10 Rekomendasi Baby Spoon Fork Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Baby Spoon Fork Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bayi membutuhkan perhatian dan peralatan yang ekstra untuk menunjang tumbuh kembangnya, misalnya alat makan khusus atau baby spoon fork. Baby spoon fork banyak tersedia di pasaran untuk membantu si kecil makan sendiri. Bingung mau pilih yang mana? Jangan lewatkan artikel berikut ini yang akan membahas cara memilih baby spoon fork untuk buah hati Anda serta rekomendasi 10 baby spoon fork yang sayang untuk Anda lewatkan.

Pigeon atau Richell serta produsen lain menyediakan berbagai variasi baby spoon fork yang bisa memudahkan si kecil melahap makanan. Jangan lupa bookmark artikel kami di bawah ini sebagai referensi untuk memberikan pengalaman yang asyik saat si kecil makan. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih baby spoon fork

Baby spoon fork memiliki keunikan masing-masing sesuai dengan perkembangan si kecil serta terbuat dari berbagai bahan yang akan memberikan pengalaman makan yang berbeda. Kami akan memberikan informasi cara memilih baby spoon fork yaitu sendok dan garpu yang dipakai bayi untuk makan sendiri. Ayo ikuti terus artikel kami!

Pilih bentuk yang sesuai dengan tingkat perkembangan

Anda mesti memperhatikan baby spoon fork yang mudah dipakai sehingga si kecil bersemangat dan mudah untuk makan sendiri. Berikut merupakan penjelasan baby spoon fork yang bisa Anda pilih untuk buah hati Anda.

Feeding spoon jangan digunakan pada bayi untuk makan sendiri

Feeding spoon jangan digunakan pada bayi untuk makan sendiri

Saat bayi mulai belajar makan sendiri, umumnya mereka belum bisa memegang sendok di bagian yang pas sehingga bisa membuat hidangan jadi acak-acakan serta mulut menjadi kotor. Feeding spoon yang berfungsi untuk membantu Anda menyuapi si kecil berbeda dengan baby spoon yang dirancang agar bayi bisa makan sendiri. Saat si kecil sudah mulai belajar makan secara mandiri, Anda bisa pilih baby spoon ketimbang feeding spoon.

Pilih baby spoon fork yang bisa digunakan dengan kedua tangan

Pilih baby spoon fork yang bisa digunakan dengan kedua tangan

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 oleh NCBI, menemukan bahwa 39% bayi yang berusia 6-14 bulan, serta 97% bayi yang berusia 18 bulan sampai 24 bulan mulai menunjukkan tangan yang dominan sehingga pada usia tertentu Anda bisa pilih baby spoon fork yang bisa digunakan oleh kedua tangan.

Beberapa produsen membuat baby spoon fork yang bisa digunakan oleh kedua tangan sama baiknya, sementara beberapa produsen lain melakukan modifikasi tertentu sehingga baby spoon fork yang dipakai bayi bisa melengkung ke arah yang nyaman digunakan oleh bayi yang dominan dengan tangan kanan maupun tangan kiri.

Sendok cekung untuk volume makanan lebih banyak

Sendok cekung untuk volume makanan lebih banyak

Saat bayi mulai makan dengan makanan padat dan bervariasi, Anda bisa pilih sendok bayi yang didesain dengan cekungan ke dalam dengan ujung melengkung sehingga mampu menampung makanan lebih banyak. Selain itu, sendok bayi yang cekung akan membuat anak lebih cepat makan karena volume makanan yang masuk lebih banyak.

Pilih garpu yang tidak licin untuk dipakai makan

Pilih garpu yang tidak licin untuk dipakai makan

Beberapa produsen membuat modifikasi pada garpu yang bertujuan untuk mempermudah bayi saat makan makanan yang memiliki tekstur seperti mie. Anda bisa pilih garpu jenis ini agar bayi tidak kesusahan saat memasukkan makanan dengan memakai garpu ke dalam mulut.

Pilih berdasarkan bahan

Beberapa bahan yang biasa dipakai untuk baby spoon fork yaitu bahan plastik, bahan stainless steel serta beberapa produsen membuat dari bahan tumbuh-tumbuhan. Kami akan menjelaskan keunikan masing-masing bahan pada tulisan di bawah ini.

Bahan plastik yang ringan dan tahan lama

Bahan plastik yang ringan dan tahan lama

Bayi yang berada pada tahap perkembangan tertentu akan terlihat aktif, termasuk memegang dan mengayun-ayunkan berbagai barang seperti sendok atau garpu. Baby spoon fork yang terbuat dari bahan plastik, memiliki karakteristik yang ringan untuk diayunkan sehingga tidak akan membuat cedera jika terjatuh dan menimpa kaki bayi.

Selain itu bahan plastik memiliki sifat yang relatif kuat sehingga akan aman dan tidak mudah rusak jika terlempar. Baby spoon fork yang terbuat dari plastik memiliki warna yang bermacam-macam, jika si kecil memakan makanan dengan warna yang sama dengan warna baby spoon fork ada kemungkinan meninggalkan bekas makanan yang tidak terlihat ketika dicuci sehingga Anda mesti mencuci dengan saksama.

Bahan stainless steel yang mudah dibersihkan

Bahan stainless steel yang mudah dibersihkan

Baby spoon fork yang terbuat dari stainless steel tahan terhadap goresan serta tidak memiliki warna yang bervariasi kecuali di bagian pegangan. Bahan stainless steel juga mudah dibersihkan dengan sabun atau dibersihkan dengan cara dididihkan. Selain itu, bahan stainless steel juga memberikan dampak yang tidak berarti terhadap keracunan serta tidak akan memberikan rasa tertentu ketika digunakan sehingga lebih aman untuk dipakai. Namun bahan stainless steel lebih berat daripada bahan plastik sehingga Anda mesti berhati-hati jika si kecil mengayun-ayunkan atau melempar baby spoon fork jenis ini.

Bahan dari tumbuhan yang mudah untuk mencicipi

Bahan dari tumbuhan yang mudah untuk mencicipi

Bahan kayu akan membuat bayi mudah saat mencicipi makanan dengan aman karena umumnya sendok yang terbuat dari bahan alamiah terbebas dari pengaruh kimiawi. Beberapa sendok bayi yang terbuat dari bambu sangat bagus digunakan karena memiliki sifat anti bakteri. Beberapa produsen juga membuat sendok bayi dari bahan jagung yang bisa didaur ulang sehingga lebih ramah lingkungan.

Anda perlu membersihkan dan mengeringkan produk yang terbuat dari tumbuhan dengan saksama karena memiliki resiko besar untuk ditumbuhi jamur karena sifatnya yang mudah lembap dan memudahkan jamur untuk tumbuh. Produk yang terbuat dari bambu juga memiliki kemungkinan lebih mudah tergores jika kurang hati-hati dalam penyimpanan sehingga Anda musti lebih hati-hati saat menyimpan.

Baby spoon fork dengan wadah yang mudah dibawa kemana-mana

Baby spoon fork dengan wadah yang mudah dibawa kemana-mana

Beberapa bayi bisa memiliki barang favorit yang membuat mereka merasa nyaman seperti boneka, mainan, selimut atau baby spoon fork. Ketika Anda mengajak si kecil untuk menikmati lingkungan di luar rumah, mood bayi bisa berubah sehingga sulit untuk makan tanpa ditemani baby spoon fork favorit mereka. Anda bisa memilih baby spoon fork yang dilengkapi wadah sehingga mudah dibawa-bawa saat makan di luar rumah.

10 Rekomendasi baby spoon fork terbaik

Berikutnya kami akan mengulas 10 baby spoon fork terbaik. Silakan pilih produk yang bisa dijadikan favorit si kecil untuk menemani mereka makan dengan menyenangkan.

10. OXO Tot Fork and Spoon

10. OXO Tot Fork and Spoon

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 119.000

Dirancang agar si kecil betah saat makan

OXO Tot Fork and Spoon adalah produk yang cocok dijadikan favorit si kecil agar betah di depan makanan. Ukuran sendok dan garpu memiliki panjang 14 cm serta ketebalan 1,5 cm yang dibuat agar bayi mudah memasukkan makanan dari piring ke mulut. Selain itu, titik datar pada pegangan akan mencegah produk ini terjatuh dari meja sehingga si kecil tidak kesal saat makan.

Bagian ujung sendok yang melengkung, membuat produk ini cocok dipakai makan dalam porsi banyak. Anda tidak perlu khawatir saat bayi Anda berlama-lama di depan mangkuk, karena produk ini dibuat tanpa kandungan BPA, Pthalate dan PVC sehingga aman dipakai si kecil. Miliki produk ini agar buah hati Anda merasa betah berada di depan hidangan saat jam menunjukkan waktu makan.

9. Richell Easy Grip Spoon & Fork

9. Richell Easy Grip Spoon & Fork

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 62.900

Baby spoon fork berwarna imut yang dilengkapi wadah

Richelle Easy Grip & Spoon Fork dirancang untuk mudah digenggam oleh bayi. Pegangan yang handal serta elastis membuat produk ini mudah dipegang bayi dengan cara pegangan seperti tongkat. Produk ini juga mudah dibersihkan atau disterilisasi dengan cara dimasukkan ke microwave atau dengan cara dididihkan. Dilengkapi instruksi yang jelas pada kemasannya sehingga dapat memudahkan Anda!

Produk ini terbuat dari gabungan bahan PP serta Elastomer yang cocok dipakai oleh anak berusia 7 bulan yang mulai penasaran untuk memulai makan sendiri. Warna merah muda dan hijau mencolok akan membuat produk ini mudah terlihat jika terjatuh. Wadah khusus membuat produk ini cocok untuk Anda bawa ketika bepergian. Miliki produk ini untuk kemudahan makan saat bepergian.

8. Mother’s Corn Self Training Spoon and Fork

8. Mother’s Corn Self Training Spoon and Fork

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 105.000

Terbuat dari bahan jagung yang ramah lingkungan

Produk ini terbuat dari bahan jagung alami dan mudah terurai yang disebut PLA (Poly Lactic Acid). Bahan yang kuat dan mudah dipakai seperti plastik konvensional membuat produk ini sebagai salah satu pengganti produk plastik terbaik sehingga cocok untuk Anda yang mencari produk yang tahan lama serta ramah lingkungan. Selain itu, produk ini bebas dari kandungan BPA dan BPS sehingga aman untuk dipakai.

Baby spoon fork ini memiliki bentuk bengkok supaya bayi mudah menyendok dan memasukkan makanan ke dalam mulut. Ujung garpu pada produk ini tidak tajam sehingga mencegah si kecil melukai mulutnya. Produk ini dibuat untuk dipakai saat bayi sudah mulai makan banyak serta memiliki pegangan yang tebal sehingga mudah dipegang si kecil. Untuk lingkungan yang lebih baik, gunakan produk ini.

7. Nuby iMonster Spoon and Fork Set

7. Nuby iMonster Spoon and Fork Set

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 69.000

Bentuk lucu yang bisa digunakan dengan tangan kanan dan tangan kiri

Nuby iMonster Spoon and Fork Set memberikan keamanan bagi bayi dengan terbuat dari bahan yang terbebas dari BPA serta dirancang untuk mudah dipegang dan digunakan oleh tangan kiri maupun tangan kanan. Baby spoon fork ini cocok untuk Anda berikan kepada anak usia 12 bulan keatas yang belum bisa menentukan bagian tubuh yang dominan sehingga bayi Anda bisa mulai belajar menentukan tangan dominannya.

Produk ini tidak dilengkapi wadah penyimpanan sehingga Anda perlu menyiapkan tempat sendiri jika si kecil mulai rewel dan hanya ingin makan dengan sendok dan garpu kesayangannya. Produk ini memiliki warna yang unik dan bentuk lucu yang menyerupai bentuk seperti mainan sehingga produk ini cocok untuk dipakai makan sambil bermain. Jadikan aktivitas makan lebih mudah dengan bermain bersama produk ini.

6. OEM Flexible Baby Spoon and Fork

6. OEM Flexible Baby Spoon and Fork

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 73.000

Desain dan material aman yang fleksibel

Material food grade membuat produk ini aman dipakai oleh bayi. Pegangan produk ini bisa melengkung tanpa mudah patah dan si kecil bisa menyesuaikan bentuk pegangan sesuai kehendaknya secara nyaman sehingga cocok dipakai sebagai sendok dan garpu pertama saat bayi mulai belajar makan. Ujung produk ini membulat sehingga akan mengurangi risiko cedera pada bayi saat makan.

Pegangan produk yang anti licin membuat bayi bisa memegang produk ini lebih mudah. Warna produk yang cerah ceria, cocok untuk membantu bayi untuk mulai belajar dan mengenali warna serta akan membuat bayi penasaran akan barang-barang di sekitarnya sehingga bagus dan cocok untuk perkembangan motorik. Jadikan produk ini sebagai pengalaman pertama makan yang menyenangkan.

5. Avanchy Bamboo Baby Spoon

5. Avanchy Bamboo Baby Spoon

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 796.944

Anti bakteri dengan bahan yang bebas senyawa kimia

Avanchy Bamboo Baby Spoon adalah produk sendok bayi yang terbuat dari bahan bambu dengan 5 warna-warni yang cerah ceria. Produk ini ringan untuk dipakai serta memiliki desain ergonomis yang pas di tangan bayi sehingga mudah dipegang. Ujung sendok terbuat dari bahan yang aman dari silikon yang tidak berbahaya serta bebas dari kandungan BPA, PVC dan Phtalate.

Produk ini cocok sebagai alternatif pengganti produk sendok plastik karena memiliki tekstur lembut yang tidak akan membuat luka gusi si kecil saat belajar makan. Selain itu bahan bambu pada produk ini memiliki sifat anti bakteri pada permukaannya, namun tetap mudah untuk dibersihkan. Jauhkan kontaminasi bakteri saat si kecil makan dengan sendok bambu ini.

4. Edison Hello Kitty Spoon and Fork

4. Edison Hello Kitty Spoon and Fork

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 295.000

Desain lucu yang dirancang mudah dipakai

Produk ini akan membuat si kecil tidak akan kesulitan memakan mie dengan menggunakan garpu karena dirancang khusus dan memiliki paten bentuk bergerigi untuk mencegah mie yang licin terlepas dari garpu. Sendok pada produk ini berbentuk kotak pada bagian sudut sehingga cocok dipakai bayi untuk makan tanpa menyisakan makanan di bagian sudut mangkok.

Produk ini juga dilengkapi dengan wadah penyimpanan khusus yang cocok untuk Anda bawa saat pergi ke luar rumah. Desain produk ini berwarna cerah dengan bentuk kepala Hello Kitty di bagian ujung pegangan sehingga cocok untuk dipakai oleh bayi perempuan Anda. Si kecil mau belajar makan olahan mi yang sehat dengan mudah? Miliki dulu produk ini.

3. NumNum Pre-Spoon GOOtensil

3. NumNum Pre-Spoon GOOtensil

Lihat produk di Tokopedia

Harga : Rp 179.500

Pre-spoon perkenalan anti frustasi

NumNum Pre-Spoon GOOtensil yang cocok untuk memperkenalkan dan mengajari bayi pada fungsi sendok dan cara penggunaannya kepada si kecil. Produk ini terdiri dari 2 unit yang dibuat inovatif tanpa perlu gerakan menyendok dan menyeimbangkan secara berlebihan. Bahan pada sendok ini hypoallergenic, telah disertifikasi FDA serta aman untuk diberikan kepada bayi pada usia 6 bulan keatas.

Sendok biru memiliki lesung yang berguna untuk mengambil makanan sedangkan sendok oranye dipakai untuk menjerat makanan. Bagian pegangan dibuat berkontur yang aman dan nyaman di pegang tangan yang mungil. Desain rata pada pegangan membuat produk ini mudah dipegang dengan berbagai cara. Jadikan proses belajar makan secara mandiri bayi Anda bebas frustasi dengan produk ini.

2. Boon Benders Adaptable Utensils

2. Boon Benders Adaptable Utensils

Lihat produk di Tokopedia

Harga : Rp 119.000

Desain inovatif yang bisa melengkung di ujung

Beberapa baby spoon fork, memiliki bentuk melengkung untuk memudahkan bayi memasukkan makanan ke mulut. Produk yang melengkung ke kiri banyak tersedia dan dipakai bayi yang dominan dengan tangan kanan. Namun beberapa produk ini umumnya memiliki desain lengkungan yang permanen sehingga hanya bisa dipakai untuk bayi yang sudah ketahuan dominan dengan tangan tertentu.

Boon Benders Adaptable Utensils adalah sendok dan garpu bayi yang bisa melengkung ke kanan dan ke kiri di ujung batang pegangan sehingga cocok dipakai bayi yang belum bisa menentukan bagian tangan yang dominan. Jika perkembangan motorik anak sudah baik, produk ini bisa diatur ke posisi lurus sehingga memudahkan anak untuk menggunakan sendok/garpu yang berbentuk biasa.

1. Pigeon Self Educational Spoon and Fork

1. Pigeon Self Educational Spoon and Fork

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.500

Mudah dipegang dengan berbagai cara

Bentuk sendok dan garpu ini cocok digunakan oleh kedua tangan untuk melatih perkembangan tangan anak yang dominan. Garpu pada produk ini didesain untuk bisa digunakan dari depan dan belakang. Bagian atas yang menonjol tidak hanya berbentuk imut namun juga berfungsi mencegah sendok dan garpu jatuh ke dalam mangkok sehingga bagian pegangan tidak terkena makanan.

Pigeon Self Educational Spoon and Fork dilengkapi dengan case berwarna hijau mencolok. Jika telah selesai dipakai, produk ini bisa Anda masukkan ke wadah untuk mencegah hilang sehingga cocok untuk Anda yang sering lupa menaruh barang. Baby spoon fork ini didesain agar bisa dipegang bayi dengan 3 cara yaitu gengaman tangan, genggaman jari dan genggaman pulpen. Mudah dipegang dengan banyak cara, bukan?

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai artikel kami? Apakah Anda sudah mendapat baby spoon fork untuk membantu buah hati Anda makan dengan mudah? Anda bisa berhemat jika memilih sendok bayi yang tahan lama.

Namun jika Anda sering berganti sendok dan garpu, Anda bisa menstimulasi perkembangan dan rasa penasaran bayi sehingga bagus untuk merangsang saraf-saraf di otak bayi agar tetap aktif. Jadikan pengalaman mengeksplorasi dunia dimulai dengan menjelajah makanan di piring si kecil.