• 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Ada pepatah mengatakan sedialah payung sebelum hujan. Namun, bagaimana jika Anda sedang mengendarai motor atau sepeda? Jas hujan tentu menjadi barang yang lebih Anda pilih dibandingkan payung. Jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian Anda basah.

Berbagai macam merek jas hujan, seperti Yamaha, Respiro, Axio, Eiger, dan lainnya dapat Anda temukan dengan mudah di toko online. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk jas hujan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk berbagai aktivitas. Jangan dilewatkan, ya!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Ghozali Qodratullah
Elisabeth Murni
Ilham Sadli
  • Pembaharuan terakhir: 06 April 2020
  • 61.374 Views
Daftar isi

Cara memilih jas hujan

Sebelum membeli jas hujan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu poin-poin apa saja yang harus diperhatikan. Berikut ini ulasannya.

Periksa fitur-fitur dari jas hujan

Fitur utama yang wajib dimiliki produk jas hujan adalah tahan terhadap air hujan dan nyaman dikenakan. Seperti yang kita tahu, semua jas hujan biasanya dibuat dari bahan waterproof. Namun, tentunya suatu produk memiliki fitur waterproof, ketahanan terhadap air, dan daya kelembapan yang berbeda-beda. Mari kita periksa fitur-fiturnya!

Agar aman saat hujan lebat, pilih produk dengan tingkat resistansi tekanan air yang tinggi

Agar aman saat hujan lebat, pilih produk dengan tingkat resistansi tekanan air yang tinggi

Tingkat waterproof dari bahan jas hujan bisa dilihat dari resistansi terhadap tekanan air. Tekanan terhadap air mengacu pada kemampuan bahan menahan air agar tidak merembes masuk ke dalam jas hujan. Makin tinggi resistansi terhadap tekanan air setiap produk, makin baik produk tersebut menghalau rembesan air.


Misalnya, saat hujan tidak terlalu lebat dan Anda mengenakan jas hujan dan payung, tingkat resistansi tekanan air yang cukup adalah sekitar 200 MM hingga 1000 MM. Di sisi lain, saat hujan lebat dan Anda ingin mengenakan jas hujan, lebih aman jika Anda memilih produk dengan resistansi tekanan air sekitar 10.000 MM. Jika Anda ingin berjaga-jaga untuk menghadapi hujan lebat atau angin topan saat mendaki gunung dan lainnya, pilihlah produk dengan resistansi tekanan air sekitar 20.000 MM.

Agar mudah dibersihkan, pilih bahan water-repellent yang mampu menolak air

Agar mudah dibersihkan, pilih bahan water-repellent yang mampu menolak air

Jika Anda ingin yang mudah dibersihkan, kami merekomendasikan jas hujan berbahan water-repellent (kemampuan menolak air) yang tinggi. Jika bahan waterproof akan membuat jas hujan tidak menyerap air, bahan water-repellent akan membuat air yang jatuh di permukaan jas hujan lewat begitu saja. Apabila tingkat water-repellent-nya baik, Anda hanya perlu menggoyangkannya saja untuk menjatuhkan air dari permukaan jas hujan.


Meskipun begitu, Anda perlu berhati-hati saat mengendarai sepeda atau motor. Hal ini karena dikhawatirkan produk yang Anda beli tidak didukung fitur waterproof, tetapi hanya memiliki tingkat water-repellent yang baik saja. Bisa-bisa tempat duduk Anda digenangi oleh air!

Agar makin nyaman, pilih produk dengan daya serap kelembapan yang tinggi

Agar makin nyaman, pilih produk dengan daya serap kelembapan yang tinggi

Jas hujan merupakan benda yang mudah basah di bagian dalamnya. Agar Anda lebih nyaman saat musim hujan, pilihlah produk dengan tingkat permeabilitas (daya serap atau kemampuan cepat kering) yang tinggi. Dengan demikian, air yang tersisa di bagian luar jas hujan akan cepat turun. Bagian dalam jas hujan yang lembap pun akan menguap dan cepat kering. Anda akan merasa nyaman jika tingkat daya serap atau kemampuan mengeluarkan sisa air paling sedikit 5.000 gr/㎡ atau 8.000 gr/㎡ dalam waktu 24 jam. 


Salah satu bahan jas hujan yang memiliki daya serap kelembapan yang tinggi adalah Gore-Tex. Bahan ini tidak disarankan dikenakan saat cuaca panas karena karakteristiknya yang mengubah udara panas menjadi dingin. Saat cuaca panas, sebaiknya Anda memakai jas hujan dari bahan lain.

Pilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Bermacam-macam bahan digunakan untuk membuat jas hujan. Jika Anda mengutamakan fitur waterproof, pilihlah produk berbahan vinil. Namun, jika Anda memprioritaskan pada kemudahan bergerak atau mobilitas, bahan nilon atau poliester kami rekomendasikan.


Jas hujan dari PVC atau EVA yang dibuat dari vinil sangat ampuh menghalau hujan, tetapi kedua bahan ini sedikit berat. Bahan ini sangat cocok untuk jas hujan karena tahan terhadap rembesan air. Namun, karena berat, bahan ini menyulitkan mobilitas Anda.


Di sisi lain, bahan nilon dan poliester bersifat ringan dan memudahkan mobilitas. Namun, kedua bahan ini memiliki ketahanan air yang kurang baik. Selain itu, nilon dan poliester akan bocor atau merembes jika digunakan dalam waktu lama. Maka dari itu, pilihlah produk dari bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cek ukuran yang sesuai untuk Anda

Cek ukuran yang sesuai untuk Anda

Ukuran jas hujan sering kali didasarkan pada tinggi badan. Namun, jika Anda memilih berdasarkan tinggi badan saja, dikhawatirkan bagian perut Anda akan sesak sehingga susah bergerak. Bagi Anda yang berfokus pada kenyamanan di bagian perut, pilihlah ukuran yang pas dengan pinggang Anda.


Karena jas hujan dikenakan di luar pakaian, sebaiknya Anda memilih ukuran yang lebih besar dari ukuran pakaian sehari-hari. Sebelum membeli, cobalah jas hujan tersebut bersama dengan pakaian Anda. Kemudian, pastikan ukurannya sesuai dengan tinggi badan dan lingkar pinggang Anda.

Pilih desain produk yang sesuai dengan pemakaian

Jas hujan didesain beragam dengan bermacam-macam fungsi. Pilihlah produk yang sesuai dengan tujuan pemakaian Anda. 

Desain ponco disarankan untuk Anda yang ingin tampil stylish

Jas hujan tipe ponco sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang mengutamakan desain sebagai penunjang penampilan. Tipe ini dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Tipe ini juga memiliki beragam desain yang membuatnya cocok dikenakan oleh wanita dan anak-anak.


Terdapat juga tipe ponco yang didesain berlengan atau tanpa lengan, Anda bisa memilih yang sesuai selera. Kebanyakan tipe ini portabel alias mudah dibawa. Akan tetapi, tipe ponco kurang cocok dikenakan saat hujan lebat atau hujan berkepanjangan. 

Desain breathable cocok untuk kegiatan outdoor dan olahraga

Desain breathable cocok untuk kegiatan outdoor dan olahraga

Jika Anda menggunakan jas hujan untuk kegiatan outdoor atau berolahraga jogging, pilih produk yang didesain breathable. Selain didesain breathable atau bersirkulasi udara baik, produk yang memudahkan pergerakan sangatlah recommended. Apabila jas hujan didesain dengan bahan jaring (mesh) di bagian belakang, Anda akan nyaman karena tidak terasa lembap.


Selain itu, elastisitas jas hujan akan memengaruhi pergerakan. Anda akan sulit bergerak jika ukurannya terlalu besar. Namun, Anda bisa mengatur ukurannya jika bagian leher dan ujung celana jas hujan dilengkapi dengan perekat velcro. Akan lebih pas lagi jika jas hujan Anda dilengkapi dengan karet.

Desain setelan aman untuk pengendara motor atau sepeda

Desain setelan aman untuk pengendara motor atau sepeda

Jika Anda membeli jas hujan untuk mengendarai motor atau sepeda, pilihlah desain setelan yang bagian atas dan bawahnya terpisah, atau jas hujan yang bisa menutupi seluruh bagian sepeda. Selain itu, produk dengan warna yang mencolok sangat recommended jika Anda sering berkendara pada malam hari.


Untuk pengendara sepeda, penting sekali bagi Anda memilih produk yang memiliki tingkat daya serap yang tinggi. Hal ini agar jas hujan cepat kering dan tidak lembap karena Anda mungkin berkeringat saat mengayuh sepeda. Anda juga perlu berhati-hati saat duduk di atas sadel karena dikhawatirkan air akan masuk ke dalam jas hujan dan menguap.

Agar mudah dibawa, pilih yang dilengkapi kantong

Agar mudah dibawa, pilih yang dilengkapi kantong

Jika Anda membawa jas hujan untuk berjaga-jaga, ada baiknya Anda memiliki produk yang praktis dan compact. Pilihlah jas hujan yang dapat dilipat hingga berukuran kecil sehingga tidak memakan tempat di dalam tas. Selain itu, akan lebih praktis jika jas hujan tersebut telah dilengkapi dengan kantong penyimpanan khusus.


Jas hujan dengan tingkat ketahanan air yang tinggi dan berbahan tebal tentunya susah dilipat. Meskipun bisa dilipat, jas hujan tetap akan tetap terlihat tebal dan memakan tempat. Untuk berjaga-jaga saat hujan turun tiba-tiba, pilihlah produk yang mudah dibawa. Tak lupa, milikilah satu jas hujan lagi di rumah untuk persiapan menghadapi hujan lebat.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi jas hujan terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk jas hujan yang sudah kami sesuaikan dengan cara memilih di atas. Anda bisa menjadikan produk-produk di bawah ini sebagai referensi saat memilih jas hujan yang sesuai dengan kebutuhan. 

10

Korean 3-in-1 Adult EVA Raincoat for Outdoor and Bike

Rp 197.200,00

BahanEVA
UkuranL, XL
DesainPonco, breathable
Kantong penyimpanan✔︎
9
BahanTaslan
UkuranS - 3XL
DesainSetelan
Kantong penyimpanan✔︎
8
BahanWaterproof fabric 10.000 MMWC, Windproof fabric 0 CFM, PES coating PU (outer)
UkuranM - XXL
DesainSetelan
Kantong penyimpananX
7
BahanTaslan
UkuranM - XL
DesainSetelan, breathable
Kantong penyimpanan✔︎
6
BahanGore-Tex, poliester
UkuranM, L, XL, XXL
DesainSetelan
Kantong penyimpanan✔︎
5
Bahan210T Polyester dengan tingkat waterproof PU3000MM (untuk varian warna hijau, biru), 20D Nylon dengan tingkat waterproof PU4000MM (untuk varian warna hijau, oranye)
UkuranS - 3XL
DesainPonco
Kantong penyimpanan✔︎
4
BahanNilon PVC, poliester
UkuranL, XL
DesainSetelan
Kantong penyimpanan✔︎
3

Eiger Jacket Riding Rexon Rainsuit - Hitam

J44001

Rp 449.000,00

BahanPoliester berlapis PVC
UkuranS, M, L, XL
DesainSetelan
Kantong penyimpananX
2
BahanPoliester berlapis PU (jaket), poliester berlapis PVC (celana)
UkuranM - 2XL
DesainSetelan, breathable
Kantong penyimpanan✔︎
1
BahanPES coating PU, PES mesh soft touch, Windproof fabric 0 CFM, Waterproof fabric 10.000 MMWC
UkuranM, L
DesainSetelan
Kantong penyimpananX

Tabel perbandingan produk jas hujan terbaik

Gambar produk
1
Respiro Rain Suit R2 1

Respiro

2
Yamaha Rain Suit 1

Yamaha

3
Eiger  Jacket Riding Rexon Rainsuit - Hitam 1

Eiger

4
Givi Rainsuit 1

Givi

5
Naturehike 3 in 1 Hiking Poncho 1

Naturehike

6
M2 Unisex Gore-Tex Raincoat 1

M2

7
Rosida Sporty Raincoat 1

Rosida

8
Respiro The Challenger R2 1

Respiro

9
Axio Jas Hujan 1

Axio

10
Korean 3-in-1 Adult EVA Raincoat for Outdoor and Bike 1

Nama produk

Rain Suit R2

Rain Suit

Jacket Riding Rexon Rainsuit - Hitam

Rainsuit

3 in 1 Hiking Poncho

Unisex Gore-Tex Raincoat

Sporty Raincoat

The Challenger R2

Jas Hujan

Korean 3-in-1 Adult EVA Raincoat for Outdoor and Bike

KeunggulanBahannya kuat di luar dan h...Hujan lebat? Siapa takut!Sahabat para pengendara motorPerut gendut pun nyaman pak...Multifungsi! Satu jas hujan...Bikin badan tetap hangat me...Didesain sporty! Tetap nyam...100% waterproof! Air enggak...Dengan lapisan spotlight ya...Jas hujan cantik persembaha...
HargaRp 249.700,00Rp 358.000,00Rp 449.000,00Rp 500.000,00Rp 189.500,00Rp 299.000,00Rp 185.000,00Rp 249.000,00Rp 189.900,00Rp 197.200,00
BahanPES coating PU, PES mesh soft touch, Windproof fabric 0 CFM, Waterproof fabric 10.000 MMWCPoliester berlapis PU (jaket), poliester berlapis PVC (celana)Poliester berlapis PVCNilon PVC, poliester210T Polyester dengan tingkat waterproof PU3000MM (untuk varian warna hijau, biru), 20D Nylon dengan tingkat waterproof PU4000MM (untuk varian warna hijau, oranye)Gore-Tex, poliesterTaslanWaterproof fabric 10.000 MMWC, Windproof fabric 0 CFM, PES coating PU (outer)TaslanEVA
UkuranM, LM - 2XLS, M, L, XLL, XLS - 3XLM, L, XL, XXLM - XLM - XXLS - 3XLL, XL
DesainSetelanSetelan, breathableSetelan SetelanPoncoSetelanSetelan, breathableSetelanSetelanPonco, breathable
Kantong penyimpananX✔︎X✔︎✔︎✔︎✔︎X✔︎✔︎
Tautan produk

Perhatikan cara merawat bahan water-repellent

Perhatikan cara merawat bahan water-repellent

Kemampuan bahan water-repellent akan menurun seiring dengan pemakaian. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk rutin merawatnya. Anda harus segera mengelap dan menjemurnya setelah selesai digunakan. Jangan biarkan jas hujan yang basah tetap terlipat di dalam kantong penyimpanannya.


Selain itu, kemampuan bahan ini kemungkinan juga menurun jika terkena cahaya matahari langsung. Jadi, jemurlah di tempat yang redup atau tidak terkena cahaya langsung. Anda juga bisa menggunakan water-repellent spray atau waterproof spray untuk menjaga produk berbahan water-repellent tetap awet.

Baca juga rekomendasi produk jas hujan lainnya di sini!

Selain mengulas mengenai jas hujan secara umum, kami sudah membahas jas hujan secara spesifik sesuai dengan tujuan pemakaian. Jika Anda tertarik, produk-produk jas hujan khusus untuk wanita, naik motor, dan mendaki gunung bisa Anda baca pada artikel di bawah ini. 

Kesimpulan

Berbagai jas hujan ditawarkan dengan fitur, model, bahan yang berbeda-beda. Sudahkah Anda menemukan jas hujan yang terbaik? Bukan hanya sekadar pelindung dari air hujan, jas hujan dibuat sedemikian rupa agar penggunanya nyaman.


Perlu diingat bahwa harga yang mahal bukan jaminan. Jadi, pilihlah produk yang menawarkan fitur sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, sesuaikan ukuran dan desain yang pas untuk Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Outdoor & sports
    315.799 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Saat ini sudah banyak produsen sepeda lipat, seperti Apollo, Evergreen, United Trifold, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki karakteristiknya sendiri, sehingga seringkali membuat kita bingung saat memilih.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sepeda lipat. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepeda lipat terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!
    Outdoor & sports
    339.602 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena menyehatkan dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran merek-merek ternama, seperti Polygon, United, Element, dan sebagainya. Komponen-komponennya pun tergolong banyak sehingga acap kali membuat bingung, khususnya bagi para pemula.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Kemudian, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan bersepeda Anda. Simak informasinya dan temukan road bike favorit Anda di sini!
    Outdoor & sports
    127.468 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini, kami akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula atau untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silakan disimak!
    Outdoor & sports
    107.539 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang berencana membeli sepeda hybrid, apakah saat ini Anda sedang bingung dalam memilihnya? Sekarang sudah banyak sepeda hybrid yang dijual di pasaran keluaran merek ternama, misalnya Polygon, United, Pacific, dan sebagainya. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri sehingga tidak sedikit pemula yang bingung soal patokan seperti apa yang sebaiknya diperhatikan saat memilih sepeda hybrid.Kali ini kami akan mengulas tentang sepeda hybrid yang direkomendasikan untuk pemula dengan harga cukup terjangkau namun berkualitas, dan mengurutkannya dalam format ranking. Kami akan membandingkan segi harga, kemampuan produk, dan ulasan dari pengguna yang sudah membelinya. Tentu saja kami juga akan menjelaskan tentang cara memilih sepeda hybrid yang tepat. Jadikanlah ulasan kami ini sebagai step awal serta referensi dalam menemukan sepeda hybrid yang paling cocok untuk Anda!
    Outdoor & sports
    69.841 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Polygon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Polygon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bersepeda adalah olahraga yang dapat dinikmati oleh semua usia, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Salah satu merek sepeda buatan Indonesia yang cukup terkenal dan diminati banyak orang adalah Polygon. Mengingat banyak jenis sepeda yang ditawarkan Polygon, tentu sebagai pembeli Anda sering merasa kebingungan. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih sepeda Polygon terbaik. Tipe sepeda favorit seperti Polygon Urbano 13, Polygon Relic20, dan Polygon Cascade 2 juga masuk ke dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca sampai tuntas dan pilih tipe yang Anda sukai, ya!
    Outdoor & sports
    33.825 Views
  • 10 Rekomendasi Payung Lipat Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Payung Lipat Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    Para pebisnis maupun pegawai kantoran biasanya ingin menyiapkan setidaknya satu payung lipat untuk mengantisipasi hujan yang sering kali datang secara tiba-tiba. Payung lipat yang cocok untuk pria sudah banyak dijual di pasaran, mulai dari yang berukuran besar sampai yang kecil. Ada juga tipe yang kuat terhadap terpaan angin kencang, tipe yang bisa dibuka-tutup dengan satu tombol, sampai yang modelnya stylish namun tidak melupakan fungsi utamanya sebagai payung. Saking banyaknya tipe payung lipat ini, sering kali kita jadi bingung saat hendak memilihnya.Kali ini, kami akan mengulas tentang cara memilih payung lipat yang diperuntukkan bagi pria untuk Anda yang berniat membelinya! Kami akan memperkenalkan produk payung yang sudah populer di kalangan masyarakat dengan membandingkan aspek bobot produk, daya tahan, fungsi dan sebagainya. Rekomendasi payung lipat ini akan kami urutkan dalam format ranking. Nah, payung lipat seperti apa yang paling praktis dan mudah dibawa ke mana-mana, ya???
    Outdoor & sports
    2.432 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori