mybest
Botol minum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Botol Minum Sedotan Terbaik [Ditinjau oleh Bidan]
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Sedotan Terbaik  [Ditinjau oleh Bidan] 1
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Sedotan Terbaik  [Ditinjau oleh Bidan] 2
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Sedotan Terbaik  [Ditinjau oleh Bidan] 3
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Sedotan Terbaik  [Ditinjau oleh Bidan] 4
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Sedotan Terbaik  [Ditinjau oleh Bidan] 5

10 Rekomendasi Botol Minum Sedotan Terbaik [Ditinjau oleh Bidan]

Setelah bayi terbiasa menggunakan training cup, mereka sudah mulai bisa beralih ke straw cup atau botol minum sedotan. Botol minum sedotan juga bisa dijadikan pengganti dot bagi anak berusia 1 tahun ke atas. 

Di pasaran tersedia berbagai botol minum untuk bayi dan anak dengan sedotan, seperti merek Coconi, Okiedog, dan Skoola. Kami akan memberi tips memilih botol minum sedotan bayi yang bagus beserta rekomendasi produk terbaiknya. Disini kami berkolaborasi dengan bidan Ony dalam penulisan artikel. Jadi, simak sampai akhir, ya!
Diperbaharui 14/11/2023
Ony Christy
Pakar
Bidan & educreator
Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di rumah sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Profil Ony Christy
Lanjut membaca
Dona Handayani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Dona Handayani

Dona Handayani merupakan lulusan dari Universitas Multimedia Nusantara jurusan jurnalistik. Kecintaannya terhadap kegiatan riset dan menulis sudah melekat sejak masih duduk di bangku SMA. Selain pernah bekerja di bidang perhotelan dan perusahaan startup fashion, saat ini, ibu satu anak ini menjadi content writer di mybest Indonesia. Berbekal pengalaman riset dan jam terbang penulisannya, Dona banyak berkontribusi untuk penulisan topik kecantikan, ibu & anak, fesyen, serta artikel pakar dengan topik lainnya.

Profil Dona Handayani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih botol minum sedotan

Ketika memilih botol minum dengan sedotan (straw cup), pilihlah yang praktis penggunaannya, baik bagi bayi Anda maupun Anda sendiri. Pertimbangkanlah, apakah produk tersebut mudah digunakan oleh bayi serta tidak sulit untuk dibersihkan. Untuk lebih detail, kami akan menjelaskannya di bawah ini.

1

Pastikan produk tidak mudah bocor

Pastikan produk tidak mudah bocor

Ketika ingin membeli botol minum dengan sedotan, pilihlah produk yang tidak mudah bocor. Bayi Anda sedang dalam proses belajar dan melatih dirinya untuk menggunakan straw cup. Dengan demikian, mungkin saja dia akan menjatuhkannya. Jika mudah bocor, produk tersebut juga berisiko tumpah ketika disimpan di dalam tas.


Saat ini, hampir semua produk menawarkan fitur antibocor. Namun, tiap produk mungkin saja dibuat dengan standar yang berbeda-beda. Sebelum memilih, Anda bisa membaca review dari orang yang sudah membeli produk tersebut. Lalu, pilihlah produk yang benar-benar tidak mudah bocor, bahkan ketika diisi dengan air panas.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Saat anak mulai MPASI, sangat penting untuk anak agar tetap memenuhi kebutuhan cairannya. Selain dari ASI atau susu, Anda juga bisa memberikan air putih di sela-sela pemberian MPASI. Hal ini dilakukan agar kebutuhan cairan tetap tercukupi dan anak tidak dehidrasi. 


Anda bisa menggunakan straw cup untuk memberi minum bayi. Namun, tentunya tidak semua anak langsung bisa menggunakan straw cup. Oleh karena itu, pastikan memilih straw cup yang anti bocor. Dengan straw cup antibocor, cairan tidak mudah tumpah meski jatuh atau dipegang sembarangan oleh anak.

2

Pilih produk berukuran kecil untuk pemakaian pertama

Pilih produk berukuran kecil untuk pemakaian pertama

Kapasitas dari botol minum sedotan bervariasi. Anda bisa memilih ukuran straw cup yang disesuaikan dengan kebutuhan air mereka. Kebutuhan air ini bisa berupa ASI, air mineral, sup, atau sari buah. Jadi, Anda bisa memperkirakan sendiri kebutuhan air mineral untuk bayi Anda.


  • Umur 6 bulan, bayi membutuhkan sekitar 700 ml air dalam 1 hari

Untuk bayi yang baru pertama kali menggunakan straw cup, sebaiknya pilih botol susu berukuran kecil. Produk berukuran kecil memiliki kapasitas sekitar 90-300 ml. Ukuran yang terlalu besar akan sulit digenggam oleh bayi dan bobotnya mungkin terlalu berat.


  • Umur 7-12 bulan, bayi membutuhkan air sekitar 800 ml dalam 1 hari

Setelah terbiasa menggunakan straw cup, bayi sudah bisa menggunakan ukuran yang besar. Produk berukuran besar dapat menampung hingga 500 ml air. Botol susu dengan sedotan berukuran besar juga cocok digunakan jika Anda akan bepergian keluar rumah dalam waktu lama. Khususnya saat udara panas, bayi Anda mungkin memerlukan lebih banyak asupan cairan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pada usia 6 bulan, bayi membutuhkan sekitar 600–700 ml cairan per hari. Sementara itu, pada usia 7–12 bulan, bayi membutuhkan sekitar 800 ml per hari. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dari ASI, susu, dan air putih. 


Karena kebutuhannya belum terlalu banyak, sebaiknya gunakan training cup yang tidak terlalu besar. Selain itu, kemampuan minum bayi belum sempurna. Hal tersebut terkadang menyebabkan cairan atau makanan yang ada dalam mulut bayi keluar dan tercampur ke dalam botol. 


Untuk itu, gunakan botol yang kecil dan selalu bersihkan training cup. Jangan lupa untuk mengganti air dalam training cup setelah sesi minum bayi selesai.

3

Ketahui bahan botol minum

Umumnya, botol minum sedotan terbuat dari bahan plastik atau stainless steel. Tentunya setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Botol minum plastik, nyaman digunakan di rumah

Botol minum plastik, nyaman digunakan di rumah
Botol minum dari bahan plastik umumnya ringan, mudah digenggam, serta tidak mudah pecah. Beberapa produk juga aman untuk direbus atau disterilkan dengan microwave sehingga Anda dapat menjaganya tetap higienis.

Dengan karakteristiknya, botol minum plastik terasa nyaman untuk digunakan di rumah. Namun, produk ini mungkin tidak cocok dibawa bepergian untuk waktu yang lama, terutama jika cuaca sedang panas. Pasalnya, botol minum plastik tidak dapat menjaga minuman di dalamnya tetap dingin.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pilih training cup plastik yang menggunakan bahan aman, BPA-free, atau food grade. Pastikan juga training cup plastik tersebut dapat dibersihkan dan tidak rusak saat disterilkan. Lakukan pengecekan berkala untuk memastikan training cup masih layak digunakan dan tidak mengalami perubahan bentuk, bocor, atau berbau.

Botol minum berbahan stainless steel, menjaga minuman tetap dingin

Botol minum berbahan stainless steel, menjaga minuman tetap dingin
Botol minum berbahan stainless steel memiliki keunggulan dapat mempertahankan suhu dingin atau panas dari minuman yang tersimpan di dalamnya. Selain itu, bahan ini aman dan higienis untuk minuman, bahkan jika terpapar oleh cahaya matahari.

Namun, bahan stainless steel memiliki bobot yang berat dibandingkan bahan plastik. Kami tidak merekomendasikan produk ini untuk bayi yang masih terlalu kecil. Pasalnya, bahan ini terlalu berat dan berisiko lepas dari genggaman bayi ketika sedang digunakan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Training cup dengan bahan stainless steel memang biasanya lebih berat. Training cup jenis ini sangat tidak disarankan untuk bayi dengan usia muda atau bayi yang belum mampu menggenggam dengan baik. Namun, biasanya training cup dengan bahan stainless steel lebih awet dalam menjaga suhu minuman agar tetap dingin atau hangat.

4

Sesuaikan bentuk sedotan dan desainnya

Bayi yang baru mulai latihan minum tidak akan mudah menggunakan botol minum sedotan. Untuk itu, Anda perlu memilih bentuk sedotan dan desain botol susu yang mudah digunakan oleh bayi Anda.

Bentuk dan ketebalan sedotan: Lihat review pembeli lain

Bentuk dan ketebalan sedotan: Lihat review pembeli lain
Setiap botol minum memiliki bentuk dan tingkat ketebalan sedotan yang berbeda-beda. Ada beberapa produk yang dilengkapi dengan katup untuk mencegah minuman tumpah.


Agar tidak salah pilih, ada baiknya Anda membaca ulasan dari konsumen lain yang sudah menggunakan produk tersebut. Jika bayi Anda sudah terlatih minum menggunakan sedotan, dia akan bisa minum tanpa dipengaruhi oleh bentuk sedotannya.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Sedotan sangat baik untuk melatih kemampuan oral motorik anak. Sedotan akan membuat bayi belajar menggunakan lidahnya untuk menyedot dan menelan cairan yang ada. Selain itu, sedotan juga dapat menguatkan otot wajah dan mulut yang nantinya digunakan untuk bicara. Oleh karena itu, pilih sedotan yang pas dan nyaman bagi anak sehingga anak bisa minum dengan nyaman dan senang.

Botol dengan pegangan: Pas untuk dimiliki bayi

Botol dengan pegangan: Pas untuk dimiliki bayi
Bayi yang baru belajar menggunakan botol minum sedotan belum dapat memegangnya dengan baik. Maka itu, kami sarankan Anda membeli botol yang memiliki pegangan di kiri dan kanannya. Jika bayi sudah dapat memegang botol dengan baik, Anda bisa menggunakan botol minum tanpa pegangan.

Sebagai pertimbangan, Anda dapat membeli botol susu yang pegangannya dapat dilipat. Ini akan memudahkan Anda untuk menyimpannya di tas perlengkapan bayi ketika hendak bepergian.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Kemampuan bayi untuk memegang akan terus berkembang seiring perkembangan motorik kasar dan motorik halusnya. Oleh karena itu, pilihlah training cup yang mudah dipegang, terutama di awal pengenalan agar bayi tidak merasa kesulitan dan tidak trauma. Jika bayi kesulitan memegang training cup, ada kemungkinan dia menjadi tidak bersemangat untuk minum atau enggan minum dengan training cup lagi.

5

Cari yang mudah dibersihkan

Cari yang mudah dibersihkan
Umumnya botol minum terdiri atas beberapa bagian. Meski telah dicuci bersih, biasanya masih ada kotoran yang terkumpul di bagian penghubung antara botol dengan sedotan. Tentunya, Anda ingin agar botol minum sedotan selalu terjaga kebersihannya.

Jadi, sebelum membeli, carilah informasi mengenai bagian-bagian dari produk tersebut. Apakah setiap bagiannya bisa dilepas? Apakah kepala botolnya cukup lebar dan mudah dibersihkan?

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Imunitas bayi belum berkembang sempurna sehingga mudah sekali mengalami masalah kesehatan akibat kurangnya kebersihan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan produk bayi atau alat-alat yang digunakan oleh bayi.


Sebaiknya Anda memilih training cup yang bisa dilepas dan dibersihkan setiap bagiannya. Hal ini disebabkan oleh adanya jamur atau kotoran yang terkadang terselip di area-area yang sulit dijangkau. Bila bayi minum dari alat yang kotor, bayi bisa mengalami diare, demam, atau terkena masalah kesehatan lain.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Botol Minum Sedotan Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Botol Minum Sedotan terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 14 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe mouthpiece
Usia
Kapasitas botol
Bahan
Pegangan
Tali
Bagian-bagian botol bisa dilepas
1

Goto

Pingui Kids Bottle

Goto Pingui Kids Bottle 1

Rp76.300

Agak Murah

Botol minum antitumpah meski digunakan dalam keadaan terbalik sekalipun

Straw

Maksimal 36 bulan

250 ml

PC + PP

Ya

2

Sugar Baby

Tritan Kid Bottle

Sugar Baby Tritan Kid Bottle 1

Rp148.000

Menengah

Terbuat dari Tritan, bahan yang superkuat dan awet

Straw

12 bulan ke atas

400 ml

Tritan

Ya

3

Satu keluarga

Botol Minum Anak Sedotan C731/C732

Satu keluarga Botol Minum Anak Sedotan  1

Rp27.599

Lebih Murah

Desainnya lucu, si kecil bisa jadi lebih semangat minum

Straw

Tidak diketahui

500 ml, 600 ml

PC + PP

Ya

4

Nuby

Comfort Flip It with Handle

Nuby  Comfort Flip It with Handle 1

Rp129.000

Agak Murah

Sedotan dengan pemberat memungkinkan anak minum sampai tetes terakhir

Straw

12 bulan ke atas

270 ml

PP

Ya

5

Skoola

Botol Tempat Air Minum 500 ml

Skoola  Botol Tempat Air Minum 500 ml 1

Rp275.000

Agak Mahal

Ukurannya besar, bisa dibawa saat bepergian atau untuk anak sekolah

Straw

24 bulan ke atas

500 ml

PC + Polyester

Ya

6

LetYeah

Termos Anak Stainless Steel

LetYeah Termos Anak Stainless Steel 1

Rp276.000

Agak Mahal

Menahan suhu minuman hingga 3 jam, minuman terasa segar lebih lama

Straw

Tidak diketahui

350 ml

Stainless steel

Ya

7

Dr. Brown’s

Insulated Cup With Handles

Dr. Brown’s  Insulated Cup With Handles 1

Rp174.800

Menengah

Terdiri dari dua lapisan untuk menjaga suhu minuman

Straw

12 bulan ke atas

300 ml

PP

Ya

8

Coconi

Stainless Steel Straw Bottle 240 ml

Coconi  Stainless Steel Straw Bottle 240 ml 1

Rp189.000

Menengah

Mampu menahan panas hingga 12 jam!

Straw

6 bulan ke atas

240 ml

Stainlees SUS 304

Ya

9

Okiedog

Freckles Junior Kid Bottle 400ml

Okiedog Freckles Junior Kid Bottle 400ml 1

Rp199.000

Menengah

Mempermudah anak-anak saat mau minum, tinggal flip sedotannya!

Straw

18 bulan ke atas

400 ml

Tidak diketahui

Ya

10

Bros

Flip 450ml

Bros  Flip 450ml 1

Rp204.000

Menengah

Kuat dan tahan lama, antipecah meski sering terbanting

Straw

Tidak diketahui

450 ml

Tritan Copolyester

Ya

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

GotoPingui Kids Bottle

Pingui Kids Bottle 1
Sumber: shopee.co.id
Pingui Kids Bottle 2
Sumber: shopee.co.id
Pingui Kids Bottle 3
Sumber: shopee.co.id
Pingui Kids Bottle 4
Sumber: shopee.co.id
Pingui Kids Bottle 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp76.300
Agak Murah
Harga referensi
Rp76.300
Agak Murah

Botol minum antitumpah meski digunakan dalam keadaan terbalik sekalipun

Anda membutuhkan botol minum sebagai peralihan dari botol dot untuk minum susu? Cobalah botol minum sedotan dari Goto ini. Botol minuman sedotan ini bisa dijadikan pengganti botol dot jika si kecil sedang dalam masa peralihan. Dijamin, susu di dalamnya tidak akan tumpah meskipun digunakan dalam posisi tiduran.


Bagian sedotan di dalamnya dilengkapi pemberat sehingga akan mengikuti letak air berada. Jadi, si kecil tak akan kesulitan mengisap air di dalamnya. Selain itu, produk ini terbuat dari material yang kuat dan aman untuk balita. 

Tipe mouthpieceStraw
UsiaMaksimal 36 bulan
Kapasitas botol250 ml
BahanPC + PP
Pegangan
Tali
Bagian-bagian botol bisa dilepasYa
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Sugar BabyTritan Kid Bottle

Harga referensi
Rp148.000
Menengah

Terbuat dari Tritan, bahan yang superkuat dan awet

Jika Anda mencari rekomendasi botol minum anak yang kuat, tahan banting, dan awet, belilah produk ini. Terbuat dari bahan Tritan, jenis plastik yang mirip dengan kaca, botol ini menjadi superkuat dan tahan banting.


Berkat bahan tersebut, air minum yang Anda isi ke dalamnya tidak akan berbau plastik. Selain itu, walau bentuknya mungil, botol minum ini ternyata muat banyak, lho! Produk ini adalah rekomendasi botol minum untuk anak 1 tahun atau anak TK.

Tipe mouthpieceStraw
Usia12 bulan ke atas
Kapasitas botol400 ml
BahanTritan
Pegangan
Tali
Bagian-bagian botol bisa dilepasYa
View all
No.3

Satu keluargaBotol Minum Anak Sedotan C731/C732

Harga referensi
Rp27.599
Lebih Murah

Desainnya lucu, si kecil bisa jadi lebih semangat minum

Anak-anak sering sulit disuruh minum, terutama minum air putih. Apakah anak Anda juga begitu? Jika iya, coba belikan mereka botol minum dengan desain cute seperti ini. Tak hanya motifnya yang lucu, desain tutup botolnya pun juga unik dan imut menyerupai bentuk kepala Teddy Bear


Di samping itu, botol ini dilengkapi dengan sarung bertali sehingga anak mudah membawanya. Dimasukkan ke dalam tas pun aman karena botolnya antitumpah dan antibocor. 

Tipe mouthpieceStraw
UsiaTidak diketahui
Kapasitas botol500 ml, 600 ml
Bahan PC + PP
Pegangan
Tali
Bagian-bagian botol bisa dilepasYa
View all
No.4

Nuby Comfort Flip It with Handle

Harga referensi
Rp129.000
Agak Murah

Sedotan dengan pemberat memungkinkan anak minum sampai tetes terakhir

Beberapa botol minum dengan sedotan akan sulit menjangkau air jika tinggal sedikit. Botol minum sedotan dengan pemberat ini bisa jadi solusi supaya anak bisa menghabiskan air minumnya sampai tetes terakhir. Jadi, tak ada alasan untuk si kecil menyisakan susu atau air minum lagi, deh. 


Menariknya lagi, botol minum ini bisa dicuci di mesin pencuci piring. Jika Anda menginginkan produk yang mudah perawatannya, produk ini merupakan pilihan yang pas. Yuk, Moms, coba botol minum Nuby ini untuk dipakai si kecil sehari-hari.

Tipe mouthpieceStraw
Usia12 bulan ke atas
Kapasitas botol270 ml
BahanPP
Pegangan
Tali
Bagian-bagian botol bisa dilepasYa
View all
No.5

Skoola Botol Tempat Air Minum 500 ml

Harga referensi
Rp275.000
Agak Mahal

Ukurannya besar, bisa dibawa saat bepergian atau untuk anak sekolah

Saat mau pergi jalan-jalan bersama si kecil, Anda tentu membutuhkan botol minum yang lebih besar. Botol minum dari Skoola ini bisa dipakai karena daya tampungnya cukup banyak. Selain itu, botol ini awet karena bisa dipakai sampai si kecil sekolah nanti. Terlebih, produk ini dilengkapi tali panjang. Jadi, ketika anak-anak sudah bersekolah nanti, mereka bisa membawa botol minumnya dengan mudah. 

Tipe mouthpieceStraw
Usia24 bulan ke atas
Kapasitas botol500 ml
BahanPC + Polyester
Pegangan
Tali
Bagian-bagian botol bisa dilepasYa
View all
No.6

LetYeahTermos Anak Stainless Steel

Harga referensi
Rp276.000
Agak Mahal

Menahan suhu minuman hingga 3 jam, minuman terasa segar lebih lama

Saat cuaca panas, minum air dingin atau air yang segar akan terasa lebih enak. Begitu juga dengan anak-anak, mereka pasti menyukai air yang lebih dingin dan segar supaya rasa gerah sedikit mereda. Sayangnya, botol plastik tidak bisa menjaga suhu minuman tetap dingin.


Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan botol minum sedotan dari stainless steel seperti ini. Botol ini dapat menjaga suhu minuman selama 3 jam, lebih lama dibandingkan botol plastik biasa. Tutupnya juga kedap dan antibocor sehingga aman dimasukkan dalam tas, lho!

Tipe mouthpieceStraw
UsiaTidak diketahui
Kapasitas botol350 ml
BahanStainless steel
Pegangan
Tali
Bagian-bagian botol bisa dilepasYa
View all
No.7

Dr. Brown’s Insulated Cup With Handles

Harga referensi
Rp174.800
Menengah

Terdiri dari dua lapisan untuk menjaga suhu minuman

Untuk dijadikan sebagai botol minum sedotan pertama bagi anak, Anda bisa memilih produk dari Dr. Brown's ini. Botol minum sedotan ini punya sedotan yang lembut dan antibocor. Air di dalamnya hanya akan keluar saat disedot. 


Selain itu, terdapat pegangan yang memudahkan anak saat memegang botolnya. Pegangan ini pun bisa dilepas bila tidak dibutuhkan lagi. Yang terpenting, botol minum ini punya dua lapisan yang berfungsi untuk menjaga suhu air minum lebih awet. 

Tipe mouthpieceStraw
Usia12 bulan ke atas
Kapasitas botol300 ml
BahanPP
Pegangan
Tali
Bagian-bagian botol bisa dilepasYa
View all
No.8

Coconi Stainless Steel Straw Bottle 240 ml

Harga referensi
Rp189.000
Menengah

Mampu menahan panas hingga 12 jam!

Anda membutuhkan botol minum sedotan yang mampu menjaga suhu minuman dalam waktu lama? Botol minum dari Coconi ini layak untuk Anda pilih. Produk ini terbuat dari bahan stainless steel yang dapat menjaga suhu hingga selama 12 jam. Dengan begitu, Anda bisa menjaga air minum anak tetap hangat atau dingin saat bepergian jauh. 


Anda tidak perlu khawatir botol akan terasa panas jika diisi dengan air panas karena produk ini sudah dilengkapi double wall. Jadi, bagian luarnya tidak akan terasa panas meski dalamnya berisi air panas. Selain itu, sedotannya dilengkapi pemberat sehingga anak bisa minum sambil tiduran. 

Tipe mouthpieceStraw
Usia6 bulan ke atas
Kapasitas botol240 ml
BahanStainlees SUS 304
Pegangan
Tali
Bagian-bagian botol bisa dilepasYa
View all
No.9

OkiedogFreckles Junior Kid Bottle 400ml

Harga referensi
Rp199.000
Menengah

Mempermudah anak-anak saat mau minum, tinggal flip sedotannya!

Kadang-kadang anak-anak kesulitan membuka botol minum dengan tombol. Selain itu, botol minum dengan tutup bisa berisiko gampang pecah atau patah. Dengan botol minum Freckles ini, si kecil tak akan kesulitan lagi membuka botol minumnya. 


Botol ini tidak menggunakan tutup dan cara membuka sedotannya sangat mudah. Cukup dengan flip sedotan, sedotan akan terbuka dan bisa langsung diminum. Hal ini tentu sangat mempermudah anak-anak saat mau minum. Meskipun tanpa tutup, botol ini dijamin antibocor, kok! 

Tipe mouthpieceStraw
Usia18 bulan ke atas
Kapasitas botol400 ml
BahanTidak diketahui
Pegangan
Tali
Bagian-bagian botol bisa dilepasYa
View all
No.10

Bros Flip 450ml

Harga referensi
Rp204.000
Menengah

Kuat dan tahan lama, antipecah meski sering terbanting

Anak-anak biasanya sering menjatuhkan botol minum tanpa sengaja. Maka dari itu, mereka membutuhkan botol minum yang kuat, kukuh, dan tidak mudah pecah. 


Anda bisa mempercayakan botol minum anak dari merek Bros ini. Terbuat dari bahan Tritan Copolyester, botol ini sangat kuat dan tahan banting. Jadi, botol ini bisa awet dan dipakai lebih lama. Meski tidak ada pegangan dan tali, body botolnya didesain bertekstur sehingga antiselip dan mudah digenggam.

Tipe mouthpieceStraw
UsiaTidak diketahui
Kapasitas botol450 ml
BahanTritan Copolyester
Pegangan
Tali
Bagian-bagian botol bisa dilepasYa
View all

Cara merawat botol minum sedotan

Botol minum sedotan umumnya terdiri dari beberapa bagian. Bagian-bagian tertentu lebih sulit untuk dibersihkan, misalnya sedotan. Untuk memastikan training cup tetap higienis, Anda harus membersihkannya setiap hari. Berikut tips cara membersihkan dan mensterilkannya.

Selalu cuci botol minum sehabis digunakan

Selalu cuci botol minum sehabis digunakan
Saat minum dengan botol susu sedotan, terkadang cairan dari dalam mulut bayi bisa mengalir masuk kembali ke dalam botol. Coba perhatikan botol minum bayi Anda setelah digunakan. 

Jika air di dalamnya terlihat keruh, kemungkinan besar ada sisa makanan atau air liur bayi yang masuk ke botol. Keadaan tersebut bisa memicu munculnya bakteri pada minuman bayi Anda. Jadi, bersihkanlah selalu setiap selesai digunakan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Selalu bersihkan training cup dan ganti airnya setelah digunakan. Bayi yang masih belajar minum terkadang tidak sengaja memasukan makanan atau cairan dari mulutnya ke dalam botol. Hal tersebut menyebabkan air menjadi keruh atau bercampur makanan. Hati-hati jangan sampai meminum air yang sudah kotor karena tentunya dapat menimbulkan masalah kesehatan pada bayi.

Pakai sikat khusus untuk membersihkan botol minum

Pakai sikat khusus untuk membersihkan botol minum
Jika Anda hanya menggunakan spons pencuci biasa, umumnya ada kotoran yang masih melekat dan tidak terjangkau oleh spons.

Ada baiknya Anda menggunakan sikat khusus untuk membersihkan botol agar bisa menjangkau bagian-bagian yang sulit. Jika Anda tidak memilikinya, gunakan cotton bud atau tusuk gigi yang dilapisi kapas untuk membersihkannya.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Gunakan sikat khusus untuk membersihkan botol yang dapat menjangkau hingga ke sudut-sudut botol sehingga sisa cairan yang mengendap dapat bersih sempurna. Jangan sampai Anda mengisi minuman pada botol yang kotor. Hal tersebut tentunya menyebabkan kotoran akan bercampur dengan air yang nanti di minum oleh bayi.

Gunakan sikat khusus untuk membersihkan sedotan

Gunakan sikat khusus untuk membersihkan sedotan
Sedotan adalah bagian yang paling kotor dan sulit dibersihkan. Agar dapat membersihkan bagian dalam sedotan dengan sempurna, gunakan sikat khusus untuk sedotan. Bentuk sikat yang panjang dan ramping mampu menghilangkan seluruh kotoran di sedotan.
Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Sedotan adalah bagian yang cukup penting dan selalu terkena air saat bayi minum. Selain itu, bagian ujung sedotannya pun masuk ke dalam mulut bayi. Namun, sedotan biasanya paling susah dibersihkan karena bentuknya yang kecil dan panjang. Bersihkan sedotan dengan sikat khusus agar endapan minuman, jamur, atau kotoran dalam sedotan dapat dibersihkan dengan sempurna.

Pertimbangkan pemakaian baking soda jika botol berbau dan berubah warna

Pertimbangkan pemakaian baking soda jika botol berbau dan berubah warna
Untuk membersihkan botol minum yang mulai berbau dan berubah warna, Anda bisa menggunakan baking soda. Campurkan 1–2 sendok makan baking soda dengan air, lalu bilas botol memakai air campuran tersebut.

Selain bisa membersihkan kotoran membandel yang menempel, cairan tersebut juga akan menghilangkan bau dan warna keruh botol. Baking soda aman bagi tubuh, bahkan jika tanpa sengaja residunya tersisa di botol dan terminum oleh bayi.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Setelah penggunaan dalam jangka waktu lama, terkadang training cup menjadi berbau, berubah warna, atau ada kotoran tertentu yang sulit dibersihkan. Namun, kita tidak bisa menggunakan produk pembersih yang terlalu keras untuk membersihkan produk yang digunakan oleh bayi. Baking soda adalah alternatif yang cukup aman dan sudah cukup mampu membersihkan training cup dengan baik.

Pastikan botol susu atau minum tetap disinfeksi secara berkala

Pastikan botol susu atau minum tetap disinfeksi secara berkala
Meski tidak seperti botol susu anak bayi yang harus didisinfeksi setiap kali habis dipakai. Botol minum dengan sedotan juga sesekali harus didisinfeksi. 

Saat bayi anak biasanya masih kerap memasukkan tangan atau benda-benda ke mulut. Walaupun sudah dicuci, bakteri dan kuman sering kali masih menempel sehingga tidak aman jika masuk ke mulut anak. Maka dari itu, proses disinfeksi tetap diperlukan karena daya tahan tubuh anak masih belum sekuat orang dewasa.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pada saat anak mengalami fase oral, biasanya dia senang memasukan tangan, jari, atau benda-benda di sekitarnya ke dalam mulut. Fase oral merupakan hal yang wajar dan merupakan salah satu fase perkembangan otot oromotor anak. 


Hal ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak, tetapi bukan berarti membuat anak menjadi kebal terhadap segala penyakit. Imunitas anak tetaplah belum berkembang sempurna dan belum sekuat orang dewasa. Oleh karena itu, Anda tetap harus menjaga kebersihan alat-alat yang digunakan oleh bayi Anda.

Untuk bayi berusia di bawah 1 tahun, gunakan sabun pencuci khusus

Untuk bayi berusia di bawah 1 tahun, gunakan sabun pencuci khusus

Jika bayi Anda belum berusia setahun, gunakan sabun cuci botol khusus bayi untuk membersihkan botol minumnya. Ada beberapa merek sabun pencuci botol bayi yang dipasarkan saat ini.

Namun, jika usianya telah lebih dari setahun, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring biasa. Semprotkan sedikit cairan pencuci botol pada botol minum yang akan dibersihkan dan bilas dengan air bersih. Setelahnya, keringkan botol minum sebelum digunakan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Sabun pencuci biasanya dapat mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi bayi. Oleh karena itu, Anda bisa memilih sabun pencuci khusus untuk perlengkapan bayi. Sabun pencuci khusus perlengkapan bayi biasanya menggunakan bahan kimia yang relatif aman. Namun, sabun tersebut tetap bisa membersihkan kotoran dan mematikan bakteri, jamur, dan kuman yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi bayi. 

5 Rekomendasi Botol Minum Sedotan terbaik

No. 1: GotoPingui Kids Bottle

No. 2: Sugar BabyTritan Kid Bottle

No. 3: Satu keluargaBotol Minum Anak Sedotan C731/C732

No. 4: Nuby Comfort Flip It with Handle

No. 5: Skoola Botol Tempat Air Minum 500 ml

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Botol Minum Sedotan Terbaik [Ditinjau oleh Bidan]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.