10 Rekomendasi Fish Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Fish Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda memiliki hobi memancing? Jika ya, Anda pasti tahu alat bernama fish grip yang berfungsi untuk menjepit rahang bawah ikan yang telah tertangkap dan mengangkat ikan dengan mudah. Jangan ragu untuk mencoba alat ini karena Anda akan terlihat seperti pemancing profesional.

Masalahnya, di pasaran terdapat begitu banyak merek dan desain sehingga mungkin membuat Anda bingung. Karena itulah, kami akan memberikan sekilas informasi mengenai fish grip, bagaimana cara memilih alat ini, dan mengenalkan 10 rekomendasi fish grip pada Anda. Anda tidak perlu bingung untuk memilih fish grip untuk menemani kegiatan memancing Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa itu fish grip?

Mungkin, belum banyak yang tahu apa tepatnya fish grip itu. Fish grip adalah sebuah alat yang dapat membantu para pemancing menangani hasil pancingannya dengan lebih aman.

Berfungsi untuk menjepit mulut ikan

Berfungsi untuk menjepit mulut ikan

Fish grip adalah alat untuk menjepit bibir bawah ikan dan mengangkatnya dengan mudah. Bagi manusia, menjepit dan mengangkat ikan seperti ini tampak menyakitkan. Namun, sebenarnya cara ini lebih baik dan tidak banyak menimbulkan kerusakan dan cedera pada ikan daripada mengangkat ikan menggunakan tangan langsung.

Mengapa harus memakai fish grip?

Mengapa harus memakai fish grip?

Lantas, mengapa pemancing ikan sebaiknya menggunakan fish grip? Ada beberapa keuntungan yang akan didapat dengan menggunakan alat mirip tang ini. Alat ini menggantikan fungsi tangan dalam memegang ikan secara langsung, sekaligus berfungsi untuk melindungi pemancing. Pertama, meminimalisir kerusakan pada ikan yang telah dipancing. Kedua, Anda bisa memegang ikan dengan lebih aman dengan alat ini.

Saat memancing ikan, mungkin saja ikan yang Anda tangkap memiliki racun atau gigi yang tajam. Juga ada kemungkinan Anda terkena mata kail, sirip tajam, atau duri ikan. Dengan menggunakan fish grip, Anda bisa memegang dan mengangkat ikan hasil tangkapan Anda dengan aman. Selain itu, mengangkat ikan dengan menggunakan fish grip akan menghasilkan foto yang bagus!

Cara memilih fish grip

Mari simak bagaimana cara memilih fish grip terbaik. Alat ini banyak ragam dan variasinya, maka pastikan Anda memilih yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Pilih yang tidak mudah patah

Pilih yang tidak mudah patah

Yang terpenting dari sebuah fish grip adalah kekuatannya. Alat ini akan sering digunakan dalam keadaan basah, baik dalam air tawar maupun air laut. Selain itu, alat ini juga akan sering menahan bobot ikan yang berat. Maka, kekuatan alat merupakan hal yang penting. Pastikan fish grip tidak mudah berkarat atau patah.

Terdapat jenis fish grip berharga murah yang terbuat dari bahan plastik. Ada jenis plastik yang kuat, tetapi tidak semua memiliki kekuatan yang sama dan tentunya tidak sekuat bahan logam. Kami sarankan Anda untuk memeriksa kekuatan fish grip pilihan Anda terlebih dahulu sebelum membelinya.

Pilih ukuran yang sesuai

Pilih ukuran yang sesuai

Ada berbagai ukuran fish grip yang tersedia di pasaran, dari yang besar sampai kecil. Pilihlah ukuran fish grip berdasarkan ukuran ikan yang akan Anda tangkap. Jika Anda akan memancing ikan-ikan berukuran besar, sebaiknya Anda menggunakan fish grip yang besar pula. Sebaliknya, gunakan fish grip berukuran kecil jika Anda akan memancing ikan-ikan berukuran kecil pula.

Mudah digenggam

Mudah digenggam

Hal penting lain untuk diperhatikan adalah kenyamanan saat menggenggam fish grip pilihan Anda. Memang akan sulit menentukan apakah suatu produk fish grip nyaman digenggam atau tidak hanya melalui gambar. Oleh karena itu, cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan mencoba memegangnya secara langsung. Kalau Anda masih bingung, Anda bisa membaca review para pengguna.

Memiliki fitur tambahan lainnya

Memiliki fitur tambahan lainnya

Fitur tambahan yang menarik untuk dimiliki sebuah fish grip adalah adanya fitur timbangan dan pengukuran pada fish grip. Dengan adanya fitur-fitur tambahan itu, pemancing dapat dengan mudah mengukur berat atau panjang ikan hasil tangkapannya sambil mengangkat ikan. Ini akan sangat praktis jika Anda adalah pemancing yang selalu mencatat berat ikan yang Anda tangkap, atau sedang mengikuti kompetisi memancing.

10 Rekomendasi fish grip terbaik

Sekarang saatnya kami memberikan 10 rekomendasi fish grip pilihan kami. Pilihlah fish grip berdasarkan poin-poin yang kami berikan dalam cara memilih fish grip di atas. Kemudian, dapatkan fish grip favorit Anda berdasarkan penjelasan kami tadi!

10. Stainless Steel T-Shape Lip Grip

10. Stainless Steel T-Shape Lip Grip

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 152.300

Fish grip berbahan stainless steel dengan harga terjangkau

Alat fish grip ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas dan bagian handle-nya terbuat dari polimer EVA yang anti licin. Anda akan mendapatkan alat yang antikarat, kuat, dan berbentuk ergonomis. Karena itulah, alat ini sangat cocok untuk Anda pemancing pemula yang ingin mencoba fish grip.

Alat ini memang tidak dilengkapi timbangan, tetapi Anda bisa pasangkan dengan timbangan apa saja. Fish grip ini mudah digunakan bahkan dengan satu tangan. Cukup tarik picu yang berada di tengah, maka catut akan terbuka dan Anda tinggal mengarahkannya pada rahang ikan, kemudian jepit dengan cara melepaskan jari Anda dari picu tersebut.

9. Sanlike Fish Lip Grip

9. Sanlike Fish Lip Grip

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 602.000

Sangat ringan dan mudah digunakan dengan satu tangan

Fish grip ini memiliki desain sederhana yang menarik dengan bahan logam stainless steel dan aluminium. Alat ini tahan lama, ringan, dan juga tahan karat. Dengan berat hanya 94 gram, Anda akan mudah membawa alat ini saat memancing. Jika Anda ingin siap sedia mengangkat ikan hasil tangkapan Anda kapan saja, alat ini cocok untuk Anda.

Alat ini memiliki tali pengikat pada salah satu ujungnya, jadi Anda bisa mengalungkannya pada leher atau menggantungnya saat tidak digunakan. Fish grip ini juga memiliki carabiner yang dapat disematkan pada celana Anda. Dengan alat ini, menjepit dan melepaskan ikan akan menjadi sangat praktis!

8. MagiDeal Fish Lip Gripper

8. MagiDeal Fish Lip Gripper

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 498.000

Kecil dan praktis! Muat di saku baju Anda

Ini adalah fish grip yang dapat dilipat saat tidak digunakan. Saat tidak dilipat, panjangnya mencapai 28,5 cm, tetapi saat dilipat panjangnya menjadi 19 cm. Selain itu, fish grip ini juga memiliki bentuk yang ringkas dan ringan. Anda bisa membawanya ke mana-mana bahkan bisa dimasukkan ke dalam saku baju Anda.

Dengan fish grip dari MagiDeal, Anda bisa mengangkat ikan hasil pancingan dengan mudah menggunakan satu tangan. Alat ini tahan karat, anti patah, dan tahan lama karena terbuat dari aluminium yang biasa digunakan untuk bahan pesawat terbang. Alat ini sesuai untuk digunakan untuk Anda yang menginginkan fish grip ringkas.

7. Berkley Pistol Fish Lip Grip

7. Berkley Pistol Fish Lip Grip

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 726.000

Fish grip berbentuk pistol, bisa dipasangkan dengan timbangan digital

Fish grip berbentuk pistol ini memiliki catut yang bisa berputar mengikuti gerakan ikan. Desain ini akan membuat ikan hasil tangkapan Anda aman dari cedera saat diangkat. Bentuknya seperti pistol yang membuat alat ini nyaman digenggam dan mudah digunakan. Anda yang menyukai hal-hal praktis pasti akan menyukai fish grip ini.

Alat ini dilengkapi timbangan hingga berat maksimal 13,6 kg, tetapi Anda bisa masih memasangkan timbangan digital lainnya pada alat ini. Terbuat dari stainless steel, fish grip ini memiliki sifat antikarat sehingga aman digunakan baik di air laut maupun air tawar, dan tentunya tidak akan mudah patah.

6. Ilure Fishing Grip

6. Ilure Fishing Grip

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 56.000

Warna cerah untuk meningkatkan semangat memancing Anda

Alat ini memiliki desain penjepit yang unik, membantu menjepit rahang ikan tanpa menyakiti ikan tangkapan Anda. Terbuat dari bahan plastik yang kuat dengan sedikit stainless steel, alat ini tidak mudah rusak, tahan lama, dan harganya pun ekonomis. Lalu, Anda tidak perlu khawatir jika alat ini terjatuh ke laut karena alat ini akan mengambang.

Produk ini juga dilengkapi dengan tali untuk pergelangan tangan Anda sehingga saat digunakan akan tetap aman. Alat ini dibuat dalam warna-warna yang cerah sehingga mudah dilihat saat Anda memancing di siang hari maupun malam hari. Jika Anda ingin alat fish grip berkualitas baik dengan harga sangat terjangkau, sebaiknya Anda tidak melewatkan produk satu ini.

5. Mini Fish Lip Grabber

5. Mini Fish Lip Grabber

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 96.000

Fish grip mini yang ergonomis dan kuat

Alat ini sangat berguna jika Anda lebih menyukai memancing ikan-ikan berukuran kecil. Meskipun berukuran kecil yakni hanya 9,5 cm, nyatanya alat ini cukup kuat, lho. Sebab, alat mini ini masih mampu mengangkat ikan dengan berat maksimal sebesar 3 kg.

Berbahan aluminium yang kuat, alat ini tahan karat dan tahan gores sehingga Anda dapat menggunakannya untuk waktu lama. Bentuknya yang ringkas dan berat hanya 41 gram, akan memudahkan Anda untuk menggenggamnya saat akan mengangkat ikan hasil tangkapan Anda.

4. Pioneer Alloy Fish Grip

4. Pioneer Alloy Fish Grip

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 365.000

Fish grip dengan timbangan, bisa berputar 360o

Fish grip ini terbuat dari logam aluminium sehingga bisa digunakan pada kondisi apa pun. Produk ini diklaim tahan gores, tahan karat, tahan air laut, anti patah, dan tidak mudah rusak. Dilengkapi dengan timbangan, alat ini masih mampu menahan ikan dengan berat maksimal 18 kg.

Alat ini memiliki pegangan berlapis busa empuk sehingga nyaman digenggam. Alat ini juga bisa berputar 360o, Anda tidak perlu khawatir jika ikan tangkapan Anda bergerak-gerak saat diangkat. Karena itulah, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang menginginkan produk yang nyaman digenggam sekaligus kuat.

3. Enkeeo Fish Grip

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 296.000

Genggaman terasa mantap berkat desain ergonomis bak pistol

Fish grip dari Enkeeo ini mampu menahan bobot ikan seberat 50 kg. Terbuat dari logam campuran aluminium berkualitas, alat ini sangat ringan, kuat, serta tahan air dan garam. Anda bisa menggunakannya pada kondisi lingkungan apa pun karena alat ini tidak akan berkarat atau patah saat terkena air. Sangat cocok digunakan oleh pemancing yang suka memancing di laut.

Alat ini memiliki desain genggaman seperti pistol sehingga memungkinkan digunakan dengan satu tangan. Tidak perlu khawatir ikan akan terlempar kembali ke air saat diangkat. Bentuknya yang ergonomis sesuai dengan bentuk telapak tangan Anda membuat Anda bisa menggenggamnya dengan aman dan nyaman saat menjepit dan mengangkat ikan.

2. Vakind Portable Carved Dragon Fish Grip

2. Vakind Portable Carved Dragon Fish Grip

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 537.000

Desain atraktif dengan ukiran naga yang keren!

Fish grip ini memiliki desain unik dan menarik dengan gambar naga terukir pada badannya, membuatnya terlihat macho. Terbuat dari logam campuran aluminium kuat sehingga Anda tidak perlu khawatir alat ini tergores. Meskipun ringan, alat ini mampu mengangkat ikan hasil tangkapan Anda hingga berat 25 kg sehingga banyak dipakai oleh pemancing berpengalaman.

Cara menggunakan alat ini juga sangat mudah. Tekan picunya untuk membuka catut, arahkan ke rahang ikan, dan lepaskan picu untuk menutup catutnya. Alat ini tidak menimbulkan rasa sakit pada ikan dan juga aman untuk digunakan. Anda akan terhindar dari luka akibat terkena gigi ikan, sirip ikan, maupun mata kail.

1. Digital Grip Scale 25 kg

1. Digital Grip Scale 25 kg

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 400.589

Ingin tahu panjang dan berat tangkapan Anda? Gunakan fish grip ini

Jika Anda adalah seorang pemancing yang ingin mengetahui panjang dan berat hasil tangkapan Anda, Digital Grip Scale 25 kg sangat pas untuk Anda. Alat ini dilengkapi dengan timbangan digital yang memiliki tampilan layar LCD dan bisa menimbang hingga 25 kg. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan pita pengukur sepanjang 1 meter di dalamnya.

Fish grip ini terbuat dari bahan stainless steel yang membuatnya terlindung dari karat. Bagian handle alat ini dilapisi plastik polimer sehingga nyaman digenggam dan tidak licin saat digunakan. Membuka jepitan bisa dilakukan dengan dua jari saja karena pemicu pembuka jepitan dilengkapi dengan pegas.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah pernah mencoba menggunakan fish grip saat memancing? Setelah membaca artikel ini, tentu Anda sudah mengetahui bagaimana cara memilih fish grip terbaik dan ingin segera mencobanya, bukan? Anda juga bisa memilih produk tersebut dari rekomendasi kami di atas. Pilihlah fish grip yang yang sesuai dengan kebiasaan dan preferensi memancing Anda serta dapatkan manfaat dari menggunakan fish grip saat memancing!