mybest
Body lotion

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan badan
  4. 10 Rekomendasi Body Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Body Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Body Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Body Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Body Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Body Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Body Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Body butter adalah salah satu jenis pelembap badan yang digemari karena kemampuan optimalnya dalam melembapkan kulit. Tak heran Anda bisa dengan mudah menemukan beragam merek body butter yang bagus, seperti Wardah, Herborist, dan The Body Shop. Namun, manakah produk yang efektif untuk melembapkan kulit Anda?

Pada artikel kali ini, kami telah menyiapkan cara memilih body butter terbaik yang disusun bersama dermatovenereologist, dr. Dia Febrina. Kami akan mengupas tuntas informasi mengenai kandungan yang dibutuhkan oleh berbagai jenis kulit, mulai dari kulit kering, kulit sangat kering, sampai kulit kering dan sensitif. Selamat membaca!

Diperbaharui 04/01/2024
dr. Dia Febrina
Pakar
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

dr. Dia Febrina, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Pendidikan Dokter Umum dan Spesialis, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Pendiri klinik Medika Asyifa Jatiasih dan Dr. Derm Skin Care ini memiliki ketertarikan dalam bidang dermatologi kosmetik, estetik, dan tumor bedah kulit. Saat ini dr. Dia aktif melakukan edukasi seputar kesehatan kulit, kelamin, dan estetik, baik melalui ruang publik maupun media sosial.

Profil dr. Dia Febrina
Lanjut membaca
Laila
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Laila

Laila lulusan dari Program Studi Sastra Jepang, Universitas Brawijaya pada tahun 2013. Tugas akhir Laila saat menyelesaikan jenjang sarjananya berkaitan dengan dunia wanita. Oleh sebab itu, saat menyelesaikan magisternya dari Universitas Airlangga pada tahun 2017, ia juga melakukan penelitian mengenai wanita. Ketertarikannya untuk melakukan riset tentang hobi dan dunia wanita makin diperdalam sejak bergabung dengan mybest Indonesia. Untuk itu, wanita yang juga hobi memasak ini banyak membahas topik seputar perawatan tubuh dan kecantikan.

Profil Laila
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa fungsi body butter?

Apa fungsi body butter?
Body butter berfungsi untuk melembapkan kulit secara optimal dengan cara memberikan hidrasi dan mencegah penguapan air dari lapisan epidermis kulit. Oleh sebab itu, kandungan pelembap dalam body butter yang paling dominan adalah jenis oklusif, seperti shea butter, mineral oil, atau minyak tumbuhan. Hal tersebut pula yang membuat tekstur body butter sangat kental. 

Meski begitu, body butter umumnya tetap mengandung unsur air serta bahan pelembap jenis humektan yang bersifat menarik air. Dengan demikian, body butter akan meningkatkan kelembapan kulit dengan memberikan air ke kulit langsung dari kandungan air yang ada di dalamnya.

 

Kandungan pelembap jenis humektan juga bertugas untuk menarik air dari dalam lapisan kulit atau dari lingkungan sekitar kulit untuk mengoptimalkan hidrasi. Pada saat bersamaan, kandungan pelembap jenis oklusif mengurangi kehilangan air trans-epidermal dengan membentuk lapisan pelindung bagi kulit. Berdasarkan fungsi dari setiap jenis kandungan pelembap di dalamnya, body butter dapat dipilih oleh individu dengan kulit kering atau sangat kering.


Kami merekomendasikan untuk menggunakan body butter dalam waktu tiga menit setelah mandi. Silakan gunakan kembali sesuai kebutuhan saat kulit Anda terasa kering.
dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Sebetulnya, body butter bukan terminologi yang ada dalam pandangan dermatologist. Dari sisi dermatologist, pelembap badan yang thick dengan efek melembapkan tinggi adalah krim. Dalam konteks ini adalah body cream.

Jadi, Anda bisa saja memakai produk yang dilabeli moisturizing cream bila kulit Anda kering atau sangat kering. Moisturizing cream juga mungkin saja dianggap sama dengan body butter bila mengandung shea butter atau mineral oil.

Cara memilih Body Butter

Setelah mengetahui lebih dalam tentang fungsi dan cara kerja body butter, Anda mungkin akan makin tertarik untuk mencobanya. Meski mudah ditemukan di pasaran, sebaiknya Anda tak asal-asalan memilih body butter. Hal ini karena tidak semua produk bisa cocok dengan jenis atau keluhan kulit Anda. Agar bisa menemukan body butter yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bacalah artikel ini dengan saksama. 
1

Untuk melembapkan kulit kering atau sangat kering, pastikan body butter mengandung kombinasi pelembap oklusif, humektan, dan emolien

Untuk melembapkan kulit kering atau sangat kering, pastikan body butter mengandung kombinasi pelembap oklusif, humektan, dan emolien
Fungsi utama body butter adalah untuk memberikan kelembapan pada kulit. Sebagaimana dibahas sebelumnya, bahan pelembap jenis oklusif mendominasi kandungan dalam body butter. Namun, untuk perawatan kulit kering, apalagi sangat kering, sebaiknya pilih body butter yang mengandung kombinasi tiga jenis pelembap, yaitu oklusif, humektan, dan emolien. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Kandungan oklusif: bermanfaat untuk mencegah penguapan air dan menjaga hidrasi kulit. 
Contoh kandungan ini ialah shea butter, cocoa butter, beeswax, petrolatum, dan mineral oils. Plant oils, seperti jojoba oil, argan oil, almond oil, dan sunflower oil, juga termasuk.


  • Kandungan humektan: berfungsi untuk menarik air dan menjaga kulit tetap terhidrasi. 

Contoh bahan humektan adalah glycerin, hyaluronic acid, urea, dan α-hydroxy acids atau AHA dalam konsentrasi yang rendah.


  • Kandungan emolien: dikenal juga sebagai barrier repair karena dapat memperbaiki skin barrier yang rusak. 

Contoh kandungannya ialah ceramide, kolesterol, serta fatty acids seperti palmitic acid dan stearic acid.


Untuk mendapatkan informasi keberadaan ketiga jenis pelembap tersebut, Anda bisa mengecek daftar komposisi atau ingredients list dari body butterDi bawah ini adalah contoh daftar bahan body butter yang memuat tiga jenis pelembap.


  1. Aqua/​Water, Butyrospermum Parkii Butter/​Butyrospermum Parkii (Shea) Butter (1), Theobroma Cacao Seed Butter/​Theobroma Cacao (Cocoa) Seed Butter (2), Glycerin (3), Cetearyl Alcohol, Glyceryl Stearate (4), PEG-100 Stearate, Orbignya Oleifera Seed Oil (5), C12-15 Alkyl Benzoate, Ethylhexyl Palmitate (6), Cera Alba/​Beeswax (7), Argania Spinosa Kernel Oil (8), _____, Ci 19140/​Yellow 5.

Keterangan:
  • Bahan (1), (2), (5), (6), (7), dan (8) merupakan pelembap jenis oklusif
  • Bahan (3) adalah humektan
  • Bahan (4) berperan sebagai emolien dan humektan karena glyceryl sterate merupakan gabungan dari glycerin dan stearic acid
  • Bahan (6) merupakan jenis emolien karena ethylhexyl palmitate ialah ester dari palmitic acid
dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Jika kulit Anda sangat kering, Anda bisa pilih body butter dengan label untuk "very dry skin". Idealnya, "very dry skin" memang dirawat dengan therapeutic moisturizer yang mengandung tiga jenis pelembap. Hal ini karena body butter yang hanya mengandung satu atau dua jenis moisturizing agent kemungkinan tidak cukup untuk melembapkan kulit sangat kering.

2

Bila kulit Anda kering dan sensitif, pilih body butter dengan pelembap utama almond oil, sunflower oil, atau virgin coconut oil dengan tambahan soothing agent

Pemilik kulit kering dan sensitif memang perlu memberikan perhatian ekstra saat memilih body butter. Tujuannya, supaya pemakaian body butter tidak merangsang iritasi atau memperparah kondisi kulit kering dan sensitif. Ada dua hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kulit kering dan sensitif yakni jenis pelembap utama dan bahan anti-inflamasi. Berikut kami jabarkan selengkapnya.

Sunflower oil, virgin coconut oil, atau almond oil, plant oils yang relatif aman untuk kulit sensitif

Sunflower oil, virgin coconut oil, atau almond oil, plant oils yang relatif aman untuk kulit sensitif
Kulit sensitif cenderung bereaksi berlebihan dan berisiko mengalami iritasi bila bersentuhan dengan bahan tertentu. Mineral oil sering kali menjadi pemicu iritasi pada kulit sensitif, sementara plant oils dianggap sebagai alternatif yang lebih aman. Meskipun demikian, Anda perlu berhati-hati saat memilih body butter dengan  kandungan plant oils. Kami sarankan Anda untuk mengutamakan body butter yang mengandung plant oils berupa sunflower oil, virgin coconut oil, dan almond oil.

Almond oil bersifat ringan dan tidak menyebabkan iritasi sehingga menjadi pilihan aman untuk kulit sensitif. Di sisi lain, virgin coconut oil dan sunflower oil bukan hanya bertindak sebagai bahan oklusif. Keduanya juga berperan sebagai bahan emolien yang membantu memperbaiki skin barrier. Seperti yang sudah diketahui, skin barrier pada kulit sensitif sering terganggu sehingga tambahan bahan yang mendukung perbaikan skin barrier pasti sangat bermanfaat. 

Centella asiatica, chamomile, Aloe vera, allantoin, atau colloidal oatmeal, menenangkan kulit kering dan sensitif serta cenderung gatal

Centella asiatica, chamomile, Aloe vera, allantoin, atau colloidal oatmeal, menenangkan kulit kering dan sensitif serta cenderung gatal
Iritasi merupakan sebagian dari reaksi inflamasi. Jika ada peradangan atau sensasi gatal pada kulit, pertimbangkan body butter yang mengandung soothing agent. Adapun bahan aktif yang bisa dipertimbangkan untuk membantu menenangkan kulit yang kering, sensitif, atau gatal, yaitu:

  • Cica atau Centella asiatica
  • Chamomile
  • Aloe vera
  • Allantoin
  • Colloidal oatmeal

Berikut adalah contoh body butter yang mengandung coconut oil sebagai bahan pelembap utama dan memiliki tambahan Aloe vera sebagai soothing agent.


  1. Water, Isopropyl miristate (derived from coconut oil), Cetyl alcohol, Sterate-20, Caprilyc/capric triglyceridestearic acid, Theobrema cacao (cocoa) seed butter, ​Butyrospermum parkii (Shea) butter, glycerin, _______, Aloe barbadensis (Aloe vera) leaf, ______, d-alpha tocopherol
dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Pemilik kulit kering dan sensitif dapat memakai body butter kapan saja. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit Anda.

3

Cari aroma yang Anda sukai bila kulit tidak sensitif; Namun, utamakan yang no-fragrance atau aroma minimal bila kulit sensitif

Cari aroma yang Anda sukai bila kulit tidak sensitif; Namun, utamakan yang no-fragrance atau aroma minimal bila kulit sensitif

Body butter memiliki beragam aroma yang menarik, mulai dari bunga, buah, hingga aroma gourmand seperti cokelat dan vanila. Kami sangat menyarankan Anda untuk memilih body butter dengan aroma yang disukai agar Anda bisa menggunakan produk secara teratur. Dengan begitu, Anda bisa menjaga kelembapan kulit dengan lebih konsisten.


Namun, penting untuk memastikan bahwa kulit kering atau sangat kering Anda tidak sensitif terhadap bahan pewangi. Hal ini perlu Anda lakukan sebelum memilih body butter beraroma. Jika kulit Anda sensitif, sebaiknya hindari body butter dengan aroma yang terlalu kuat. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih body butter dengan aroma alami dari bahan utamanya. Contohnya adalah shea atau coconut yang memiliki wangi lebih ringan.


Untuk opsi yang lebih aman, Anda bisa mempertimbangkan body butter yang tidak mengandung pewangi. Namun, produk yang aman bagi kulit kering dan sensitif tanpa pewangi biasanya dipasarkan sebagai 'moisturizing cream', bukan body butter. Oleh karena itu, Anda perlu lebih jeli dalam memeriksa label dan daftar komposisi produk tersebut.


Berikut ini adalah contoh produk yang memiliki label sebagai moisturizing cream untuk kulit kering dan sensitif yang tidak mengandung pewangi. Produk ini juga mengandung sunflower oil dan almond oil sebagai beberapa pelembap utamanya.


  1. Aqua, Glycerin, Petrolatum, Dicaprylyl Ether, Dimethicone, Glyceryl Stearate, Cetyl Alcohol, Helianthus Annuus Seed Oil, Peg-30 Stearate, Panthenol, Niacinamide, Prunus Amygdalus Dulcis Oil, Tocopherol, ______, Citric Acid. FIL.1765.V00
dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Apa pun jenis kulit Anda, baik sensitif atau tidak, idealnya Anda perlu melakukan skin test terlebih dahulu sebelum memakai body butter. Caranya, oleskan body butter di bagian dalam lengan Anda, lalu amati reaksinya. Jika tidak muncul tanda-tanda iritasi, Anda bisa menggunakan produk tersebut.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Body Butter Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Body Butter terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 04 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Pelembap emolien
Pelembap humektan
Pelembap oklusif
Nilai SPF
Nilai PA
Klaim broadspectrum
Blue light protection
Exfoliating agent
Brightening agent
Soothing agent
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran
BPOM
1

Wardah

Creamy Body Butter

Wardah Creamy Body Butter 1

Rp23.000

Lebih Murah

Dengan sederet pilihan aroma menarik untuk pencinta wangi-wangian

Stearic acid, squalane

Glycerin

Olive oil, petrolatum, shea butter, jojoba seed oil

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Ginger root extract

Tidak diketahui

50 ml

NA18190121582 (Olive), NA18190121583 (Rose), NA18190105390 (Lavender), NA18190105389 (Milk & Pearl), NA18190105411 (Passion Fruit), NA18190105388 (Strawberry)

2

Herborist

Body Butter

Herborist Body Butter 1

Rp31.300

Agak Murah

Kemasannya praktis dan lebih higienis, pas untuk dibawa bepergian

Stearic acid, glyceryl monostearate

Glycerin, glyceryl monostearate

Shea butter, beeswax, mineral oil, olive oil

Tidak ada

Tidak ada

(Zaitun, Banana)

Tidak ada

Glycyrrhiza glabra root extract , kojic acid

Tidak diketahui

80 g

NA18190123521 (Frangipani), NA18130102067 (Banana), NA18190123523 (Mango), NA18190123525 (Matcha Milk), NA18190123520 (Strawberry Sorbet), NA18190123518 (Zaitun), NA18190123522 (Coconut), NA18220104846 (Chocolate)

3

La Roche Posay

Cicaplast Baume B5+

La Roche Posay Cicaplast Baume B5+ 1

Rp160.000

Lebih Mahal

Mengatasi kulit kering dan iritasi agar tetap ternutrisi

Acetylated glycol stearate

Glycerin

Shea butter

Tidak ada

Tidak ada

Citric acid

Tidak diketahui

Panthenol, zinc gluconate, madecassoside, copper gluconate

15 ml, 40 ml

NC14220100122

4

The Body Shop®

Almond Milk Body Butter

The Body Shop® Almond Milk Body Butter 1

Rp99.000

Agak Mahal

Kombinasi almond milk dan almond oil yang memberikan kelembapan ekstra

Glyceryl stearate

Glycerin, glyceryl stearate

Shea butter, cocoa seed butter, sunflower seed oil, sweet almond oil, sesame seed oil

Tidak ada

Tidak ada

Citric acid

Tidak diketahui

Panthenol

50 ml, 200 ml

NC38220100002

5

Lovana

Body Butter (Hug Me)

Lovana Body Butter (Hug Me) 1

Rp50.000

Menengah

Body butter laris yang ramah di kantong

Stearic acid, glyceryl stearate

Hydroxyethyl urea, glycerin, glyceryl stearate

Paraffinum liquidum, cocoa butter, Argania spinosa kemel oil, linseed oil, coconut oil, sunflower seed oil, avocado oil

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Niacinamide, tranexamic acid

Allantoin

100 g

NA18200104440

6

Viva Cosmetics

Mulberry Body Butter

Viva Cosmetics Mulberry Body Butter 1

Rp39.500

Menengah

Kulit lembap sepanjang hari tanpa meninggalkan rasa lengket

Glyceryl stearate

Glyceryl stearate, glycerin

Shea butter, avocado oil, soybean oil, beeswax

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Mulberry extract

Tidak diketahui

Tidak diketahui

200 g

NA18150103092

7

Sensatia Botanicals

Lemongrass & Mandarin Body Butter

Sensatia Botanicals Lemongrass & Mandarin Body Butter 1

Rp140.000

Agak Mahal

Body butter natural yang aman dipakai oleh bumil dan busui!

Shea butter

Tidak diketahui

Coconut oil, Aleurites moluccanus seed oil, Theobroma cacao seed butter, beeswax, Cymbopogon flexuosus oil, mandarin orange peel oil, wheat germ oil, Backhousia citriodora leaf oil, Bixa orellana seed oil

Tidak ada

Tidak ada

Citric acid

Mandarin orange peel oil

Geraniol

100 ml, 300 ml

NA18180104181

8

Dermalogy Mazaya

Body Butter

Dermalogy Mazaya Body Butter 1

Rp45.000

Menengah

Brand lokal yang mengusung konsep halal dengan kandungan inovatif

Glyceryl stearate, ethylhexyl palmitate

Glycerin, glyceryl stearate

Olea europaea fruit oil, shea butter

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Astaxanthin, licorice

Tidak diketahui

Tidak diketahui

250 g

Ya

9

Mustika Ratu

Body Butter

Mustika Ratu Body Butter 1

Rp53.391

Menengah

Mudah menyerap dan melembapkan kulit lebih maksimal

Stearic acid

Glycerin, imidazolidinyl urea

Olive fruit oil, mineral oil, cocoa seed butter

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Tergantung varian

Allantoin

200 g

Ya

10

Bali Alus

Body Butter Susu Domba

Bali Alus Body Butter Susu Domba 1

Rp26.950

Agak Murah

Beda dari yang lain, dengan kandungan susu domba!

Tidak diketahui

Glycerin

Nigella sativa seed oil, Theobroma cacao seed butter, Cocos nucifera oil, olive oil

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Sheep milk

Tidak diketahui

Tidak diketahui

50 g

NA18170103097 (Frangipani), NA18170103096 (Bengkuang), NA18220100789 (Avocado), NA18220100790 (Markisa), NA18180105807 (Olive), NA18180103629 (Papaya Beras Jepang)

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

WardahCreamy Body Butter

Creamy Body Butter 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp23.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp23.000
Lebih Murah

Dengan sederet pilihan aroma menarik untuk pencinta wangi-wangian

Wardah menawarkan sederet body butter dengan aroma yang menarik. Untuk Anda pencinta wangi-wangian, varian Lavender & Ginger memberikan aroma yang menenangkan. Sementara itu, varian Rose dan Olive pas untuk Anda yang menyukai aroma manis dan lembut. Ada juga aroma segar buah-buahan pada varian Passion Fruit dan Strawberry.


Body butter Wardah juga mengandung vitamin E untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Agar makin lembap, Wardah juga menambahkan minyak jojoba pada body butter-nya.

Pelembap emolienStearic acid, squalane
Pelembap humektanGlycerin
Pelembap oklusifOlive oil, petrolatum, shea butter, jojoba seed oil
Nilai SPFTidak ada
Nilai PATidak ada
Klaim broadspectrum
Blue light protection
Exfoliating agentTidak ada
Brightening agentGinger root extract
Soothing agentTidak diketahui
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran50 ml
BPOMNA18190121582 (Olive), NA18190121583 (Rose), NA18190105390 (Lavender), NA18190105389 (Milk & Pearl), NA18190105411 (Passion Fruit), NA18190105388 (Strawberry)
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

HerboristBody Butter

Harga referensi
Rp31.300
Agak Murah

Kemasannya praktis dan lebih higienis, pas untuk dibawa bepergian

Apabila Anda mencari body butter dengan kemasan tube, gunakan produk dari Herborist. Berkat kemasan tube-nya, body butter ini terjaga kebersihannya dan lebih praktis digunakan. Karena itu, cocok dibawa traveling atau bepergian. Varian aroma yang ditawarkan beragam dan memiliki manfaat yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya adalah varian Zaitun yang mampu memberi kelembapan pada kulit kering dan Chocolate yang kaya antioksidan.

Pelembap emolienStearic acid, glyceryl monostearate
Pelembap humektanGlycerin, glyceryl monostearate
Pelembap oklusifShea butter, beeswax, mineral oil, olive oil
Nilai SPFTidak ada
Nilai PATidak ada
Klaim broadspectrum(Zaitun, Banana)
Blue light protection
Exfoliating agentTidak ada
Brightening agentGlycyrrhiza glabra root extract , kojic acid
Soothing agentTidak diketahui
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran80 g
BPOMNA18190123521 (Frangipani), NA18130102067 (Banana), NA18190123523 (Mango), NA18190123525 (Matcha Milk), NA18190123520 (Strawberry Sorbet), NA18190123518 (Zaitun), NA18190123522 (Coconut), NA18220104846 (Chocolate)
View all
No.3

La Roche PosayCicaplast Baume B5+

Harga referensi
Rp160.000
Lebih Mahal

Mengatasi kulit kering dan iritasi agar tetap ternutrisi

Bagi pemilik kulit sensitif dan mudah iritasi, rekomendasi satu ini kami siapkan untuk Anda. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas seperti vitamin B5 dan thermal water, produk ini akan membuat kulit tetap terjaga dan ternutrisi dengan baik. Cicaplast Baume B5+ juga mampu memberikan efek soothing pada kulit kemerahan dan kering. Menariknya lagi, moisturizer tubuh dan wajah ini dapat digunakan untuk bayi sejak usia 3 bulan.

Pelembap emolienAcetylated glycol stearate
Pelembap humektanGlycerin
Pelembap oklusifShea butter
Nilai SPFTidak ada
Nilai PATidak ada
Klaim broadspectrum
Blue light protection
Exfoliating agentCitric acid
Brightening agentTidak diketahui
Soothing agentPanthenol, zinc gluconate, madecassoside, copper gluconate
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran15 ml, 40 ml
BPOMNC14220100122
View all
No.4

The Body Shop®Almond Milk Body Butter

Harga referensi
Rp99.000
Agak Mahal

Kombinasi almond milk dan almond oil yang memberikan kelembapan ekstra

Body butter yang satu ini menggunakan formula terbaru yang cocok untuk kulit kering dan sensitif. Formulanya mengandung almond milk dan almond oil yang memberikan kelembapan ekstra. Dengan begitu, kehalusan dan kelembutan kulit Anda akan tetap terjaga. Karena tidak mengandung bahan-bahan hewani, produk ini sangat cocok untuk vegetarian.


Dengan kandungan emolien yang tinggi, body butter ini melembutkan dan merawat kulit secara intensif, memberikan kelembapan tahan lama. Perpaduan almond milk dan almond oil tidak hanya membuat kulit terasa nyaman, tetapi juga memberikan perlindungan yang dibutuhkan.

Pelembap emolienGlyceryl stearate
Pelembap humektanGlycerin, glyceryl stearate
Pelembap oklusifShea butter, cocoa seed butter, sunflower seed oil, sweet almond oil, sesame seed oil
Nilai SPFTidak ada
Nilai PATidak ada
Klaim broadspectrum
Blue light protection
Exfoliating agentCitric acid
Brightening agentTidak diketahui
Soothing agentPanthenol
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran50 ml, 200 ml
BPOMNC38220100002
View all
No.5

LovanaBody Butter (Hug Me)

Harga referensi
Rp50.000
Menengah

Body butter laris yang ramah di kantong

Produk dari Lovana ini menjadi pilihan body butter yang relatif murah. Akan tetapi, kualitas produk ini sama sekali tidak murahan. Lovana menawarkan banyak bahan alami yang baik bagi kulit. Selain shea butter, terdapat minyak dari biji argan, biji rami, bahkan biji bunga matahari.


Minyak biji bunga matahari termasuk kandungan yang populer dalam jagat skincare. Dilansir dari Byrdie, minyak bunga matahari juga menawarkan efek untuk menjaga kelembapan kulit. Efek melembapkan ini juga diberikan oleh minyak argan dan rami. Belum puas? Anda juga bisa mendapatkan khasiat dari minyak kelapa dan alpukat dari produk ini.

Pelembap emolienStearic acid, glyceryl stearate
Pelembap humektanHydroxyethyl urea, glycerin, glyceryl stearate
Pelembap oklusifParaffinum liquidum, cocoa butter, Argania spinosa kemel oil, linseed oil, coconut oil, sunflower seed oil, avocado oil
Nilai SPFTidak ada
Nilai PATidak ada
Klaim broadspectrum
Blue light protection
Exfoliating agentTidak ada
Brightening agentNiacinamide, tranexamic acid
Soothing agentAllantoin
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran100 g
BPOMNA18200104440
View all
No.6

Viva CosmeticsMulberry Body Butter

Harga referensi
Rp39.500
Menengah

Kulit lembap sepanjang hari tanpa meninggalkan rasa lengket

Produk dari Viva ini menawarkan kemampuan melembapkan dan mencerahkan tanpa kesan lengket. Hal ini karena adanya kombinasi key ingredients yang bekerja mempertahankan kadar air di lapisan epidermis. Kandungan tersebut berupa shea butter, natural oil, dan vitamin E. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan kulit yang tampak cerah bersinar berkat kandungan ekstrak mulberry.

Pelembap emolienGlyceryl stearate
Pelembap humektanGlyceryl stearate, glycerin
Pelembap oklusifShea butter, avocado oil, soybean oil, beeswax
Nilai SPFTidak ada
Nilai PATidak ada
Klaim broadspectrum
Blue light protection
Exfoliating agentTidak ada
Brightening agentMulberry extract
Soothing agentTidak diketahui
Untuk kulit sensitifTidak diketahui
Pewangi
Pilihan ukuran200 g
BPOMNA18150103092
View all
No.7

Sensatia BotanicalsLemongrass & Mandarin Body Butter

Harga referensi
Rp140.000
Agak Mahal

Body butter natural yang aman dipakai oleh bumil dan busui!

Sesuai dengan namanya, body butter ini menawarkan minyak dari serai dan jeruk mandarin. Kandungan tersebut membuat body butter ini memancarkan aroma citrus yang menyegarkan. Jika Anda menyukai aroma jeruk-jerukan, produk ini bisa dipilih. Body butter ini juga dirancang aman bagi ibu hamil dan menyusui. Dengan begitu, bumil dan busui yang ingin rileks bisa mencoba produk ini.

Pelembap emolienShea butter
Pelembap humektanTidak diketahui
Pelembap oklusifCoconut oil, Aleurites moluccanus seed oil, Theobroma cacao seed butter, beeswax, Cymbopogon flexuosus oil, mandarin orange peel oil, wheat germ oil, Backhousia citriodora leaf oil, Bixa orellana seed oil
Nilai SPFTidak ada
Nilai PATidak ada
Klaim broadspectrum
Blue light protection
Exfoliating agentCitric acid
Brightening agentMandarin orange peel oil
Soothing agentGeraniol
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran100 ml, 300 ml
BPOMNA18180104181
View all
No.8

Dermalogy MazayaBody Butter

Harga referensi
Rp45.000
Menengah

Brand lokal yang mengusung konsep halal dengan kandungan inovatif

Brand lokal ini mengusung konsep halal dalam rangkaian kosmetik dan skincare-nya. Untuk itu, Anda yang sedang mencari body butter berlabel halal kami menyarankan produk dari Dermalogy Mazaya. Produk ini memiliki hero ingredients berupa licorice dan minyak zaitun untuk varian Fatimah dan Azzalea. Sementara varian lainnya, yaitu Raihanah dan Salsabilah, menggunakan astaxanthin sebagai antioksidan di dalamnya.

Pelembap emolienGlyceryl stearate, ethylhexyl palmitate
Pelembap humektanGlycerin, glyceryl stearate
Pelembap oklusifOlea europaea fruit oil, shea butter
Nilai SPFTidak ada
Nilai PATidak ada
Klaim broadspectrum
Blue light protection
Exfoliating agentTidak ada
Brightening agentAstaxanthin, licorice
Soothing agentTidak diketahui
Untuk kulit sensitifTidak diketahui
Pewangi
Pilihan ukuran250 g
BPOMYa
View all
No.9

Mustika RatuBody Butter

Harga referensi
Rp53.391
Menengah

Mudah menyerap dan melembapkan kulit lebih maksimal

Merek yang bergerak di bidang kecantikan dan jamu modern ini tidak pernah berhenti mengembangkan inovasi pada produknya. Mustika Ratu menghadirkan body butter sebagai salah satu perawatan tubuh yang bisa Anda andalkan untuk mendapatkan kulit lembap maksimal.


Tekstur yang dimiliki produk ini cukup thick sehingga Anda hanya perlu mengoleskan sedikit untuk diratakan pada kulit. Meskipun teksturnya creamy, body butter ini tidak meninggalkan rasa greasy dan cepat menyerap.

Pelembap emolienStearic acid
Pelembap humektanGlycerin, imidazolidinyl urea
Pelembap oklusifOlive fruit oil, mineral oil, cocoa seed butter
Nilai SPFTidak ada
Nilai PATidak ada
Klaim broadspectrum
Blue light protection
Exfoliating agentTidak ada
Brightening agentTergantung varian
Soothing agentAllantoin
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran200 g
BPOMYa
View all
No.10

Bali AlusBody Butter Susu Domba

Harga referensi
Rp26.950
Agak Murah

Beda dari yang lain, dengan kandungan susu domba!

Pilihan body butter yang bagus lainnya yakni dari Bali Alus. Terdapat sepuluh varian yang basisnya dapat dipilih antara beras Jepang atau susu domba. Selain menjaga kulit tetap lembap, adanya kandungan susu domba dipercaya dapat mencerahkan kulit. Selain itu, komposisi olive oil dan natural oil lainnya mampu membuat kulit tampak mengilap.
Pelembap emolienTidak diketahui
Pelembap humektanGlycerin
Pelembap oklusifNigella sativa seed oil, Theobroma cacao seed butter, Cocos nucifera oil, olive oil
Nilai SPFTidak ada
Nilai PATidak ada
Klaim broadspectrum
Blue light protection
Exfoliating agentTidak ada
Brightening agentSheep milk
Soothing agentTidak diketahui
Untuk kulit sensitifTidak diketahui
Pewangi
Pilihan ukuran50 g
BPOMNA18170103097 (Frangipani), NA18170103096 (Bengkuang), NA18220100789 (Avocado), NA18220100790 (Markisa), NA18180105807 (Olive), NA18180103629 (Papaya Beras Jepang)
View all

5 Rekomendasi Body Butter terbaik

No. 1: WardahCreamy Body Butter

No. 2: HerboristBody Butter

No. 3: La Roche PosayCicaplast Baume B5+

No. 4: The Body Shop®Almond Milk Body Butter

No. 5: LovanaBody Butter (Hug Me)

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan badan
  4. 10 Rekomendasi Body Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.