mybest
Makanan kucing

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Makanan hewan
  4. 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)

Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang cocok untuk anak kucing ataupun kucing dewasa.

Merek susu buat kucing, seperti Royal Canin, Growssy, dan Champion Breed telah kami ulas beserta kandungan nutrisinya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu kucing lainnya yang bagus. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
Diperbaharui 12-02-2022
drh. Tito Suprayoga
Pakar
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Demi mendukung keilmuannya di dunia praktisi hewan kecil, ia sering mengikuti continuing education baik nasional maupun internasional. Ia berpengalaman bekerja di PDHB drh. Cucu K. Sajuthi dkk Green Garden. Kini drh. Tito praktek mandiri di area Pekanbaru. Anda bisa menyapa drh. Tito di Instagram-nya untuk mengetahui informasi-informasi mengenai kesehatan dan perawatan anabul Anda.

Profil drh. Tito Suprayoga
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar dalam artikel ini meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu terbaik untuk kucing

Saat mencari susu yang bagus untuk kucing kesayangan Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, anak kucing berusia satu bulan belum bisa mengonsumsi makanan padat dan hanya bisa minum susu. Anda sebaiknya memilih susu dengan bahan yang tepat, aman, serta dapat mencakup seluruh nutrisi yang diperlukan.

① Sesuaikanlah dengan usia kucing

Dalam memilih susu kucing yang tepat, perhatikanlah usia kucing Anda. Terdapat jenis susu yang cocok sebagai makanan pokok sebelum disapih, camilan untuk kucing dewasa, dan suplemen nutrisi untuk kucing usia lanjut.

Kitten atau anak kucing: Cocok mengonsumsi susu tinggi protein dan lemak

Kitten atau anak kucing: Cocok mengonsumsi susu tinggi protein dan lemak

Susu dengan kandungan gizi yang tinggi sebaiknya diberikan kepada anak kucing sebelum disapih. Selama periode ini, susu dengan kandungan protein dan lemak tinggi yang baik untuk anak kucing  sangat direkomendasikan.


Selain itu, laktoferin yang terkandung dalam kolostrum (ASI pertama) merupakan zat penting yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak kucing. Alasannya, laktoferin penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi anak kucing dari penyakit menular. Jadi, ceklah keberadaan kandungan tersebut sebelum membeli.

drh. Tito Suprayoga
Veterinariandrh. Tito Suprayoga

Susu sambung yang terbaik adalah susu yang mencukupi kebutuhan nutrisi anak kucing. Selama fase pertumbuhan, anak kucing membutuhkan lebih banyak protein dalam pakannya. Protein tersebut berguna untuk mencukupi kebutuhan asam amino untuk membentuk komponen tubuh baru. Komponen tubuh yang dimaksud adalah hormon, enzim, antibodi, otot, kulit, dan jaringan organ.


Lemak mengandung energi dua kali lebih banyak dibandingkan protein dan karbohidrat. Susu tinggi lemak menyediakan kebutuhan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Selain itu, susu tinggi lemak juga berguna untuk membawa vitamin yang larut dalam lemak.


Asam lemak juga berperan penting dalam menjaga struktur dan fungsi sel. Asam lemak esensial juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing. Susu yang tinggi protein dan lemak sangat direkomendasikan untuk anak kucing pada masa pertumbuhannya.

Kucing dewasa: Susu rendah lemak dan tinggi protein sebagai pelengkap nutrisi

Kucing dewasa: Susu rendah lemak dan tinggi protein sebagai pelengkap nutrisi

Setelah kucing mencapai usia satu tahun, pertumbuhannya akan melambat. Apabila diberi terlalu banyak susu tinggi kalori, kucing dewasa Anda akan mudah gemuk. Oleh sebab itu, pilihlah susu dengan kandungan gizi seimbang sesuai dengan kondisi kucing Anda. Misalnya, susu dengan kandungan rendah lemak dan tinggi protein agar kucing dewasa tetap terjaga nutrisinya.

drh. Tito Suprayoga
Veterinariandrh. Tito Suprayoga

Sumber kalori atau energi kucing berasal dari karbohidrat, protein, dan lemak. Makin bertambah umurnya, kebutuhan energi per harinya akan makin sedikit. Jika suplai pakannya memiliki kalori berlebih, kelebihan kalori tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak otot. Hal inilah yang dapat menyebabkan obesitas pada kucing dewasa.


Bobot badan yang tidak ideal tentu akan memunculkan permasalahan kesehatan yang serius. Pada usia ini, kucing sebaiknya diberi susu yang mengandung zat-zat untuk memelihara berbagai fungsi tubuh.

Kucing berusia lanjut: Susu bebas laktosa dengan banyak manfaat kesehatan

Kucing berusia lanjut: Susu bebas laktosa dengan banyak manfaat kesehatan

Untuk kucing senior atau berusia lanjut, susu bebas laktosa yang mendukung pemeliharaan gizi sangat dianjurkan. Jika Anda khawatir si kucing kekurangan nutrisi, pilih produk susu yang mengandung kondroitin dan glukosamina. Anda juga bisa menuangkan sedikit susu pada makanan. Dengan begitu, kesehatan kucing akan terpelihara sehingga dapat hidup sehat dan berumur lebih panjang.

drh. Tito Suprayoga
Veterinariandrh. Tito Suprayoga

Pemberian susu pada kucing usia lanjut tidak ditujukan untuk mendukung pertumbuhan serta menyuplai energi. Pada usia ini, pertumbuhan kucing sudah berhenti sehingga kebutuhan energi per hari makin sedikit. Sebaliknya, sediakanlah zat-zat yang dibutuhkan kucing untuk memelihara berbagai bagian tubuhnya.


Contohnya, susu yang mengandung asam lemak esensial sangat bagus untuk menjaga kulit kucing tetap normal dan bulu tetap berkilau. Namun, untuk kucing usia lanjut, pemberian susu yang mengandung protein tinggi tidaklah tepat. Fungsi ginjal pada kucing tua sudah menurun dan susu tersebut dapat berkontribusi pada perkembangan kerusakan ginjal.

② Pilihlah berdasarkan teksturnya

Pilihlah berdasarkan teksturnya

Umumnya, terdapat dua tekstur dari susu kucing, yakni bubuk dan cair. Kedua jenis ini sama-sama berkhasiat. Anda dapat memilih sesuai kemudahan dan juga kandungan yang cocok untuk anabul kesayangan.


  • Susu bubuk perlu dilarutkan dengan air dingin atau hangat sebelum diminum. Karena itu, membuat susu jenis ini memang membutuhkan sedikit waktu dan usaha. Namun, harganya yang relatif murah menjadikan susu bubuk cocok untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengontrol porsinya sesuai kebutuhan kucing Anda.

  • Susu cair sangat praktis karena Anda tidak perlu melarutkannya terlebih dahulu dengan air. Anda dapat menghemat waktu karena jenis susu ini praktis dan hanya perlu dibuka kemasannya. Akan tetapi, susu cair yang sudah dibuka harus segera diberikan kepada kucing, ya. Susu cair tidak bisa disimpan dalam waktu lama dan sisanya harus segera dibuang.

③ Perhatikan kandungan nutrisi tambahannya

Selain mengandung gizi untuk pertumbuhan, susu kucing sebaiknya juga memiliki nutrisi tambahan seperti glukosamina dan asam docosahexaenoic. Nutrisi tambahan akan memperkuat tubuh kucing Anda.

Bakteri asam laktat: Untuk menunjang pencernaan kucing

Bakteri asam laktat: Untuk menunjang pencernaan kucing

Bakteri asam laktat seperti bifidobacterium merupakan bakteri yang dapat menjaga kesehatan usus kucing. Ketika pencernaan kucing bermasalah, kondisi fisiknya pun akan menurun. Karena itu, Anda perlu memperhatikan pula kondisi gastrointestinalnya, terutama untuk anak kucing atau kucing lanjut usia.

drh. Tito Suprayoga
Veterinariandrh. Tito Suprayoga

Kucing merupakan karnivor sejati yang memiliki keterbatasan aktivitas enzim amilase pada pankreas dan usus kecilnya. Akibatnya, kucing tidak menerima diet atau susu yang mengandung pati. Oleh karena itu, susu tanpa komposisi karbohidrat kompleks menjadi pilihan yang tepat. Kandungan bahan tambahan seperti probiotik dalam susu juga dapat menunjang kesehatan sistem pencernaan kucing.

Vitamin dan mineral: Rawat kesehatan kulit, bulu, dan kekebalan tubuh kucing

Vitamin dan mineral: Rawat kesehatan kulit, bulu, dan kekebalan tubuh kucing

Docosahexaenoic merupakan kandungan asam yang dapat menjaga kesehatan tubuh serta kulit kucing. Selain itu, ada pula nutrisi laktoferin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kucing.


Sama seperti manusia, vitamin dan mineral juga sangat diperlukan untuk memenuhi asupan gizi kucing di segala usia. Misalnya, pilih susu buat kucing yang mengandung vitamin E atau Omega 6 dan 12 untuk keindahan bulu. Kandungan ini juga dapat mencegah terjadinya alergi kulit dan gatal-gatal pada kucing.

drh. Tito Suprayoga
Veterinariandrh. Tito Suprayoga

Vitamin dan mineral dalam susu penting untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan kucing. Contohnya, vitamin A sangat penting untuk meningkatkan fungsi penglihatan dan imunitas. Sementara itu, vitamin D penting untuk menjaga status mineral tubuh, keseimbangan fosfor, dan memelihara struktur tulang.


Kurang lebih terdapat dua belas mineral yang menjadi nutrisi esensial untuk kucing. Mineral tersebut yaitu kalsium, fosfor, magnesium, sodium, potasium, klorin, iron, copper, zinc, mangan, selenium, dan iodine.


Kalsium dan fosfor sangat penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Magnesium, kalium, dan natrium berguna untuk transmisi impuls saraf, kontraksi otot, dan pensinyalan sel. Mineral lain, seperti selenium, tembaga, dan molibdenum bertindak sebagai penolong dalam berbagai macam reaksi enzimatik.


Namun, jangan lupa juga untuk memperhatikan berapa banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kucing per harinya. Agar tidak menimbulkan permasalahan kesehatan, ada baiknya jika Anda mengonsultasikannya dengan dokter hewan.

Taurin: Kandungan zat yang tidak diproduksi oleh tubuh kucing

Taurin: Kandungan zat yang tidak diproduksi oleh tubuh kucing

Taurin adalah sejenis turunan asam amino yang banyak terkandung dalam susu kucing. Kandungan ini berguna dalam menjaga kesehatan mata dan organ dalam, serta membantu pemulihan tubuh. Karena tubuh kucing tidak mampu memproduksi taurin secara alami, susu yang mengandung nutrisi ini perlu Anda pertimbangkan.

drh. Tito Suprayoga
Veterinariandrh. Tito Suprayoga

Ada beberapa zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh kucing, baik untuk pertumbuhan maupun pemeliharaan kesehatan. Namun, zat-zat ini ada yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh kucing, contohnya taurin.


Taurin merupakan asam amino yang sangat penting untuk pembentukan empedu, kesehatan mata, dan fungsi otot jantung. Kucing membutuhkan taurin dalam jumlah yang relatif tinggi untuk fungsi tubuhnya. Namun, kucing memiliki enzim terbatas untuk menghasilkan taurin dari asam amino lain seperti metionina dan sistein.


Selain itu, ada juga arachidonic acid. Tidak seperti anjing, kucing tidak bisa memproduksi arachidonic acid dari linoleic acid atau gamma-Linolenic acid. Arachidonic acid merupakan asam lemak esensial yang diperlukan kucing untuk menghasilkan respon peradangan. Arachidonic acid juga berperan dalam mengatur pertumbuhan kulit, fungsi sistem reproduksi, dan lainnya.

10 Rekomendasi susu terbaik untuk kucing

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu terbaik untuk kucing yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Afilliate New Zealand

Growssy Milk

Afilliate New Zealand Growssy Milk 1枚目

Dapat dikonsumsi kucing di semua usia

2

Top Growth

Kitten Milk Replacer

Top Growth Kitten Milk Replacer 1枚目

Menjaga kucing agar tidak rentan pengaruh buruk lingkungan sekitar

3

Champion Breed

Premium Milk Replacer

Champion Breed Premium Milk Replacer 1枚目

Diperkaya susu skim yang rendah lemak dan bernutrisi tinggi

4

Freelac

Milk Replacer for Kitten

Freelac Milk Replacer for Kitten 1枚目

Bebas laktosa, aman untuk pencernaan kucing

5

Royal Canin

Babycat Milk

Royal Canin  Babycat Milk 1枚目

Dilengkapi gizi seimbang untuk anak kucing dari lahir sampai disapih

6

Longlife

Milk Cats

Longlife Milk Cats 1枚目

Kandungan lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing

7

Dr. K Pet Milk

 Dr. K Pet Milk 1枚目

Susu kucing premium bantu perkuat imun

8

Ameri+Pro Highly Digestible Milk Replacer

 Ameri+Pro Highly Digestible Milk Replacer 1枚目

Mudah dicerna membuat anak kucing makin aktif dan kesehatan terjaga

9

ZEAL

Pet Milk

ZEAL  Pet Milk 1枚目

Kucing memiliki alergi? Tidak masalah dengan produk ini!

10

Tri Daya Varuna

MilkyVar

Tri Daya Varuna MilkyVar 1枚目

Susu non laktosa untuk kucing, seimbangkan nutrisi dan aman untuk pencernaan

Perincian produk
Close
No.1

Afilliate New ZealandGrowssy Milk

Mulai dari Rp2.700,00

Dapat dikonsumsi kucing di semua usia

Kelebihan:

  • Tekstur susu memiliki struktur bubuk granula mikro sehingga cepat larut dan tidak menggumpal

Kekurangan:

  • Tidak cocok diberikan untuk kucing yang memiliki alergi

Inilah salah satu produk susu kucing yang menempati peringkat penjualan tertinggi. Susu yang berafiliasi dengan perusahaan di New Zealand ini memiliki struktur bubuk granula mikro. Hal ini membuatnya cepat larut dan tidak menggumpal.


Selain itu, kadar laktosa yang cukup rendah menjadikannya mudah dicerna. Tidak hanya cocok buat anak kucing, produk ini juga bisa diandalkan sebagai susu kucing menyusui. Apabila Anda memiliki kucing usia lanjut, susu ini pun bisa digunakan sebagai suplemen. Produk ini wajib diperhitungkan bila Anda mencari susu yang cepat tercampur dan cocok diminum kucing segala usia.

No.2

Top GrowthKitten Milk Replacer

Mulai dari Rp2.690,00

Menjaga kucing agar tidak rentan pengaruh buruk lingkungan sekitar

Kelebihan:

  • Menambah nutrisi anak kucing yang tidak menyusu pada induknya
  • Tersedia dalam bentuk saset
  • Mengandung potasium dan kalsium untuk pertumbuhan tulang

Kekurangan:

  • Berdasarkan formulanya, tidak disarankan untuk kucing dewasa atau lanjut usia

Susu yang satu ini mengandung kalsium dan potasium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Tak hanya itu, berbagai kandungan vitamin di dalamnya pun sangat membantu anak kucing Anda dalam tumbuh kembangnya.


Dengan produk ini, tubuh si kucing kecil akan kuat dan tidak mudah rentan terhadap pengaruh buruk dari lingkungan sekitar. Karena itu, kami merekomendasikan susu ini untuk anak kucing yang tidak menyusu pada induknya agar tetap tumbuh sehat.

No.3

Champion BreedPremium Milk Replacer

Mulai dari Rp2.000,00

Diperkaya susu skim yang rendah lemak dan bernutrisi tinggi

Kelebihan:

  • Aman untuk anak kucing dengan intoleransi laktosa

Kekurangan:

  • Tidak disarankan untuk dikonsumsi kucing dewasa

Tidak semua induk kucing mau menyusui anaknya setelah melahirkan. Hal ini membuat bayi kucing kehilangan nutrisi yang seharusnya didapatkan dari susu induknya. Untuk mengatasi hal tersebut, coba saja berikan susu untuk kitten satu ini.


Produk ini menggunakan susu skim di dalam kandungannya yang berguna untuk mengantisipasi intoleransi laktosa anabul. Kandungan rendah lemak dari susu skim juga membantu gizi anabul terjaga. Dengan begitu, pencernaan bayi kucing tetap aman dan nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi.

No.4

FreelacMilk Replacer for Kitten

Mulai dari Rp2.400,00

Bebas laktosa, aman untuk pencernaan kucing

Kelebihan:

  • Bebas laktosa sehingga kian kecil kemungkinan menimbulkan diare

Kekurangan:

  • Anda perlu waktu untuk mengaduk susu hingga larut sempurna

Produk yang satu ini hadir dengan formula alami yang kaya akan vitamin. Susu ini diklaim 100% bebas laktosa sehingga aman untuk kucing yang berisiko mengalami lactose intolerance. Untuk itu, susu kucing ini dapat membantu melindungi pencernaan.


Susu ini dapat pula berfungsi sebagai suplemen untuk memelihara kesehatan kucing dewasa, termasuk susu buat kucing menyusui. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin menghadirkan susu serupa susu induk bagi kucing kesayangan.

No.5

Royal Canin Babycat Milk

Mulai dari Rp357.000,00

Dilengkapi gizi seimbang untuk anak kucing dari lahir sampai disapih

Kelebihan:

  • Diperkaya DHA yang bermanfaat untuk kognitif anak kucing
  • Tekstur susu halus dan mudah larut dalam air hangat ataupun dingin

Kekurangan:

  • Dibandingkan produk rekomendasi lain, harganya cukup mahal

Royal Canin adalah perusahaan makanan hewan peliharaan asal Prancis dengan beragam produk terlaris. Babycat Milk ini adalah susu tinggi gizi yang memiliki segala kebaikan untuk pertumbuhan anak kucing.


Produk ini diperkaya DHA yang baik untuk tumbuh kembang fungsi kognitif anak kucing. Selain itu, susu ini memiliki tekstur bubuk yang halus dan mudah larut di dalam air hangat ataupun dingin, dijamin tanpa penggumpalan. Produk dari Royal Canin ini tepat dipilih jika Anda mencari susu untuk anak kucing berusia hingga dua bulan.

No.6

Kandungan lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing

Kelebihan:

  • Mengandung glukosamina dan kondroitin yang membantu menjaga kesehatan kucing

Kekurangan:

  • Susu yang telah dilarutkan tidak bisa dibiarkan terlalu lama

Longlife mengeluarkan dua seri susu kucing yang diperuntukkan bagi anak kucing. Nah, produk yang kami rekomendasikan ini merupakan varian untuk kucing di atas dua bulan. Susu ini diformulasikan dengan kandungan gizi seimbang untuk menjamin asupan nutrisi anak kucing dalam masa pertumbuhan.


Produk ini mengandung kondroitin dan glukosamina yang membantu menjaga kesehatan kucing. Kandungan nutrisinya lengkap, susu ini tentu bisa Anda pilih untuk dijadikan suplemen kucing dewasa atau kucing yang sedang sakit.

No.7

Susu kucing premium bantu perkuat imun

Kelebihan:

  • Adanya kandungan kolostrum yang berguna sebagai antibodi
  • Memiliki kandungan yucca yang dapat mengurangi bau tak sedap pada kotoran
  • Aman untuk kucing yang memiliki alergi

Kekurangan:

  • Susu cair memiliki ketahanan yang tidak terlalu lama

Dr. K Pet Milk adalah susu khusus kucing asal Korea dengan tekstur cair dan bebas laktosa. Keunggulan susu kucing ini adalah adanya kolostrum yang berguna sebagai antibodi. Biasanya, kandungan ini didapat dari susu yang pertama keluar dari induk kucing setelah melahirkan. Oleh karena itu, produk ini bagus Ada pilih untuk memperkuat imun kucing.


Kandungan lain yang menarik adalah adanya yucca yang berguna untuk mengurangi bau tak sedap pada kotoran kucing. Jadi, Anda tidak merasa terganggu dengan aroma pada litter box. Di samping keunggulan tersebut, jika Anda mencari rekomendasi susu untuk kucing yang hypoallergenic, produk ini bisa diandalkan.

No.8

Ameri+Pro Highly Digestible Milk Replacer

Mulai dari Rp43.000,00

Mudah dicerna membuat anak kucing makin aktif dan kesehatan terjaga

Kelebihan:

  • Mengandung probiotik alami yang bermanfaat untuk sistem pencernaan
  • Dapat dikonsumsi untuk kucing baru lahir, kucing yang sedang hamil dan menyusui

Kekurangan:

  • Tidak tersedia ukuran saset

Berikutnya, kami merekomendasikan produk susu yang bagus untuk anak kucing, dari usia baru lahir hingga dua bulan. Brand yang mengklaim produknya vets recommended ini mengandung probiotik alami. Untuk itu, susu ini mampu melindungi dan memelihara pencernaan.


Produk ini juga disarankan bagi Anda yang mencari susu untuk kucing menyusui atau sedang hamil. Kandungan kalsium, zat besi, taurin, dan vitamin di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan gizi si anak bulu. Alhasil, kucing pun makin aktif dan daya tahan tubuhnya selalu terjaga.

No.9

Kucing memiliki alergi? Tidak masalah dengan produk ini!

Kelebihan:

  • Produk bebas gluten dan low allergen sehingga cocok untuk kucing yang memiliki alergi

Kekurangan:

  • Susu cair expired lebih cepat dibanding susu bubuk

Zeal Pet Milk menggunakan bahan yang 99,5% bebas laktosa sehingga sangat mudah dicerna. Meski begitu, susu kucing ini masih memiliki rasa lezat susu sapi yang disukai oleh kucing. Produk ini juga bebas dari gluten serta low allergen. Jadi, susu kucing ini kami rekomendasikan untuk kucing segala usia Anda yang memiliki alergi.


Selain kaya akan vitamin dan kalsium, susu ini juga mengandung nutrisi penting lainnya. Kandungannya tersebut bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan tulang, dan menjaga kesehatan jantung kucing Anda.

No.10

Susu non laktosa untuk kucing, seimbangkan nutrisi dan aman untuk pencernaan

Kelebihan:

  • Dapat dikonsumsi kucing yang sedang hamil ataupun menyusui
  • Cocok untuk anak kucing yang baru lahir
  • Bebas laktosa sehingga aman untuk pencernaan

Kekurangan:

  • Jika sudah dilarutkan, hanya dapat dikonsumsi tidak lebih dari 1,5 jam

Anda sedang mencari susu untuk anak kucing baru lahir tanpa induk? MilkyVar bisa menjadi solusinya. Kaya protein dan lemak, susu ini juga cocok bagi Anda yang ingin memberikan susu untuk induk kucing menyusui ataupun sedang hamil.


Dengan klaim bebas laktosa, susu ini juga kian aman untuk pencernaan kucing. Selain itu, jangan memaksa kucing untuk menghabiskan susu ini jika sudah lebih dari 1,5 jam setelah dilarutkan, ya.

Hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan susu kepada kucing

Kami telah memberikan rekomendasi produk susu terbaik untuk kucing Anda. Namun, ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan. Berikut ini, kami menambahkan pembahasan cara membuat serta bagaimana memberikannya kepada kucing.

Berikanlah susu khusus untuk kucing

Berikanlah susu khusus untuk kucing

Susu sapi atau susu untuk manusia mengandung laktosa yang sulit dicerna oleh kucing sehingga dapat menyebabkan kucing diare. Laktosa bahkan memiliki kandungan tiga kali lebih banyak di dalam susu sapi. Tak hanya itu, protein yang terdapat di dalamnya pun tidak cocok untuk pertumbuhan kucing.


Oleh karena itu, susu sapi bukanlah produk tepat untuk kucing bahkan cukup berbahaya, terutama untuk anak kucing. Untuk kucing kesayangan, pastikan Anda memberinya susu khusus kucing, ya.

drh. Tito Suprayoga
Veterinariandrh. Tito Suprayoga

Hindari pemberian susu komersial yang komposisi nutrisi di dalamnya tidak dipersiapkan untuk pencernaan kucing. Contohnya, susu dengan kandungan laktosa yang cukup tinggi akan menyebabkan lactose intolerance (diare) pada kucing.

Buatlah susu dengan temperatur yang mendekati suhu tubuh kucing

Buatlah susu dengan temperatur yang mendekati suhu tubuh kucing

Suhu adalah salah satu poin terpenting, terutama dalam membuat susu untuk anak kucing. Anda sebaiknya melarutkan susu dengan air hangat berkisar 38 derajat yang mendekati suhu tubuh kucing. Ini karena anak kucing akan mengalami gangguan perut apabila susu terlalu dingin. Sementara itu, susu dikhawatirkan akan melukai lidah kucing jika terlalu panas.


Sebaliknya, susu dingin justru cocok dikonsumsi oleh kucing dewasa hingga lanjut usia. Susu bersuhu hangat dapat menggumpal di dalam perut sehingga berisiko membuat kucing dewasa dan lanjut usia mengalami diare.


Selain itu, Anda perlu memperhatikan frekuensi dan porsi susu yang diberikan. Sesuaikan porsinya dengan kebutuhan kucing Anda. Susu kucing sendiri cenderung tidak bisa disimpan dalam waktu lama. Karena itu, buatlah susu setiap kali dibutuhkan saja.

drh. Tito Suprayoga
Veterinariandrh. Tito Suprayoga

Buatlah susu sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan, termasuk temperatur air yang digunakan untuk mengencerkan susu. Hal ini berkaitan dengan ketahanan nutrisi yang terkandung supaya tidak terdegradasi oleh suhu yang terlalu tinggi.


Untuk susu kucing, usahakan temperatur airnya mendekati suhu tubuh kucing tersebut. Hal ini dilakukan supaya kucing tidak stres dan trauma, baik secara fisiologis maupun dari sisi anatomi kucing tersebut.

Jangan membaringkan kucing saat memberikan susu dengan botol

Jangan membaringkan kucing saat memberikan susu dengan botol

Anda sebaiknya juga mengetahui wadah yang cocok untuk memberikan susu. Selama masa menyusui hingga usia tiga minggu, berikanlah susu menggunakan pipet atau botol susu berukuran kecil. Anda juga perlu menggunting ujung dotnya sebelum dipakai.


Nah, setelah wadahnya siap, berhati-hatilah agar tidak membaringkan kucing saat memberinya susu. Berbeda dengan bayi manusia, jika anak kucing meminum susu sambil berbaring, air susu bisa menyumbat saluran pernapasannya.


Berikutnya, frekuensi pemberian susu dalam sehari tergantung pada kondisi pertumbuhannya. Anda perlu memperhatikan hal ini agar kucing tidak kekurangan nutrisi. Sebagai panduan, anak kucing umumnya minum susu sekitar empat hingga delapan botol per hari.

drh. Tito Suprayoga
Veterinariandrh. Tito Suprayoga

Ketahuilah posisi yang tepat untuk menyusui kucing. Posisi yang paling baik adalah sesuai dengan kebiasaan normal kucing ketika menyusu ke induk. Membaringkan tubuh kucing ketika diberi susu menggunakan botol dapat menyebabkan masuknya air susu ke dalam saluran pernapasan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada paru-paru akibat terisi cairan dan mengganggu proses pernapasan kucing.

Baca juga rekomendasi produk keperluan kucing lainnya di sini

Anda telah mengetahui lebih detail mengenai susu terbaik untuk kucing. Namun, keperluan untuk kucing ada begitu banyak. Untuk melengkapi kebutuhannya, kami telah menulis rekomendasi berbagai produk untuk si anak bulu kesayangan. Silakan Anda baca pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dari kami, apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Kucing adalah hewan peliharaan yang bahkan telah dianggap sebagai anggota keluarga. Tentu saja Anda ingin agar kucing kesayangan dapat tumbuh sehat, aktif, dan berumur panjang, bukan?

Untuk itu, cukupilah gizinya dengan makanan dan minuman terbaik, seperti susu kucing tinggi gizi yang telah kami rekomendasikan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya!

5 Rekomendasi Susu untuk Kucing terbaik

No. 1Afilliate New ZealandGrowssy Milk

No. 2Top GrowthKitten Milk Replacer

No. 3Champion BreedPremium Milk Replacer

No. 4FreelacMilk Replacer for Kitten

No. 5Royal Canin Babycat Milk

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer