1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Running
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Running Shoes Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Running Shoes Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Running Shoes Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Running Shoes Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Running Shoes Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Running Shoes Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Running Shoes Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023)

Running shoes dan sepatu sekolah merupakan dua hal yang berbeda. Meski bergitu, running shoes juga bisa digunakan untuk pergi ke sekolah. Saat ini, berbagai brand mengembangkan produk running shoes khusus anak-anak, seperti Adidas, Skechers, dan New Balance. Namun, running shoes seperti apakah yang cocok untuk anak Anda?

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih running shoes yang bagus untuk anak Anda. Tak lupa, kami juga merekomendasikan merek running shoes terbaik yang dapat Anda jadikan pilihan. Simak ulasannya dan pilihlah sepatu yang keren serta mudah dipakai oleh anak-anak Anda!
Diperbaharui 08-29-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih running shoes untuk anak

Sebelum memberikan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilih running shoes untuk anak-anak. Selain memperhatikan desain dan brand, pilih juga berdasarkan ukuran, kenyamanan, serta kestabilannya agar tidak menghalangi pertumbuhan kaki. Berikut ini penjelasan selengkapnya!

① Berilah jarak 0,5 cm dari ujung jari kaki

Berilah jarak 0,5 cm dari ujung jari kaki
Hal terpenting saat memilih running shoes untuk anak-anak adalah kesesuaian ukurannya. Kaki anak-anak masih terasa lembut dan mudah mengalami perubahan bentuk. Untuk itu, ukuran sepatu yang tidak sesuai bisa menyebabkan kebiasaan aneh, bahkan dapat melukai lutut serta pinggang anak Anda. 

Mungkin Anda sering berpikir bahwa menggunakan ukuran sepatu yang sedikit lebih besar tidak masalah karena kaki anak akan tumbuh dengan cepat. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar. Idealnya, cukup sisakan jarak sekitar 0,5 cm dari ujung jari kaki.


Jika Anda membeli sepatu dengan ukuran lebih besar, sesuaikanlah dengan menggunakan insole tambahan. Apabila sepatu tersebut menggunakan tali atau velcro, kencangkan juga bagian perekat tersebut agar sepatu tidak longgar. Dengan begitu, sepatu tidak akan mudah lepas dari kaki anak Anda.

② Agar jari kaki bebas bergerak, pilihlah sepatu dengan bagian depan yang melebar

Agar jari kaki bebas bergerak, pilihlah sepatu dengan bagian depan yang melebar
Berikutnya, periksalah ruang yang tersedia untuk jari-jari kaki Anda. Kaki anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan. Jika jari-jari kakinya tidak dapat bebas bergerak, tentu kesehatan jari, otot jari, dan betis akan terganggu. Hal tersebut dapat membuat kaki anak mudah lelah, bahkan jadi mudah terjatuh.

Dengan alasan tersebut, penting untuk memilih sepatu yang memiliki cukup ruang agar jari kaki anak dapat bergerak bebas di dalamnya. Selain itu, bagian ujung sepatu yang agak melengkung dan melebar dapat membantu anak Anda berjalan, bahkan berlari dengan bebas.

③ Ketahui cara pemakaiannya

Ketahui cara pemakaiannya

Cara pemakaian sepatu merupakan salah satu aspek penting yang patut diperhatikan, terutama untuk anak-anak. Pada running shoes anak, setidaknya terdapat dua tipe cara pemakaian yang banyak ditemukan.


  • Velcro, lebih praktis dan rapi. Selain rapi, sepatu dengan perekat juga lebih mudah dipakai oleh anak-anak, terutama mereka yang belum lihai membuat simpul tali. Kekurangannya, velcro bisa saja berkurang daya rekatnya saat usia sepatu sudah lama. Terlebih lagi jika sepatu tersebut tidak dirawat dengan baik.
  • Tali, lebih fleksibel dengan ukuran kaki. Bagi anak yang sudah pandai mengikat tali, sebaiknya berikan running shoes yang bertali. Selain lebih awet, sepatu bertali juga bisa menyesuaikan dengan besar kaki. Sepatu juga bisa memeluk kaki dengan lebih erat. Namun, anak tetap harus hati-hati karena simpul tali bisa terlepas.

④ Pilih sol sepatu yang lentur dan empuk

Pilih sol sepatu yang lentur dan empuk

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan yang paling optimal. Untuk itulah anak-anak sebaiknya bergerak aktif dan energik. Untuk memberikan kenyamanan anak saat bergerak, terutama berlari, sebaiknya pilih running shoes dengan sol yang lentur dan empuk. Dengan begitu, anak akan lari dengan lebih ringan dan tidak mudah lelah.


Perihal ketebalan sol, hal ini biasanya berkaitan dengan berat badan pemakainya. Untuk anak dengan berat badan berlebih, Anda dapat memilih running shoes dengan sol yang lebih tebal dan empuk. Namun, tetap ingat untuk mempertimbangkan bobot sepatu serta kelenturannya, ya. 

⑤ Perhatikan materialnya

Perhatikan materialnya

Untuk running shoes yang digunakan secara aktif, material atau bahan penyusunnya menjadi sangat penting. Pasalnya, olahraga lari membutuhkan kenyamanan pada kaki supaya tetap bisa bergerak dengan stabil. Oleh karena itu, pilihlah running shoes anak dengan material yang aman dan nyaman.


Kini, sebagian besar running shoes menggunakan breathable mesh sebagai material utamanya. Material tersebut terbukti ampuh untuk menjaga sirkulasi udara di dalam sepatu. Dengan demikian, kulit kaki dapat bernapas dengan lega dan tidak mudah kepanasan. Selain itu, breathable mesh juga terhitung ringan sehingga tidak akan memberatkan langkah saat memakainya.

⑥ Sebisa mungkin pilih yang memiliki return policy dari seller

Sebisa mungkin pilih yang memiliki return policy dari seller

Selain memperhatikan aspek-aspek teknis, Anda juga perlu memperhatikan aspek service atau layanan dari seller. Aspek layanan yang dimaksud adalah return policy atau kebijakan pengembalian. Saat Anda berbelanja sepatu, khususnya secara online, terkadang Anda menerima barang yang tidak sesuai dengan pesanan. 


Salah satu ketidaksesuaian yang sering terjadi adalah ukuran. Inilah saat yang tepat untuk menggunakan layanan pengembalian karena apabila dibiarkan, ukuran yang tidak sesuai akan memperbesar risiko cedera.


Masing-masing seller memiliki return policy yang berbeda. Bahkan, ada juga yang tidak memiliki layanan ini. Untuk itu, ada baiknya Anda memastikan hal ini sebelum membeli sepatu. Mayoritas info mengenai layanan ini tidak terpampang pada deskripsi produk. Anda harus menanyakannya secara langsung kepada customer service yang dapat dihubungi.

10 Rekomendasi running shoes terbaik untuk anak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk running shoes terbaik untuk anak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Adidas

Sepatu Runfalcon 2.0

Adidas Sepatu Runfalcon 2.0  1枚目

Sensasi ringan yang membuat lelah tak terasa meski aktif seharian

2

Spotec

Salvador Jr

Spotec Salvador Jr 1枚目

Sepatu berdesain modern dengan dua pilihan warna

3

Diadora

Cosmo Jr Boy's Running Shoes

Diadora Cosmo Jr Boy's Running Shoes 1枚目

Sepatu lari hitam yang bisa dipakai saat upacara

4

Adidas

Lite Racer CLN 2.0

Adidas Lite Racer CLN 2.0 1枚目

Midsole yang ringan dan bantalan empuk untuk kenyamanan lari yang maksimal

5

League

Kids Running Kumo 1.5 Jr.

League Kids Running Kumo 1.5 Jr. 1枚目

Ujung sepatu bertipe round toe yang lega bagi jari-jari kaki

6

Reebok

Rush Runner Alt Boy's

Reebok Rush Runner Alt Boy's 1枚目

Tampil keren dan atletis dengan perpaduan warna maskulin beraksen garis-garis cerah

7

Decathlon

Kalenji Easy White

Decathlon Kalenji Easy White 1枚目

Mantap berlari dengan sepatu berperekat kuat

8

Ardiles

GCG Milkshake

Ardiles GCG Milkshake  1枚目

Semangat beraktivitas dengan warna pink neon yang ceria

9

Skechers

GOrun Fast - Miss Crafty Girls

Skechers GOrun Fast - Miss Crafty Girls 1枚目

Lincah layaknya unicorn dengan sepatu lari ini

10

New Balance

Wrap and Run Boys Sneakers Shoes

New Balance Wrap and Run Boys Sneakers Shoes 1枚目

Praktis dan mudah dikenakan meski oleh anak usia dini

Perincian produk
Close
No.1

AdidasSepatu Runfalcon 2.0 FY9496

Mulai dari Rp600.000,00

Sensasi ringan yang membuat lelah tak terasa meski aktif seharian

Kualitas sepatu Adidas memang sudah tak perlu diragukan lagi. Harganya yang cukup pricey sebanding dengan keunggulan yang dimilikinya. Begitu juga dengan sepatu seri Runfalcon 2.0 yang ditujukan untuk anak-anak ini.


Desain sol dan bagian atasnya yang mantap terlihat sangat nyaman di kaki. Bagi anak yang sangat aktif, sepatu lari ini sangat cocok karena memiliki bobot yang ringan. Hal itu menyebabkan lelah pada kaki bisa tersamarkan meski hari yang dilalui sangatlah padat.

No.2

Sepatu berdesain modern dengan dua pilihan warna

Sepatu lari anak merek Spotec ini memiliki desain kasual modern. Hal tersebut didukung dengan material kombinasi breathable mesh dan konstruksi yang kuat. Selain itu, bagian dalam yang lembut di kaki membuatnya nyaman digunakan bergerak. Selain warna putih polos, sepatu ini juga tersedia dalam warna hitam. Spotec Salvador Jr. ini cocok untuk anak-anak yang mulai beranjak remaja.

No.3

DiadoraCosmo Jr Boy's Running Shoes

Mulai dari Rp299.000,00

Sepatu lari hitam yang bisa dipakai saat upacara

Melalui seri Cosmo Jr, Diadora menghadirkan sepatu lari yang berkualitas untuk anak. Cara pemakaiannya sangat unik menggunakan tali elastis dengan stopper. Hal ini sangat membantu bagi anak yang belum bisa membuat simpul, tetapi ingin memakai sepatu tali.


Warnanya yang hitam keseluruhan tak menghilangkan kesan anak-anak dari sepatu ini. Hal itu justru membuat sepatu ini bisa dikenakan saat upacara di sekolah yang kerap mengharuskan siswa memakai sepatu hitam.

No.4

AdidasLite Racer CLN 2.0GZ7739

Mulai dari Rp700.000,00

Midsole yang ringan dan bantalan empuk untuk kenyamanan lari yang maksimal

Running shoes anak dari Adidas ini sangat pas untuk sekadar lari santai, berlatih, hingga marathon. Pasalnya, Adidas Lite Racer CLN 2.0 ini memiliki bantalan yang sangat empuk dan midsole yang ringan. Hal itu menjadikan anak tidak mudah lelah saat berlari.


Sepatu ini menggunakan tali sebagai pengencangnya sehingga lebih fleksibel untuk disesuaikan dengan kaki. Anda tak perlu khawatir simpul tali akan mudah terlepas karena bahan talinya yang dijamin berkualitas.

No.5

LeagueKids Running Kumo 1.5 Jr.

Mulai dari Rp339.150,00

Ujung sepatu bertipe round toe yang lega bagi jari-jari kaki

Produk dari League ini hadir menggunakan drawstring fastening yang membuatnya lebih mudah dikencangkan oleh anak. Bagian depan sepatunya bertipe round toe yang membuat jari-jari kaki anak bergerak leluasa. Berlari atau berjinjit pun menjadi lebih mudah. 

Jika Anda ingin memberi sepatu dengan kenyamanan ekstra, ini dia pilihannya. Kami jamin anak Anda akan makin aktif dan semangat beraktivitas!

No.6

ReebokRush Runner Alt Boy'sFY4050

Mulai dari Rp599.000,00

Tampil keren dan atletis dengan perpaduan warna maskulin beraksen garis-garis cerah

Reebok tak pernah kehabisan ide untuk menghasilkan sepatu lari yang bagus. Hal itu pun tertuang dalam produk sepatu seri Rush Runner ini. Sepatu ini menyajikan desain maskulin khas anak lelaki dengan sentuhan garis-garis cerah. 


Selain itu, material sol dan bahan utamanya sangat serasi memenuhi kebutuhan anak yang aktif bergerak. Harganya pun terbilang masih masuk akal dengan keunggulan yang diberikan. Tak hanya untuk berlari, sepatu ini juga terlihat keren untuk dikenakan ke sekolah setiap hari.

No.7

DecathlonKalenji Easy White8563568

Mulai dari Rp250.000,00

Mantap berlari dengan sepatu berperekat kuat

Dikenal sebagai brand alat olahraga yang cukup ternama, Decathlon juga mengeluarkan koleksi running shoes untuk anak. Para desainer Decathlon memastikan sepatu ini dapat mengakomodasi anak-anak yang pertama kali terjun ke dunia atletik, terutama lari. 


Heel to toe drop pada sepatu ini membantu meminimalkan benturan saat berlari. Selain itu, sepatu Kalenji ini memiliki daya cengkeraman yang kuat pada bantalan depan dan belakangnya. Dengan perekat velcro, sepatu ini akan memeluk kaki anak-anak dengan erat dan tidak mudah terlepas meski dipakai berlari kencang.

No.8

ArdilesGCG Milkshake KA9543-481

Mulai dari Rp204.700,00

Semangat beraktivitas dengan warna pink neon yang ceria

Produk satu ini hadir dari merek yang sudah sangat lekat di telinga, Ardiles. Kekuatannya tak perlu diragukan lagi karena Ardiles GCG Milkshake ini menggunakan material premium untuk solnya. Mengusung warna pink neon, sepatu ini menjadikan anak perempuan Anda terlihat ceria. Para gadis cilik penggemar warna pink pasti makin semangat berolahraga dengan sepatu ini! 

No.9

SkechersGOrun Fast - Miss Crafty Girls0888-SKE302205LL

Mulai dari Rp459.000,00

Lincah layaknya unicorn dengan sepatu lari ini

Dilihat dari desainnya saja, sepatu lari ini sangat merepresentasikan dunia anak-anak yang ceria dan imajinatif. Running shoes anak dari Skechers ini memiliki gambar unicorn yang sangat keren pada panel sampingnya.


Selain itu, pada solnya yang berbahan Air-Cooled Memory Foam khas Skechers terdapat aksen konfeti warna-warni. Hal tersebut menjadikan running shoes ini terlihat keren untuk anak perempuan yang ekspresif dan percaya diri.

No.10

New BalanceWrap and Run Boys Sneakers Shoes0888-NEWPTWRNBE

Mulai dari Rp599.000,00

Praktis dan mudah dikenakan meski oleh anak usia dini

Terkenal dengan produk sepatunya yang stylish, kali ini New Balance menghadirkan running shoes spesial untuk anak. Sangat tepat jika sepatu ini dinamakan Wrap and Run karena cara pemakaiannya yang sangat praktis dengan velcro lebar yang kencang. 


Meski sedang terburu-buru memakainya, sepatu ini bisa dikencangkan dengan cepat. Anak Anda yang masih berusia dini pun bisa memakainya dengan mudah. Selain itu, tampilan running shoes ini sangat kasual sehingga bisa juga dikenakan untuk jalan-jalan.

Baca juga rekomendasi sepatu anak lainnya di sini

Selain running shoes, mungkin Anda juga sedang mencari jenis sepatu lainnya untuk buah hati. Untuk itu, kami sudah menyiapkan berbagai artikel sepatu anak yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Penasaran dengan cara memilihnya serta apa saja produk rekomendasi dari kami? Simak informasi selengkapnya pada deretan artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa kaki anak masih dalam proses pertumbuhan. Supaya tidak menghambat pertumbuhannya, sangat penting untuk memilih sepatu yang pas dengan kaki anak Anda. Untuk itu, kenyamanan menjadi hal utama yang harus diperhatikan.

Anda sebaiknya juga memilih running shoes anak yang awet dan tahan lama supaya tidak terlalu sering membelinya. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda dalam memilih running shoes untuk anak. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer