• 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Harmonika merupakan alat musik tiup berukuran kecil, tetapi bersuara impresif. Meski bentuknya sederhana, harmonika menghasilkan nada yang kaya sehingga banyak digunakan di berbagai genre musik. Bagi Anda yang pemula, Anda mungkin masih bingung dalam mencari harmonika yang tepat.

Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih harmonika terbaik dan merekomendasikan beberapa produknya. Di antaranya adalah Hohner, Seydel, Suzuki dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 14 Mei 2020
  • 11.894 Views
Daftar isi

Cara memilih harmonika

Masalah yang sering dihadapi oleh orang yang ingin membeli harmonika adalah ketakpahaman dalam memilih produk yang tepat. Kebingungan tersebut ditambah lagi dengan beragamnya jenis dan merek harmonika yang dijual di pasaran. Hal yang sebaiknya dijadikan acuan dalam memilih harmonika adalah mencocokkan jenisnya dengan genre musik yang Anda mainkan.

Diatonik untuk genre musik rock atau blues

Diatonik untuk genre musik rock atau blues
Harmonika diatonik (diatonic harmonica) adalah jenis yang cocok untuk dipadukan bersama alat musik lain dalam satu grup musik. Harmonika jenis yang satu ini tepat untuk memainkan genre musik rock, blues, folk, dan lainnya. Harmonika yang dikenal dengan sebutan blues harp atau 10 holes harmonica ini merupakan jenis yang paling sering dimainkan.
Blues harp pada dasarnya menghasilkan nada diatonik. Diatonik merupakan nada satu oktaf yang terdiri dari tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do untuk setiap nada dasar. Dalam alat musik piano, diatonik sama dengan tuts berwarna putih di nada dasar C.
Harmonika ini memiliki nada dasar yang berbeda-beda. Blues harp bernada dasar tertentu akan berbunyi sinkron jika digunakan dalam musik bernada dasar sama. Sebagai contoh, blues harp bernada dasar C selaras untuk jenis musik bernada dasar C.
Harmonika jenis blues harp memiliki dua belas nada dasar dari G hingga F#. Agar dapat memainkan bermacam-macam lagu, Anda memerlukan harmonika bernada dasar lain. Namun, pilihlah harmonika bernada dasar C terlebih dahulu jika Anda masih belajar bermain harmonika.

Kromatis untuk genre musik pop, jaz dan klasik

Kromatis untuk genre musik pop, jaz dan klasik
Harmonika kromatis (chromatic harmonica) adalah jenis yang cocok untuk memainkan genre musik jaz atau klasik. Jenis harmonika yang dikenal dengan sebutan sliding harmonica ini ditandai dengan tombol di bagian sisinya. Apabila tombol tersebut ditekan, harmonika akan dapat membunyikan nada minor selain diatonik, yaitu nada kres. Dengan demikian, harmonika ini dapat membunyikan nada dalam satu oktaf dengan menggunakan dua belas tangga nada. Hasilnya, nada yang dapat dibunyikan pun semakin banyak sehingga bermusik dapat menjadi lebih bervariasi.
Apabila blues harp hanya dapat memainkan delapan tangga nada mayor, jenis kromatis dapat menghasilkan dua belas tangga nada. Dua belas tangga nada tersebut adalah do, do#, re, re#, mi, fa, fa#, sol, sol#, la, la#, si. Hal ini sama halnya dengan memainkan seluruh tangga nada dalam satu oktaf di tuts piano. Namun, Anda tidak hanya dapat membunyikan tuts berwarna putih saja, tetapi juga dapat membunyikan tuts berwarna hitamnya.
Dengan kata lain, Anda dapat memainkan musik dengan nada dasar apapun tanpa perlu mengganti harmonikanya. Sebaliknya, blues harp sebenarnya bisa memainkan nada minor yaitu kres. Hanya saja hal tersebut agak sulit untuk dilakukan oleh pemula. Sebab itu, harmonika jenis kromatis lebih cocok bagi Anda yang pemula atau yang menggeluti musik jaz.
Di samping itu, blues harp hanya dapat menghasilkan nada diatonik sehingga kurang cocok untuk memainkan lagu genre jaz. Karena itu, kami merekomendasikan harmonika kromatis jika hendak memainkan lagu jaz, klasik, atau semacamnya.

Tremolo untuk musik balada dan lagu anak

Tremolo untuk musik balada dan lagu anak
Harmonika tremolo adalah jenis yang cocok untuk memainkan musik balada, musik anak, folk, atau musik bernada lembut lain. Tremolo harmonica memiliki lubang-lubang bersusun atas dan bawah. Untuk memainkannya Anda harus meniup atau menghisap kedua lubang bagian atas dan bawahnya sambil menggesernya dengan lembut. Bila dimainkan dengan benar, harmonika akan membunyikan nada dengan vibrato sempurna.
Apabila Anda menggeser sambil membuka kedua lubang di bagian atas dan bawah harmonika, Anda akan mendengar nada dengan vibrato atau gema. Sama seperti istilah dalam gitar, nada vibrato ini disebut dengan tremolo karena harmonika membunyikan efek getaran lembut.
Jika kedua lubang dibunyikan bersamaan, harmonika akan menghasilkan nada yang tidak sama sehingga lebih kaya bunyi. Dengan demikian, harmonika ini tepat bagi Anda yang sering memainkan musik anak, balada, dan musik bernada lembut lainnya.

10 Rekomendasi harmonika terbaik

Di bagian ini, kami akan merekomendasikan produk harmonika terbaik untuk Anda. Pilihlah harmonika yang sesuai dengan kebutuhan dan juga bujet Anda. Selamat memilih!
10
JenisTremolo (nada dasar C)
Genre musikBalada, folk, musik anak
9
JenisKromatis
Genre musikJaz, klasik, pop
8
JenisDiatonik (nada dasar A)
Genre musikBlues, folk, pop, rock
7
JenisTremolo
Genre musikBalada, folk, musik anak
6
JenisKromatis
Genre musikJaz, klasik, pop
5
JenisDiatonik (nada dasar C)
Genre musikBlues, country, folk, jaz, rock
4
JenisDiatonik
Genre musikBlues, folk, rock, klasik, musik anak
3
JenisDiatonik (nada dasar A)
Genre musikBlues, folk, rock, jaz, soul
2
JenisDiatonik (nada dasar F)
Genre musikBlues, folk, rock
1
JenisDiatonik (nada dasar C)
Genre musikBlues, folk, rock

Tabel perbandingan produk harmonika terbaik

Gambar produk
1
Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072 1

Suzuki

2
C. A. Seydel Söhne Session Steel 1

C. A. Seydel Söhne

3
Hohner Marine Band Crossover 1

Hohner

4
Suzuki Musical Instruments Airwave Harmonica 1

Suzuki

5
Tombo Lee Oskar Harmonicas Major Diatonic Harmonica 1

Tombo

6
Swan 10/40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece 1

Swan

7
Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica – C 1

Suzuki

8
Hohner Silver Star 1

Hohner

9
BSL Golden Cup Chromatic JH-1040 1

BSL

10
YAMADA Harmonika Yamada 24 Holes 1

YAMADA

Nama produk

Musical Instruments Folkmaster 1072

Session Steel

Marine Band Crossover

Musical Instruments Airwave Harmonica

Lee Oskar Harmonicas Major Diatonic Harmonica

10/40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece

Winner Tremolo 16 Harmonica – C

Silver Star

Golden Cup Chromatic JH-1040

Harmonika Yamada 24 Holes

KeunggulanMudah lakukan tone bending ...Bunyikan nada tinggi renyah...Konstruksi mengagumkan, bun...Lubang besar memudahkan si ...Bunyikan gaya permainan mel...Belajar beragam jenis nada ...Bisa belajar bunyi vibrato ...Bahan hybrid yang optimal m...Pemula pun dapat membunyika...Meriahkan kompleksitas nada...
HargaRp 58.999,00Rp 954.500,00Rp 1.059.900,00Rp 165.000,00Rp 459.000,00Rp 335.240,00Rp 89.000,00Rp 167.000,00Rp 474.000,00Rp 62.000,00
JenisDiatonik (nada dasar C)Diatonik (nada dasar F)Diatonik (nada dasar A)DiatonikDiatonik (nada dasar C)KromatisTremoloDiatonik (nada dasar A)KromatisTremolo (nada dasar C)
Genre musikBlues, folk, rockBlues, folk, rock Blues, folk, rock, jaz, soul Blues, folk, rock, klasik, musik anakBlues, country, folk, jaz, rockJaz, klasik, popBalada, folk, musik anakBlues, folk, pop, rockJaz, klasik, popBalada, folk, musik anak
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk alat musik lainnya di sini!

Selain harmonika yang telah dibahas dalam artikel ini, kami juga merekomendasikan Anda untuk mencoba instrumen musik lainnya. Ragam alat musik tersebut tentunya dapat membuat khazanah bermusik Anda akan semakin komplet. Simak penjelasan selengkapnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Dari produk-produk yang telah kami perkenalkan di atas, harmonika manakah yang menjadi favorit Anda? Setelah membaca tips dan rekomendasi produk yang telah diberikan, kami harap Anda dapat memilih harmonika yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet.
Setelah mendapatkan barang yang Anda inginkan, jangan lupa untuk melakukan latihan rutin, ya. Anda dapat memanfaatkan akses internet untuk melihat tutorial bermain harmonika yang benar agar teknik permainan Anda meningkat. Semoga berhasil!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    122.381 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    31.535 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    29.501 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai alat musik, ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, bila Anda belajar di tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, hingga pegs-nya.Untuk membantu Anda, kini kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada hingga material pembuatnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan rekomendasi produk yang ada di pasaran seperti Grande, Cowboy, Fender, dan lainnya. Selamat membaca!
    Musik
    44.656 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menjadi musisi adalah impian bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi gitaris. Banyak orang di dunia, tua atau muda, membeli gitar dan mempelajarinya. Ada yang bermain gitar akustik dan ada yang bermain gitar listrik. Apakah Anda tahu alat pendukung apa yang gitar Anda perlukan?Ya, amplifier adalah salah satu alat pendukung gitar yang pastinya Anda perlukan. Anda sudah mengetahui merek amplifier terkenal seperti Marshall, Roland, Fender. Namun, apakah Anda tahu cara memilih amplifier gitar terbaik? Simak artikel kami di bawah ini dan dapatkan referensinya!
    Musik
    24.421 Views
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda bisa memiliki MP3 Player yang memiliki kualitas suara terbaik. Produsen yang terkenal handal dalam menciptakan produk MP3 Player berkualitas dengan berbagai fitur menarik salah satunya adalah Sony.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk MP3 Player terbaik dengan membandingkan performa, fitur dan harganya. Kami juga akan menjelaskan cara memilih MP3 Player agar Anda bisa menemukan produk favorit Anda dan menikmati lagu dengan kualitas suara terbaik pula. Jadi, sudah siap memilih MP3 Player terbaik Anda?
    Musik
    21.919 Views
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Recorder adalah alat musik yang biasanya mulai diperkenalkan pada siswa di tingkat sekolah dasar. Namun, beberapa orang mungkin menganggap alat ini kuno serta tidak menarik untuk dimainkan. Jika memang demikian, tentu musisi seperti Paul McCartney dan John Paul Jones tidak akan menggunakan recorder dalam lagu mereka.Meski begitu, jangan terburu-buru membeli bila saat ini ada produk yang menarik minat Anda. Simak dulu penjelasan cara memilih dan sepuluh rekomendasi recorder dari merek terkenal seperti Yamaha dan Aulos berikut ini. Pastikan Anda menyimak hingga akhir agar mendapatkan informasi yang jelas. Selamat membaca!
    Musik
    6.582 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori