10 Rekomendasi Dumbbell Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Dumbbell Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat Anda sibuk bekerja kadang kesehatan menjadi dikesampingkan. Anda malas berolahraga karena sudah terlalu lelah dan tidak memiliki waktu untuk sekedar jogging ataupun pergi ke gym. Solusinya adalah membawa peralatan gym ke rumah, contoh yang paling sederhana adalah dumbbell. Kettler, Ziva dan Bowflex merupakan produsen dumbbell yang handal untuk menemani Anda berlatih beban.

Ingin tahu cara memilih dumbbell untuk latihan? Ikuti terus artikel berikut ini yang akan mengulas cara memilih dumbbell terbaik serta 10 rekomendasi dumbbell terbaik yang bisa Anda pakai untuk membantu membentuk tubuh dan membuat hidup Anda lebih baik.

Daftar isi

Cara memilih dumbbell

Bagaimana cara memilih dumbbell yang memberikan kemudahan dan kenyamanan saat dipakai di rumah atau di tempat kerja? Untuk memahami lebih lanjut, kami akan menjelaskan cara memilih dumbbell berdasarkan tipe, poros batang, bahan serta berat yang bisa Anda gunakan dengan nyaman.

Tipe

Ada dua jenis tipe dumbbell berdasarkan beban yang terikat pada poros batang yaitu tipe permanen serta tipe dengan beban yang dapat diubah. Kami akan menjelaskan perbedaan keduanya lalu Anda bisa pilih dumbbell yang cocok Anda pakai latihan di rumah.

Tipe permanen

Tipe permanen

Dumbbell tipe permanen adalah dumbbell dengan berat beban tetap sehingga tidak bisa diubah serta menyatu antara beban dan poros batang. Anda bisa berlatih dengan cepat dan lancar karena tidak perlu mengganti beban setiap saat.

Kekurangan dumbbell tipe ini adalah kurang efisien jika ingin melakukan latihan teratur dengan porsi latihan yang meningkat karena Anda perlu membeli dumbbell setiap kali Anda ingin menambah berat beban yang Anda inginkan. Tipe dumbbell ini memiliki bermacam berat dan Anda bisa pilih berat tertentu sesuai dengan kemampuan Anda.

Tipe dengan beban yang bisa diubah

Tipe dengan beban yang bisa diubah

Dumbbell tipe ini memiliki desain dumbbell yang terpisah antara poros batang dan lempeng beban sehingga Anda bisa ubah dan atur sendiri beban yang Anda inginkan dengan mengganti lempengan beban. Tipe ini lebih efisien jika Anda ingin berlatih beban di rumah karena Anda tidak perlu membeli banyak dumbbell dengan beban berbeda, namun Anda cukup menambah lempengan beban jika diperlukan.

Tipe ini kurang efektif saat penggunaan jika dibandingkan tipe permanen karena Anda perlu waktu lebih banyak untuk mengganti lempeng satu per satu. Gunakan dumbbell tipe ini jika Anda memiliki tujuan untuk menambah massa otot dengan cara menambah beban secara bertahap saat.

Rekomendasi poros sekrup pada dumbbell

Dumbbell dengan tipe beban yang bisa diubah, memiliki poros batang yang tetap untuk Anda pakai mengangkat beban dengan tangan. Poros batang pada dumbbell ini memiliki 2 jenis mekanisme yaitu poros batang sekrup dan poros batang normal. Berdasarkan keamanan, jenis poros batang sekrup lebih dianjurkan untuk digunakan. Untuk mengetahui alasannya, kami akan mengulas lebih lanjut karakteristik masing-masing tipe.

Poros sekrup

Poros sekrup

Tipe ini memiliki ulir sekrup pada batang dumbbell dan menggunakan pelat pengunci yang berfungsi sebagai mur untuk mengunci lempengan beban agar tetap berada di batang. Tipe ini membutuhkan waktu untuk membuka pelat pengunci saat mengganti lempengan sesuai banyaknya alur pada batang, namun tipe ini memiliki karkteristik stabilitas yang tinggi serta aman digunakan.

Poros normal

Poros normal

Tipe poros normal bekerja dengan cara memasangkan lempengan dengan menggunakan 3 jenis dumbbell collar yaitu normal collarspring collar dan quick release collar yang dipasang kepada poros batang tanpa alur. Tipe ini mampu mengganti lempeng beban dengan mudah dalam waktu yang singkat karena tidak memiliki ulir, namun tipe ini bisa berbahaya karena lempengan beban bisa terlepas dengan mudah jika terdapat collar yang dipasang dengan longgar.

Diantara 3 jenis collar, normal collar merupakan jenis yang paling mudah terlepas dari sambungan karena penguncian hanya mengandalkan sebatang sekrup kecil dengan penguncian pada klem. Mekanisme penguncian pada normal collar hanya efektif pada ujung batang sekrup yang kecil sehingga luas permukaan penguncian sangatlah minim dan jika bagian ini longgar maka lempeng beban bisa terlepas dengan mudah.

Sedangkan spring collar memiliki bentuk seperti penjepit serta akan mudah terlepas jika sudah usang dimakan usia. Quick release collar bisa Anda pakai dengan mekanisme penguncian yang lebih kuat serta lebih cepat saat Anda membongkar pasang lempeng beban, namun tipe collar ini biasanya dijual terpisah dari dumbbell serta umumnya hanya bisa dipakai pada dumbbell dengan ukuran poros batang standar tipe olimpiade.

Pilih bahan yang sedikit mengeluarkan suara serta tidak merusak lantai

Ada beberapa dumbbell yang terbuat dari bahan yang bisa merusak lantai serta bisa mengeluarkan suara yang kurang nyaman saat Anda berlatih. Bagaimana karakteristik suara dan pengaruh setiap bahan apabila bergesekan dengan lantai saat Anda berlatih? Berikut ini adalah beberapa bahan yang biasa dipakai untuk membuat dumbbell. Pilihlah bahan yang sesuai dengan selera Anda.

Bahan besi

Bahan besi

Besi merupakan bahan yang paling umum digunakan pada dumbbell. Lempeng beban yang terbuat dari besi dapat mengeluarkan suara gesekan serta bisa merusak jika terlalu sering bersentuhan dengan lantai selain itu bahan besi juga sangat mudah berkarat.

Bahan logam dilapisi dengan karet

Bahan logam dilapisi dengan karet

Dumbbell tipe ini terbuat dari bahan berupa lempengan logam yang dilapisi oleh karet sehingga memiliki sifat peredaman suara saat bersentuhan atau diletakkan di lantai. Selain itu dumbbell yang dilapisi karet, memiliki kemungkinan lebih kecil untuk merusak lantai sehingga tipe ini lebih nyaman digunakan di rumah.

Bahan kromium

Bahan kromium

Unsur kromium merupakan salah satu bahan yang biasa dipakai untuk membuat dumbbell serta dihasilkan melalui teknik electroplating dan biasa disebut juga krom. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang mencari lempeng beban yang tidak mudah berkarat serta dumbbell dengan penampilan yang berkilau dalam waktu yang cukup lama. Namun jika lempeng jenis ini terkelupas akan mudah menyebabkan debu masuk atau mudah menyebabkan cedera sehingga Anda harus berhati-hati.

Berat lempeng

Berat lempeng

Anda bisa menentukan jumlah beban ideal saat berlatih berdasarkan metode pada 1 RM (one-repetition maximum) yaitu jumlah kekuatan maksimum yang bisa dihasilkan dalam 1 kontraksi otot maksimal. Berdasarkan panduan American College of Sports Medicine yang merupakan organisasi kesehatan dengan 50.000 anggota yang terdiri dari akademisi, mahasiswa, pelatih kebugaran hingga dokter, Anda dianjurkan mengangkat beban dengan berat 60-70 persen dari 1 RM yang mampu Anda lakukan.

Jika Anda ingin memastikan beban yang pas untuk berlatih, Anda bisa mencoba berlatih di pusat kebugaran dan cobalah untuk mengangkat variasi beban yang tersedia. Beban yang pas untuk Anda adalah beban yang bisa Anda angkat dengan 8-12 repetisi sebanyak 3 set tanpa kepayahan di set terakhir. Jumlah repetisi dan set tersebut adalah perhitungan yang bisa Anda pakai namun masih bisa berubah tergantung dari jenis latihan dan tujuan Anda. Memilih beban yang terlalu berat bisa mencederai otot Anda sedangkan beban yang terlalu ringan bisa membuat tujuan Anda saat berlatih tidak tercapai.

10 Rekomendasi dumbbell terbaik

Selanjutnya kami akan merekomendasikan dumbbell terbaik. Silakan jadikan referensi saat Anda memilih dumbbell yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

10. Kettler Ruberized Dumbbell Set 10 Kg

10. Kettler Ruberized Dumbbell Set 10 Kg

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.152.000

Dilapisi karet tahan air serta aman dengan wadah penyimpanan

Kettler Dumbbell 10 Kg Ruberized adalah dumbbell dengan tipe beban yang dapat diubah, dilengkapi 2 buah lempeng beban 1,25 kg, 2 buah beban lempeng beban 2,5 kg serta sebuah batang dengan berat 2,5 kg. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin berolahraga di rumah tapi takut dumbbell tersebut mencederai anak Anda. Produk ini dilengkapi wadah penyimpanan sehingga dumbbell tersimpan dengan aman tanpa takut dimainkan anak-anak.

Dumbbell ini terbuat dari besi yang dilapisi dengan karet yang fleksibel untuk melindungi lantai agar tidak rusak jika produk ini jatuh. Selain itu produk ini juga waterproof sehingga melindungi korosi jika terkena air. Dengan begitu dumbbell Anda jadi lebih tahan lama.

9. CAP Vinyl Coated Hex Dumbbell

9. CAP Vinyl Coated Hex Dumbbell

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 477.000

Mudah dibersihkan serta aman di lantai

Produk ini dilapisi dengan vinyl sehingga tahan lama, mudah dipegang, mudah dibersihkan dan tidak merusak lantai saat bergesekan atau terjatuh. Produk berwarna pink ini cocok untuk Anda wanita yang senang olah tubuh serta tidak mau repot saat membersihkan dumbbell. Warna pink memberikan kesan sporty sekaligus energic pada Anda.

Produk dengan beban tipe permanen ini dibuat dengan bentuk segi enam sehingga tidak mudah berguling saat diletakkan di lantai. Warna dumbbell yang cukup mencolok bisa menarik perhatian si kecil, sehingga Anda mesti memastikan produk ini berada jauh dari jangkauan anak.

8. Bfit Neoprene Dumbbell 1 Kg Orange

8. Bfit Neoprene Dumbbell 1 Kg Orange

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 63.000

Beban 1 kg untuk melatih keseimbangan

Bfit Neoprene Dumbbell 1 Kg adalah dumbbell tipe permanen yang menggunakan lapisan neoprene sehingga menghasilkan pegangan yang lebih kokoh. Bagian ujungnya dibuat dengan bentuk persegi untuk mencegah produk ini menggelinding ketika disimpan. Warna oranye ceria dan mencolok akan membuat produk ini cocok menemani Anda berlatih dengan penuh gembira ria.

Dengan bobot yang tidak terlalu berat dikombinasikan dengan gerakan yang tepat dapat membantu Anda berlatih untuk melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh. Produk ini juga cocok untuk Anda yang mencari dumbbell ekonomis karena harganya yang relatif murah. Jangan ragu untuk mulai berlatih keseimbangan Anda dengan Bfit Neoprene Dumbbell 1 Kg.

7. Ziva Zvo Urethane Dumbbells

7. Ziva Zvo Urethane Dumbbells

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp. 268.500

Desain premium yang tahan lama

Produk ini terbuat dengan dilapisi urethane premium menggunakan teknologi tinggi. Anda bisa menyimpan produk ini dengan cara digelindingkan jika Anda terlalu lelah untuk mengangkat dumbbell karena memiliki kepala beban berbentuk bulat. Selain itu Dumbbell ini memiliki kontur ergonomis yang dilengkapi kepala baja dengan stainless steel pada sendi untuk mencegah korosi.

Bagian pegangan dibuat dengan lempeng krom untuk menghasilkan produk yang tahan lama. Produk ini cocok untuk Anda yang senang dengan produk desain premium serta tahan lama. Namun bentuk kepala beban yang bulat, membuat produk ini mudah terguling di lantai jika disimpan kurang benar sehingga Anda mesti berhati-hati saat menyimpan produk ini.

6. CAP PVC Coated Color Hex Dumbbell

6. CAP PVC Coated Color Hex Dumbbell

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 847.000

Desain ergonomis dan unik mudah untuk dipegang

Produk ini memiliki bentuk trapesium segi enam sehingga anti terguling. Anda bisa berlatih secara efisien dengan dumbbell yang tahan lama karena dumbbell ini memiliki desain ergonomis yang nyaman serta batang pegangan yang terbuat dari krom disertai bentuk tonjolan yang menggantung. Selain itu dumbbell ini dibuat dengan kepala besi serta pegangan yang memiliki kontur.

Jika Anda sensitif terhadap bau karet pada pelapis dumbbell, maka produk ini cocok untuk Anda karena dumbbell ini dilapisi PVC yang tidak mengeluarkan bau kimia khusus. Produk ini juga memiliki warna cerah sehingga cocok untuk Anda yang ingin memiliki dumbbell yang stylish.

5. Stamina Dumbbell Set 10 Kg

5. Stamina Dumbbell Set 10 Kg

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 575.000

Tampilan elegan serta mudah dibawa

Stamina Dumbbell Set dibuat dengan teknologi tinggi untuk menghasilkan produk yang kuat dan tahan lama dengan pegangan yang disesuaikan di tangan manusia. Produk ini memiliki berat 10 kg yang terdiri dari 1 buah pegangan dengan berat 1,5 kg, 2 buah pengunci ulir dengan berat 0,5 kg, 4 buah pelat beban dengan berat 1 kg serta 2 buah pelat beban dengan berat 2 kg.

Bahan krom dengan warna silver membuat produk ini tahan lama dengan warna yang berkilau sehingga cocok untuk Anda yang mencari produk dumbbell yang awet dengan tampilan elegan. Produk ini juga dilengkapi dengan wadah penyimpanan sehingga memudahkan Anda dalam membawanya. Jadikan latihan beban jangka panjang Anda tetap terjaga dengan dumbbell yang mudah dibawa-bawa ini.

4. Bintiva Neoprene Hexagone Dumbbell

4. Bintiva Neoprene Hexagone Dumbbell

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp. 477.000

Dumbbell hexagonal yang mudah disimpan

Produk ini dibuat dari cetakan logam berkualitas serta dilapisi neoprene yang tidak licin untuk menghasilkan pegangan nyaman. Warna yang unik untuk setiap beban akan membuat Anda mudah menemukan dumbbell yang ingin Anda pakai saat berlatih. Bentuk hexagonal pada produk ini akan mencegah dumbbell terguling saat berada di lantai.

Selain itu bentuk hexagonal akan membuat produk ini mudah disimpan dengan cara ditumpuk. Anda tidak memerlukan tempat penyimpanan khusus saat memiliki produk ini sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan dumbbell yang efisien serta tidak menghabiskan tempat yang terbatas. Miliki produk ini untuk menjaga ruangan Anda tidak penuh sesak saat berlatih beban.

3. Kettler Aerobic Soft Dumbbells

3. Kettler Aerobic Soft Dumbbells

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 164.000

Berlatih aeorbik di rumah? Bukan masalah

Produk ini dilengkapi dengan desain pengaman pada bagian batang pegangan yang berguna untuk memastikan dumbbell ini tidak mudah terlepas saat digunakan. Dumbbell ini juga memiliki desain beban yang tidak terlalu menonjol bahkan hampir merata dengan bagian batang pegangan sehingga lebih stabil dipegang saat Anda berlatih gerakan dengan ritme yang relatif cepat.

Kettler Aerobic Soft Dumbbell merupakan dumbbell yang cocok dipakai untuk Anda yang biasa senam aerobik. Produk ini berwarna dominan hitam dan hijau sehingga akan selaras dipakai oleh Anda saat berlatih aerobik di lokasi bernuansa hijau segar seperti di dekat taman belakang rumah Anda. Kini berlatih aerobik di rumah bukan lagi masalah dengan dumbbell ini.

2. Gymenist Chrome Dumbbell

2. Gymenist Chrome Dumbbell

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp. 975.000

Pegangan empuk dengan model yang unik

Dumbbell ini terbuat dari krom dengan cincin double PVC berwarna biru di ujung dumbbell sehingga menghasilkan tampilan unik yang cocok Anda berikan sebagai hadiah. Namun produk ini memiliki desain beban yang berbentuk bulat yang membuat dumbbell ini mudah menggelinding sehingga Anda mesti hati-hati saat menyimpan agar tidak membuat cerdera orang di sekitar Anda.

Berlatih beban secara berkala bisa menyebabkan lecet pada tangan jika Anda tidak memakai sarung tangan. Produk ini memiliki desain pegangan yang dilapisi oleh karet empuk sehingga cocok untuk Anda yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan saat berlatih. Dengan produk ini tangan Anda tidak akan lecet saat berlatih dalam jangka waktu lama. Selain itu karet anti slip akan memberikan pegangan kokoh saat Anda berlatih.

1. Bowflex SelectTech 552i

1. Bowflex SelectTech 552i

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp. 2.400.000

Mengolah otot dengan mudah dengan desain dumbbell inovatif

Bowflex SelectTech 552i dapat mengatur beban dari 2 kg ke 24 kg dengan cepat tanpa perlu mengangkat dan mengganti lempeng beban. Penyetelan beban dilakukan dengan memutar kenop pada sisi masing-masing dumbbell sesuai dengan beban yang Anda inginkan, setelah terkunci Anda langsung dapat memulai latihan Anda.

Produk ini cocok untuk Anda yang ingin berlatih dari tahap awal hingga tahap lanjut untuk membentuk otot idaman. Bagian besi dicetak sedemikian rupa sehingga Anda bisa berlatih dengan tenang karena dumbbell ini bisa berfungsi tanpa mengeluarkan suara berisik saat mengenai lantai. Mari melatih otot dengan mudah untuk mendapat hasil terbaik dengan produk ini.

Metode latihan otot dasar menggunakan dumbbell

Kami akan mengulas metode latihan dasar otot menggunakan dumbbell secara terpisah untuk beberapa otot. Tujuan utama pada latihan ini adalah untuk meningkatkan ukuran otot (Muscular Hypertrophy). Berdasarkan panduan American College of Sports Medicine Anda bisa melakukan latihan ini dengan 8-12 repetisi sebanyak 1-3 set untuk pemula. Frekuensi latihan yang direkomendasikan untuk seluruh badan adalah 2-3 hari per minggu.

Kami menganjurkan Anda untuk berlatih di pusat kebugaran terlebih dahulu dengan pelatih kebugaran agar Anda bisa berlatih dengan gerakan yang benar saat di rumah. Gerakan yang salah lebih mudah dikoreksi jika gerakan Anda dilihat oleh pelatih kebugaran daripada Anda mencoba berdasarkan perkiraan sendiri atau sekadar melihat gerakan Anda di cermin.

Lengan

Bagian lengan yang berisi merupakan bagian tubuh yang biasa terlihat jika menggunakan kaos pendek. Berikut adalah cara yang bisa Anda pakai untuk membentuk otot lengan.

Melatih otot biceps brachialis dengan concentration curl excercise

Melatih otot biceps brachialis dengan concentration curl excercise

Concentration curl excercise dipakai untuk melatih biceps brachialis atau lebih sering disebut biceps. Saat Anda melatih gerakan ini, pastikan siku dan bahu Anda tidak bergerak lalu gerakan secara perlahan lengan bawah Anda ke atas lalu ke bawah.

Melatih otot triceps dengan triceps kickback excercise

Melatih otot triceps dengan triceps kickback excercise

Triceps brachii memiliki posisi otot bersebrangan dengan otot biceps. Posisikan tubuh Anda seperti gambar di atas, lalu turunkan dan naikkan lengan bagian bawah Anda secara perlahan tanpa mengubah posisi lengan atas.

Bahu

Latihan ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin membuat area bahu lebih lebar atau lebih besar.

Melatih otot triangular pada bahu dengan shoulder press

Melatih otot triangular pada bahu dengan shoulder press

Lakukan latihan ini dengan memulai posisi seperti gambar di atas. Posisi lengan kanan atas dan lengan kiri atas berada sejajar dengan bahu. Posisi lengan bawah membentuk sudut 90 derajat dengan lengan atas lalu naikkan lengan bawah ke posisi maksimal hingga kedua tangan Anda sejajar lurus dan berdempetan dengan kedua telinga, setelah itu turunkan tangan ke posisi awal dimana letak lengan atas sejajar dengan bahu secara perlahan. Anda bisa melakukan posisi ini dengan duduk atau berdiri.

Dada

Latihan ini berfungsi untuk membuat area dada menjadi bidang serta akan mengurangi bentuk dada yang turun.

Melatih otot pectoralis major dengan dumbbell press excercise

Melatih otot pectoralis major dengan dumbbell press excercise

Gerakan pada dumbbell press mirip seperti ketika Anda melakukan push up hanya berbeda di posisi serta menggunakan dumbbell sebagai alat bantu. Perhatikan bahwa dumbbell dipegang seperti Anda memegang setang motor. Dorong dumbbell ke atas lalu kembali ke posisi semula secara perlahan.

Melatih otot pectoralis major dengan dumbbell fly excercise

Melatih otot pectoralis major dengan dumbbell fly excercise

Perbedaan gerakan ini hanya pada posisi ketika Anda memegang dumbbell pada posisi tangan seperti memegang tiang pagar atau kemudi mobil.

Punggung

Otot punggung yang kuat dibutuhkan untuk Anda yang ingin terlihat indah dan berisi di bagian tubuh belakang.

Melatih otot punggung dengan one hand rowing excercise

Metode latihan otot ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin memperkuat otot segitiga di area punggung yang bisa melatih otot dorsi, otot trapesius serta otot deltoid. Gerakan dumbbell ke bawah seperti gerakan mendayung namun posisi tubuh seperti gambar di atas.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel diatas, apakah Anda sudah siap mengolah tubuh dan hidup lebih sehat? Pemilihan dumbbell yang tepat disertai latihan yang benar, pengaturan nutrisi serta istirahat yang cukup akan mempermudah untuk mencapai body goal yang Anda idamkan.

Memiliki tubuh yang sehat dan ideal tidak diperoleh dalam waktu yang singkat sehingga Anda juga butuh kesabaran dan pengorbanan. Jangan lupa jadikan artikel kami sebagai referensi Anda dan semoga ulasan kami di atas bisa membantu mencapai impian Anda.