• 10 Dumbbell Set Terbaik - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Dumbbell Set Terbaik - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Dumbbell Set Terbaik - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Dumbbell Set Terbaik - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Dumbbell Set Terbaik - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Dumbbell Set Terbaik - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022)

Dumbbell memiliki banyak manfaat untuk digunakan sebagai rekan workout Anda. Anda bisa memakainya untuk membentuk berbagai otot, mulai dari abdomen hingga otot punggung. Dumbbell juga bisa digunakan untuk olahraga bagi lansia dan Anda yang sedang diet.


Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dumbbell set yang bagus dan dapat digunakan oleh pemula hingga ahli. Anda bisa menemukan rekomendasi dumbbell set dari merek KETTLER, Speeds, Happyfit, The Republic of Svarga, dan sebagainya. Ada komentar dari fitness coach kami, Akbar Kharisma juga, lho! Tak perlu menunggu, silakan simak ulasan berikut ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Akbar Kharisma
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 09 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Fitness coach, Akbar Kharisma

Profil pakar: Fitness coach, Akbar Kharisma

Akbar adalah fitness coach yang berdomisili di Jakarta dan sudah berprofesi kurang lebih tiga tahun di industri fitness Indonesia. Mendapat akreditas fitness coach dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), Akbar juga memiliki sertifikasi sport nutritionist.


Akbar berpengalaman menangani client yang mempunyai goal seperti fat loss, muscle building, dan general fitness health. Berawal dari bekerja di Fitness First Indonesia selama enam bulan, sekarang fitness coach ini bekerja sebagai freelance di Musclebound.

Dumbbell set lebih efektif untuk melatih otot kiri dan kanan secara seimbang

Dumbbell set lebih efektif untuk melatih otot kiri dan kanan secara seimbang

Dumbbell set disarankan agar Anda dapat berlatih dengan menyeimbangkan kekuatan otot di bagian tubuh kanan dan kiri. Dengan menggunakan dumbel di kedua tangan, tentunya Anda dapat melatih seluruh otot, terutama otot dada dan lengan, secara seimbang.


Selain itu, Anda juga bebas mengatur beban yang diinginkan. Anda dapat memulainya dengan satu dumbel terlebih dahulu dan memakainya di kedua tangan setelah mulai terbiasa. Penggunaan dumbbell set tak hanya direkomendasikan untuk lansia dan pemula, tetapi juga para ahli yang ingin berlatih full-scale.

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Melatih kekuatan memang dapat membantu menyeimbangkan kekuatan otot masing-masing. Namun, perlu diingat bahwa penting juga untuk melatih stabilitas dari sendi dan otot penyeimbangnya. Hal tersebut bertujuan agar Anda mempunyai otot yang seimbang.


Ketika kekuatan dari otot dua sisi terasa berbeda sekali, kemungkinan ada muscle imbalance atau ketidakseimbangan otot. Untuk mengetahuinya, Anda perlu mencari fitness coach yang paham masalah postural. Anda juga bisa mencari fisioterapis atau mendaftar fitness assessment untuk mengetahui kemungkinan muscle imbalance.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih dumbbell set

Ada banyak sekali tipe dumbel yang memiliki perbedaan dari ukuran, bentuk, hingga bobotnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dumbel secara terperinci terlebih dahulu di bawah ini.

Sesuaikan dumbbell dengan jenis workout Anda

Terdapat dua tipe dumbel, yakni fixed dan adjustable dumbbell. Fixed dumbbell adalah dumbel yang bobotnya tidak dapat diubah, sedangkan adjustable dumbbell memiliki bobot yang bisa diubah. Sebelum membeli, pastikan Anda memahami karakteristik kedua tipe tersebut.

Fixed dumbbell, untuk workout dengan satu variasi

Fixed dumbbell, untuk workout dengan satu variasi

Fixed type memiliki bobot yang sudah terpasang dan tidak dapat diubah. Tipe ini direkomendasikan bagi pemula, wanita, hingga lansia untuk meningkatkan kekuatan fisiknya. Dumbel tipe ini biasanya memiliki bobot yang ringan. Hal tersebut bertujuan agar pemakainya lebih mudah beradaptasi dengan beban yang diangkatnya.


Fixed dumbbell banyak digunakan untuk melatih otot bagian atas, misalnya untuk mengencangkan otot trisep, biseps, bahu, dan sebagainya. Selain itu, tipe ini dinilai lebih praktis karena dapat langsung digunakan tanpa harus diatur bebannya terlebih dahulu. Bentuknya yang relatif compact pun mudah disimpan di mana saja.


Namun, setelah terbiasa dengan bobotnya, Anda akan membutuhkan dumbel lain yang lebih berat. Dengan kata lain, Anda perlu membeli sepasang dumbel yang lebih berat dari yang sudah dimiliki secara berkala. Hal ini mungkin merepotkan bagi sebagian orang karena harus mengeluarkan bujet mengikuti kebutuhan workout. Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar pula.

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Meskipun fixed dumbbell bebannya tidak dapat diubah, bukan berarti latihan menjadi mudah ketika sudah terbiasa. Untuk mempersulit latihan, Anda bisa menggunakan metode tempo dan paused repetition.


Dumbel memang bisa digunakan untuk latihan yang bertujuan agar otot terlihat lebih toned atau kencang. Namun, perlu diingat bahwa toned hanyalah istilah yang mengacu pada definisi otot yang lebih terlihat. Artinya, kita harus melalui proses membangun otot.


Untuk membangun otot, diperlukan beban dan repetisi yang challenging. Workout yang terlalu mudah atau beban yang terlalu ringan akan mempersulit untuk membangun otot.

Adjustable dumbbell, untuk variasi menu dan full-scale workout

Adjustable dumbbell, untuk variasi menu dan full-scale workout

Jika Anda ingin melatih seluruh bagian tubuh, kami sarankan untuk memilih variable dumbbell atau adjustable dumbbell. Dengan tipe ini, Anda dapat mengubah beban dumbel sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah terbiasa dengan bobotnya, Anda dapat membuat workout lebih intens dengan menambahkan beban atau mengubah kombinasi bebannya.


Kelebihan lain dari adjustable dumbbell adalah Anda dapat menyesuaikan bobot berdasarkan bagian tubuh yang ingin dilatih. Sebagai contoh, Anda dapat mengubah dan membedakan bobot untuk melatih upper body atau lower body. Namun, dumbel jenis ini memang membutuhkan waktu untuk menambah atau mengurangi beban setiap kali melakukan workout.

Perhatikan jenis collar pada tipe adjustable dumbbell

Perhatikan jenis collar pada tipe adjustable dumbbell

Adjustable dumbbell memiliki collar yang berfungsi untuk menahan tiap plate yang dipasang. Nah, karena setiap collar memiliki metode penahan plate yang berbeda, ada baiknya Anda memeriksanya terlebih dahulu.


  • Collar tipe sekrup cocok digunakan untuk pemula. 

Tipe ini memiliki ulir pada batang dumbel dan menggunakan pelat pengunci yang berfungsi sebagai mur pengunci beban. Karena mur dipasang di sekrup yang berulir, beban tidak akan terlepas meski sedikit longgar. Namun, tipe sekrup ini cenderung memakan waktu lebih lama untuk dipasang. Meski begitu, metode ini tetap disarankan bagi Anda yang ingin berlatih dengan aman tanpa khawatir kuncian beban terlepas.


  • Collar normal alias tanpa ulir direkomendasikan bagi pemakai di level intermediate dan advanced

Karena tidak memiliki ulir, beban pada tipe ini dapat dipasang dan dilepas dalam waktu singkat. Latihan pun dapat dimulai dengan cepat. Namun, dibutuhkan tenaga lebih untuk pemasangannya.

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Dalam suatu workout untuk melatih otot, selalu ada waktu untuk istirahat. Jadi, tidak masalah jika dumbel jenis variable membutuhkan waktu untuk menambah atau mengurangi bebannya. Selain itu, mengubah bebannya masih termasuk mudah. Dimensinya juga tidak terlalu besar dan memakan tempat karena bebannya dapat dilepas dan ditumpuk.

Pilih beban dumbbell dari yang paling ringan jika Anda pemula

Pilih beban dumbbell dari yang paling ringan jika Anda pemula

Bobot adalah poin penting dalam memilih dumbel karena dapat memengaruhi hasil dari workout Anda. Jika terlalu ringan, beban tidak akan tercukupi sehingga olahraga jadi tidak efektif. Sebaliknya, jika terlalu berat, kemungkinan cedera akan lebih tinggi.


Pemula atau yang belum percaya diri dengan kekuatan ototnya lebih baik memilih dumbel dari yang paling ringan. Mulailah memakai beban 5–10 kg untuk pria dan 2–3 kg untuk wanita.


Jika kekuatan otot Anda sudah meningkat, cobalah berlatih dengan bobot 10 kg untuk wanita dan 30 kg untuk pria. Akan tetapi, pilihan bobot tersebut hanya sekadar saran dari kami. Pemilihan bobot ini kembali lagi kepada kekuatan tubuh Anda. Pastikan Anda memilih bobot dumbel yang sesuai dengan kekuatan otot Anda agar tidak terjadi cedera.

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Salah satu penentu workout yang cukup efektif dalam melatih otot adalah berat atau bobot dumbel. Namun, teknik lebih penting daripada bobot. Apabila tekniknya masih kurang tepat, workout tetap menjadi kurang efektif. Bahkan, teknik yang kurang tepat juga dapat menyebabkan cedera walaupun bebannya ringan atau sesuai kemampuan.


Jadi, ada baiknya memulai pada beban ringan dan fokus memperbagus teknik. Apabila belum pede, baiknya fokus di teknik saja dahulu. Kalau teknik sudah bagus dan konsisten latihan, pasti lama-kelamaan dapat mengangkat beban yang lebih berat.

Ketahuilah kelebihan tiap materialnya

Material dan lapisan dumbel tak hanya berpengaruh pada harga dan desain, tetapi juga bising tidaknya ketika ia dipakai. Silakan pahami karakter tiap bahannya agar Anda tahu dumbel yang dibutuhkan.

Berbahan besi, dumbbell klasik yang praktis dipakai

Berbahan besi, dumbbell klasik yang praktis dipakai

Jika Anda baru ingin mencoba workout menggunakan dumbel, produk bermaterial besi banyak direkomendasikan. Baik fixed type maupun variable type dari material besi banyak beredar di pasaran. Dengan banyaknya pilihan, Anda dapat membelinya sesuai dengan kebutuhan dan selera.


Namun, material besi ini mudah berkarat sehingga Anda perlu membersihkannya dari keringat setelah dipakai. Selain itu, ada kemungkinan lantai Anda akan tergores ketika dumbel ini diletakkan. Material besi pun akan menimbulkan bunyi nyaring ketika terantuk benda atau beradu satu sama lain. Karena itu, Anda yang tinggal di asrama atau apartemen perlu berhati-hati agar tidak merusak fasilitas yang ada.

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Untuk memulai workout latihan beban, sebenarnya dumbel berbahan plastik, karet, ataupun besi tidak masalah. Yang penting adalah teknik, program, dan bebannya. Namun, material besi mempunyai ketahanan yang bagus untuk jangka panjang. Akan tetapi, berhati-hatilah terhadap benturan karena durabilitas material besi terhadap benturan dapat berkurang.

Berbahan karet atau polyethylene, aman ketika terantuk lantai atau dinding

Berbahan karet atau polyethylene, aman ketika terantuk lantai atau dinding

Bagi Anda yang melakukan workout di asrama atau apartemen, kami sarankan untuk memilih dumbel berbahan karet. Selain karet, Anda pun dapat memilih dumbel yang terbuat dari polyethylene. Kedua bahan tersebut dapat meredam atau mengurangi bunyi dari dumbel yang terbentur dengan benda lain. Jika tidak sengaja menjatuhkan dumbel, lantai tidak akan tergores.


Dumbel berbahan karet, baik rubber maupun neoprene, dapat meredam guncangan sehingga aman dipakai di apartemen. Namun, biasanya hanya bagian plate saja yang dilapisi oleh karet sehingga ada bagian berbahan besi yang terlihat. Bahan besi tanpa lapisan ini mudah berkarat. Jika Anda khawatir dumbel berkarat, pilihlah dumbel yang seluruhnya berbahan karet.

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Dumbel berbahan karet memang lebih bisa mengurangi bunyi ketika terbentur. Namun, harga dumbel jenis ini tergolong cukup mahal. Bebannya pun fixed dumbbell. Artinya, beban tidak bisa diubah kecuali Anda beli baru.


Untuk mengurangi benturan, kita dapat membeli rubber floor. Fungsi rubber floor adalah untuk meredam bunyi dan melindungi lantai dari benturan.

Berlapis chrome, untuk tampilan yang menarik

Berlapis chrome, untuk tampilan yang menarik

Dari beragam dumbel yang beredar di pasaran, apakah ada yang tampilannya menarik dan trendi? Tentu saja ada! Bagi Anda yang mencari dumbel tersebut, pilihlah produk dengan lapisan chrome yang membuatnya tampil berkilau. Selain itu, lapisan chrome juga antikarat dan memiliki daya tahan tinggi sehingga dapat dipakai dalam waktu lama.


Akan tetapi, sama seperti besi, dumbel dengan material ini mengeluarkan bunyi yang nyaring ketika terjatuh. Selain itu, jika Anda tak sengaja membenturkannya, lapisan chrome dapat terkelupas sehingga tampilannya tak lagi menarik. Dari segi harga, tipe ini pun relatif lebih mahal dibandingkan tipe lainnya. 

Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Karena masih berbahan besi, daya tahan dumbel chrome tidak jauh berbeda dengan dumbel besi yang tidak dilapisi chrome. Kekurangannya juga sama, durability-nya tidak kuat apabila jatuh atau terbentur keras.


Dumbel ini pun tidak masalah apabila dipakai oleh beginner. Dumbel ini tidak hanya khusus untuk advance karena beratnya dapat disesuaikan dengan fitness level.

Pertimbangkan dumbbell dari brand ternama

Pertimbangkan dumbbell dari brand ternama

Ada beberapa produsen terkenal, baik brand luar maupun lokal, yang memproduksi dumbel. Dengan mengetahui karakteristik tiap produsen, Anda akan mudah untuk menemukan dumbel yang sesuai.


  • Dumbbell set keluaran Happyfit dan Perkis memiliki harga yang ramah di kantong serta cocok digunakan oleh pemula. Pilihan dumbel yang ditawarkan pun beraneka warna.

  • Merek KETTLER dan iReborn memproduksi berbagai varian dumbel, mulai dari produk untuk pemula hingga pengguna tingkat lanjut.


  • Produk dari SFIDN FITS, Speeds, dan The Republic of Svarga disarankan untuk full-scale training. Produsen ini memproduksi berbagai dumbbell set, bahkan ada yang dapat digunakan sebagai barbel sekaligus. Dari segi collar, merek ini juga memberikan banyak pilihan, baik collar dengan ulir maupun tanpa ulir.
Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Ketika memutuskan membeli dumbel, hal yang menjadi pertimbangan pertama biasanya terletak di antara harga dan kualitas. Beberapa mengutamakan kualitas walau harganya cukup mahal. Beberapa mengutamakan harga dengan kualitas yang tidak kalah jauh dengan kualitas yang mahal.


Jenis latihan yang dilakukan juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membeli dumbel. Ada beberapa jenis latihan yang mengharuskan dumbel sedikit terbentur. Ada juga jenis latihan yang mengharuskan mengangkat secepatnya atau repetisi sebanyak-banyaknya. Jenis dumbel yang dibutuhkan tergantung pada latihannya.

10 Rekomendasi dumbbell set terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk dumbbell set terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 23 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Speeds Dumbbell Barbel Set 20 kg LX 014-10 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Happyfit Neoprene Non-Slip Dumbbell (2 pcs) memiliki angka penjualan tertinggi. 


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Akbar Kharisma.

Gambar produk
1
Happyfit Neoprene Non-Slip Dumbbell (2 Pcs) 1

Happyfit

2
Decathlon Domyos Pilates Toning Dumbbells Twin-pack 1

Decathlon

3
York Fitness 20 KG Chrome Dumbbell Set 1

York Fitness

4
Perkis Active Basic Weights 1

Perkis Active

5
KETTLER Aerobic Soft Dumbbells 1

KETTLER

6
The Republic of Svarga 6 in 1 Adjustable Barbell Set 1

The Republic of Svarga

7
Speeds Dumbbell Set Max 50KG 1

Speeds

8
SFIDN FITS 6 in 1 Multifunction Dumbell Set 1

SFIDN FITS

9
Speeds Dumbell Karet Set 2 Pcs 1

Speeds

10
iReborn Adjustable 15 kg (Pair) 1

iReborn

Nama produk

Neoprene Non-Slip Dumbbell (2 Pcs)

Domyos Pilates Toning Dumbbells Twin-pack

20 KG Chrome Dumbbell Set

Basic Weights

Aerobic Soft Dumbbells

6 in 1 Adjustable Barbell Set

Dumbbell Set Max 50KG

6 in 1 Multifunction Dumbell Set

Dumbell Karet Set 2 Pcs

Adjustable 15 kg (Pair)

Keunggulan

Pilihan dumbbell warna-warni yang cocok untuk pemula

Maksimalkan latihan pilates dengan dumbbell

Elegan dan tahan lama untuk teman workout Anda di rumah

Bentuknya ramping dan mudah disimpan

Dumbbell khusus untuk aerobik atau jogging? Ada!

Set 6 in 1 dengan pilihan beban lebih banyak

Dumbbell set dengan beban total 50 kg untuk pengguna tingkat lanjut

Beli 1 produk dapat 6 alat, plus sarung tangan dan wristband!

Berlapis karet, dumbbell berat pun aman membentur lantai

Sangat mudah mengatur bebannya, tinggal geser controller!

Harga mulai dariRp 160.000,00Rp 54.000,00Rp 950.000,00Rp 149.000,00Rp 119.000,00Rp 690.000,00Rp 2.000.000,00Rp 698.000,00Rp 725.000,00Rp 2.400.000,00
TipeFixedFixedAdjustableFixedFixedAdjustable AdjustableAdjustableFixedAdjustable
Pilihan beban1 kg, 2 kg, 3 kg, 4 kg, 5 kg0,5 kg, 1 kg, 1,5 kg, 2 kg, 3 kg, 5 kgTotal 20 kg1 kg, 2 kg, 3 kg, 4 kg0,5 kg, 1 kg, 2 kg, 3 kgTotal 10 kg, 20 kg, 30 kg, 40 kgTotal 50 kg (6 x 0,5 kg, 6 x 1,25 kg, 4 x 2,5 kg, 4 x 5 kg)Total 20 kg, 40 kg15 kg, 20 kg7 kg sepasang (total 14 kg)
MaterialNeopreneBesi berlapis PVCChromeNeoprone Tidak disebutkanHDPE (plastik), semen, besiBesi, karetPlastik, semenBesi berlapis karetBesi, karet
Isi set2 pcs dumbbells2 pcs dumbbells4 collar pengunci, 2 handel, 4 x 0,5 kg plates, 4 x 1,25 kg plates, 4 x 2,5 kg plates, 1 color exercise wall chart2 pcs dumbbells2 pcs dumbbellsCollar pengunci, plates, dumbbell bar, barbell bar, kettlebell bar, kettlebell base (jumlah part dan beban plates tergantung pada varian)4 stik penyambung, 6 collar pengunci, 6 x 0,5 kg plates, 6 x 1,25 kg plates, 4 x 2,5 kg plates, 4 x 5 kg platesCollar pengunci, plates, pegangan handle, pegangan kettlebell, stik penghubung, penghubung kettlebell, 2 sarung tangan all size, 2 wristband (jumlah part dan beban plates tergantung pada varian)2 pcs dumbbells2 pcs x 7 kg dumbbells: 9 x 0,6 kg plates, 1 kg handel, 1 kg pad
Tautan produk
10

iRebornAdjustable 15 kg (Pair)

Mulai dari Rp 2.400.000,00

TipeAdjustable
Pilihan beban7 kg sepasang (total 14 kg)
MaterialBesi, karet
Isi set2 pcs x 7 kg dumbbells: 9 x 0,6 kg plates, 1 kg handel, 1 kg pad
9
TipeFixed
Pilihan beban15 kg, 20 kg
MaterialBesi berlapis karet
Isi set2 pcs dumbbells
8

SFIDN FITS6 in 1 Multifunction Dumbell Set

Mulai dari Rp 698.000,00

TipeAdjustable
Pilihan bebanTotal 20 kg, 40 kg
MaterialPlastik, semen
Isi setCollar pengunci, plates, pegangan handle, pegangan kettlebell, stik penghubung, penghubung kettlebell, 2 sarung tangan all size, 2 wristband (jumlah part dan beban plates tergantung pada varian)
7

SpeedsDumbbell Set Max 50KG

LX 014-39

Mulai dari Rp 2.000.000,00

TipeAdjustable
Pilihan bebanTotal 50 kg (6 x 0,5 kg, 6 x 1,25 kg, 4 x 2,5 kg, 4 x 5 kg)
MaterialBesi, karet
Isi set4 stik penyambung, 6 collar pengunci, 6 x 0,5 kg plates, 6 x 1,25 kg plates, 4 x 2,5 kg plates, 4 x 5 kg plates
6

The Republic of Svarga6 in 1 Adjustable Barbell Set

Mulai dari Rp 690.000,00

TipeAdjustable
Pilihan bebanTotal 10 kg, 20 kg, 30 kg, 40 kg
MaterialHDPE (plastik), semen, besi
Isi setCollar pengunci, plates, dumbbell bar, barbell bar, kettlebell bar, kettlebell base (jumlah part dan beban plates tergantung pada varian)
5
TipeFixed
Pilihan beban0,5 kg, 1 kg, 2 kg, 3 kg
MaterialTidak disebutkan
Isi set2 pcs dumbbells
4
TipeFixed
Pilihan beban1 kg, 2 kg, 3 kg, 4 kg
MaterialNeoprone
Isi set2 pcs dumbbells
3
TipeAdjustable
Pilihan bebanTotal 20 kg
MaterialChrome
Isi set4 collar pengunci, 2 handel, 4 x 0,5 kg plates, 4 x 1,25 kg plates, 4 x 2,5 kg plates, 1 color exercise wall chart
2

DecathlonDomyos Pilates Toning Dumbbells Twin-pack

Mulai dari Rp 54.000,00

TipeFixed
Pilihan beban0,5 kg, 1 kg, 1,5 kg, 2 kg, 3 kg, 5 kg
MaterialBesi berlapis PVC
Isi set2 pcs dumbbells
1

HappyfitNeoprene Non-Slip Dumbbell (2 Pcs)

Mulai dari Rp 160.000,00

TipeFixed
Pilihan beban1 kg, 2 kg, 3 kg, 4 kg, 5 kg
MaterialNeoprene
Isi set2 pcs dumbbells

Tips dari fitness coach Akbar Kharisma

Tips dari fitness coach Akbar Kharisma

Sebagai fitness coach, saya punya beberapa tips untuk menggunakan dumbbell secara efektif. 


  • Cara paling efektif dalam menggunakan dumbbell untuk latihan ketahanan otot yang pertama adalah melatih semua otot di bagian tubuh.

Alasannya adalah, pada tubuh manusia terdapat beberapa otot besar, seperti dada, punggung, paha depan, dan bokong. Otot besar mempunyai tenaga besar dibandingkan otot kecil. Apabila kita melatih semua otot besar, metabolisme tubuh kita akan meningkat dibandingkan hanya melatih satu otot.


  • Yang kedua, persulit suatu gerakan agar latihan jadi challenging.

Apabila beban yang digunakan ringan dan bisa dilakukan sampai tiga puluh kali atau lebih, itu artinya terlalu mudah. Anda harus menggunakan metode lain agar gerakannya menjadi lebih sulit, contohnya dengan menggunakan tempo 4/1/2.


Tempo 4/1/2 adalah empat detik fase negatif, tahan satu detik di posisi sebelum fase positif, dan menggunakan tempo dua detik ketika fase positif. Misalnya ketika push up, turun empat detik, tahan di posisi bawah satu detik, kemudian naik dua detik.


  • Yang ketiga, pastikan tekniknya optimal. 

Apabila menggunakan teknik yang kurang tepat ketika latihan ketahanan otot, teknik tersebut dapat berpotensi cedera. Sebagai contoh, sering terjadi kasus ketika orang berusaha melatih otot dada. Akan tetapi, lama-kelamaan otot bahu yang menjadi sakit dan cepat pegal.

Baca juga rekomendasi produk alat olahraga lainnya di sini

Setelah membaca ulasan di atas, Anda telah memahami secara mendalam perihal dumbbell terbaik. Namun, alat olahraga yang digunakan sehari-hari tak hanya dumbbell, bukan? Karena itu, kami akan merekomendasikan alat olahraga lainnya untuk di rumah melalui artikel yang sudah kami tulis.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda sudah mendapatkan dumbbell yang sesuai dengan kebutuhan? Pemilihan dumbbell yang tepat disertai latihan yang benar akan mempermudah Anda untuk mencapai body goal. Pengaturan nutrisi serta istirahat yang cukup pun tentu akan membantu.


Memiliki tubuh yang sehat dan ideal tidak diperoleh dalam waktu yang singkat sehingga Anda juga butuh kesabaran dan pengorbanan. Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi Anda, ya. Selamat berlatih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin bugar atau mungkin ingin menurunkan berat badan? Kalau begitu, coba lakukan olahraga jalan cepat, lari, atau jogging dengan treadmill. Dengan memiliki treadmill, Anda dapat berolahraga kapan pun tanpa harus ke gym. Apabila Anda tertarik untuk membeli treadmill, kami akan membagikan cara memilih treadmill yang bagus.Rekomendasi merek treadmill terbaik, seperti Jaco, Total Fitness, dan Xiaomi akan Anda temukan, lengkap dengan harganya. Beberapa treadmill murah, tetapi tidak murahan akan Anda temukan juga. Selain itu, simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda.
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lari merupakan salah satu olahraga cardio yang banyak digemari. Apabila ingin menekuni olahraga ini, gunakanlah peralatan yang menunjang. Salah satu peralatan yang perlu dipertimbangkan adalah jam tangan lari atau running watch. Pastikan fitur-fitur yang ada pada running watch mendukung kegiatan berlari Anda, misalnya GPS yang akurat dan pemutar musik. Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih running watch. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek running watch yang bagus, seperti Garmin, SUUNTO, dan Polar. Temukan produk yang paling sesuai untuk menemani kegiatan jogging rutin ataupun profesional Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022)
    Fitness merupakan gaya hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai salah satu faktor utamanya. Selain sebagai lifestyle, banyak wanita melakukannya untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Karena itu, kini banyak sekali sepatu fitness untuk wanita yang bisa Anda temukan di pasaran. Kami akan memberikan tips memilih sepatu fitness yang bagus untuk wanita. Kami juga menyediakan sepuluh rekomendasi sepatu fitness terbaik dari sejumlah merek, seperti adidas, Nike, dan Puma. Artikel ini sudah ditinjau oleh fitness coach kami, Akbar Kharisma. Jika Anda sedang mencari sepatu fitness yang tepat, bacalah dahulu ulasan dari kami!
    Gym & fitness
  • 10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Saat akan memulai berlatih yoga, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah matras yoga atau yoga mat. Merek peralatan olahraga ternama, seperti Berwyn dari Ace Hardware, Kettler, Miniso, dan Adidas telah memproduksi matras yoga andalan mereka. Bahkan, sekarang sudah banyak produsen yang menjual matras yoga dengan harga murah.Kami akan memperkenalkan cara memilih matras yoga bagi pemula dan memberikan rekomendasi matras yoga yang bagus dan tebal. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras yoga yang paling nyaman bagi Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memilih sepatu fitness? Berbagai merek terkenal, seperti ASICS, PUMA, atau Nike memang bisa membuat Anda bingung ketika memilihnya. Ditambah lagi, ada banyak produk dengan desain dan warna menarik yang mudah Anda jumpai di berbagai gerai online.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu fitness yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Kami juga akan memperkenalkan rekomendasi sepatu fitness yang bagus dan berkolaborasi dengan fitness coach kami, Akbar Kharisma. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Gym & fitness
  • 10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Memilih pakaian olahraga atau sportswear yang tepat membuat Anda makin nyaman berolahraga. Legging menjadi salah satu pakaian olahraga yang wajib dimiliki oleh wanita. Anda perlu memilih bahan legging yang bagus untuk berolahraga. Namun, masih ada beberapa poin lainnya yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih legging sport.Kami akan berbagi tips untuk memilih legging sport yang nyaman dan modis untuk wanita. Kami juga memberikan rekomendasi merek legging olahraga terbaik, seperti Puma, Nike, dan adidas. Ada juga merek sportswear lokal yang bagus dari Miniletics dan legging hijab dari HIA Everywear. Selamat membaca!
    Gym & fitness
  •  10 Sarung Tangan Gym Terbaik - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sarung Tangan Gym Terbaik - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda senang olahraga weight lifting ataupun training? Tentu saja Anda membutuhkan sarung tangan gym atau training gloves. Sarung tangan ini akan membantu melindungi tangan Anda dari cedera. Kulit tangan pun tetap mulus dan bebas kapalan.Kali ini kami akan berbagi tips memilih sarung tangan gym yang bagus. Temukan juga berbagai rekomendasi sarung tangan gym terbaik, seperti dari merek Reebok, Decathlon, dan adidas. Ada juga beberapa merek lokal, seperti Happyfit, Svarga, dan SFIDN. Artikel ini sudah ditinjau oleh fitness coach kami, Akbar Kharisma. Simak terus artikel ini sampai akhir, ya!
    Gym & fitness
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori