10 Rekomendasi Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi para pendaki gunung, backpack berukuran besar atau biasa disebut carrier pastinya sudah tidak asing lagi digunakan untuk membawa logistik pendakian. Jenis dan kapasitas carrier begitu beragam, sama seperti mereknya pun amat beragam, seperti Eiger, Consina, Karrimor, Deuter, dan sebagainya. Tentunya Anda pun harus menyesuaikan carrier Anda dengan lamanya perjalanan Anda.

Kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih jenis dan kapasitas carrier yang cocok untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik berdasarkan kualitas, harga, dan ulasan pemakainya. Jadikan artikel ini referensi supaya pilihan Anda tidak salah, ya!

Daftar isi

Cara memilih carrier kapasitas besar

Apa saja poin-poin yang harus diperhatikan dalam memilih carrier? Tentunya kapasitas dan fitur utama seperti jumlah kompartemen dan belt penunjang dada atau pinggang sebaiknya ada agar memudahkan Anda menentukan pilihan. Ayo simak selengkapnya!

Pilih kapasitas carrier sesuai lamanya waktu pendakian

Bicara soal kapasitas besar sebenarnya sangat bervariasi, mulai dari 35 liter hingga 100 liter. Untuk itu, mari sesuaikan dengan rencana perjalanan Anda!

Carrier berkapasitas 35-50 liter, cocok untuk pendakian 2 hari

Carrier berkapasitas 35-50 liter, cocok untuk pendakian 2 hari

Carrier berkapasitas 35-50 liter dirasa cukup untuk mendaki gunung dengan waktu perjalanan kurang lebih 2 hari. Kapasitas 35-50 liter bisa menampung pakaian, makanan, dan air minum yang cukup untuk 2 hari.

Jenis ini sebenarnya lebih cocok jika Anda menginap di mountain hut dibanding tenda, tetapi di Indonesia masih jarang ditemukan mountain hut yang layak huni di jalur pendakian. Lalu, jika Anda mendaki gunung di musim hujan, sebaiknya gunakan carrier yang berkapasitas 50 liter agar bisa menampung perlengkapan tambahan seperti sweater dan baju cadangan.

Carrier berkapasitas 50-80 liter, cocok untuk pendakian 3-5 hari

Carrier berkapasitas 50-80 liter, cocok untuk pendakian 3-5 hari

Untuk pendakian antara 3-5 hari, sebaiknya Anda memilih carrier yang berkapasitas 50-80 liter. Sudah pasti Anda harus membawa tenda dan perlengkapan penunjang seperti matras, alat masak, sleeping bag, flysheet, dan obat-obatan yang beratnya mungkin mencapai 10-20 kg. Belum lagi perlengkapan dasar seperti pakaian, bahan makanan, dan minum yang pastinya butuh lebih banyak dibanding pendakian selama 2 hari.

Biasanya kegiatan yang membutuhkan waktu lebih dari 2 hari pendakian adalah pendidikan dan pelatihan lapangan, pendakian gunung yang memiliki medan sulit dan tinggi, atau mungkin juga saat melakukan SAR (search and rescue). Jika Anda memiliki fisik yang kuat, lebih disarankan menggunakan yang 80 liter karena bisa muat lebih banyak dan mungkin saja bisa membantu teman yang kewalahan membawa barang.

Carrier berkapasitas 100 liter, cocok untuk ekspedisi dalam jangka waktu lama

Carrier berkapasitas 100 liter, cocok untuk ekspedisi dalam jangka waktu lama

Jika Anda merencanakan perjalanan dalam jangka waktu lama, sebaiknya Anda menggunakan carrier dengan kapasitas sekitar 100 liter. Ekspedisi jangka panjang misalnya berwisata ke berbagai negara ala backpacker, pembukaan jalur hutan baru untuk pendakian, atau penjelajahan hutan yang belum pernah dilewati. Sebaiknya Anda membawa sleeping bag cover, tent cover, headlamp, baterai cadangan, dan berbagai hal lain yang sekiranya diperlukan.

Bila Anda hendak melakukan ekspedisi ke berbagai negara, bawalah penyaring air untuk berjaga-jaga bila air di daerah tersebut tidak layak minum serta bawa pula pengusir serangga. Sebaiknya pada carrier tersebut juga terdapat kompartemen khusus untuk menyimpan paspor dan mata uang negara yang hendak Anda kunjungi. Meski beratnya mungkin mencapai 30 kg, kapasitas besar ini dibutuhkan agar bisa memuat seluruh bawaan Anda. Di sisi lain, carrier 100 liter cukup jarang ditemukan sebab umumnya digunakan untuk perlengkapan militer.

Sesuaikan carrier dengan gender dan panjang punggung Anda

Sesuaikan carrier dengan gender dan panjang punggung Anda

Carrier juga dibedakan berdasarkan gender, khusus laki-laki atau wanita. Untuk Anda para wanita, sebaiknya menggunakan carrier khusus wanita karena biasanya sudah disesuaikan dengan postur tubuh wanita.

Jika Anda kesulitan menemukan carrier khusus wanita, ukurlah panjang tubuh bagian belakang Anda, khususnya bagian punggung. Anda bisa mengukur panjang punggung dari tulang belakang bagian leher yang menonjol hingga di atas tulang panggul. Anda juga bisa memilih carrier yang bagian belakangnya bisa diatur sesuai tinggi badan Anda, biasa dikenal sebagai back system.

Sebagai gambaran, biasanya ukuran XS cocok untuk Anda yang memiliki panjang punggung 41 cm, ukuran S untuk 41-46 cm, M untuk 46-51 cm, dan L dengan panjang di atas 51 cm. Panjang punggung orang tentu berbeda-beda sehingga ada baiknya Anda mencoba dahulu sebelum memutuskan membeli carrier tersebut.

Periksa chest belt dan hip belt karena kestabilan sangat penting!

Periksa chest belt dan hip belt karena kestabilan sangat penting!

Semakin besar kapasitas carrier, tentu akan semakin berat saat dibawa. Karena itu, pilihlah carrier yang dilengkapi dengan chest belt dan hip belt agar Anda bisa membawanya dengan stabil.

Umumnya setiap carrier memiliki hip belt, tetapi tentu saja Anda harus memeriksa ukurannya terlebih dahulu ketika carrier tersebut dikenakan dan lihat apakah terasa pas di tubuh Anda. Ada juga carrier yang dilengkapi oleh chest belt. Dengan adanya chest belt, stabilitas saat membawa carrier lebih meningkat, apalagi saat membawa banyak barang. Karena itu, sebisa mungkin pilihlah carrier yang memiliki chest belt juga.

Pastikan tali bahu pas dengan bahu saat digunakan

Pastikan tali bahu pas dengan bahu saat digunakan

Saat Anda mencoba carrier, Anda harus memeriksa dan memperhatikan bagian tali bahunya. Carrier dengan tali bahu yang tidak pas akan membuat ada jarak antara carrier dengan punggung Anda dan menyebabkan Anda tidak stabil saat membawa banyak barang. Kencangkan selalu tali bahu dan pastikan tidak ada jarak antara carrier dengan punggung Anda tersebut. Jika terdapat jarak, gaya gravitasi akan semakin menekan Anda dan membuat barang bawaan Anda terasa lebih berat dari seharusnya.

Saat Anda mengecek carrier, usahakan jangan sampai carrier tersebut kosong. Cobalah minta bantuan kepada petugas atau penjualnya untuk mengisikan barang ke dalam carrier tersebut agar Anda bisa lebih merasakannya.

Pilih carrier dengan back system yang breathable agar tidak gerah

Pilih carrier dengan back system yang breathable agar tidak gerah

Bagian punggung Anda merupakan bagian yang paling banyak bersentuhan dengan carrier dalam waktu lama. Tentunya selama perjalanan Anda akan mengeluarkan banyak keringat. Jika bagian carrier yang bersentuhan dengan punggung Anda tidak memiliki breathability yang bagus, Anda akan lebih mudah berkeringat, lembap, dan gerah sehingga perjalanan Anda tidak nyaman.

Untuk membuat perjalanan Anda nyaman meski dalam waktu lama, pilihlah carrier yang memiliki breathability baik. Lalu, jika Anda berencana mendaki gunung bersalju di negara lain, breathability yang baik juga membantu mencegah hipotermia pada saat musim dingin.

Periksa fitur tambahan yang bisa memudahkan packing dan unpacking

Carrier berkapasitas besar tentunya bisa memuat barang lebih banyak dari backpack biasa. Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikan kemudahan dalam memasukkan dan mengeluarkan barang. Kami akan menjelaskan beberapa faktor yang dapat membuat packing dan unpacking menjadi lebih mudah!

Terdapat kompartemen terpisah, memudahkan saat memasukkan dan mengeluarkan barang

Terdapat kompartemen terpisah, memudahkan saat memasukkan dan mengeluarkan barang

Sebaiknya ketika Anda memilih carrier, pilihlah yang memiliki 2 kompartemen untuk memisahkan bagian dalamnya. Hal ini akan sangat memudahkan Anda untuk mengakses dan mengambil barang dengan cepat.

Pada backpack umumnya, biasanya Anda akan sulit mengambil barang yang terletak di bagian bawah. Namun, jika terdapat 2 kompartemen yang memisahkan bagian dalam tas seperti yang biasanya ditemukan pada carrier berukuran besar, Anda akan mudah mengambil barang yang terletak di dasar tas. Anda hanya perlu membaginya menjadi bagian atas dan bawah atau depan dan belakang sesuai kebutuhan Anda.

Lebih nyaman bila bisa dibuka dari depan dan memiliki kantong depan

Lebih nyaman bila bisa dibuka dari depan dan memiliki kantong depan

Carrier berkapasitas besar umumnya memiliki bobot yang berat sehingga akan sangat merepotkan jika Anda harus bolak-balik membongkarnya saat ingin mengeluarkan barang dari dalam carrier. Karenanya, pilihlah carrier yang memiliki ritsleting dan kantong di bagian depan sehingga Anda bisa dengan mudah mengambil barang sambil tetap membawanya di punggung. Kami menyarankan untuk memilih carrier dengan bagian depan yang memiliki U-shaped zip agar Anda bisa mengambil barang di dalam tas tanpa perlu melepas raincover.

Selain itu, adanya kantong depan juga memudahkan Anda untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan saat perjalanan, seperti peta, kompas, korek api, bahkan jas hujan. Jadi, ketika berkemas Anda bisa langsung memisahkan barang yang sering digunakan dan menyimpannya di kantong depan. Karena itu, ingat untuk mengecek poin ini juga, ya!

Memiliki raincover yang dapat dilepas pasang

Memiliki raincover yang dapat dilepas pasang

Jika Anda membeli carrier yang sudah sepaket dengan raincover-nya, sebaiknya Anda memilih kantong raincover yang bisa dilepas dari carrier. Raincover yang bisa dilepas ini tidak hanya dapat melindungi tas carrier Anda, tetapi juga dapat Anda jadikan sebagai tas pinggang sehingga lebih multifungsi.

Selain itu, tas carrier dengan kapasitas 80 liter atau lebih memiliki ukuran yang terlalu besar bila Anda gunakan hanya untuk mendaki gunung selama sehari semalam saja. Namun, ukuran tas tersebut akan menjadi lebih kecil dan pas untuk digunakan bila raincover-nya Anda lepas. Sayangnya, carrier dengan rainccover yang dapat dilepas dan dijadikan ikat pinggang memang masih jarang ditemukan di Indonesia. Sebagai gantinya, sebagian produk sudah terdapat raincover terpisah yang ringkas dan mudah untuk Anda pasangkan pada carrier bila turun hujan.

Periksa waterproofness dan tambahkan dengan raincover agar lebih aman

Periksa waterproofness dan tambahkan dengan raincover agar lebih aman

Kami sangat menyarankan Anda membeli carrier yang dilengkapi bahan waterproof, misalnya yang terbuat dari bahan nilon. Perjalanan jangka panjang tentunya memerlukan persediaan baju, sleeping bag, handuk, makanan, dan sebagainya. Karena itu, carrier dengan lapisan luar waterproof akan menjaga barang-barang Anda tidak basah.

Bila Anda ingin barang bawaan Anda lebih aman dari kebasahan, sebaiknya Anda melengkapi lagi carrier Anda dengan raincover seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Banyak produsen yang sudah menjual carrier sepaket dengan raincover. Selain mengecek ukurannya, Anda juga perlu memastikan terlebih dahuu mudah tidaknya saat dipasang serta cara pengeringan raincover tersebut.

10 Rekomendasi tas carrier kapasitas besar terbaik

Nah, kini Anda sudah mengetahui bagaimana cara memilih carrier terbaik dari tulisan di atas. Sekarang, mari simak sepuluh rekomendasi carrier kapasitas besar terbaik yang telah kami siapkan untuk Anda. Selamat memilih!

10. Karrimor Bobcat 65 Rucksack

10. Karrimor Bobcat 65 Rucksack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.300.000

Antidehidrasi saat mendaki! Terdapat kantong air minum di bagian punggungnya

Karimor Bobcat 65 sudah memiliki reputasi baik sebagai carrier yang tahan lama dan memiliki kualitas back system yang baik. Back system carrier ini dibuat menggunakan teknologi Wind Tunnel yang mengurangi kontak antara punggung Anda dengan bagian belakang carrier sehingga tidak terasa panas saat digunakan.

Carrier ini juga memiliki fungsi hydration compatible, yaitu kantong di bagian atas carrier yang bisa digunakan untuk menyimpan air minum dan memudahkan Anda saat ingin meminum air. Oleh karena itulah carrier ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mudah haus saat sedang mendaki gunung.

9. Eiger Rhinos 60L

9. Eiger Rhinos 60L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 875.000

Carrier yang sesuai untuk penggunaan di daerah tropis

Eiger Rhinos 60 adalah carrier yang sesuai untuk penggunaan di daerah dengan iklim tropis. Dengan bahan polyester yang cepat kering saat terkena air, carrier ini dilengkapi juga dengan raincover sebagai perlindungan dari hujan. Produk ini juga banyak digunakan para pemula karena selain berkualitas, harganya pun cukup ekonomis.

Pada carrier ini terdapat beberapa kantong, yakni kompartemen utama, kantong di bagian punggung dalam, dua kantong di bagian sisi, dan kantong pada hip belt. Meski tidak memiliki adjustable back system, tetapi back system-nya memiliki fungsi tropic air flow yang menyejukkan punggung saat Anda memakai carrier ini.

8. Consina Extraterrestrial 60L

8. Consina Extraterrestrial 60L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 495.000

Produk lokal dengan single frame dan harga yang bersahabat

Meskipun menggunakan single frame, carrier ini mampu menahan beban dengan baik. Carrier ini juga memiliki hip belt dengan busa tebal sehingga terasa nyaman saat dikenakan. Untuk Anda yang suka carrier buatan lokal berkualitas dengan harga yang bersahabat, produk inilah solusinya!

Back system-nya menggunakan busa yang empuk dan bentuk agak melengkung yang ergonomis sehingga tidak membuat punggung Anda mudah lelah atau terasa panas saat berkeringat. Berhubung carrier ini menggunakan single frame dan tidak dilengkapi raincover, kami sarankan pemakaiannya hanya untuk pendakian 2-3 hari.

7. Deuter Aircontact Pro 65+15 SL

7. Deuter Aircontact Pro 65+15 SL

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.760.000

VariFit-Slide back system-nya mudah disesuaikan dengan punggung wanita

Produk selanjutnya pilihan kami ini memiliki kompartemen utama yang besar, memungkinkan Anda untuk memuat banyak barang di dalamnya. Ditujukan untuk para pengguna wanita, carrier ini memiliki VariFit-Slide back system yang dapat disesuaikan dengan panjang torso Anda.

Kemudian, adanya sistem Aircontact membuat carrier bisa berdekatan dengan tubuh pengguna sehingga lebih nyaman digunakan. Di bagian depan carrier pun terdapat ritsleting untuk memudahkan Anda mengambil benda di dasar carrier dari kompartemen utama. Dengan bahan yang waterproof, carrier Anda pun akan semakin terlindungi dari air.

6. Kelty Coyote 65

6. Kelty Coyote 65

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.485.000

Sistem penyetelan back system PerfectFit yang bisa dilakukan dalam hitungan detik!

Produk ini memiliki kapasitas 65 liter dengan bukaan di atas, dan bisa disetel menjadi dua kompartemen, yakni kompartemen utama dan kompartemen sleeping bag, atau satu kompartemen besar saja. Bagian penutup carrier bisa Anda ubah dan jadikan sebagai tas selempang sehingga ukuran carrier Anda akan menjadi lebih ringkas.

Ditunjang dengan suspensi PerfectFit, ini adalah sistem penyetelan carrier sesuai ukuran tubuh pada bagian pinggang, bahu, dan torso yang bisa dilakukan dalam hitungan detik. Tentunya carrier ini cocok digunakan untuk Anda yang menginginkan tas praktis dengan back system yang dapat disetel dengan cepat.

5. Quechua Forclaz 60L

5. Quechua Forclaz 60L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 750.000

Desain front opening yang akan memudahkan Anda mengambil barang dengan cepat

Carrier Quechua Forclaz 60 L sangat sempurna untuk digunakan hiking, memanjat gunung, atau travelling. Desainnya sederhana dan berbobot ringan, hanya 1,8 kg, serta memiliki banyak kantong untuk kemudahan Anda. Di dalamnya terdapat tiga kantong di bagian luar, satu kantong di bagian dalam, dan satu kantong di hip belt.

Hal yang membuat carrier ini lebih spesial adalah bukaan depannya yang dirancang sedemikian rupa agar Anda mudah mengambil barang dari dasar carrier Anda tanpa perlu repot menurunkan tas. Tentunya produk ini akan menjadi pendamping sempurna bagi Anda yang menginginkan carrier dengan bukaan praktis.

4. Jack Wolfskin Denali 75 Men Trekking Backpack

4. Jack Wolfskin Denali 75 Men Trekking Backpack

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.735.000

Back system berbentuk X untuk menunjang bawaan Anda yang berat

Jack Wolfskin Denali 75 Men Trekking Backpack dirancang untuk membawa beban berat bahkan hingga 20 kg, untuk perjalanan mendaki gunung yang panjang. Back system-nya menggunakan X-Transition yang tidak bisa disetel, berupa rangka batang aluminium berbentuk X yang sangat nyaman saat digunakan.

Carrier ini memiliki dua kompartemen besar yang terpisah dan 9 kantong tambahan yang membuat Anda memiliki banyak pilihan saat sedang packing. Cocok untuk Anda bawa berkemah di hutan selama 3-7 hari karena selain sebagai carrier, bagian head carrier-nya bisa Anda jadikan daypack juga!

3. The North Face Banchee 65

3. The North Face Banchee 65

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.541.000

Carrier dengan kantong khusus sleeping bag yang sangat praktis

The North Face merupakan merek outdoor gear yang sudah terkenal akan produk-produk berkualitasnya. Selain sangat ringan dan nyaman saat digunakan, Banchee 65 juga memiliki 8 kantong fungsional, termasuk kantong pada hip belt yang dapat digunakan untuk menyimpan kamera atau energy bar.

Carrier ini juga memiliki kantong khusus sleeping bag dengan bukaan terpisah sehingga lebih praktis dan mudah digunakan. Sistem harness OPTIFIT miliknya akan membuat semakin pas dengan bentuk tubuh Anda dan membuatnya nyaman digunakan untuk waktu lama, cocok untuk pendaki gunung profesional!

2. Gregory Baltoro 65

2. Gregory Baltoro 65

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 5.999.000

Bantalan bahu dan punggung super empuk dan sangat nyaman saat digunakan

Ciri khas yang tidak pernah hilang dari Gregory Baltoro adalah bantalan pada bahu dan punggung yang sangat empuk dan sangat nyaman meskipun Anda gunakan dalam waktu lama. Keunikan dari versi terbaru Gregory Baltoro 65 ini adalah bobotnya jauh lebih ringan dari versi sebelumnya, terutama di bagian hip belt.

Meski demikian, produk ini tetap kuat dan tahan lama. Keunggulan lain dari produk ini adalah adanya 8 kantong dan kompartemen yang sangat terorganisir sehingga memudahkan Anda saat packing. Dengan kombinasi segala kelebihan yang dimilikinya, Anda yang berprofesi sebagai landscape photographer atau videographer pasti akan menyukainya.

1. Osprey Aether AG™ 70

1. Osprey Aether AG™ 70

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.400.000

Saking nyamannya, beban berat seakan tidak terasa!

Osprey Aether 70 AG merupakan solusi bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan meskipun sedang mendaki dengan beban yang berat. Carrier ini dilengkapi sistem Anti-Gravity di bagian punggung, berbahan mesh dengan breathability baik, dan memiliki rangka berbahan metal yang kokoh.

Dengan fitur-fitur tersebut, beban berat yang Anda bawa akan terasa berkurang hingga setengahnya sehingga Anda tetap nyaman. Apalagi, tali bahu dan hip belt-nya terbuat dari bahan yang sangat empuk. Carrier ini juga dilengkapi banyak kantong tambahan di bagian depan untuk Anda menyimpan camilan atau handphone.

Kesimpulan

Nah, sudahkah Anda menemukan carrier kapasitas besar terbaik favorit Anda untuk digunakan pada kegiatan hiking Anda selanjutnya? Pastikan carrier ini memiliki kualitas yang bagus dan sesuai dengan preferensi Anda. Carrier yang tepat tidak akan membuat Anda pegal atau merasa cepat lelah, serta akan menjaga Anda dari cedera saat membawanya dan membuat kegiatan mendaki gunung Anda lebih menyenangkan.