• 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.

Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Tito Suprayoga
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Veterinarian, drh. Tito Suprayoga, M.Sc.

Profil pakar: Veterinarian, drh. Tito Suprayoga, M.Sc.

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM.


Sejak 2017 hingga saat ini, pemilik akun Instagram @titosuprayoga ini bekerja dan mendalami bidang praktisi hewan kesayangan. Pria yang pernah menjadi asisten dosen Patologi Anatomi ini juga menekuni bidang genetik molekuler hewan. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu terbaik untuk kucing

Saat mencari susu untuk kucing kesayangan Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, anak kucing berusia satu bulan belum bisa mengonsumsi makanan padat dan hanya bisa minum susu. Anda sebaiknya memilih susu dengan bahan yang tepat, aman, serta dapat mencakup seluruh nutrisi yang diperlukan.

Sesuaikanlah dengan usia kucing

Dalam memilih susu kucing yang tepat, perhatikanlah usia kucing Anda. Terdapat jenis susu yang cocok sebagai makanan pokok sebelum disapih, camilan untuk kucing dewasa, dan suplemen nutrisi untuk kucing usia lanjut.

Untuk anak kucing yang belum disapih, pilihlah susu tinggi protein dan lemak

Untuk anak kucing yang belum disapih, pilihlah susu tinggi protein dan lemak

Susu dengan kandungan gizi yang tinggi sebaiknya diberikan kepada anak kucing sebelum disapih. Selama periode ini, susu untuk kucing dengan kandungan protein dan lemak tinggi sangat direkomendasikan.


Selain itu, laktoferin yang terkandung dalam kolostrum (ASI pertama) merupakan zat penting yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak kucing. Alasannya, laktoferin penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi anak kucing dari penyakit menular. Jadi, ceklah keberadaan kandungan tersebut sebelum membeli.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Susu sambung yang terbaik adalah susu yang mencukupi kebutuhan nutrisi anak kucing. Selama fase pertumbuhan, anak kucing membutuhkan lebih banyak protein dalam pakannya. Protein tersebut berguna untuk mencukupi kebutuhan asam amino untuk membentuk komponen tubuh baru. Komponen tubuh yang dimaksud adalah hormon, enzim, antibodi, otot, kulit, dan jaringan organ.


Lemak mengandung energi dua kali lebih banyak dibandingkan protein dan karbohidrat. Susu tinggi lemak menyediakan kebutuhan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Selain itu, susu tinggi lemak juga berguna untuk membawa vitamin yang larut dalam lemak.


Asam lemak juga berperan penting dalam menjaga struktur dan fungsi sel. Asam lemak esensial juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing. Susu yang tinggi protein dan lemak sangat direkomendasikan untuk anak kucing pada masa pertumbuhannya.

Untuk kucing dewasa, pilihlah susu rendah lemak dan tinggi protein

Untuk kucing dewasa, pilihlah susu rendah lemak dan tinggi protein

Setelah kucing mencapai usia satu tahun, pertumbuhannya akan melambat. Apabila diberi terlalu banyak susu tinggi kalori, kucing Anda akan mudah gemuk. Oleh sebab itu, pilihlah susu dengan kandungan gizi seimbang sesuai dengan kondisi kucing Anda.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Sumber kalori atau energi kucing berasal dari karbohidrat, protein, dan lemak. Makin bertambah umurnya, kebutuhan energi per harinya akan makin sedikit. Jika suplai pakannya memiliki kalori berlebih, kelebihan kalori tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak otot. Hal inilah yang dapat menyebabkan obesitas pada kucing dewasa.


Bobot badan yang tidak ideal tentu akan memunculkan permasalahan kesehatan yang serius. Pada usia ini, kucing sebaiknya diberi susu yang mengandung zat-zat untuk memelihara berbagai fungsi tubuh.

Untuk kucing berusia lanjut, pilihlah susu rendah lemak dengan banyak manfaat kesehatan

Untuk kucing berusia lanjut, pilihlah susu rendah lemak dengan banyak manfaat kesehatan

Untuk kucing senior atau berusia lanjut, susu rendah lemak yang mendukung pemeliharaan gizi sangat dianjurkan. Jika Anda khawatir si kucing kekurangan nutrisi, Anda dapat memilih produk susu yang mengandung kondroitin dan glukosamina. Anda juga bisa menuangkan sedikit susu pada makanan. Dengan begitu, kesehatan kucing akan terpelihara sehingga dapat hidup sehat dan berumur lebih panjang.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Pemberian susu pada kucing usia lanjut tidak ditujukan untuk mendukung pertumbuhan serta menyuplai energi. Pada usia ini, pertumbuhan kucing sudah berhenti sehingga kebutuhan energi per hari makin sedikit. Sebaliknya, sediakanlah zat-zat yang dibutuhkan kucing untuk memelihara berbagai bagian tubuhnya. 


Contohnya, susu yang mengandung asam lemak esensial sangat bagus untuk menjaga kulit kucing tetap normal dan bulu tetap berkilau. Namun, untuk kucing usia lanjut, pemberian susu yang mengandung protein tinggi tidaklah tepat. Fungsi ginjal pada kucing tua sudah menurun dan susu tersebut dapat berkontribusi pada perkembangan kerusakan ginjal.

Pilihlah berdasarkan teksturnya

Umumnya, terdapat dua tekstur dari susu kucing, yakni bubuk dan cair. Kedua jenis ini sama-sama berkhasiat. Silakan Anda simak perbedaannya pada ulasan di bawah ini.

Susu bubuk, pilihan yang lebih ekonomis

Susu bubuk, pilihan yang lebih ekonomis

Susu bubuk perlu dilarutkan dengan air dingin atau hangat sebelum diminum. Karena itu, membuat susu jenis ini memang membutuhkan sedikit waktu dan usaha. Namun, harganya yang relatif murah menjadikan susu bubuk cocok untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengontrol porsinya sesuai kebutuhan kucing Anda.

Susu cair, pilihan yang lebih praktis

Susu cair, pilihan yang lebih praktis

Susu cair sangat praktis karena Anda tidak perlu melarutkannya terlebih dahulu dengan air. Anda dapat menghemat waktu karena jenis susu ini praktis dan hanya perlu dibuka kemasannya. Akan tetapi, susu cair yang sudah dibuka harus segera diberikan kepada kucing, ya. Susu cair tidak bisa disimpan dalam waktu lama dan sisanya harus segera dibuang.

Perhatikan kandungan nutrisi tambahannya

Selain mengandung gizi untuk pertumbuhan, susu kucing sebaiknya juga memiliki nutrisi tambahan, seperti glukosamina dan asam docosahexaenoic. Nutrisi tambahan akan memperkuat tubuh kucing Anda. Untuk itu, perhatikanlah poin berikut ini.

Bakteri asam laktat untuk menunjang pencernaan kucing

Bakteri asam laktat untuk menunjang pencernaan kucing

Bakteri asam laktat seperti bifidobacterium merupakan bakteri yang dapat menjaga kesehatan usus kucing. Ketika pencernaan kucing bermasalah, kondisi fisiknya pun akan menurun. Karena itu, Anda perlu memperhatikan pula kondisi gastrointestinalnya, terutama untuk anak kucing atau kucing lanjut usia.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kucing merupakan karnivor sejati yang memiliki keterbatasan aktivitas enzim amilase pada pankreas dan usus kecilnya. Akibatnya, kucing tidak menerima diet atau susu yang mengandung pati. Oleh karena itu, susu tanpa komposisi karbohidrat kompleks menjadi pilihan yang tepat. Kandungan bahan tambahan seperti probiotik dalam susu juga dapat menunjang kesehatan sistem pencernaan kucing.

Nutrisi yang membantu memelihara kesehatan kucing

Nutrisi yang membantu memelihara kesehatan kucing

Docosahexaenoic merupakan kandungan asam yang dapat menjaga kesehatan tubuh serta kulit kucing. Selain itu, ada pula nutrisi laktoferin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kucing. 


Sama seperti manusia, vitamin dan mineral juga sangat diperlukan untuk memenuhi asupan gizi kucing di segala usia. Karena itu, ada baiknya Anda memilih susu dengan kandungan ini agar kesehatan anak bulu di rumah tetap terjaga.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Vitamin dan mineral dalam susu penting untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan kucing. Contohnya, vitamin A sangat penting untuk meningkatkan fungsi penglihatan dan imunitas. Sementara itu, vitamin D penting untuk menjaga status mineral tubuh, keseimbangan fosfor, dan memelihara struktur tulang.


Kurang lebih terdapat dua belas mineral yang menjadi nutrisi esensial untuk kucing. Mineral tersebut yaitu kalsium, fosfor, magnesium, sodium, potasium, klorin, iron, copper, zinc, mangan, selenium, dan iodine.


Kalsium dan fosfor sangat penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Magnesium, kalium, dan natrium berguna untuk transmisi impuls saraf, kontraksi otot, dan pensinyalan sel. Mineral lain, seperti selenium, tembaga, dan molibdenum bertindak sebagai penolong dalam berbagai macam reaksi enzimatik.


Namun, jangan lupa juga untuk memperhatikan berapa banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kucing per harinya. Agar tidak menimbulkan permasalahan kesehatan, ada baiknya jika Anda mengonsultasikannya dengan dokter hewan.

Kandungan zat yang tidak diproduksi oleh tubuh kucing

Kandungan zat yang tidak diproduksi oleh tubuh kucing

Taurin adalah sejenis turunan asam amino yang banyak terkandung dalam susu kucing. Kandungan ini berguna dalam menjaga kesehatan mata dan organ dalam, serta membantu pemulihan tubuh. Karena tubuh kucing tidak mampu memproduksi taurin secara alami, susu yang mengandung nutrisi ini perlu Anda pertimbangkan.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Ada beberapa zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh kucing, baik untuk pertumbuhan maupun pemeliharaan kesehatan. Namun, zat-zat ini ada yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh kucing, contohnya taurin.


Taurin merupakan asam amino yang sangat penting untuk pembentukan empedu, kesehatan mata, dan fungsi otot jantung. Kucing membutuhkan taurin dalam jumlah yang relatif tinggi untuk fungsi tubuhnya. Namun, kucing memiliki enzim terbatas untuk menghasilkan taurin dari asam amino lain seperti metionina dan sistein.


Selain itu, ada juga arachidonic acid. Tidak seperti anjing, kucing tidak bisa memproduksi arachidonic acid dari linoleic acid atau gamma-Linolenic acid. Arachidonic acid merupakan asam lemak esensial yang diperlukan kucing untuk menghasilkan respon peradangan. Arachidonic acid juga berperan dalam mengatur pertumbuhan kulit, fungsi sistem reproduksi, dan lainnya.

10 Rekomendasi susu terbaik untuk kucing

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu terbaik untuk kucing yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.  

10

Pet-AgKMR® Kitten Milk Replacer Powder

Mulai dari Rp 432.500,00

Pilihan isi340 gram
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing hingga usia 6 minggu
NutrisiMinyak sayur, whey protein, kalium klorida, magnesium sulfat, taurin, fructooligosaccharide, vitamin A, vitamin D3, biotin, kalsium pantotenat, vitamin E, kalsium iodat, asam folat, vitamin B12
9
Pilihan isi200 ml
TeksturCair
Target usia kucingKucing di atas usia 6 minggu
NutrisiKalsium 1260 mg/kg, serat 1,7%, protein 3,7%, mineral, lemak 3,3%, material anorganik, laktosa < 0,%1, vitamin D3, vitamin E, biotin, taurin 900 mg
8
Pilihan isi380 ml, 1 liter
TeksturCair
Target usia kucingKucing segala usia (dapat pula digunakan untuk anjing segala usia)
NutrisiTaurin, omega 3, vitamin E, beta-carotene, vitamin B12, yodium, vitamin B2, vitamin D, fosfor, kalsium, asam pantotenat, selenium, seng, biotin, protein, vitamin A
7
Pilihan isi20 gram/saset (1 boks isi 20 saset)
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing, kucing hamil, dan kucing menyusui
NutrisiKalsium, protein, lemak, omega 3, omega 6
6
Pilihan isi250 gram, 500 gram
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing yang baru lahir, kucing hamil dan menyusui, serta kucing yang sedang sakit
NutrisiDHA, whey protein, vitamin A, vitamin B1, B2, B6, B12, vitamin C, vitamin D3, vitamin E, mineral, asam amino esensial, taurin, bitoin, kalsium, zinc, iron, mangan, sodium, antioksidan
5
Pilihan isi300 gram
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing (0–2 bulan)
NutrisiMinyak sawit olahan, whey protein, minyak kedelai olahan, mineral, minyak ikan (DHA), minyak jamur (asam arakidonat), vitamin A, vitamin D3, taurin, antioksidan, lemak
4
Pilihan isi20 gram/saset (1 boks isi 10 saset), 200 gram
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing hingga kucing dewasa
NutrisiGlucosamine, chondroitin, DHA, whey protein, calcium, sodium, potassium, magnesium, ferrous, ascorbic acid, folic acid, vitamin E, vitamin A, riboflavin, vitamin B12, vitamin D3, manganese, biotin
3
Pilihan isi35 gram/saset
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing dan kucing hamil atau menyusui
NutrisiSoy protein, calcium, colostrum, potassium, zinc, vitamin E, ferrous, manganese, vitamin A palmitate, biotin, folic acid, vitamin B120, vitamin D3
2
Pilihan isi250 gram, 300 gram (30 gram/saset)
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing
NutrisiProtein 32%, minyak dan lemak 24%, crude ash 7%, kalsium 0,86%, fosfor 0,6%, sodium 0,5%, magnesium 0,16%, potasium 1,4%, berbagai vitamin, antioksidan
1
Pilihan isi20 gram/saset
TeksturBubuk
Target usia kucingAnak kucing (utama), kucing indukan yang menyusui, dan usia lanjut (sebagai suplemen)
NutrisiWhey protein, antioksidan kompleks, vitamin A, vitamin D3, vitamin C, vitamin E, lutein, taurin, oligosaccharide mannam, manganese, zinc, selenium

Tabel perbandingan produk susu terbaik untuk kucing

Gambar produk
1
Afilliate New Zealand Growssy Milk 1

Afilliate New Zealand

2
Top Growth Kitten Milk Replacer 1

Top Growth

3
Freelac Milk Replacer for Kitten 1

Freelac

4
Longlife Milk Cats 1

Longlife

5
Royal Canin  Babycat Milk 1

Royal Canin

6
Beaphar  Lactol Kitten Milk 1

Beaphar

7
Tri Daya Varuna MilkyVar 1

Tri Daya Varuna

8
ZEAL  Pet Milk 1

ZEAL

9
WHISKAS Cat Milk 1

WHISKAS

10
Pet-Ag KMR® Kitten Milk Replacer Powder 1

Pet-Ag

Nama produk

Growssy Milk

Kitten Milk Replacer

Milk Replacer for Kitten

Milk Cats

Babycat Milk

Lactol Kitten Milk

MilkyVar

Pet Milk

Cat Milk

KMR® Kitten Milk Replacer Powder

Keunggulan

Produk terlaris dan ekonomis untuk pertumbuhan anak kucing Anda

Menjaga kucing agar tidak rentan pengaruh buruk lingkungan sekitar

Bebas laktosa, aman untuk pencernaan kucing

Kandungan lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing

Dilengkapi gizi seimbang untuk anak kucing dari lahir sampai disapih

Dukung tumbuh kembang anak kucing dengan gizi seimbang

Nutrisinya seimbang, bisa diberikan kepada anak kucing yang baru lahir

Kucing memiliki alergi? Tidak masalah dengan produk ini!

Rendah laktosa dan paling lezat untuk kucing dewasa

Susu terbaik yang direkomendasikan banyak rumah sakit hewan

Harga mulai dariRp 3.780,00Rp 32.200,00Rp 5.000,00Rp 38.000,00Rp 357.000,00Rp 175.000,00Rp 15.000,00Rp 67.500,00Rp 95.000,00Rp 432.500,00
Pilihan isi20 gram/saset250 gram, 300 gram (30 gram/saset)35 gram/saset20 gram/saset (1 boks isi 10 saset), 200 gram300 gram250 gram, 500 gram20 gram/saset (1 boks isi 20 saset)380 ml, 1 liter200 ml340 gram
TeksturBubukBubukBubukBubukBubukBubukBubukCairCairBubuk
Target usia kucingAnak kucing (utama), kucing indukan yang menyusui, dan usia lanjut (sebagai suplemen)Anak kucingAnak kucing dan kucing hamil atau menyusuiAnak kucing hingga kucing dewasaAnak kucing (0–2 bulan)Anak kucing yang baru lahir, kucing hamil dan menyusui, serta kucing yang sedang sakitAnak kucing, kucing hamil, dan kucing menyusuiKucing segala usia (dapat pula digunakan untuk anjing segala usia)Kucing di atas usia 6 mingguAnak kucing hingga usia 6 minggu
NutrisiWhey protein, antioksidan kompleks, vitamin A, vitamin D3, vitamin C, vitamin E, lutein, taurin, oligosaccharide mannam, manganese, zinc, seleniumProtein 32%, minyak dan lemak 24%, crude ash 7%, kalsium 0,86%, fosfor 0,6%, sodium 0,5%, magnesium 0,16%, potasium 1,4%, berbagai vitamin, antioksidanSoy protein, calcium, colostrum, potassium, zinc, vitamin E, ferrous, manganese, vitamin A palmitate, biotin, folic acid, vitamin B120, vitamin D3Glucosamine, chondroitin, DHA, whey protein, calcium, sodium, potassium, magnesium, ferrous, ascorbic acid, folic acid, vitamin E, vitamin A, riboflavin, vitamin B12, vitamin D3, manganese, biotinMinyak sawit olahan, whey protein, minyak kedelai olahan, mineral, minyak ikan (DHA), minyak jamur (asam arakidonat), vitamin A, vitamin D3, taurin, antioksidan, lemakDHA, whey protein, vitamin A, vitamin B1, B2, B6, B12, vitamin C, vitamin D3, vitamin E, mineral, asam amino esensial, taurin, bitoin, kalsium, zinc, iron, mangan, sodium, antioksidanKalsium, protein, lemak, omega 3, omega 6Taurin, omega 3, vitamin E, beta-carotene, vitamin B12, yodium, vitamin B2, vitamin D, fosfor, kalsium, asam pantotenat, selenium, seng, biotin, protein, vitamin AKalsium 1260 mg/kg, serat 1,7%, protein 3,7%, mineral, lemak 3,3%, material anorganik, laktosa < 0,%1, vitamin D3, vitamin E, biotin, taurin 900 mgMinyak sayur, whey protein, kalium klorida, magnesium sulfat, taurin, fructooligosaccharide, vitamin A, vitamin D3, biotin, kalsium pantotenat, vitamin E, kalsium iodat, asam folat, vitamin B12
Tautan produk

Hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan susu kepada kucing

Kami telah memberikan rekomendasi produk susu terbaik untuk kucing Anda. Namun, ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan. Berikut ini, kami menambahkan pembahasan cara membuat serta bagaimana memberikannya kepada kucing.

Berikanlah susu khusus untuk kucing

Berikanlah susu khusus untuk kucing

Sejumlah orang cenderung memberi kucing peliharaan mereka susu yang dikonsumsi oleh manusia, bukan susu khusus kucing. Namun, hal ini tidak boleh dilakukan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan kucing.

Susu sapi atau susu untuk manusia mengandung laktosa yang sulit dicerna oleh kucing. Laktosa bahkan memiliki kandungan tiga kali lebih banyak di dalam susu sapi. Tak hanya itu, protein yang terdapat di dalamnya pun tidak cocok untuk pertumbuhan kucing. Tidak jarang hal ini menyebabkan kucing mengalami diare.


Kesimpulannya, susu sapi bukanlah produk tepat untuk kucing bahkan cukup berbahaya, terutama untuk anak kucing yang baru lahir. Untuk kucing kesayangan, pastikan Anda memberinya susu khusus kucing, ya.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Hindari pemberian susu komersial yang komposisi nutrisi di dalamnya tidak dipersiapkan untuk pencernaan kucing. Contohnya, susu dengan kandungan laktosa yang cukup tinggi akan menyebabkan lactose intolerance (diare) pada kucing. 

Buatlah susu dengan temperatur yang mendekati suhu tubuh kucing

Buatlah susu dengan temperatur yang mendekati suhu tubuh kucing

Suhu adalah salah satu poin terpenting, terutama dalam membuat susu untuk anak kucing. Anda sebaiknya melarutkan susu dengan air hangat berkisar 38 derajat yang mendekati suhu tubuh kucing. Ini karena anak kucing akan mengalami gangguan perut apabila susu terlalu dingin. Sementara itu, susu dikhawatirkan akan melukai lidah kucing jika terlalu panas.


Sebaliknya, susu dingin justru cocok dikonsumsi oleh kucing dewasa hingga lanjut usia. Susu bersuhu hangat dapat menggumpal di dalam perut sehingga berisiko membuat kucing dewasa dan lanjut usia mengalami diare.


Selain itu, Anda perlu memperhatikan frekuensi dan porsi susu yang diberikan. Sesuaikan porsinya dengan kebutuhan kucing Anda. Susu kucing sendiri cenderung tidak bisa disimpan dalam waktu lama. Karena itu, buatlah susu setiap kali dibutuhkan saja.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Buatlah susu sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan, termasuk temperatur air yang digunakan untuk mengencerkan susu. Hal ini berkaitan dengan ketahanan nutrisi yang terkandung supaya tidak terdegradasi oleh suhu yang terlalu tinggi.


Untuk susu kucing, usahakan temperatur airnya mendekati suhu tubuh kucing tersebut. Hal ini dilakukan supaya kucing tidak stres dan trauma, baik secara fisiologis maupun dari sisi anatomi kucing tersebut.

Jangan membaringkan kucing saat memberikan susu dengan botol

Jangan membaringkan kucing saat memberikan susu dengan botol

Anda sebaiknya juga mengetahui wadah yang cocok untuk memberikan susu. Selama masa menyusui hingga usia tiga minggu, berikanlah susu menggunakan pipet atau botol susu berukuran kecil. Jangan lupa, Anda juga perlu menggunting ujung dotnya sebelum dipakai.


Nah, setelah wadahnya siap, berhati-hatilah agar tidak membaringkan kucing saat memberinya susu. Berbeda dengan bayi manusia, jika anak kucing meminum susu sambil berbaring, air susu bisa menyumbat saluran pernapasannya.


Berikutnya, frekuensi pemberian susu dalam sehari tergantung pada kondisi pertumbuhannya. Anda perlu memperhatikan hal ini agar kucing tidak kekurangan nutrisi. Sebagai panduan, anak kucing umumnya minum susu sekitar empat hingga delapan botol per hari


Lalu, bagaimana cara kita mengetahui kapan anak kucing bisa disapih? Sebenarnya tidak ada standar waktu yang tepat untuk menyapih anak kucing. Namun, biasanya anak kucing disapih ketika giginya sudah mulai tumbuh.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Ketahuilah posisi yang tepat untuk menyusui kucing. Posisi yang paling baik adalah sesuai dengan kebiasaan normal kucing ketika menyusu ke induk. Membaringkan tubuh kucing ketika diberi susu menggunakan botol dapat menyebabkan masuknya air susu ke dalam saluran pernapasan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada paru-paru akibat terisi cairan dan mengganggu proses pernapasan kucing.

Baca juga rekomendasi produk keperluan kucing lainnya di sini

Anda telah mengetahui lebih detail mengenai susu terbaik untuk kucing. Namun, keperluan untuk kucing ada begitu banyak. Untuk melengkapi kebutuhannya, kami telah menulis rekomendasi berbagai produk untuk si anak bulu kesayangan. Silakan Anda baca pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dari kami, apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Kucing adalah hewan peliharaan yang bahkan telah dianggap sebagai anggota keluarga. Tentu saja Anda ingin agar kucing kesayangan dapat tumbuh sehat, aktif, dan berumur panjang, bukan?

Untuk itu, cukupilah gizinya dengan makanan dan minuman terbaik, seperti susu kucing tinggi gizi yang telah kami rekomendasikan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, produknya juga praktis untuk disimpan. Merek makanan kering kucing yang bagus di antaranya adalah Royal Canin, Purina, dan Whiskas. Anda bisa mendapatkan makanan kesehatan untuk kitten umur 2 bulan hingga yang sepuh.Kali ini kami akan menjelaskan tips cara memilih dry food kucing terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi dry food kucing untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Yuk, temukan produk yang aman untuk kucing Anda!
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam terbaik dari merek ternama, seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pencinta ikan hias, pasti sudah tidak asing dengan koi. Ikan hias satu ini banyak digemari karena keindahan corak pada tubuhnya. Koi biasanya dipelihara di kolam taman untuk menambah estetika pekarangan. Ikan ini cepat tumbuh besar dan memiliki corak warna yang menarik jika dipelihara dengan benar.Salah satu cara merawat yang benar adalah dengan memberi pakan koi berkualitas. Ada berbagai merek pakan koi, seperti Hiro, Hokky, dan Hiroyuki. Kami akan membahas cara memilih dan merekomendasikan pakan koi yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Makanan hewan
  • 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Landak yang umum dijadikan peliharaan adalah jenis landak mini atau hedgehog. Landak mini termasuk hewan omnivora yang memakan daging dan tumbuhan. Oleh sebab itu, pakan landak mini yang tersedia di pasaran cukup beragam.Makanan landak tentu dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisinya. Jika Anda bingung dalam menentukan pilihan, ada beberapa produk yang terkenal, seperti merek Mazuri dan Hamsgehog. Kali ini, kami akan merekomendasikan makanan landak yang bagus dan tepat. Sebelum memberikan rekomendasi produk, simak dahulu cara memilih makanan landak berikut, ya!
    Makanan hewan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori