• 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)

Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang diberikan dengan usia kucing tersebut.

Produsen makanan hewan seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah produk terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 11 September 2020
  • 129.611 Views
Daftar isi

Cara memilih susu terbaik untuk kucing

Anak kucing berusia satu bulan masih belum bisa mengonsumsi makanan padat. Selama dalam masa pertumbuhan tersebut, anak kucing hanya bisa minum susu. Anda pun sebaiknya memilih susu kucing dengan bahan yang tepat, aman, serta dapat mencakup seluruh nutrisi yang diperlukan.


Selain itu, susu kucing dengan gizi seimbang juga bisa dikonsumsi sebagai camilan untuk kucing dewasa, lho! Karena memiliki berbagai varian, mungkin Anda akan bingung dalam memilih susu untuk kucing. Untuk itu, kami akan menjabarkan cara memilih produk susu kucing terbaik di bawah ini. Silakan disimak, ya!

Sesuaikanlah dengan usia kucing

Dalam memilih susu kucing yang tepat, perhatikanlah usia kucing Anda. Terdapat jenis susu yang cocok sebagai makanan pokok sebelum disapih, camilan untuk kucing dewasa, dan suplemen nutrisi untuk kucing usia lanjut.


Lalu, susu jenis mana yang cocok untuk kucing Anda? Anda tidak perlu khawatir akan keliru dalam memilih. Sebab, umumnya produsen telah menginformasikan usia kucing yang dianjurkan di setiap kemasan produknya. Karena itu, perhatikanlah produk yang Anda pilih sebelum membeli. Kami pun telah menjabarkan jenis susu yang sesuai dengan usia kucing di bawah ini.

Untuk anak kucing yang belum disapih, pilihlah susu tinggi protein dan lemak

Untuk anak kucing yang belum disapih, pilihlah susu tinggi protein dan lemak

Susu dengan kandungan gizi yang tinggi sebaiknya diberikan kepada anak kucing sebelum disapih. Selama periode ini, susu kucing dengan kandungan protein dan lemak tinggi sangat direkomendasikan.


Selain itu, laktoferin yang terkandung dalam kolostrum (ASI pertama) merupakan zat penting yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak kucing. Alasannya, laktoferin penting dalam meningkatkan kekebalan dan melindungi anak kucing dari penyakit menular. Jadi, ceklah keberadaan kandungan tersebut sebelum membeli, ya.

Untuk kucing dewasa, pilihlah susu rendah lemak dan tinggi protein

Untuk kucing dewasa, pilihlah susu rendah lemak dan tinggi protein

Setelah kucing mencapai usia satu tahun, pertumbuhannya akan melambat. Apabila diberi terlalu banyak susu tinggi kalori, kucing Anda akan mudah gemuk. Oleh sebab itu, pilihlah susu dengan kandungan seimbang sesuai dengan kondisi kucing Anda.

Untuk kucing berusia lanjut, pilihlah susu rendah lemak dengan banyak manfaat kesehatan

Untuk kucing berusia lanjut, pilihlah susu rendah lemak dengan banyak manfaat kesehatan

Untuk kucing senior atau berusia lanjut, susu kucing rendah lemak yang mendukung pemeliharaan gizi sangat dianjurkan. Jika Anda khawatir si kucing kekurangan nutrisi, Anda dapat memilih produk susu yang mengandung kondroitin dan glukosamina. Anda juga bisa menuangkan sedikit susu pada makanan. Dengan begitu, kesehatan kucing akan terpelihara sehingga dapat hidup sehat dan berumur lebih panjang.

Pilihlah berdasarkan teksturnya

Umumnya, terdapat dua tekstur dari susu kucing, yakni bubuk dan cair. Kedua jenis ini sama-sama berkhasiat. Silakan Anda simak perbedaannya pada ulasan di bawah ini.

Susu bubuk, pilihan yang lebih ekonomis

Susu bubuk, pilihan yang lebih ekonomis

Susu bubuk memerlukan air dingin atau hangat untuk dilarutkan sebelum diminum. Karena itu, membuatnya memang membutuhkan sedikit waktu dan usaha. Namun, harganya yang relatif murah membuat susu bubuk cocok untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran. Tak hanya itu, Anda juga dapat membuat dan mengontrol porsinya sebanyak yang kucing Anda butuhkan, lho!

Susu cair, pilihan yang lebih praktis

Susu cair, pilihan yang lebih praktis

Susu cair sangat praktis karena Anda tidak perlu melarutkannya terlebih dahulu dengan air. Anda dapat menghemat waktu karena jenis susu ini praktis dan hanya perlu dibuka kemasannya. Akan tetapi, susu cair yang sudah dibuka harus segera diberikan kepada kucing, ya. Sebab, susu cair tidak bisa disimpan dalam waktu lama dan sisanya harus segera dibuang.

Pilihlah berdasarkan nutrisi tambahannya

Selain mengandung gizi untuk pertumbuhan, susu kucing sebaiknya juga memiliki nutrisi tambahan, seperti glukosamina dan asam docosahexaenoic. Nutrisi tambahan akan memperkuat tubuh kucing Anda. Untuk itu, perhatikanlah poin berikut ini.

Susu yang dapat menunjang kesehatan pencernaan kucing

Susu yang dapat menunjang kesehatan pencernaan kucing

Bakteri asam laktat seperti bifidobacterium merupakan bakteri yang dapat menjaga kesehatan usus kucing. Ketika pencernaan kucing bermasalah, kondisi fisiknya pun akan menurun. Karena itu, Anda perlu memperhatikan pula kondisi gastrointestinalnya, terutama untuk anak kucing atau kucing lanjut usia.

Susu dengan nutrisi yang membantu memelihara kesehatan kucing

Susu dengan nutrisi yang membantu memelihara kesehatan kucing

Docosahexaenoic merupakan kandungan asam yang dapat menjaga kesehatan tubuh serta kulit kucing. Selain itu, ada pula nutrisi laktoferin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kucing. 


Sama seperti manusia, mineral seperti vitamin dan kalsium juga sangat diperlukan untuk memenuhi asupan gizi kucing di segala usia. Karena itu, ada baiknya Anda memilih susu dengan kandungan ini agar kesehatan anak bulu di rumah tetap terjaga.

Susu dengan kandungan zat yang tidak diproduksi oleh tubuh kucing

Susu dengan kandungan zat yang tidak diproduksi oleh tubuh kucing

Taurin adalah sejenis turunan asam amino yang banyak terkandung dalam susu kucing. Kandungan ini berguna dalam menjaga kesehatan mata dan organ dalam, serta membantu pemulihan tubuh. Karena tubuh kucing tidak mampu memproduksi taurin secara alami, susu yang mengandung nutrisi ini perlu Anda pertimbangkan.

10 Rekomendasi susu terbaik untuk kucing

Selanjutnya, di bawah ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu terbaik untuk kucing. Jangan lupa memilih produk berdasarkan usia kucing Anda, kandungan gizi, tekstur, dan setiap manfaat baiknya!

10
Berat isi20 gram/saset
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing (utama), kucing indukan yang menyusui, dan usia lanjut (sebagai suplemen)
NutrisiAntioksidan kompleks, vitamin E, vitamin C, lutein, taurin, oligosaccharide mannam
9
Berat isi10 gram/saset・200 gram/box
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing dan kucing dewasa
NutrisiWhey protein, probiotik
8
Berat isi250 gram
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing
NutrisiProtein 32%, minyak dan lemak 24%, crude ash 7%, kalsium 0,86%, fosfor 0,6%, sodium 0,5%, magnesium 0,16%, potasium 1,4%, berbagai vitamin, antioksidan
7
Berat isi200 gram
TeksturBubuk
Target usia kucingKucing segala usia
NutrisiTaurin, natural arachidonic acid, minyak, lemak, gula, turunan nabati, mineral, turunan laktosa dengan TGOS (1%), protein
6
Berat isi380 ml
TeksturCair
Target usia kucingKucing segala usia (dapat pula digunakan untuk anjing segala usia)
NutrisiTaurin, omega 3, vitamin E, beta-carotene, vitamin B12, yodium, vitamin B2, vitamin D, fosfor, kalsium, asam pantotenat, selenium, seng, biotin, protein, vitamin A
5
Berat isi250 gram
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing yang baru lahir, kucing hamil dan menyusui, serta kucing yang sedang sakit
NutrisiDHA (Docosahexaenoic Acid), vitamin, mineral, asam amino esensial, taurin
4
Berat isi200 ml
TeksturCair
Target usia kucingKucing di atas usia 6 minggu
NutrisiKalsium 1260 mg/kg, serat 1,7%, protein 3,7%, mineral, lemak 3,3%, material anorganik, laktosa < 0,%1, vitamin D3, vitamin E, biotin, taurin 900 mg
3
Berat isi200 gram
TeksturBubuk
Target usia kucingKucing segala usia dan yang sedang sakit
NutrisiLemak, minyak, mineral, vitamin D3, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, asam nikotinat, asam pantotenat, asam folat, kolin klorida, iodine, kobalt, protein mentah, lemak, serat, kalsium, fosfor, sodium
2
Berat isi300 gram
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing (0-2 bulan)
NutrisiMinyak sawit olahan, whey protein, minyak kedelai olahan, mineral, minyak ikan (DHA), minyak jamur (asam arakidonat), vitamin A, vitamin D3, taurin, antioksidan, lemak
1
Berat isi340 gram
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing hingga usia 6 minggu
NutrisiMinyak sayur, whey protein, kalium klorida, magnesium sulfat, taurin, fructooligosaccharide, vitamin A, vitamin D3, biotin, kalsium pantotenat, vitamin E, kalsium iodat, asam folat, vitamin B12

Tabel perbandingan produk susu terbaik untuk kucing

Gambar produk
1
Pet-Ag KMR® Kitten Milk Replacer Powder 1

Pet-Ag

2
Royal Canin  Babycat Milk 1

Royal Canin

3
Dr. Clauder’s Aufbau Plus Katzenmilch 1

Dr. Clauder’s

4
Whiskas  Cat Milk 200ml 1

Whiskas

5
Beaphar  Lactol Kitten Milk 1

Beaphar

6
ZEAL  New Zealand Lactose Free Pet Milk 1

ZEAL

7
Gimborn GimCat Cat-Milk 200 g 1

Gimborn

8
Top Growth Kitten Milk Replacer 1

Top Growth

9
Bioline  Goat Milk for Dogs and Cats 1

Bioline

10
Afilliate New Zealand Growssy Milk 1

Afilliate New Zealand

Nama produk

KMR® Kitten Milk Replacer Powder

Babycat Milk

Aufbau Plus Katzenmilch

Cat Milk 200ml

Lactol Kitten Milk

New Zealand Lactose Free Pet Milk

GimCat Cat-Milk 200 g

Kitten Milk Replacer

Goat Milk for Dogs and Cats

Growssy Milk

Keunggulan

Susu terbaik yang direkomendasikan banyak rumah sakit hewan

Dilengkapi gizi seimbang untuk anak kucing dari lahir sampai disapih

Asupan nutrisi komplet, baik untuk anak kucing maupun kucing yang sedang sakit

Rendah laktosa dan paling lezat untuk camilan kucing dewasa

Dukung tumbuh kembang anak kucing dengan gizi seimbang

Kucing memiliki alergi? Tidak masalah dengan produk ini!

Bebas pewarna dan pengawet buatan, aman untuk si kucing, deh!

Menjaga kucing agar tidak rentan pengaruh buruk lingkungan sekitar

Rendah laktosa dari induk kambing pilihan

Produk terlaris dan ekonomis untuk pertumbuhan anak kucing Anda

HargaRp 432.500,00Rp 266.800,00Rp 155.000,00Rp 95.000,00Rp 150.000,00Rp 67.500,00Rp 160.000,00Rp 32.200,00Rp 200.000,00Rp 3.780,00
Berat isi340 gram300 gram200 gram200 ml250 gram380 ml200 gram250 gram10 gram/saset・200 gram/box20 gram/saset
TeksturBubukBubukBubukCairBubukCairBubukBubukBubukBubuk
Target usia kucingAnak kucing hingga usia 6 mingguAnak kucing (0-2 bulan)Kucing segala usia dan yang sedang sakitKucing di atas usia 6 mingguAnak kucing yang baru lahir, kucing hamil dan menyusui, serta kucing yang sedang sakitKucing segala usia (dapat pula digunakan untuk anjing segala usia)Kucing segala usiaAnak kucingAnak kucing dan kucing dewasaAnak kucing (utama), kucing indukan yang menyusui, dan usia lanjut (sebagai suplemen)
NutrisiMinyak sayur, whey protein, kalium klorida, magnesium sulfat, taurin, fructooligosaccharide, vitamin A, vitamin D3, biotin, kalsium pantotenat, vitamin E, kalsium iodat, asam folat, vitamin B12Minyak sawit olahan, whey protein, minyak kedelai olahan, mineral, minyak ikan (DHA), minyak jamur (asam arakidonat), vitamin A, vitamin D3, taurin, antioksidan, lemakLemak, minyak, mineral, vitamin D3, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, asam nikotinat, asam pantotenat, asam folat, kolin klorida, iodine, kobalt, protein mentah, lemak, serat, kalsium, fosfor, sodiumKalsium 1260 mg/kg, serat 1,7%, protein 3,7%, mineral, lemak 3,3%, material anorganik, laktosa < 0,%1, vitamin D3, vitamin E, biotin, taurin 900 mgDHA (Docosahexaenoic Acid), vitamin, mineral, asam amino esensial, taurinTaurin, omega 3, vitamin E, beta-carotene, vitamin B12, yodium, vitamin B2, vitamin D, fosfor, kalsium, asam pantotenat, selenium, seng, biotin, protein, vitamin ATaurin, natural arachidonic acid, minyak, lemak, gula, turunan nabati, mineral, turunan laktosa dengan TGOS (1%), proteinProtein 32%, minyak dan lemak 24%, crude ash 7%, kalsium 0,86%, fosfor 0,6%, sodium 0,5%, magnesium 0,16%, potasium 1,4%, berbagai vitamin, antioksidanWhey protein, probiotikAntioksidan kompleks, vitamin E, vitamin C, lutein, taurin, oligosaccharide mannam
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk keperluan kucing lainnya di sini

Anda telah mengetahui lebih detail mengenai susu terbaik untuk kucing. Namun, keperluan untuk kucing ada begitu banyak. Untuk melengkapi kebutuhannya, kami telah menulis rekomendasi berbagai produk untuk si anak bulu kesayangan. Silakan Anda baca pada tautan di bawah ini.

Hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan susu kepada kucing

Kami telah memberikan rekomendasi produk susu terbaik untuk kucing Anda. Namun, ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan. Berikut ini, kami menambahkan beberapa poin cara memberikan susu, cara membuatnya, serta cara memberikannya kepada kucing.

Berikanlah susu khusus untuk kucing

Berikanlah susu khusus untuk kucing

Beberapa orang cenderung memberi kucing peliharaan mereka susu yang dikonsumsi oleh manusia, bukan susu khusus kucing. Namun, hal ini tidak boleh dilakukan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan kucing.

Susu sapi atau susu untuk manusia mengandung laktosa yang sulit dicerna oleh kucing. Laktosa bahkan memiliki kandungan tiga kali lebih banyak di dalam susu sapi. Tak hanya itu, protein yang terdapat di dalamnya pun tidak cocok untuk pertumbuhan kucing. Tidak jarang hal ini menyebabkan kucing mengalami diare. 


Kesimpulannya, susu sapi bukanlah produk tepat untuk kucing bahkan cukup berbahaya, terutama untuk anak kucing yang baru lahir. Untuk kucing kesayangan, pastikan Anda memberinya susu khusus kucing, ya.

Buatlah susu dengan temperatur yang mendekati suhu tubuh kucing

Buatlah susu dengan temperatur yang mendekati suhu tubuh kucing

Suhu adalah salah satu poin terpenting, terutama dalam membuat susu untuk anak kucing. Anda sebaiknya melarutkan susu dengan air hangat berkisar 38 derajat yang mendekati suhu tubuh kucing. Sebab, apabila terlalu dingin, anak kucing akan mengalami gangguan perut. Sedangkan bila terlalu panas, susu dikhawatirkan akan melukai lidah kucing.


Sebaliknya, susu dingin justru cocok dikonsumsi oleh kucing dewasa hingga lanjut usia. Susu bersuhu hangat dapat menggumpal di dalam perut sehingga berisiko membuat kucing dewasa dan lanjut usia mengalami diare.


Selain itu, Anda perlu memperhatikan frekuensi dan porsi susu yang diberikan. Sesuaikan porsinya dengan kebutuhan kucing Anda. Selain itu, susu kucing sendiri cenderung tidak bisa disimpan dalam waktu lama. Karena itu, buatlah susu setiap kali dibutuhkan saja. 

Jangan membaringkan kucing saat memberikan susu dengan botol

Jangan membaringkan kucing saat memberikan susu dengan botol

Setelah sebelumnya kami telah mengulas berbagai jenis susu, Anda sebaiknya juga mengetahui wadah yang cocok untuk memberikan susu. Selama masa menyusui hingga usia tiga minggu, berikanlah susu menggunakan pipet atau botol susu berukuran kecil. Jangan lupa, Anda pun perlu menggunting ujung dotnya sebelum dipakai.


Nah, setelah wadahnya siap, berhati-hatilah agar tidak membaringkan kucing saat memberinya susu. Berbeda dengan bayi manusia, jika anak kucing meminum susu sambil berbaring, air susu bisa menyumbat saluran pernapasannya.


Berikutnya, frekuensi pemberian susu dalam sehari tergantung pada kondisi pertumbuhannya. Anda perlu memperhatikan hal ini agar kucing Anda tidak kekurangan nutrisi. Sebagai panduan, anak kucing umumnya minum susu sekitar empat hingga delapan botol per hari. 


Lalu, bagaimana cara kita mengetahui kapan anak kucing bisa disapih? Sebenarnya tidak ada standar waktu yang tepat untuk menyapih anak kucing. Namun, biasanya anak kucing disapih ketika giginya sudah mulai tumbuh. 

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dari kami, apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Kucing adalah hewan peliharaan yang bahkan telah dianggap sebagai anggota keluarga. Tentu saja Anda ingin agar kucing kesayangan dapat tumbuh sehat, aktif, dan berumur panjang, bukan?

Untuk itu, cukupilah gizinya dengan makanan dan minuman terbaik, seperti susu kucing tinggi gizi yang telah kami rekomendasikan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    211.211 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Namun, ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan sebagainya. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin mana yang terbaik?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda di rumah. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, VITA-GEL, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, langsung saja simak ulasan kami di bawah ini!
    Perawatan hewan
    35.564 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    105.128 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Perawatan hewan
    84.846 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    88.495 Views
  • 10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Terdapat beragam tipe sisir kucing di pasaran. Kali ini, kami akan berbagi tips bagaimana cara memilih sisir kucing yang baik. Selain itu, sepuluh produk sisir kucing berbagai merek juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Mungkin Anda pernah mendengar merek Furminator? Tetaplah membaca dan ketahuilah sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Perawatan hewan
    6.544 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori