10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2018)

Emulsion merupakan salah satu rangkaian skincare yang digunakan sebelum penggunaan moisturizer. Biasanya, teksturnya lebih ringan dari moisturizerEmulsion sendiri memiliki berbagai fungsi seperti melembapkan, mencerahkan kulit, atau menyamarkan noda hitam.

Memilih emulsion untuk kulit kombinasi memang sedikit sulit karena kulit kombinasi memiliki kondisi kulit berbeda pada beberapa bagiannya. Apakah Anda memiliki kulit kombinasi? Untuk mengetahuinya, simak terus artikel ini. Jangan lewatkan juga 10 rekomendasi produk face emulsion terbaik di akhir artikel ini!

Daftar isi

Apa itu kulit kombinasi?

Apa itu kulit kombinasi?

Kulit kombinasi ditandai dengan jenis kulit yang berbeda di area wajah Anda. Contohnya, daerah sekitar pipi dan dagu Anda kering, tetapi dahi dan hidup Anda berminyak. Hal tersebut tidak aneh bagi kita karena nyatanya kebanyakan orang memiliki jenis kulit kombinasi.

Untuk memilih face emulsion yang tepat untuk kulit kombinasi, Anda harus memahami kondisi kulit Anda terlebih dahulu. Contohnya, bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit berminyak, Anda cenderung memilih face emulsion yang menyegarkan, tetapi bagian wajah Anda yang kering akan menjadi lebih kering. Jadi, pastikan face emulsion yang Anda pilih cocok untuk semua bagian wajah Anda.

Cara memilih face emulsion untuk kulit kombinasi

Kulit kombinasi memiliki keadaan kulit yang tidak sama pada beberapa bagiannya. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk merawatnya sesuai dengan keadaan masing-masing kulit. Perawatan kulit yang benar dapat membantu Anda untuk menyeimbangkan minyak dan memberikan kelembapan pada kulit. Mari kita lihat seperti apa cara memilih emulsion yang baik untuk kulit kombinasi Anda!

Pilih berdasarkan kandungannya

Permasalahan utama pada kulit kombinasi adalah beberapa bagian kulit memiliki jenis yang berbeda. Contohnya, kulit berminyak pada T zone dan kulit kering pada daerah U zone. Untuk mengetahui apakah produk yang hendak Anda pilih tepat untuk kulit kombinasi Anda, Anda dapat memilih berdasarkan kandungannya.

Untuk kulit lebih lembap, pilih yang mengandung ceramide dan hyaluronic acid

Untuk kulit lebih lembap, pilih yang mengandung ceramide dan hyaluronic acid

Ceramide merupakan bahan yang sangat diperlukan untuk melembapkan kulit maupun rambut yang bekerja dengan cara memperbaiki sel-sel Anda. Sama seperti ceramide, hyaluronic acid juga merupakan komponen yang juga penting untuk tubuh manusia. Kandungan ini memiliki kemampuan tinggi dalam mempertahankan kelembapan.

Kandungan-kandungan tersebut tidak hanya bermanfaat bagi wajah saja, tetapi juga bermanfaat dalam membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar serta terhindar dari nyeri sendi. Ceramide dan hyaluronic acid juga terkenal dengan manfaatnya yang dapat menyeimbangkan jumlah sebum serta dapat membuat wajah tampak awet muda. Bila memungkinkan, selalu pilih produk perawatan kulit dengan kandungan kedua bahan tersebut.

Untuk kulit kombinasi, Anda dapat mengaplikasikan produk yang mengandung bahan-bahan tersebut lebih banyak pada area yang kering sehingga bagian yang kering tersebut dapat lebih lembap.

Untuk T zone bebas minyak, pilih yang mengandung banyak vitamin

Untuk T zone bebas minyak, pilih yang mengandung banyak vitamin

Kulit kombinasi biasanya memiliki T zone yang berminyak. Meskipun kulit Anda bukan termasuk jenis kulit berminyak, kelebihan minyak yang ada akan muncul ke permukaan dan menyebabkan hidung menjadi mengkilap. Hal tersebut banyak dialami oleh orang yang memiliki jenis kulit kombinasi. Jika Anda mendiamkan saja ketika kelebihan minyak tersebut keluar ke permukaan kulit, cepat atau lambat kulit Anda akan menjadi kusam. Selain itu, pori-pori Anda juga bisa tersumbat.

Face emulsion yang akan bekerja efektif pada permasalahan tersebut adalah emulsion yang mengandung vitamin dengan antioksidan terutama vitamin C dan vitamin E. Produk yang mengandung vitamin C dan vitamin E sekaligus akan sangat efektif untuk mengurangi minyak pada wajah.

Jika Anda menggunakan emulsion dengan kandungan vitamin, Anda juga perlu melakukan tindakan yang dapat mengurangi sebum seperti mengelapnya dengan tissue atau blotting paper.

Untuk mencegah kerusakan kulit, pilihlah produk dengan bahan-bahan organik

Jika Anda khawatir dengan kerusakan wajah, pilihlah produk dengan bahan-bahan organik

Banyak orang mengatakan bahwa kulit kombinasi rentan terkena jerawat. Terkadang Anda pun tidak tahan untuk tidak menyentuh atau bahkan menggosoknya dengan kasar untuk membersihkan kotoran di wajah Anda. Kalau sudah begini, emulsion yang Anda gunakan pun tidak akan tampak hasilnya.

Kulit kering dan berjerawat adalah penyebab utama mengapa emulsion atau skincare lainnya tidak meresap dengan baik ke dalam kulit. Untuk itu, jika Anda mengalami masalah jerawat, ada baiknya Anda memilih emulsion dengan bahan-bahan organik yang sangat lembut untuk kulit dan tidak memperparah kondisi kulit Anda.

Banyak kandungan-kandungan organik yang mungkin dapat menjadi pilihan untuk Anda, seperti kandungan hot spring wateraloe vera, beras, dan yang lainnya. Namun, pastikan dahulu kalau kandungan tersebut dapat mengatasi permasalahan pada kulit Anda.

Pilih tekstur yang nyaman untuk kulit kombinasi Anda

Pilih tekstur yang nyaman untuk kulit kombinasi Anda

Emulsion biasanya berwujud cairan, tetapi ada juga yang berwujud gel atau cream. Tekstur gel dengan kandungan air yang tinggi dapat terserap ke kulit dengan mudah dan ringan di kulit Anda. Bahkan, dapat mengurangi minyak pada T zone.

Lalu, dikarenakan tekstur cream sedikit berat dan justru memberikan efek berminyak pada kulit, akan lebih baik jika tekstur ini digunakan pada U zone atau daerah wajah Anda yang kering. Dengan mengkombinasikan penggunaan beberapa wujud emulsion, kulit kombinasi Anda akan terawat dengan baik.

10 Rekomendasi face emulsion terbaik untuk kulit kombinasi

Setelah mengetahui emulsion seperti apa yang tepat untuk kulit kombinasi Anda, berikutnya kami akan merekomendasikan 10 produk face emulsion untuk kulit kombinasi. Barangkali salah satunya akan menjadi sahabat kulit wajah Anda, ya!

10. Etude House Moistfull Collagen Emulsion

10. Etude House Moistfull Collagen Emulsion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Melembapkan dan mengencangkan kulit

Etude House Moistfull Collagen Emulsion ini memiliki formula yang cepat menyerap di kulit sehingga cocok untuk Anda yang memiliki T zone berminyak. Produk ini juga dapat melembapkan kulit. Jadi, Anda pun dapat menggunakan produk ini ke bagian wajah Anda yang kering.

Kandungan 90% collagen-nya dapat mengangkat kotoran dan mengencangkan kulit sehingga kulit akan terasa kenyal serta lebih ternutrisi. Selain itu, produk dari brand Korea ini juga dapat membantu membuat wajah Anda tampak lebih cerah dan tidak kusam. Untuk hasil yang maksimal, Anda pun dapat menggunakannya pada malam hari sebelum tidur agar noda hitam dan bekas jerawat tersamarkan.

9. NUXE White Brightening Moisturizing Emulsion

9. NUXE White Brightening Moisturizing Emulsion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 453.840

Mencerahkan dan mencegah flek hitam

Nuxe White Brightening Moisturizing Emulsion ini memiliki fungsi untuk mencerahkan wajah Anda. Teksturnya sangat ringan dan mudah meresap di kulit sehingga cocok untuk digunakan oleh Anda yang memiliki kulit kombinasi yang cenderung kering. Produknya tidak akan terasa sticky atau greasy ketika dipakai.

Produk ini juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih lembut dan bercahaya. Wajah Anda pun juga tampak lebih kenyal tanpa ada kerutan yang nampak. Bila Anda ingin melembapkan kulit tanpa meningkatkan jumlah sebum sekaligus mencerahkannya, Anda dapat memilih emulsion ini.

8. Kanebo Bouncing Emulsion

8. Kanebo Bouncing Emulsion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 675.000

Menjaga kelembapan kulit dan keseimbangan kadar minyak

Produk asli Jepang ini cocok untuk Anda yang ingin melembapkan kulit Anda yang bertipe kombinasi. Kulit Anda pun akan terasa lebih segar karena kandungan air yang menjaga kelembapan kulit Anda tercukupi. Hal ini juga membuat wajah Anda selalu tampak cerah dan tidak kusam.

Kanebo Bouncing Emulsion ini juga dapat menyeimbangkan jumlah minyak pada kulit sehingga minyak yang muncul ke permukaan pun akan terkontrol. Tidak hanya itu saja, emulsion ini pun membuat kulit Anda terasa kenyal, kencang, dan flawless.

7. Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 80% Emulsion

7. Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 80% Emulsion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 190.000

Mengurangi tingkat stres pada kulit

Produk ini mengandung 80% Aloe vera extract yang dapat menenangkan dan melembapkan kulit Anda. Kandungan aloe veranya juga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih rileks, segar, dan ternutrisi. Formula dari produk ini pun tidak lengket dan menyerap dengan cepat sehingga cocok untuk digunakan pada kulit kombinasi Anda dan melembapkan bagian kulit Anda yang kering.

Kandungan Aloe vera yang terdapat pada emulsion ini juga membantu mencegah jerawat muncul ke permukaan. Produk ini pun juga dapat mengurangi kemerahan di wajah Anda. Selain itu, wajah Anda juga akan terhindar dari kerutan dan lebih elastis dengan menggunakan produk ini. Jika Anda ingin mencegah jerawat muncul ke permukaan, produk ini adalah pilihan tepat.

6. Sulwhasoo Essential Balancing Emulsion EX

6. Sulwhasoo Essential Balancing Emulsion EX

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 540.000

Membuat wajah menjadi halus dan lembut

Emulsion dari Sulwhasoo ini dapat menghaluskan dan melembutkan kulit wajah Anda. Produk ini pun membuat wajah Anda tampang lebih dewy. Kandungan mountain peony-nya dapat memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya lebih sehat. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan kelembapan tanpa membuat wajah semakin berminyak.

Produk ini memiliki tekstur seperti susu, tetapi tidak lengket dan mudah meresap sehingga cocok digunakan untuk kulit kombinasi. Produknya pun dapat melembapkan tanpa menyisakan rasa greasy pada wajah. Selain itu, kulit Anda juga menjadi lebih kenyal. Produk ini juga dapat menyeimbangkan pH kulit wajah.

5. Skinfood Premium Lettuce & Cucumber Watery Emulsion

5. Skinfood Premium Lettuce & Cucumber Watery Emulsion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 155.000

Watery emulsion yang menyegarkan kulit

Emulsion dari Skinfood ini memiliki tekstur yang nyaman untuk kulit kombinasi Anda. Produk ini dapat menyegarkan kulit dengan kandungan ekstrak selada dan mentimunnya yang mudah diserap kulit. Cocok untuk Anda yang menginginkan kesegaran ekstra untuk kulit Anda.

Produk ini paling cocok digunakan pada bagian kulit yang kering karena produk ini dapat memberikan ultra hydration pada kulit wajah Anda. Wajah Anda pun akan terhindar dari kekeringan dan kulit mengelupas. Produk ini juga tidak membuat bagian wajah lainnya semakin berminyak karena formulanya tidak merangsang produksi sebum berlebihan pada kulit.

4. Skinfood Yuja Water C Emulsion

4. Skinfood Yuja Water C Emulsion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 239.000

Kaya kandungan vitamin C untuk kulit Anda

Produk ini mengandung vitamin C dari buah yuja (sejenis citrus) yang berfungsi sebagai anti-aging dan mengurangi kadar minyak. Bagi Anda yang ingin mengurangi minyak pada daerah T zone, Anda perlu mencoba produk asal Korea yang satu ini. Emulsion ini juga berfungsi untuk melembapkan kulit Anda.

Dengan penggunaan teratur, produk ini bahkan dapat meratakan warna kulit dan memudarkan bekas-bekas jerawat. Hebatnya lagi, kulit Anda akan tampak lebih cerah dan glowing! Selain itu, produk ini juga lembut di kulit sehingga aman untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

3. Shiseido White Lucent Luminizing Surge (Emulsion)

3. Shiseido White Lucent Luminizing Surge (Emulsion)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 799.000

Mengurangi bintik hitam di wajah

Emulsion ini memiliki tekstur seperti susu yang sangat ringan ketika diaplikasikan pada kulit sehingga nyaman untuk digunakan pada kulit kombinasi. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melembapkan kulit sekaligus mengurangi noda-noda hitam di wajah. Produk asal Jepang ini juga tidak membuat kulit Anda semakin berminyak.

Selain dapat menghilangkan noda, produk ini juga dapat membantu kulit terhindar dari bintik-bintik gelap yang mungkn muncul akibat paparan sinar matahari. Namun, jika Anda ingin menggunakannya pada siang hari, Anda perlu mengaplikasikan tambahan SPF pada akhir rangkaian skincare Anda.

2. The Body Shop Drops Of Youth Emulsion SPF 20

2. The Body Shop Drops Of Youth Emulsion SPF 20

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 439.000

Memberikan perlindungan terhadap UVA dan UVB

Emulsion dari The Body Shop ini memiliki SPF 20 yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari sinar UV (ultraviolet) A dan B. Sayangnya, kandungan SPF-nya tidak tinggi sehingga Anda masih perlu menggunakan produk ber-SPF lainnya. Emulsion ini dapat menghindarkan kulit dari kekusaman serta kekeringan dengan teksturn gelnya yang sangat ringan dan segar di kulit Anda.

Tidak hanya itu, produk ini juga berfungsi sebagai anti-pollution sehingga kotoran dan debu tidak akan menyumbat pori-pori kulit Anda. Bagi Anda yang ingin menjaga kulit kombinasi Anda tetap lembap dan tidak kusam, produk ini patut menjadi pilihan.

1. Clarins White Plus Pure Translucency Brightening Emulsion

1. Clarins White Plus Pure Translucency Brightening Emulsion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 665.000

Menyegarkan sekaligus melindungi kulit

Emulsion dari Clarins ini memiliki fungsi utama mencerahkan wajah. Tidak hanya itu saja, emulsion ini juga dapat memberi kesegaran dan perlindungan pada kulit. Produk ini dapat memberi cukup kelembapan pada kulit tanpa membuatnya berminyak. Bagi Anda yang memiliki masalah sebum berlebihan pada area tertentu saja, Anda dapat menggunakan emulsion ini.

Kulit Anda akan terasa lebih nyaman dan kenyal dengan menggunakan produk ini. Emulsion ini pun dapat memberi nutrisi yang membuat wajah Anda tampak lebih berkilau dan flawless. Selain itu, kulit Anda akan terasa lebih lembut dan warna kulit menjadi lebih merata.

Kesimpulan

Emulsion dapat juga disebut sebagai pre-moisturizer karena diaplikasikan sebelum pengaplikasian moisturizer dan teksurnya yang lebih ringan dari moisturizer itu sendiri. Memilih moisturizer untuk kulit kombinasi memang susah karena Anda harus memastikan bahwa produk tersebut bekerja dengan baik ke seluruh bagian kulit.

Pada artikel ini kami telah memberikan beberapa rekomendasi produk emulsion untuk Anda agar kulit kombinasi Anda dapat tetap terjaga. Semoga dengan ini Anda tidak lagi bingung dalam memilih emulsion yang tepat untuk kulit Anda!