• 10 Shaving Cream (Krim Cukur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Shaving Cream (Krim Cukur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Shaving Cream (Krim Cukur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Shaving Cream (Krim Cukur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Shaving Cream (Krim Cukur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Shaving Cream (Krim Cukur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Banyak orang yang kulitnya mudah mengalami iritasi saat bercukur, apalagi jika Anda memiliki kulit sensitif atau kering. Untuk menghindari iritasi, banyak orang menggunakan krim cukur atau shaving cream. Ada banyak krim cukur dari berbagai merek yang bagus untuk wanita dan pria, seperti Kiehl’s, The Body Shop, dan Gillette.

Untuk membantu Anda memilih, kami akan merekomendasikan produk krim cukur terbaik beserta cara memilihnya. Shaving cream untuk miss V, ketiak, serta wajah ada di daftar rekomendasi kami. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 10 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta.

Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Kegunaan shaving cream

Shaving atau mencukur adalah salah satu metode untuk menghilangkan rambut-rambut halus di tubuh, seperti kumis, jenggot, dan bulu ketiak. Agar proses mencukur lebih mudah dan rapi, gunakan shaving cream sebagai pelumas. Selain itu, shaving cream juga memiliki kegunaan lain yang akan kami jelaskan di bawah ini.


  • Melindungi kulit dari goresan

Alat cukur yang bersentuhan langsung dengan kulit dapat menyebabkan iritasi. Untuk menghindari masalah ini, Anda bisa mengandalkan shaving cream. Krim ini akan melapisi dan melindungi kulit Anda sehingga meminimalkan risiko tergores akibat alat cukur.


  • Memberikan kelembapan

Mencukur dalam keadaan kulit kering dapat membuat kulit menjadi terkelupas, apalagi pada kulit yang sensitif. Shaving cream dapat memberikan kelembapan pada kulit. Bila kelembapan kulit terjaga, hasil cukuran pun lebih halus.


  • Menunjukkan jejak arah yang tepat

Krim cukur akan memudahkan Anda melihat area tubuh yang sudah dicukur. Dengan begitu, Anda dapat mencukur dengan tepat sesuai arah pertumbuhan rambut.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih shaving cream (krim cukur)

Memilih krim cukur yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit akan membuat proses bercukur terasa nyaman. Karena itu, perhatikanlah poin-poin yang akan kami jelaskan di bawah ini sebagai panduan Anda dalam memilih krim cukur yang sesuai.

Pastikan komposisi aman untuk kulit

Ada banyak krim cukur yang diformulasikan dengan kandungan tertentu untuk mengatasi permasalahan pada kulit. Karena itu, perhatikan komposisi kandungan krim cukur pilihan Anda supaya tidak salah pilih.

Kandungan pelembap, untuk melindungi kulit setelah bercukur

Kandungan pelembap, untuk melindungi kulit setelah bercukur
Untuk Anda yang khawatir dengan kulit kering setelah bercukur, pilihlah krim cukur yang mengandung pelembap. Kandungan seperti hyaluronic acid atau glycerin akan meningkatkan kemampuan kulit dalam menjaga kelembapannya.

Selain itu, minyak yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan atau minyak nabati juga dapat mencegah kulit menjadi kering. Krim cukur dengan kandungan minyak nabati dapat mengurangi iritasi yang disebabkan oleh gesekan pisau cukur pada kulit Anda.

Kandungan antibakteri, untuk kulit yang lebih higienis

Kandungan antibakteri, untuk kulit yang lebih higienis
Krim cukur dengan kandungan antibakteri akan menjaga dan membuat kulit Anda makin bersih. Jika Anda memiliki kulit yang mudah berjerawat dan iritasi, pilihlah produk dengan kandungan antibakteri. Zat antibakteri yang umumnya digunakan adalah linalool, salicylic acid, isopropyl methylphenol, dan sulfur. Bahan yang sering ditemukan pada produk shaving cream yang beredar di Indonesia adalah linalool.

Kandungan pewangi, untuk memberikan aroma pada kulit

Kandungan pewangi, untuk memberikan aroma pada kulit

Beberapa orang menghindari kandungan pewangi karena khawatir kulit mengalami iritasi. Memang, idelanya produk shaving tidak terlalu banyak mngandung pewangi sebab adanya risiko memicu iritasi kulit yang dicukur. Terlebih, bila kulit Anda sensitif. Namun, kandungan pewangi aman untuk kulit selagi kadarnya sesuai dengan ketentuan. Meski begitu, Anda pun harus memastikan bahwa kulit Anda memang tidak alergi dengan wewangian.


Bila Anda suka aroma yang segar, Anda dapat memilih krim cukur dengan aroma mint, peppermint, atau mentol. Selain menyegarkan, mentol atau menthol juga memiliki manfaat sebagai antibakteri, lho. Jika lebih suka aroma yang memberi efek relaksasi, pilihlah krim cukur beraroma tumbuhan.

Pilih yang creamy supaya lebih nyaman digunakan

Pilih yang creamy supaya lebih nyaman digunakan
Hal yang paling menentukan kenyamanan penggunaan krim cukur adalah konsistensinya. Sebaiknya, Anda memilih yang konsistensinya creamy agar lebih nyaman. Tingkat kepadatan busa juga kerap dijadikan pertimbangan. 

Di satu sisi, busa yang banyak dan padat dianggap efektif mengurangi gesekan antara pisau cukur dengan kulit. Namun, busa yang terlalu banyak juga dapat mengangkat kelembapan alami kulit secara berlebihan. Karena itu, pilihlah konsistensi dan tingkat kepadatan busa dari shaving cream dengan bijak.

Sesuaikan klaim manfaat dengan area pemakaian

Krim pencukur untuk area lengan, paha, dan kaki belum tentu cocok diaplikasikan ke area kulit sensitif. Karena itu, perhatikan terlebih dahulu klaim manfaat dan spesifikasi produk sebelum memutuskan membelinya. Namun, jika produk tidak mencantumkan klaim tertentu, pertimbangkanlah berdasarkan komposisinya.


Untuk mencukur area sensitif seperti miss V dan ketiak, hindari produk dengan komposisi yang dapat memicu iritasi. Komposisi tersebut antara lain alkohol, paraben, dan pewarna buatan. Meski begitu, adanya kandungan bahan-bahan tersebut mungkin tidak berpengaruh secara signifikan bagi sebagian pengguna.


Selain itu, pertimbangkan juga krim pencukur yang non-comedogenic untuk wajah sensitif dan berjerawat. Produk berlabel non-comedogenic akan menghindarkan Anda dari masalah komedo yang mengganggu penampilan.

10 Rekomendasi shaving cream (krim cukur) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk shaving cream (krim cukur) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 31 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, White Moss Shave Cream menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Gillette Foamy Lemon Lime memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Gambar produk
1
Procter & Gamble Gillette Foamy Lemon Lime 1

Procter & Gamble

2
Alpha Rules Raze Off 1

Alpha Rules

3
The Body Shop  Maca Root & Aloe Softening Shaving Cream 1

The Body Shop

4
Copia Beauty Beaute Recipe Ammo Selezione Rich And Creamy Shaving Cream 1

Copia Beauty

5
JVR Men Care Smooth Shave Cream 1

JVR Men Care

6
Evolution of Smooth Lavender Shave Cream 1

Evolution of Smooth

7
Proraso Shaving Soap In A Tube 1

Proraso

8
The Art of Shaving Unscented Shaving Cream 1

The Art of Shaving

9
Neutrogena® Men Sensitive Skin Shave Cream 1

Neutrogena®

10
Kiehl’s Ultimate Brushless Shave Cream - White Eagle 1

Kiehl’s

Nama produk

Gillette Foamy Lemon Lime

Raze Off

Maca Root & Aloe Softening Shaving Cream

Beaute Recipe Ammo Selezione Rich And Creamy Shaving Cream

Smooth Shave Cream

Lavender Shave Cream

Shaving Soap In A Tube

Unscented Shaving Cream

Men Sensitive Skin Shave Cream

Ultimate Brushless Shave Cream - White Eagle

Keunggulan

Tekstur yang padat dan tebal, dijamin tidak ada busa yang menetes sia-sia!

Mampu mengurangi peradangan akibat luka cukur atau jerawat

Mencukur lebih mudah dan menyenangkan berkat kombinasi dua kandungan alaminya

Teksturnya creamy, cocok dipakai baik pria maupun wanita

Krim cukur dengan kandungan anti-aging? Ada!

Cukur rambut halus di miss V dengan aman dan lembut

Mencukur jenggot yang tebal sekalipun dengan nyaman dan aman

Kulit wajah tetap halus dan lembut tanpa luka lecet akibat bercukur

Non-comedogenic dan aman bagi kulit sensitif

Tidak perlu shaving brush, cukup gunakan jari tangan!

Harga mulai dariRp 21.100,00Rp 49.900,00Rp 219.000,00Rp 75.000,00Rp 89.000,00Rp 150.000,00Rp 168.000,00Rp 290.000,00Rp 165.000,00Rp 500.000,00
Isi bersih50 gram dan 175 gram100 gram200 ml100 ml120 gram207 ml150 ml45 ml, 75 ml, 150 ml150 ml150 ml
Kandungan pelembapStearic acidDimethicone, panthenolGlycerin, panthenol, caprylyl glycol, Aloe barbadensis leaf juice powderGlycerinMacadamia seed oil, jojoba seed oil, glycerinPropylene glycol, cocoglycerides, glycerin, shea oil, shea butter, Aloe barbadensis leaf juice, colloidal oatmeal, petrolatumCocos nucifera oil, glycerin, shea butterGlycerin, coconut acid, propylene glycolGlycerin, panthenol, tocopheryl acetate, butylene glycol, Aloe barbadensis leaf extractButylene glycol, Aloe barbadensis leaf juice
Kandungan tambahanTidak disebutkanSalicyl acid (antibakteri), kaolin, lemon extract, peppermint oilSesame seed oil, Bertholletia excelsa seed oil, hydrolyzed Lepidium meyenii rootMenthol (antibakteri)Menthol (antibakteri)Lavandula angustifolia (lavender) flower extract, linalool (antibakteri)Cocoa seed butter, linalool (antibakteri), sandalwood oilTidak adaSoybean seed extract, bisabolol (anti-inflamasi), sunflower seed extractSesame seed oil, olive fruit oil, palm oil, allantoin (anti-iritasi)
AromaLemonMaskulinMaca rootMentholMentholLavenderSandalwoodTanpa aromaTidak tercantumMenthol
Area pemakaianWajahWajahWajahWajah, kaki, dan ketiakWajahArea kewanitaan, kaki, dan ketiakWajahWajahWajahWajah
Tautan produk
10

Kiehl’sUltimate Brushless Shave Cream - White Eagle

Mulai dari Rp 500.000,00

Isi bersih150 ml
Kandungan pelembapButylene glycol, Aloe barbadensis leaf juice
Kandungan tambahanSesame seed oil, olive fruit oil, palm oil, allantoin (anti-iritasi)
AromaMenthol
Area pemakaianWajah
9

Neutrogena®Men Sensitive Skin Shave Cream

Mulai dari Rp 165.000,00

Isi bersih150 ml
Kandungan pelembapGlycerin, panthenol, tocopheryl acetate, butylene glycol, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan tambahanSoybean seed extract, bisabolol (anti-inflamasi), sunflower seed extract
AromaTidak tercantum
Area pemakaianWajah
8

The Art of ShavingUnscented Shaving Cream

Mulai dari Rp 290.000,00

Isi bersih45 ml, 75 ml, 150 ml
Kandungan pelembapGlycerin, coconut acid, propylene glycol
Kandungan tambahanTidak ada
AromaTanpa aroma
Area pemakaianWajah
7
Isi bersih150 ml
Kandungan pelembapCocos nucifera oil, glycerin, shea butter
Kandungan tambahanCocoa seed butter, linalool (antibakteri), sandalwood oil
AromaSandalwood
Area pemakaianWajah
6

Evolution of SmoothLavender Shave Cream

Mulai dari Rp 150.000,00

Isi bersih207 ml
Kandungan pelembapPropylene glycol, cocoglycerides, glycerin, shea oil, shea butter, Aloe barbadensis leaf juice, colloidal oatmeal, petrolatum
Kandungan tambahanLavandula angustifolia (lavender) flower extract, linalool (antibakteri)
AromaLavender
Area pemakaianArea kewanitaan, kaki, dan ketiak
5
Isi bersih120 gram
Kandungan pelembapMacadamia seed oil, jojoba seed oil, glycerin
Kandungan tambahanMenthol (antibakteri)
AromaMenthol
Area pemakaianWajah
4

Copia BeautyBeaute Recipe Ammo Selezione Rich And Creamy Shaving Cream

Mulai dari Rp 75.000,00

Isi bersih100 ml
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan tambahanMenthol (antibakteri)
AromaMenthol
Area pemakaianWajah, kaki, dan ketiak
3

The Body Shop Maca Root & Aloe Softening Shaving Cream

Mulai dari Rp 219.000,00

Isi bersih200 ml
Kandungan pelembapGlycerin, panthenol, caprylyl glycol, Aloe barbadensis leaf juice powder
Kandungan tambahanSesame seed oil, Bertholletia excelsa seed oil, hydrolyzed Lepidium meyenii root
AromaMaca root
Area pemakaianWajah
2
Isi bersih100 gram
Kandungan pelembapDimethicone, panthenol
Kandungan tambahanSalicyl acid (antibakteri), kaolin, lemon extract, peppermint oil
AromaMaskulin
Area pemakaianWajah
1

Procter & GambleGillette Foamy Lemon Lime

Mulai dari Rp 21.100,00

Isi bersih50 gram dan 175 gram
Kandungan pelembapStearic acid
Kandungan tambahanTidak disebutkan
AromaLemon
Area pemakaianWajah

Tips menggunakan shaving cream (krim cukur) dengan benar

Tips menggunakan shaving cream (krim cukur) dengan benar

Shaving cream akan mempermudah Anda dalam mencukur rambut-rambut halus di tubuh. Di samping itu, Anda harus memperhatikan tata caranya agar hasil yang diberikan maksimal. Berikut ini tips menggunakan shaving cream dengan benar.


  • Siapkan mangkuk khusus untuk shaving cream. Pastikan mangkuk yang hendak Anda pakai sudah dalam keadaan lembap, caranya dengan merendamnya terlebih dahulu di air hangat. Setelah mangkuk lembap dan ada sedikit air, tuangkan krim cukur sesuai kebutuhan.


  • Siapkan pisau cukur yang tajam untuk mengurangi frekuensi gesekan antara kulit dengan pisau. Selain hasil cukuran rapi, kulit pun terhindar dari risiko terluka atau iritasi.


  • Bilas area kulit menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori dan folikel rambut. Bersihkan kulit dengan sabun dan keringkan. Setelah kulit bersih, oleskan pelembap untuk mencegah iritasi dan luka pada kulit.

  • Aplikasikan shaving cream pada area kulit menggunakan tangan atau kuas. Ratakan tipis-tipis pada area kulit yang ingin dicukur. Pastikan Anda sudah melapisi seluruh permukaan kulit secara merata tanpa terlewat.

  • Gerakkan pisau searah dengan pertumbuhan rambut untuk mencegah luka dan razor burn. Selain itu, hindari menekan pisau cukur terlalu keras, tetapi jangan juga terlalu lembut.

  • Usai bercukur, bilas area kulit menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori. Selanjutnya, keringkan dengan handuk bersih. Jangan lupa untuk membersihkan pisau cukurnya juga, ya!

Baca juga rekomendasi berbagai alat cukur di sini

Mencukur tidak hanya dilakukan oleh kaum pria, tetapi juga wanita. Untuk melengkapi kegiatan bercukur Anda, simak juga berbagai alat cukur untuk pria maupun wanita. Materinya telah kami bahas di artikel pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Shaving cream atau krim cukur diperlukan untuk mengurangi iritasi pada kulit ketika Anda bercukur. Untuk memilih produk yang tepat, perhatikanlah komposisi sesuai kebutuhan dan kondisi kulit. Untuk melindungi kulit, pilih yang mengandung pelembap. Untuk menjaga kulit tetap higienis, pilih yang mengandung bahan antibakteri.

Selain itu, pertimbangkan juga aroma serta busa yang dihasilkan agar pemakaiannya lebih nyaman. Semoga Anda menemukan produk yang paling tepat, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Permasalahan kulit wajah terjadi saat masa kehamilan, bahkan berlanjut ketika menyusui. Atasilah dengan menggunakan cream wajah. Sayangnya, tidak semua kandungan cream aman untuk masa krusial ini. Jadi, sebaiknya gunakan cream yang aman untuk ibu hamil.Kami akan menjelaskan cara memilih cream wajah yang aman untuk ibu hamil. Rekomendasi merek cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui juga sudah disiapkan. Ada berbagai merek yang bagus, seperti Mama's Choice, Cetaphil, serta Hanasui. Yuk, dapatkan produk terbaik Anda di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori