10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Jumlah pengguna sikat gigi elektrik semakin banyak karena karena produsen sikat gigi elektrik menjanjikan kemudahan bagi konsumen dibandingkan menggunakan sikat gigi biasa. Banyaknya jumlah pemesan, membuat produsen bersaing untuk menciptakan berbagai produk sikat gigi elektrik untuk menarik konsumen. Tetapi karena hal itu pula, banyak orang kebingungan menentukan produk mana yang sebaiknya dibeli.

Kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih sikat gigi elektrik dengan cara yang mudah dimengerti. Dengan membaca artikel ini, Anda dapat membandingkan produk sikat gigi elektrik mulai dari jenis, desain, cara penggunaan, perawatan, dan pada akhirnya Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan Anda.

Daftar isi

Perbedaan antara sikat gigi elektrik dengan sikat gigi biasa

Perbedaan sikat gigi biasa dengan sikat gigi elektrik terletak pada daya yang menggerakkan sikat gigi tersebut. Sikat gigi elektrik menggunakan tenaga listrik yang berasal dari baterai sedangkan sikat gigi biasa cukup hanya dengan menggerakkan tangan Anda sendiri. Anda tetap bisa menjaga kebersihan gigi dengan sikat gigi jenis apapun asalkan menyikat dengan cara yang benar.

Namun pada kenyataannya, banyak orang yang terlalu terburu-buru ketika menyikat gigi sehingga kotoran pada gigi belum sepenuhnya bersih. Pada sikat gigi elektrik kepala sikat akan bergerak lebih cepat berkali-kali lipat dibanding saat menggunakan sikat gigi biasa. Anda tinggal mengarahkan sikat elektrik pada gigi dan gusi lalu sikat akan bekerja dengan sendirinya.

Untuk siapa sikat gigi elektrik direkomendasikan?

Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa orang dengan kondisi khusus yang sebaiknya menggunakan sikat gigi elektrik.

Orang dengan kesibukan yang menyita waktu

Orang dengan kesibukan yang menyita waktu

Sikat gigi elektrik memiliki bulu sikat halus dan dapat bergerak dengan kecepatan tinggi. Anda hanya tinggal mengoleskan pasta gigi dan membiarkan mesin pada sikat gigi elektrik bekerja. Gigi Anda akan bersih lebih cepat dibandingkan menyikat gigi dengan cara biasa. Cara yang efisien untuk dapat lebih menghemat waktu dan Anda mendapatkan gigi yang bersih.

Orang yang tidak bisa menyikat gigi dengan cara yang benar

Orang yang tidak bisa menyikat gigi dengan cara yang benar

Anda bisa membersihkan plak pada gigi dengan mengarahkan sikat ke tempat yang tepat. Dengan sikat gigi elektrik, Anda tidak memerlukan banyak gerakan. Anda juga dapat mengurangi tenaga ketika menyikat. Menyikat terlalu kuat hanya akan melukai gusi atau email pada gigi Anda. Gesekan atau putaran yang cepat pada sikat gigi elektrik akan membantu Anda membersihkan gigi lebih baik. Bulu sikatnya yang lembut tidak akan membuat gusi atau gigi Anda terluka karenanya.

Orang dengan masalah periodontal atau sedang dalam perawatan ortodontik

Orang dengan masalah periodontal atau sedang dalam perawatan ortodontik

Bagi Anda yang mengalami masalah periodontal (infeksi bakteri kronis pada gusi dan tulang pendukung gigi) dan sedang melakukan perawatan, Anda dapat menggunakan sikat gigi elektrik untuk menghilangkan plak yang menempel pada gigi dan gusi. Bagian kepala pada sikat gigi elektrik memiliki sikat lembut yang dapat memberikan sensasi pijatan pada gusi.

Pada bagian kawat gigi yang berfungsi untuk merekonstruksi gigi, biasanya terjadi penumpukan kotoran sisa-sisa makanan. Sikat gigi elektrik menjadi solusi menjangkau bagian yang sulit dijangkau semacam itu. Dapatkan segera sikat gigi elektrik pilihan Anda untuk membantu Anda mendukung perawatan gigi dengan hasil yang maksimal.

 Orang lanjut usia dan orang dengan kebutuhan khusus

 Orang lanjut usia dan orang dengan kebutuhan khusus

Sikat gigi elektrik dapat membersihkan gigi lebih baik meskipun dengan tenaga yang minim. Untuk itu sikat gigi elektrik sangat direkomendasikan untuk orang tua dan orang berkebutuhan khusus. Sikat gigi elektrik tetap bekerja dengan optimal karena hanya dibutuhkan sedikit tenaga pada pergelangan tangan untuk mengarahkan kepala sikat saat menjangkau kotoran di sela-sela gigi. Dapat juga menjadi pilihan yang tepat bagi para pengasuh lansia atau panti berkebutuhan khusus.

Jenis sikat gigi elektrik

Ada baiknya Anda mengetahui sikat gigi elektrik yang bisa dibagi menjadi tiga jenis. Untuk memahami fitur dan kegunaannya yang berbeda dan Anda dapat menyesuaikan dengan keinginan Anda.

Sikat gigi elektrik

Sikat gigi elektrik

Yang dimaksud dengan sikat gigi elektrik adalah sikat gigi dengan kegunaan pada umumnya dengan mesin bertenaga listrik sebagai penggerak. Sikat gigi elektrik dapat menghilangkan plak pada gigi dengan menggerakkan tangan seperti sikat gigi pada umumnya, perbedaannya kepala sikat dapat melakukan gerakan memutar secara otomatis. Kotoran di gigi dapat dengan mudah terangkat sehingga mempersingkat waktu menyikat gigi.

Semakin tinggi spesifikasi suatu produk akan mempengaruhi harga. Produsen juga terus memperbaharui fitur-fitur dari sikat gigi elektrik untuk mendapatkan kualitas yang semakin baik. Misalnya, produk sikat gigi elektrik yang beredar saat ini tidak hanya bergetar, tetapi juga menggabungkan getaran dan rotasi. Bentuk kepala sikat yang bulat lebih efektif mengurangi plak pada gigi. Produk dengan desain seperti ini sudah beredar di pasaran.

Sikat sonik

Sikat sonik

Getaran frekuensi yang dapat didengar oleh telinga manusia disebut gelombang suara. Frekuensi getaran dalam 1 detik dinyatakan dalam satuan frekuensi yang disebut Hz (Hertz). Kuas dari sikat sonik memiliki frekuensi getaran di area gelombang suara 20.000 sampai 31.000 per menit di pesawat high-end. Produk ini menggunakan motor penggerak linier yang dapat bergerak dengan kecepatan tinggi lebih cepat daripada sikat gigi elektrik, sehingga Anda bisa melunturkan plak hanya dengan mengarahkan kepala sikat pada tempat yang tepat.

Pada dasarnya sikat ini sama dengan sikat gigi elektrik pada umumnya terutama dalam hal menghilangkan plak gigi dengan getaran sikat, namun getarannya lebih cepat dari pada sikat gigi elektrik. Kelemahan dari sikat ini adalah suara yang ditimbulkan sedikit lebih besar. Perlu waktu untuk membiasakan diri untuk menggunakannya sebagai sikat gigi yang Anda gunakan sehari-hari.

Sikat ultrasonik

Sikat ultrasonik

Tidak seperti sikat lain yang menghasilkan suara saat digunakan, sikat gigi ini bisa menghasilkan gelombang ultrasonik dengan generator ultrasonik yang terpasang di kepala sikat. Telah terbukti menghancurkan bakteri yang masuk ke sela-sela gigi. Mampu mengangkat plak yang menempel pada gigi lebih baik.

Gelombang ultrasonik merupakan getaran frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh telinga manusia. Tetapi meskipun diberi nama sikat ultrasonik, produk sikat ini tidak bergetar dalam kisaran ultrasonik. Produk ini tidak menimbulkan suara yang bising. Sayangnya, sikat ultrasonik memiliki harga yang sangat mahal.

Cara memilih sikat gigi elektrik

Sikat gigi elektrik memiliki harga yang bervariasi ditinjau dari bahan, desain atau fungsinya. Cukup sulit memahami perbedaan sikat gigi elektrik dari produsen yang berbeda. Sebelum memilih sikat gigi elektrik, perhatikan lima poin berikut ini.

Pilih dengan baterai isi ulang atau baterai yang dapat diganti?

Terdapat dua jenis baterai pada sikat gigi elektrik, yakni bisa diisi ulang dengan model baterai built-in atau baterai yang dapat diganti. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut. Silakan jadikan penjelasan berikut sebagai pertimbangan untuk memilih produk sikat gigi elektrik sesuai dengan keinginan Anda.

Baterai isi ulang

Baterai isi ulang

Ada beberapa produk yang menyediakan sikat gigi elektrik yang bisa diisi ulang setiap kali baterai habis. Bila Anda selalu mengisi baterai setiap habis pakai, itu tidak menjamin baterai akan tetap penuh hingga pemakaian berikutnya.

Jenis baterai built-in

Jenis baterai built-in

Anda tidak perlu mengisi ulang seperti pada baterai built-in bila baterai sudah mulai melemah. Dibanding dengan model isi ulang, baterai jenis ini relatif lebih murah. Bentuknya ringan dan mudah dibawa dalam kantung baju atau celana. Bila Anda ingin menyikat gigi menggunakan sikat elektrik dengan tenaga maksimal, Anda cukup mengganti baterai secara teratur. Baterai jenis ini memiliki kelemahan yakni tidak efektif karena harus membongkar pasang sikat gigi elektrik untuk mengganti dengan baterai secara berkala.

Kemudahan menggenggam

Kemudahan menggenggam

Sikat gigi elektrik tidak bisa membersihkan plak gigi dengan optimal bila tidak mengarahkan kepala sikat pada tempat yang benar. Untuk itu, penting agar menggunakan produk dengan desain yang tepat agar posisi saat menyikat tetap stabil. Pemilihan sikat yang tepat akan membantu Anda saat melakukan gerakan-gerakan menyikat sehingga tidak melukai gusi karena cara menyikat yang salah.

Tidak masalah bila sikat gigi elektrik Anda memiliki pegangan yang halus asalkan dapat tetap stabil saat Anda menggenggam dengan kelima jari Anda. Dengan memastikan pegangan yang stabil, Anda akan terhindar dari kejadian berupa sikat yang terjatuh dari genggaman Anda.

Frekuensi

Frekuensi

Semakin banyak frekuensi getaran yang ditimbulkan dari sikat gigi elektrik, semakin akan membuat gusi Anda terluka dan menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Pemilihan pengaturan pada sikat yang mengatur ritme putaran dapat membantu Anda menyesuaikan dengan kondisi gigi Anda. Anda dapat menentukan dengan mencoba tombol pengaturan ritme frekuensi satu persatu dan sesuaikan dengan kecocokan pada gigi Anda.

Selain Anda dapat mengatur banyak getaran dari pilihan menu, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi getaran, seperti tektur kepala sikat, bentuk sikat dan lebar getaran. Hal-hal ini akan mempengaruhi kinerja sikat gigi elektrik yang Anda gunakan. Untuk itu pilihan yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan produk yang cocok dengan kondisi gigi Anda.

Jenis sikat aksesori standar

Jenis sikat aksesori standar

Penggunaan sikat gigi elektrik memberikan peran penting terhadap kinerja sikat gigi elektrik. Anda harus selalu mengecek dengan teratur kondisi kepala sikat. Bila bentuknya sudah mulai berubah atau bulu pada kepala sikat sudah mulai berkurang, Anda dapat mengganti kepala sikat.

Berbagai sikat dengan kegunaan yang berbeda tersedia di toko-toko. Ada sikat standar dan sikat opsional. Sikat opsional ada yang berfungsi sebagai sikat pemutih dan perawatan dari bau nafas yang tidak sedap. Sikat yang diperuntukkan untuk kondisi susunan gigi yang buruk atau sikat untuk orang yang sedang melakukan perawatan gusi. Bila Anda memiliki banyak jenis sikat yang dapat diganti, Anda bisa melakukan berbagai perawatan intraoral (dalam mulut) tergantung jenis sikat yang digunakan.

Kemudahan membawa

Kemudahan membawa

Biasanya sikat gigi hanya disiapkan di rumah, terutama wastafel atau kamar mandi. Namun, banyak juga orang yang ingin menggunakan sikat gigi elektrik karena kemudahan untuk dapat membawanya kemana-mana. Baik itu penggunaan saat sedang wisata ke luar kota atau sedang melakukan perjalanan bisnis.

Saat memilih sikat gigi elektrik, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum membawanya bepergian. Anda dapat memeriksa kelengkapa fitur, seperti terdapat fitur isi ulang yang mudah Anda isi kapanpun, dilengkapi dengan tas jinjing, ukuran sikat gigi elektrik yang tidak merepotkan. Dengan begitu, perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan tidak terganggu.

Harga

Harga

Perhatikan harga dengan anggaran yang Anda miliki. Tapi Anda juga harus pertimbangkan performa, tidak asal memberi produk yang murah. Anda perlu mengganti kepala sikat bila bulu pada kepala sikat sudah mulai berkurang. Bila tidak, hal itu dapat membuat kerusakan pada kantong periodontal atau ruang diantara gusi dan gigi akibat plak merusak gusi dan jaringan ikat di bawah garis gusi.

Pada sikat gigi elektrik dengan baterai built-in memiliki masa pakai sekitar 3 tahun. Ada saat dimana Anda harus menggantinya dengan yang baru. Sekarang Anda dapat memilih produk sikat gigi elektrik dengan memperhitungkan antara kinerja, dan biaya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi sikat gigi elektrik terbaik

Berikut ini kami memberikan produk sikat gigi elektrik berdasarkan rekomendasi terbaik. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menentukan produk yang akan Anda pilih.

10. Babamu Electric Massage

10. Babamu Electric Massage

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 19.900

Bulu sikat memberikan sensasi pijat

Saat menyikat gigi dengan sikat ini Anda akan merasakan sensasi seperti dipijat dengan ringan. Getarannya stabil sehingga Anda dapat dengan nyaman menyikat gigi. Tak perlu khawatir dengan kualitasnya, karena getaran dari sikat ini mampu mengangkat kotoran yang tersembunyi pada sela-sela gigi. Produk ini sering menjadi pilihan bagi lansia karena tekstur sikat begitu lembut saat menyentuh gusi.

Pemakaian sangat sangat sederhana, hanya dengan memutar ke bagian ON lalu tekan tombol pada sikat 1 kali dan sikat ini akan bekerja dengan sendirinya. Anda hanya tinggal mengarahkan pada seluruh gigi Anda. Cocok bagi Anda yang membutuhkan sikat dengan bulu sikat lembut sehingga tidak melukai gusi ketika menyikat.

9. Moreno Sikat Gigi Elektrik

9. Moreno Sikat Gigi Elektrik

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 38.900

 Sikat dengan teknologi waterproof

Produk sikat gigi ini sudah dilengkapi dengan 3 buah kepala sikat dengan bentuk yang berbeda-beda. Anda dapat mengganti kepala sikat dengan mudah sesuai dengan kenyamanan Anda ketika sedang menggunakannya. Harga cukup ekonomis, masih terjangkau untuk kalangan mahasiswa atau pekerja kantoran.

Meskipun bertenaga listrik yang berasal dari baterai, teknologi waterproof membuat Anda merasa aman ketika menyikat. Penggunaan sikat ini sangat praktis, Anda hanya tinggal memutar gagang sikat untuk menyalakan atau mematikan. Sikat gigi ini menggunakan baterai AA yang mudah diganti. Cocok bagi Anda yang menginginkan sikat gigi elektrik yang aman digunakan pada kondisi lembap atau basah.

8. Bright Star A39Plus Rechargeable Sonic Tootbrush

8. Bright Star A39Plus Rechargeable Sonic Tootbrush

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 564.000

Rotasi hingga 30.000 kali per menit

Bright Star A39Plus Rechargeable Sonic Tootbrush memiliki satu button start yang dapat menghidupkan mesin pada sikat yang memberikan rotasi sikat mencapai 30.000 kali per menit sehingga dapat membersihkan kotoran pada gigi Anda dengan cepat. Bulu pada kepala sikat fleksibel dan dapat menjangkau seluruh gigi bagian dalam.

Memiliki warna putih dengan desain yang menawan sekaligus memberikan keleluasaan bagi Anda karena produk ini tahan air. Dilengkapi 3 kepala sikat cadangan dengan bentuk sama yang dapat diganti setiap saat. Cocok bagi Anda yang mencari sikat gigi elektrik efisien yang dapat menghemat waktu menyikat.

7. Universal Sikat Gigi Elektrik Ultrasonik

7. Universal Sikat Gigi Elektrik Ultrasonik

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 188.800

Menghasilkan 10.000 getaran yang juga dapat digunakan anak-anak

Sikat gigi elektrik keluaran Universal ini menghasilkan getaran yang membuat gigi Anda lebih bersih dibandingkan bila menggunakan sikat gigi biasa. Teknologi ultrasonik menghasilkan 10.000 kali getaran, 60 kali lebih banyak daripada penggunaan sikat biasa. Putaran kencang tapi tetap menjaga kesehatan gusi.

Meskipun sikat ini didesain untuk penggunaan oleh orang dewasa tetapi juga dapat digunakan oleh anak-anak atau lansia. Bulu sikat yang halus dapat menghindari luka pada gusi saat menyikat gigi. Produk ini juga memiliki banyak warna yang dapat Anda sesuaikan dengan kesukaan Anda.

6. Here Sikat Gigi Elektrik Multicolor

6. Here Sikat Gigi Elektrik Multicolor

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 150.000

Dilengkapi stand sikat yang membantu sikat tetap higienis

Here Sikat Gigi Elektrik memiliki desain menawan yang akan menambah kesan ceria pada ruangan dimana sikat ini disimpan. Bulu sikat lembut membersihkan gigi Anda hanya dengan menggerakkan pergelangan tangan Anda untuk menyusuri setiap sela-sela gigi. Memiliki bentuk pegangan yang besar sehingga mudah untuk digenggam.

Bila Anda membeli produk ini, Anda akan mendapatkan kepala sikat cadangan dengan warna yang berbeda-beda sebagai persiapan bila Anda ingin mengganti kepala sikat. Sikat gigi elektrik ini cocok untuk digunakan keluarga Anda karena Anda juga mendapatkan stand sikat, sehingga lebih memudahkan ketika akan mengambil sikat gigi elektrik ini untuk digunakan nantinya.

5. Mornwell Sikat Gigi Elektrik

5. Mornwell Sikat Gigi Elektrik

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 908.511

Dilengkapi dua tipe sikat khusus (multi-functional dan professional brush head)

Sikat gigi keluaran Mornwell ini memiliki dua tipe sikat yang didesain khusus. Multi-functional brush head yang dibuat fungsi untuk menjangkau gigi yang menggunakan behel, membersihkan email gigi lebih baik dan sekaligus membersihkan lidah. Sedangkan Professional brush head, yaitu desain sikat yang dibuat sesuai dengan kontur gigi agar efektif ketika membersihkan gigi.

Dalam mode pengisian baterai induktif yang sudah terisi penuh, produk ini dapat bertahan hingga 2 minggu. Akan sangat berguna bila Anda membawa sikat ini saat sedang bepergian. Anda juga dapat dengan mudah mengetahui kalau baterai akan habis dengan melihat munculnya lampu indikator berwarna merah. Cocok bagi Anda yang menginginkan sikat gigi dengan mode sikat yang dapat membantu membersihkan gigi lebih efektif.

4. Oral-B Advance Power 400 DB4010

4. Oral-B Advance Power 400 DB4010

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 349.000

Desain pegangan tidak mudah tergelincir

Sikat gigi elektrik Oral-B advance power 400 DB4010 memiliki pegangan yang lembut. Terbuat dari karet ringan yang ergonomis, memudahkan Anda saat menyikat karena pegangan didesain sesuai jari orang dewasa. Tidak akan tergelincir saat Anda sedang menyikat. Menggunakan 2 baterai duracell yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

Terbukti secara klinis dapat menghilangkan kotoran pada gigi lebih baik karena sikat ini memiliki teknologi osilasi yang dipadukan dengan ujung sikat seperti jarum interdental yang sudah dipatenkan. Hasilnya adalah dapat membantu Anda menjangkau area gigi yang sulit dijangkau. Cocok bagi Anda yang mencari sikat gigi elektrik dengan pegangan yang lembut.

3. Philips Sonicare Power Up HX3110/02

3. Philips Sonicare Power Up HX3110/02

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 760.000

Tuas leher sikat berbentuk unik yang menjangkau plak lebih baik

Philips Sonicare HX3110/02 dirancang dengan kepala sikat gigi manual namun memiliki kekuatan pembersihan lebih dari 15.000 getaran per menit untuk proses pembersihan lebih cepat. Tuas leher sikat berbentuk unik sehingga membuatnya mudah untuk menjangkau gigi bagian belakang dan menghilangkan plak di daerah yang sulit dijangkau.

Bentuknya ramping dengan pegangan ergonomis yang mudah digunakan. Sikat ini membantu menghilangkan dan mengurangi noda pada gigi sehingga gigi terlihat lebih cerah. Dengan teknologi sonik, Anda hanya memerlukan waktu 2 menit untuk waktu menyikat. Cocok bagi Anda yang mendambakan menyikat gigi dengan waktu yang lebih efisien.

2. OEM Sikat Gigi Elektrik Poketech

2. OEM Sikat Gigi Elektrik Poketech

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 44.950

Dilengkapi stand kepala sikat

OEM Sikat Gigi Elektrik Poketech menggunakan teknologi perawatan gigi baru. Menghasilkan jumlah gesekan yang ideal untuk menghilangkan noda dan plak pada gigi secara efektif sekaligus menjaga lapisan gusi. Sikat gigi elektrik portabel ini juga mudah untuk Anda bawa bepergian karena bobotnya ringan.

Sikat gigi elektrik ini memiliki stand kepala sikat yang membantu Anda meletakkannya setelah digunakan. Dapat menampung 2 kepala sikat dan satu charger. Selain itu, bentuknya yang simpel membuat produk ini mudah untuk dibersihkan dan dicuci. Cocok bagi Anda yang menginginkan sikat yang memiliki stand yang dapat menjaga kebersihan kepala sikat tetap higienis dan terbebas dari bakteri merugikan.

1. Yasi Dental Care Rechargeable Sonic

1. Yasi Dental Care Rechargeable Sonic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.071.000

Terdapat fitur auto timer sebagai pengingat waktu menyikat

Menyikat gigi lebih mudah dan nyaman dengan Yasi Dental Care Rechargeable Sonic. Seperti yang dianjurkan para profesional, durasi menyikat dengan sikat elektrik adalah 2 menit. Dengan produk ini proses menyikat gigi dapat dilakukan dengan maksimal karena terdapat auto timer yang akan mengingatkan Anda bila proses menyikat sudah mencapai 2 menit.

Dilengkapi Indikator baterai yang dapat memberitahu Anda kapan sebaiknya baterai diisi kembali. Fitur rechargeable memungkinkan Anda untuk dapat terus mengisi ulang baterai tanpa harus mengganti-ganti, tentu saja itu dapat lebih menghemat biaya perawatan. Cocok bagi Anda yang menginginkan sikat gigi elektrik yang dapat diisi ulang.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Sudah siapkah beralih dari sikat gigi biasa ke sikat gigi elektrik? Dengan menggunakan sikat gigi elektrik, Anda bisa membersihkan plak dengan aman dan lebih efisien dibanding dengan menggunakan sikat gigi manual biasa.

Harga bisa bervariasi tergantung dari frekuensi sikat gigi elektrik, performa dan bahan material pembuat sikat. Untuk itu Anda dapat memilih produk sikat gigi elektrik sesuai dengan anggaran yang Anda sediakan. Rawatlah gigi Anda sebagai aset di masa tua dengan pemilihan sikat yang tepat. Mulailah menggunakan sikat gigi elektrik untuk kemudahan perawatan gigi Anda!