• 10 Training Cup dengan Sedotan Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Training Cup dengan Sedotan Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Training Cup dengan Sedotan Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Training Cup dengan Sedotan Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Training Cup dengan Sedotan Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Training Cup dengan Sedotan Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)

Saat bayi mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI), penggunaan training cup dengan sedotan akan sangat membantu dalam melatih bayi agar terbiasa minum sendiri. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyediakan minuman bagi bayi ketika sedang bepergian.

Berbagai macam botol minum anak dengan sedotan telah banyak tersedia, seperti merek Pigeon, Nuby, dan Dr. Brown’s. Kami akan menyajikan tips memilih training cup dengan sedotan yang bagus. Kami juga berkolaborasi dengan bidan Ony dalam penulisan artikel ini. Tidak lupa, terdapat rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ony Christy
  • Pembaharuan terakhir: 07 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih training cup dengan sedotan

Ketika memilih training cup dengan sedotan (straw cup), pilihlah yang praktis penggunaannya, baik bagi bayi Anda maupun Anda sendiri. Pertimbangkanlah, apakah produk tersebut mudah digunakan oleh bayi serta tidak sulit untuk dibersihkan. Untuk lebih detail, kami akan menjelaskannya di bawah ini.

Pastikan produk tidak mudah bocor

Pastikan produk tidak mudah bocor

Ketika ingin membeli training cup dengan sedotan, pilihlah produk yang tidak mudah bocor. Bayi Anda sedang dalam proses belajar dan melatih dirinya untuk menggunakan training cup. Dengan demikian, mungkin saja dia akan menjatuhkannya. Jika mudah bocor, produk tersebut juga berisiko tumpah ketika disimpan di dalam tas.


Saat ini, hampir semua produk menawarkan fitur antibocor. Namun, tiap produk mungkin saja dibuat dengan standar yang berbeda-beda. Sebelum memilih, Anda bisa membaca review dari orang yang sudah membeli produk tersebut. Lalu, pilihlah produk yang benar-benar tidak mudah bocor, bahakn ketika misalnya diisi dengan air panas.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Saat anak mulai MPASI, sangat penting untuk anak agar tetap memenuhi kebutuhan cairannya. Selain dari ASI atau susu, Anda juga bisa memberikan air putih di sela-sela pemberian MPASI. Hal ini dilakukan agar kebutuhan cairan tetap tercukupi dan anak tidak dehidrasi. 


Anda bisa menggunakan straw cup untuk memberi minum bayi. Namun, tentunya tidak semua anak langsung bisa menggunakan straw cup. Oleh karena itu, pastikan memilih straw cup yang anti bocor. Dengan straw cup antibocor, cairan tidak mudah tumpah meski jatuh atau dipegang sembarangan oleh anak.

Untuk pemakaian pertama, pilih produk berukuran kecil

Untuk pemakaian pertama, pilih produk berukuran kecil

Kapasitas dari training cup dengan sedotan bervariasi. Anda bisa memilih ukuran training cup yang disesuaikan dengan kebutuhan air mereka. Kebutuhan air ini bisa berupa ASI, air mineral, sup, atau sari buah. Jadi, Anda bisa memperkirakan sendiri kebutuhan air mineral untuk bayi Anda.


  • Umur 6 bulan, bayi membutuhkan sekitar 700 ml air dalam satu hari


Untuk bayi yang baru pertama kali menggunakan training cup, sebaiknya pilih botol berukuran kecil.  Produk berukuran kecil memiliki kapasitas sekitar 90-300 ml. Ukuran yang terlalu besar akan sulit digenggam oleh bayi.


  • Umur 7-12 bulan, bayi membutuhkan air sekitar 800 ml satu hari

Setelah terbiasa menggunakan training cup, bayi sudah bisa menggunakan ukuran yang besar. Produk berukuran besar dapat menampung hingga 500 ml air. Training cup besar juga cocok digunakan jika Anda akan bepergian keluar rumah dalam waktu lama. Khususnya saat udara panas, bayi Anda mungkin memerlukan lebih banyak asupan cairan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pada usia 6 bulan, bayi membutuhkan sekitar 600–700 ml cairan per hari. Sementara itu, pada usia 7–12 bulan, bayi membutuhkan sekitar 800 ml per hari. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dari ASI, susu, dan air putih. 


Karena kebutuhannya belum terlalu banyak, sebaiknya gunakan training cup yang tidak terlalu besar. Selain itu, kemampuan minum bayi belum sempurna. Hal tersebut terkadang menyebabkan cairan atau makanan yang ada dalam mulut bayi keluar dan tercampur ke dalam botol. 


Untuk itu, gunakan botol yang kecil dan selalu bersihkan training cup. Jangan lupa untuk mengganti air dalam training cup setelah sesi minum bayi selesai.

Pilihlah bahan training cup yang cocok

Umumnya, training cup terbuat dari bahan plastik atau stainless steel. Tentunya setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Training cup plastik, ringan dan nyaman untuk dipakai di rumah

Training cup dari bahan plastik umumnya ringan, mudah digenggam, serta tidak mudah pecah. Beberapa produk juga aman untuk direbus atau disterilkan dengan microwave sehingga Anda dapat menjaganya tetap higienis.

Dengan karakteristiknya, training cup plastik terasa nyaman untuk digunakan di rumah. Namun, produk ini mungkin tidak cocok dibawa bepergian untuk waktu yang lama, terutama jika cuaca sedang panas. Pasalnya, training cup plastik tidak dapat menjaga minuman di dalamnya tetap dingin.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pilih training cup plastik yang menggunakan bahan aman, BPA-free, atau food grade. Pastikan juga training cup plastik tersebut dapat dibersihkan dan tidak rusak saat disterilkan. Lakukan pengecekan berkala untuk memastikan training cup masih layak digunakan dan tidak mengalami perubahan bentuk, bocor, atau berbau.

Training cup berbahan stainless steel, menjaga minuman tetap dingin

Training cup dari bahan stainless steel memiliki keunggulan dapat mempertahankan hawa dingin minuman yang tersimpan di dalamnya. Sekalipun Anda bepergian di cuaca yang sangat panas, minuman di dalam botol akan tetap dingin. Selain itu, bahan ini aman dan higienis untuk minuman, bahkan jika terpapar oleh cahaya matahari.

Namun, bahan stainless steel memiliki bobot yang berat dibanding bahan plastik. Kami tidak merekomendasikan produk ini untuk bayi yang masih terlalu kecil. Pasalnya, bahan ini terlalu berat dan berisiko lepas dari genggaman bayi ketika sedang digunakan.


Untuk melengkapi kebutuhan Anda, sebaiknya Anda memiliki kedua jenis botol, yaitu plastik dan stainless steel. Gunakanlah secara bergantian sesuai dengan lokasi, cuaca, dan durasi pemakaian.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Training cup dengan bahan stainless steel memang biasanya lebih berat. Training cup jenis ini sangat tidak disarankan untuk bayi dengan usia muda atau bayi yang belum mampu menggenggam dengan baik. Namun, biasanya training cup dengan bahan stainles steel lebih awet dalam menjaga suhu minuman agar tetap dingin atau hangat.

Sesuaikan bentuk sedotan dan desainnya

Bayi yang baru mulai latihan minum tidak akan mudah menggunakan training cup dengan sedotan. Untuk itu, Anda perlu memilih bentuk sedotan dan desain botol yang mudah digunakan oleh bayi Anda.

Pilih ketebalan dan bentuk sedotan berdasarkan sampel dan review pembeli lain

Pilih ketebalan dan bentuk sedotan berdasarkan sampel dan review pembeli lain
Setiap training cup memiliki bentuk dan tingkat ketebalan sedotan yang berbeda-beda. Ada beberapa produk yang dilengkapi dengan katup untuk mencegah minuman tumpah. Agar tidak salah pilih, ada baiknya Anda mengecek sampel yang tersedia di masing-masing toko. 

Biasanya, di toko disediakan contoh produk dan sedotannya sehingga Anda bisa memastikan kesesuaian produk dengan bayi Anda. Selain itu, Anda juga bisa membaca ulasan dari konsumen lain yang sudah menggunakan produk tersebut. Jika bayi Anda sudah terlatih minum menggunakan sedotan, dia akan bisa minum tanpa dipengaruhi oleh bentuk sedotannya.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Sedotan sangat baik untuk melatih kemampuan oral motorik anak. Sedotan akan membuat bayi belajar menggunakan lidahnya untuk menyedot dan menelan cairan yang ada. Selain itu, sedotan juga dapat menguatkan otot wajah dan mulut yang nantinya digunakan untuk bicara. Oleh karena itu, pilih sedotan yang pas dan nyaman bagi anak sehingga anak bisa minum dengan nyaman dan senang.

Bagi bayi yang masih kecil, pilih yang ada pegangannya

Bagi bayi yang masih kecil, pilih yang ada pegangannya
Bayi yang baru belajar menggunakan training cup belum dapat memegang botol dengan baik. Maka itu, kami sarankan Anda membeli botol yang memiliki pegangan di kiri dan kanannya. Jika bayi sudah dapat memegang botol dengan baik, Anda bisa menggunakan training cup tanpa pegangan.

Sebagai pertimbangan, Anda dapat membeli training cup yang pegangannya dapat dilipat. Ini akan memudahkan Anda untuk menyimpannya di tas perlengkapan bayi ketika hendak bepergian.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Kemampuan bayi untuk memegang akan terus berkembang seiring perkembangan motorik kasar dan motorik halusnya. Oleh karena itu, pilihlah training cup yang mudah dipegang, terutama di awal pengenalan agar bayi tidak merasa kesulitan dan tidak trauma. Jika bayi kesulitan memegang training cup, ada kemungkinan dia menjadi tidak bersemangat untuk minum atau enggan minum dengan training cup lagi.

Pilih yang mudah dibersihkan

Pilih yang mudah dibersihkan
Umumnya training cup terdiri atas beberapa bagian. Meski telah dicuci bersih, biasanya masih ada kotoran yang terkumpul di bagian penghubung antara botol dengan sedotan. Tentunya, Anda ingin agar training cup bayi selalu terjaga kebersihannya. 

Sebelum membeli, carilah informasi mengenai bagian-bagian dari produk tersebut. Apakah setiap bagiannya bisa dilepas? Apakah kepala botolnya cukup lebar dan mudah dibersihkan?


Apabila Anda ingin menjaga training cup senantiasa higienis, pilihlah produk yang aman untuk disterilkan, baik dengan microwave ataupun direbus. Jika menggunakan mesin pencuci piring, pilihlah produk yang aman jika dicuci menggunakan alat tersebut.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Imunitas bayi belum berkembang sempurna sehingga mudah sekali mengalami masalah kesehatan akibat kurangnya kebersihan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan produk bayi atau alat-alat yang digunakan oleh bayi.


Sebaiknya Anda memilih training cup yang bisa dilepas dan dibersihkan setiap bagiannya. Hal ini disebabkan oleh adanya jamur atau kotoran yang terkadang terselip di area-area yang sulit dijangkau. Bila bayi minum dari alat yang kotor, bayi bisa mengalami diare, demam, atau terkena masalah kesehatan lain.

10 Rekomendasi training cup dengan sedotan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk training cup dengan sedotan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ony Christy.

10

KubBaby Safe Cup Straw Training Cup

Mulai dari Rp 399.000,00

Target usia6 bulan ke atas
MaterialPPSU, silicone
Kapasitas90 ml
9

Skip HopZoo Stainless Steel Little Kid Straw Bottle

VC_252511

Mulai dari Rp 429.000,00

Target usiaTidak disebutkan
MaterialStainless steel, silikon
Kapasitas350 ml
8

BabySafeVaccum Flask Botol Termos 300 ml

SS006

Mulai dari Rp 97.800,00

Target usiaTidak disebutkan
Material304 Stainless steel food grade, food grade polypropylene, food grade silicone
Kapasitas300 ml
7

EsternalBotol Minum Dinosaurus Training Cup

Mulai dari Rp 141.862,00

Target usiaTidak disebutkan
MaterialTidak disebutkan
Kapasitas500 ml
6

HEORSHEDental-Care Sippy Straw Cup

Mulai dari Rp 258.000,00

Target usia6 bulan, 9 bulan
MaterialHigh polymer antibacterial material
Kapasitas180 ml, 280 ml
5
Target usia12 bulan
MaterialPlastik BPA free, silikon
Kapasitas270 ml
4

Dr. Brown’sBaby’s First Straw Cup

TC91102-P6

Mulai dari Rp 144.700,00

Target usia6 bulan ke atas
MaterialTidak disebutkan
Kapasitas270 ml
3

PhilipsAvent Straw Cups

SCF796/00

Mulai dari Rp 149.000,00

Target usia9 bulan keatas
MaterialTidak disebutkan
Kapasitas200 ml
2
Target usia9 bulan
Material Polypropylene
Kapasitas150 ml
1
Target usia9 bulan
MaterialTritan
Kapasitas270 ml

Tabel perbandingan produk training cup dengan sedotan terbaik

Gambar produk
1
SugarBaby Tritan Sippy Cup Deer  1

SugarBaby

2
Pigeon Petite Straw Bottle 1

Pigeon

3
Philips Avent Straw Cups 1

Philips

4
Dr. Brown’s Baby’s First Straw Cup 1

Dr. Brown’s

5
Nuby Snack N’ Sip™ Cup 270ml 1

Nuby

6
HEORSHE Dental-Care Sippy Straw Cup 1

HEORSHE

7
Esternal Botol Minum Dinosaurus Training Cup 1

Esternal

8
BabySafe Vaccum Flask Botol Termos 300 ml 1

BabySafe

9
Skip Hop Zoo Stainless Steel Little Kid Straw Bottle 1

Skip Hop

10
Kub Baby Safe Cup Straw Training Cup 1

Kub

Nama produk

Tritan Sippy Cup Deer

Petite Straw Bottle

Avent Straw Cups

Baby’s First Straw Cup

Snack N’ Sip™ Cup 270ml

Dental-Care Sippy Straw Cup

Botol Minum Dinosaurus Training Cup

Vaccum Flask Botol Termos 300 ml

Zoo Stainless Steel Little Kid Straw Bottle

Baby Safe Cup Straw Training Cup

Keunggulan

Terbuat dari Tritan, bahan yang superkuat dan awet

Pegangan botol dapat diputar dan dilipat, mudah disimpan di tas!

Didesain antibocor dan antitumpah

Si kecil dapat meminumnya dalam posisi apa pun

Bisa sekaligus dijadikan tempat snack, cocok untuk anak usia 1 tahun

Sedotannya didesain dengan fitur dental-care

Dilengkapi dua jenis pegangan, tali dan handle

Dengan teknologi double wall, jaga suhu air lebih lama

Bawa air panas ataupun dingin dalam jumlah lebih banyak

Bentuknya unik dan lucu, bikin si kecil makin semangat minum

Harga mulai dariRp 125.000,00Rp 80.600,00Rp 149.000,00Rp 144.700,00Rp 89.000,00Rp 258.000,00Rp 141.862,00Rp 97.800,00Rp 429.000,00Rp 399.000,00
Target usia9 bulan9 bulan9 bulan keatas6 bulan ke atas12 bulan6 bulan, 9 bulanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan6 bulan ke atas
MaterialTritan PolypropyleneTidak disebutkanTidak disebutkanPlastik BPA free, silikonHigh polymer antibacterial materialTidak disebutkan304 Stainless steel food grade, food grade polypropylene, food grade siliconeStainless steel, silikonPPSU, silicone
Kapasitas270 ml150 ml200 ml270 ml270 ml180 ml, 280 ml500 ml300 ml350 ml90 ml
Tautan produk

Cara merawat training cup dengan sedotan

Training cup dengan sedotan umumnya terdiri dari beberapa bagian. Bagian-bagian tertentu lebih sulit untuk dibersihkan, misalnya sedotan. Untuk memastikan training cup tetap higienis, Anda harus membersihkannya setiap hari. Berikut tips cara membersihkan dan mensterilkannya.

Selalu cuci training cup sehabis digunakan

Selalu cuci training cup sehabis digunakan
Saat minum dengan training cup, terkadang cairan dari dalam mulut bayi bisa mengalir masuk kembali ke dalam botol. Coba Anda perhatikan training cup bayi Anda setelah digunakan. 

Jika air di dalamnya terlihat keruh, kemungkinan besar ada sisa makanan atau air liur bayi yang masuk ke botol. Keadaan tersebut bisa memicu munculnya bakteri pada minuman bayi Anda. Jadi, bersihkanlah selalu setiap selesai digunakan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Selalu bersihkan training cup dan ganti airnya setelah digunakan. Bayi yang masih belajar minum terkadang tidak sengaja memasukan makanan atau cairan dari mulutnya ke dalam botol. Hal tersebut menyebabkan air menjadi keruh atau bercampur makanan. Hati-hati jangan sampai meminum air yang sudah kotor karena tentunya dapat menimbulkan masalah kesehatan pada bayi.

Cara membersihkan training cup dengan sedotan

Di bawah ini, terdapat beberapa tips agar Anda dapat mencuci training cup hingga benar-benar bersih.

Gunakan sikat khusus untuk membersihkan botol

Gunakan sikat khusus untuk membersihkan botol
Jika Anda hanya menggunakan spons pencuci biasa, umumnya ada kotoran yang masih melekat dan tidak terjangkau oleh spons. Ada baiknya Anda menggunakan sikat khusus untuk membersihkan botol agar bisa menjangkau bagian-bagian yang sulit. Jika Anda tidak memilikinya, gunakan cotton bud atau tusuk gigi yang dilapisi kapas untuk membersihkannya.
Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Gunakan sikat khusus untuk membersihkan botol yang dapat menjangkau hingga ke sudut-sudut botol sehingga sisa cairan yang mengendap dapat bersih sempurna. Jangan sampai Anda mengisi minuman pada botol yang kotor. Hal tersebut tentunya menyebabkan kotoran akan bercampur dengan air yang nanti di minum oleh bayi.

Gunakan sikat khusus untuk membersihkan sedotan

Gunakan sikat khusus untuk membersihkan sedotan
Sedotan adalah bagian yang paling kotor dan sulit dibersihkan. Agar dapat membersihkan bagian dalam sedotan dengan sempurna, gunakan sikat khusus untuk sedotan. Bentuk sikat yang panjang dan ramping mampu menghilangkan seluruh kotoran di sedotan.
Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Sedotan adalah bagian yang cukup penting dan selalu terkena air saat bayi minum. Selain itu, bagian ujung sedotannya pun masuk ke dalam mulut bayi. Namun, sedotan biasanya paling susah dibersihkan karena bentuknya yang kecil dan panjang. Bersihkan sedotan dengan sikat khusus agar endapan minuman, jamur, atau kotoran dalam sedotan dapat dibersihkan dengan sempurna.

Gunakan baking soda jika botol berbau dan berubah warna

Gunakan baking soda jika botol berbau dan berubah warna
Untuk membersihkan training cup yang mulai berbau dan berubah warna, Anda bisa menggunakan baking soda. Campurkan 1–2 sendok makan baking soda dengan air, lalu bilas botol memakai air campuran tersebut. Selain bisa membersihkan kotoran membandel yang menempel, cairan tersebut juga akan menghilangkan bau dan warna keruh botol.

Tidak perlu khawatir, baking soda aman untuk tubuh manusia. Sebenarnya, baking soda atau sodium bikarbonat ini telah ada di tubuh manusia. Oleh sebab itu, baking soda aman bagi tubuh, bahkan jika tanpa sengaja residunya tersisa di botol dan terminum oleh bayi.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Setelah penggunaan dalam jangka waktu lama, terkadang training cup menjadi berbau, berubah warna, atau ada kotoran tertentu yang sulit dibersihkan. Namun, kita tidak bisa menggunakan produk pembersih yang terlalu keras untuk membersihkan produk yang digunakan oleh bayi. Baking soda adalah alternatif yang cukup aman dan sudah cukup mampu membersihkan training cup dengan baik.

Sterilkan training cup bayi untuk menjamin kebersihannya

Untuk menjamin training cup bayi Anda selalu steril, Anda perlu mendisinfeksi botol tersebut secara rutin. Seiring dengan pertumbuhan bayi, banyaknya frekuensi untuk melakukan disinfeksi juga akan berubah. Pastikan Anda melakukannya sesuai dengan perkembangan bayi.

Sebelum bayi mulai mengonsumsi MPASI, dianjurkan lebih sering melakukan disinfeksi

Sebelum bayi mulai mengonsumsi MPASI, dianjurkan lebih sering melakukan disinfeksi
Para ibu yang bayinya belum mengonsumsi MPASI biasanya selalu mensterilkan botol susu yang telah digunakan. Bagaimana dengan training cup? Sama seperti botol susu, Anda juga dianjurkan untuk mendisinfeksi training cup setiap kali selesai dipakai.

Namun, saat bayi Anda mulai makan MPASI, biasanya dia kerap memasukkan tangan ke mulut dan menjilati mainannya. Pada saat itu, daya tahan tubuh bayi akan makin meningkat sehingga kontaminasi bakteri dan jamur tidak mudah membuatnya sakit. Jadi, Anda dapat mengurangi frekuensi disinfeksi pada training cup-nya. Namun, proses disinfeksi tetap diperlukan karena daya tahan tubuh anak masih belum sekuat orang dewasa.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pada saat anak mengalami fase oral, biasanya dia senang memasukan tangan, jari, atau benda-benda di sekitarnya ke dalam mulut. Fase oral merupakan hal yang wajar dan merupakan salah satu fase perkembangan otot oromotor anak. 


Hal ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak, tetapi bukan berarti membuat anak menjadi kebal terhadap segala penyakit. Imunitas anak tetaplah belum berkembang sempurna dan belum sekuat orang dewasa. Oleh karena itu, Anda tetap harus menjaga kebersihan alat-alat yang digunakan oleh bayi Anda.

Untuk bayi berusia di bawah 1 tahun, gunakan sabun pencuci perlengkapan bayi

Untuk bayi berusia di bawah 1 tahun, gunakan sabun pencuci perlengkapan bayi
Ada tiga cara untuk melakukan disinfeksi, yaitu dengan merebus, menggunakan microwave, dan dengan sabun cuci khusus untuk disinfeksi. Setiap produk memiliki metode disinfeksi yang berbeda. Jadi, sebelum Anda membeli suatu produk, bacalah kembali mengenai cara mendisinfeksi produk tersebut.

Jika bayi Anda belum berusia setahun, gunakan sabun cuci botol khusus bayi untuk membersihkan training cup-nya. Ada beberapa merek sabun pencuci botol bayi yang dipasarkan saat ini.

Namun, jika usianya telah lebih dari setahun, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring biasa. Semprotkan sedikit cairan pencuci botol pada training cup yang akan dibersihkan dan bilas dengan air bersih. Setelahnya, keringkan training cup sebelum digunakan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Sabun pencuci biasanya dapat mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi bayi. Oleh karena itu, Anda bisa memilih sabun pencuci khusus untuk perlengkapan bayi. Sabun pencuci khusus perlengkapan bayi biasanya menggunakan bahan kimia yang relatif aman. Namun, sabun tersebut tetap bisa membersihkan kotoran dan mematikan bakteri, jamur, dan kuman yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi bayi. 

Baca juga rekomendasi perlengkapan makan lainnya untuk bayi di sini

Anda telah membaca informasi yang lebih mendalam mengenai training cup dengan sedotan. Jika Anda juga membutuhkan informasi mengenai baby cup, sikat botol bayi, serta sabun pencuci botol bayi, Anda dapat membacanya di sini!

Kesimpulan

Bagi bayi, menggunakan training cup dengan sedotan memang tidak semudah botol susu. Namun, jika sudah terlatih, akan lebih mudah bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan minum bayi Anda.

Setelah membaca artikel kali ini, apakah Anda telah menemukan produk yang tepat untuk digunakan oleh bayi Anda? Pastikan bahwa produk pilihan Anda sesuai dengan kebutuhan si kecil, ya! Ingat juga untuk menyesuaikan jenis training cup dengan usia si kecil.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Mandi merupakan hal yang sangat penting bagi bayi yang baru lahir hingga yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda tentu ingin memilih produk yang berkualitas dan aman bagi kulitnya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus, aman, dan tepercaya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak pembahasannya sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Obat Nyamuk Terbaik yang Aman untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Nyamuk Terbaik yang Aman untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Gigitan nyamuk tidak boleh diremehkan karena bisa menyebabkan penyakit berbahaya. Untuk melindungi anggota keluarga dari hal tersebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah menggunakan obat nyamuk. Namun, apabila Anda memiliki bayi di rumah, Anda tentu harus memilih obat nyamuk yang aman untuk anak dan bayi.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih produk obat nyamuk terbaik yang aman dan bagus untuk bayi. Merek obat nyamuk yang aman untuk bayi, seperti Buds Everyday Organics, Cessa Baby, dan Maharati juga masuk dalam rekomendasi. Silakan simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori