• 10 Rekomendasi Compact Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Compact Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Compact Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Compact Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Compact Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Compact Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Compact baby car seat memungkinkan Anda untuk bepergian dengan aman dan nyaman bersama si kecil. Tanpanya, Anda akan kesulitan membawa bayi kecil dengan aman saat berkendara dengan mobil. Ada beberapa merek terkenal di pasaran, seperti Artioo, Graco, dan Combi yang menawarkan compact baby car seat yang bagus.

Banyaknya tipe dan varian produk mungkin membuat Anda kesulitan memilih. Nah, kali ini kami ingin membahas cara memilih compact baby car seat dan rekomendasi produknya. Tidak lupa, cek juga informasi tambahan dari babywearing consultant & child passenger safety advocate, Lingga Rosalina.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Lingga Rosalina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Babywearing consultant & child passenger safety advocate, Lingga Rosalina

Profil pakar: Babywearing consultant & child passenger safety advocate, Lingga Rosalina

Lingga adalah seorang konsultan menggendong (babywearing consultant) tersertifikasi dari School of Babywearing UK. Karena kepeduliannya terhadap keselamatan anak, pada 2019 Lingga mengambil pelatihan dan sertifikasi untuk menjadi child passenger safety advocate.


Lingga mengajar kelas dan workshop menggendong secara rutin di Bintaro, Tangerang Selatan. Bersama rekan konsultan lain, Lingga juga mendirikan komunitas Belajar Menggendong untuk mengedukasi orang tua secara online. Lingga juga bisa disapa melalui media sosialnya.

Mengapa perlu memilih compact baby car seat?

Mengapa perlu memilih compact baby car seat?

Meski suatu produk disebut compact, pada dasarnya setiap produk memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung produsen. Namun, sekarang makin banyak orang yang memilih produk compact karena alasan berikut ini.


  • Interior mobil yang sempit sehingga hanya bisa memuat produk yang juga berukuran kecil.
  • Produk yang ringkas dan ringan mudah digunakan oleh para ibu.
  • Jika anak bertambah, baby car seat yang diperlukan juga akan bertambah sehingga perlu produk yang compact.
  • Produk yang compact mudah dilepas dan disimpan saat tidak dipakai.
  • Produk dapat digunakan di dalam rumah jika memang dibutuhkan.
  • Harga lebih murah.
Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Compact baby car seat tentu akan sangat bermanfaat dan memudahkan orang tua. Namun, Anda tetap perlu memastikan bahwa car seat sudah memenuhi standar keselamatan ECE R44/04 atau ECE R129 (i-Size). Untuk itu, periksalah label pada car seat yang hendak dipilih.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih compact baby car seat

Jika melihat semua alasan di atas, rata-rata orang memilih compact baby car seat karena bobot ringan, praktis, kenyamanan, dan murah. Tentu saja, ukuran juga menjadi alasan kuat untuk membeli produk ini. Anda dapat melihat dan menilai poin-poin yang menjadi prioritas bagi Anda. Berikutnya, kami akan membahas tentang poin-poin pemilihan produk.

Periksa kondisi interior mobil dan situasi penggunaan

Periksa kondisi interior mobil dan situasi penggunaan

Sebelum membeli produk, cek terlebih dahulu kondisi interior mobil Anda. Apalagi jika Anda memiliki mobil dengan kursi belakang sempit seperti mobil sport. Ada tipe baby car seat yang kursinya membutuhkan space untuk maju atau mundur sehingga lebih menyita tempat. Karena itu, pilihlah produk yang sesuai untuk digunakan di dalam kendaraan Anda, khususnya untuk mobil kecil.


  1. Periksalah terlebih dahulu apakah kursi belakang dapat digeser. Jika tidak bisa, Anda terpaksa menggeser kursi depan Anda dan melihat space yang tersedia.
  2. Perhatikan luas ruang yang diperlukan saat kursi ditidurkan. Meski seller telah menuliskan keterangan mengenai produk, ada kalanya informasi tersebut ternyata kurang lengkap. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah mencoba produk secara langsung. Karena itu, pastikan seller bersedia menerima pengembalian produk bila ternyata ukurannya tidak sesuai.
  3. Ada juga beberapa produk dengan dudukan kursi yang cukup tinggi. Hal ini dapat membuat anak menjadi tidak nyaman karena berada terlalu dekat dengan langit-langit mobil. Anda juga akan kesulitan untuk mengurus si kecil karena space yang terlalu sempit. Karena itu, pilihlah tipe yang benar-benar compact dengan struktur sederhana dan dudukan yang rendah.

Apakah Anda menginginkan kursi dengan space yang lebih luas untuk si kecil? Jenis baby car seat ini sebenarnya disebut dengan bed type dan sudah tidak termasuk kategori compact baby car seat. Ukurannya pun dapat mencapai 23 kali lipat jenis compact. Pertimbangkan terlebih dahulu ruang yang terdapat pada interior kendaraan Anda sebelum memilih produk yang sesuai.
Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Orang tua dapat mencari tahu dimensi car seat melalui website produsen sebagai gambaran apakah car seat pas dipasang di mobil. Namun, cara terbaiknya adalah mencoba langsung car seat saat akan membelinya di toko. Orang tua juga dapat menyewa terlebih dahulu sebelum membeli untuk memastikan car seat sesuai dan nyaman digunakan bayi.

Cek kemudahan produk untuk dipasang dan dilepas

Cek kemudahan produk untuk dipasang dan dilepas

Faktor berikutnya yang harus diperhitungkan adalah bobot. Produk dengan bobot yang ringan akan memudahkan para ibu atau wanita paruh baya untuk memasang dan melepaskan kursi dari kendaraan. 


Walau tipe compact mungkin tidak multifungsi, tipe ini lebih ringan, sederhana, dan mudah digunakan. Di lain sisi, produk yang terlalu ringan juga tidak baik. Jika Anda menginginkan produk yang ringan, jadikanlah bobot sekitar 5 kg menjadi patokan Anda.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Selain faktor bobot, keberadaan fitur ISOFIX juga akan mempermudah dan mengurangi kesalahan dalam pemasangan car seat. Pastikan tipe mobil Anda memiliki fitur ISOFIX yang mendukung pemasangan car seat.

Pilih berdasarkan tingkat keamanan

Pilih berdasarkan tingkat keamanan
Salah satu keunggulan dari compact baby car seat adalah ringkas dan multifungsi. Bentuknya juga dapat disesuaikan dengan pertambahan tinggi badan anak Anda. Namun, jangan lupa akan faktor keselamatan yang ditawarkan oleh compact baby car seat pilihan Anda.

Sebagai salah satu ukuran standar keselamatan, produk sebaiknya memiliki E-Mark ECE R44 atau ECE R129, yakni standar keselamatan yang berlaku di Eropa. Ada baiknya pula memilih produk yang telah lulus uji SNI (Standar Nasional Indonesia). Produk-produk dengan standar SNI telah diuji dan dinyatakan layak untuk digunakan sesuai dengan kondisi di Indonesia.


Sebaiknya Anda memilih produk dengan side guard function. Fungsi ini dapat melindungi si kecil jika terjadi tabrakan dari samping. Produk yang memiliki side guard function cenderung memiliki sisi yang lebih tebal dan cekungan kursi yang lebih dalam. Mari prioritaskan keamanan si kecil dengan mengecek keterangan standar produk dengan lebih saksama. 

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Car seat harus melalui simulasi tabrakan untuk tahu keamanan car seat. ECE R129 adalah regulasi terbaru di Eropa yang diberlakukan untuk car seat. Regulasi ini ditujukan untuk meningkatkan keamanan di bagian samping, memungkinkan anak menghadap belakang lebih lama, dan kemudahan instalasi. Standar ECE R44/04 memang masih dapat digunakan, tetapi EC R129 (i-Size) lebih komprehensif.

Utamakan yang tepat guna

Utamakan yang tepat guna
Pada umumnya, compact baby car seat didesain untuk mobil penumpang dengan tiga titik sabuk pengaman. Namun, banyak terjadi kesalahan dalam penggunaannya. Ketika compact baby car seat digunakan dengan tepat, tingkat keselamatan tidak menjadi masalah. Sebaliknya, apabila pemasangan compact baby car seat tidak sesuai dengan prosedur, tingkat keselamatan akan menurun.

