• 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Harmonika merupakan alat musik tiup berukuran kecil, tetapi bersuara impresif. Meski bentuknya sederhana, harmonika menghasilkan nada yang kaya sehingga banyak digunakan di berbagai genre musik. Bagi Anda yang pemula, Anda mungkin masih bingung dalam mencari harmonika yang tepat.

Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih harmonika terbaik dan merekomendasikan beberapa produknya. Di antaranya adalah Hohner, Seydel, Suzuki dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 2.198 Views
Daftar isi

Cara memilih harmonika

Masalah yang sering dihadapi oleh orang yang ingin membeli harmonika adalah ketakpahaman dalam memilih produk yang tepat. Kebingungan tersebut ditambah lagi dengan beragamnya jenis dan merek harmonika yang dijual di pasaran. Hal yang sebaiknya dijadikan acuan dalam memilih harmonika adalah mencocokkan jenisnya dengan genre musik yang Anda mainkan.

Diatonik untuk genre musik rock atau blues

Diatonik untuk genre musik rock atau blues
Harmonika diatonik (diatonic harmonica) adalah jenis yang cocok untuk dipadukan bersama alat musik lain dalam satu grup musik. Harmonika jenis yang satu ini tepat untuk memainkan genre musik rock, blues, folk, dan lainnya. Harmonika yang dikenal dengan sebutan blues harp atau 10 holes harmonica ini merupakan jenis yang paling sering dimainkan.
Blues harp pada dasarnya menghasilkan nada diatonik. Diatonik merupakan nada satu oktaf yang terdiri dari tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do untuk setiap nada dasar. Dalam alat musik piano, diatonik sama dengan tuts berwarna putih di nada dasar C.
Harmonika ini memiliki nada dasar yang berbeda-beda. Blues harp bernada dasar tertentu akan berbunyi sinkron jika digunakan dalam musik bernada dasar sama. Sebagai contoh, blues harp bernada dasar C selaras untuk jenis musik bernada dasar C.
Harmonika jenis blues harp memiliki dua belas nada dasar dari G hingga F#. Agar dapat memainkan bermacam-macam lagu, Anda memerlukan harmonika bernada dasar lain. Namun, pilihlah harmonika bernada dasar C terlebih dahulu jika Anda masih belajar bermain harmonika.

Kromatis untuk genre musik pop, jaz dan klasik

Kromatis untuk genre musik pop, jaz dan klasik
Harmonika kromatis (chromatic harmonica) adalah jenis yang cocok untuk memainkan genre musik jaz atau klasik. Jenis harmonika yang dikenal dengan sebutan sliding harmonica ini ditandai dengan tombol di bagian sisinya. Apabila tombol tersebut ditekan, harmonika akan dapat membunyikan nada minor selain diatonik, yaitu nada kres. Dengan demikian, harmonika ini dapat membunyikan nada dalam satu oktaf dengan menggunakan dua belas tangga nada. Hasilnya, nada yang dapat dibunyikan pun semakin banyak sehingga bermusik dapat menjadi lebih bervariasi.
Apabila blues harp hanya dapat memainkan delapan tangga nada mayor, jenis kromatis dapat menghasilkan dua belas tangga nada. Dua belas tangga nada tersebut adalah do, do#, re, re#, mi, fa, fa#, sol, sol#, la, la#, si. Hal ini sama halnya dengan memainkan seluruh tangga nada dalam satu oktaf di tuts piano. Namun, Anda tidak hanya dapat membunyikan tuts berwarna putih saja, tetapi juga dapat membunyikan tuts berwarna hitamnya.
Dengan kata lain, Anda dapat memainkan musik dengan nada dasar apapun tanpa perlu mengganti harmonikanya. Sebaliknya, blues harp sebenarnya bisa memainkan nada minor yaitu kres. Hanya saja hal tersebut agak sulit untuk dilakukan oleh pemula. Sebab itu, harmonika jenis kromatis lebih cocok bagi Anda yang pemula atau yang menggeluti musik jaz.
Di samping itu, blues harp hanya dapat menghasilkan nada diatonik sehingga kurang cocok untuk memainkan lagu genre jaz. Karena itu, kami merekomendasikan harmonika kromatis jika hendak memainkan lagu jaz, klasik, atau semacamnya.

Tremolo untuk musik balada dan lagu anak

Tremolo untuk musik balada dan lagu anak
Harmonika tremolo adalah jenis yang cocok untuk memainkan musik balada, musik anak, folk, atau musik bernada lembut lain. Tremolo harmonica memiliki lubang-lubang bersusun atas dan bawah. Untuk memainkannya Anda harus meniup atau menghisap kedua lubang bagian atas dan bawahnya sambil menggesernya dengan lembut. Bila dimainkan dengan benar, harmonika akan membunyikan nada dengan vibrato sempurna.
Apabila Anda menggeser sambil membuka kedua lubang di bagian atas dan bawah harmonika, Anda akan mendengar nada dengan vibrato atau gema. Sama seperti istilah dalam gitar, nada vibrato ini disebut dengan tremolo karena harmonika membunyikan efek getaran lembut.
Jika kedua lubang dibunyikan bersamaan, harmonika akan menghasilkan nada yang tidak sama sehingga lebih kaya bunyi. Dengan demikian, harmonika ini tepat bagi Anda yang sering memainkan musik anak, balada, dan musik bernada lembut lainnya.

10 Rekomendasi harmonika terbaik

Di bagian ini, kami akan merekomendasikan produk harmonika terbaik untuk Anda. Pilihlah harmonika yang sesuai dengan kebutuhan dan juga bujet Anda. Selamat memilih!
JenisTremolo (nada dasar C)
Genre musikBalada, folk, musik anak
JenisKromatis
Genre musikJaz, klasik, pop
JenisDiatonik (nada dasar A)
Genre musikBlues, folk, pop, rock
JenisTremolo
Genre musikBalada, folk, musik anak
JenisKromatis
Genre musikJaz, klasik, pop
JenisDiatonik (nada dasar C)
Genre musikBlues, country, folk, jaz, rock
JenisDiatonik
Genre musikBlues, folk, rock, klasik, musik anak
JenisDiatonik (nada dasar A)
Genre musikBlues, folk, rock, jaz, soul
JenisDiatonik (nada dasar F)
Genre musikBlues, folk, rock
JenisDiatonik (nada dasar C)
Genre musikBlues, folk, rock

Baca juga rekomendasi produk alat musik lainnya di sini!

Selain harmonika yang telah dibahas dalam artikel ini, kami juga merekomendasikan Anda untuk mencoba instrumen musik lainnya. Ragam alat musik tersebut tentunya dapat membuat khazanah bermusik Anda akan semakin komplet. Simak penjelasan selengkapnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Dari produk-produk yang telah kami perkenalkan di atas, harmonika manakah yang menjadi favorit Anda? Setelah membaca tips dan rekomendasi produk yang telah diberikan, kami harap Anda dapat memilih harmonika yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet.
Setelah mendapatkan barang yang Anda inginkan, jangan lupa untuk melakukan latihan rutin, ya. Anda dapat memanfaatkan akses internet untuk melihat tutorial bermain harmonika yang benar agar teknik permainan Anda meningkat. Semoga berhasil!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Gibson, dan berbagai merek lainnya.Meski begitu, dengan banyak variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    20.432 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda seorang pemain musik dan ingin mencoba mendalami alat musik baru? Atau Anda seseorang yang baru ingin belajar alat musik? Tak ada salahnya untuk mencoba ukulele, alat musik yang mirip seperti gitar tetapi lebih kecil. Meskipun ukulele identik dengan Hawaii, ternyata alat musik ini dapat pula digunakan untuk jenis musik lainnya seperti Jazz maupun Pop.Untuk memudahkan Anda memilih jenis ukulele yang tepat dan sesuai, kami berikan tips dalam memilih ukulele dan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Musik
    8.663 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    4.866 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    4.636 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menjadi musisi adalah impian bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi gitaris. Banyak orang di dunia, tua atau muda, membeli gitar dan mempelajarinya. Ada yang bermain gitar akustik dan ada yang bermain gitar listrik. Apakah Anda tahu alat pendukung apa yang gitar Anda perlukan?Ya, amplifier adalah salah satu alat pendukung gitar yang pastinya Anda perlukan. Anda sudah mengetahui merek amplifier terkenal seperti Marshall, Roland, Fender. Namun, apakah Anda tahu cara memilih amplifier gitar terbaik? Simak artikel kami di bawah ini dan dapatkan referensinya!
    Musik
    4.895 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    3.220 Views
  • 10 Rekomendasi Stand Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stand Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Stand gitar adalah barang wajib yang diperlukan untuk menyandarkan alat musik, seperti guitar atau bass. Jenisnya sendiri sangat beragam, mulai dari tipe simple stand, hang stand, multi stand, bahkan yang dapat dilipat! Anda mungkin bingung memilih mana yang terbaik di antara produk-produk keluaran berbagai merek, seperti Hercules, Aroma, König & Meyer, dan lainnya.Agar tidak gundah lagi, kali ini kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih stand gitar dan memperkenalkan sepuluh produk rekomendasi untuk sandingan terbaik guitar atau bass Anda. Selamat membaca dan memilih!
    Musik
    506 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori