10 Rekomendasi Body Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Body butter pertama kali dibuat oleh The Body Shop pada tahun 1992, merupakan produk perawatan kulit yang dibuat dari shea butter, digunakan untuk melindungi kulit di Afrika. Body butter mudah meresap ke kulit dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Dengan berbagai macam aroma, bisa membuat kulit menjadi wangi.

Sekarang ini banyak macam body butter yang beredar dari berbagai macam merek, seperti The Body Shop, L’Occitane, dan lain-lain. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih body butter dan merekomendasikan produk yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak penjelasan dari kami ya!

Daftar isi

Apa itu body butter ?

Pertama-tama, apa itu body butter? Apa bedanya dengan body milk dan body cream ? Kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Shea butter sebagai bahan utama untuk melembapkan kulit

Shea butter sebagai bahan utama untuk melembapkan kulit

Body butter adalah pelembap tubuh yang menggunakan shea butter, yang digunakan sebagai obat di wilayah Afrika, terutama Ghana dan Nigeria. Pada suhu normal memang bentuknya padat, tetapi ketika digunakan pada kulit tubuh akan mencair sehingga dinamakan butter. Shea butter mengandung banyak bahan yang dapat membuat kulit tetap cantik dan sehat. Di Afrika, shea butter juga banyak digunakan untuk kesehatan kulit bayi.

Untuk produk body butter, banyak yang memberikan label shea butter 100% dan ada juga yang mengandung minyak sayur dan lemak yang kemudian diberi label organic atau natural only.

Body milk dan body cream pada umumnya dibuat dengan formulasi seimbang agar mudah digunakan, serta memiliki kadar kelembapan yang cukup tinggi dibanding produk lainnya, dan juga tahan lama.

Merawat tubuh dan rambut dengan lembut, serta dapat mencegah stretch mark!

Merawat tubuh dan rambut dengan lembut, serta dapat mencegah stretch mark!

Body butter dengan bahan alami tidak hanya aman untuk tubuh, tapi juga bisa digunakan untuk perawatan rambut dan kuku. Selain itu, juga aman untuk wajah Anda. Ketika Anda mengaplikasikan body butter ke bagian tubuh Anda yang kering, body butter akan cepat meresap dan kulit akan terasa lembap dan juga lembut. Agar kulit tidak menjadi berminyak, gunakanlah body butter setipis mungkin.

Karena kemampuan melembapkannya yang tahan lama, banyak orang terutama ibu hamil, yang menggunakan body butter untuk mencegah stretch mark. Body butter adalah produk yang sebaiknya Anda miliki.

Cara memilih body butter

Semua produk body butter sepintas terlihat mirip. Namun, jika Anda membandingkan produk yang satu dengan yang lainnya, Anda akan melihat perbedaannya. Berikut kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih body butter yang sesuai.

Pilihlah produk yang mengandung 100% shea butter atau yang mendekati

Pilihlah produk yang mengandung 100% shea butter atau yang mendekati

Shea butter merupakan komponen yang diambil dari shear tree dan mengandung banyak stearin serta oleic acid. Asam stearat dikenal karena mempunyai efek antioksidan yang tinggi, mencegah oksidasi yang merupakan penyebab aging. Oleic acid juga memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit, terutama di bagian siku, lutut, dan tumit.

Selain itu, shea butter juga mengandung tokoferol, yang berfungsi sebagai pelindung kulit, cocok untuk Anda yang ingin mengembalikan kesehatan kulit Anda. Jika Anda ingin merasakan khasiat dari shea butter, kami rekomendasikan produk body butter dengan kandungan 100% shea butter atau yang mendekati.

Mengandung berbagai macam bahan untuk kenyamanan saat digunakan

Mengandung berbagai macam bahan untuk kenyamanan saat digunakan

Akhir-akhir ini, banyak produk shea butter yang dicampur dengan kandungan bahan lain, agar bisa lebih nyaman saat dipakai. Produk shea butter dengan bahan campuran ini tidak lengket di tubuh, dan lebih tahan lama jika dibanding dengan produk yang hanya menggunakan shea butter saja.

Cocoa butter dan bees wax merupakan bahan yang sering dijadikan campuran untuk body butter. Sama halnya dengan shea butter, cocoa butter memiliki efek untuk mencegah kulit kering dan melembutkan kulit. Bau cokelat yang ringan juga dapat memberikan rasa eksotis. Bees wax merupakan lilin alami yang diambil dari sarang lebah, yang mengandung minyak dan berbagai macam bahan aktif lainnya yang berfungsi untuk melembutkan kulit.

Selain itu, bahan organik dan bahan campuran lainnya membuat body butter lebih mudah digunakan. Untuk Anda yang ingin mengoleskan body butter ke kulit setiap hari, kami merekomendasikan body butter dengan kandungan campuran.

Pilih aroma favorit sebagai pengganti parfum

Pilih aroma favorit sebagai pengganti parfum

Jika Anda ingin membuat waktu perawatan tubuh sebagai waktu terbaik, pastikan untuk memilih body butter dengan aroma yang wangi. Saat ini, banyak jenis body butter yang memiliki aroma menawan yang cukup tahan lama sehingga bisa Anda gunakan sebagai pengganti parfum.

Jenis wewangiannya juga bermacam-macam. Ada aroma manis seperti vanila, kelapa, dan ada aroma buah seperti mangga, aroma bunga seperti mawar, lavender, aroma segar seperti chamomile, zaitun, dan aroma lainnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

Untuk pagi hari, kami sarankan Anda menggunakan aroma yang manis seperti aroma buah, dan untuk malam hari Anda bisa menggunakan aroma bunga atau aroma yang segar. Pilihlah aroma yang sesuai dengan waktu dan kondisi Anda.

10 Rekomendasi body butter terbaik

Kami telah menjelaskan cara memilih body butter. Sekarang kami akan merekomendasikan 10 produk body butter terbaik.

10. Bali Ratih Body Butter White Rose

10. Bali Ratih Body Butter White Rose

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 31.000

Aroma mawar yang lembut, membuat tubuh Anda wangi sepanjang hari

Selain digunakan sebagai pelembap kulit, body butter dari Bali Ratih ini juga bisa membuat kulit tubuh Anda harum sepanjang hari. Body butter ini cocok digunakan oleh Anda yang menyukai aroma mawar yang lembut. Bisa Anda gunakan di pagi hari sebagai pengganti parfum, ataupun di malam hari supaya tubuh Anda tetap harum.

Dengan menggunakan produk body butter ini secara rutin, kulit Anda akan menjadi lebih lembap dan juga halus, karena ada kandungan nutrisi di dalamnya. Harganya yang juga terjangkau, bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan body butter untuk menghaluskan kulit.

9. Bath & Body Works Beautiful Day Body Butter

9. Bath & Body Works Beautiful Day Body Butter 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 195.000

Body butter yang dapat mengatasi kulit kusam dan kering

Produk dari Bath & Body Works ini merupakan body butter dengan kandungan shea butter yang dicampur coconut oil, serta murumuru butter, yang mampu memberikan kelembapan yang tinggi, bahkan hingga 24 jam.

Selain itu, produk ini juga memiliki tekstur yang tidak lengket dan cepat meresap ke kulit tubuh sehingga produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang menginginkan produk yang bisa melembapkan tanpa membuat lengket di kulit. Dengan campuran aroma dari apel hijau, pink poppies dan dewy pear, produk ini membuat tubuh Anda terasa segar sepanjang hari.

8. Mustika Ratu Zaitun Body Butter

8. Mustika Ratu Zaitun Body Butter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 43.500

Kandungan zaitunnya akan melembapkan kulit secara alami

Dengan kandungan zaitun sebagai pelembap alami, body butter ini dapat membuat kulit Anda menjadi lebih lembap dan juga halus. Anda bisa menggunakan body butter sesudah mandi atau saat Anda merasa kulit Anda kering.

Jika Anda menyukai produk buatan lokal, maka ganda bisa mencoba body butter ini. Untuk hasil yang lebih sempurna, Anda bisa menggunakan rangkaian Zaitun Body Care lainnya dari Mustika Ratu. Tentu saja produk dari Mustika Ratu tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

7. Wardah Body Butter

7. Wardah Body Butter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.500

Kemasan mungil yang mudah dibawa kemana-mana

Body butter dari Wardah ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit Anda, menjadikan kulit Anda lebih halus, lembut dan juga terlihat sehat. Body butter ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki kulit kering, tapi juga bisa digunakan oleh Anda dengan jenis kulit normal.

Body butter Wardah ini terdiri dari 6 macam dengan aroma wewangian yang berbeda-beda, yang bisa Anda pilih sesuai selera, dari Olive, Milk & Pearl, Lavender & Ginger, Passion Fruit, Rose serta Strawberry. Dengan kemasannya yang kecil yaitu 50 ml, produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menemani Anda saat bepergian.

6. Herborist Body Butter Matcha Milk

6. Herborist Body Butter Matcha Milk

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 19.500

Body butter yang dapat membantu mencerahkan kulit tubuh Anda

Body butter ini mengandung green tea dan juga susu yang dapat membantu mengencangkan dan memperlambat penuaan dini pada kulit. Adanya kandungan whitening, dapat mencerahkan kulit Anda. Dengan pemakaian rutin, kulit Anda akan lebih kencang, cerah dan juga tetap halus serta lembut.

Body butter ini juga dapat Anda gunakan sebagai sunblock di kulit tubuh Anda, karena diperkaya dengan tabir surya, yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari saat Anda beraktivitas di luar rumah. Menjadikan kulit Anda lebih sehat dan juga lembut. Produk ini bisa menjadi pilihan pas untuk Anda yang mencari body butter dengan fungsi lengkap namun dengan harga terjangkau.

5. Original Source Mango Body Butter

5. Original Source Mango Body Butter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 67.150

Bahan alami yang aman digunakan oleh para vegan

Menggunakan 100% bahan alami yang juga aman digunakan oleh Anda yang vegan. Body butter ini cepat menyerap ke kulit dan dapat melembapkan kulit Anda lebih lama. Dengan penggunaan secara rutin, kulit tubuh Anda akan lebih lembut serta halus.

Untuk Anda yang sibuk dengan berbagai aktivitas, Anda bisa mengoleskan produk ini untuk merilekskan badan dan pikiran dengan aroma buah mangga yang segar dan manis setelah selesai mandi. Supaya lebih mudah, Anda bisa menyimpan body butter ini di kamar mandi, dengan kulit tubuh yang masih terasa lembap setelah selesai mandi, produk akan lebih cepat meresap ke kulit tubuh Anda.

4. Sensatia Botanicals Lemongrass & Mandarin Body Butter

4. Sensatia Botanicals Lemongrass & Mandarin Body Butter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 97.500

Adanya campuran essential oil, membuat tubuh menjadi lebih rileks

Body butter ini terbuat dari bahan alami dan organik yang aman untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Selain dapat mengencangkan dan menghaluskan kulit, produk ini juga bisa membantu mengurangi selulit di tubuh Anda sehingga produk ini juga kami rekomendasikan untuk Anda yang sering melakukan perawatan tubuh dengan cara memijat.

Untuk Anda yang sering sulit tidur di malam hari karena stres, Anda bisa mencoba produk ini. Adanya campuran essential oil di body butter ini, dapat membantu menyeimbangkan emosi Anda, serta dapat menghilangkan insomnia dan gangguan tidur lainnya. Aroma sereh dan jeruk mandarin yang begitu khas akan membuat tubuh Anda terasa lebih rileks setelah seharian sibuk beraktivitas.

3. The Body Shop Shea Nourishing Body Butter

3. The Body Shop Shea Nourishing Body Butter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 229.000

Aroma nutty yang lezat dan menyegarkan!

Body butter ini teksturnya creamy, dan gampang meresap ke kulit Anda, membuat kulit langsung terasa lembut dan juga halus. Mengandung shea butter berkualitas dari Community Trade Ghana, yang dapat membuat kulit Anda terasa lembap sampai 24 jam.

Dengan aroma kacang yang lezat dan juga menyegarkan, membuat Anda menjadi bersemangat menjalankan aktivitas Anda sehari-hari. Body butter ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, khususnya untuk Anda yang menyembuhkan kulit kering Anda.

 2. JOSIE MARAN Whipped Argan Oil Illuminizing Body Butter

2. JOSIE MARAN Whipped Argan Oil Illuminizing Body Butter 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 497.000

100% argan oil murni untuk kulit lembut bercahaya

Tentu Anda sudah mengetahui khasiat argan oil untuk kulit tubuh, wajah, serta rambut Anda. Body butter ini memiliki kandungan 100% argan oil murni yang dapat membuat kulit tubuh Anda lebih lembut serta bercahaya. Menjadikan tampilan kulit Anda lebih sehat dan enak dipandang.

Ditambah dengan aroma vanilla peach yang ringan, manis dan juga segar, membuat tubuh Anda menjadi wangi sepanjang hari. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mengoleskan body butter ini ke tubuh sambil dipijat sedikit-sedikit. Aromanya yang begitu lembut cocok digunakan setelah seharian beraktivitas, membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks.

1. L’Occitane Shea Butter

1. L'Occitane Shea Butter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 400.000

Produk multifungsi yang bisa digunakan dari ujung kepala sampai kaki

Produk multifungsi yang berisi kandungan 100% shea butter. Dapat melembapkan bibir, wajah, kutikula, serta tangan dan kaki Anda. Produk ini dapat menghaluskan kulit dan membuatnya lebih lembut. Selain itu, produk ini juga tidak menimbulkan iritasi sehingga bisa digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Dengan kemasan berupa kaleng kecil, mudah dibawa kemana-mana sehingga bisa Anda gunakan kapan pun Anda perlu. Bahannya yang alami, juga cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit sensitif.  Selain itu, produk ini juga bisa digunakan untuk merawat rambut Anda. Dengan produk ini, Anda bisa merawat tubuh Anda dari kepala sampai kaki. Simpel, bukan?

Tips menggunakan body butter dengan benar

Tips menggunakan body butter dengan benar

Untuk mengoleskan body butter yang baik, sangat direkomendasikan untuk mengoleskannya setelah Anda selesai mandi, ketika kulit tubuh masih terasa lembap. Ambil dalam jumlah yang cukup dan oleskan ke tubuh Anda. Oleskan dengan perlahan, supaya kulit tidak terkikis. Setelah selesai membalurkan body butter ke tubuh, lap dengan handuk dan rasakan hasilnya di kulit Anda.

Jumlah yang cukup yaitu sebesar buah ceri. Namun, Anda bisa menyesuaikannya sendiri, tergantung kondisi kulit Anda.

Kesimpulan

Body butter merupakan produk yang relatif baru dalam perawatan kulit. Namun, sudah banyak dibeli orang untuk memberikan kelembapan yang lebih baik ke kulit tubuh. Body butter dengan kandungan 100% shea butter atau campuran memiliki pesona yang berbeda-beda. Anda bisa membandingkannya setelah mencoba beraneka macam body butter.

Setelah membaca artikel kami ini, sudahkah Anda menemukan body butter pilihan Anda? Semoga cocok dengan kulit Anda ya!