Karena itu, bacalah selalu buku manual sebelum menggunakan produk. Meski Anda pernah menggunakan car seat sebelumnya, tiap produk memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda. Tidak ada salahnya membaca kembali buku manual untuk keamanan si kecil.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Setiap car seat memiliki fitur yang berbeda-beda. Bahkan, car seat dari brand yang sama juga bisa memiliki cara instalasi dan pengaturan yang berbeda.

Periksa petunjuk usia penggunaan

Periksa petunjuk usia penggunaan
Sewaktu memilih compact baby car seat, jangan lupa untuk melihat petunjuk usia penggunannya. Pada umumnya, compact baby car seat didesain untuk dapat digunakan oleh bayi baru lahir hingga berumur sekitar empat tahun. Walaupun tidak banyak, ada juga compact baby car seat yang dapat digunakan untuk bayi baru lahir hingga usia tujuh tahun.

Car seat biasanya digunakan oleh anak-anak hingga berusia enam tahun dan memiliki tinggi kurang lebih 120 cm. Penggunaan sabuk pengaman untuk anak-anak tanpa baby car seat yang efektif adalah pada saat tingginya di atas 140 cm. Ingatlah untuk mengganti baby car seat anak Anda menjadi booster seat pada saat tinggi badannya melebihi 120 cm.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Usia bisa digunakan sebagai gambaran untuk orang tua mengetahui kapan car seat dapat digunakan. Meskipun begitu, berdasarkan standar ECE R44/04, poin yang tidak kalah penting untuk dijadikan acuan adalah berat badan bayi. Sementara itu, menurut standar ECE R129, poin yang menjadi acuan penggunaan adalah tinggi badan bayi. 

Perhatikan kemudahan penggunaannya

Berbagai macam compact baby car seat telah dikeluarkan oleh banyak produsen. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari compact baby car seat yang harus Anda perhatikan.

Desain dengan titik tumpuan gravitasi rendah untuk keamanan

Desain dengan titik tumpuan gravitasi rendah untuk keamanan

Untuk alasan keamanan, lebih baik pilihlah produk dengan dudukan yang rendah. Desain seperti ini memiliki titik tumpuan gravitasi yang rendah sehingga produk lebih stabil. Anda dapat menggunakan kursi dengan nyaman dan aman berkat desain fungsional ini. Produk seperti ini juga berbobot lebih ringan dan ringkas, cocok digunakan di mobil mana pun.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Titik tumpuan beban rendah biasanya membuat produk lebih stabil dan tidak mudah bergoyang saat mobil melalui jalan yang tidak mulus. Bahkan, car seat tidak mudah bergeser saat mobil melalui polisi tidur atau mengalami benturan. Namun, pastikan dahulu bagian base car seat menempel sempurna pada jok mobil

Bersirkulasi udara baik dan mudah dibersihkan

Bersirkulasi udara baik dan mudah dibersihkan
Anak-anak pada umumnya mudah berkeringat. Terutama pada saat berkendara, mereka dapat berkeringat hingga membasahi bagian kepala car seat. Karena itu, pemilihan bahan lapisan compact baby car seat adalah hal penting, terutama pada bagian sandaran punggung dan kepala. 

Pilihlah lapisan yang dapat menyerap keringat atau bersirkulasi udara baik pada sandarannya. Kami sarankan memilih produk dengan cover serta bagian yang mudah dilepas dan dibersihkan

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Apabila durasi berkendara bersama bayi relatif lama, pilihlah bahan car seat yang nyaman, adem, dan menyerap keringat. Saat berkendara dengan balita, ada kalanya ia makan dalam perjalanan dan remah-remah makanan berjatuhan di car seat. Oleh karena itu, car seat yang mudah dibersihkan akan sangat memudahkan orang tua.

Fungsi reclining yang membantu anak tidur dengan nyaman

Fungsi reclining yang membantu anak tidur dengan nyaman
Biasanya anak-anak mudah tertidur apabila sedang berkendara dengan mobil. Dengan fungsi reclining, posisi car seat akan merebah dan membuat posisi tidur anak Anda menjadi lebih nyaman. Fungsi ini aman dan dapat menyangga posisi kepala anak Anda hingga bagian leher. Ada dua tipe fungsi reclining yang tersedia. 


  1. Tipe pertama harus disesuaikan kembali dengan sabuk pengaman setelah Anda menidurkan sandaran. Tipe ini biasanya memiliki desain yang menyesuaikan sudut reclining dengan punggung si kecil. 
  2. Tipe kedua dapat disandarkan cukup dengan satu sentuhan saja. Model ini memiliki sabuk pengaman yang dapat secara otomatis menyesuaikan diri dengan posisi sandaran. Namun, tipe ini memiliki harga yang lebih mahal dan masih jarang ditemukan di Indonesia.
Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Orang tua wajib membaca terlebih dahulu buku manual car seat sebelum car seat digunakan bersama bayi. Pahami bagaimana cara menaikkan dan menurunkan recliner pada base car seat. Biasanya, terdapat petunjuk pada base car seat tentang relasi antara usia atau berat bayi dengan tingkat kemiringan yang dibutuhkan.

Cek bantalan dan struktur kursi

Cek bantalan dan struktur kursi

Baby car seat dengan busa yang terlalu empuk dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Saat terbentur, sabuk dan kerangka lebih mudah remuk sehingga menekan si kecil. Produk dengan busa yang agak kaku lebih ideal. Busa yang lebih kaku dan padat dapat berfungsi sebagai shockbreaker sehingga lebih aman.


Bahan busa yang sering digunakan adalah styrofoam keras. Ada juga yang dibuat dengan bahan seperti uretan dan gel keras. Bahan ini sering kali dilapisi lagi dengan busa yang lebih empuk agar nyaman untuk anak. 


Penting juga untuk memperhatikan struktur dudukan. Kebanyakan produk memiliki desain unik untuk melindungi si kecil. Namun, tidak semua desain tersebut nyaman untuk dipakai. Pilihlah bentuk yang paling compact dan nyaman bagi si kecil.


Selain itu, pilihlah produk dengan bantalan yang dapat dilepas. Seiring waktu, si kecil akan bertumbuh dan kursi akan terasa makin sempit. Saat itu Anda hanya perlu melepas beberapa bagian menyesuaikan seiring dengan pertumbuhan anak. Dengan bantalan yang dapat dilepas, kursi dapat digunakan oleh si kecil untuk waktu lebih lama.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Car seat adalah bentuk investasi keselamatan anak di dalam kendaraan. Pilihlah car seat grup 0+/1/2/3 yang dapat digunakan bayi baru lahir hingga beratnya 36 kg (sekitar 12 tahun). Dengan begitu, produk dapat terpakai lebih lama. 


Tergantung dari produsennya, car seat juga memiliki masa kedaluwarsa, yaitu saat produk masuk usia 610 tahun dari tahun produksi. Oleh karena itu, selalu periksalah tahun pembuatan car seat sebelum membelinya.

10 Rekomendasi compact baby car seat terbaik

Berikut ini adalah sepuluh rekomendasi compact baby car seat terbaik berdasarkan pertimbangan hal-hal yang telah disebutkan di atas. Simak rekomendasi dari kami dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan buah hati Anda.
10
Ukuran28 x 22,5 x 53,5 cm
Bobot0,4 kg
Standar keamananTidak dijelaskan
Target usia6 bulan - 6 tahun
Kelebihan lainnyaTidak ada
Metode penguncianTali pengait
9
Ukuran50 x 40 x 70 cm
Bobot2 kg
Standar keamananTidak dijelaskan
Target usia0 - 1 tahun
Kelebihan lainnyaTidak ada
Metode penguncianPenguncian tiga titik
8

Babyshop JuniorAnne Baby Car Seat

Mulai dari Rp 345.600,00

UkuranTidak dijelaskan
BobotTidak dijelaskan
Standar keamananTidak dijelaskan
Target usia0 - 1 tahun
Kelebihan lainnyaTidak ada
Metode penguncianPenguncian tiga titik
7
Ukuran50 x 42 x 62 cm
Bobot6 kg
Standar keamananTidak dijelaskan
Target usia0 - 4 tahun
Kelebihan lainnyaSide guard function・Harness bahu・Bantalan dapat dilepas
Metode penguncianPenguncian lima titik
6
Ukuran32 x 22 x 50 cm
Bobot0,95 kg
Standar keamananTidak dijelaskan
Target usia9 bulan - 4 tahun
Kelebihan lainnyaTidak ada
Metode penguncianTali pengait
5
UkuranTidak dijelaskan
Bobot5 kg
Standar keamananTidak dijelaskan
Target usia0 - 15 bulan
Kelebihan lainnyaTidak ada
Metode penguncianPenguncian tiga titik
4

Ailebebe Saratto Baby Car Seat

Mulai dari Rp 2.800.000,00

Ukuran43 x 40,5 x 66 cm
Bobot4,1 kg
Standar keamananUN(ECE) R44/04
Target usia3 - 10 tahun
Fungsi lainnyaTidak ada
Metode penguncianTali pengait
3
Ukuran54 x 24 x 63,5 cm
Bobot4,5 kg
Standar keamananTru-Safe® Side Impact Protection (EPS)
Target usia0 - 4 tahun
Kelebihan lainnyaTruSafe buckle・Penjepit bahu
Metode penguncianTidak dijelaskan
2

KiddyBeetle Group 1 Car Seat Booster

Mulai dari Rp 960.000,00

UkuranTidak dijelaskan
Bobot3,8 kg
Standar keamananAGR (Aktion Gesunder Rücken)
Target usia9 bulan - 4 tahun
Kelebihan lainnyaSide impact protection・Kiddy impact shield
Metode penguncianTidak dijelaskan
1

Graco4-in-1 Car Seat TrueShield

Mulai dari Rp 2.050.000,00

UkuranTidak dijelaskan
BobotTidak dijelaskan
Standar keamananUS Standard FMVSS 213
Target usia0 - 10 tahun
Kelebihan lainnya10 posisi headrest・6 posisi recline
Metode penguncianInRight™ LATCH system

Tabel perbandingan produk compact baby car seat terbaik

Gambar produk
1
Graco 4-in-1 Car Seat TrueShield 1

Graco

2
Kiddy Beetle Group 1 Car Seat Booster 1

Kiddy

3
Combi Coccoro Convertible Car Seat 1

Combi

4
Ailebebe  Saratto Baby Car Seat 1

Ailebebe

5
Artioo Baby Car Seat 1

Artioo

6
Annbaby  Baby Car Seat 1

Annbaby

7
Joie baby Tilt Ladybug 1

Joie baby

8
Babyshop Junior Anne Baby Car Seat 1

Babyshop Junior

9
Pliko Baby Car Seat 1

Pliko

10
aag Kiddy Baby Car Seat Spiderman 1

aag

Nama produk

4-in-1 Car Seat TrueShield

Beetle Group 1 Car Seat Booster

Coccoro Convertible Car Seat

Saratto Baby Car Seat

Baby Car Seat

Baby Car Seat

Tilt Ladybug

Anne Baby Car Seat

Baby Car Seat

Kiddy Baby Car Seat Spiderman

Keunggulan

Multifungsi dan awet dipakai lama

Desain ergonomis, melindungi dan menjaga tulang belakang anak

Ketinggian yang bisa disesuaikan dengan si kecil

Sirkulasi udara unggul agar si kecil selalu sejuk

Memiliki kanopi untuk menghalau sinar serta angin AC

Dilengkapi bantal leher untuk kenyamanan ekstra

Lebih aman dengan harness bahu yang pakem

Ukuran yang pas untuk bayi bertubuh kecil

Memiliki pegangan agar mudah dipindah

Dilapisi bahan lembut dan motif unik

Harga mulai dariRp 2.050.000,00Rp 960.000,00Rp 2.800.000,00Rp 2.800.000,00Rp 450.000,00Rp 299.000,00Rp 1.350.000,00Rp 345.600,00Rp 448.000,00Rp 112.000,00
UkuranTidak dijelaskanTidak dijelaskan54 x 24 x 63,5 cm43 x 40,5 x 66 cmTidak dijelaskan32 x 22 x 50 cm50 x 42 x 62 cmTidak dijelaskan50 x 40 x 70 cm28 x 22,5 x 53,5 cm
BobotTidak dijelaskan3,8 kg4,5 kg4,1 kg5 kg0,95 kg6 kgTidak dijelaskan2 kg0,4 kg
Standar keamananUS Standard FMVSS 213AGR (Aktion Gesunder Rücken)Tru-Safe® Side Impact Protection (EPS)UN(ECE) R44/04Tidak dijelaskanTidak dijelaskan Tidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskan
Target usia0 - 10 tahun9 bulan - 4 tahun0 - 4 tahun3 - 10 tahun0 - 15 bulan9 bulan - 4 tahun0 - 4 tahun0 - 1 tahun0 - 1 tahun6 bulan - 6 tahun
Kelebihan lainnya10 posisi headrest・6 posisi reclineSide impact protection・Kiddy impact shieldTruSafe buckle・Penjepit bahuTidak adaTidak adaTidak adaSide guard function・Harness bahu・Bantalan dapat dilepasTidak adaTidak adaTidak ada
Metode penguncianInRight™ LATCH systemTidak dijelaskanTidak dijelaskanTali pengaitPenguncian tiga titikTali pengaitPenguncian lima titikPenguncian tiga titikPenguncian tiga titikTali pengait
Tautan produk

Baca juga rekomendasi keperluan lainnya untuk bepergian bersama bayi di sini

Selain compact baby car seat, masih banyak produk yang dapat membantu Anda berpergian dengan lebih mudah bersama anak. Untuk membantu Anda memilih, kami sudah merangkumkan poin pemilihan serta rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan klik link di bawah ini!

Kesimpulan

Compact baby car seat yang kami ulas di atas adalah produk-produk terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Selain pilihan di atas, masih banyak lagi produk dengan berbagai varian berbeda yang tersedia di pasaran. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan si kecil. 

Ingatlah bahwa keamanan anak adalah hal yang paling utama. Sesuaikan juga produk dengan ukuran kendaraan Anda. Nikmati perjalanan nyaman dengan si kecil bersama compact baby car seat!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Baby Bouncer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Bouncer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby bouncer saat ini telah menjadi salah satu alat yang dibutuhkan oleh para orang tua dengan newborn baby. Baby bouncer digunakan sebagai tempat untuk meletakkan bayi ketika ingin bermain atau tidur siang. Harga baby bouncer di pasaran cukup bervariasi tergantung merek dan fungsi yang ditawarkan. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih baby bouncer yang bagus. Produk-produk terbaik rekomendasi kami, seperti merek Sugarbaby, Pliko, atau Nuna juga akan kami ulas untuk Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Tisu Basah Portable Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tisu Basah Portable Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Tisu basah merupakan salah satu benda yang wajib dibawa oleh para ibu yang memiliki bayi berusia 0–2 tahun. Tisu basah bayi akan menjaga kulit anak Anda tetap bersih, terutama saat bepergian. Ada banyak merek tisu basah portable untuk bayi, seperti Cussons, Mitu, dan Pigeon. Produk manakah yang bagus untuk dipilih?Untuk membantu Anda, kami telah menyusun poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih tisu basah bayi terbaik. Selain itu, ada sepuluh rekomendasi tisu basah untuk bayi dari berbagai merek. Pilihlah tisu basah bayi yang bagus dan sesuai kebutuhan. Yuk, kita mulai!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Blender MPASI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Blender MPASI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam menyiapkan makanan pendamping ASI atau MPASI bayi, Anda membutuhkan beberapa peralatan, salah satunya blender MPASI. Alat ini akan mempermudah Anda untuk menyiapkan bubur dengan tekstur lembut yang pas untuk bayi dalam waktu yang lebih cepat.Ada beberapa merk blender MPASI yang bagus di pasaran, seperti Baby Safe, Crown, dan Little Giant. Di artikel ini kami akan mengupasnya satu per satu. Semoga ulasan kami akan membantu Anda mendapatkan blender MPASI terbaik, murah, dan sesuai kebutuhan. Sebelumnya, ketahui dahulu apa perbedaan blender dan food processor untuk mempersiapkan MPASI bayi.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teknik menghangatkan bayi menggunakan kain bedong atau swaddle sering dilakukan pada bayi yang baru lahir. Kini, terdapat juga bedong bayi instan yang lebih praktis dan stylish. Jenis bahan yang digunakan pun beragam. Bagi Anda yang baru pertama kali memiliki buah hati, tentu merasa bingung untuk memilih produk yang tepat. Sekarang, kami akan membahas cara memakaikan dan memilih produk kain bedong bayi yang tepat. Merk kain bedong bayi yang bagus seperti Palmerhaus, MOOIMOM, dan Ergobaby akan diulas dalam rekomendasi kami. Temukanlah kain bedong bayi terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Produk MY BABY Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk MY BABY Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Merek MY BABY menyediakan produk perawatan bayi dan anak-anak yang komplet, mulai dari sabun, minyak telon, parfum, hingga detergen. Tak hanya untuk penggunaan sendiri, produk MY BABY juga cukup menarik untuk dijadikan hadiah.Kali ini, kami akan membahas macam-macam produk MY BABY beserta kegunaannya. Produk MY BABY yang bagus seperti Powder Biang Keringat dan MY BABY set dapat Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Simaklah artikel ini sampai tuntas untuk menemukan produk yang sesuai kebutuhan Anda dan si kecil!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Legging Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Legging Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Legging kini menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki bayi. Bahan yang elastis serta motifnya yang menggemaskan disukai karena membuat gerak bayi menjadi leluasa. Namun, pemilihan legging untuk bayi tidak boleh sembarangan. Legging yang terlalu ketat atau bahan yang tidak nyaman berisiko mengiritasi kulit bayi.Karena itu, tips-tips memilih legging bayi yang bagus akan kami bagikan. Kami juga mempunyai rekomendasi legging bayi dengan berbagai model, misalnya legging bayi tutup kaki dan kaki terbuka. Anda bisa memilih legging bayi dari merek Palmerhaus, Mothercare, atau Petite Mimi. Yuk, langsung disimak!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Tisu Kering Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tisu Kering Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit bayi yang baru lahir memang sensitif sehingga mudah terkena iritasi. Karena itu, tisu kering untuk bayi merupakan item wajib bagi setiap ibu. Keberadaan tisu kering bayi akan sangat membantu para ibu saat membersihkan si kecil.Simak cara memilih dan rekomendasi produk tissue kering yang aman untuk bayi dari berbagai merek terbaik! Semuanya aman, baik untuk bayi di bawah 6 bulan, 1 tahun, maupun lebih. Anda akan menemukan merek-merek yang bagus, seperti PASEO, Softmate, hingga Mooimom. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Gendongan bayi merupakan item yang akan membantu Anda untuk menggendong si kecil. Di pasaran terdapat berbagai produk dengan posisi gendongan berbeda, seperti gendongan depan, samping, atau M-shape. Kami akan menjelaskan cara memilih gendongan bayi untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan.Kami akan merekomendasikan berbagai jenis gendongan bayi, termasuk gendongan SSC terbaik, dari merek Momaz, Mooi, Timang, dan lainnya. Rekomendasi gendongan bayi newborn yang bagus juga kami berikan. Agar Anda makin yakin dalam memilih, babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Simak, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Jumper Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jumper Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak model baju bayi yang bisa Anda pilih, salah satunya jumper. Model terusan dengan bukaan kancing di bagian selangkangan ini menjadi favorit karena pemakaiannya yang mudah. Selain itu, jumper bayi juga dinilai nyaman terutama untuk bayi yang sudah banyak bergerak. Untuk Anda yang sedang mencari jumper bayi, baik jumper bayi laki-laki maupun perempuan, jangan lewatkan artikel ini. Kami akan membahas macam-macam jumper, seperti jumper lengan panjang, lengan pendek, serta model lainnya. Kami juga akan memberi rekomendasi produk jumper bayi terbaik seperti jumper merek Libby dan Little Palmerhaus. 
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori