• 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Akhir-akhir ini, penggunaan 2-in-1 laptop dan tablet cukup populer karena dinilai lebih praktis dan fleksibel. Jenis gadget ini memiliki portabilitas yang tinggi seperti tablet sehingga Anda dapat membawanya ke mana pun. Di sisi lain, ada juga keyboard yang memudahkan Anda untuk mengetik.


Ada berbagai jenis 2-in-1 laptop dan tablet dengan berbagai keunggulan dan spesifikasinya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara memilih produk 2-in-1 laptop dan tablet. Setelah itu, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik, seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Sandi Iswahyudi
  • Pembaharuan terakhir: 01 September 2020
  • 108.774 Views
Daftar isi

Mengenal 2 in 1 laptop dan tablet

Mengenal 2 in 1 laptop dan tablet

2-in-1 PC memiliki daya tarik tersendiri. Jenis PC ini mudah dibawa karena berbentuk tablet. Namun, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengetik karena dilengkapi keyboard. Ada dua jenis 2-in-1 PC yang beredar di pasaran. Tipe pertama memiliki layar dan keyboard yang menyatu sehingga dapat dilipat. Sementara itu, tipe kedua memiliki layar dan keyboard yang dapat dilepas.


Keuntungan 2-in-1 PC adalah Anda dapat menggunakan mode tablet saat menonton video, menggambar, browsing, dan lainnya. Anda pun dapat mengubahnya menjadi mode laptop menggunakan keyboard saat ingin mengetik atau melakukan pekerjaan yang menggunakan Office. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan perangkat dengan lebih efektif dan efisien.


Bobot 2-in-1 PC diklaim ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Selain model 15,6 inci, sebagian besar produk ini memiliki berat sekitar 1 kg. Bentuknya ergonomis dan ringan sehingga banyak orang memasukkannya ke dalam tas saat akan membawanya. Apakah Anda tertarik untuk memilikinya?

Cara memilih 2 in 1 laptop dan tablet

Apakah Anda tertarik menggunakan 2-in-1 laptop dan tablet? Kami akan mengulas beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih produk. Perhatikan dengan saksama setiap poinnya dan temukan produk yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Pilih produk sesuai dengan tujuan penggunaan Anda

Ada dua jenis tipe 2-in-1 laptop dan tablet, convertible dan detachable. Silakan pahami karakteristik dan keunggulan dari kedua jenis PC tersebut. 

Tipe convertible, spesifikasi lebih tinggi untuk berbagai penggunaan

Tipe convertible, spesifikasi lebih tinggi untuk berbagai penggunaan
Tipe convertible adalah tipe yang dapat digunakan sebagai tablet dengan memutar layarnya 360 derajat. Dengan begitu, Anda tidak perlu memisahkan keyboard dan layar LCD-nya. Karena keyboard-nya dapat dilipat, Anda juga dapat menggunakan mode tenda saat akan menonton video.

Keyboard yang tidak dapat dilepas membuat 2-in-1 PC jenis convertible memiliki bobot yang lebih berat. Meskipun demikian, jenis convertible memiliki spesifikasi PC dan sistem pendingin yang lebih canggih. Maka dari itu, tipe PC ini ideal digunakan untuk berbagai keperluan, terutama dalam pekerjaan berat. Jika Anda lebih memperhatikan spesifikasi dari pada bobotnya, tipe convertible bisa jadi pilihan yang tepat.

Tipe detachable, portabilitas tinggi dan lebih mudah dibawa ke mana-mana

Tipe detachable, portabilitas tinggi dan lebih mudah dibawa ke mana-mana

Sesuai namanya, Anda dapat memisahkan keyboard dengan layar kapan saja. Tipe ini memiliki bobot ringan terlebih jika Anda menggunakan mode tablet. Jika dibandingkan dengan jenis convertible, 2-in-1 PC jenis ini mungkin memiliki spesifikasi yang lebih rendah. Meskipun begitu, jenis ini menjadi pilihan untuk Anda yang mengutamakan portabilitasnya. Jika Anda sering menggunakan mode tablet dan sesekali memakai keyboard-nya, pertimbangkan untuk memilih jenis ini.

Pilih produk berdasarkan kebutuhan penggunaan CPU

Poin berikutnya, Anda perlu memeriksa CPU yang terpasang pada 2-in-1 PC. Spesifikasi CPU ini menjadi hal penting karena akan memengaruhi loading data saat digunakan. Maka dari itu, sesuaikan CPU pada PC dengan kebutuhan penggunaan Anda.

Seri core i, kinerja tinggi dengan performa luar biasa

Seri core i, kinerja tinggi dengan performa luar biasa
PC dengan prosesor seri core i menjadi pilihan jika Anda ingin produk dengan pemrosesan data yang tinggi. CPU seri core i ini memiliki kinerja yang lebih stabil. Ada beberapa pilihan seri core i yang tersedia, seperti i3, i5, dan i7. Makin besar angkanya, makin tinggi juga performa yang dihasilkan. Selanjutnya, ada juga seri angka setelah nilai core-nya, seperti seri 7000-an atau 8000-an. Nilai pada seri ini juga memengaruhi pemrosesan data pada PC.

Jika Anda menginginkan produk dengan performa yang tinggi, kami merekomendasikan Core i7 generasi ke-8 (seri 8000). Namun, jika Anda ingin menghemat budget, ada juga CPU AMD yang memiliki performa mirip dengan seri core i. Produk AMD juga sering dianggap memiliki ketahanan yang cukup baik. CPU AMD juga cocok untuk multitasking.

Atom, pilihan untuk 2 in 1 PC dengan harga terjangkau

Atom, pilihan untuk 2 in 1 PC dengan harga terjangkau

Atom merupakan jenis prosesor yang sering dipasang pada laptop dengan harga yang lebih terjangkau. CPU Atom juga cocok dipasangkan ke tablet karena mesinnya yang tidak cepat panas. Namun, kecepatan pemrosesan datanya lebih lambat. Jika Anda sering menggunakan mode tablet daripada laptop, Anda dapat memilih produk dengan prosesor Atom. Namun, sayangnya banyak perusahaan elektronik sudah tidak memproduksi 2-in-1 PC dengan prosesor Atom. Dengan begitu, jenis PC ini sulit ditemukan di pasaran.

Pilih produk dengan penyimpanan jenis SSD

Pilih produk dengan penyimpanan jenis SSD
Ada empat jenis penyimpanan yang biasa terpasang pada 2-in-1 PC, yakni HHD, SSHD, SSD, dan eMMC. Penyimpanan eMMC biasanya terpasang di produk yang harga yang lebih terjangkau. Jenis eMMC memiliki kinerja yang lebih rendah dengan kecepatan baca dan tulis data lebih cepat. eMMC direkomendasikan jika Anda tidak membutuhkan kapasitas besar tetapi mengutamakan kecepatan booting.

Jika Anda mengutamakan kapasitas maupun kecepatan booting, pilihlah penyimpanan SSD. Hal ini karena SSD merupakan penyimpanan yang mempunyai kecepatan booting dan baca data terbaik. Sementara itu, HDD memiliki harga yang terjangkau sehingga cocok untuk Anda yang mementingkan cost performance. SSHD akan lebih sesuai untuk Anda yang menginginkan penyimpanan dengan performa dan harga yang sepadan.

Pilihlah produk dengan RAM 4 GB ke atas

Pilihlah produk dengan RAM 4 GB ke atas

Agar dapat digunakan dengan aman dan nyaman, penting untuk memperhatikan kapasitas RAM yang terpasang pada PC. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, setidaknya dibutuhkan RAM berkapasitas 4 GB. Namun, untuk penggunaan multitasking yang membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan, pilihlah produk dengan RAM 8 GB.


Karena desainnya, sebagian besar 2-in-1 PC tidak memungkinkan pemasangan RAM tambahan. Jadi, kami menyarankan Anda memilih model dengan kapasitas RAM sebesar mungkin.

Pilih produk dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan

Pilih produk dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan
Pilihlah produk dengan ukuran yang mendukung aktivitas Anda. Jika Anda sering membawanya ke mana-mana, kami merekomendasikan produk yang ringan dengan ukuran sekitar 13 inci. Ukuran tersebut memiliki berat sekitar 1 kg yang tidak memberatkan Anda saat membawanya. Kemudian, jika Anda sering menggunakan mode tablet, sebaiknya memilih ukuran yang tidak terlalu besar.

Sebaliknya, apabila Anda jarang membawanya dan sering menggunakannya di rumah, pilihlah produk berukuran 14 inci atau lebih. Ukuran yang besar akan memudahkan Anda untuk melihat layarnya. Ukuran tersebut cocok untuk Anda yang bekerja dalam waktu lama atau sering menonton film. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi 2 in 1 laptop dan tablet terbaik

Setelah menjelaskan poin-poin sebelum memilih, kami akan mengulas rekomendasi produk yang bisa menjadi referensi pilihan Anda. Silakan bandingkan keunggulan tiap-tiap produk dan temukan 2-in-1 laptop dan tablet yang sesuai.

10
OSWindows 10 Home
TipeConvertible
CPUIntel Celeron Dual-Core N4000
Penyimpanan1TB SATA HDD
RAM4 GB
Ukuran11,6 inci
Berat1,3 kg
9
OSWindows 10 Home
TipeConvertible
CPUIntel Core i3-1005G1 Processor
Penyimpanan256 GB SSD
RAM4 GB
Ukuran14 inci
Berat1,5 kg
8
OSWindows 10 Home
TipeDetachable
CPUIntel Pentium Gold Processor 4415Y
Penyimpanan128 GB SSD
RAM8 GB
Ukuran10 inci
BeratTidak disebutkan
7
OSWindows 10 Home
TipeConvertible
CPUIntel Core i5-8250U
Penyimpanan256 GB HDD
RAM8 GB
Ukuran13,3 inci
Berat1,7 kg
6
OSWindows 10 Home 64
TipeConvertible
CPUIntel Core i5-7Y54 Processor
Penyimpanan256 GB SSD
RAM4 GB
Ukuran10,8 inci
Berat775 gram
5
OSWindows 10 Home
TipeConvertible
CPUAMD Quad Core R7-3700U
Penyimpanan 512 GB SSD
RAM 8 GB
Ukuran14 inci
Berat1,6 kg
4
OSWindows 10 Home
TipeConvertible
CPUIntel Core i7-8550U Processor
Penyimpanan512 GB SSD
RAM16 GB
Ukuran13,9 inci
Berat1,38 kg
3
OSWindows 10 Home
TipeDetachable
CPU Intel Core i5-1035G4 Processor
Penyimpanan256 GB SSD
RAM8 GB
Ukuran12,3 inci
Berat775 gram
2
OSWindows 10 Home Single Language 64
TipeConvertible
CPUIntel Core i5-1035G4
Penyimpanan512 GB SSD
RAM8 GB
Ukuran13,3 inci
Berat1,3 kg
1
OSWindows 10 Home, 64-bit
TipeConvertible
CPUIntel Core i7-1065G7
Penyimpanan512 GB SSD
RAM16 GB
Ukuran13,4 inci
Berat1,33 kg

Tabel perbandingan produk 2 in 1 laptop dan tablet terbaik

Gambar produk
1
Dell XPS 13 2-in-1 Laptop 1

Dell

2
HP  Spectre x360 13-aw0229TU 1

HP

3
Microsoft  Surface Pro 7 1

Microsoft

4
Lenovo Yoga C930 1

Lenovo

5
ASUS  ZenBook Flip 14 UM462DA 1

ASUS

6
Lenovo  Yoga Book C930 1

Lenovo

7
Acer  Spin 5 1

Acer

8
Microsoft  Surface Go 2 1

Microsoft

9
Lenovo ThinkBook 1

Lenovo

10
ASUS  VivoBook Flip 12 TP203MAH 1

ASUS

Nama produk

XPS 13 2-in-1 Laptop

Spectre x360 13-aw0229TU

Surface Pro 7

Yoga C930

ZenBook Flip 14 UM462DA

Yoga Book C930

Spin 5

Surface Go 2

ThinkBook

VivoBook Flip 12 TP203MAH

Keunggulan

Laptop premium dengan spek tinggi yang ramah lingkungan

Desain futuristik dengan tampilan layar yang ramah di mata

Tingkatkan rasa percaya diri untuk perjalanan bisnis Anda

Dapatkan sensasi menonton film ala bioskop dengan sistem speaker Dolby Atmos

Ada NumberPad! Bisa menyelesaikan pekerjaan berbasis angka lebih cepat

Tingkatkan skill dan produktivitas di mana saja

PC powerful dengan fleksibilitas tinggi untuk kebutuhan harian

Kecil dan ringan, jadi teman perjalanan yang menyenangkan

Sistem keamanan terjamin lindungi PC jadi lebih aman

Kapasitas besar, tidak perlu khawatir penyimpanan penuh

HargaRp 24.000.000,00Rp 20.799.000,00Rp 19.000.000,00Rp 17.500.000,00Rp 14.799.000,00Rp 14.000.000,00Rp 13.999.000,00Rp 9.439.000,00Rp 8.285.000,00Rp 8.169.000,00
OSWindows 10 Home, 64-bitWindows 10 Home Single Language 64Windows 10 HomeWindows 10 HomeWindows 10 HomeWindows 10 Home 64Windows 10 HomeWindows 10 HomeWindows 10 HomeWindows 10 Home
TipeConvertibleConvertibleDetachableConvertibleConvertibleConvertibleConvertibleDetachableConvertibleConvertible
CPUIntel Core i7-1065G7Intel Core i5-1035G4 Intel Core i5-1035G4 ProcessorIntel Core i7-8550U ProcessorAMD Quad Core R7-3700UIntel Core i5-7Y54 Processor Intel Core i5-8250UIntel Pentium Gold Processor 4415YIntel Core i3-1005G1 ProcessorIntel Celeron Dual-Core N4000
Penyimpanan512 GB SSD512 GB SSD256 GB SSD512 GB SSD 512 GB SSD256 GB SSD256 GB HDD 128 GB SSD256 GB SSD1TB SATA HDD
RAM16 GB8 GB8 GB16 GB 8 GB 4 GB8 GB8 GB4 GB 4 GB
Ukuran13,4 inci13,3 inci12,3 inci13,9 inci14 inci10,8 inci13,3 inci10 inci14 inci11,6 inci
Berat1,33 kg1,3 kg775 gram1,38 kg1,6 kg775 gram1,7 kgTidak disebutkan1,5 kg1,3 kg
Tautan produk

Baca juga rekomendasi laptop lainnya di sini

Kami juga telah mengulas laptop lainnya, seperti laptop gaming, editing video, dan sebagainya. Jika Anda tertarik membacanya sebagai perbandingan, silakan buka artikelnya pada tautan berikut ini.

Kesimpulan

Apakah Anda terbantu dengan ulasan ini? Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Mencari produk yang tepat kadang tidak mudah. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui tujuan Anda menggunakan 2-in-1 PC terlebih dahulu.

Ada banyak produk dengan berbagai jenis spesifikasi. Setiap produk mempunyai keunggulannya masing-masing. Jadi, pilihlah PC dengan fitur yang membantu aktivitas Anda. Selanjutnya, sesuaikan dengan budget yang telah Anda siapkan. Semoga ulasan ini membantu Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    170.656 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    127.653 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS merupakan merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS memiliki bermacam seri yang ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, bisnis, hingga gaming. Namun, karena seri laptopnya sangat banyak, hal ini mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, ZenBook, hingga ROG. Simak artikel ini agar tidak salah memilih serta menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    104.739 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    83.654 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    81.923 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020)
    Laptop merupakan perangkat penting bagi mahasiswa, khususnya untuk rumpun sains. Namun, software yang digunakan untuk perkuliahan sering kali membutuhkan laptop dengan spesifikasi khusus. Anda mungkin saja belum memiliki gambaran jelas mengenai cara menentukan laptop yang tepat.Jika Anda seorang mahasiswa rumpun sains, artikel ini ditujukan untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih laptop untuk kebutuhan perkuliahan di program studi sains. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi laptop terbaik dari ASUS, Acer, HP, dan lainnya. Jangan lewatkan informasinya dan dapatkan laptop yang Anda butuhkan di sini!
    Komputer & kamera
    20.719 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori