10 Rekomendasi Compact Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Compact Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Compact baby car seat memungkinkan Anda untuk berpergian dengan aman dan nyaman bersama dengan si kecil. Berbagai merek seperti Combi, Kiddy, Evenflo, dan lain sebagainya menyediakan jenis, ukuran, berat, dan fungsi lainnya yang berbeda-beda. Apakah Anda bingung untuk memilih yang paling tepat untuk si buah hati?

Berikut ini kami akan merekomendasikan 10 compact baby car seat terbaik yang ringkas, ringan, dan memiliki berbagai fungsi menarik. Selain itu, kami juga memberikan tips cara memilih compact car seat dengan baik. Berkendara dengan si kecil akan menjadi lebih mudah dengan menggunakan compact baby car seat terbaik!

Daftar isi

Cara memilih compact baby car seat

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan membeli compact baby car seat. Ingatlah untuk selalu mengutamakan faktor keselamatan si kecil dan fungsi-fungsi yang ada.

Berat 5-7 kg dan lebar 41-47 cm adalah ukuran yang ideal

Berat 5-7 kg dan lebar 41-47 cm adalah ukuran yang ideal

Berat ideal untuk sebuah compact baby car seat cukup bervariasi, tergantung dari produsennya. Berat yang paling ringan adalah antara 5 – 7 kg, untuk masuk dalam kategori compact baby car seat.

Ukuran tinggi dan kedalaman compact baby car seat juga sangat beragam, dapat berubah sesuai dengan penggunaannya yang hadap depan atau belakang, serta jenis lapisan yang digunakan pada car seat tersebut. Ketika melihat lebarnya, pada umumnya lebar compact baby car seat antara 41 cm sampai 47 cm.

Ukuran ideal dari compact baby car seat adalah yang memiliki berat sekitar 5 kg dan lebar sekitar 43 cm. Untuk menghindari kesalahan pembelian karena ukuran yang tidak sesuai, ada baiknya Anda mengukur lebar tempat dudukan terlebih dahulu apakah sesuai dengan anak Anda.

Pilih yang mengutamakan keselamatan

Pilih yang mengutamakan keselamatan

Salah satu keunggulan dari compact baby car seat adalah ringkas dan multifungsi, bentuknya dapat disesuaikan dengan pertambahan tinggi badan anak Anda. Ketika Anda memutuskan memilih compact baby car seat karena keunggulannya itu, jangan lupa untuk selalu ingat akan faktor keselamatan yang ditawarkan oleh compact baby car seat pilihan Anda.

Sebagai salah satu ukuran standar keselamatan, compact baby car seat harus memiliki E-Mark ECE R44, yakni standar keselamatan yang berlaku di Eropa. Selain itu, ada baiknya Anda memilih compact baby car seat yang telah lulus uji keselamatan anak ADAC di Jerman yang akan memberikan penilaian serta standar keselamatan yang tinggi untuk car seat yang baik.

Sewaktu terjadi kecelakaan memang sangat banyak faktor yang mempengaruhi keselamatan. Salah satu yang tidak disebutkan dalam ECE R44 adalah tabrakan dari sisi samping. Untuk menghindari tabrakan dari samping ini, ada baiknya kita memperhatikan fungsi tambahan dari compact baby car seat yang berupa side guard function.

Pilih berdasarkan fungsinya

Pilih berdasarkan fungsinya

Pada umumnya, compact baby car seat didesain untuk digunakan pada mobil penumpang dengan tiga titik sabuk pengaman. Namun, banyak terjadi kesalahan dalam penggunaannya. Ketika compact baby car seat digunakan dengan tepat maka keselamatan tidak menjadi masalah. Sebaliknya, apabila pemasangan compact baby car seat tidak sesuai dengan prosedur maka tingkat keselamatan buah hati Anda menjadi menurun.

Oleh karena itu, bagi Anda yang pertama kali menggunakan car seat dan bagi Anda yang sering mengganti car seat, bacalah buku panduan pemasangan dengan benar dan periksalah kembali setiap sudut pemasangan car seat.

Periksa petunjuk usia penggunaannya

Periksa petunjuk usia penggunaannya

Sewaktu memilih compact baby car seat, jangan lupa untuk melihat petunjuk usia penggunanya. Pada umumnya, compact baby car seat didesain untuk dapat digunakan oleh bayi baru lahir hingga ia berumur sekitar empat tahun. Walaupun tidak banyak, ada juga compact baby car seat yang dapat digunakan untuk bayi baru lahir hingga usia dua belas tahun.

Car seat biasanya digunakan oleh anak-anak hingga ia berusia enam tahun dan memiliki tinggi kurang lebih 120 cm. Padahal, penggunaan sabuk pengaman untuk anak-anak tanpa car seat yang efektif adalah pada saat ia memiliki tinggi di atas 140 cm. Ingatlah untuk mengganti car seat anak Anda menjadi booster seat pada saat ia sudah melebihi tinggi 120 cm, hingga mencapai 140 cm atau berusia sekitar 10 sampai 11 tahun.

Perhatikan kemudahan penggunaannya

Berbagai macam compact baby car seat telah dikeluarkan oleh beragam produsen. Tidak hanya compact, kebanyakan orang pasti menginginkan sebuah car seat yang praktis. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari compact baby car seat yang harus Anda perhatikan.

Produk yang mudah ditidurkan atau ditegakkan

Produk yang mudah ditidurkan atau ditegakan

Kebanyakan compact baby car seat memiliki desain yang fleksibel, dapat Anda tidurkan dan tegakkan pada beberapa posisi. Terkait dengan posisi tidur atau tegak ini, maka kemudahan penggunaan compact baby car seat ini mungkin akan berbeda pada setiap jenis mobil, seperti pada mobil sedan atau mobil jenis lainnya. Posisi yang dapat diberikan oleh compact baby car seat ini pada umumnya ada tiga posisi, yaitu tidur, setengah tidur, dan tegak.

Tidak panas dan dapat dicuci

Tidak panas dan dapat dicuci

Anak-anak pada umumnya dapat mengeluarkan keringat dengan mudah. Pada saat berkendara, anak-anak dapat berkeringat hingga membasahi bagian kepala car seat yang digunakannya.

Oleh karena itu, pemilihan bahan lapisan car seat adalah hal yang penting, terutama pada bagian belakang kepalanya. Pilihlah lapisan yang dapat menyerap keringat atau pilihlah car seat yang memiliki bagian ventilasi pada bagian senderan kepalanya. Selain itu, pilihlah lapisan yang mudah dicuci sehingga Anda dapat melepas dan mencucinya ketika lapisan tersebut kotor karena keringat anak Anda.

Fungsi reclining yang membantu anak tidur dengan nyaman

Fungsi reclining yang membantu anak tidur dengan nyaman

Biasanya anak-anak mudah tertidur apabila sedang berkendara dengan mobil. Dengan fungsi reclining, posisi car seat akan menjadi lebih tidur dan membuat posisi tidur anak Anda menjadi lebih nyaman. Fungsi ini aman dan dapat menyangga posisi kepala anak Anda hingga bagian leher.

Nyaman berkendara dengan bantalan kursi yang tinggi

Nyaman berkendara dengan bantalan kursi yang tinggi

Penggunaan car seat adalah penting untuk menjaga keselamatan anak Anda selama berkendara. Namun, dengan penggunaan yang tidak tepat akan meningkatkan risiko kecelakaan. Banyak hal yang menyebabkan penggunaan car seat ini tidak tepat, salah satunya adalah karena anak-anak cenderung tidak suka menggunakannya.

Penyebab tidak sukanya anak-anak menggunakan car seat ada berbagai macam alasan. Sebagai orang tua, ada baiknya Anda menyiapkan car seat yang nyaman untuk digunakan oleh buah hati Anda.

Salah satu hal yang dapat menambah kenyamanan car seat anak Anda adalah car seat yang memiliki bantalan kursi yang tinggi. Pilihlah car seat yang nyaman, seperti Anda memilihnya untuk diri Anda sendiri.

10 Rekomendasi compact baby car seat terbaik

Berikut ini adalah 10 rekomendasi compact baby car seat terbaik berdasarkan pertimbangan hal-hal yang telah disebutkan di atas. Selain ukurannya yang praktis, keunggulan lain dari compact baby car seat adalah dari segi harganya. Simaklah rekomendasi dari kami, dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan buah hati Anda.

10. Victory Portable Safety Seat

10. Victory Portable Safety Seat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.900.000

Kanguru untuk menemani anak Anda di perjalanan

Car seat pada umumnya memiliki warna yang monoton dengan motif yang polos pada penggunaan kainnya. Tidak dengan compact baby car seat Victory ini. Bagian belakang kursi memiliki perpaduan warna polos dan kain bermotif dedaunan. Menyegarkan mata bagi yang melihatnya.

Dilengkapi dengan bantalan duduk yang memiliki bentuk kuping kanguru pada bagian senderan kepalanya, menambah daya tarik car seat ini. Anak Anda pun tidak akan merasa kesepian dengan adanya boneka kanguru beserta anaknya yang menempel pada bantalan bagian bahu sabuk car seat.

9. Joie Tilt Ladybug

9. Joie Tilt Ladybug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.400.000

Pemasangan mudah dan lebih aman dengan adanya dual lock-off

Compact baby car seat keluaran Joie ini memiliki sistem penguncian ganda (dual lock-off) untuk dipasang pada kendaraan dengan sabuk pengaman 3 titik. Dengan adanya fitur keamanan ini, penggunaan compact baby car seat menjadi lebih aman, stabil, dan tidak mudah tergeser apabila terjadi benturan yang cukup keras.

Pemasangannya pun tidak rumit, cukup mengikuti petunjuk yang ada pada buku petunjuk, dan dibantu dengan adanya beberapa tanda stiker yang menempel pada car seat ini. Hal ini tentunya akan memudahkan bagi Anda yang sering mengganti mobil dan memindahkan car seat untuk kenyamanan buah hati Anda.

8. Evenflo Tribute Sport Convertible Car Seat (Maxwell)

8. Evenflo Tribute Sport Convertible Car Seat (Maxwell)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.469.000

Dapat digunakan pada mobil dan pesawat

Sedang merencanakan pergi liburan dengan menggunakan pesawat bersama si kecil dan ingin si kecil nyaman saat duduk di kursi pesawat? Pergunakanlah compact baby car seat ini yang dapat digunakan pada kursi pesawat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakannya sampai anak Anda berusia empat tahun.

Evenflo tipe Tribute telah lulus Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat sehingga aman untuk digunakan ketika bepergian dengan pesawat terbang. Anak Anda akan mendapatkan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

7. Aibao Standard Baby Car Seat

7. Aibao Standard Baby Car Seat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.761.000

3 Tahapan penyesuaian, dapat digunakan sampai anak berusia 12 tahun

Tidak banyak compact baby car seat yang dapat disesuaikan hingga 3 tahapan, dan dapat digunakan hingga si kecil berusia 12 tahun. Walaupun terlihat besar, car seat ini memiliki berat yang ringan, yaitu hanya seberat 5 kg saja, membuatnya masih termasuk dalam kategori compact baby car seat. 

Dapat digunakan dari si kecil berusia 9 bulan hingga 12 tahun, tentunya membuat Anda tidak perlu repot membeli car seat baru setiap tahunnya. Desain kursi dapat disesuaikan dengan pertumbuhan badan si kecil, membuatnya aman untuk digunakan serta nyaman bagi anak Anda.

6. Evenflo Sonus Convertible Car Seat

6. Evenflo Sonus Convertible Car Seat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.192.000

Lulus rollover test, keselamatan anak Anda akan lebih terjamin

Sebelum sebuah car seat diluncurkan di pasaran, tentunya produk tersebut telah menjalani berbagai macam pengujian untuk mengetahui kekuatan dan tingkat keamanan penggunaanya. Evenflo Sonus Convertible Car Seat ini telah mengikuti dan lulus dalam federal crash test standards, side impact test, dan rollover test.

Kenyamanan penggunaan compact baby car seat ini juga diperhatikan oleh Evenflo dengan adanya desain pada bagian dudukan yang lebar. Ditambah lagi dengan adanya sistem ventilasi yang memberikan aliran udara pada bagian sekitar kepala, akan memberikan kenyamanan yang lebih untuk si kecil selama di perjalanan.

5. Cosco Apt 50 Black Arrow

5. Cosco Apt 50 Black Arrow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.834.000

Lapisan kursi mudah dibersihkan, tidak khawatir lagi untuk makan camilan selama di perjalanan

Salah satu hal yang membuat anak Anda betah selama di perjalanan adalah tersedianya camilan kesukaannya dan selama duduk di car seat, Anda dapat menyediakan camilan di dekatnya. Dengan menggunakan Cosco Apt 50, camilan dan minuman dapat diletakkan pada wadah yang tersedia di samping kanan dan kiri kursi.

Tidak perlu khawatir kalau selama perjalanan anak Anda akan mengotori kursinya. Tumpahan susu atau remahan biskuit dapat dengan mudah Anda bersihkan dengan mencuci lapisan car seat ini ke dalam mesin cuci. Selain itu, dengan hanya adanya satu lapisan, car seat ini terasa sangat praktis untuk dibersihkan.

4. Evenflo SureRide Convertible Car Seat

4. Evenflo SureRide Convertible Car Seat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.945.000

6 Posisi tali bahu, membuatnya dapat digunakan lebih lama

Ada 6 posisi tali bahu yang dapat disesuaikan tentunya menjadi nilai tambah dari Evenflo SureRide 65 DLX Convertible Car Seat. Pilihan yang dapat disesuaikan membuat compact baby car seat ini dapat digunakan lebih lama, yaitu dari anak Anda baru lahir hingga ia berusia 6 tahun atau memiliki berat 29 kg.

Bahan kain dengan kualitas premium juga digunakan pada car seat keluaran Evenflo ini sehingga tidak cepat usang, serta dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, perawatannya pun sangat mudah, dapat dicuci dengan mesin untuk menjaga kebersihannya setiap saat.

3. Safety 1st Guide 65 Convertible Car Seat

3. Safety 1st Guide 65 Convertible Car Seat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.832.000

Dengan adanya tempat botol minum, perjalanan panjang anak Anda menjadi lebih nyaman

Safety 1st adalah produsen peralatan bayi sejak lebih dari 30 tahun yang lalu dan selalu mengedepankan keselamatan anak Anda. Salah satu produk yang dikeluarkannya adalah compact baby car seat dengan tipe Guide 65 Convertible Car Seat. Compact baby car seat ini dapat digunakan hingga anak Anda memiliki berat 30 kg dan tinggi badan 125 cm.

Dengan adanya tempat botol minum di sisinya yang dapat dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan, Anda tidak perlu khawatir lagi anak Anda akan kehausan dalam perjalanan. Letakkan botol minum di sisi anak Anda maka anak Anda dapat minum kapan pun dia mau, membuat ia merasa lebih nyaman. Dengan demikian, Anda dapat lebih berkonsentrasi dalam menyetir.

2. Kiddy Beetle Group 1 Car Seat Booster

2. Kiddy Beetle Group 1 Car Seat Booster

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.600.000

Perlindungan ekstra dari Kiddy Protection Shield

Compact baby car seat keluaran Kiddy yang berasal dari Jerman ini memang berbeda dari yang lainnya. Jenis ini dilengkapi dengan Kiddy Impact Shield, yaitu sebuah bantalan yang dapat digunakan pada bagian perut anak Anda saat duduk di car seat.

Dapat digunakan untuk usia 9 bulan hingga 4 tahun, produk ini lebih diperuntukkan untuk bayi yang sudah lebih besar hingga balita. Dengan adanya sertifikat AGR (Aktion Gesunder Rücken), produk ini tidak diragukan lagi keamanannya untuk kesehatan tulang belakang anak Anda. Beratnya sangat ringan, yaitu hanya 3,8 kg saja, sangat memudahkan Anda untuk memindahkannya.

1. Combi Coccoro Convertible Car Seat

1. Combi Coccoro Convertible Car Seat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.975.000

Ringan dan mungil, pas untuk mobil kecil Anda

Apabila Anda adalah pengguna city car yang ukurannya kecil, gunakanlah compact baby car seat dengan ukuran yang mungil, seperti Combi Coccoro. Walaupun mungil, car seat ini memiliki fitur keamanan yang lengkap, diantaranya adalah 5 titik keselamatan, tali bahu yang dapat disesuaikan, pengait yang aman, dan adanya proteksi dari benturan samping.

Karena mungil, Anda dapat menggunakan tiga buah car seat ini secara bersamaan pada bangku bagian belakang. Setiap anak Anda akan berkendara dengan aman menggunakannya. Car seat ini juga dapat dilepas dan dipasang dengan mudah sehingga Anda dapat memindahkannya dengan mudah ketika berganti mobil.

Kesimpulan

Compact baby car seat yang kami sebutkan diatas adalah produk-produk unggulan yang kami pilihkan untuk Anda. Produsen compact baby car seat juga memproduksi beragam pilihan baik bentuk maupun ukuran yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Ingatlah bahwa keamanan anak adalah hal yang paling utama. Periksalah kembali apakah compact baby car seat pilihan Anda sudah memiliki fungsi keamanan yang baik, selain desain yang menarik dan ukuran yang sesuai. Setelah itu, mari berkendara dengan nyaman dan aman bersama si kecil.