10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Ada pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan. Namun, bagaimana jika Anda sedang mengendarai motor atau sepeda? Jas hujan atau raincoat, tentu menjadi barang yang lebih Anda pilih dibandingkan dengan payung. Jas hujan dianggap lebih mampu menghalang air hujan dan meminimalisir basah pada baju dan celana yang Anda gunakan.

Berbagai macam merek jas hujan seperti Axio, Eiger, Aspiro, Tiger Head, dengan harga dan fungsi yang bervariasi, dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai toko online. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi 10 jas hujan terbaik yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas. Jadi, jangan dilewatkan, ya!

Daftar isi

Cara memilih jas hujan

Sebelum membeli jas hujan, lebih baik Anda mengetahui dulu poin-poin apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih jas hujan. Berikut ulasannya.

Pilih produk yang sangat tahan air

Fungsi utama yang wajib dimiliki produk jas hujan adalah menahan air. Seperti yang kita tahu, semua jas hujan tentunya dibuat dari bahan waterproof. Namun, bahan waterproof yang digunakan satu produk dengan produk lainnya pasti memiliki kualitas yang berbeda.

Pilih produk dengan bahan waterproof berkualitas tinggi untuk digunakan dalam waktu lama

Pilih produk dengan bahan waterproof berkualitas tinggi untuk digunakan dalam waktu lama

Sebagai perlindungan dari hujan, Anda membutuhkan jas hujan dengan resistansi tekanan air yang baik. Semakin tinggi nilai resistansi suatu produk, maka bahan waterproof yang digunakan semakin baik kualitasnya. Jas hujan maupun payung sebenarnya dapat melindungi Anda saat hujan. Namun, jas hujan dinilai lebih praktis dan aman terutama bagi para pengendara sepeda bermotor.

Jika Anda selalu bepergian dengan motor dalam jarak yang jauh, Anda membutuhkan jas hujan untuk berjaga-jaga saat tiba-tiba hujan turun. Anda juga tidak tahu seberapa lama Anda akan menerjang hujan. Maka, kami sarankan Anda untuk mencari produk jas hujan dengan bahan waterproof berkualitas tinggi yang tahan digunakan saat hujan dalam waktu lama.

Perhatikan juga desain produk yang aman digunakan untuk pengendara sepeda atau motor

Perhatikan juga desain produk yang aman digunakan untuk pengendara sepeda atau motor

Untuk pengendara sepeda motor, pilihlah jas hujan yang terdiri atas jaket dan celana yang terpisah. Jika Anda memilih jas hujan jenis ponco, sebaiknya perhatikan panjang dari jas hujan tersebut sebelum membelinya. Karena jika terlalu panjang dan terdapat bagian yang menjuntai, hal ini akan membahayakan Anda karena bagian dari jas hujan tersebut dapat masuk ke rongga gear roda.

Jas hujan jenis ponco juga tidak dapat melindungi bagian celana sehingga akan membuat Anda tidak nyaman, terlebih jika Anda kehujanan sebelum beraktivitas.

Pilih produk dengan bahan yang mudah kering

Saat digunakan menerjang hujan, pastinya jas hujan akan basah dan bagian dalamnya akan lembap. Jika tidak cepat dikeringkan, maka jas hujan akan bau dan cepat lapuk. Bagi Anda yang akan memilih jas hujan, carilah produk yang memiliki permeabilitas (kemampuan cepat kering) tinggi, supaya air yang tersisa pada bagian luarnya akan cepat turun dan bagian dalamnya yang lembap juga akan menguap dan cepat kering.

Anda dapat mencari produk yang mampu mengeluarkan sisa-sisa air sebanyak 8000 gram dalam waktu 24 jam. Keterangan ini biasanya dicantumkan dalam deskripsi produk. Anda dapat mengeceknya terlebih dahulu sebelum membelinya.

Bahan Gore-Tex tidak disarankan saat cuaca panas

Bahan Gore-Tex tidak disarankan saat musim panas

Gore-Tex adalah salah satu bahan dengan permeabilitas kelembapan tinggi dan banyak digunakan sebagai bahan untuk peralatan hiking. Bahan ini mampu mengikat panas dan memberi kehangatan pada tubuh Anda sehingga lebih cocok digunakan saat cuaca dingin atau berangin.

Bahan Gore-Tex dikhususkan untuk suhu rendah, oleh sebab itu banyak pendaki gunung memilih menggunakan jaket berbahan Gore-Tex agar suhu badannya tetap hangat. Jika Anda menggunakan jas hujan berbahan Gore-Tex pada musim panas, maka produk ini tidak akan berfungsi seperti seharusnya. Justru Anda akan merasa tidak nyaman karena kepanasan.

Hal ini bukan berarti bahan Gore-Tex itu tidak baik. Kami hanya menyarankan sebaiknya Anda memilih jas hujan yang dapat digunakan pada berbagai cuaca.

Pilih produk portabel dan mudah disimpan

Jas hujan menjadi peralatan yang harus Anda bawa kapan pun dan kemana pun karena Anda tidak bisa mengetahui kapan hujan akan turun. Oleh sebab itu, ukuran dan berat juga menjadi poin penting yang harus Anda perhatikan.

Agar mudah dibawa, pilih produk yang dilengkapi kantong penyimpanan

Agar mudah dibawa, pilih produk yang dilengkapi kantong penyimpanan

Saat ini sudah banyak inovasi yang dilakukan para produsen jas hujan. Anda tidak lagi menemukan jas hujan yang tebal dan berat, justru Anda akan menemukan jas hujan yang ringan dan mudah dilipat. Beberapa produk bahkan sudah menawarkan kantong penyimpanan yang tentunya akan memudahkan Anda untuk membawa jas hujan saat bepergian.

Pilihlah produk dengan bahan repellency air

Jika bahan waterproof akan membuat jas hujan tidak menyerap air, bahan repellency akan membuat air yang jatuh pada jas hujan lewat begitu saja. Bahan repellency ini adalah bahan pendukung yang akan memaksimalkan fungsi waterproof pada produk jas hujan.

Anda dapat memilih jas hujan yang dilapisi bahan PVC karena bahan ini dikenal sebagai bahan tahan air dan sulit dilewati air. Dengan bahan PVC ini jas hujan Anda akan memiliki tingkat repellency tinggi.

Setelah digunakan, bersihkan jas hujan lipat dengan baik agar tahan lama

Setelah digunakan, bersihkan jas hujan dan lipat dengan baik agar tahan lama

Selalu bersihkan jas hujan setelah Anda menggunakannya. Anda dapat membasahinya kembali dengan air atau cukup mengelapnya dengan kain yang dibasahai air. Jemur sebentar jas hujan Anda agar kering merata dan tidak ada bagian yang lembap.

Menjemur jas hujan juga dapat mematikan bakteri yang mungkin menempel pada jas hujan. Perawatan ini harus Anda lakukan secara rutin agar jas hujan Anda awet dan dapat digunakan dalam jangka panjang.

10 Rekomendasi jas hujan terbaik

Berikutnya kami akan memberikan 10 rekomendasi produk jas hujan dengan berbagai model untuk membantu Anda menemukan jas hujan yang sesuai keinginan dan kebutuhan Anda

10. Tiger Head Jas Hujan Pocho Celana

10. Tiger Head Jas Hujan Pocho Celana

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 82.500

Murah tetapi tidak murahan

Jika Anda menyukai sesuatu yang praktis, jas hujan ini dapat menjadi pilihan Anda. Saat hujan tiba-tiba turun Anda dapat melindungi diri lebih cepat karena tidak ada kancing atau zipper pada jas ujan ini yang harus Anda pasangkan terlebih dahulu. Berbahan PVC, jas hujan ini mampu menahan derasnya air hujan agar tidak membasahi pakaian Anda.

Penutup kepalanya dilengkapi dengan tali pengencang yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Bagian jaket dari produk ini juga cukup panjang sehingga Anda dapat mengenakan jaketnya saja jika Anda merasa malas untuk mengenakan celananya.

9. Elmondo Nouvo Jas Hujan Setelan Anak 302

9. Elmondo Nouvo Jas Hujan Setelan Anak 302

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Cocok untuk anak usia 4-7 tahun

Tidak hanya untuk orang dewasa, saat ini banyak produsen jas hujan yang memproduksi jas hujan untuk anak, seperti yang satu ini. Dengan pilihan warna-warna cerah seperti kuning, biru, dan hijau, produk ini cocok untuk anak usia 4-7 tahun.

Ini adalah jenis jas hujan setelan dengan bahan waterproof yang akan melindungi anak dari hujan. Dengan dua kantong multifungsi dan sablon tokoh kartun di bagian depan, produk ini sangat khas anak-anak dan tentunya akan menambah kelucuan anak Anda saat menggunakannya.

8. Axio Jas Hujan 882

8. Axio Jas Hujan 882

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 195.000

Dengan lapisan spotlight yang dapat menyala di malam hari

Produk jas hujan dari Axio ini dibuat dengan dua lapisan berbeda. Lapisan dalamnya berbahan furing yang ringan, sedangkan lapisan luarnya berbahan taslan waterproof yang tebal. Pembuatannya menggunakan sistem jahit sealed hot press atau jahit double agar bagian lipatan-lipatannya lebih kuat. Bagian penutup kepalanya mudah dilipat dan dimasukkan ke bagian dalam jaket jika Anda tidak ingin menggunakannya.

Pada bagian punggung, dada, dan lengan terdapat lapisan spotlight yang akan menyala saat keadaan gelap sebagai tanda bagi pengendara motor lainnya. Produk ini cocok untuk Anda yang sering mengendarai sepeda motor di malam hari dengan jarak jauh.

7. Jack Wolfskin CJH 06 Jas Hujan Ponco

7. Jack Wolfskin CJH 06 Jas Hujan Ponco

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 146.000

Jas hujan yang dapat dijadikan tenda emergency

Jas hujan ponco dari dari brand JWS ini berbahan high quality parasit taffeta milky yang dikombinasikan dengan fully coating balloon. Kedua kombinasi bahan ini menghasilkan produk jas hujan yang 100% antiair.

Selain digunakan untuk melindungi tubuh Anda saat mengendarai motor di kala hujan, produk ini juga dapat dibawa sebagai perlengkapan hiking atau climbing. Di setiap ujung jaket ini, terdapat lubang yang dapat Anda gunakan untuk membuat tenda emergency. Produk ini cocok untuk Anda yang menggemari olahraga outdoor.

6. Eiger Jacket Riding Rexon Rainsuit

6. Eiger Jacket Riding Rexon Rainsuit

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 395.000

Dengan bahan waterproof berkualitas tinggi

Eiger mengeluarkan jas hujan berbahan polyester waterproof PVC coating yang akan menjaga tubuh Anda tetap kering saat Anda gunakan untuk menerjang hujan yang sangat deras. Jas hujan ini terbagi atas dua bagian terpisah dengan warna hitam yang terlihat modern.

Memakainya dalam waktu lama juga tidak akan membuat gerah karena jaket ini terbuat dari bahan yang halus dan ringan. Tak hanya itu, bahan waterproof-nya juga kuat dan berkualitas tinggi sehingga dapat dipakai untuk jangka panjang. Produk ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang setiap harinya bekerja menggunakan motor.

5. Naturehike 3 in 1 Hiking Poncho

5. Naturehike 3 in 1 Hiking Poncho

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 240.000

Bahannya ringan, tipis dan cepat kering

Jas hujan produksi Naturehike ini merupakan jas hujan multifungsi yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kondisi. Anda bisa menggunakan jas hujan ini untuk melindungi diri saat bersepeda maupun naik sepeda motor. Tidak hanya itu, untuk Anda yang hobi naik gunung atau camping, Anda juga bisa menggunakan jas hujan ini sebagai tenda darurat maupun sebagai rain cover untuk melindungi carrier Anda.

Selain itu, jas hujan ini juga memiliki bentuk yang tipis dan ringan, serta dapat dikemas ke dalam bentuk yang ringkas. Dilengkapi juga dengan kantong penyimpanan, jas hujan ini sangat praktis dan mudah untuk dibawa kemana saja. Terbuat dari bahan waterproof yang cepat kering, produk ini merupakan pilihan tepat untuk Anda yang sering beraktivitas di luar rumah.

4. Sun Flower Jas Hujan

4. Sun Flower Jas Hujan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 245.000

Jaketnya bisa dilipat jadi tas

Jas hujan dari Sun Flower ini memiliki keunikan yang jarang dimiliki produk jas hujan lain. Dengan memiliki jas hujan ini Anda tidak perlu lagi membawa kantong penyimpanan karena jaketnya dapat dilipat menjadi tas. Jika Anda adalah seorang yang pelupa, mungkin produk ini dapat menjadi pertimbangan karena Anda tidak perlu lagi membawa kantong penyimpanannya.

Dengan bahan taslan waterproof yang dilapis furing, produk ini akan memberi perlindungan ekstra bagi Anda sekaligus menjadikan produk ini tidak mudah sobek. Tidak hanya untuk melindungi Anda dari derasnya hujan saat mengendarai motor, jas hujan ini juga cocok digunakan untuk kegiatan outdoor seperti bersepeda dan hiking.

3. Yamaha Rain Suit

3. Yamaha Rain Suit

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 325.000

Dibuat dengan bahan PVC untuk meningkatkan kemampuan repellency air

Tidak ketinggalan, Yamaha sebagai salah brand otomotif ikut menawarkan jas hujan andalannya. Produk ini dibuat dengan material berbeda antara jaket dan celananya. 100% PU coating polyster dipilih sebagai material utama jaketnya, sedangkan material 100% PVC coating polyster untuk celananya.

Jas hujan ini mampu menahan tekanan air hingga 15.000 mm/cm2. Kelembapan permeabilitas produk ini juga sangat baik, yaitu 8.000 gram/m2/24 jam. Warna-warna cerah sengaja dipilih sebagai penanda saat Anda berkendara di malam hari. Di bagian dalam jaketnya terdapat kantong multifungsi yang dilengkapi dengan zipper. Produk ini cocok untuk Anda yang terbiasa menyimpan smartphone di kantong pakaian atau celana selama perjalanan.

2. Joe Rocket Ladies RS-2 Rainsuit

2. Joe Rocket Ladies RS-2 Rainsuit

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.644.000

Desain unik yang tidak dimiliki produk jas hujan lainnya

Bagi Anda para wanita, produk yang satu ini wajib Anda miliki. Jas hujan dari Joe Rocket ini memiliki desain yang sangat berbeda dari desain jas hujan pada umumnya. Dengan karet elastis di bagian pinggang, produk ini akan menyesuaikan dengan ukuran badan Anda. Bahan waterproof soft polyester dipilih sebagai bahan untuk lapisan luar, sedangkan bagian dalamnya dibuat dari bahan nylon.

Walau tidak ada penutup kepala, sebagai gantinya kerah ada loop hook yang akan menghalangi air hujan agar tidak membasahi pakaian Anda. Tidak hanya itu, di bagian belakang terdapat variable flow yang berfungsi sebagai ventilasi udara sehingga selama Anda memakai produk ini, Anda tidak akan merasa kepanasan. Walau harganya cukup mahal, namun Anda akan memiliki produk berkualitas dan dapat digunakan untuk jangka panjang.

1. Respiro Rain Suit R2

1. Respiro Rain Suit R2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 455.000

Bahannya kuat di luar dan halus di dalam

Produk jas hujan dari brand Respiro ini berbahan waterproof yang mampu menahan air hingga 10.000 mmwc (millimetres water column). Pada lapisan luarnya, bahan PES coating PU yang kuat terhadap tekanan udara dan tekanan air dipilih untuk menghasilkan jas hujan yang kuat dan tidak mudah sobek. Untuk lapisan dalam, PES mesh soft touch yang ringan dan halus dipilih agar penggunanya tidak merasa panas.

Dengan YKK reverse zipper, air hujan akan terhalang sehingga pakaian Anda akan tetap kering walau menerjang hujan deras. Bagian penutup kepalanya dilengkapi dengan adjuster sehingga dapat disesuikan dengan ukuran kepala Anda. Walau bahannya tebal, produk ini tidak menimbulkan rasa gerah saat digunakan. Berkendara saat hujan jadi lebih nyaman dan aman dengan menggunakan produk ini.

Kesimpulan

Berbagai jas hujan ditawarkan dengan model dan material yang berbeda-beda. Sudahkah Anda menemukan jas hujan yang sesuai kebutuhan Anda?

Dalam memilih jas hujan, jangan lupa untuk mengutamakan bahan dari jas hujan itu sendiri, serta jangan lupa untuk memberikan perawatan rutin setiap kali Anda selesai menggunakannya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memilih jas hujan terbaik.