10 Rekomendasi Shaving Cream (Krim Cukur) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Shaving Cream (Krim Cukur) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Banyak orang yang kulitnya mudah mengalami iritasi saat bercukur, apalagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau kering. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan krim cukur atau shaving cream agar tidak menimbulkan iritasi saat bercukur. Dewasa ini, bahkan ada krim cukur yang bisa digunakan pada kulit wanita!

Ada begitu banyak krim cukur dari berbagai merek yang dijual di pasaran, seperti keluaran Kiehl’s, The Body Shop, hingga Proraso. Untuk membantu Anda memilih, kami akan memberikan rekomendasi produk krim cukur terbaik beserta cara memilihnya. Temukan produk yang sesuai dengan kulit Anda!

Daftar isi

Cara memilih shaving cream (krim cukur)

Pada umumnya, krim cukur memiliki fungsi utama untuk mencegah iritasi ketika Anda bercukur. Akan tetapi, sekarang sudah ada krim cukur dengan tambahan kandungan pelembap dan antibakteri.

Memilih krim cukur yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit akan membuat proses bercukur terasa nyaman. Oleh karena itu, perhatikanlah poin-poin yang akan kami jelaskan di bawah ini sebagai panduan Anda dalam memilih krim cukur yang sesuai.

Pilih komposisi yang aman untuk kulit

Ada banyak krim cukur yang diformulasikan dengan kandungan tertentu untuk mengatasi permasalahan pada kulit. Oleh karena itu, perhatikan komposisi kandungan krim cukur incaran Anda supaya tidak salah pilih.

Kandungan pelembap untuk melindungi kulit setelah bercukur

Kandungan pelembap untuk melindungi kulit setelah bercukur

Untuk Anda yang khawatir dengan kulit kering setelah bercukur, pilihlah krim cukur yang mengandung pelembap. Kandungan seperti hyaluronic acid atau glycerin akan meningkatkan kemampuan kulit dalam menjaga kelembapannya.

Selain itu, minyak yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan atau minyak nabati juga dapat mencegah kulit menjadi kering. Krim cukur dengan kandungan minyak nabati dapat mengurangi iritasi yang disebabkan oleh gesekan pisau cukur pada kulit Anda.

Kandungan antibakteri untuk kulit yang lebih higienis

Kandungan antibakteri untuk kulit yang lebih higienis

Krim cukur dengan kandungan antibakteri akan menjaga dan membuat kulit Anda semakin bersih. Jika Anda memiliki kulit yang mudah berjerawat dan iritasi, pilihlah produk dengan kandungan antibakteri. Zat antibakteri yang umumnya digunakan adalah linalool, salicylic acid, isopropyl methylphenol, dan sulfur. Bahan yang sering ditemukan pada produk shaving cream yang beredar di Indonesia adalah linalool.

Pilih yang banyak busanya supaya lebih nyaman digunakan

Pilih yang banyak busanya supaya lebih nyaman digunakan

Hal yang paling menentukan kenyamanan penggunaan krim cukur adalah tingkat kepadatan busanya. Busa yang banyak dan padat efektif mencegah iritasi karena mampu mengurangi gesekan antara pisau cukur dengan kulit. Di samping itu, busa yang padat juga mampu menempel dengan baik pada kulit sehingga Anda tidak perlu khawatir krim akan menetes ketika bercukur.

Pilih aroma yang disukai

Pilih aroma yang disukai

Aroma merupakan salah satu poin yang terlihat sepele, tetapi sebenarnya penting dalam memilih krim cukur. Karena digunakan hampir setiap hari, pilihlah krim cukur dengan aroma favorit Anda. Bila Anda suka aroma yang segar, Anda dapat memilih aroma mint, peppermint, atau mentol. Jika lebih suka aroma yang memberi efek relaksasi, pilihlah krim cukur beraroma tumbuhan.

10 Rekomendasi shaving cream (krim cukur) terbaik

Kini saatnya kami memberikan sepuluh rekomendasi krim cukur terbaik pilihan kami. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati saat-saat bercukur dengan lebih mudah dan nyaman.

10. Dove Men+Care Hydrate+Pro-Moisture Shave Cream

10. Dove Men+Care Hydrate+Pro-Moisture Shave Cream

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Meninggalkan kulit yang terasa lembap hingga berjam-jam

Anda tidak perlu lagi khawatir dengan kulit yang kering setelah bercukur. Shaving cream dari Dove ini akan memberikan kelembapan yang luar biasa pada kulit Anda dan membuat kulit terasa halus. Busanya yang lembut dengan kepadatan yang pas memungkinkan presisi yang lebih baik.

Selain kaya akan kelembapan, produk ini juga mampu melindungi kulit dari goresan dan luka akibat pisau cukur. Untuk Anda yang ingin kulit tetap lembap saat bercukur maupun setelahnya, menggunakan produk ini bisa menjadi jawabannya.

Isi bersih 148 ml
Kandungan pelembap Glycerin
Kandungan tambahan ×
Aroma Tidak tercantum

9. JS Sloane Gentlemen’s Shave Cream

9. JS Sloane Gentlemen's Shave Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 300.000

Tekstur yang padat dan tebal, dijamin tidak ada busa yang menetes sia-sia!

Krim cukur dengan tekstur yang padat dan tebal adalah ciri khas dari produk ini. Saking padatnya, Anda bahkan tidak perlu khawatir produk akan menetes dari wajah ketika digunakan. Untuk Anda yang mencari shaving cream dengan tekstur berbeda dari yang lain, cobalah produk ini!

Anda juga tidak perlu menambahkan air untuk membuat busa dan hanya perlu mencelupkan shaving brush atau jari ke dalam krim. Setelah pemakaian, Anda akan merasakan kulit terasa bersih dan segar. Selain itu, JS Sloane Gentlemen’s Shave Cream mampu mencegah razor bumps atau benjolan-benjolan kecil yang muncul di kulit setelah bercukur.

Isi bersih 236 ml
Kandungan pelembap Glycerin, lanolin
Kandungan tambahan Chamomilla recutita flower extract, Lavandula angustifolia oil, Melaleuca alternifolia oil, panthenol
Aroma Mentol

8. Kiehl’s Ultimate Brushless Shave Cream – White Eagle

8. Kiehl's Ultimate Brushless Shave Cream - White Eagle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 390.000

Tidak perlu shaving brush, cukup gunakan jari tangan!

Produk ini mengandung sesame oil yang dapat melembutkan kulit sehingga mengurangi risiko iritasi kulit akibat gesekan dengan pisau cukur. Apalagi, produk ini juga dilengkapi dengan camphor yang mampu memberikan efek dingin ke kulit. Kiehl’s juga mencampurkan mentol yang akan memberikan sensasi segar secara instan saat dan sesudah proses bercukur.

Sesuai dengan nama yang tersemat, Anda bisa menggunakan krim cukur ini tanpa shaving brush dan hanya butuh jari tangan saja. Anda bahkan tidak perlu mencampur produk ini dengan air, cukup bubuhkan langsung ke area yang akan dicukur. Praktis, kan? Untuk hasil maksimal, mandilah dengan air hangat terlebih dahulu sebelum pemakaian.

Isi bersih 150 ml
Kandungan pelembap Butylene glycol, Aloe barbadensis leaf juice
Kandungan tambahan Sesame seed oil, olive fruit oil, palm oil, allantoin (anti-iritasi)
Aroma Mentol

7. Avalon Organics® Nourishing Lavender Moisturizing Cream Shave

7. Avalon Organics® Nourishing Lavender Moisturizing Cream Shave

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 227.000

Kulit lebih lembap dan cerah berkat kandungan bahan organik berkualitas

Untuk Anda yang mencari produk berbahan organik, krim cukur ini layak dipertimbangkan. Sejak dalam pembuatan, produk ini menggunakan bahan-bahan organik yang aman untuk kulit, misalnya Aloe barbadensis leaf juice, shea butter, berbagai ekstrak bunga, serta minyak nabati. Krim cukur ini juga tidak menggunakan zat-zat berbahaya, seperti paraben atau pewarna buatan.

Bahan-bahan organik yang terkandung di dalamnya akan melindungi kulit Anda secara maksimal dari goresan pisau cukur. Kulit Anda juga akan semakin lembap, sehat, dan cerah. Hebatnya lagi, selain untuk pria, krim cukur ini juga bisa digunakan untuk wanita, lho!

Isi bersih 227 gr
Kandungan pelembap Glycerin, Camellia sinensis leaf extract, shea butter, tocopheryl acetate, Aloe barbadensis leaf juice
Kandungan tambahan Sunflower seed oil, oat bran, Calendula officinalis flower extract, Matricaria flower extract, lavender flower/leaf/stem extract, lime oil, lemon peel oil, lavender oil, bisabolol (anti-inflamasi), linalool (antibakteri)
Aroma Lavender

6. Dalan Men Shaving Cream Sensitive

6. Dalan Men Shaving Cream Sensitive

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 51.000

Menghindarkan si kulit sensitif dari iritasi, radang, dan pengelupasan

Krim cukur satu ini dibuat khusus untuk Anda yang berkulit sensitif. Tidak hanya iritasi yang dapat dihindari, tetapi juga radang dan jerawat. Produk yang dibuat di Turki ini juga aman digunakan oleh semua jenis kulit karena telah teruji secara dermatologis. Selain itu, produk ini juga sudah mendapatkan sertifikasi halal internasional.

Dalan Men Shaving Cream Sensitive mengandung minyak zaitun yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Dipadukan dengan allantoin, kulit juga akan terhindar dari kemungkinan gatal-gatal, pengelupasan, serta kemerahan. Kemasan tubenya yang mungil juga membuat produk ini mudah dibawa ke mana saja.

Isi bersih 65 gr
Kandungan pelembap Olive oil
Kandungan tambahan Allantoin (anti-iritasi)
Aroma Tidak tercantum

5. The Body Shop Maca Root & Aloe

5. The Body Shop Maca Root & Aloe

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 199.000

Mencukur lebih mudah dan menyenangkan berkat kombinasi dua kandungan alaminya

Mengandung kombinasi maca root extract serta Aloe vera, krim cukur dari The Body Shop ini sangat diminati oleh berbagai kalangan. Kombinasi kedua bahan tersebut efektif membuat kulit lembap, lembut, dan halus setelah bercukur. Tidak perlu lagi khawatir dengan iritasi! Aroma khas maca root yang segar juga membuat proses bercukur lebih terasa menyenangkan.

Adanya kandungan Aloe vera juga membuat kulit tidak mudah teritasi saat mencukur. Meski di kemasan produk tertulis bahwa The Body Shop Maca Root & Aloe dibuat untuk pria, sebenarnya produk ini juga dapat digunakan oleh wanita. Anda bisa menggunakannya tidak hanya untuk menghilangkan bulu halus di wajah, tetapi juga bulu halus di bagian tubuh lainnya.

Isi bersih 180 gr
Kandungan pelembap Glycerin, panthenol, caprylyl glycol, Aloe barbadensis leaf juice powder
Kandungan tambahan Sesame seed oil, Bertholletia excelsa seed oil, hydrolyzed Lepidium meyenii root
Aroma Maca root

4. Neutrogena® Men Sensitive Skin Shave Cream

4. Neutrogena® Men Sensitive Skin Shave Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 188.000

Non-comedogenic dan aman bagi kulit sensitif

Untuk Anda yang bermasalah dengan komedo, produk ini sangat patut dicoba. Krim cukur ini bersifat non-comedogenic sehingga tidak akan meninggalkan residu apapun pada pori-pori Anda. Kotoran dan kuman dibersihkan secara sempurna sehingga Anda tidak perlu khawatir akan timbulnya komedo dan jerawat.

Produk ini juga pas untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, lho. Busanya diformulasikan secara khusus sehingga tidak membuat kulit Anda menjadi kering. Ditambah dengan fitur bernama Pro-Soothe® Technology, kulit Anda akan terlindungi dari gesekan berlebih dengan pisau cukur, misalnya akibat benjolan yang disebabkan oleh rambut yang terperangkap di bawah kulit.

Isi bersih 150 ml
Kandungan pelembap Glycerin, panthenol, tocopheryl acetate, butylene glycol, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan tambahan Soybean seed extract, bisabolol (anti-inflamasi), sunflower seed extract
Aroma Tidak tercantum

3. The Art of Shaving Unscented Shaving Cream

3. The Art of Shaving Unscented Shaving Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 331.300

Kulit wajah tetap halus dan lembut tanpa luka lecet akibat bercukur

Anda sensitif terhadap wewangian sehingga ingin krim cukur yang tanpa aroma? Coba saja produk dari The Art of Shaving ini. Krim cukur ini dibuat tanpa pewangi, pewarna buatan, maupun alkohol sehingga Anda bisa mencukur dengan nyaman.

The Art of Shaving Unscented Shaving Cream mampu menghasilkan busa padat dan rich yang mampu melembutkan jenggot Anda. Jenggot menjadi lebih mudah dicukur dan kulit terhindar dari iritasi akibat gesekan dengan pisau cukur. Ditambah lagi dengan glycerin berkonsentrasi tinggi serta kandungan coconut acid, kulit Anda akan terasa lembap dan halus.

Isi bersih 75 ml
Kandungan pelembap Glycerin, propylene glycol
Kandungan tambahan ×
Aroma Tanpa aroma

2. Proraso Shaving Soap In A Tube

2. Proraso Shaving Soap In A Tube

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 190.000

Mencukur jenggot yang tebal sekalipun dengan nyaman dan aman

Kandungan shea butter pada produk ini akan membuat busanya terasa begitu lembut dan mampu melembapkan kulit Anda. Jika menggunakan produk ini, jenggot yang tebal sekalipun bisa menjadi lebih lunak dan mudah dicukur. Dengan begitu, kulit juga akan terlindungi secara maksimal dari iritasi.

Produk ini juga pas untuk Anda yang menginginkan krim cukur dengan aroma berkelas. Keharuman sandalwood-nya terasa begitu klasik dan high class. Nikmati aromanya dan Anda akan merasa semakin rileks saat sedang bercukur. Gunakan juga Pre-Shaving Cream dari lini yang sama untuk hasil lebih optimal.

Isi bersih 150 ml
Kandungan pelembap Cocos nucifera oil, glycerin, shea butter
Kandungan tambahan Cocoa seed butter, linalool (antibakteri), sandalwood oil
Aroma Sandalwood

1. Acca Kappa White Moss Shave Cream

1. Acca Kappa White Moss Shave Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 337.000

Nikmati perpaduan minyak nabati dengan aroma woody yang maskulin

Menawarkan aroma woody, Acca Kappa White Moss Shave Cream sangat sempurna untuk Anda yang menginginkan wangi maskulin saat bercukur. Formulanya yang lembut mengandung perpaduan berbagai minyak nabati sehingga menghasilkan busa yang melembapkan dan melembutkan kulit untuk hasil cukur yang sempurna.

Busanya yang creamy dan rich akan melindungi kulit Anda dengan baik dari gesekan selama bercukur. Kulit Anda sensitif dan mudah iritasi? Tidak masalah. Produk ini sangat gentle dan tidak mengandung bahan berbahaya apa pun sehingga ideal untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif.

Isi bersih 125 ml
Kandungan pelembap Glycerin, sweet almond oil, coconut oil, hemp oil
Kandungan tambahan Palm oil, chamomile essential oil
Aroma Woody

Baca juga rekomendasi berbagai alat cukur di sini!

Mencukur tidak hanya dilakukan oleh kaum pria, tetapi juga wanita. Untuk melengkapi kegiatan bercukur Anda, simak juga berbagai alat cukur untuk pria maupun wanita yang telah kami bahas di artikel pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Shaving cream atau krim cukur diperlukan untuk mengurangi iritasi pada kulit ketika Anda bercukur. Dalam memilih produk yang tepat, perhatikanlah komposisi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit. Untuk melindungi kulit, pilih yang mengandung pelembap. Untuk menjaga kulit tetap higienis, pilih yang mengandung bahan antibakteri.

Selain itu, pertimbangkan juga aroma serta busa yang dihasilkan agar pemakaiannya lebih nyaman. Semoga Anda menemukan produk yang paling tepat, ya!