10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.

Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih 2-in-1 laptop dan tablet

Laptop dan tablet 2-in-1 merupakan tipe PC yang dapat digunakan di mana pun baik sebagai tablet maupun laptop. Anda bisa menggunakan laptop jenis ini untuk mengetik hingga memproses data. Laptop 2-in-1 memiliki bobot yang ringan sehingga dapat dipakai dan dibawa ke mana pun. Oleh karena itu, pengguna laptop jenis ini terus bertambah.

Anda tidak bisa membeli laptop 2-in-1 sembarangan karena harganya tergolong mahal. Untuk memenuhi kebutuhan Anda dengan maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih laptop laptop 2-in-1.

Pilih laptop 2-in-1 berdasarkan kegunaan

Laptop 2-in-1 dapat dibedakan menjadi tiga tipe berdasarkan cara memisahkan layar dan keyboard. Penentuan tipe laptop yang dipilih akan berdampak pada efektivitas penggunaan. Perhatikanlah terlebih dahulu bagaimana Anda akan menggunakan laptop atau pemakaian laptop sebagai tablet. Jadi, sesuaikan kebutuhan laptop 2-in-1 dengan kegunaannya, ya!

Tipe convertible: untuk berbagai kebutuhan termasuk untuk presentasi

Tipe convertible: untuk berbagai kebutuhan termasuk untuk presentasi

Tipe convertible memiliki keyboard dan layar yang tidak terpisah. Anda bisa menggunakan laptop ini sebagai tablet dengan menyesuaikan keyboard yang diputar hingga 360°.  Komponen keyboard dan layar yang tidak terpisah membuat tipe ini memiliki bobot yang lebih berat dari tipe lainnya. Walaupun demikian, model ini memiliki performa CPU yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Tipe detachable: lebih nyaman dibawa

Tipe detachable: lebih nyaman dibawa

Sesuai namanya, Anda dapat memisahkan keyboard dengan layar kapan saja. Tipe ini berbobot ringan sehingga cukup menarik walaupun performanya tidak setinggi tipe convertible. Hal ini dapat terjadi karena Anda dapat membawa layarnya saja sebagai tablet. Meskipun begitu, laptop tipe ini memiliki performa yang cukup baik untuk kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, Anda mudah menggunakannya sebagai komputer atau tablet.

Tablet & genuine cover type: lebih nyaman untuk digunakan bersama keluarga

Tablet & genuine cover type: lebih nyaman untuk digunakan bersama keluarga

Tipe ini memiliki posisi keyboard dan layar yang independen. Anda dapat memisahkan layar dari keyboard untuk tipe ini. Selain itu, di bagian belakang layar terdapat stands yang dapat menjadi penahan saat Anda memakainya sebagai laptop. Biarpun begitu, Anda tidak dapat mengatur kemiringan sudut dari layar tipe ini. Tambahan lagi, Anda harus melakukan pengisian daya untuk keyboard walaupun ketika tidak digunakan. Namun, harganya yang relatif murah membuat laptop tipe ini cukup menarik.

Pilih CPU yang sesuai dengan kebutuhan

CPU (Central Processing Unit) sangat memengaruhi kecepatan performa kerja laptop 2-in-1. Semakin tinggi kecepatan prosesor, semakin mahal harganya. Performa laptop 2-in-1 Anda juga akan meningkat dengan generasi CPU yang semakin tinggi. Ada tiga jenis prosesor yang biasa digunakan untuk laptop 2-in-1. Pilihlah prosesor yang memudahkan pekerjaan Anda dengan mempertimbangkan budget serta kenyamanan Anda. CPU yang sama memiliki kinerja lebih tinggi seiring dengan generasi yang meningkat. Oleh sebab itu, kami menyarankan agar Anda memilih prosesor terbaru jika Anda memiliki bujet.

Core i: untuk kemudahan bekerja dan gaming

Core i: untuk kemudahan bekerja dan gaming

Kebanyakan CPU PC dibuat oleh Intel. Jenis CPU yang digunakan ini pada umumnya tercantum pada label Intel. Core i biasa disebut juga CPU kelas bisnis. Selain itu, mesin laptop dengan prosesor Core i umumnya berharga cukup mahal. Pada prinsipnya, prosesor Core i sangat cocok Anda gunakan baik untuk bekerja maupun gaming. Harga Core i pun semakin meningkat dengan peningkatan serinya dari Core i3, Core i5, lalu Core i7. Core i3 dengan harga terendah sudah mencukupi jika Anda hanya menggunakan laptop untuk penggunaan Office.

Core m: sangat pas sebagai prosesor PC ataupun tablet

Core m: sangat pas sebagai prosesor PC ataupun tablet

Prosesor ini biasa dipakai pada perangkat mobile. Core m memiliki karakteristik konsumsi tenaga yang rendah serta tidak mudah panas meskipun sering Anda gunakan. Anda bisa memakai laptop dengan prosesor ini apabila menggunakan laptop secara on the go (di luar ruangan). Tambahan lagi, performa Core m yang tidak setinggi Core i tidak menjadi masalah ketika digunakan untuk keperluan pekerjaan. Jika diperlukan, Anda bisa memilih laptop yang memakai prosesor Core m dengan memori yang lebih besar.

Atom: untuk pilihan laptop yang ekonomis

Atom: untuk pilihan laptop yang ekonomis

Laptop yang lebih ekonomis biasanya menggunakan prosesor Atom. Prosesor Atom menghasilkan panas lebih sedikit sehingga lebih cocok dipakai untuk perangkat tablet. Akan tetapi, prosesor Atom tidak bekerja secepat baik Core i maupun Core m. Apabila Anda lebih sering menggunakan fungsi tablet daripada laptop, CPU Atom dapat dipilih karena harganya relatif murah.

Pilih kapasitas penyimpanan berdasarkan pertimbangan harga

Pilih kapasitas penyimpanan berdasarkan pertimbangan harga

Media penyimpanan adalah komponen utama laptop 2-in-1 yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data. Jenis media penyimpanan ada berbagai macam, seperti HDD, SSHD, SSD, eMMC, dan lain-lain. eMMC sering digunakan untuk laptop 2-in-1 dengan harga yang murah. Di samping itu, performa eMMC sedikit di bawah media penyimpanan yang lainnya. Namun, eMMC membaca data secara sederhana dan menyimpan data dengan cepat sehingga tablet Anda akan terasa lebih ringan.

Selain menyimpan data di dalam media penyimpanan internal, belakangan ini banyak media penyimpanan secara online berupa Cloud. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan data di dalam HDD eksternal yang dapat disambungkan dengan kabel data di laptop. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika memilih laptop dengan kapasitas penyimpanan internal 32 GB yang cukup minim. SSD mampu membaca data paling cepat sehingga dapat dipilih jika Anda mementingkan performa. Apabila Anda mencari media penyimpanan yang ekonomis, HDD dapat menjadi pilihan. Di pihak lain, SSHD merupakan pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan keseimbangan kinerja dan harga.

Untuk kenyamanan, pilih kapasitas memori yang besar

Untuk kenyamanan, pilih kapasitas memori yang besar

Anda perlu memperhatikan kapasitas memori agar laptop yang dipilih nyaman dipakai. Laptop dengan Windows setidaknya memiliki kapasitas memori 4 GB. Akan tetapi, laptop 2-in-1 dengan harga murah hanya memiliki kapasitas 2 GB saja. Jika Anda menggunakan laptop 2-in-1 sebagai tablet, 2 GB saja sudah cukup. Selanjutnya, perlu Anda ingat bahwa laptop 2-in-1 tidak memiliki slot memori tambahan. Oleh sebab itu, jika budget Anda mencukupi, sebaiknya pilihlah laptop 2-in-1 dengan memori yang besar.

Pilih ukuran sesuai kebutuhan

Pilih ukuran sesuai kebutuhan

Laptop 2-in-1 memiliki ukuran yang proporsional dengan ukuran layarnya. Semakin besar ukuran layar maka akan semakin mudah untuk dilihat. Meskipun begitu, ukuran yang besar membuat laptop jadi lebih berat sehingga sulit dibawa. Jika Anda menggunakan laptop 2-in-1 sebagai komputer atau tablet, pilihlah ukuran 10 inci yang mudah digunakan. Namun, apabila Anda membawanya setiap hari di dalam tas, pilihlah ukuran laptop yang lebih kecil seperti 8 inci. Selain itu, Anda dapat memilih ukuran laptop 12 inci jika Anda mementingkan performa. Anda juga bisa memilih laptop dengan resolusi layar dan kualitas tampilan yang mumpuni jika memiliki bujet berlebih.

Apabila sering dibawa, pilih yang berbobot ringan

Apabila sering dibawa, pilih yang berbobot ringan

Penggunaan laptop 2-in-1 sebagai tablet cukup menarik terutama untuk dibawa-bawa. Apabila Anda membawanya setiap hari, Anda harus memilih laptop 2-in-1 yang ringan. Beberapa produsen laptop 2-in-1 mengurangi berat baterai dengan cara mengurangi ukuran baterai. Oleh karena itu, Anda harus memastikan ketahanan baterai sehingga dapat digunakan di luar ruangan dengan nyaman.

10 Rekomendasi 2 in 1 laptop dan tablet terbaik

Sudah tahu kira-kira seperti apa laptop 2-in-1 yang Anda inginkan? Selanjutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 terbaik untuk Anda. Simak terus ya!

10. Axioo Windroid 10G+

10. Axioo Windroid 10G+

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.399.000

Windows dan Android dalam satu perangkat laptop 2-in-1

Guna memberikan pengalaman yang berbeda, Axioo Windroid 10G+ menggunakan OS Android Lollipop 5.1 dan Windows 10. OS Windows 10 membuat Anda tetap bisa bekerja dengan Windows yang up to date. Jika menginginkan variasi saat bekerja, OS Android Lollipop bisa Anda pakai. Selain itu, Anda pun jadi dapat mengunduh lebih banyak aplikasi melalui Google Play Store dan Microsoft Store.

Prosesor Quad Core dengan kecepatan 1,33 GHz membuat laptop ini sanggup menjalankan berbagai aplikasi standar dengan lancar. Di pihak lain, memori 2 GB membuat Anda dapat bekerja dengan berbagai aplikasi sekaligus. Layar berukuran 10 inci yang dapat dilepas tentunya pas untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Anda pun tidak akan kesulitan saat memasukkannya ke dalam tas.

9. Acer Spin 1 (SP111-31)

9. Acer Spin 1 (SP111-31)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.899.000

Pilihan laptop 2-in-1 yang ekonomis

Jika Anda membutuhkan laptop 2-in-1 yang pas di kantong, produk ini dapat menjadi pilihan bagi Anda. Acer Spin 1 (SP111-31) dilengkapi prosesor Intel Celeron dengan kapasitas RAM 4 GB serta HDD 500 GB. Spesifikasi ini sudah mencukupi untuk pekerjaan standar seperti menulis dan komputasi ringan. Oleh karena itu, laptop ini juga bisa dimiliki oleh mahasiswa untuk menyelesaikan tugas standar.

Keunggulan lain laptop ini adalah dilengkapi port yang cukup banyak. Di sisi kiri terdapat USB 3.0, HDMI dan microSD card reader. Sementara itu, di sisi kanannya terdapat USB 2.0 serta 3.5 mm audio jackPort HDMI ini membuat Anda tidak perlu lagi kerepotan mencari sambungan kabel HDMI saat presentasi. Tambahan pula, baterainya menarik karena bisa tahan hingga 9 jam.

8. Microsoft Surface Pro (5th Gen)

8. Microsoft Surface Pro (5th Gen)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 11.750.000

Tetap dingin dan antibising dengan fanless cooling system

Anda akan mendapatkan performa laptop 2-in-1 yang unggul dengan Intel Core i5 dari Microsoft Surface Pro. Bekerja lama pun tetap nyaman berkat fanless cooling system yang mampu mempertahankan temperatur laptop tanpa kebisingan. Dengan demikian, produk ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang membutuhkan kesunyian saat bekerja di depan laptop.

Aksesori Surface Pen memudahkan Anda saat menggunakannya dengan aplikasi Windows Ink. Tidak usah bingung menyimpan Surface Pen! Aksesori ini memiliki magnet yang dapat Anda tempelkan di permukaan laptop ini. Fitur lain laptop ini adalah kamera depan 5 MP yang ada di bagian tengah. Akibatnya, fitur ini memberikan Anda kenyamanan saat melakukan video call.

7. Lenovo Yoga Book with Windows

7. Lenovo Yoga Book with Windows

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.480.000

Fitur komplit untuk para pekerja kreatif

Bagi Anda pekerja kreatif tentunya membutuhkan device yang dapat digunakan untuk menggambar atau menulis dengan presisi tinggi. Produk ini dilengkapi dengan real pen yang dapat mendeteksi 2048 tingkat sensitivitas tekanan. Artinya, lukisan dapat dihasilkan sesuai dengan yang Anda inginkan. Selain itu, menggambar pun dapat lebih leluasa tanpa terhalang tangan dengan adanya create pad.

Teknologi keyboard Halo akan tampil secara otomatis di Create Pad jika Anda menggunakan mode type. Di samping itu, engsel laptop 2-in-1 ini dapat diputar hingga 360°. Oleh sebab itu, Anda dapat leluasa menggunakan mode yang diinginkan dengan mudah. Selanjutnya, posisi layar akan terkunci sesuai mode yang digunakan dengan kehadiran auto lock hinge technology.

6. Samsung Chromebook Plus XE513C24-K01US

6. Samsung Chromebook Plus XE513C24-K01US

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 11.499.000

Pakai Chromebook saat offline? Tak masalah!

Chrome OS dipasang sebagai operating system di dalam produk ini. OS ini bukan sekadar browser berbasis website yang membutuhkan koneksi internet. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi secara offline. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat koneksi internet kurang memadai. Tentunya kemudahan ini mendukung Anda yang mencari alternatif OS selain Windows atau Linux.

Samsung Chromebook Plus dilengkapi dengan built-in pen yang memudahkan untuk doodling, sketching, serta mengedit foto. Pilihlah produk ini apabila Anda membutuhkan laptop Chromebook untuk keperluan menulis atau menggambar digital. Anda pun bisa menggunakan aksesori pen untuk mengambil screenshot, memperbesar tampilan layar, dan juga membuka layar.

5. HP ENVY x360 Laptop – 15t

5. HP ENVY x360 Laptop - 15t

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 17.498.000

Tampilan lebih besar dengan layar lebih dari 15 inci

Produk ini adalah solusi bagi Anda yang membutuhkan laptop 2-in-1 dengan ukuran layar besar. HP ENVY x360 Laptop – 15t memiliki layar berukuran 15,6 inci serta tampilan 1920 x 1080 pixel. Oleh karena itu, Anda dapat menjadikannya sebagai pengganti PC di rumah Anda. HP ENVY x360 Laptop – 15t juga sanggup menghasilkan gambar yang lebih tajam dengan tampilan Full HD.

CPU 8th Gen Intel Core i7 dan memori 8 GB membuat produk ini unggul untuk memproses data. Sementara itu, media penyimpanan HDD sampai 1 TB bisa dipakai untuk menyimpan file penting Anda. Selanjutnya, sistem audio Bang & Olufsen akan memberikan suara surround dengan kejernihan yang tinggi dan bass yang dalam. Fitur Mico edge display-nya akan membuat tampilan grafis nyaman dipandang.

4. Asus Transformer 3 Pro T303UA

4. Asus Transformer 3 Pro T303UA

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 17.799.000

Tipe tablet & genuine cover type yang bisa dipakai untuk gaming

Anda dapat menyambungkan Asus Transformer 3 Pro T303UA dengan ROG XG Station 2. Hal ini akan meningkatkan performa grafis untuk 4K gaming dan VR. Oleh sebab itu, Anda yang gemar bermain games dengan grafis yang detail bisa memiliki produk ini. Pengalaman gaming Anda juga semakin menarik dengan Audio Pod yang powerful untuk menghasilkan suara yang jernih.

Laptop 2-in-1 ini dilengkapi juga dengan metal kickstand untuk menyesuaikan sudut layar sampai 170°. Selain itu, Asus Transformer 3 Pro T303UA memiliki dual camera dengan kamera belakang 13 MP.  Tambahan lagi, fitur rear camera-nya berguna mengabadikan momen-momen berharga Anda. Opsi warna berupa emas dan abu-abu bisa dipilih sesuai dengan selera Anda.

3. HP Spectre x360 – 13-ae519tu

3. HP Spectre x360 – 13-ae519tu

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 21.650.000

HP Fast Charging! Pengisian baterai jadi lebih cepat!

Fitur HP Fast Charge membuat pengisian baterai dari 0% hingga 50% hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Di samping itu, Anda dapat bekerja dan menikmati hiburan lebih lama dengan ketahanan baterai hingga 16 jam. Anda juga dapat mengisi baterai pada gadget saat laptop dalam kondisi sleep atau hibernating. Produk ini cocok untuk Anda yang perlu mengisi daya smartphone dengan mudah.

HP Spectre x360 – 13-ae519tu dilengkapi dengan Intel UHD Graphics 620. Dengan demikian, Anda bisa menikmati streaming konten 4K dan bermain games dalam tampilan 1920 x 1080 pixel yang mulus. Tak perlu khawatir layar laptop Anda tergores karena produk ini dilengkapi dengan corning gorilla glass. Fitur tersebut menjadi keunggulan tersendiri karena sanggup mereduksi goresan.

2. Dell XPS 13 2-in-1

2. Dell XPS 13 2-in-1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 18.900.000

Bekerja lebih cepat tanpa panas berlebih berkat dynamic power mode

Jika Anda termasuk orang yang terbiasa melakukan perjalanan bisnis, laptop ini pilihan yang tepat untuk Anda. Dell XPS 13 2-in-1 sangat tipis dan ringan dengan tebal sekitar 1,4 cm dan bobot 1,24 kg. Jadi, produk ini tidak akan membebani Anda saat melakukan perjalanan bisnis. Selain itu, dynamic power mode-nya membuat laptop bekerja cepat dengan tetap menjaga suhu.

Fitur finger print reader pada Dell  XPS 13 2-in-1 dapat menjaga privasi Anda. Karena itu, Anda dapat memilih produk ini jika menginginkan akses data internal laptop tetap terjaga privacy-nya. Fitur lainnya yaitu infinity edge membuat tampilan layar yang lebih luas. Hal ini tentu memberikan kenyamanan untuk Anda yang senang menonton video di laptop.

1. Lenovo Star Wars Yoga 920

1. Lenovo Star Wars Yoga 920

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 23.290.000

Edisi Star Wars yang tangguh dan elegan

Anda pencinta Star Wars? Produk ini memiliki model tangguh dan elegan yang hadir untuk para fans Star Wars. Lenovo Star Wars Yoga 920 dilengkapi aluminium CNC untuk menghasilkan laptop yang tahan dengan benturan seperti besi Mandalorian. Desainnya pun sangat elegan dengan engsel watchband yang bisa berputar mulus guna memberikan ketahanan dan stabilitas saat pemakaian.

Selain desain yang tangguh dan elegan, Yoga 920 dilengkapi dengan Intel Core i7 dengan memori hingga 16 GB. Berikutnya, kehadiran media penyimpanan dengan kapasitas hingga 1 TB membuat Anda leluasa menyimpan data. Rasakan pula pengalaman suara 3D dari segala arah dengan fitur Dolby Atmos saat Anda mendengarkan hiburan melalui headphone. Sungguh menarik!

Kesimpulan

Apakah Anda terbantu setelah membaca artikel ini? Manakah produk rekomendasi dari kami yang Anda inginkan? Jangan salah pilih, ya! Laptop 2-in-1 membantu Anda untuk bekerja dengan perangkat yang memiliki fleksibilitas tablet serta performa sebaik laptop. Pilihlah laptop 2-in-1 sesuai dengan kebutuhan Anda agar semua fitur yang ditawarkan tidak terbuang percuma.