3. Salomon Trail 20

3. Salomon Trail 20

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500.000

Running backpack dengan kelancaran sirkulasi udara yang tinggi

Salomon Trail 20 ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan running backpack berkapasitas besar. Produk berkapasitas 20 liter ini didesain untuk mendistribusikan beban secara seimbang dan menawarkan kemudahan kepada penggunanya. Dengan satu kompartemen utama dan lima kantong tambahan, produk ini memastikan Anda dapat mengemas barang yang Anda butuhkan dengan lebih leluasa dan nyaman.

Bagian belakang running backpack dari Salomon menggunakan material yang mampu mengeluarkan keringat dan menggunakan teknologi airvent agility yang merupakan konstruksi bagian punggung terbaik yang memfokuskan pada kelincahan, kesimbangan, serta kenyamanan dalam berlari. Tali pada bagian bahunya juga menggunakan bahan 3D airmesh untuk kenyamanan Anda serta untuk memperlancar sirkulasi udara.

2. Camelbak Circuit Vest

2. Camelbak Circuit Vest

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.148.000

Running backpack dengan kenyamanan dan keamanan tinggi

Salah satu running backpack yang populer di kalangan para pengguna adalah Camelbak Circuit Vest. Desain terbaru dari tipe circuit ini memiliki bobot 30% lebih ringan dan dilengkapi dengan resevoir crux yang mampu menampung air 1,5 liter dan mengalirkan air 20% lebih banyak pada setiap sedotannya. Pegangan ergonomisnya juga memudahkan pengisian ulang dan terdapat tuas on/off untuk mencegah kebocoran.

Bagian belakang running backpack ini menggunakan bahan 3D mesh berventilasi sehingga aliran udara dari berbagai arah menjadi lebih lancar dan menjamin breathability-nya tetap terjaga. Produk ini juga dilengkapi dengan banyak kantong, salah satunya kantong untuk telepon seluler yang mudah dijangkau dan dilengkapi ritsleting pengaman.

1. Deuter Speed Lite 10

1. Deuter Speed Lite 10

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.729.821

Running backpack dengan frame besi untuk menjaga stabilitas

Deuter Speed Lite 10 merupakan running backpack dengan kapasitas 10 liter yang ringan sehingga cocok untuk para pecinta olahraga seperti lari atau jalan jarak jauh. Running backpack dengan berat 350 gram ini menggunakan bahan 90% polyamide yang sangat kuat namun juga ringan sehingga tidak membebani penggunanya tapi tetap terjamin ketahanannya.

Bantalan pada bagian belakang running backpack ini menggunakan bahan 3D mesh berventilasi yang memiliki breathability tinggi untuk melancarkan sirkulasi udara dan meminimalisasi kelembapan akibat keringat. Produk ini juga dilengkapi teknologi rangka “Delrin U-frame” yang didesain untuk mendistribusikan beban secara merata guna memberikan stabilitas serta kenyamanan saat digunakan.

Kesimpulan

Membawa beban saat berlari mungkin akan membuat Anda merasa kurang nyaman. Namun, ada kalanya Anda harus membawa smartphone, baju ganti, atau botol minum saat akan berlari. Untuk itu, menemukan running backpack yang pas di badan dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang sangat penting!

Semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi untuk membantu Anda dalam memilih running backpack yang paling sesuai dengan pemakaian Anda. Temukanlah running backpack favorit Anda dan nikmatilah olahraga lari dengan lebih nyaman!