mybest
Alat fitness

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Gym & fitness
  4. 10 Rekomendasi Dumbbell Set Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Fitness Coach]
  • 10 Rekomendasi Dumbbell Set Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Fitness Coach] 1
  • 10 Rekomendasi Dumbbell Set Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Fitness Coach] 2
  • 10 Rekomendasi Dumbbell Set Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Fitness Coach] 3
  • 10 Rekomendasi Dumbbell Set Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Fitness Coach] 4
  • 10 Rekomendasi Dumbbell Set Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Fitness Coach] 5

10 Rekomendasi Dumbbell Set Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Fitness Coach]

Dumbbell memiliki banyak manfaat untuk digunakan sebagai rekan workout Anda. Anda bisa memakainya untuk membentuk berbagai otot, mulai dari abdomen hingga otot punggung. Dumbbell juga bisa digunakan untuk olahraga bagi lansia dan Anda yang sedang diet.


Kali ini kami akan menjelaskan tips memilih dumbbell set terbaik yang disusun bersama fitness coach kami, Akbar Kharisma. Kami juga akan merekomendasikan dumbbell set yang bagus dan dapat digunakan oleh pemula hingga ahli. Ada merek KETTLER, Speeds, Happyfit, The Republic of Svarga, dan sebagainya. Tak perlu menunggu, silakan simak ulasan berikut ini!

Diperbaharui 15/01/2024
Akbar Kharisma
Pakar
Fitness coach
Akbar Kharisma

Akbar adalah fitness coach yang berdomisili di Jakarta dan sudah berprofesi lebih dari empat tahun di industri fitness Indonesia. Mendapat akreditas fitness coach dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), Akbar juga memiliki sertifikasi sport nutritionist. Akbar berpengalaman menangani client yang mempunyai goal seperti fat loss, muscle building, dan general fitness health. Setelah satu tahun bekerja di salah satu mega gym di Jakarta, ia membangun bisnis personal training dan online coaching. Selain itu, ia juga bekerja sebagai fitness coach di Central Fitness cabang Rorotan Malaka, Jakarta.

Profil Akbar Kharisma
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Dumbbell set lebih efektif untuk melatih otot kiri dan kanan secara seimbang

Dumbbell set lebih efektif untuk melatih otot kiri dan kanan secara seimbang

Dumbbell set disarankan agar Anda dapat berlatih dengan menyeimbangkan kekuatan otot di bagian tubuh kanan dan kiri. Dengan menggunakan dumbel di kedua tangan, tentunya Anda dapat melatih seluruh otot, terutama otot dada dan lengan, secara seimbang.


Selain itu, Anda juga bebas mengatur beban yang diinginkan. Anda dapat memulainya dengan satu dumbel terlebih dahulu dan memakainya di kedua tangan setelah mulai terbiasa. Penggunaan dumbbell set tak hanya direkomendasikan untuk lansia dan pemula, tetapi juga para ahli yang ingin berlatih full-scale.

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Melatih kekuatan memang dapat membantu menyeimbangkan kekuatan otot masing-masing. Namun, perlu diingat bahwa penting juga untuk melatih stabilitas dari sendi dan otot penyeimbangnya. Hal tersebut bertujuan agar Anda mempunyai otot yang seimbang.


Ketika kekuatan dari otot dua sisi terasa berbeda sekali, kemungkinan ada muscle imbalance atau ketidakseimbangan otot. Untuk mengetahuinya, Anda perlu mencari fitness coach yang paham masalah postural. Anda juga bisa mencari fisioterapis atau mendaftar fitness assessment untuk mengetahui kemungkinan muscle imbalance.

Cara memilih Dumbbell Set

Ada banyak sekali tipe dumbel yang memiliki perbedaan dari ukuran, bentuk, hingga bobotnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dumbel secara terperinci terlebih dahulu di bawah ini.

1

Sesuaikan dumbbell dengan jenis workout Anda

Terdapat dua tipe dumbel, yakni fixed dan adjustable dumbbell. Fixed dumbbell adalah dumbel yang bobotnya tidak dapat diubah, sedangkan adjustable dumbbell memiliki bobot yang bisa diubah. Sebelum membeli, pastikan Anda memahami karakteristik kedua tipe tersebut.

Fixed dumbbell, untuk workout dengan satu variasi

Fixed dumbbell, untuk workout dengan satu variasi

Fixed type memiliki bobot yang sudah terpasang dan tidak dapat diubah. Tipe ini direkomendasikan bagi pemula, wanita, hingga lansia untuk meningkatkan kekuatan fisiknya. Dumbel tipe ini biasanya memiliki bobot yang ringan. Hal tersebut bertujuan agar pemakainya lebih mudah beradaptasi dengan beban yang diangkatnya.


Fixed dumbbell banyak digunakan untuk melatih otot bagian atas, misalnya untuk mengencangkan otot trisep, biseps, bahu, dan sebagainya. Selain itu, tipe ini dinilai lebih praktis karena dapat langsung digunakan tanpa harus diatur bebannya terlebih dahulu. Bentuknya yang relatif compact pun mudah disimpan di mana saja.


Namun, setelah terbiasa dengan bobotnya, Anda akan membutuhkan dumbel lain yang lebih berat. Dengan kata lain, Anda perlu membeli sepasang dumbel yang lebih berat dari yang sudah dimiliki secara berkala. Hal ini mungkin merepotkan bagi sebagian orang karena harus mengeluarkan bujet mengikuti kebutuhan workout. Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar pula.

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Meskipun fixed dumbbell bebannya tidak dapat diubah, bukan berarti latihan menjadi mudah ketika sudah terbiasa. Untuk mempersulit latihan, Anda bisa menggunakan metode tempo dan paused repetition.


Dumbel memang bisa digunakan untuk latihan yang bertujuan agar otot terlihat lebih toned atau kencang. Namun, perlu diingat bahwa toned hanyalah istilah yang mengacu pada definisi otot yang lebih terlihat. Artinya, kita harus melalui proses membangun otot.


Untuk membangun otot, diperlukan beban dan repetisi yang challenging. Workout yang terlalu mudah atau beban yang terlalu ringan akan mempersulit untuk membangun otot.

Adjustable dumbbell, untuk variasi menu dan full-scale workout

Adjustable dumbbell, untuk variasi menu dan full-scale workout

Jika Anda ingin melatih seluruh bagian tubuh, kami sarankan untuk memilih variable dumbbell atau adjustable dumbbell. Dengan tipe ini, Anda dapat mengubah beban dumbel sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah terbiasa dengan bobotnya, Anda dapat membuat workout lebih intens dengan menambahkan beban atau mengubah kombinasi bebannya.


Kelebihan lain dari adjustable dumbbell adalah Anda dapat menyesuaikan bobot berdasarkan bagian tubuh yang ingin dilatih. Sebagai contoh, Anda dapat mengubah dan membedakan bobot untuk melatih upper body atau lower body. Namun, dumbel jenis ini memang membutuhkan waktu untuk menambah atau mengurangi beban setiap kali melakukan workout.
2

Perhatikan jenis collar pada tipe adjustable dumbbell

Perhatikan jenis collar pada tipe adjustable dumbbell

Adjustable dumbbell memiliki collar yang berfungsi untuk menahan tiap plate yang dipasang. Nah, karena setiap collar memiliki metode penahan plate yang berbeda, ada baiknya Anda memeriksanya terlebih dahulu.


  • Collar tipe sekrup cocok digunakan untuk pemula. 

Tipe ini memiliki ulir pada batang dumbel dan menggunakan pelat pengunci yang berfungsi sebagai mur pengunci beban. Karena mur dipasang di sekrup yang berulir, beban tidak akan terlepas meski sedikit longgar. Namun, tipe sekrup ini cenderung memakan waktu lebih lama untuk dipasang. Meski begitu, metode ini tetap disarankan bagi Anda yang ingin berlatih dengan aman tanpa khawatir kuncian beban terlepas.


  • Collar normal alias tanpa ulir direkomendasikan bagi pemakai di level intermediate dan advanced

Karena tidak memiliki ulir, beban pada tipe ini dapat dipasang dan dilepas dalam waktu singkat. Latihan pun dapat dimulai dengan cepat. Namun, dibutuhkan tenaga lebih untuk pemasangannya.

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Dalam suatu workout untuk melatih otot, selalu ada waktu untuk istirahat. Jadi, tidak masalah jika dumbel jenis variable membutuhkan waktu untuk menambah atau mengurangi bebannya. Selain itu, mengubah bebannya masih termasuk mudah. Dimensinya juga tidak terlalu besar dan memakan tempat karena bebannya dapat dilepas dan ditumpuk.

3

Pilih beban dumbbell dari yang paling ringan jika Anda pemula

Pilih beban dumbbell dari yang paling ringan jika Anda pemula

Bobot adalah poin penting dalam memilih dumbel karena dapat memengaruhi hasil dari workout Anda. Jika terlalu ringan, beban tidak akan tercukupi sehingga olahraga jadi tidak efektif. Sebaliknya, jika terlalu berat, kemungkinan cedera akan lebih tinggi.


Pemula atau yang belum percaya diri dengan kekuatan ototnya lebih baik memilih dumbel dari yang paling ringan. Mulailah memakai beban 5–10 kg untuk pria dan 2–3 kg untuk wanita.


Jika kekuatan otot Anda sudah meningkat, cobalah berlatih dengan bobot 10 kg untuk wanita dan 30 kg untuk pria. Akan tetapi, pilihan bobot tersebut hanya sekadar saran dari kami. Pemilihan bobot ini kembali lagi kepada kekuatan tubuh Anda. Pastikan Anda memilih bobot dumbel yang sesuai dengan kekuatan otot Anda agar tidak terjadi cedera.

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Salah satu penentu workout yang cukup efektif dalam melatih otot adalah berat atau bobot dumbel. Namun, teknik lebih penting daripada bobot. Apabila tekniknya masih kurang tepat, workout tetap menjadi kurang efektif. Bahkan, teknik yang kurang tepat juga dapat menyebabkan cedera walaupun bebannya ringan atau sesuai kemampuan.


Jadi, ada baiknya memulai pada beban ringan dan fokus memperbagus teknik. Apabila belum pede, baiknya fokus di teknik saja dahulu. Kalau teknik sudah bagus dan konsisten latihan, pasti lama-kelamaan dapat mengangkat beban yang lebih berat.

4

Ketahuilah kelebihan tiap materialnya

Material dan lapisan dumbel tak hanya berpengaruh pada harga dan desain, tetapi juga bising tidaknya ketika ia dipakai. Silakan pahami karakter tiap bahannya agar Anda tahu dumbel yang dibutuhkan.

Berbahan besi, dumbbell klasik yang praktis dipakai

Berbahan besi, dumbbell klasik yang praktis dipakai

Jika Anda baru ingin mencoba workout menggunakan dumbel, produk bermaterial besi banyak direkomendasikan. Baik fixed type maupun variable type dari material besi banyak beredar di pasaran. Dengan banyaknya pilihan, Anda dapat membelinya sesuai dengan kebutuhan dan selera.


Namun, material besi ini mudah berkarat sehingga Anda perlu membersihkannya dari keringat setelah dipakai. Selain itu, ada kemungkinan lantai Anda akan tergores ketika dumbel ini diletakkan. Material besi pun akan menimbulkan bunyi nyaring ketika terantuk benda atau beradu satu sama lain. Karena itu, Anda yang tinggal di asrama atau apartemen perlu berhati-hati agar tidak merusak fasilitas yang ada.

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Untuk memulai workout latihan beban, sebenarnya dumbel berbahan plastik, karet, ataupun besi tidak masalah. Yang penting adalah teknik, program, dan bebannya. Namun, material besi mempunyai ketahanan yang bagus untuk jangka panjang. Akan tetapi, berhati-hatilah terhadap benturan karena durabilitas material besi terhadap benturan dapat berkurang.

Berbahan karet atau polyethylene, aman ketika terantuk lantai atau dinding

Berbahan karet atau polyethylene, aman ketika terantuk lantai atau dinding

Bagi Anda yang melakukan workout di asrama atau apartemen, kami sarankan untuk memilih dumbel berbahan karet. Selain karet, Anda pun dapat memilih dumbel yang terbuat dari polyethylene. Kedua bahan tersebut dapat meredam atau mengurangi bunyi dari dumbel yang terbentur dengan benda lain. Jika tidak sengaja menjatuhkan dumbel, lantai tidak akan tergores.


Dumbel berbahan karet, baik rubber maupun neoprene, dapat meredam guncangan sehingga aman dipakai di apartemen. Namun, biasanya hanya bagian plate saja yang dilapisi oleh karet sehingga ada bagian berbahan besi yang terlihat. Bahan besi tanpa lapisan ini mudah berkarat. Jika Anda khawatir dumbel berkarat, pilihlah dumbel yang seluruhnya berbahan karet.

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Dumbel berbahan karet memang lebih bisa mengurangi bunyi ketika terbentur. Namun, harga dumbel jenis ini tergolong cukup mahal. Bebannya pun fixed dumbbell. Artinya, beban tidak bisa diubah kecuali Anda beli baru.


Untuk mengurangi benturan, kita dapat membeli rubber floor. Fungsi rubber floor adalah untuk meredam bunyi dan melindungi lantai dari benturan.

Berlapis chrome, untuk tampilan yang menarik

Berlapis chrome, untuk tampilan yang menarik

Dari beragam dumbel yang beredar di pasaran, apakah ada yang tampilannya menarik dan trendi? Tentu saja ada! Bagi Anda yang mencari dumbel tersebut, pilihlah produk dengan lapisan chrome yang membuatnya tampil berkilau. Selain itu, lapisan chrome juga antikarat dan memiliki daya tahan tinggi sehingga dapat dipakai dalam waktu lama.


Akan tetapi, sama seperti besi, dumbel dengan material ini mengeluarkan bunyi yang nyaring ketika terjatuh. Selain itu, jika Anda tak sengaja membenturkannya, lapisan chrome dapat terkelupas sehingga tampilannya tak lagi menarik. Dari segi harga, tipe ini pun relatif lebih mahal dibandingkan tipe lainnya. 

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Karena masih berbahan besi, daya tahan dumbel chrome tidak jauh berbeda dengan dumbel besi yang tidak dilapisi chrome. Kekurangannya juga sama, durability-nya tidak kuat apabila jatuh atau terbentur keras.


Dumbel ini pun tidak masalah apabila dipakai oleh beginner. Dumbel ini tidak hanya khusus untuk advance karena beratnya dapat disesuaikan dengan fitness level.

5

Pertimbangkan dumbbell dari brand ternama

Pertimbangkan dumbbell dari brand ternama

Ada beberapa produsen terkenal, baik brand luar maupun lokal, yang memproduksi dumbel. Dengan mengetahui karakteristik tiap produsen, Anda akan mudah untuk menemukan dumbel yang sesuai. 


  • Dumbbell set keluaran Happyfit dan Perkis memiliki harga yang ramah di kantong serta cocok digunakan oleh pemula. Pilihan dumbel yang ditawarkan pun beraneka warna.

  • Merek KETTLER dan iReborn memproduksi berbagai varian dumbel, mulai dari produk untuk pemula hingga pengguna tingkat lanjut.


  • Produk dari SFIDN FITS, Speeds, dan The Republic of Svarga disarankan untuk full-scale training. Produsen ini memproduksi berbagai dumbbell set, bahkan ada yang dapat digunakan sebagai barbel sekaligus. Dari segi collar, merek ini juga memberikan banyak pilihan, baik collar dengan ulir maupun tanpa ulir.
Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Ketika memutuskan membeli dumbel, hal yang menjadi pertimbangan pertama biasanya terletak di antara harga dan kualitas. Beberapa mengutamakan kualitas walau harganya cukup mahal. Beberapa mengutamakan harga dengan kualitas yang tidak kalah jauh dengan kualitas yang mahal.


Jenis latihan yang dilakukan juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membeli dumbel. Ada beberapa jenis latihan yang mengharuskan dumbel sedikit terbentur. Ada juga jenis latihan yang mengharuskan mengangkat secepatnya atau repetisi sebanyak-banyaknya. Jenis dumbel yang dibutuhkan tergantung pada latihannya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Dumbbell Set Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Dumbbell Set terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 10 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Bahan
Ukuran
Warna
Berat
Kapasitas beban
Isi
Kekuatan grip
Otot yang terlatih
1

Happyfit

Neoprene Non-Slip Dumbbell (2 Pcs)

Happyfit Neoprene Non-Slip Dumbbell (2 Pcs) 1

Rp150.000

Agak Murah

Pilihan dumbbell warna-warni yang cocok untuk pemula

Dumbbell

Neoprene

Tidak diketahui

Merah muda, abu-abu, biru, kuning, unggu

1 kg

Bicep, tricep, upper body

2

KUCA

Dumbbell Set

KUCA Dumbbell Set 1

Rp667.000

Agak Mahal

Dilengkapi mur pengaman ganda agar tidak mudah longgar

Dumbbell

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Hitam

20 kg

Kaki, bicep, tricep, upper body

3

Perkis Active

Basic Weights

Perkis Active Basic Weights 1

Rp149.000

Agak Murah

Bentuknya ramping dan mudah disimpan

Dumbbell

Neoprene

23 cm x 7 cm

Peach, abu-abu, biru, hitam

1 kg, 2 kg, 3 kg, 4 kg

Bicep, tricep, upper body

4

KETTLER

Aerobic Soft Dumbbells

KETTLER Aerobic Soft Dumbbells 1

Rp119.000

Agak Murah

Dumbbell khusus untuk aerobik atau jogging? Ada!

Dumbbell

Neoprene

Tidak diketahui

Hitam, ungu

0,5 kg, 1 kg, 1,5 kg

Bicep, tricep, upper body

5

B-Strong

Fitness Dumbbell SetBS-20

B-Strong Fitness Dumbbell Set 1

Rp200.000

Menengah

Berganti-ganti plates jadi makin mudah dengan dumbbell ini

Dumbbell

Cement, PE

57 cm x 22 cm x 16,5 cm

Hitam

20 kg

Kaki, bicep, tricep, upper body

6

The Republic of Svarga

6 in 1 Adjustable Barbell Set

The Republic of Svarga 6 in 1 Adjustable Barbell Set 1

Rp690.000

Agak Mahal

Set 6 in 1 dengan pilihan beban lebih banyak

Dumbbell

Weight Plates: HDPE dan mortar•Barbell Bar: Q235 steel pipe dan PP•Barbell Rod: Q235 steel pipe dan NBR•Kettlebell handle/base: PP

10kg: 40 cm x 26 cm x 17 cm • 20 kg: 54 cm x 28 cm x 18 cm • 30 kg & 40 kg: 26 cm x 50 cm x 30 cm

Hitam

10 - 40 kg

Upper body

7

Decathlon

Domyos Pilates Toning Dumbbells Twin-pack

Decathlon Domyos Pilates Toning Dumbbells Twin-pack 1

Rp84.000

Lebih Murah

Maksimalkan latihan pilates dengan dumbbell

Dumbbell

Batang: besi • Pelapis: PVC

Tidak diketahui

Hijau, ungu, biru

0,5 kg, 1 kg, 1,5 g, 2 kg

Bicep, tricep, upper body

8

SFIDN FITS

6 in 1 Multifunction Dumbell Set

SFIDN FITS 6 in 1 Multifunction Dumbell Set 1

Rp698.000

Agak Mahal

Beli 1 produk dapat 6 alat, plus sarung tangan dan wristband!

Dumbbell

Semen dan plastik

Plates 1,25 kg: 17 cm x 3 cm • Plates 1,5 kg: 17 cm x 3 cm • Plates 2 kg: 19 cm x 3,5 cm

Hitam

10-40 kg

Kaki, bicep, tricep, upper body

9

Keep Going Max

Dumbbell

Keep Going Max Dumbbell 1

Rp219.000

Menengah

Terbuat dari besi murni yang memberikan kestabilan saat berlatih

Dumbbell

Besi

Tidak diketahui

Silver

20 kg

Kaki, bicep, tricep, upper body

10

Speeds

Dumbbell Set Max 50KGLX 014-39

Speeds Dumbbell Set Max 50KG 1

Rp2.000.000

Lebih Mahal

Dumbbell set dengan beban total 50 kg untuk pengguna tingkat lanjut

Dumbbell

Besi chrome, karet

Stik barbel: 35 cm • Stik halter: 152 cm

Hitam

0,5 kg, 1,25 kg, 2,5 kg, 5 kg

Bicep, tricep, upper body

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

HappyfitNeoprene Non-Slip Dumbbell (2 Pcs)

Neoprene Non-Slip Dumbbell (2 Pcs) 1
Sumber: happyfit.co.id
Harga referensi
Rp150.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp150.000
Agak Murah

Pilihan dumbbell warna-warni yang cocok untuk pemula

Pilihan dumbel warna-warni pastinya membuat pemula, khususnya wanita, lebih semangat memulai workout dengan penuh gaya. Pertimbangkan merek lokal Happyfit yang menjual set sepasang dumbel. Bobotnya tersedia mulai dari 1-5 kg. Ada warna pink, biru muda, oranye, dan sebagainya yang cocok untuk kaum wanita. Bahan neoprene juga membuat handelnya nyaman digenggam.

JenisDumbbell
BahanNeoprene
UkuranTidak diketahui
WarnaMerah muda, abu-abu, biru, kuning, unggu
Berat1 kg
Kapasitas beban
Isi
Kekuatan grip
Otot yang terlatihBicep, tricep, upper body
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

KUCADumbbell Set

Harga referensi
Rp667.000
Agak Mahal

Dilengkapi mur pengaman ganda agar tidak mudah longgar

Apakah Anda selalu memprioritaskan keamanan dalam berlatih? Jika demikian, kami sarankan Anda memperhatikan fitur pengamanan pada dumbbell. Produk KUCA ini menggunakan mur pengaman ganda yang mampu mencegah dumbbell melonggar. 


Jika Anda ingin mengubahnya menjadi halter, tongkatnya sudah dilengkapi dengan busa yang dapat meningkatkan kenyamanan.  Dumbbell ini juga tidak mengeluarkan suara terlalu keras saat bersentuhan dengan lantai. Dengan demikian, latihan di rumah tidak akan mengganggu ketenangan siapa pun.

JenisDumbbell
BahanTidak diketahui
UkuranTidak diketahui
WarnaHitam
Berat20 kg
Kapasitas beban
Isi
Kekuatan grip
Otot yang terlatihKaki, bicep, tricep, upper body
View all
No.3

Perkis ActiveBasic Weights

Harga referensi
Rp149.000
Agak Murah

Bentuknya ramping dan mudah disimpan

Perkis Basic Weights terdiri dari sepasang dumbel yang memiliki bentuk menyerupai tulang. Meski tidak terlalu berlekuk, Anda tidak perlu khawatir akan tergelincir ketika workout. Hal ini berkat lapisan neoprene yang tidak licin dan nyaman digenggam. Untuk pemula yang mencari dumbel dengan desain ramping serta tidak memakan tempat, pilihlah produk ini.

JenisDumbbell
BahanNeoprene
Ukuran23 cm x 7 cm
WarnaPeach, abu-abu, biru, hitam
Berat1 kg, 2 kg, 3 kg, 4 kg
Kapasitas beban
Isi
Kekuatan grip
Otot yang terlatihBicep, tricep, upper body
View all
No.4

KETTLERAerobic Soft Dumbbells

Harga referensi
Rp119.000
Agak Murah

Dumbbell khusus untuk aerobik atau jogging? Ada!

Apakah Anda ingin berolahraga kardio sambil membawa beban? Pilihlah set dumbel dari KETTLER yang cocok untuk olahraga kardio. Produk ini dilengkapi pegangan yang tidak mudah selip saat Anda latihan kardio. Desain beban yang rata membuatnya lebih stabil digenggam saat Anda berlatih dengan ritme cepat. Gunakanlah saat Anda senam aerobik, jogging, dan latihan kardio lainnya.

JenisDumbbell
BahanNeoprene
UkuranTidak diketahui
WarnaHitam, ungu
Berat0,5 kg, 1 kg, 1,5 kg
Kapasitas beban
Isi
Kekuatan grip
Otot yang terlatihBicep, tricep, upper body
View all
No.5

B-StrongFitness Dumbbell SetBS-20

Harga referensi
Rp200.000
Menengah

Berganti-ganti plates jadi makin mudah dengan dumbbell ini

Mungkin Anda kerap merasa ingin meningkatkan tantangan dalam latihan berat. Untuk itu, cobalah menggunakan dumbbell dengan plates berat yang bisa disesuaikan dengan mudah. Salah satu rekomendasi kami adalah Dumbbell Set dari B-Strong.


Dumbbell rod yang ada berpola spiral sehingga Anda tidak perlu kesusahan memasukkannya ke dalam dumbbell plates. Selain itu, kemudahan berganti plates ini juga didukung oleh kunci yang mengikuti pola spiral sehingga jadi makin kencang.

JenisDumbbell
BahanCement, PE
Ukuran57 cm x 22 cm x 16,5 cm
WarnaHitam
Berat20 kg
Kapasitas beban
Isi
Kekuatan grip
Otot yang terlatihKaki, bicep, tricep, upper body
View all
No.6

The Republic of Svarga6 in 1 Adjustable Barbell Set

6 in 1 Adjustable Barbell Set 1
Sumber: svrg.id
6 in 1 Adjustable Barbell Set 2
Sumber: svrg.id
6 in 1 Adjustable Barbell Set 3
Sumber: svrg.id
6 in 1 Adjustable Barbell Set 4
Sumber: svrg.id
6 in 1 Adjustable Barbell Set 5
Sumber: svrg.id
Harga referensi
Rp690.000
Agak Mahal

Set 6 in 1 dengan pilihan beban lebih banyak

The Republic of Svarga memiliki set dumbel 6 in 1 yang dapat digunakan sebagai dumbel, barbel, kettlebell, hingga push-up bar. Demi keamanan Anda dalam berolahraga, produk ini memiliki sistem penguncian beban yang kencang dan permukaan halus yang antiselip.


Keunggulannya adalah The Republic of Svarga menawarkan empat pilihan set, mulai dari 10 kg hingga 40 kg. Anda yang sudah berada di level intermediate bisa memilih set 30 kg dan 40 kg. Sementara itu, para pemula bisa memilih set 10 kg dan 20 kg.

JenisDumbbell
BahanWeight Plates: HDPE dan mortar•Barbell Bar: Q235 steel pipe dan PP•Barbell Rod: Q235 steel pipe dan NBR•Kettlebell handle/base: PP
Ukuran10kg: 40 cm x 26 cm x 17 cm • 20 kg: 54 cm x 28 cm x 18 cm • 30 kg & 40 kg: 26 cm x 50 cm x 30 cm
WarnaHitam
Berat10 - 40 kg
Kapasitas beban
Isi
Kekuatan grip
Otot yang terlatihUpper body
View all
No.7

DecathlonDomyos Pilates Toning Dumbbells Twin-pack

Harga referensi
Rp84.000
Lebih Murah

Maksimalkan latihan pilates dengan dumbbell

Pilates adalah versi modern dari yoga yang bertujuan untuk toning otot, terutama core. Apakah Anda sering melakukan pilates? Lengkapi workout Anda dengan dumbbell set dari Domyos yang dirancang untuk toning dan pilates. Variasi bebannya cukup lengkap, termasuk beban 1,5 kg yang jarang disediakan oleh produsen lain.

JenisDumbbell
BahanBatang: besi • Pelapis: PVC
UkuranTidak diketahui
WarnaHijau, ungu, biru
Berat0,5 kg, 1 kg, 1,5 g, 2 kg
Kapasitas beban
Isi
Kekuatan grip
Otot yang terlatihBicep, tricep, upper body
View all
No.8

SFIDN FITS6 in 1 Multifunction Dumbell Set

Harga referensi
Rp698.000
Agak Mahal

Beli 1 produk dapat 6 alat, plus sarung tangan dan wristband!

Untuk latihan total body workout di rumah, miliki set adjustable dumbbell yang komplet. Selain sebagai dumbel, produk ini dapat dipasang menjadi barbel ringan, barbel berat, push-up bar, dan kettlebell. Anda juga mendapatkan sarung tangan dan wristband dari SFIDN FITS untuk melengkapi workout di rumah. Set ini cocok untuk pemula yang ingin melatih otot secara menyeluruh dan serius di rumah.
JenisDumbbell
BahanSemen dan plastik
UkuranPlates 1,25 kg: 17 cm x 3 cm • Plates 1,5 kg: 17 cm x 3 cm • Plates 2 kg: 19 cm x 3,5 cm
WarnaHitam
Berat10-40 kg
Kapasitas beban
Isi
Kekuatan grip
Otot yang terlatihKaki, bicep, tricep, upper body
View all
No.9

Keep Going MaxDumbbell

Dumbbell 1
Sumber: shopee.co.id
Dumbbell 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp219.000
Menengah
Harga referensi
Rp219.000
Menengah

Terbuat dari besi murni yang memberikan kestabilan saat berlatih

Setiap material memiliki karakter masing-masing. Dumbbell dari besi murni ini juga memiliki penggemarnya sendiri karena memberikan kestabilan yang tinggi saat berlatih. Alat fitness klasik ini menggunakan metode pelapisan elektroplating yang membuat besi murni Anda lebih tahan karat.


Tongkat penghubung barbel ini juga dilengkapi tabung baja sehingga Anda tidak perlu waswas saat berlatih. Bagi Anda yang menginginkan alat olahraga yang kokoh dan awet, sebaiknya pertimbangkan produk ini. 

JenisDumbbell
BahanBesi
UkuranTidak diketahui
WarnaSilver
Berat20 kg
Kapasitas beban
Isi
Kekuatan grip
Otot yang terlatihKaki, bicep, tricep, upper body
View all
No.10

SpeedsDumbbell Set Max 50KGLX 014-39

Harga referensi
Rp2.000.000
Lebih Mahal

Dumbbell set dengan beban total 50 kg untuk pengguna tingkat lanjut

Speeds memiliki beberapa seri set adjustable dumbbell yang bebannya dapat dibongkar pasang. Kami merekomendasikan seri 014-39 yang memiliki pilihan beban dengan total 50 kg. Set ini sesuai untuk Anda yang sudah berada di level menengah atau tingkat lanjut. Anda yang membutuhkan latihan dengan progressive overload lebih besar di rumah juga sebaiknya membeli set ini.

JenisDumbbell
BahanBesi chrome, karet
UkuranStik barbel: 35 cm • Stik halter: 152 cm
WarnaHitam
Berat0,5 kg, 1,25 kg, 2,5 kg, 5 kg
Kapasitas beban
Isi
Kekuatan grip
Otot yang terlatihBicep, tricep, upper body
View all

Tips dari fitness coach Akbar Kharisma

Tips dari fitness coach Akbar Kharisma

Sebagai fitness coach, saya punya beberapa tips untuk menggunakan dumbbell secara efektif. 


  • Cara paling efektif dalam menggunakan dumbbell untuk latihan ketahanan otot yang pertama adalah melatih semua otot di bagian tubuh.

Alasannya adalah, pada tubuh manusia terdapat beberapa otot besar, seperti dada, punggung, paha depan, dan bokong. Otot besar mempunyai tenaga besar dibandingkan otot kecil. Apabila kita melatih semua otot besar, metabolisme tubuh kita akan meningkat dibandingkan hanya melatih satu otot.


  • Yang kedua, persulit suatu gerakan agar latihan jadi challenging.

Apabila beban yang digunakan ringan dan bisa dilakukan sampai tiga puluh kali atau lebih, itu artinya terlalu mudah. Anda harus menggunakan metode lain agar gerakannya menjadi lebih sulit, contohnya dengan menggunakan tempo 4/1/2.


Tempo 4/1/2 adalah empat detik fase negatif, tahan satu detik di posisi sebelum fase positif, dan menggunakan tempo dua detik ketika fase positif. Misalnya ketika push up, turun empat detik, tahan di posisi bawah satu detik, kemudian naik dua detik.


  • Yang ketiga, pastikan tekniknya optimal. 

Apabila menggunakan teknik yang kurang tepat ketika latihan ketahanan otot, teknik tersebut dapat berpotensi cedera. Sebagai contoh, sering terjadi kasus ketika orang berusaha melatih otot dada. Akan tetapi, lama-kelamaan otot bahu yang menjadi sakit dan cepat pegal.

5 Rekomendasi Dumbbell Set terbaik

No. 1: HappyfitNeoprene Non-Slip Dumbbell (2 Pcs)

No. 2: KUCADumbbell Set

No. 3: Perkis ActiveBasic Weights

No. 4: KETTLERAerobic Soft Dumbbells

No. 5: B-StrongFitness Dumbbell SetBS-20

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Gym & fitness
  4. 10 Rekomendasi Dumbbell Set Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Fitness Coach]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.