10 Rekomendasi Kitchen Timer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Kitchen Timer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Kitchen timer berguna untuk memastikan waktu memasak yang akurat. Saat ini, terdapat berbagai kitchen timer dengan fitur yang berbeda-beda. Anda akan menemukan kitchen timer yang bunyinya keras, berdesain manis, tahan air, dan sebagainya.

Agar Anda semakin mudah memilih, kami akan menjelaskan cara memilih kitchen timer. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi kitchen timer terbaik yang sudah kami pilih dengan saksama. Anda akan menemukan berbagai produk keluaran IKEA, Hoseki, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih kitchen timer

Ada berbagai macam kitchen timer dengan desain yang sederhana dan multifungsi. Pilihlah kitchen timer dengan mempertimbangkan hal-hal berikut agar Anda mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilih tipe produk berdasarkan penggunaannya

Berdasarkan tampilan informasinya, terdapat dua tipe kitchen timer, yaitu tipe analog dan digital. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, pilihlah yang paling sesuai kebutuhan Anda.

Tipe digital untuk pengukuran waktu lebih akurat

Tipe digital untuk pengukuran waktu lebih akurat

Bila Anda ingin mengukur waktu memasak dengan lebih akurat, tipe digital adalah pilihan tepat. Produk tipe digital bisa mengukur secara detail hingga satuan detik. Bahkan, mengukur durasi selama 30 detik pun bisa dilakukan menggunakan produk tipe ini, sangat akurat! Ada juga produk yang bisa mengukur durasi memasak hingga 99 menit 59 detik. Anda bisa memakainya untuk mengukur waktu saat memasak makanan yang durasi pembuatannya cukup lama. Angka yang ditampilkan pada produk tipe digital juga cukup jelas sehingga mudah dilihat.

Ada juga produk yang dilengkapi fitur lain, misalnya bisa difungsikan sebagai jam atau suara alarmnya bisa diubah. Meski begitu, bila tombolnya terlalu kecil, Anda mungkin bisa merasa kesulitan menggunakannya. Sebisa mungkin, pilihlah produk yang tombolnya cukup besar dan mudah digunakan. Selain itu, produk yang sudah dilengkapi tombol angka juga cenderung lebih mudah digunakan.

Tipe analog bila Anda mengutamakan kemudahan penggunaan

Tipe analog bila Anda mengutamakan kemudahan penggunaan

Jika Anda mencari kitchen time yang mengedepankan kemudahan penggunaan, produk tipe analog layak dipilih. Anda hanya perlu memutar kenop atau bagian bodi kitchen timer dan mekanisme pengukuran waktunya langsung beroperasi. Selain itu, Anda juga tidak membutuhkan baterai, lho! Anda bisa langsung memutar dan memakainya kapan pun dibutuhkan. Produk tipe analog kebanyakan mengukur waktu hingga 60 menit saja. Meski begitu, durasi tersebut sudah cukup untuk mengukur waktu memasak semisal merebus telur atau pasta.

Saat hendak melihat indikator waktunya, Anda perlu memperhatikan angka atau garis yang tertera dengan saksama. Hal tersebut bisa saja membuat Anda merasa kesulitan untuk mengetahui waktu memasak dengan cepat. Selain itu, produk tipe analog mengukur waktu per menit sehingga sulit untuk mengecek secara detail hingga satuan detik. Anda membutuhkan kitchen timer yang sangat mudah digunakan dan tidak mementingkan fitur tambahan? Pilih saja produk tipe analog!

Pilih produk berdasarkan volume dan suara alarmnya

Pilih produk berdasarkan volume dan suara alarmnya

Untuk memperoleh kitchen timer yang suaranya nyaring dan enak didengar, Anda perlu mengecek volume dan suara alarmnya. Bila suara alarmnya terlalu pelan, Anda bisa saja tidak mendengarnya. Pastikan produk pilihan Anda memiliki suara alarm yang cukup keras dan jelas.

Selain itu, ketahui juga bunyi suara alarmnya. Bila bunyinya mirip dengan alarm peralatan lain misalnya rice cooker atau oven, Anda bisa salah mengira. Untuk itu, Anda bisa memilih produk analog bersuara bel tradisional ketimbang produk yang bersuara elektronik. Opsi lainnya, Anda bisa memilih produk dengan alarm melodi musik. Untuk mendapatkan info ini lebih jelas, Anda bisa melihatnya melalui review pengguna.

Pilih produk berdasarkan fitur yang dimiliki

Tidak hanya untuk mengukur waktu, kitchen timer juga ada yang dilengkapi berbagai fitur fungsional. Pilihlah produk dengan fitur yang paling Anda butuhkan, ya!

Fitur getar atau pengatur volume, tidak khawatir suaranya akan mengganggu

Fitur getar atau pengatur volume, tidak khawatir suaranya akan mengganggu

Kitchen timer yang alarmnya nyaring memang mudah didengar, tetapi bisa juga malah membangunkan bayi atau anggota keluarga lainnya. Dengan adanya fitur pengatur volume, Anda bisa mengubah volume alarmnya sesuai kebutuhan. Anda juga bisa mengubah suara alarmnya menjadi mute jika memang dibutuhkan.

Selain itu, produk yang dilengkapi fitur getar bisa menginformasikan Anda akan waktu tanpa menimbulkan suara. Saat diletakkan dalam kantong, Anda bisa mengetahui waktunya melalui getaran yang ditimbulkan. Namun, produk yang dilengkapi fitur getar belum banyak ditemukan di Indonesia.

Fitur repeat, mudah mengatur waktu untuk membuat masakan yang sama

Fitur repeat, mudah mengatur waktu untuk membuat masakan yang sama

Anda sering mengukur waktu untuk membuat masakan yang sama, misalnya merebus pasta? Produk yang dilengkapi fitur repeat akan sangat praktis untuk Anda gunakan.

Dengan menggunakan tombol repeat, pengaturan waktu yang telah Anda set sebelumnya akan terulang otomatis. Contohnya, Anda sudah mengeset waktu 20 menit. Pada momen berikutnya Anda menekan tombol repeat maka pengaturan waktunya akan otomatis menjadi 20 menit. Fitur repeat ini tidak hanya bermanfaat untuk memasak, tetapi juga bisa untuk mengukur waktu belajar atau olahraga. Sayangnya, produk yang dilengkapi fitur repeat juga masih tergolong jarang ditemukan di Indonesia.

Fitur jam, bisa digunakan layaknya jam biasa saat tidak difungsikan

Fitur jam, bisa digunakan layaknya jam biasa saat tidak difungsikan

Jika kitchen timer dilengkapi jam, Anda bisa menggunakannya seperti jam biasa saat tidak digunakan untuk mengukur waktu memasak. Contohnya, Anda bisa menggunakannya untuk mengukur waktu memasak nasi sekaligus mengecek jam kepulangan anggota keluarga lain. Dengan begitu, waktu memasak pun akan berjalan lebih efektif. Selain itu, Anda pun bisa tetap mengetahui waktu meski di dapur tidak ada jam yang dipajang.

Pilih produk berdasarkan kemampuan waterproof-nya

Pilih produk berdasarkan kemampuan waterproof-nya

Ketika memilih produk, periksa juga kemampuan waterproof dari produk tersebut. Kitchen timer yang waterproof tetap dapat dioperasikan bahkan dengan tangan yang basah saat memasak. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya kapan pun dibutuhkan.

Sifatnya yang tahan air juga memungkinkan Anda untuk membersihkannya dengan air sehingga selalu higienis. Apalagi, dapur biasanya mudah kotor oleh minyak, bumbu dapur, dan sebagainya. Bila kitchen timer Anda waterproof, Anda bisa langsung membersihkannya seusai memasak.

Pilih produk berdasarkan cara pemasangannya

Pilih produk berdasarkan cara pemasangannya

Penting juga untuk mengecek cara pemasangan kitchen timer pilihan Anda. Produk yang dilengkapi magnet sangat disukai karena bisa dipasang dengan cara ditempelkan ke kulkas. Anda bisa menempelkannya di ketinggian sejajar mata agar semakin mudah dilihat. Anda pun tidak perlu menyediakan area khusus untuk memasangnya.

Bila di dapur tidak ada benda yang bisa ditempelkan magnet, pilihlah produk yang dilengkapi stand. Adanya stand memungkinkan kitchen timer untuk diletakkan miring sehingga angkanya lebih mudah dilihat. Meski begitu, tetap ada juga produk yang tidak dilengkapi stand dan angkanya terlihat jelas, kok!

10 Rekomendasi kitchen timer terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi kitchen timer terbaik. Pilihlah produk yang paling Anda suka dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. IKEA STÄM Timer

10. IKEA STÄM Timer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 41.900

Hiasi dapur Anda dengan kitchen timer sleek yang cantik

Jika Anda mencari kitchen timer dengan tampilan sleek, produk ini wajib dipertimbangkan. Tampilannya sederhana dengan beragam warna menarik yang bisa Anda pilih. Apalagi, tombolnya sewarna dengan bodi sehingga tampak kian cantik. Dilengkapi magnet di bagian belakangnya, Anda pun bisa dengan mudah menempelkan produk ini di kulkas.

Tipe Digital
Cara pemasangan Menggunakan magnet
Fitur lainnya Tidak ada

9. Kitchen Timer Chicken JK317

9. Kitchen Timer Chicken JK317

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

LIhat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 22.800

Kitchen timer berbentuk ayam, unik banget!

Kitchen timer manual ini tidak membutuhkan baterai untuk bisa digunakan. Anda cukup memutarnya searah jarum jam untuk mengaktifkan alarmnya. Hadir dengan bentuk ayam yang imut, produk ini terlihat sangat khas dan spesial. Bagi Anda yang menyukai produk berdesain cute atau unik, kitchen timer ini tentu pantas dikoleksi.

Tipe Analog
Cara pemasangan Diletakkan di permukaan datar
Fitur lainnya Tidak ada

8. Kitchen Timer Mini Portable

8. Kitchen Timer Mini Portable

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 29.000

Berdiameter hanya 6,5 cm, muat disimpan dalam saku Anda

Bila Anda mencari kitchen timer berukuran mini, produk yang satu ini adalah salah satu pilihan terbaik. Memiliki diameter hanya sebesar 6,5 cm produk ini sangat mudah disimpan dalam saku celana, baju, ataupun celemek. Tersedia dalam lima varian warna menarik, Anda bebas memilih warna yang paling disukai!

Tipe Digital
Cara pemasangan Menggunakan stand
Fitur lainnya Tidak ada

7. Kitchen Timer 24 Hour

7. Kitchen Timer 24 Hour

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 31.000

Harganya bersahabat, bisa menghitung waktu hingga 24 jam pula!

Timer pada produk ini dapat Anda set hingga 24 jam. Tentu cocok Anda gunakan untuk membuat makanan yang membutuhkan waktu lama, misalnya rendang, ketupat, dan sebagainya. Selain itu, harganya pun sangat terjangkau. Untuk Anda yang ingin berhemat sekaligus membutuhkan produk dengan durasi timer panjang, produk ini jawabannya!

Tipe Digital
Cara pemasangan Menggunakan magnet dan stand
Fitur lainnya Jam

6. Machi Practical Cooking Digital Alarm

6. Machi Practical Cooking Digital Alarm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 64.000

Layar LED yang besar membuat informasi waktu makin mudah dilihat

Dilengkapi layar LED (light emitting diode) berukuran besar, informasi waktu yang ditampilkan pun semakin mudah dan jelas dilihat. Tentunya produk ini adalah salah satu solusi tepat untuk Anda yang mengutamakan visibilitas. Dilengkapi stand di bagian belakangnya, produk ini bisa dipasang dengan cara berdiri di meja dapur Anda.

Tipe Digital
Cara pemasangan Menggunakan stand
Fitur lainnya Tidak ada

5. Kitchen Timer Digital with Number

5. Kitchen Timer Digital with Number

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.000

Adanya tombol angka memudahkan Anda dalam mengeset waktu

Bila Anda tidak ingin direpotkan karena harus berulang kali menekan tombol saat mengeset waktu, produk ini adalah solusinya. Kitchen timer ini dilengkapi tombol angka 0-9. Adanya tombol-tombol tersebut sangat memudahkan Anda untuk mengeset waktu yang diinginkan, mulai dari 1 detik hingga 99 jam.

Bila Anda hendak mengeset waktu selama 40 menit, cukup tekan angka empat dan nol saja. Selain itu, produk ini juga semakin fungsional digunakan karena hitungan waktunya dapat di-pause dan resume kapan pun dibutuhkan. Pasti Anda akan sangat terbantu dalam urusan masak bila memakai produk ini.

Tipe Digital
Cara pemasangan Menggunakan magnet, stand, dan clip
Fitur lainnya Pause & resume, auto power off

4. IKEA ORDNING Timer

4. IKEA ORDNING Timer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 104.500

Tampilan minimalisnya menambah kesan elegan pada dapur Anda

IKEA mengeluarkan berbagai macam peralatan dapur, salah satunya adalah kitchen timer manual stainless steel ini. Produk ini memiliki desain minimalis sehingga terlihat elegan. Dipadukan dengan warna silver-nya, kitchen timer ini terkesan mewah pada saat diletakkan di dapur Anda.

Cara menggunakan kitchen timer manual ini adalah dengan memutarnya mengikuti arah jarum jam. Kemudian, Anda tinggal memutarnya lagi ke angka menit yang diinginkan. Jika Anda mencari kitchen timer yang terkesan eksklusif dan elegan saat dipajang, produk ini adalah salah satu opsinya.

Tipe Analog
Cara pemasangan Diletakkan di permukaan datar
Fitur lainnya Tidak ada

3. Electronic Digital Clock Timer DN-9016

3. Electronic Digital Clock Timer DN-9016

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 93.000

Waterproof, semakin mudah dicuci dan dibersihkan bila kotor

Terkadang saat memasak ada kemungkinan tangan Anda kotor dan harus menyalakan kitchen timer. Tidak perlu khawatir, produk ini dapat dibersihkan di bawah air secara langsung karena bersifat waterproof. Jika Anda mencari kitchen timer tahan air untuk menemani aktivitas Anda memasak, produk ini layak diperhitungkan.

Tipe Digital
Cara pemasangan Menggunakan magnet dan stand
Fitur lainnya Jam

2. Hoseki Talking Timer & Clock H-2213

2. Hoseki Talking Timer & Clock H-2213

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 155.000

Reminder waktunya makin presisi dan jelas dengan vocal announcement

Kitchen timer ini menyediakan enam opsi suara alarm sehingga Anda bisa memilih yang paling disukai. Selain itu, kitchen timer ini juga dapat menginformasikan tidak hanya jam, tetapi juga tanggal untuk Anda. Jika dibutuhkan, Anda pun dapat mengatur produk ini menjadi mute, kok!

Produk ini akan mengeluarkan suara alarm plus vocal announcement yang berbunyi setiap jam. Dengan begitu, produk ini mampu mengingatkan Anda akan waktu yang telah berlalu dengan lebih jelas. Jika Anda mencari kitchen timer bersuara kencang yang dapat mengingatkan waktu dengan akurat, ini solusinya!

Tipe Digital
Cara pemasangan Menggunakan stand
Fitur lainnya Jam, mute

1. Countdown Timer 3 Line Display

1. Countdown Timer 3 Line Display

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 276.000

Dilengkapi tiga channel timer, membuat banyak masakan bukan lagi masalah

Untuk Anda yang sering membuat berbagai jenis masakan sekaligus, kitchen timer ini wajib dimiliki. Dilengkapi tiga channel timer, Anda bahkan bisa mengeset waktu untuk tiga jenis masakan secara bersamaan. Memantau waktu memasak beragam jenis makanan pun tidak sulit lagi dilakukan.

Masing-masing channel juga mampu menampilkan angka dengan jelas sehingga Anda bisa mengetahui waktu yang tersisa dengan sekali lirik. Bila Anda mau, salah satu channel-nya juga bisa diset untuk menampilkan jam, lho! Dilengkapi magnet dan stand, Anda bisa menempelkannya di oven, kulkas, atau mendirikannya di meja.

Tipe Digital
Cara pemasangan Menggunakan magnet, stand, dan clip
Fitur lainnya Jam

Baca juga rekomendasi jam pasir dan peralatan dapur lainnya di sini

Di samping kitchen timer, Anda dapat memakai jam pasir untuk mengukur waktu memasak. Namun, masih banyak peralatan dapur lainnya yang dapat menunjang kenyamanan Anda saat memasak di dapur. Ketahui lebih detail mengenai cara memilih dan rekomendasi seluruh produk tersebut di sini.

Kesimpulan

Kitchen timer sangat bermanfaat untuk Anda gunakan mengukur waktu memasak. Anda bisa memilih produk tipe digital atau analog sesuai kebutuhan Anda.

Pastikan untuk mengecek adanya fitur vibrate, pengaturan volume dan jam pada produk pilihan Anda. Selain itu, produk yang waterproof akan tetap mudah digunakan bahkan saat tangan Anda basah. Ketahui cara pemasangannya dan pilihlah kitchen timer yang paling sesuai.