1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Running
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tas Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tas Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tas Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tas Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tas Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tas Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tas Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Jika Anda sering mengikuti trail running, keberadaan tas trail run tentu menjadi sangat penting. Saat ini banyak merek ternama, seperti EIGER, Aonijie, dan CARION yang mengeluarkan tas trail run yang bagus dan berkualitas. Namun, sebelum membeli, Anda perlu memastikan bahwa penggunaannya tidak mengganggu pergerakan.

Agar Anda mendapatkan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Tak hanya sampai di situ, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi tas untuk trail running dan mengulasnya untuk Anda. Jadi, simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 06-22-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu trail running?

Apa itu trail running?

Trail running merupakan olahraga lari yang medan atau lintasannya di alam bebas, seperti pegunungan, gurun, ataupun hutan. Tak hanya memberikan manfaat secara fisik, trail running pun memiliki manfaat psikologis. Dengan melihat keindahan alam sekitar dan menikmati udara yang sejuk, otomatis Anda akan merasa lebih relaks.


Umumnya, trail running memiliki lintasan yang cukup menantang dengan jarak yang lumayan panjang. Jadi, Anda harus mempersiapkan berbagai barang bawaan, seperti energy bar, air minum, vitamin, bahkan baju ganti. 


Karena barang yang dibawa cukup banyak, Anda memerlukan tas trail run untuk membawa semua barang-barang tersebut. Kebanyakan tas trail running memiliki desain yang compact dengan kantong khusus water bladder ataupun botol minum. Alhasil, Anda akan lebih nyaman membawa barang bawaan tanpa khawatir pergerakan akan terganggu.

Cara memilih tas trail running

Untuk mendapat tas trail running terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu menyimak beberapa poin berikut ini. Ada lima hal yang perlu Anda perhatikan, mulai dari jenis, kapasitas, hingga kelebihan yang ditawarkan. Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

① Kenali jenis tas trail running

Pada umumnya, ada dua jenis tas trail running yang dijual di pasaran, yakni hydropack dan hydration vest. Kedua jenis tersebut memiliki karakteristik dan kelebihan yang berbeda. Lalu, apa saja itu?


  • Hydration pack (hydropack)
Tas trail run jenis ini kebanyakan memiliki kompartemen yang lebih beragam. Ukuran yang ditawarkan pun cenderung lebih besar. Beberapa produk memiliki detail yang lengkap, misalnya adjustable strap yang berada di bagian depan, samping, bahkan pinggang tas.

  • Hydration vest

Seperti namanya, trail running vest memiliki tampilan yang hampir sama dengan rompi. Dibandingkan hydropack, jenis ini lebih ringan, bahkan ada yang bobotnya hanya 130 gram. Hydration vest mempunyai ukuran yang fit di badan sehingga tidak akan mudah bergoncang saat dipakai untuk trail running.

② Pilih kapasitas tas trail running sesuai kebutuhan

Pilih kapasitas tas trail running sesuai kebutuhan
Selanjutnya, Anda perlu mengecek kapasitasnya. Ada berbagai produk dengan kapasitas beragam, mulai dari 3 liter hingga 25 liter. Untuk memilih kapasitas yang pas, Anda harus menyesuaikan jumlah barang yang akan dibawa. Sebagai contoh, ketika jarak trail running cukup pendek, pilihlah produk berkapasitas kecil. Sebaliknya, bawalah yang berkapasitas besar jika jarak trail running cukup jauh.

Kami tidak menyarankan Anda membeli produk berkapasitas besar jika hanya dipakai untuk membawa sedikit barang. Hal tersebut malah akan mengganggu kenyamanan Anda dalam bergerak atau berlari. Untuk itu, sebaiknya Anda memiliki dua tas trail run berbeda kapasitas agar pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

③ Perhatikan breathability-nya

Perhatikan breathability-nya
Sumber: aonijie.com
Saat trail running, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Ketika Anda menyandang tas, keringat di punggung atau bahu akan sulit menguap dan membuat Anda merasa gerah. Selain membuat tidak nyaman, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah lain, seperti munculnya jamur atau biang keringat.

Untuk itu, saat membeli tas trail run pastikan material pada sisi belakangnya memiliki breathability yang baik. Sebagai contoh, material mesh akan cocok karena tidak membuat pengap. Kini, ada juga produk yang dilengkapi bahan pendingin di bagian belakang sehingga akan membuat Anda lebih nyaman.

④ Periksa beberapa detail penunjang aktivitas trail running

Selanjutnya, Anda juga perlu memeriksa detail lain yang dapat menunjang trail running. Sebagai contoh, Anda bisa mengecek jumlah kantong, posisi kantong untuk botol minum, dan ketersediaan sistem hidrasi.

Jumlah dan posisi kantong yang tersedia

Kemudahan mengambil barang saat tengah berlari merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Bayangkan jika Anda harus berhenti setiap kali ingin mengeluarkan barang, hal ini tentu akan menyulitkan. Apabila terdapat kantong di bagian luar, Anda hanya perlu mengulurkan tangan untuk mengambil barang yang dibutuhkan. 

Selain itu, periksa juga jumlah dan posisi kantong yang tersedia. Akan lebih mudah bagi Anda untuk mengeluarkan barang apabila terdapat kantong di bagian bahu atau sisi kanan dan kiri. Jumlah dan posisi kantong sangat penting untuk mengurangi pergerakan yang tidak perlu.

Posisi tempat botol yang mudah dijangkau

Posisi tempat botol yang mudah dijangkau
Sumber: aonijie.com
Selain kantong tambahan di luar tas, posisi kantong untuk botol juga sangat penting untuk diperhatikan. Pasokan air selama trail running harus terjaga dengan baik. Hal ini karena kelancaran pasokan air dapat memengaruhi stabilitas gerakan Anda. Idealnya, kantong botol berada di tempat yang tidak mengganggu dan mudah dijangkau selama berlari.

Khusus untuk trail running jarak jauh, biasanya dibutuhkan lebih dari satu botol air minum. Untuk kebutuhan semacam itu, periksa juga berapa banyak botol yang bisa diletakkan di kantong luar tas.

Ketersediaan sistem hidrasi agar mengurangi pergerakan yang tak berarti

Ketersediaan sistem hidrasi agar mengurangi pergerakan yang tak berarti
Hal lain yang perlu diperhatikan sehubungan dengan pasokan air adalah sistem hidrasi pada tas trail run. Dengan sistem ini, Anda bisa menyimpan kantong air di dalam tas dan meminumnya langsung melalui sedotan. Hal ini sangat baik untuk mengurangi pergerakan yang tidak perlu ketimbang meminum air dari botol. Jadi, ingat untuk memeriksa juga ketersediaan sistem hidrasinya, ya.

Kebanyakan tas trail run hanya menyediakan ruang khusus untuk memasukkan kantong berisi air beserta lubang untuk dilewati slang air. Sementara itu, slang atau sedotannya sendiri biasanya dijual terpisah. Lalu, jangan lupa juga untuk memastikan berapa liter kapasitas air yang bisa dimasukkan ke dalam tas, ya!

⑤ Cek kelebihan lainnya

Cek kelebihan lainnya
Sumber: aonijie.com

Last but not least, periksalah kelebihan yang ditawarkan. Saat ini, kelebihan yang ditawarkan oleh tas trail run sangat beragam. Namun, kelebihan yang paling banyak ditemui, yakni pengait trekking pole, reflektor, bahkan ada yang tahan air dan lightweight. Berikut ini penjelasan selengkapnya.


  • Tahan air

Cuaca memang susah untuk diprediksi. Untuk berjaga-jaga apabila hujan turun, pilihlah tas trail run yang tahan terhadap air. Dengan demikian, Anda tidak perlu takut barang bawaan menjadi basah atau rusak akibat terpapar air


  • Reflector

Anda berencana mengikuti trail running jarak jauh yang membutuhkan waktu lama, bahkan sampai malam hari? Kalau begitu, produk yang dilengkapi reflektor cocok dipilih. Keberadaan reflector yang dapat menyala dalam gelap akan membuat pengguna jalan di sekitar menyadari keberadaan Anda.


  • Pengait trekking pole

Sering kali, jalur trail running cukup berat, seperti jalan bebatuan ataupun jalan yang menanjak. Agar dapat menjaga keseimbangan, disarankan Anda membawa trekking pole. Untuk memudahkan Anda membawanya, produk dengan pengait trekking pole dapat dipertimbangkan. Ketika sedang tidak perlu memakainya, tinggal kaitkan saja di tas kesayangan.


  • Lightweight

Dibanding jenis tas punggung lainnya, tas trail running memang terbilang lebih ringan. Namun, jika Anda ingin merasakan kenyamanan seperti tidak memakai tas, produk dengan keunggulan lightweight patut Anda lirik. Umumnya, bobot tas trail running yang masuk ke dalam kategori lightweight berkisar 130–250 gram. Menariknya, beberapa produk ada yang foldable juga, lho!

10 Rekomendasi tas trail running terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tas trail running terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

CROOSTRACK

Hydropack System

CROOSTRACK Hydropack System 1枚目

Harganya cukup ekonomis, water-resistant pula

2

Reuma

Hydration Vest

Reuma Hydration Vest 1枚目

Kantong botol minumnya banyak, tubuh jadi tetap terhidrasi

3

GHENUS

TIGREAL-X1

GHENUS TIGREAL-X1 1枚目

Sudah dilengkapi dengan water bladder, lho!

4

EIGER

Pacemaker 10 1.0

EIGER Pacemaker 10 1.0 1枚目

Produk lokal dengan kualitas yang tak main-main

5

CARION

Casey 2.0 Hydropack

CARION Casey 2.0 Hydropack 1枚目

Dilengkapi kompartemen untuk tablet berukuran 8 inci

6

Elfs Active

Hydropack

Elfs Active Hydropack 1枚目

Tahan terhadap goresan sekaligus air!

7

Aonijie

Reflective Hydration Vest

Aonijie Reflective Hydration Vest 1枚目

Sangat ringan, rasanya seperti tidak mengenakan tas

8

Decathlon

Kalenji Evadict Tas Lari

Decathlon Kalenji Evadict Tas Lari 1枚目

Bahannya ramah lingkungan, bentuknya mudah disesuaikan dengan anatomi tubuh

9

Maleroads

Running Vest

Maleroads Running Vest  1枚目

Sudah dilengkapi emergency whistle dan reflektor

10

Aonijie

Foldable Backpack Vest Trail Running

Aonijie Foldable Backpack Vest Trail Running  1枚目

Lipat dan simpan dengan mudah sesuka Anda!

Perincian produk
Close
No.1

CROOSTRACKHydropack System

Mulai dari Rp72.500,00

Harganya cukup ekonomis, water-resistant pula

Apakah Anda sedang mencari produk yang cocok untuk trail running dengan harga terjangkau? Kalau begitu, produk ini layak untuk Anda lirik. CROOSTRACK menawarkan tas dengan harga yang tak mencapai ratusan ribu rupiah. 


Meskipun ekonomis, produk ini tahan terhadap air, lho. Kerennya lagi, selain cocok dipakai untuk trail running, produk ini juga cocok dijadikan sebagai tas untuk cycling. Alasannya karena di bagian depan tasnya terdapat pengait dan kantong elastis untuk helm.

No.2

ReumaHydration VestR2045

Mulai dari Rp225.000,00

Kantong botol minumnya banyak, tubuh jadi tetap terhidrasi

Trail running vest keluaran Reuma ini memiliki tiga kantong tambahan sebagai tempat menaruh botol minum dan water bladder. Kemampuan menampung botol minum yang banyak menjadikan produk ini pas untuk Anda yang ingin trail running jarak jauh. Anda pun tak perlu khawatir akan kekurangan cairan tubuh lagi saat tengah asyik berlari!

No.3

Sudah dilengkapi dengan water bladder, lho!

TIGREAL-X1 produksi GHENUS memiliki desain bentuk yang ramping dengan ukuran 43 cm x 22 cm x 9 cm. Selain itu, bagian belakangnya juga dilengkapi dengan busa yang cukup tebal sehingga lebih empuk dan nyaman di punggung. 


Tak hanya memiliki saluran selang untuk water bladder, produk ini juga sudah dilengkapi dengan water bladder-nya. Anda yang tak mau repot membeli water bladder secara terpisah, produk inilah solusi terbaiknya.

No.4

Produk lokal dengan kualitas yang tak main-main

Sebagai salah satu merek kebanggaan anak bangsa, EIGER juga mengeluarkan tas yang cocok dipakai untuk trail running. Meskipun mempunyai bobot yang ringan, Pacemaker 10 1.0 mampu menyimpan water bladder ataupun botol minuman dengan kapasitas 1 liter, lho.


Tak hanya itu, adjustable strap di sisi kanan, kiri, dan depan juga akan membuat tas ini lebih pas di badan. Dengan demikian, trail run backpack ini tak akan mudah terguncang sekalipun medannya terjal. Pilihlah produk ini jika Anda ingin memiliki tas trail running lokal yang kualitasnya setara brand luar negeri, ya!

No.5

CARIONCasey 2.0 Hydropack

Mulai dari Rp249.000,00

Dilengkapi kompartemen untuk tablet berukuran 8 inci

Jika Anda berencana membawa tablet kesayangan saat akan trail running, tas lari dari CARION ini wajib untuk dipinang. Casey 2.0 Hydropack hadir dengan quick access pocket yang berada di bagian dada. Kantong tersebut didesain cukup besar sehingga mampu menampung tablet hingga ukuran 8 inci. Tak perlu khawatir gadget Anda akan jatuh karena kantongnya memiliki ritsleting YKK yang kokoh dan kuat.

No.6

Elfs ActiveHydropack1516

Mulai dari Rp115.000,00

Tahan terhadap goresan sekaligus air!

Sudah sewajarnya jika medan untuk trail running lebih menantang karena melintasi alam bebas. Tak jarang, Anda akan melewati pohon-pohon, bebatuan, bahkan tanah yang curam. Jika Anda tidak berhati-hati, tas bawaan pun akan mudah tergores. 


Nah, apabila Anda tidak mau tas kesayangan menjadi lecet, produk ini patut untuk dipertimbangkan. Hydropack keluaran Elfs Active ini dibuat dari bahan nylon coated. Selain water-resistant, bahan ini juga scratch-resistant serta mudah dibersihkan. Alhasil, trail run backpack ini akan selalu tampak terlihat baru saat dipakai!

No.7

AonijieReflective Hydration VestE884

Mulai dari Rp255.000,00

Sangat ringan, rasanya seperti tidak mengenakan tas

Bobotnya yang hanya 130 gram akan membuat Anda serasa tidak membawa tas ketika menggunakan produk dari Aonijie ini. Meskipun ringan, tas ini mampu menampung 1 botol air dan perlengkapan lainnya. 


Anda yang membutuhkan tas trail running berbobot superminim, tentu dapat menjadikannya sebagai pilihan. Produk ini juga dilengkapi dengan strap di bagian depan dan samping sehingga akan memeluk tubuh dengan sempurna.

No.8

DecathlonKalenji Evadict Tas Lari8553361

Mulai dari Rp551.000,00

Bahannya ramah lingkungan, bentuknya mudah disesuaikan dengan anatomi tubuh

Apabila Anda salah satu orang yang peduli terhadap lingkungan, pertimbangkanlah produk keluaran Decathlon ini. Tas trail running ini dibuat dari bahan yang 60% komponen tekstilnya dari daur ulang.


Dengan demikian, trail running vest ini pun tergolong ramah terhadap lingkungan. Selain itu, produk ini juga didesain sesuai anatomi tubuh dengan detail tiga tali yang dapat Anda atur kekencangannya. Dijamin Anda akan betah saat memakainya, deh!

No.9

MaleroadsRunning Vest MLS6059

Mulai dari Rp295.000,00

Sudah dilengkapi emergency whistle dan reflektor

Maleroads menghadirkan tas trail running dengan lima pilihan warna menarik, mulai dari gelap hingga cerah. Hydration vest ini juga dilengkapi dengan garis reflektor di bagian punggung yang akan menyala saat malam hari. 


Selain tas yang tahan air, Anda pun akan mendapatkan emergency whistle, lho. Jadi, pilihlah tas trail running ini jika Anda ingin memiliki produk dengan perlengkapan safety yang baik.

No.10

AonijieFoldable Backpack Vest Trail Running H951

Mulai dari Rp240.000,00

Lipat dan simpan dengan mudah sesuka Anda!

Produk ini adalah jawaban terbaik jika Anda ingin memiliki tas trail running yang sangat hemat tempat. Produk keren yang satu ini dapat dilipat menjadi kecil saat tidak digunakan. Dengan begitu, Anda pun bisa menyimpannya, bahkan di kantong celana.


Meskipun begitu, jangan ragukan ketahanan dan kapasitasnya. Tas ini tetap dapat Anda gunakan untuk membawa barang hingga mencapai 25 liter, lho! Bahan nilonnya kuat dan diklaim water and tear resistant sehingga siap menemani Anda bertualang!

Baca juga rekomendasi perlengkapan lari lainnya di sini

Ada banyak peralatan yang dapat mendukung aktivitas olahraga lari Anda. Anda akan menemukan sunglasses, celana lari, dan sepatu. Tertarik memilikinya? Jika iya, Anda bisa mengenali lebih jauh tentang beragam peralatan lari di sini!

Kesimpulan

Medan trail running yang cukup menantang membuat Anda perlu mempersiapkan barang-barang esensial. Sebagai contoh, Anda dapat membawa botol minum, vitamin, energy bar, bahkan smartphone

Untuk itu, menemukan tas trail running yang pas di badan dengan ukuran sesuai kebutuhan adalah hal yang penting! Semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memilih tas trail running yang paling sesuai. Selamat menikmati perjalanan dengan lebih nyaman, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer