• 10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu cara untuk melindungi dokumen penting dari kotoran dan kerusakan adalan melaminasinya menggunakan mesin laminating. Meski sepintas terlihat sama, ternyata terdapat bermacam-macam mesin laminating. Di antaranya adalah mesin laminating A3, mesin laminating roll, mesin laminating untuk ukuran kertas A4, dan banyak lainnya. 


Spesifikasi dan kualitas yang berbeda mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat. Oleh karena itu, kami akan mengulas cara memilih mesin laminating terbaik beserta sepuluh rekomendasi produknya. Anda dapat menemukan berbagai merek terkenal, seperti Dynamic, Joyko, GBC, dan lainnya. Simaklah sampai akhir!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 April 2022
Daftar isi

Cara memilih mesin laminating

Pertama-tama kami akan menjelaskan cara memilih mesin laminating yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Perhatikan baik-baik beberapa hal penting ini!

Agar efisien, pilih ukuran mesin yang paling sesuai dengan kebutuhan

Agar efisien, pilih ukuran mesin yang paling sesuai dengan kebutuhan
Mesin laminating biasanya digunakan untuk melapisi 3 jenis ukuran kertas: ukuran kartu, ukuran A3, dan ukuran A4. Sebenarnya tidak ada masalah dengan memilih ukuran mesin sesuai dengan kertas yang biasa dipakai. Namun, makin besar mesin laminating biasanya akan makin nyaman digunakan.

Sebagai contoh, saat Anda membeli mesin ukuran kartu, hanya kertas berukuran tersebut yang dapat dilaminasi. Namun, jika Anda memilih mesin laminating ukuran A3, Anda dapat melaminasi dokumen dengan ukuran kecil hingga A3. 


Selain itu, apabila dokumen yang ingin diproses seukuran kartu identitas, Anda dapat memproses beberapa dokumen menjadi satu lembar laminating film. Praktis, efisien, dan efektif, bukan? Jadi, apabila Anda memiliki anggaran dana yang tidak terbatas, sebaiknya memilih mesin laminating A3. 

Sesuaikan dengan ketebalan laminating film

Sesuaikan dengan ketebalan laminating film
Ketebalan plastik laminasi dapat berbeda tergantung dari mesin laminating yang digunakan. Oleh karena itu, pilihlah laminating film dengan ketebalan yang sesuai dengan mesin laminating serta kebutuhan Anda.

Laminating film dengan tebal 100 mikron biasanya digunakan untuk printing-out-paper atau POP yang ditempel di toko. Tak hanya itu, laminating film 100 mikron ini merupakan ketebalan plastik yang umum digunakan. Laminating film dengan ketebalan 150 mikron biasa digunakan untuk buku menu di restoran atau toko karena lebih kuat dan tebal. 


Kemudian, laminating film dengan ketebalan 250 mikron atau 350 mikron menghasilkan laminasi yang sangat kuat. Oleh karena itu, laminating film ini membutuhkan mesin laminating khusus sehingga biasanya hanya digunakan di perusahaan-perusahaan percetakan. 

Untuk hasil yang memuaskan, perhatikan tipe roller mesin laminating

Hasil laminating juga dipengaruhi oleh tipe roller dari setiap mesin laminating. Ada tiga tipe roller berdasarkan jumlahnya, yaitu dua roller, empat roller, enam roller. Berikut ini akan kami jelaskan masing-masing tipe roller dengan hasil akhir yang didapatkan!

Tipe dua roller, cocok untuk dokumen berukuran kecil

Tipe dua roller, cocok untuk dokumen berukuran kecil
Mesin laminating tipe dua roller biasanya menggunakan pemanas. Cara kerjanya dengan menekan objek yang dilaminating saat masuk ke dalam roller panas laminating. Tipe ini memiliki bodi ramping karena roller-nya sedikit. Namun, ia kurang stabil untuk melaminasi obyek berukuran besar, seperti kertas A4 atau A3. 

Biasanya, dokumen yang dilaminating akan mengalami proses penarikan (paper jam) sehingga hasil laminasi menjadi berkerut. Oleh karena itu, kami merekomendasikan tipe dua roller untuk melaminating dokumen yang kecil seukuran kartu identitas saja. Hasil laminasi dokumen ukuran kecil tidak berkerut dan cenderung lebih stabil.

Tipe empat roller, fleksibel digunakan untuk berbagai ukuran dokumen

Tipe empat roller, fleksibel digunakan untuk berbagai ukuran dokumen

Mesin laminating tipe empat roller ini bekerja dengan memanaskan laminating film dengan roller pemanas. Setelah itu, film akan ditarik oleh roller lainnya, kemudian didinginkan dan di-press. Apabila Anda menggunakan tipe empat roller, proses laminasi akan terhindar dari penarikan yang berlebih sehingga hasilnya tidak berkerut. 


Tipe empat roller tidak hanya dapat digunakan untuk dokumen berukuran kecil. Hasil akhir dokumen berukuran A3 atau A4 pun akan memuaskan. Mesin tipe ini memiliki harga yang sebanding dengan kualitas hasil akhirnya. Untuk itu kami merekomendasikan mesin tipe ini bagi Anda yang ingin mengemat biaya, tetapi ingin mendapatkan hasil yang bagus.

Tipe enam roller, ideal digunakan di kantor dan usaha percetakan

Tipe enam roller, ideal digunakan di kantor dan usaha percetakan

Tipe enam roller terdiri dari empat roll yang digunakan sebagai roller pemanas dan dua roll sebagai roller penarik. Perpaduan kinerja kedua jenis roller ini akan menghasilkan lebih sedikit kerutan. Oleh karena itu, kami merekomendasikan tipe enam roller untuk digunakan di kantor, toko, maupun usaha bidang percetakan.


Proses laminating bekerja dengan jangka waktu yang cepat. Anda dapat memproses banyak dokumen dalam satu waktu. Dengan demikian, tipe ini cocok untuk Anda yang memprioritaskan efisiensi. Biasanya, tipe enam roller ini digunakan untuk tujuan komersial. Gunakan film laminating dengan ketebalan 250 mikron atau lebih untuk hasil yang kuat dan indah. 

Perhatikan fitur lain yang dimilikinya

Mesin laminating memiliki fitur-fitur yang berbeda. Pilih fitur-fitur yang praktis dan memudahkan proses laminating Anda. Berikut penjelasannya.

Cek lamanya waktu pemanasan dan notifikasi mesin laminating

Cek lamanya waktu pemanasan dan notifikasi mesin laminating

Sebelum melakukan proses laminating, Anda perlu memanaskan mesin terlebih dahulu. Terutama apabila mesin baru saja dihidupkan. Proses ini paling lama membutuhkan waktu 20 menit sebelum mesin siap digunakan. Tentunya hal ini sedikit kurang nyaman apabila Anda ingin segera menggunakan mesin. 


Oleh karena itu, pilih mesin laminating dengan waktu pemanasan yang singkat apabila efisiensi waktu menjadi prioritas Anda. Tidak hanya itu, periksa juga lampu indikator atau suara notifikasi apabila mesin sudah panas dan siap digunakan. 

Fitur pengatur suhu membantu Anda menyesuaikan suhu yang diinginkan

Fitur pengatur suhu membantu Anda menyesuaikan suhu yang diinginkan

Apabila laminating film dari dokumen yang telah dilaminating berwarna keputihan, tandanya suhu alat saat proses laminating tidak cukup. Sebaliknya, apabila laminating film berkerut atau menyusut artinya suhu terlalu panas. Oleh karena itu, fitur suhu ini cukup membantu Anda untuk mendapatkan hasil laminating yang terbaik. 


Namun, mesin laminating yang dijual dengan harga relatif terjangkau biasanya hanya dilengkapi dengan pilihan suhu tinggi atau suhu rendah. Bahkan beberapa di antaranya tidak dilengkapi dengan fitur pengatur suhu. Jadi, apabila Anda ingin hasil akhir yang memuaskan, jangan hanya melihat dari segi harga saja. Akan tetapi, perhatikan juga ketersediaan fitur pengatur suhu.

Fitur jam release button, untuk menghindari terjadinya paper jam

Fitur jam release button, untuk menghindari terjadinya paper jam

Penyebab utama yang sering terjadi pada kerusakan mesin laminating adalah paper jam saat proses laminating. Saat terjadi paper jam dan Anda menarik dokumen secara paksa, biasanya dapat merusak bagian dalam mesin laminating. Oleh karena itu, pilihlah mesin laminating yang dilengkapi dengan fitur jam release button atau tombol emergency. Fitur ini membuat dokumen dapat dikeluarkan saat terjadi paper jam sehingga dokumen terselamatkan dan mesin tidak menjadi rusak. 

10 Rekomendasi mesin laminating terbaik

Berikut ini kami akan membagikan rekomendasi sepuluh mesin laminating beserta spesifikasi terbaik yang dimiliki masing-masing merek. Jadikan rekomendasi produk dari kami ini sebagai acuan Anda dalam memilih!

10
Ukuran dokumenA4
Ketebalan laminating film100 mikron
Jumlah roller2
Waktu pemanasan3 menit
Fitur pengontrol suhuX
Fitur jam release button
9

LeitziLAM Laminator Home Office A4

73681023

Mulai dari Rp 960.000,00

Ukuran dokumenA4
Ketebalan laminating film80 mikron - 125 mikron
Jumlah roller2
Waktu pemanasan3 menit
Fitur pengontrol suhu
Fitur jam release buttonX
8
Ukuran dokumenA3
Ketebalan laminating film 80 mikron - 250 mikron
Jumlah roller4
Waktu pemanasan3 menit - 5 menit
Fitur pengontrol suhuTidak disebutkan
Fitur jam release button
7

DeliA4 Heat Laminator 80 - 175 MIC

E2132

Mulai dari Rp 563.000,00

Ukuran dokumenA4
Ketebalan laminating film80 mikron - 175 mikron
Jumlah rollerTidak disebutkan
Waktu pemanasan5 menit
Fitur pengontrol suhuX
Fitur jam release buttonTidak disebutkan
6

BlueprintA4 2-Roller Portable Laminating Machine

LM125

Mulai dari Rp 1.120.000,00

Ukuran dokumenA4
Ketebalan laminating film70 mikron - 125 mikron
Jumlah roller2
Waktu pemanasan1,5 menit - 2 menit
Fitur pengontrol suhu✔ (hot & cold)
Fitur jam release button
5
Ukuran dokumenA3
Ketebalan laminating film100 mikron - 150 mikron
Jumlah roller4
Waktu pemanasan6 menit 30 detik
Fitur pengontrol suhu
Fitur jam release button
4

DynamicDesktop Pouch (Hot & Cold) Laminator

Mulai dari Rp 750.000,00

Ukuran dokumenA3
Ketebalan laminating filmTidak disebutkan
Jumlah roller4
Waktu pemanasanTidak disebutkan
Fitur pengontrol suhu
Fitur jam release button
3
Ukuran dokumenA3
Ketebalan laminating film60 mikron - 250 mikron
Jumlah roller4
Waktu pemanasan3 - 5 menit
Fitur pengontrol suhuTidak disebutkan
Fitur jam release buttonTidak disebutkan
2

JoykoLaminating Machine

LM-05 (F4)

Mulai dari Rp 785.000,00

Ukuran dokumenA3
Ketebalan laminating film50 - 250 mikron
Jumlah roller4
Waktu pemanasan± 3 menit
Fitur pengontrol suhu
Fitur jam release button
1
Ukuran dokumenA3
Ketebalan laminating film75 mikron - 250 mikron
Jumlah roller4
Waktu pemanasan1 menit
Fitur pengontrol suhu
Fitur jam release button

Tabel perbandingan produk mesin laminating terbaik

Gambar produk
1
Riecat Fusion 6000L  1

Riecat

2
Joyko Laminating Machine 1

Joyko

3
PROMAXI Promaxi 1

PROMAXI

4
Dynamic Desktop Pouch (Hot & Cold) Laminator  1

Dynamic

5
KOZURE 4 Roller Laminator 1

KOZURE

6
Blueprint A4 2-Roller Portable Laminating Machine 1

Blueprint

7
Deli A4 Heat Laminator 80 - 175 MIC 1

Deli

8
Origin Mesin Laminating 1

Origin

9
Leitz iLAM Laminator Home Office A4 1

Leitz

10
Secure Laminating Machine A4 1

Secure

Nama produk

Fusion 6000L

Laminating Machine

Promaxi

Desktop Pouch (Hot & Cold) Laminator

4 Roller Laminator

A4 2-Roller Portable Laminating Machine

A4 Heat Laminator 80 - 175 MIC

Mesin Laminating

iLAM Laminator Home Office A4

Laminating Machine A4

Keunggulan

Menyelesaikan dokumen lebih banyak dalam waktu singkat

Atur sendiri ketebalan laminating film sesuai kebutuhan Anda

Tak perlu menunggu waktu yang lama untuk melaminating dokumen

Dilengkapi dengan fitur pengatur suhu digital

Memiliki mode hemat energi dan bisa mati otomatis saat tidak digunakan

Mudah dibawa dan telah dilengkapi dengan pemotong kertas

Lebih ekonomis dengan daya listrik kecil

Dilengkapi release button manual yang lebih fleksibel digunakan

Desain menarik dengan empat pilihan warna metalik yang memperindah meja kerja Anda

Mesin laminating tipe dua roller dengan harga ekonomis

Harga mulai dariRp 4.850.000,00Rp 785.000,00Rp 758.000,00Rp 750.000,00Rp 570.000,00Rp 1.120.000,00Rp 563.000,00Rp 1.248.000,00Rp 960.000,00Rp 430.000,00
Ukuran dokumenA3A3A3A3A3A4A4A3A4A4
Ketebalan laminating film75 mikron - 250 mikron50 - 250 mikron60 mikron - 250 mikronTidak disebutkan100 mikron - 150 mikron70 mikron - 125 mikron80 mikron - 175 mikron 80 mikron - 250 mikron80 mikron - 125 mikron100 mikron
Jumlah roller4 4 4 442Tidak disebutkan422
Waktu pemanasan1 menit± 3 menit3 - 5 menitTidak disebutkan6 menit 30 detik1,5 menit - 2 menit5 menit3 menit - 5 menit3 menit3 menit
Fitur pengontrol suhuTidak disebutkan✔ (hot & cold)XTidak disebutkanX
Fitur jam release buttonTidak disebutkanTidak disebutkanX
Tautan produk

Cara pemakaian mesin laminating

Cara pemakaian mesin laminating
Hal lain yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan hasil laminating yang bagus adalah cara pemakaian mesin laminating yang tepat. Saat memasukkan dokumen, pastikan suhu mesin sudah sesuai dan arah obyek sudah benar serta lurus. Apabila suhu tidak tepat, hasil laminasi cenderung tidak bagus. Jangan menarik atau memasukkan obyek dengan paksa karena obyek akan ditarik otomatis oleh mesin setelah masuk ke dalamnya. Sebaiknya Anda menunggu saja hingga proses selesai.

Selain itu, kunci mendapatkan hasil laminating yang baik adalah tidak terlalu banyak menyisakan tempat kosong pada laminating film. Apabila laminating film terlalu besar untuk dokumen, film tidak dapat menempel dengan baik dan dapat menyebabkan kegagalan. Jadi, usahakan ukuran laminating film hampir sama dengan objek yang ingin diproses.

Baca juga rekomendasi laminating film di sini!

Pada artikel ini, kami telah memperkenalkan berbagai macam mesin laminating beserta sepuluh rekomendasi mesin laminating terbaik. Supaya proses laminasi bisa berjalan dengan baik, Anda memerlukan laminating film. Untuk itu, kami sudah menuliskan rekomendasi laminating film bagi Anda.

Baca juga rekomendasi mesin laminating A3 di sini!

Seperti yang telah kami bahas di atas, mesin laminating A3 lebih fleksibel untuk memproses semua ukuran dokumen. Apabila Anda lebih tertarik memiliki mesin laminating A3, simaklah ulasan kami yang lebih terperinci dalam artikel berikut ini.

Kesimpulan

Nah, itu tadi penjelasan produk-produk mesin laminating terbaik rekomendasi dari kami. Apakah Anda sudah tahu spesifikasi dan kualitas dari masing-masing produk? Saran kami, sebaiknya Anda membeli mesin laminating sesuai kebutuhan Anda. 

Selain itu, pilihlah mesin laminating yang sesuai dengan obyek atau ukuran dokumen yang hendak dilaminasi. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Selamat memilih!


Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kebutuhan mencetak, baik dokumen maupun gambar, membutuhkan printer. Salah satu merek printer yang bagus adalah Epson. Epson merupakan perusahaan elektronik asal Jepang yang memproduksi printer dan device lainnya yang berhubungan dengan foto. Printer yang diproduksi oleh Epson terdiri dari beberapa jenis. Nah, untuk membantu Anda dalam memilih printer Epson yang sesuai kebutuhan, kami akan memberikan tips mudahnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan sepuluh printer Epson terbaru, seperti WorkForce, SureColor, dan EcoTank. Segera simak uraian kami dengan saksama, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer thermal saat ini sudah tidak asing bagi sebagian orang. Alat ini biasa digunakan untuk mencetak berbagai label sticker, barcode, resi pengiriman, dan sebagainya. Ada yang menggunakan koneksi kabel USB dan ada pula yang menggunakan Bluetooth. Bahkan, di antaranya berukuran mini sehingga lebih portable.Apabila Anda berencana membeli printer thermal, simak artikel ini dengan baik. Kami akan memberikan tips dan rekomendasi printer thermal dari berbagai merek yang bagus! Printer thermal dari Epson, Brother, atau BLUEPRINT mungkin bisa jadi favorit Anda. Semua produk tersedia di marketplace atau online shop, lho!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Inkjet printer adalah mesin cetak yang mampu mencetak foto dan dokumen berkualitas tinggi. Foto dan dokumen yang dicetak dengan printer ini lebih tahan lama dan kaya warna. Terdapat berbagai merk inkjet printer yang sudah terkenal dan banyak digunakan, seperti Canon, Epson, HP, dan Brother.Masing-masing produsen memiliki berbagai jenis inkjet printer dengan berbagai jenis kertas dan tinta yang sesuai untuk digunakan. Kali ini kami akan memaparkan tentang cara memilih inkjet printer yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi alat tersebut. Selamat membaca!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin fotocopy termasuk salah satu kebutuhan penting di kantor. Untuk efisiensi tempat dan biaya, Anda bisa memilih mesin fotocopy mini. Selain ukurannya yang minimalis, harganya juga lebih terjangkau. Anda juga dapat menggunakan mesin fotocopy mini untuk usaha fotocopy di rumah. Di artikel ini, kami akan membagikan cara memilih mesin fotocopy mini yang bagus. Kami juga merekomendasikan mesin fotocopy mini untuk menunjang pekerjaan Anda. Merek-merek poopuler, seperti Epson, Canon, Brother, dan Kyocera, dapat Anda temukan dalam daftar rekomendasi tersebut. Selamat membaca dan memilih.
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin fotocopy merupakan perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk menggandakan dokumen dalam jumlah banyak dengan cepat. Selain untuk kegiatan bisnis, mesin fotocopy juga dapat digunakan untuk menunjang aktivitas administrasi perkantoran. Nah, tentu Anda penasaran dengan harga mesin fotocopy terbaru, seperti merek Canon, Xerox, Kyocera, dan Brother, bukan? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih dan membeli mesin fotocopy yang bagus secara online. Kami juga akan merekomendasikan produk mesin fotocopy terbaik dari merek ternama. Jika Anda penasaran, simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kebutuhan akan mesin cutting sticker terus meningkat untuk usaha sablon baju, mencetak logo produk, dan lain sebagainya. Tak hanya untuk bisnis, banyak juga yang mencari alat cutting sticker untuk hobi. Sebagai contoh, membuat stiker untuk mobil, motor, ataupun laptop.Oleh karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih mesin cutting sticker yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk mesin cutting sticker dari berbagai merek, seperti Jinka, Rhinotec, dan GRAPHTEC. Mesin cutting sticker yang harganya murah, berfitur auto contour, bahkan cocok untuk mencetak stiker A4 akan Anda temukan. Selamat membaca!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Laminating A3 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Laminating A3 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin laminating A3 merupakan mesin laminasi yang dapat digunakan untuk berbagai ukuran kertas. Jenis mesin laminating ini sangat populer untuk usaha maupun digunakan untuk keperluan pribadi. Beberapa produsen yang memproduksi mesin laminating A3 adalah Joyko, Promaxi, dan Kozure.Berbagai jenis dan jumlah roller yang berbeda akan membuat Anda kebingungan saat ingin membeli. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan tips mendapatkan mesin laminating A3 untuk Anda. Kami juga akan memberikan beberapa produk rekomendasi yang dapat Anda pilih untuk penggunaan di rumah. Selamat membaca!
    Elektronik kantor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori