• 10 Baby Oil Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Baby Oil Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Baby Oil Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Baby Oil Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Baby Oil Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Baby Oil Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)

Baby oil merupakan produk perawatan bayi yang bisa digunakan sejak bayi baru lahir atau newborn. Meskipun demikian, penting untuk memilih baby oil yang sesuai dengan kebutuhan. Ada baby oil untuk kulit kering, kulit sensitif, hingga untuk mengatasi ruam di tubuh. Baby oil bisa diaplikasikan di wajah, telinga, kepala, dan rambut.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih baby oil yang bagus dan aman. Kami juga akan berbagi rekomendasi baby oil terbaik dari berbagai merek, seperti Cussons, Zwitsal, dan Johnson's. Artikel ini sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata. Selamat menyimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Destry Permata, STr. Keb
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 18 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Bidan, Destry Permata, STr. Keb

Profil pakar: Bidan, Destry Permata, STr. Keb
Destry Permata, STr. Keb
Bidan
Destry Permata, STr. Keb

Destry merupakan lulusan Kebidanan yang saat ini berfokus menjadi seorang pendamping ibu hamil. Beliau mendampingi ibu hamil dalam memberdayakan dirinya selama masa kehamilan sampai melahirkan. Setelah menyelesaikan beberapa pelatihan kebidanan komplementer, beliau membantu ibu hamil dengan Prenatal Gentle Yoga dan Hypnobirthing. Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan persalinan yang minim trauma, alami, dan lancar.

Destry berpraktik di Pro V Clinic di wilayah Jakarta Selatan sejak 2019. Sejak saat itulah beliau makin cinta dengan profesinya. Beliau selalu ingin membantu para ibu hamil untuk memiliki pengalaman persalinan yang menyenangkan dan penuh dengan cinta.

Manfaat baby oil

Manfaat baby oil
Baby oil membantu melembapkan dan mengunci kelembapan kulit bayi agar tetap sehat. Tidak hanya itu, ada jenis baby oil yang mampu melunakkan kotoran di kulit. Tipe baby oil ini berfungsi untuk membersihkan kulit bayi. Ada juga tipe carrier oil yang mampu mencegah ruam dan menjaga kulit gatal-gatal.

Selain digunakan untuk bayi, baby oil bisa bermanfaat untuk orang dewasa. Anda dapat menggunakan baby oil sebagai make up remover dan penghilang komedo. Tidak sampai di situ, baby oil dapat melindungi kulit kepala dan rambut dari kekeringan saat cuaca panas. Anda pun bisa menggunakan baby oil sebagai pengganti nail oil, lho. Anda tertarik untuk menggunakan baby oil

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih baby oil

Sebelum membeli baby oil, sebaiknya pahami terlebih dahulu kulit bayi Anda. Setelah itu, pilihlah baby oil dengan kandungan yang dibutuhkan kulit bayi. Berikut penjelasan mengenai cara memilih baby oil secara lengkap.

Pastikan sebagian besar komposisinya berasal dari bahan alami

Pastikan sebagian besar komposisinya berasal dari bahan alami
Kulit bayi terkenal lembut dan masih butuh perlindungan khusus. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih baby oil yang tidak mengandung zat pewarna kimia, parfum, ataupun bahan sintetis lainnya. Bahan kimia cenderung akan mengiritasi kulit, bahkan dapat menyebabkan ruam.

Jika baby oil memiliki aroma tertentu, periksalah jenis wewangian yang dipakai. Baby oil yang memiliki fragrance/aroma tambahan sebaiknya diberikan dalam jumlah yang sedikit-sedikit terlebih dahulu. Jadi, Anda bisa sambil melihat respon dari kulit bayi.


Bisa juga wewangiannya berasal dari ekstrak tumbuh-tumbuhan dan bukan dari pewangi sintetis. Untuk mengetahui hal tersebut, lihatlah tabel komposisi pada kemasan produk baby oil dengan saksama.

Pilih jenis kandungan minyak berdasarkan kegunaannya

Setiap baby oil memiliki kandungan minyak yang berbeda-beda sesuai dengan kegunaannya. Kali ini kami akan memperkenalkan jenis-jenis minyak yang biasa terkandung dalam produk baby oil.

Shea butter, ceramide, olive oil: Untuk menjaga kelembapan kulit

Shea butter, ceramide, olive oil: Untuk menjaga kelembapan kulit

Udara yang dingin dan kering, paparan sinar matahari, hingga terlalu banyak memakai sabun bisa membuat kulit bayi menjadi kering. Untuk menjaganya agar tetap lembap, Anda bisa menggunakan baby oil yang memiliki kandungan shea butter, ceramide, atau olive oil. Berikut manfaatnya.


  • Shea butter: kaya akan asam lemak dengan daya pelembap tinggi dan dipercaya dapat menjaga kelembapan kulit bayi
  • Ceramide: berfungsi mengunci kelembapan dan menjaga kulit agar tetap sehat
  • Olive oil: memiliki efek melembapkan yang sangat baik

Mineral oil: Untuk membersihkan pusar, hidung, atau telinga

Mineral oil: Untuk membersihkan pusar, hidung, atau telinga
Jika Anda ingin menggunakan baby oil untuk membersihkan pusar, hidung, dan telinga, pilihlah produk yang mengandung mineral oil. Kandungan ini diketahui bisa melunakkan kotoran serta membersihkannya dengan lembut. Mineral oil juga meminimalkan adanya gesekan kulit bayi dengan media pembersih. 

Jenis minyak ini tidak menyerap sehingga aman untuk kulit bayi. Penggunaan baby oil dengan kandungan mineral oil bisa membantu menjaga kelembapan kulit bayi lewat cara penggunaan yang benar. Pastikan juga mineral oil yang digunakan sudah approved dan dermatologist-tested serta aman digunakan oleh bayi.


Perlu diketahui bahwa mineral oil juga sulit dibilas dengan air. Anda dapat memakai produknya saat bayi memasuki usia 3 bulan. Proses penggunaannya juga dilakukan bertahap sambil mengamati kondisi kulit bayi.

Carrier oil: Untuk melicinkan kulit saat memijat bayi

Carrier oil: Untuk melicinkan kulit saat memijat bayi
Tidak sedikit orang yang memanfaatkan baby oil sebagai pelicin untuk memijat bayi. Kami merekomendasikan produk berkandungan minyak yang berasal dari ekstrak tumbuh-tumbuhan atau carrier oil, seperti jojoba, grape seed, dan almond. Karena baby oil berkandungan bahan tersebut tidak mengiritasi kulit, menjadikannya sebagai pelicin untuk memijat adalah pilihan tepat. Berikut manfaat tiap bahannya.

  • Jojoba oil: kaya akan vitamin A dan E yang mampu menjaga kulit dari dehidrasi
  • Grape seed oil: menjaga kelembapan, menangkal radikal bebas, dan membersihkan kulit kering
  • Almond seed oil: mencegah ruam dan menjaga kulit gatal-gatal

Carrier oil yang mudah ditemukan dan kebanyakan cocok pada setiap jenis kulit adalah coconut oil atau virgin coconut oil. Produknya sangat sering digunakan oleh orang tua atau terapis untuk melakukan pemijatan pada bayi.


Penggunaan carrier oil juga disesuaikan dengan kulit bayi, terutama jika bayi Anda memiliki alergi. Sebaiknya, hindari carrier oil yang mengandung almond jika bayi Anda memiliki alergi terhadap kacang-kacangan. Walaupun hanya berupa minyak, produknya bisa menjadi pemicu dari alergi yang dimilikinya.


Pastikan untuk mengoleskan carrier oil sedikit saja pada kulit sebelum mengusapkannya ke seluruh tubuh bayi. Baby oil ini juga umumnya tidak mengandung bahan pengawet sehingga Anda perlu menggunakannya sesegera mungkin setelah kemasan dibuka.

Cek tipe tutup botol agar mudah digunakan

Cek tipe tutup botol agar mudah digunakan
Kami sarankan Anda untuk menggunakan baby oil yang isinya dapat dikeluarkan hanya dengan satu tangan. Hal ini lebih menguntungkan karena Anda dapat mengoleskan baby oil pada tubuh bayi dengan lebih mudah.

    Kami merekomendasikan baby oil dalam kemasan botol flip-top karena mudah digunakan hanya dengan jentikan satu ibu jari. Ada juga kemasan botol pump atau spray yang memudahkan Anda untuk mengeluarkan isinya hanya dengan menekan menggunakan sebelah tangan.

Sesuaikan isi produk dengan kebutuhan pemakaiannya

Sesuaikan isi produk dengan kebutuhan pemakaiannya
Produk baby oil idealnya hanya digunakan 2–3 bulan sejak penutupnya dibuka. Untuk itu, kami menyarankan baby oil dengan ukuran yang mini atau travel size agar kualitasnya tetap terjaga.

Selain itu, produknya bisa lebih cepat habis sebelum ada perubahan dari baby oil. Anda pun dapat menghemat pengeluaran serta menghindari mubazir. Sebaiknya, sesuaikan ukuran kemasan produk yang Anda beli dengan intensitas penggunaan agar baby oil tidak terbuang sia-sia.

10 Rekomendasi baby oil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baby oil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 21 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Zwitsal Natural Baby Oil memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Cussons Soft & Smooth Baby Oil yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 4 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Destry Permata.

Gambar produk
1
Zwitsal  Natural Baby Oil 1

Zwitsal

2
Johnson & Johnson Johnson's Baby Oil 1

Johnson & Johnson

3
Pigeon Baby Oil With Telon 1

Pigeon

4
Cussons  Soft & Smooth Baby Oil 1

Cussons

5
Bambi Baby Oil 1

Bambi

6
Mustela Baby Oil 1

Mustela

7
Buds Organics Infant Massage Oil 1

Buds Organics

8
Sebamed Baby Skin Care Oil 1

Sebamed

9
Cahaya Naturals Calming Baby Oil 1

Cahaya Naturals

10
Belli To Baby  Jojoba Natural Oil 1

Belli To Baby

Nama produk

Natural Baby Oil

Johnson's Baby Oil

Baby Oil With Telon

Soft & Smooth Baby Oil

Baby Oil

Baby Oil

Infant Massage Oil

Baby Skin Care Oil

Calming Baby Oil

Jojoba Natural Oil

Keunggulan

Bersihkan lipatan kulit bayi tanpa khawatir ada efek samping

Mampu mengunci kelembapan hingga sepuluh kali, kulit tetap terhidrasi

2-in-1, dua manfaat sekaligus di satu produk!

Ekstrak almond dan rose oil-nya punya beragam manfaat

Formulanya menjaga kulit kepala bayi selalu bersih

Memperkuat kulit bayi newborn berkat Avocado Perseose

100% bahan organik yang jelas aman untuk kulit bayi

Jaga kulit bayi dari ruam akibat penggunaan popok

Kandungan eucalyptus meredakan perut kembung pada bayi

Menawarkan beragam manfaat untuk bayi dan orang dewasa

Harga mulai dariRp 23.800,00Rp 11.100,00Rp 35.800,00Rp 42.800,00Rp 33.000,00Rp 239.760,00Rp 239.900,00Rp 110.000,00Rp 79.000,00Rp 350.000,00
Jenis minyakMineral oilMineral oilCarrier oilMineral oilTidak ada keteranganCarrier oilCarrier oilCarrier oilCarrier oilCarrier oil
KandunganAloe vera, vitamin ETidak ada keteranganCoconut oil, jojoba, chamomile, cajuput oil, anise oilAlmond oil, rose oilProvitamin B5, licorice, chamomile Avocado oil, pomegranate seed oil, sunflower oilSunflower seed, jojoba, virgin olive oilNatural soya oilChamomile, shea butter, olive oil, eucalyptus, lavenderJojoba, vitamin E
FragranceTidak ada keteranganxTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Tipe tutupFlip-topFlip-topFlip-topFlip-topFlip-topSpray/pumpFlip-topFlip-topPumpFlip-top
Isi100 ml50 ml, 125 ml, 200 ml115 ml50 ml, 100 ml100 ml100 ml100 ml150 ml60 ml100 ml
Tautan produk
10

Belli To Baby Jojoba Natural Oil

Mulai dari Rp 350.000,00

Jenis minyakCarrier oil
KandunganJojoba, vitamin E
FragranceTidak ada keterangan
Tipe tutupFlip-top
Isi100 ml
9
Jenis minyakCarrier oil
KandunganChamomile, shea butter, olive oil, eucalyptus, lavender
Fragrance
Tipe tutupPump
Isi60 ml
8
Jenis minyakCarrier oil
KandunganNatural soya oil
FragranceTidak ada keterangan
Tipe tutupFlip-top
Isi150 ml
7
Jenis minyakCarrier oil
KandunganSunflower seed, jojoba, virgin olive oil
Fragrancex
Tipe tutupFlip-top
Isi100 ml
6
Jenis minyakCarrier oil
KandunganAvocado oil, pomegranate seed oil, sunflower oil
FragranceTidak ada keterangan
Tipe tutupSpray/pump
Isi100 ml
5
Jenis minyakTidak ada keterangan
KandunganProvitamin B5, licorice, chamomile
Fragrance
Tipe tutupFlip-top
Isi100 ml
4
Jenis minyakMineral oil
KandunganAlmond oil, rose oil
Fragrance
Tipe tutupFlip-top
Isi50 ml, 100 ml
3
Jenis minyakCarrier oil
KandunganCoconut oil, jojoba, chamomile, cajuput oil, anise oil
Fragrance
Tipe tutupFlip-top
Isi115 ml
2
Jenis minyakMineral oil
KandunganTidak ada keterangan
Fragrance
Tipe tutupFlip-top
Isi50 ml, 125 ml, 200 ml
1
Jenis minyakMineral oil
KandunganAloe vera, vitamin E
Fragrance
Tipe tutupFlip-top
Isi100 ml

Lakukan patch test sebelum mengoleskan baby oil

Lakukan patch test sebelum mengoleskan baby oil
Meski sudah menemukan baby oil favorit, kami tidak menyarankan langsung dioleskan ke seluruh tubuh bayi sekaligus. Coba oleskan sedikit pada bagian kulit bayi yang lembut untuk melihat apakah produk tersebut cocok untuk si kecil.

Caranya sangat mudah. Oleskan baby oil pada bagian dalam lengan atau paha dan biarkan sekitar 4–5 jam. Jika tidak ada masalah, Anda bisa mengoleskan sedikit pada leher atau wajah. Selanjutnya, periksa lagi kondisi kulit bayi setelah 24 jam.


Jika tidak terjadi ruam atau kemerahan, Anda bisa mengoleskan baby oil pada bagian tubuh lainnya. Sebaliknya, segera bilas menggunakan air dan hentikan penggunaan produk tersebut saat terlihat kelainan pada kulit bayi.

Tips dari bidan kami, Destry Permata, STr. Keb

Tips dari bidan kami, Destry Permata, STr. Keb

Kulit bayi sangatlah sensitif, terutama bayi baru lahir. Bayi masih belum memiliki lapisan kulit yang kompleks seperti pada kulit orang dewasa. Sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan bahan-bahan serta perawatan tubuh yang akan digunakan kepada bayi. Apa yang Anda berikan untuk bayi, bahan-bahan yang digunakannya akan diserap oleh kulit. Hal ini terutama mengoleskan perawatan tubuh ke kulit bayi.


Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan meminimalkan penggunaan bahan kimia dan mulai mencari yang lebih alami. Gunakanlah produk perawatan tubuh bayi sesuai dengan kebutuhannya. Tidak semua produk perlu dicoba ke bayi Anda.

Baca juga rekomendasi produk untuk bayi lainnya di sini

Kami telah mengulas produk perawatan bayi lainnya yang bisa Anda pertimbangkan. Beberapa produk tersebut adalah baby lotion, baby cologne, dan baby cream. Jika Anda membutuhkan ulasannya, silakan baca artikel pada tautan-tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Semoga rekomendasi baby oil terbaik dari kami dapat membantu Anda menemukan produk yang sesuai untuk bayi Anda. Produk apa pun yang Anda pilih sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kulit bayi Anda.

 

Periksalah kandungan di dalam baby oil agar kulit si kecil selalu terlindungi sepanjang hari. Sesuaikan juga kemasan baby oil agar memudahkan Anda saat menggunakannya. Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan harganya dengan budget yang Anda miliki. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Artikel ini sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Kait Pengaman Lemari Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kait Pengaman Lemari Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Kait pengaman lemari merupakan item yang sangat penting bagi keluarga yang memiliki anak-anak di rumah. Dengan begitu, Anda bisa sedikit santai di rumah tanpa harus mengejar si kecil yang sangat aktif. Meski rasa penasaran sangat tinggi, mereka tidak akan bisa membuka lemari es ataupun lemari pakaian sesuka hati. Kini, Anda pun dapat memilih beragam kait pengaman lemari yang bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan. Sebelumnya, tentukan di mana Anda akan memasangnya, lalu cari produk rekomendasinya di bawah ini. Selain produk dari merek 3M, adakah produk lainnya?
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori