10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Anda pasti memiliki beberapa dokumen penting yang tidak boleh sampai hilang ataupun rusak, seperti ijazah, akta kelahiran, atau piagam penghargaan. Untuk menjaga dokumen penting Anda tetap dalam kondisi terbaik, ada baiknya Anda laminasi dokumen-dokumen tersebut menggunakan mesin laminating. Mesin laminating dapat membuat dokumen Anda lebih awet, mengkilap, tahan gores serta terhindar dari kebasahan.

Memang sekilas semua mesin laminating terlihat sama. Namun, perlu Anda ketahui bahwa mesin laminating yang banyak dijual di pasaran memiliki spesifikasi dan kualitas yang berbeda-beda. Simak ulasan mengenai mesin laminating dalam artikel ini untuk mengetahui cara memilih yang baik serta produk terbaik yang kami rekomendasikan!

Daftar isi

Cara memilih mesin laminating

Pertama-tama kami akan membagikan tips kepada Anda dalam memilih mesin laminating yang tepat sesuai kebutuhan Anda atau instansi Anda.

Pilih sesuai ukuran obyek yang Anda laminating agar lebih efisien

Pilih sesuai ukuran obyek yang Anda laminating agar lebih efisien

Umumnya mesin laminating yang biasa digunakan dapat memproses dokumen A4 atau A3. Tidak masalah jika Anda memilih ukuran yang sudah umum ini, namun akan lebih praktis jika Anda memilih ukuran mesin laminating yang besar.

Misalnya Anda memilih mesin laminating berukuran A3 tentu bisa digunakan untuk melaminating dokumen-dokumen berukuran A4 atau seukuran kartu KTP bukan? Atau misalnya Anda melaminating kartu-kartu seukuran KTP dengan menggunakan mesin laminating lebih dari ukuran A3, tentu akan lebih cepat karena satu lembar plastik laminating bisa digunakan untuk banyak kartu sekaligus. Praktis bukan? Jadi, jika Anda tidak masalah dengan budget, pilihlah mesin laminating berukuran besar.

Sesuaikan dengan tebal plastik laminating

Sesuaikan dengan tebal plastik laminating

Tebal plastik atau film yang bisa digunakan berbeda tergantung masing-masing mesin laminating. Pilihlah tebal plastik yang sesuai dengan mesin laminating dan kebutuhan Anda.

Plastik dengan tebal 75 mikron membutuhkan waktu pemrosesan laminating yang tidak terlalu lama, ini dikarenakan daya dan panas yang dibutuhkan juga sedikit. Plastik dengan tebal 150 mikron biasa digunakan untuk buku menu di restoran atau toko karena kuat dan tebal.

Untuk plastik dengan tebal 250 mikron atau 350 mikron hasil laminatingnya sangat kuat sehingga biasa digunakan di perusahaan-perusahan percetakan.

Perhatikan tipe roller mesin laminating

Hasil laminating juga dipengaruhi oleh tipe roller dari setiap mesin laminating. Ada 3 tipe roller berdasarkan jumlahnya, yaitu 2 roller, 4 roller, 6 roller. Berikut kami akan menjelaskan masing-masing tipe roller dengan hasil akhir yang didapatkan!

Tipe 2 roller untuk dokumen berukuran kecil

Tipe 2 roller untuk dokumen berukuran kecil

Tipe ini merupakan tipe mesin laminating yang menggunakan pemanas. Obyek yang dilaminating ditekan saat masuk ke dalam roller panas laminating. Namun, kekurangan tipe ini adalah proses laminasi kurang stabil saat Anda menggunakannya untuk melaminating ukuran yang besar seperti A3 atau A4. Sehingga dokumen yang dilaminating akan mengalami proses penarikan (paper jam) sehingga hasil laminasi mengerut.

Kami merekomendasikan tipe ini untuk melaminating obyek yang kecil seukuran kartu KTP karena hasil akhir laminating bagus dan proses laminating pun akan stabil. Jadi, jika Anda melaminating obyek-obyek yang kecil pilihlah tipe 2 roller.

Tipe 4 roller, umum digunakan untuk percetakan

Tipe 4 roller, umum digunakan untuk percetakan

Proses laminating pada tipe 4 roller yakni dimulai dengan memanaskan plastik dengan roller pemanas, kemudian ada roller yang bertugas untuk menarik plastik, kemudian akan didinginkan dan di-press. 

Dengan menggunakan tipe ini, proses laminasi akan terhindarkan dari penarikan yang berlebihan sehingga hasilnya pun tidak akan berkerut atau rusak. Tipe 4 roller ini bisa digunakan untuk melaminating media berukuran A3, A4 maupun yang berukuran kecil. Karena harga dan hasil laminating balance, tipe ini recommended untuk Anda yang ingin menghemat biaya proses, namun menginginkan hasil yang bagus.

Tipe 6 roller, terbaik di bidang percetakan

Tipe 6 roller, terbaik di bidang percetakan

Tipe 6 roller merupakan tipe yang kami rekomendasikan untuk perkantoran-perkantoran dan juga Anda yang memiliki usaha percetakan. Dengan menggunakan tipe ini hasil laminating sangat bagus untuk berbagai ukuran.

Proses laminating cepat dan bisa digunakan untuk jumlah yang banyak dalam sekali proses, sehingga tipe ini cocok untuk mereka yang memprioritaskan efisiensi. Gunakan plastik dengan tebal 250 mikron lebih dan hasilnya pun kuat dan indah.

Perhatikan fitur-fitur yang dimiliki

Mesin laminating memiliki fitur-fitur yang berbeda. Pilih fitur-fitur yang praktis dan memudahkan proses laminating Anda. Berikut penjelasannya.

Cek lamanya waktu pemanasan dan notifikasi mesin laminating

Cek lamanya waktu pemanasan dan notifikasi mesin laminating

Sebelum melaminating Anda perlu menunggu mesin agar panas terlebih dahulu. Tentu akan merepotkan jika Anda harus menunggu hingga 20 menit sebelum mesin laminating siap digunakan. Pilih mesin laminating dengan waktu pemanasan atau warm up time yang singkat.

Hal lain yang harus Anda cek adalah lampu indikator atau suara notifikasi ketika mesin sudah panas dan siap digunakan. Jika mesin laminating memiliki fitur ini tentu lebih praktis bukan?

Fitur pengatur suhu sehingga dapat menyesuaikan suhu yang diinginkan

Fitur pengatur suhu sehingga dapat menyesuaikan suhu yang diinginkan

Suhu yang panas diperlukan untuk melelehkan plastik agar lengket ke obyek yang dilaminating. Namun, suhu yang tidak pas atau terlalu panas akan menyebabkan paper jam, sehingga setelah media yang dilaminating sudah dingin mengalami pengerutan atau penyusutan.

Oleh karena itu, pilihlah mesin laminating yang memiliki fitur pengatur suhu. Beberapa merek mesin laminating yang murah biasanya hanya dilengkapi dengan fitur high atau low. Jadi, jika Anda tidak masalah dengan harga, pilih mesin laminating dengan pengatur suhu yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Fitur jam release button, untuk menghindari terjadinya paper jam

Fitur jam release button, untuk menghindari terjadinya paper jam

Tentu Anda khawatir jika dokumen penting yang Anda laminating rusak akibat paper jam saat proses laminating bukan? Saat terjadi paper jam atau dokumen tertarik dan tersangkut dalam roller, jangan menariknya secara paksa karena akan merusak dokumen. Untuk mengatasi kekhawatiran Anda, pilih mesin laminating dengan fitur jam release button atau tombol emergency yang akan mengeluarkan dokumen Anda dengan segera saat terjadi paper jam, sehingga dokumen Anda terselamatkan dan tidak mengalami kerusakan.

10 Rekomendasi mesin laminating terbaik

Berikut ini kami akan membagikan rekomendasi merek-merek mesin laminating beserta spesifikasi terbaik yang dimiliki masing-masing merek. Jadikan rekomendasi produk dari kami ini sebagai acuan Anda dalam memilih!

10. Secure Compact Mesin Laminating

10. Secure Compact Mesin Laminating

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 355.000

Mesin laminating tipe 2 roller dengan harga ekonomis

Mesin laminating ini dapat melaminasi dokumen-dokumen berukuran A4 hingga ukuran F4. Mesin laminating tipe 2 roller dengan proses laminating yang stabil memang cocok digunakan untuk melaminating dokumen atau media yang tidak terlalu besar. Mesin ini dapat melaminating dengan kecepatan 300 mm per menit sehingga cukup efisien untuk Anda gunakan.

Produk ini cocok untuk Anda ingin membelikan putra-putrinya yang masih sekolah mesin laminating untuk memudahkan pekerjaan rumah mereka, seperti melaminating gambar-gambar karya mereka. Karena harga yang ditawarkan juga cukup ekonomis sehingga tidak terlalu membebani Anda. Segera miliki produk ini di rumah Anda!

9. Secure Fine Mesin Laminating

9. Secure Fine Mesin Laminating

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 585.000

Mesin laminating dengan desain sederhana dan harga terjangkau

Produk Secure Fine Mesin Laminating ini memiliki desain yang sederhana dan fitur yang disediakan juga tidak begitu rumit. Dengan fungsi untuk melaminating dokumen berukuran kecil hingga A3 dan kecepatan laminating mencapai 300 mm/menit membuat mesin laminating ini cukup bisa diandalkan.

Produk ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki mesin laminating sederhana, dengan fungsi utama yang sederhana sehingga memudahkan pengaplikasian produk ini. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir produk ini akan menguras kantong Anda karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau, tidak sampai jutaan rupiah. Menarik bukan?

8. DSB HQ-236 Mesin Laminating

8. DSB HQ-236 Mesin Laminating

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 555.000

Dengan warm up time yang super singkat!

Produk ini didesain dengan waktu pemanasan mesin atau warm up time yang super cepat. Hanya dengan menunggu 1,5 hingga 2 menit setelah tombol power dinyalakan, mesin sudah siap digunakan untuk melaminating dokumen-dokumen Anda. Dengan waktu yang super singkat ini, kerja Anda menjadi lebih cepat dan efektif.

Selain itu, disertai dengan light signals yang akan menyala ketika mesin sudah panas dan siap digunakan. Meskipun tidak memiliki pengatur suhu, namun produk dengan 2 roller ini cocok untuk Anda atau kantor Anda yang super sibuk sehingga tidak ada waktu menunggu lama untuk urusan dokumen-dokumen.

7. Deli Mesin Laminating

7. Deli Mesin Laminating

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.185.000

Mesin laminating yang bisa menyesuaikan dengan ketebalan plastik

Keunikan produk ini adalah memiliki two stall film thickness adjustable yang berfungsi untuk mengatur ketebalan film yang akan dilaminating. Sehingga cocok untuk Anda yang baru ingin membuka usaha fotocopy karena dapat memberikan pelayanan ekstra yang tidak dimiliki copy center lainnya. Produk ini mampu menyesuaikan ketebalan plastik dari 80 hingga 175 mikron.

Berbagai permintaan pelanggan dari laminating yang menginginkan plastik tipis, seperti KTP, hingga plastik yang tebal dan kuat pun bisa Anda penuhi. Dilengkapi juga dengan fitur auto enter film, jadi setelah Anda memasukkan obyek Anda di ujung mesin, maka obyek akan otomatis menariknya dan Anda hanya perlu menunggu proses selesai. Menarik bukan?

6. Rayson LK4-320D Mesin Laminating

6. Rayson LK4-320D Mesin Laminating

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.780.179

Mesin laminating 4 roller bebas pouch jammed

Untuk Anda yang selama ini menggunakan mesin laminating tipe 2 roller dan hasilnya kurang sempurna atau seperti bergelembung, sebaiknya Anda menggantinya dengan mesin laminating 4 roller. Dengan menggunakan produk ini, proses laminating pun akan tercegah dari pouch jammed sehingga hasil laminating lebih bagus.

Produsen mesin laminating ini mengklaim bahwa produk ini mengutamakan keamanan. Suhu panas dan tekanan yang dihasilkan saat proses laminating seimbang, sehingga hasil laminating aman, bebas dari kerut, gelembung, tidak merata. Miliki produk ini segera!

5. Dynamic Mesin Laminating

5. Dynamic Mesin Laminating

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.199.000

Dilengkapi dengan fitur pengatur suhu digital

Jika biasanya mesin laminating dilengkapi dengan tombol pemutar untuk mengatur suhu, berbeda dengan produk rekomendasi dari kami ini. Mesin laminating ini memiliki pengatur suhu digital LED sehingga suhu panas yang dihasilkan lebih akurat. Dengan suhu yang lebih akurat, Anda bisa memastikan kualitas dokumen yang Anda laminating bebas gelembung atau justru terlalu panas.

Untuk Anda yang selalu kerepotan mengatur suhu mesin laminating, produk ini cocok untuk Anda. Anda hanya perlu menekan tombol di bawah layar untuk mengatur suhu yang pas untuk melaminating dokumen-dokumen Anda dan lihat hasilnya! Produk ini dapat melaminasi dokumen hingga ukuran A3.

4. Blushmart Mesin Laminating

4. Blushmart Mesin Laminating

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.033.964

Mesin laminating dengan fungsi 3 in 1

Meskipun harganya cukup tinggi, Anda tidak akan rugi membeli produk ini karena mesin laminating ini memiliki 3 fungsi sekaligus, yaitu untuk laminating, paper trimmer, dan juga pemotong ujung plastik laminating. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki usaha percetakan sehingga menginginkan mesin laminating yang praktis dan canggih. Dengan 3 fungsi sekaligus, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran.

Setelah selesai melakukan laminating Anda bisa memotong atau menghias pinggiran plastik menjadi lurus, bergelombang atau berlubang-lubang dengan fungsi paper trimmer. Kemudian jika ujung plastik runcing Anda bisa memotongnya dengan fungsi pemotong. Menarik bukan?

3. Fellowes Mesin Laminating

3. Fellowes Mesin Laminating

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.396.799

Dilengkapi InstaHeat technology dengan waktu pemanasan hanya 1 menit!

Untuk Anda yang memiliki usaha fotocopy dengan skala yang cukup besar dengan pelanggan yang cukup banyak, sebaiknya mengganti mesin laminating Anda dengan produk pilihan kami ini. Produk ini dilengkapi dengan teknologi InstaHeat yang hanya perlu 1 menit untuk mesin panas. Sehingga pelanggan Anda tidak perlu menunggu terlalu lama saat ingin melaminating dokumen.

Jadi, pelanggan-pelanggan Anda tidak perlu menunggu terlalu lama. Selain itu, mesin laminating ini dilengkapi dengan fitur notifikasi atau penanda yang akan menyala berwarna hijau dan berbunyi ketika mesin sudah ready, praktis bukan?

2. PhotoLami-3302 Mesin Laminating

2. PhotoLami-3302 Mesin Laminating

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.673.000

Selain laminating metode panas, bisa juga dengan metode dingin

Motode dingin yaitu metode yang biasanya untuk melaminating obyek dengan plastik yang sudah memiliki bahan perekat sehingga tidak memerlukan panas untuk proses laminatingnya. Mesin ini, selain metode panas, bisa juga di-setting menjadi metode dingin. Dengan metode dingin, tentu tidak akan khawatir dokumen rusak terkena panas.

Untuk Anda yang menginginkan hasil laminating efektif dan efisien, kami sarankan memilih produk ini. Anda bisa menggunakan sesuai kebutuhan, ingin metode panas untuk hasil yang kuat atau metode dingin untuk melaminating obyek yang tidak memerlukan panas.

1. Sarki Mesin Laminating

1. Sarki Mesin Laminating

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.296.000

Mesin laminating dengan desain yang super keren!

Mesin laminating dengan desain yang keren ini dilengkapi dengan handle di kedua sisinya. Anda bisa melakukan laminating dengan posisi mesin secara horizontal maupun vertikal. Jika Anda melakukan laminating di tempat yang sempit, cukup pegang mesin melalui handle tersebut, dan posisikan secara vertikal sehingga tidak boros tempat.

Dilengkapi juga dengan indikator LED yang akan menunjukkan status mesin. Selain itu, produk ini memiliki fitur yang dapat mengatur ketebalan kertas atau obyek hingga 0,02 inch. Untuk Anda anak muda yang memiliki hobi fotografi, Anda bisa mengabadikan foto hasil jepretan Anda dengan melaminatingnya menggunakan mesin laminating yang super keren dan canggih ini!

Cara pemakaian mesin laminating

Cara pemakaian mesin laminating

Hal lain yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan hasil laminating yang bagus adalah cara pemakaian mesin laminating yang tepat. Saat memasukkan obyek ke mesin, pastikan arahnya benar. Selain itu, pastikan plastik lurus dan tidak bergeser. Jika suhu dari mesin tidak pas, terlalu tinggi atau terlalu rendah hasil laminating pun juga kurang bagus. Pastikan Anda menggunakan mesin setelah mesin dipanaskan dengan suhu yang pas. Jangan menarik atau memasukkan obyek dengan paksa karena obyek akan ditarik otomatis oleh mesin setelah masuk ke dalamnya, jadi sebaiknya Anda menunggu saja hingga proses selesai.

Selain itu, hasil laminating juga kurang bagus jika plastik terlalu banyak sisa yang kosong. Jika Anda melaminating obyek yang kecil seperti KTP atau kartu nama pun, sebaiknya jangan menyisakan plastik terlalu banyak.

Kesimpulan

Nah, itu tadi penjelasan produk-produk mesin laminating terbaik rekomendasi dari kami. Apa Anda sudah tahu spesifikasi dan kualitas dari masing-masing produk? Saran kami sebaiknya Anda membeli mesin laminating sesuai kebutuhan Anda atau instansi Anda. Harga yang mahal belum tentu baik jika memang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, sebaiknya Anda membeli mesin laminating sesuai dengan obyek yang ingin Anda laminating dan juga jangan lupa sesuaikan dengan budget. Jadi, selamat memilih!