10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Harmonika merupakan alat musik tiup berdimensi cukup kecil, bahkan beberapa di antaranya dapat dengan mudah disimpan dalam saku. Tentu, Anda yang kerap mendengarkan musik beraliran blues, American folk, klasik, jazz, country hingga rock and roll tahu betapa nyaringnya suara dari alat musik yang memiliki sebutan lain harpa Perancis ini.

Apakah Anda tertarik untuk bermain harmonika? Jika tertarik, pada artikel berikut kami akan memberikan rekomendasi beberapa produk yang layak untuk Anda miliki. Kami juga akan melengkapinya dengan penjelasan mengenai bagaimana cara memilih harmonika yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, simaklah artikel berikut sampai selesai.

Daftar isi

Cara memilih harmonika

Permasalahan yang sering kali dihadapi oleh orang yang ingin membeli harmonika adalah tidak mengetahui harmonika seperti apa yang sesuai dengan kebutuhannya. Kebingungan tersebut ditambah lagi dengan variasi tipe dan merek harmonika yang ada. Poin penting yang perlu diingat ketika memilih harmonika adalah mencocokkan genre musik yang hendak Anda mainkan dengan tipe harmonika.

Harmonika diatonik untuk musik rock, blues dan folk

Harmonika diatonik untuk musik rock, blues dan folk

Harmonika yang pas untuk memainkan musik bergenre rock, blues atau American folk adalah jenis blues harp. Tipe ini juga sering disebut diatonik. Tipe berikut adalah harmonika yang paling sering ditemui dan dimainkan oleh orang kebanyakan.

Blues harp pada dasarnya menghasilkan nada diatonik. Diatonik merupakan suara yang terdiri dari skala nada do-re-mi-fa-sol-la-si-de untuk tiap-tiap lubang.

Harmonika blues harp memiliki nada dasar yang berbeda-beda. Harmonika dengan nada dasar C cocok untuk memainkan lagu bernada dasar C. Harmonika dengan nada dasar D, cocok untuk memainkan lagu dengan nada dasar D, begitu juga seterusnya. Adalah tindakan ekstrem ketika menggunakan harmonika bernada dasar C untuk memainkan lagu bernada dasar yang berbeda.

Total, ada 12 nada dasar pada harmonika blues harp dari G hingga F#. Untuk keperluan memainkan banyak lagu, Anda perlu mempersiapkan harmonika dengan nada dasar yang lain sesuai dengan kebutuhan. Namun, jika Anda masih belajar bermain harmonika, lebih baik membeli harmonika yang memiliki nada dasar C.

Harmonika kromatis untuk musik pop, jaz dan klasik

Harmonika kromatis untuk musik pop, jazz dan klasik

Anda yang ingin menggunakan harmonika sebagai instrumen untuk memainkan lagu-lagu jazz atau klasik, sangat cocok untuk memilih harmonika tipe kromatis. Lubang dari harmonika jenis ini bervariasi dari 10, 12, 14 hingga 16. Beberapa harmonika jenis ini juga memiliki slide, sebuah tombol yang berada di samping deretan lubang yang dapat digunakan untuk menghasilkan nada kromatis.

Nada yang dihasilkan harmonika ini lebih luas daripada harmonika diatonik. Anda dapat memainkan 12 not dari do-do#-re-re#-mi-fa-fa#-sol-sol#-la-la#-si.

Dengan kata lain, Anda dapat memainkan lagu dengan nada dasar apapun menggunakan satu harmonika saja tanpa harus mengganti harmonika dengan nada dasar lain. Sayangnya, harmonika berikut cara memainkannya tidak semudah harmonika blues harp.

Harmonika blues harp hanya dapat menghasilkan nada diatonik sehingga tidak cocok digunakan untuk memainkan lagu-lagu jazz. Dari sudut pandang tersebut, kami merekomendasikan harmonika kromatis jika hendak memainkan lagu jazz, klasik, atau semacamnya.

Harmonika tremolo untuk musik klasik serta tradisional Asia Timur

Harmonika tremolo untuk musik klasik serta tradisional Asia Timur

Harmonika tremolo memiliki dimensi yang lebih besar dibanding yang lain. Letak lubangnya berdempetan dan dibentuk susun. Harmonika berikut memiliki 12 semitone yang dapat Anda mainkan.

Sesuai namanya, fungsi dari harmonika tremolo adalah untuk memberikan efek gema atau berulang pada nada yang Anda mainkan. Karakter seperti ini dibutuhkan untuk memainkan musik klasik serta musik daerah Asia Timur seperti Jepang, Korea, China Taiwan dan lain-lain.

10 Rekomendasi harmonika terbaik

Berikut adalah beberapa produk harmonika terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Pilihlah harmonika yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Suzuki Easy Rider

10. Suzuki Easy Rider

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.000

Cocok untuk digunakan para pemula

Suzuki Easy Rider merupakan harmonika 10 lubang yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pemula. Produk berikut ideal untuk digunakan dewasa maupun anak-anak. Meskipun diperuntukkan bagi para newbie, Anda akan mendapatkan hasil suara yang tak mengecewakan dari harmonika ini.

Produk ini dibuat agar nyaman serta awet dipakai oleh siapapun dalam jangka waktu lama. Bicara finishing, Suzuki Easy Rider punya tampilan menarik dengan warna merah metalik yang mendominasi. Jika berniat membelinya, coba dahulu harmonika yang memiliki nada dasar C.

9. Hohner Silver Star

8. Hohner Silver Star

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 177.410

Harmonika diatonik plus case

Hohner Silver Star merupakan harmonika diatonik 10 lubang yang tersedia dalam 7 macam nada dasar berbeda. Perawatannya sangat mudah, cocok untuk digunakan oleh pemula yang ingin menggunakannya untuk bermain musik blues, rock dan country.

Anda akan mendapatkan harmonika bernada dasar C sekaligus case ketika membeli produk berikut. Jadi, harmonika akan lebih aman untuk dibawa ke mana-mana. Sayangnya, harmonika ini kurang maksimal ketika memainkan nada-nada tinggi.

8. Suzuki Winner 16 Tremolo

8. Suzuki Winner 16 Tremolo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.000

Harmonika tremolo yang cocok untuk belajar

Suzuki Winner merupakan harmonika tremolo dari Suzuki yang terbuat dari bahan ABS yang kuat dan antiair. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan harmonika yang berkualitas namun dengan harga murah. Suara yang dihasilkan produk ini juga baik.

Harmonika berikut merupakan harmonika dengan nada dasar C yang memiliki 16 lubang. Pilihan tepat bagi Anda yang ingin memiliki harmonika yang mampu menghasilkan nada dengan efek gema atau berulang.

7. Suzuki Folkmaster

8. Suzuki Folkmaster

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 87.000

Ekonomis dan berkualitas

Suzuki Folkmaster merupakan harmonika diatonik 10 lubang yang ekonomis dan berkualitas. Suara yang dihasilkan sangat baik, serta memiliki karakter tone yang kalem. Anda bisa dengan mudah melakukan tiupan tone bending dengan harmonika berikut.

Memiliki tampilan yang cukup unik dengan desain ukiran di permukaannya, Suzuki Folkmaster termasuk harmonika yang tidak merepotkan untuk masalah perawatan. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin memainkan musik-musik blues, rock, ataupun country dengan tone berkarakter kalem.

6. Swan Harmonica

6. Swan Harmonica

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 382.000

Harmonika kromatis yang cocok untuk beragam musik

Tidak hanya  jazz, harmonika tipe kromatis berikut cocok digunakan untuk memainkan beragam musik seperti  folk, country, rock hingga blues. Hal tersebut karena harmonika rilisan Swan ini dapat menghasilkan 40 nada dari 10 lubang yang dimilikinya. Menarik bukan?

Bagian body-nya memang dibuat dari bahan plastik. Namun, karena dikonstruksi dengan baik, Anda tidak perlu mengkhawatirkan soal daya tahan dari harmonika berikut. Hal tersebut juga berlaku dengan katup angin yang ditanam di dalamnya.

5. Suzuki Airwave

5. Suzuki Airwave 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Harmonika diatonik dengan lubang besar

Suzuki Airwave merupakan harmonika diatonik yang memiliki dimensi serta lubang angin yang besar. Desainnya cukup unik karena menggunakan plastik berwarna sebagai base-nya. Memang, secara spesifik barang berikut dibuat untuk anak-anak. Namun, orang dewasa tidak perlu malu menggunakannya mengingat produk ini merupakan produk berkualitas.

Harmonika berikut menggunakan komponen-komponen selayaknya harmonika profesional. Karena memiliki suara yang cukup baik serta harga yang juga ekonomis, produk ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengenalkan musik lewat harmonika kepada anak Anda atau untuk Anda gunakan sendiri.

4. Tombo Lee Oskar Major Diatonic

4. Tombo Lee Oskar Major Diatonic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 395.000

Harmonika diatonik yang diakui kualitasnya

Awalnya harmonika berikut dibuat untuk memenuhi komposisi dalam musik folk yang memang booming di abad 19. Namun, makin ke sini Tombo Lee Oskar Major Diatonik juga digunakan untuk memainkan musik blues, rock, country bahkan jazz.

Respon nada dari harmonika yang satu ini sangat baik. Nada yang dihasilkannya juga padat dan rapat. Anda juga akan merasakan mudahnya melakukan teknik bending ketika menggunakan harmonika berikut. Boleh dibilang, produk ini diakui oleh banyak pihak karena kualitas bahan, konstruksi, desain, serta suara yang dihasilkannya.

3. Golden Cup Chromatic

3. Golden Cup Chromatic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 395.000

Banyak digunakan oleh musisi ternama

Golden Cup Chromatic merupakan harmonika kromatis yang dikenal dapat memainkan banyak genre musik semacam blues, country, jazz hingga rock and roll.  Harmonika ini memiliki 10 lubang yang dapat menghasilkan 40 tone berbeda. Selain itu, konstruksi pada bagian tembaga yang tertanam di dalam harmonika ini menghasilkan karakter yang unik lewat blocking dan non blocking jalannya angin.

Banyak musisi ternama nan legendaris menggunakan produk berikut ini. Sebut saja Bob Dylan, Bruce Springsteen hingga Mick Jagger. Jadi, siapa yang bisa meragukan pilihan dari musisi-musisi dunia tersebut?

2. Hohner Marine Band Crossover

2. Hohner Marine Band Crossover

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 866.250

Konstruksi mengagumkan dengan hasil suara yang menawan

Ada harga ada rupa, kalimat tersebut kiranya cocok untuk merangkum kebolehan dari produk yang satu ini. Memang harganya terbilang jauh di atas harmonika-harmonika yang sebelumnya telah kami sebutkan. Namun, Hohner Crossover dibuat dari bahan yang solid dan konstruksi yang mumpuni. Nada yang dihasilkan juga tidak akan membuat Anda kecewa.

Harmonika ini tepat untuk Anda yang sering memainkan nada-nada bending. Karena mudah untuk melakukan bending nada menggunakan harmonika ini, Hohner Crossover dapat memainkan berbagai macam genre antara lain, blues, jazz hingga progresif.

1. Seydel Session Steel

1. Seydel Session Steel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 854.500

Harmonika diatonik yang menguntungkan bagi penggunannya

Jika Anda mencari harmonika diatonik berkualitas yang nyaman untuk digunakan, Anda dapat menjatuhkan pilihan pada Seydel Session Steel. Bagian lubang dari harmonika berikut terbuat dari bahan plastik. Hal berikut untuk memberikan kenyamanan pada bibir saat meniup. Sedangkan sisi terluar dari harmonika ini terbuat dari bahan stainless steel yang antikarat.

Selain bentuknya yang dibuat dengan perhitungan sedemikian rupa, harmonika berikut juga sangat mudah untuk dimainkan. Tidak perlu usaha keras untuk meniupnya, Anda cukup mengeluarkan udara sedikit saja untuk membuat harmonika ini berbunyi. Prpduk ini adalah harmonika terbaik yang akan memudahkan setiap penggunanya.

Kesimpulan

Dari produk-produk yang telah kami perkenalkan tadi, manakah harmonika yang menjadi favorit Anda? Kami harap, Anda memilih harmonika yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang telah Anda sisihkan.

Setelah mendapatkan barang yang Anda inginkan, tentu sangat penting untuk melakukan latihan secara rutin. Anda dapat memanfaatkan akses internet untuk melihat tutorial bermain harmonika di YouTube untuk membantu meningkatkan permainan harmonika Anda. Semoga berhasil!