• 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Harmonika adalah alat musik tiup berukuran kecil, tetapi bersuara impresif. Meskipun bentuknya sederhana, harmonika menghasilkan nada yang kaya sehingga banyak digunakan di berbagai genre musik. Oleh sebab itu, banyak musisi baik pemula maupun profesional tertarik memainkan harmonika.

Namun, beragamnya jenis dan merek harmonika yang ada bisa jadi membuat Anda bingung memilih yang terbaik. Karena itu, pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih harmonika yang bagus. Tak lupa kami juga akan merekomendasikan beberapa produk dari merek terkenal, seperti Hohner, Seydel, Suzuki, dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih harmonika

Pertama-tama, kami akan membagikan beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli harmonika. Agar tidak salah membeli, jadikan poin-poin di bawah ini sebagai acuan, ya!

Pilih berdasarkan jenisnya

Berdasarkan jenisnya, harmonika dibagi menjadi tiga, yaitu diatonik, kromatis, dan tremolo. Masing-masing jenis menghasilkan genre musik yang berbeda. 

Diatonik, untuk genre musik rock atau blues

Harmonika diatonik (diatonic harmonica) adalah jenis yang cocok untuk dipadukan bersama alat musik lain dalam satu grup musik. Harmonika jenis yang satu ini tepat untuk memainkan genre musik rock, blues, folk, dan lainnya. Harmonika yang dikenal dengan sebutan blues harp atau 10 holes harmonica ini merupakan jenis yang paling sering dimainkan.

Blues harp pada dasarnya menghasilkan nada diatonik. Diatonik merupakan nada satu oktaf yang terdiri dari tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do untuk setiap nada dasar. Dalam alat musik piano, diatonik sama dengan tuts berwarna putih di nada dasar C.


Harmonika ini memiliki nada dasar yang berbeda-beda. Blues harp bernada dasar tertentu akan berbunyi sinkron jika digunakan dalam musik bernada dasar sama. Sebagai contoh, blues harp bernada dasar C selaras untuk jenis musik bernada dasar C.


Harmonika jenis blues harp memiliki dua belas nada dasar dari G hingga F#. Agar dapat memainkan bermacam-macam lagu, Anda memerlukan harmonika bernada dasar lain. Namun, pilihlah harmonika bernada dasar C terlebih dahulu jika Anda masih belajar bermain harmonika.

Kromatis, untuk genre musik pop, jaz dan klasik

Harmonika kromatis (chromatic harmonica) adalah jenis yang cocok untuk memainkan genre musik jaz atau klasik. Jenis harmonika yang dikenal dengan sebutan sliding harmonica ini ditandai dengan tombol di bagian sisinya. Apabila tombol tersebut ditekan, harmonika akan dapat membunyikan nada minor selain diatonik yaitu nada kres. 

Dengan demikian, harmonika kromatis ini dapat membunyikan nada dalam satu oktaf dengan menggunakan dua belas tangga nada. Dua belas tangga nada tersebut adalah do, do#, re, re#, mi, fa, fa#, sol, sol#, la, la#, si. 


Hal ini sama halnya dengan memainkan seluruh tangga nada dalam satu oktaf di tuts piano. Namun, Anda tidak hanya dapat membunyikan tuts berwarna putih saja, tetapi juga dapat membunyikan tuts berwarna hitamnya. 


Dengan kata lain, Anda dapat memainkan musik dengan nada dasar apapun tanpa perlu mengganti harmonikanya. Sebab itu, harmonika jenis kromatis lebih cocok bagi pemula atau yang menggeluti musik jaz.

Tremolo, untuk musik balada dan lagu anak

Harmonika tremolo adalah jenis yang cocok untuk memainkan musik balada, musik anak, folk, atau musik bernada lembut lain. Tremolo harmonica memiliki lubang-lubang bersusun atas dan bawah

Untuk memainkannya, Anda harus meniup atau menghisap kedua lubang bagian atas dan bawahnya sambil menggesernya dengan lembut. Bila dimainkan dengan benar, harmonika tremolo ini akan membunyikan nada dengan vibrato sempurna.


Apabila Anda menggeser sambil membuka kedua lubang di bagian atas dan bawah harmonika, Anda dapat menciptakan vibrato atau gema. Sama seperti istilah dalam gitar, nada vibrato ini disebut dengan tremolo karena harmonika membunyikan efek getaran lembut.


Jika kedua lubang dibunyikan bersamaan, harmonika ini akan menghasilkan nada yang tidak sama sehingga lebih kaya bunyi. Dengan demikian, harmonika ini tepat bagi Anda yang sering memainkan musik anak, balada, dan musik bernada lembut lainnya.

Ketahuilah bahan dasar harmonika

Ketahuilah bahan dasar harmonika

Bahan dasar harmonika umumnya terbuat dari bahan logam dan nonlogam. Bagian cover plates harmonika biasanya terbuat dari bahan stainless steel atau logam kuningan. 


Sementara itu, untuk bagian comb atau pemisah antar lubang harmonika terbuat dari beragam bahan. Ada yang terbuat dari plastik, stainless steel, atau bambu. Dengan mengenali bahannya, Anda dapat menyesuaikan bahan harmonika yang nyaman untuk Anda mainkan.  

Perhatikan jumlah hole dari harmonikanya

Perhatikan jumlah hole dari harmonikanya

Poin penting berikutnya yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli harmonika adalah jumlah lubangnya. Makin banyak jumlah lubangnya, makin banyak pula kombinasi dan variasi nada yang mampu dihasilkan


Standarnya harmonika diatonik memiliki 10 holes. Sementara itu, harmonika kromatis memiliki lubang yang lebih beragam, yaitu 10 holes, 12 holes, 14 hole, hingga 16 holes. Lalu, harmonika tremolo biasanya mempunyai 12 holes dan 24 holes semitone. 

10 Rekomendasi harmonika terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk harmonika terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisDiatonik (nada dasar A)
Genre musikBlues, folk, rock, jaz, soul
Jumlah hole10
BahanCover plates: stainless steel ・Comb: bambu
9
JenisKromatis
Genre musikJazz, klasik
Jumlah hole12
BahanComb: plastik ABS
8

Suzuki Airwave Harmonica

AW-1

Mulai dari Rp 288.750,00

JenisDiatonik
Genre musikBlues, folk, rock, klasik, musik anak
Jumlah hole10
BahanCover plates: plastik ・Comb: aluminium
7
JenisDiatonik (nada dasar A)
Genre musikBlues, folk, pop, rock
Jumlah hole10
BahanCover plates: stainless steel ・Comb: plastik ABS
6

Bravo MusicSuzuki Winner Tremolo 16 Harmonica – C

2147

Mulai dari Rp 89.000,00

JenisTremolo
Genre musikBalada, folk, musik anak
Jumlah hole16
BahanCover plates: stainless steel ・Comb: plastik ABS
5

TomboLee Oskar Major Diatonic Harmonica

Mulai dari Rp 524.000,00

JenisDiatonik (nada dasar C)
Genre musikBlues, country, folk, jaz, rock
Jumlah hole10
BahanCover plates: kuningan・Comb: plastik ABS
4

C. A. Seydel SöhneSession Steel

Mulai dari Rp 934.500,00

JenisDiatonik (nada dasar F)
Genre musikBlues, folk, rock
Jumlah hole10
BahanCover plates: stainless steel ・Comb: plastik ABS
3

Golden Cup Harmonica Chromatic 10 Holes

JH-1040

Mulai dari Rp 435.000,00

JenisKromatis
Genre musikJaz, klasik, pop
Jumlah hole10
BahanCover plates: stainless steel ・Comb: stainless steel
2

Swan10/40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece

SW1040-5

Mulai dari Rp 500.000,00

JenisKromatis
Genre musikJaz, klasik, pop
Jumlah hole10
BahanCover plates: stainless steel・Comb: stainless steel
1

YAMADAHarmonika Tremolo 24 Holes

Mulai dari Rp 65.000,00

JenisTremolo (nada dasar C)
Genre musikBalada, folk, musik anak
Jumlah hole24
BahanCover plates: tembaga

Tabel perbandingan produk harmonika terbaik

Gambar produk
1
YAMADA Harmonika Tremolo 24 Holes 1

YAMADA

2
Swan 10/40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece 1

Swan

3
Golden Cup  Harmonica Chromatic 10 Holes 1

Golden Cup

4
C. A. Seydel Söhne Session Steel 1

C. A. Seydel Söhne

5
Tombo Lee Oskar Major Diatonic Harmonica 1

Tombo

6
Bravo Music Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica – C 1

Bravo Music

7
Hohner Silver Star 1

Hohner

8
Suzuki  Airwave Harmonica 1

Suzuki

9
Tombo Uni Chromatic  1

Tombo

10
Hohner Marine Band Crossover 1

Hohner

Nama produk

Harmonika Tremolo 24 Holes

10/40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece

Harmonica Chromatic 10 Holes

Session Steel

Lee Oskar Major Diatonic Harmonica

Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica – C

Silver Star

Airwave Harmonica

Uni Chromatic

Marine Band Crossover

Keunggulan

Meriahkan kompleksitas nada musik grup band dengan bunyi vibrato!

Belajar beragam jenis nada musik dengan produk kromatis terjangkau

Mudahkan Anda membunyikan nada mayor dan minor

Hadirkan nada tinggi yang renyah

Memainkan melodies dan fluid kian nyaman

Bisa belajar bunyi vibrato, fleksibel untuk pemula atau intermediates

Bahan hybrid yang optimal membunyikan musik indah bernada rendah

Lubang besar memudahkan si kecil membunyikan harmonika pertamanya

Mumpuni menghadirkan nada jazz hingga klasik, andalan pemusik profesional

Konstruksi mengagumkan, bunyi nada menawan

Harga mulai dariRp 65.000,00Rp 500.000,00Rp 435.000,00Rp 934.500,00Rp 524.000,00Rp 89.000,00Rp 280.000,00Rp 288.750,00Rp 3.300.000,00Rp 1.200.000,00
JenisTremolo (nada dasar C)KromatisKromatisDiatonik (nada dasar F)Diatonik (nada dasar C)TremoloDiatonik (nada dasar A)DiatonikKromatisDiatonik (nada dasar A)
Genre musikBalada, folk, musik anakJaz, klasik, popJaz, klasik, popBlues, folk, rock Blues, country, folk, jaz, rockBalada, folk, musik anakBlues, folk, pop, rockBlues, folk, rock, klasik, musik anakJazz, klasikBlues, folk, rock, jaz, soul
Jumlah hole24101010101610101210
BahanCover plates: tembagaCover plates: stainless steel・Comb: stainless steelCover plates: stainless steel ・Comb: stainless steelCover plates: stainless steel ・Comb: plastik ABSCover plates: kuningan・Comb: plastik ABSCover plates: stainless steel ・Comb: plastik ABSCover plates: stainless steel ・Comb: plastik ABSCover plates: plastik ・Comb: aluminiumComb: plastik ABSCover plates: stainless steel ・Comb: bambu
Tautan produk

Tips bermain harmonika untuk pemula

Tips bermain harmonika untuk pemula

Bisa jadi Anda adalah seorang amatir dalam bermain harmonika. Untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan tips bermain harmonika untuk Anda. 


  • Pilih harmonika yang tepat

Untuk pemula, pilihlah harmonika standar yang paling sering digunakan. Umumnya, untuk orang yang akan belajar harmonika menggunakan tipe diatonik. Hal tersebut karena harmonika diatonik biasanya didesain dengan nada dasar C.


  • Latih teknik pernapasan perut

Napas merupakan kunci utama untuk menghasilkan suara harmonika yang indah. Anda dapat melatih pernapasan dengan menggunakan perut. Cukup menghirup udara dalam-dalam, lalu hembuskanlah secara perlahan. Ulangilah setiap hari agar Anda lebih ahli mengatur hembusan napas.


  • Latihan meniup dan menghisap napas untuk mengganti note

Selanjutnya, Anda dapat latihan teknik meniup dan menyedot beberapa lubang secara bergantian untuk menghasilkan nada yang berbeda. Teknik meniup pada harmonika lebih dikenal dengan nama straight-harp. Sementara itu, teknik menyedot atau menarik napas saat memainkan harmonika biasa disebut dengan cross-harp. 


  • Mulai memainkan lagu

Lalu, Anda dapat mencari lagu-lagu sederhana yang mudah dimainkan, seperti "Mary Had a Little Lamb" atau "Oh, Susanna". Jangan lupa untuk memvariasikan akor agar Anda makin mahir memainkan harmonika. 

Pertanyaan umum seputar harmonika

Bagaimana cara membersihkan harmonika?

Untuk membersihkan harmonika, Anda dapat membongkar seluruh bagian harmonika kemudian merendamnya dengan air hangat. Gunakan kuas halus untuk membersihkan seluruh bagian pelat. Terakhir, keringkan dan rakit kembali harmonika Anda. 

Bagaimana cara menyimpan harmonika yang benar?

Setelah selesai dibersihkan atau digunakan, masukkanlah kembali harmonika ke dalam kotaknya. Dengan begitu, harmonika Anda akan terbebas dari debu sehingga lebih higienis. 

Baca juga rekomendasi produk alat musik lainnya di sini

Selain harmonika yang telah dibahas dalam artikel ini, kami juga merekomendasikan Anda untuk mencoba instrumen musik lainnya. Ragam alat musik tersebut tentunya dapat membuat khazanah bermusik Anda akan makin komplet. Simak penjelasan selengkapnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Jenis, genre musik, dan jumlah holes pada harmonika merupakan hal penting yang perlu Anda pertimbangkan saat akan membeli harmonika. Dari produk-produk yang telah kami perkenalkan di atas, harmonika manakah yang menjadi favorit Anda?

Setelah mendapatkan harmonika yang Anda inginkan, jangan lupa untuk melakukan latihan rutin, ya. Anda dapat memanfaatkan akses internet untuk melihat tutorial bermain harmonika yang benar agar teknik permainan Anda meningkat. Semoga berhasil!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, ada yang murah ada juga yang mahal. Hal ini tergantung dari merek dan kualitas dari gitar listrik itu sendiri.Apakah Anda sedang mencari gitar listrik terbaik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Kami juga memberikan sederet produk yang direkomendasikan. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai panduan sebelum membeli. 
    Musik
  • 10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Bukan hanya  di tempat hiburan atau studio musik saja, kini Anda pun dapat karaoke di rumah. Agar suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah microphone karaoke.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih microphone karaoke yang bagus dari berbagai merk. Kami juga akan memberikan rekomendasi microphone karaoke mulai dari tipe wireless, Bluetooth, kabel, dan tipe kids atau anak. Microphone karaoke buatan Behringer, Sennheiser, dan SHURE pun akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Senar memberikan pengaruh pada kualitas suara gitar akustik sehingga penting untuk memilih senar terbaik. Senar gitar akustik sendiri terdiri dari beberapa jenis. Ada senar nylon yang digunakan pada gitar klasik. Ada juga senar baja antikarat untuk memainkan musik genre rock, blues, dan country.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih senar untuk menemukan senar terbaik yang original untuk gitar akustik Anda. Kami juga merekomendasikan beragam merek senar gitar akustik yang bagus, seperti Elixir, D'addario, Yamaha, dan Martin & Co. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan jika Anda baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Cort, dan Mandalika.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi gitar akustik yang bagus dan cocok untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak sampai akhir, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Tamborin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tamborin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tamborin adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul atau digoyang. Instrumen ini sering dipakai dalam berbagai genre musik, seperti pop, folk, rock, R&B, klasik, bahkan musik rohani. Namun, karena bentuknya yang sederhana, terkadang sulit untuk menentukan tamborin mana yang berkualitas. Apakah Anda merasa bingung saat harus memilihnya?Kali ini, kami akan membagi tips cara memilih tamborin yang bagus. Setelah itu, Anda bisa pertimbangkan sepuluh produk rekomendasi kami dari Remo, Meinl, dan merk terkenal lainnya. Simak sampai akhir untuk menemukan tamborin yang Anda butuhkan!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori