• 9 Rekomendasi Baby Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 9 Rekomendasi Baby Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 9 Rekomendasi Baby Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 9 Rekomendasi Baby Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 9 Rekomendasi Baby Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

9 Rekomendasi Baby Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Baby oil merupakan salah satu produk perawatan bayi yang wajib dimiliki oleh para orang tua. Selain melembutkan kulit, baby oil juga berguna untuk memijat, bahkan membersihkan lipatan pada kulit bayi. Beragam merek baby oil, seperti Cussons Baby, Cetaphil, dan Zwitsal memiliki komposisi kandungan minyak dan kelebihan masing-masing.

Untuk itu, kami akan membantu Anda memilih produk baby oil yang berkualitas dan aman dengan menjelaskan cara jitu dalam memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk baby oil terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Yuk, simak langsung tips-tipsnya berikut ini!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 5.897 Views
Daftar isi

Cara memilih baby oil

Sebelum membeli baby oil, sebaiknya pahami terlebih dahulu kulit bayi Anda agar tidak salah memilih. Anda juga perlu mempertimbangkan kandungan bahan yang ada dalam produk tersebut serta ukuran kemasannya. Berikut penjelasan mengenai cara memilih baby oil secara lengkap!

Pilih yang sebagian besar komposisinya berasal dari bahan alami

Pilih yang sebagian besar komposisinya berasal dari bahan alami
Kulit bayi terkenal lembut dan masih butuh perlindungan khusus. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih baby oil yang tidak mengandung zat pewarna kimia, parfum, maupun bahan sintetis lainnya. Bahan kimia cenderung akan mengiritasi kulit, bahkan dapat menyebabkan ruam pada kulit orang dewasa.
Perawatan kulit bayi sangatlah penting agar bayi tetap merasa nyaman dan terhindar dari iritasi. Sekalipun tertulis tanpa bahan kimia, tidak menjamin bahwa produk tersebut 100% terbebas dari bahan kimia. Periksalah tabel kandungan bahan dan pilihlah produk yang banyak mengandung bahan alami.
Bicara tentang baby oil beraroma, bisa saja wewangiannya berasal dari ekstrak tumbuh-tumbuhan dan bukan dari pewangi sintetis. Untuk mengetahui hal tersebut, periksalah tabel komposisi pada kemasan produk baby oil.

Pilih kandungan minyak berdasarkan kegunaannya

Setiap baby oil memiliki kandungan minyak yang berbeda-beda sesuai dengan kegunaannya. Kali ini kami akan memperkenalkan jenis-jenis minyak yang biasa terkandung dalam produk baby oil. Berikut ini adalah paparan lengkap yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Shea butter dan ceramide, untuk menjaga kelembapan kulit

Shea butter dan ceramide, untuk menjaga kelembapan kulit
Kandungan seperti shea butter dan ceramide pada baby oil, sangat kami sarankan untuk Anda yang ingin melindungi kulit bayi dari kekeringan. Shea butter kaya akan asam lemak dengan daya pelembap tinggi dan dipercaya dapat menjaga kelembapan kulit bayi.
Ceramide juga berfungsi mengunci kelembapan dan menjaga kulit agar tetap sehat. Saat suhu udara menurun, kulit bayi akan cenderung berubah menjadi lebih kering. Jadi, alangkah baiknya untuk menjaganya agar tetap lembap dengan menggunakan baby oil berkandungan shea butter atau ceramide.

Mineral oil, untuk membersihkan pusar, hidung, atau telinga

Mineral oil, untuk membersihkan pusar, hidung, atau telinga
Jika Anda ingin menggunakan baby oil sebagai pembersih pusar, hidung, atau telinga, pilihlah produk yang mengandung mineral oil. Sebagian orang mengganggap mineral oil (termasuk petroleum jelly) memiliki efek yang buruk. Akan tetapi, asalkan telah teruji secara dermatologi, bahan tersebut aman untuk kulit.
Dengan kandungan mineral oil, Anda juga bisa melunakkan kotoran serta membersihkannya dengan lembut. Hal ini juga dapat mengurangi gesekan dengan media pembersih, seperti cotton bud atau kapas. Mineral oil juga tidak akan terserap oleh kulit sehingga aman untuk kulit bayi Anda. Kemudian, harganya pun cenderung bersahabat.
Meski memiliki fungsi untuk melindungi kulit, tetapi baby oil dengan kandungan mineral oil tidak memberi efek signifikan dalam menjaga kelembapan dan sulit dibilas menggunakan air. Anda dapat menggunakan baby oil ini saat bayi memasuki usia 3 bulan, yaitu untuk membersihkan kotoran yang mulai muncul pada lipatan kulit bayi. Aplikasikan juga secara bertahap sambil mengamati kondisi kulit bayi Anda.

Carrier oil, untuk melicinkan kulit saat memijat bayi

Carrier oil, untuk melicinkan kulit saat memijat bayi
Tidak sedikit orang yang memanfaatkan baby oil sebagai pelicin untuk memijat bayi. Kami merekomendasikan baby oil berkandungan minyak yang berasal dari ekstrak tumbuh-tumbuhan atau carrier oil, seperti jojoba, grape seed, dan almond. Karena baby oil berkandungan bahan tersebut tidak mengiritasi kulit, menjadikannya sebagai pelicin untuk memijat adalah pilihan tepat.
Namun, carrier oil juga memiliki potensi menyebabkan alergi. Pastikan untuk mengoleskannya sedikit saja pada kulit sebelum mengusapkannya ke seluruh tubuh bayi. Baby oil ini juga umumnya tidak mengandung bahan pengawet sehingga Anda perlu menggunakannya sesegera mungkin setelah kemasan dibuka.

Pilih kandungan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit bayi

Pilih kandungan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit bayi
Ada banyak produk baby oil yang terbuat dari campuran berbagai jenis minyak alami. Anda bisa menggunakan baby oil dengan tenang jika komposisinya terdiri dari bahan-bahan yang cocok untuk kulit bayi Anda.
Contohnya adalah jojoba oil yang kaya akan vitamin A dan E. Jenis minyak ini mampu menjaga kulit dari dehidrasi. Sedangkan olive oil memilik efek melembapkan yang sangat baik. Ada juga almond seed oil yang kami rekomendasikan untuk mencegah ruam serta menjaga kulit dari berbagai masalah, seperti gatal-gatal.
Bahan-bahan yang tercantum dalam kemasan baby oil umumnya sudah diurutkan berdasarkan bahan yang memiliki presentase kuantitas tertinggi. Amatilah kondisi kulit bayi agar Anda bisa memilih baby oil yang tepat untuknya.

Pilih bentuk kemasan yang mudah digunakan

Pilih bentuk kemasan yang mudah digunakan
Pilihlah kemasan baby oil yang dapat dikeluarkan isinya hanya dengan satu tangan. Hal ini lebih menguntungkan karena Anda akan mengoleskan baby oil pada tubuh bayi untuk memijatnya setelah dia selesai mandi atau sebelum berpakaian.
Kami merekomendasikan baby oil dalam kemasan botol flip-flop karena mudah digunakan hanya dengan jentikan satu ibu jari saja. Tak hanya itu, ada juga kemasan botol pump yang memudahkan Anda untuk mengeluarkan isinya hanya dengan menekannya menggunakan sebelah tangan.

Pilih produk dengan kemasan kecil agar kualitas isi tetap terjaga sepanjang pemakaian

Pilih produk dengan kemasan kecil agar kualitas isi tetap terjaga sepanjang pemakaian
Produk baby oil idealnya hanya digunakan dalam kurun waktu dua sampai tiga bulan sejak penutupnya dibuka. Untuk itu, kami sarankan agar Anda tidak membeli baby oil dalam kemasan ukuran besar karena kualitas isinya bisa menurun bila disimpan terlalu lama dan tidak cepat dihabiskan.
Sebaiknya sesuaikan ukuran kemasan baby oil yang Anda beli dengan intensitas penggunaan agar baby oil tidak terbuang sia-sia. Tentu saja hal ini juga dapat membantu Anda untuk menghemat pengeluaran.

10 Rekomendasi baby oil terbaik

Kali ini, kami akan memperkenalkan produk-produk baby oil yang tak hanya melindungi, tetapi juga aman dan nyaman untuk si kecil. Simak dan temukanlah produk baby oil yang paling cocok untuk bayi Anda dalam jajaran produk berikut ini.

9. Johnson’s Baby Oil

Rp 32.400,00

Bahan tambahanAda (fragrance)
Jenis minyakMineral oil
Campuran bahan alamiTidak disebutkan
Neto200 ml

8. Bambi Baby Oil

Rp 24.000,00

Bahan tambahanAda (fragrance dan propylparaben)
Jenis minyakMineral oil
Campuran bahan alamiLicorice extract dan chamomile
Neto100 ml

7. Pigeon Baby Oil with Telon

Rp 17.500,00

Bahan tambahanAda (phenoxyethanol)
Jenis minyakCarrier oil
Campuran bahan alamiJojoba dan chamomile
Neto115 ml

6. Baby Sebamed Baby Skin Care Oil

Rp 66.000,00

Bahan tambahanAda (parfum)
Jenis minyakCarrier oil
Campuran bahan alamiMinyak soya alami
Neto150 ml

5. Botanina Comforting Baby Oil

Rp 115.000,00

Bahan tambahanTidak ada
Jenis minyakCarrier oil
Campuran bahan alamiJojoba oil, coconut oil, macadamia oil, almond sweet oil, moringa oil, cinnamon oil, ravensara oil, geranium oil, chamomile oil, lavender oil, dan sweet orange oil
Neto65 ml

4. Cetaphil Baby Moisturizing Oil

Rp 225.000,00

Bahan tambahanAda (fragrance)
Jenis minyakCarrier oil
Campuran bahan alamiOrganic calendula extract, marigold flower, sweet almond oil, dan sunflower oil
Neto399 ml

3. Zwitsal Natural Baby Oil with Aloe Vera and Vit E

Rp 19.000,00

Bahan tambahanAda (parfum)
Jenis minyakMineral oil
Campuran bahan alamiAloe vera dan olive oil
Neto100 ml

2. Buds Baby Massage Oil

Rp 269.000,00

Bahan tambahanTidak ada
Jenis minyakCarrier oil
Campuran bahan alamiSunflower seed, jojoba, dan inca inchi seed oil
Neto100 ml

1. Cussons Baby Soft & Smooth Baby Oil

Rp 17.000,00

Bahan tambahanAda (parfum)
Jenis minyakMineral oil
Campuran bahan alamiAlmond oil dan rose oil
Neto100 ml

Tips menggunakan baby oil agar tidak mubazir

Selanjutnya, kami akan memberikan tips-tips agar baby oil yang Anda beli terpakai dengan optimal, tidak mubazir, apalagi terbuang sia-sia. Yuk, simak tips-tipsnya berikut ini!

Lakukan patch test pada kulit bayi sebelum mengoleskan produk ke seluruh tubuhnya

Lakukan patch test pada kulit bayi sebelum mengoleskan produk ke seluruh tubuhnya
Meski Anda sudah menemukan baby oil favorit Anda, kami tidak menyarankan untuk langsung mengoleskannya ke seluruh wajah atau tubuh bayi sekaligus. Pertama-tama, coba oleskan sedikit pada bagian kulit bayi yang lembut untuk melihat apakah produk tersebut cocok untuk buah hati Anda.
Caranya sangat mudah. Oleskan baby oil pada bagian dalam lengan atau paha dan biarkan sekitar empat hingga lima jam. Jika tidak ada masalah, Anda bisa mencoba untuk mengoleskan sedikit pada leher atau wajah, kemudian periksa lagi kondisi kulitnya setelah 24 jam.
Jika tidak terjadi ruam atau kemerahan, Anda bisa mengoleskan baby oil pada bagian tubuh lainnya. Namun, saat terlihat kelainan pada kulit bayi, segera bilas menggunakan air dan hentikan penggunaan produk tersebut.

Untuk bunda, dapat pula digunakan sebagai makeup remover atau penghilang komedo

Untuk bunda, dapat pula digunakan sebagai makeup remover atau penghilang komedo
Baby oil juga dapat digunakan untuk perawatan kulit orang dewasa. Anda bisa mencobanya untuk menghilangkan komedo dengan mengusapkannya ke hidung menggunakan cotton bud. Baby oil juga dapat digunakan sebagai pengganti cleansing atau makeup remover sebelum Anda mencuci wajah.
Anda dapat mencampurkan baby oil dengan sabun muka atau makeup base untuk mencegah wajah menjadi kering. Baby oil juga dapat berperan sebagai pengunci kelembapan jika ditambahkan pada produk face toner atau essence, atau dioleskan ke wajah setelah produk perawatan tersebut meresap ke kulit wajah Anda. Dengan begitu, wajah Anda akan selalu terhindar dari kekeringan.

Gunakan juga baby oil untuk merawat rambut dan kuku Anda

Gunakan juga baby oil untuk merawat rambut dan kuku Anda
Kami juga menyarankan untuk menambahkan setetes baby oil ke dalam sampo Anda setiap kali keramas. Hal ini akan berguna untuk melindungi kulit kepala dan rambut dari kekeringan terutama saat cuaca panas. Anda juga dapat menggunakannya sebagai penggantil nail oil dan mengoleskannya pada area sekitar kuku.
Baby oil memiliki banyak fungsi yang tak terduga untuk orang dewasa. Kini Anda tak perlu khawatir produk baby oil favorit Anda akan terbuang sia-sia karena Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai hal, seperti yang dijelaskan di atas.

Baca juga rekomendasi baby lotion dan baby cream terbaik di sini!

Produk perawatan bayi yang juga patut untuk dipertimbangkan adalah baby lotion dan baby cream. Di samping baby oil, Anda bisa menggunakan baby lotion sebagai penambah kelembapan pada kulit bayi. Sedangkan produk baby cream mudah dibawa ke mana saja karena dikemas dalam tube yang praktis. Simaklah artikel berikut sebelum Anda membeli produk perawatan bayi lainnya, ya.

Kesimpulan

Semoga ulasan dan rekomendasi produk baby oil dari kami dapat membantu Anda menemukan produk yang sesuai untuk bayi Anda. Mana pun produk yang Anda pilih, sesuaikanlah dengan kondisi kulit bayi Anda. Jangan lupa periksa kandungan di dalamnya agar kulit si kecil selalu terlindungi sepanjang hari.
Sesuaikan juga kemasan baby oil agar memudahkan Anda saat menggunakannya. Demi kemudahan, Anda bisa memilih kemasan berbentuk flip-flop maupun pump yang bisa dikeluarkan isinya dengan satu tangan saja. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    65.267 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    29.687 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    26.051 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    19.471 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui yang tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada bayi. Biasanya, ketika bayi sudah tidur, Anda mulai memompa ASI. Selain bertujuan untuk menambah stok ASI yang dibutuhkan bayi, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang ini tersedia pompa ASI dengan berbagai pilihan, ada yang manual dan elektrik. Merek yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari Mooimom, Spectra, Pigeon, Medela, Philips Avent, dan sebagainya. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih pompa ASI dan memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    20.191 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    20.809 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Alat Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mainan Alat Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mainan alat musik memang selalu populer dan tak pernah terasa ketinggalan zaman. Ketika anak menginjak usia 3 tahun, banyak orang tua mulai memikirkan kegiatan yang bisa mengedukasi sang anak, termasuk melatih kemampuan pendengaran dan motoriknya dengan menggunakan mainan alat musik.Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih mainan alat musik sekaligus memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik kepada Anda. Mainan seperti drum set, marakas, dan biola juga akan kami ulas. Silakan simak terus artikel kami, ya!
    Ibu & anak
    437 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori