10 Rekomendasi Kitchen Timer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kitchen Timer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kitchen timer berguna untuk memastikan waktu memasak yang pas, untuk makanan yang Anda masak. Pada saat ini sangat banyak variasi kitchen timer yang beredar di pasaran dengan fitur yang berbeda-beda, seperti bunyi kitchen timer yang keras, kitchen timer dengan getaran, desain yang manis dan elegan, serta kitchen timer yang tahan air.

Kami juga akan merekomendasikan 10 kitchen timer terbaik yang dapat Anda pilih untuk menemani Anda di dapur. Dengan kitchen timer, kegiatan memasak Anda akan menjadi lebih mudah.

Daftar isi

Cara memilih kitchen timer

Ada berbagai macam kitchen timer dengan desain yang sederhana dan multifungsi. Kami menyarankan Anda untuk memilih kitchen timer berdasarkan kebutuhan Anda di dapur. Pilihlah kitchen timer dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini agar Anda mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih fitur yang ada

Pilih fitur yang ada

Pada mulanya, kitchen timer diciptakan untuk mengetahui berapa banyak waktu yang telah Anda gunakan selama memasak. Sekarang ini, kitchen timer memiliki fungsi yang beragam. Periksalah setiap fitur yang dimiliki kitchen timer dan pilihlah berdasarkan fungsi yang Anda butuhkan.

Beberapa fungsi tambahan yang ada pada kitchen timer adalah adanya pengaturan bunyi suara, warna yang bersinar, atau dapat bergetar. Ada juga kitchen timer yang tahan air maka Anda dapat menyentuhnya dengan tangan yang basah dan dapat dicuci sehingga kebersihannya akan selalu terjaga. Selain itu, kitchen timer ada yang memiliki fungsi dengan dua timer sekaligus. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang sering memasak beberapa masakan dalam waktu yang bersamaan.

Periksa layar dan tombol pengatur waktunya

Periksa layar dan tombol pengatur waktunya

Ukuran layar waktu juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Pada saat menggunakan kitchen timer, Anda pasti akan melihatnya beberapa kali secara sekilas, sehingga layar waktu dengan ukuran yang besar akan memudahkan Anda untuk melihatnya. Sebaliknya, kitchen timer dengan layar waktu yang lebih kecil akan lebih sulit untuk dilihat, tetapi dengan ukurannya yang lebih kecil, benda ini menjadi lebih mudah untuk dibawa di saku atau dipindahkan.

Jangan lupa untuk memeriksa cara kerja tombol yang ada pada kitchen timer. Sebagai contoh, ketika Anda ingin memasang waktu selama 58 menit, Anda akan kesulitan ketika menggunakan satu tombol saja dan harus ditekan sebanyak 58 kali. Pekerjaan ini akan lebih mudah ketika Anda menggunakan kitchen timer yang memiliki tombol angka sehingga Anda hanya perlu menekan tombol angka 5 dan angka 8 saja.

Tombol-tombol yang ada pada kitchen timer sangat berpengaruh terhadap kenyamanan penggunaanya. Lihat kembali fitur tombol ini sebelum Anda memilihnya.

Pilih berdasarkan desainnya

Pilih berdasarkan desainnya

Fungsi utama  kitchen timer memang sebagai alat pengukur waktu. Namun, mungkin saja Anda tidak tertarik untuk membelinya jika  kitchen  timer yang ada memiliki desain yang biasa saja dan membosankan.

Kitchen timer  yang ada saat ini memoriki desai yang sangat bayagam, yang memberikan Anda banyak pilihan untuk disesuaikan degan tema dapur Anda. Bahkan Anda dapat memilih  kitchen timer dengan desain yang wah untuk menghiasi dapur Anda, walaupun tidak banyak menggunakannya.  Kitchen timer saat ini sudah menjadi bagian dari desain interior.

Periksa baterai dan bagian belakangnya

Periksa baterai dan bagian belakangnya

Jenis baterai dan bagian belakang  kitchen timer adalah salah satu faktor yang dapat memberikan kenyamanan pada penggunaan kitchen timer . Perhatikanlah jenis baterai yang digunakan. Ada beberapa jenis baterai yang digunakan pada kitchen timer Ketika Anda memilih  kitchen timer  dengan baterai yang sama dengan baterai jam atau  remote TV maka Anda tidak perlu membeli beberapa jenis baterai yang berbeda.

Selain itu, perhatikanlah bagian belakang  kitchen timer. Saat akan membeli, bayangkanlah di mana kira-kira Anda akan meletakkan kitchen timer ini. Jika Anda akan menempelkan kitchen timer di pintu kulkas, tentunya kitchen timer tersebut harus memiliki magnet pada bagian belakangnya. Selain menggunakan magnet,  kitchen timer perlu memiliki tali atau kaitan untuk memudahkan Anda memakainya, baik dipakai di leher, diletakkan di meja ataupun dikaitkan ke pengait.

10 Rekomendasi kitchen timer terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi  kitchen timer  terbaik. Pilihan kami ini memiliki keunggulan dalam fungsi dan desain. Pilihlah  kitchen timer  dengan fungsi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

10. IKEA Stam Timer Digital

10. IKEA Stam Timer Digital

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 43.500

Desain minimalis asal Swedia, menambah warna dapur Anda

IKEA, penjual perabot rumah tangga asal Swedia, mengeluarkan  kitchen timer dengan desain yang minimalis dan fungsional. Penunjuk waktu dapat memperlihatkan menit dan detik dengan jelas. Walaupun memiliki desain yang sederhana,  kitchen timer ini memiliki pilihan warna-warni yang ceria untuk menghiasi dapur Anda. Apakah Anda tertarik untuk mengoleksi setiap warnanya?

Karena memiliki ukuran yang kecil, Anda tidak perlu lagi menyediakan tempat khusus untuk menyimpannya. Dengan adanya magnet pada bagian belakangnya, Anda cukup tempelkan pada pintu kulkas dapur. Perawatan  kitchen timer ini pun tidak sulit, hanya perlu Anda lap bersih dengan kain yang sedikit basah. Praktis dan dapat memberi “warna” di dapur Anda!

9. JOR Electronic Digital Kitchen Timer

9. JOR Electronic Digital Kitchen Timer

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 272.000

Desain menarik yang mudah untuk digunakan

Desain berbentuk ayam ini memberikan daya tarik lebih pada  kitchen timer  ini. Tidak hanya Anda saja yang dapat menggunakannya, ajaklah si kecil untuk menggunakannya di dapur sewaktu membuat masakan sederhana dengannya. Tentu si kecil akan lebih antusias menyiapkan makanan bersama Anda.

Penggunaan kitchen timer ini juga sangat mudah dan menarik. Mata dan hidung ayam berfungsi sebagai tombol pengatur kitchen timer. Anda dapat  menempelkan kitchen timer ini pada pintu kulkas Anda atau dapat Anda gantungkan pada kaitan yang ada di dinding dapur. Sesuaikanlah dengan dapur yang Anda miliki.

8. Timbangan Timer Digital

8. Timbangan Timer Digital

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Menimbang dan memasak dengan lebih tepat

Untuk menyediakan masakan yang sempurna, Anda memerlukan jumlah bahan masakan dan waktu memasak yang tepat. Dengan alat ini, Anda tidak perlu repot memiliki alat timbangan dan timer yang berbeda. Timbangan sekaligus timer ini sangat ringkas, mudah dalam penyimpanan, dan mudah untuk digunakan.

Timbangan dan timer ini memiliki layar LCD untuk menampilkan keterangan mengenai waktu dan berat yang Anda timbang. Sebagai timbangan, alat ini mampu menimbang hingga berat sebanyak 3 kg. Alat ini cocok bagi Anda yang memiliki tempat penyimpanan terbatas dan sering melakukan penimbangan, baik untuk pembuatan kopi maupun adonan kue.

7. Electronic Digital Clock Timer

7. Electronic Digital Clock Timer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 138.000

Fungsikan sebagai jam atau timer yang tahan air

Salah satu peralatan yang perlu ada di dapur adalah jam yang berfungsi sebagai penunjuk waktu. Anda tentunya ingin masakan Anda siap pada jam yang tepat, bukan? Kitchen timer dengan bentuk menyerupai ban ini dapat berfungsi sebagai jam sekaligus sebagai kitchen timer. Tak perlu lagi menengok ke jam dinding di kamar lain, tengok saja ke timer yang juga berupa jam ini.

Ketika Anda memasak, ada kemungkinan tangan Anda kotor karena terkena bahan masakan, dan pada saat tangan Anda kotor, Anda harus menyalakan kitchen timer. Tidak perlu khawatir, kitchen timer ini dapat dibersihkan di bawah air secara langsung, karena kitchen timer ini tahan air. Mantap, kan!

6. Machi Practical Cooking Digital Alarm

6. Machi Practical Cooking Digital Alarm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 87.900

Tampilan minimalis dengan layar LED

Keistimewaan utama dari kitchen timer ini adalah layar LED yang mudah dilihat sebagai penunjuk waktu menit dan detik dalam ukuran angka yang cukup besar. Tombol pengendali kitchen timer ini juga terdapat pada layar LED ini. Dengan memiliki tampilan minimalis dan terlihat high tech, kitchen timer ini  dapat menghias dapur Anda.

Kitchen timer ini dapat berfungsi sebagai alarm dan countdown timer. Sebagai countdown timer, alat ini dapat diatur hingga hitungan 99 menit dan 59 detik, yang akan membantu untuk mengingatkan Anda apabila waktu memasak Anda sudah selesai.

5. Kitchen Cooking Timer

5. Kitchen Cooking Timer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.000

Dengan tombol angka, pengaturan waktu menjadi lebih mudah

Ingin memasak dalam waktu yang lama, tetapi kesulitan dalam mengatur kitchen timer yang hanya memiliki satu tombol pengaturan? Dengan kitchen timer yang memiliki tombol pengaturan angka dari 0 – 9, pengaturan waktu masak yang lama tidak lagi jadi masalah. Anda dapat mengaturnya dengan mudah dan dapat diatur hingga 99 jam, 99 menit, dan 99 detik.

Fungsi lain yang sangat berguna adalah adanya fungsi pause and resume, yaitu Anda dapat memberhentikannya untuk sementara waktu ketika Anda sedang memasak. Kitchen timer ini dilengkapi dengan magnet untuk ditempelkan pada kulkas dan jepitan jika Anda ingin menaruhnya pada pintu lemari dapur. Sesuaikan waktunya, sesuaikan juga tempat menaruhnya sesuai kebutuhan.

4. IKEA Ordning Timer

4. IKEA Ordning Timer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Kitchen timer minimalis menambah kesan elegan pada dapur Anda

IKEA mengeluarkan berbagai macam peralatan dapur, salah satunya adalah kitchen timer manual dari bahan stainless steel ini. Yang diunggulkan dari kitchen timer ini adalah kualitasnya serta desain yang minimalis dan elegan, terlihat mewah pada saat diletakkan di dapur Anda.

Cara menggunakan kitchen timer manual ini adalah dengan memutarnya mengikuti arah jarum jam hingga angka menit yang diinginkan. Waktu yang dapat dihitung oleh kitchen timer ini adalah hingga 60 menit. Bila Anda suka timer yang diputar dan berdesain wah, tentunya ini adalah pilihan yang takkan Anda lewatkan!

3. Kitchen Cooking Timer LCD Digital

3. Kitchen Cooking Timer LCD Digital

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 422.370

Kitchen timer dengan pilihan fungsi getar atau suara musik

Keunggulan kitchen timer ini adalah adanya pilihan pengingat dalam bentuk getar atau suara musik ketika waktu memasak anda telah selesai. Anda dapat membawa alat ini ketika Anda sedang menunggu masakan Anda matang, dan alat ini akan bergetar atau berbunyi selama 60 detik ketika masakan Anda telah matang. Bila Anda punya bayi dan tak ingin ada suara alarm yang membangunkannya, fungsi getar dari timer ini pastinya sangat berguna bagi Anda.

Kitchen timer ini memiliki layar LCD yang dilengkapi dengan fungsi lampu belakang yang akan menyala selama 2 detik ketika Anda menekan salah tombol pada kitchen timer. Dengan adanya lampu ini, waktu memasak akan terlihat lebih jelas.

2. Countdown Timer 3 Line Display

2. Countdown Timer 3 Line Display 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 173.000

Dengan 3 fungsi dan 3 pengaturan waktu, pilihan tepat untuk dapur yang sibuk

Memasak 3 jenis masakan sekaligus dapat diatur dengan baik dengan menggunakan kitchen timer ini. Tak perlu menunggu satu masakan untuk beres, kalau Anda memasak dengan oven, grill, dan slow cooker sekaligus misalnya, cukup punya 1 timer ini saja dan semunaya dapat Anda pantau. Anda dapat melihat fungsinya sebagai jam, sebagai countdown timer, dan sebagai count up timer (stopwatch). Multifungsi dan sungguh praktis, bukan?

Kepraktisan kitchen timer ini dilengkapi dengan adanya magnet pada bagian belakangnya sehingga dapat Anda tempelkan pada pintu kulkas atau microwave yang ada di dapur Anda. Anda yang gemar memasak tentunya patut punya kitchen timer yang keren ini!

1. Habor Timer Multifungsi

1. Habor Timer Multifungsi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 746.570

Kitchen timer untuk memasak dalam waktu yang lama, hingga 24 jam

Kitchen timer dengan merek Habor ini berasal dari Amerika Serikat, memiliki layar LCD yang cukup besar dan jelas untuk menampilkan waktu memasak Anda. Untuk Anda yang menyenangi memasak dalam waktu yang lama, seperti rendang, ikan presto, ketupat, dan lain sebagainya, kitchen timer ini sangat membantu Anda karena dapat menghitung waktu hingga 24 jam.

Selain itu, dengan adanya fungsi memori Anda dapat memakai ulang setting waktu memasak yang sering Anda gunakan sehingga Anda tak perlu selalu mengulang setting di timer Anda. Tentunya praktis untuk Anda yang sering memasak menu favorit keluarga.  Bunyinya cukup keras, dapat terdengar hingga ke ruangan yang lain sehingga Anda takkan melewatkan bunyi alarmnya.

Kesimpulan

Bagaimana dengan rekomendasi  kitchen timer dari kami? Adakah yang sudah Anda pilih untuk kebutuhan dapur Anda?

Dengan variasi yang ada di pasaran, pilihlah kitchen timer yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Tentunya Anda dapat memasak  dengan lebih efisien dan efektif di dapur kesayangan Anda, dengan adanya kitchen timer yang tepat. Selamat memasak dan menikmati hidangan yang waktu memasaknya terkontrol dengan baik.