10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Harmonika merupakan alat musik tiup berukuran kecil, tetapi bersuara impresif. Meski bentuknya sederhana, harmonika menghasilkan nada yang kaya sehingga banyak digunakan di berbagai genre musik. Bagi Anda yang pemula, Anda mungkin masih bingung dalam mencari harmonika yang tepat.

Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih harmonika terbaik dan merekomendasikan beberapa produknya. Di antaranya adalah Hohner, Seydel, Suzuki dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Daftar isi

Cara memilih harmonika

Masalah yang sering dihadapi oleh orang yang ingin membeli harmonika adalah ketakpahaman dalam memilih produk yang tepat. Kebingungan tersebut ditambah lagi dengan beragamnya jenis dan merek harmonika yang dijual di pasaran. Hal yang sebaiknya dijadikan acuan dalam memilih harmonika adalah mencocokkan jenisnya dengan genre musik yang Anda mainkan.

Diatonik untuk genre musik rock atau blues

Diatonik untuk genre musik rock atau blues

Harmonika diatonik (diatonic harmonica) adalah jenis yang cocok untuk dipadukan bersama alat musik lain dalam satu grup musik. Harmonika jenis yang satu ini tepat untuk memainkan genre musik rock, blues, folk, dan lainnya. Harmonika yang dikenal dengan sebutan blues harp atau 10 holes harmonica ini merupakan jenis yang paling sering dimainkan.

Blues harp pada dasarnya menghasilkan nada diatonik. Diatonik merupakan nada satu oktaf yang terdiri dari tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do untuk setiap nada dasar. Dalam alat musik piano, diatonik sama dengan tuts berwarna putih di nada dasar C.

Harmonika ini memiliki nada dasar yang berbeda-beda. Blues harp bernada dasar tertentu akan berbunyi sinkron jika digunakan dalam musik bernada dasar sama. Sebagai contoh, blues harp bernada dasar C selaras untuk jenis musik bernada dasar C.

Harmonika jenis blues harp memiliki dua belas nada dasar dari G hingga F#. Agar dapat memainkan bermacam-macam lagu, Anda memerlukan harmonika bernada dasar lain. Namun, pilihlah harmonika bernada dasar C terlebih dahulu jika Anda masih belajar bermain harmonika.

Kromatis untuk genre musik pop, jaz dan klasik

Kromatis untuk genre musik pop, jaz dan klasik

Harmonika kromatis (chromatic harmonica) adalah jenis yang cocok untuk memainkan genre musik jaz atau klasik. Jenis harmonika yang dikenal dengan sebutan sliding harmonica ini ditandai dengan tombol di bagian sisinya. Apabila tombol tersebut ditekan, harmonika akan dapat membunyikan nada minor selain diatonik, yaitu nada kres. Dengan demikian, harmonika ini dapat membunyikan nada dalam satu oktaf dengan menggunakan dua belas tangga nada. Hasilnya, nada yang dapat dibunyikan pun semakin banyak sehingga bermusik dapat menjadi lebih bervariasi.

Apabila blues harp hanya dapat memainkan delapan tangga nada mayor, jenis kromatis dapat menghasilkan dua belas tangga nada. Dua belas tangga nada tersebut adalah do, do#, re, re#, mi, fa, fa#, sol, sol#, la, la#, si. Hal ini sama halnya dengan memainkan seluruh tangga nada dalam satu oktaf di tuts piano. Namun, Anda tidak hanya dapat membunyikan tuts berwarna putih saja, tetapi juga dapat membunyikan tuts berwarna hitamnya.

Dengan kata lain, Anda dapat memainkan musik dengan nada dasar apapun tanpa perlu mengganti harmonikanya. Sebaliknya, blues harp sebenarnya bisa memainkan nada minor yaitu kres. Hanya saja hal tersebut agak sulit untuk dilakukan oleh pemula. Sebab itu, harmonika jenis kromatis lebih cocok bagi Anda yang pemula atau yang menggeluti musik jaz.

Di samping itu, blues harp hanya dapat menghasilkan nada diatonik sehingga kurang cocok untuk memainkan lagu genre jaz. Karena itu, kami merekomendasikan harmonika kromatis jika hendak memainkan lagu jaz, klasik, atau semacamnya.

Tremolo untuk musik balada dan lagu anak

Tremolo untuk musik balada dan lagu anak

Harmonika tremolo adalah jenis yang cocok untuk memainkan musik balada, musik anak, folk, atau musik bernada lembut lain. Tremolo harmonica memiliki lubang-lubang bersusun atas dan bawah. Untuk memainkannya Anda harus meniup atau menghisap kedua lubang bagian atas dan bawahnya sambil menggesernya dengan lembut. Bila dimainkan dengan benar, harmonika akan membunyikan nada dengan vibrato sempurna.

Apabila Anda menggeser sambil membuka kedua lubang di bagian atas dan bawah harmonika, Anda akan mendengar nada dengan vibrato atau gema. Sama seperti istilah dalam gitar, nada vibrato ini disebut dengan tremolo karena harmonika membunyikan efek getaran lembut.

Jika kedua lubang dibunyikan bersamaan, harmonika akan menghasilkan nada yang tidak sama sehingga lebih kaya bunyi. Dengan demikian, harmonika ini tepat bagi Anda yang sering memainkan musik anak, balada, dan musik bernada lembut lainnya.

10 Rekomendasi harmonika terbaik

Di bagian ini, kami akan merekomendasikan produk harmonika terbaik untuk Anda. Pilihlah harmonika yang sesuai dengan kebutuhan dan juga bujet Anda. Selamat memilih!

10. Harmonika Yamada 24 Holes

10. Harmonika Yamada 24 Holes

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.000

Meriahkan kompleksitas nada musik grup band dengan bunyi vibrato!

Harmonika Yamada 24 Holes merupakan hamonika tremolo yang memiliki 24 lubang bersusun atas dan bawah. Produk ini tepat bagi Anda yang ingin memainkan musik dengan menekankan nada berbunyi vibrato.

Apabila ingin membunyikan nada vibrato, Anda dapat meniup atau menghisap lubang sambil menggesernya secara lembut. Lubang-lubang yang dibunyikan bersamaan tersebut akan menghasilkan nada yang kaya, tetapi simpel. Jika Anda mau menambahkan special sound effect di iringan musik grup band Anda, pilih produk ini!

Jenis Tremolo (nada dasar C)
Genre musik Balada, folk, musik anak

9. Golden Cup Chromatic JH-1040

9. Golden Cup Chromatic JHa-1040

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 440.000

Pemula pun dapat membunyikan nada mayor dan minor secara sempurna

Satu lagi harmonika yang direkomendasikan untuk pemula adalah Golden Cup Chromatic JH-1040. Tidak seperti produk sebelumnya, produk kali ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin membunyikan nada minor berkualitas.

Anda dapat mengatur aliran angin secara optimal dengan menekan tombol yang ada di bagian sisi harmonika. Dengan timing yang tepat untuk meniup, menghisap, dan menggunakan tombol, Anda pun dapat membunyikan nada kres berintonasi sempurna.

Jenis Kromatis
Genre musik Jaz, klasik, pop

8. Hohner Silver Star

8. Hohner Silver Star

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 280.000

Bahan hybrid yang optimal membunyikan musik indah bernada rendah

Hohner Silver Star merupakan merek harmonika asal Jerman yang menyediakan tujuh ragam nada dasar. Produk yang direkomendasikan kali ini adalah harmonika dengan nada dasar A. Dengan membunyikan harmonika kunci A, nada yang dihasilkan akan lebih rendah dibandingkan dengan harmonika bernada dasar C.

Harmonika ini berbahan kuningan yang berpadu dengan plastic comb di bagian lubangnya. Jadi, performanya tetap optimal dalam segala kondisi cuaca. Apabila Anda menginginkan harmonika durable yang impresif memainkan musik bernada sedikit rendah, blues harp ini patut untuk dipertimbangkan.

Jenis Diatonik (nada dasar A)
Genre musik Blues, folk, pop, rock

7. Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica – C

7. Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica - C

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 89.000

Bisa belajar bunyi vibrato tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam

Harmonika tremolo buatan Suzuki berikut terbuat dari bahan plastik ABS dan stainless steel yang kuat dan antiair. Harmonika ini didesain tidak hanya untuk pemula, tetapi juga bagi Anda yang intermediates. Dengan enam belas lubang yang membunyikan nada dasar C, harmonika ini mampu menghasilkan nada vibrato yang baik.

Harmonika jenis ini merupakan produk paling terjangkau di antara sepuluh produk rekomendasi kami. Bagi Anda yang menginginkan harmonika tremolo pemula yang berkualitas bagus dan berharga terjangkau, pilihlah produk ini.

Jenis Tremolo
Genre musik Balada, folk, musik anak

6. Swan 10/40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece

6. Swan 10/40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 262.119

Belajar beragam jenis nada musik dengan produk kromatis terjangkau

Tidak hanya jaz, harmonika berikut cocok digunakan untuk memainkan beragam musik seperti folk, country, rock hingga blues. Sepuluh lubang mouth piece yang dikombinasikan dengan penggunaan tombol slide akan menghasilkan empat puluh variasi nada merdu.

Apabila Anda ingin belajar memainkan nada minor dengan bujet terbatas, produk ini layak untuk Anda pertimbangkan. Dibandingkan dengan produk sejenis, harmonika ini berharga lebih terjangkau. Namun, produk tetap menggunakan bahan logam berkualitas agar nada tetap terdengar merdu.

Jenis Kromatis
Genre musik Jaz, klasik, pop

5. Lee Oskar Harmonicas Major Diatonic Harmonica

5. Lee Oskar Harmonicas Major Diatonic Harmonica

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 455.500

Bunyikan gaya permainan melodies dan fluid ciri khas Anda dengan nyaman

Harmonika ini memiliki dua teknik permainan, yaitu first position dan second position. Posisi pertama atau straight harp cocok untuk gaya permainan simple melodies. Sementara itu, cross harp adalah gaya fluid untuk mengiringi komposisi musik grup band.

Kami merekomendasikan produk yang satu ini jika Anda ingin belajar gaya membunyikan harmonika secara melodies dan fluid. Anda juga akan merasakan mudahnya melakukan teknik bending saat menggunakan harmonika berikut.

Jenis Diatonik (nada dasar C)
Genre musik Blues, country folk, jaz, rock

4. Suzuki Musical Instruments Airwave Harmonica

4. Suzuki Musical Instruments Airwave Harmonica

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 215.000

Lubang besar memudahkan si kecil membunyikan harmonika pertamanya

Suzuki Musical Instruments Airwave Harmonica adalah produk yang memiliki ukuran lubang angin yang besar. Desainnya unik karena menggunakan plastik berwarna sebagai bahan dasar. Harmonika ini diproduksi untuk segala jenis umur. Baik anak maupun orang dewasa tentu akan fun membunyikannya.

Anda tak perlu khawatir membiarkan anak bermain harmonika seorang diri karena produk tidak mengandung material logam. Meski terbuat dari bahan plastik, bunyi yang dihasilkan tidak kalah merdu dari produk yang terbuat dari logam. Ayo, ajarkan anak bermusik sejak dini dengan menyanyikan lagu favorit mereka yang tertera di buklet!

Jenis Diatonik
Genre musik Blues, folk, rock, klasik, musik anak

3. Hohner Marine Band Crossover

3. Hohner Marine Band Crossover

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 976.250

Konstruksi mengagumkan, bunyi nada menawan

Hohner Marine Band Crossover adalah harmonika dengan desain new high-end. Jika produk lain kebanyakan hanya menggunakan kuningan dan plastik, produk ini menambahkan bambu berpelitur sebagai bahannya. Dengan demikian, nada yang dihasilkan lebih jernih sehingga ideal untuk single note playing.

Harmonika diatonik bernada dasar A yang satu ini akan menjamin permainan blues Anda terdengar crisp. Tidak hanya blues, genre musik bernuansa gospel seperti soul pun akan terdengar rendah dan powerful. Kami merekomendasikan harmonika yang satu ini bagi Anda yang menginginkan nada rendah yang bright dan crisp.

Jenis Diatonik (nada dasar A)
Genre musik Blues, folkrock, jaz, soul 

2. C. A. Seydel Söhne Session Steel

2. C. A. Seydel Söhne Session Steel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 954.500

Bunyikan nada tinggi renyah dengan produk masterpiece buatan Jerman

Produk asal Jerman ini memiliki beragam tuning berbunyi spesial, di antaranya adalah tuning dengan kunci F. Apabila Anda mencari blues harp berkualitas yang mampu membunyikan nada tinggi, pertimbangkanlah produk yang satu ini.

Harmonika ini didesain dengan bentuk bulat ergonomis sehingga memberikan kenyamanan di mulut Anda saat menggunakannya. Sementara itu, bagian reed yang terbuat dari baja tahan karat akan membunyikan nada yang jelas dan jernih.

Jenis Diatonik (nada dasar F)
Genre musik Blues, folk, rock 

1. Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072

1. Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Mudah lakukan tone bending dan timbre lembut mendayu

Tipe produk Folkmaster dari Suzuki adalah harmonika berharga ekonomis dan bersuara jernih. Apabila dibunyikan, harmonika ini menghasilkan suara timbre dengan tone yang mellow. Tidak hanya itu, Anda juga dapat dengan mudah melakukan tone bending dengan harmonika ini.

Kami merekomendasikan produk ini jika Anda baru pertama kali ingin memiliki harmonika. Selain karena memiliki nada dasar C yang merupakan kunci umum harmonika pemula, produk ini juga minim perawatan. Materialnya yang antiair dan bonus hard case-nya membuat harmonika tetap bersuara merdu dan awet.

Jenis Diatonik (nada dasar C)
Genre musik Blues, folk, rock

Baca juga rekomendasi produk alat musik lainnya di sini!

Selain harmonika yang telah dibahas dalam artikel ini, kami juga merekomendasikan Anda untuk mencoba instrumen musik lainnya. Ragam alat musik tersebut tentunya dapat membuat khazanah bermusik Anda akan semakin komplet. Simak penjelasan selengkapnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Dari produk-produk yang telah kami perkenalkan di atas, harmonika manakah yang menjadi favorit Anda? Setelah membaca tips dan rekomendasi produk yang telah diberikan, kami harap Anda dapat memilih harmonika yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet.

Setelah mendapatkan barang yang Anda inginkan, jangan lupa untuk melakukan latihan rutin, ya. Anda dapat memanfaatkan akses internet untuk melihat tutorial bermain harmonika yang benar agar teknik permainan Anda meningkat. Semoga berhasil!