mybest
Peralatan makan

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Sendok Makan Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Sendok Makan Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Sendok Makan Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Sendok Makan Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Sendok Makan Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Sendok Makan Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Sendok Makan Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2024)

Memasuki masa MPASI, Anda harus menyiapkan baby spoon fork yang bagus untuk menunjang kegiatan makan bayi. Sendok makan bayi memang berbeda dengan sendok orang dewasa pada umumnya. Kami akan menjelaskan perbedaannya serta membantu Anda memilih rekomendasi sendok makan bayi terbaik. 


Beaba, Pigeon, atau Mother's Corn menyediakan berbagai variasi baby spoon fork yang bisa dijadikan pilihan. Ada pilihan sendok untuk bayi belajar makan sendiri. Ada pula sendok yang cocok untuk para orang tua saat menyuapi makanan. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Leona Victoria, dan bidan kami, Destry Permata Sari.

Diperbaharui 14/07/2023
Leona Victoria
Pakar
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak. Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Profil Leona Victoria
Lanjut membaca
Destry Permata, STr. Keb
Pakar
Bidan
Destry Permata, STr. Keb

Destry merupakan lulusan Kebidanan yang saat ini berfokus menjadi seorang pendamping ibu hamil. Beliau mendampingi ibu hamil dalam memberdayakan dirinya selama masa kehamilan sampai melahirkan. Setelah menyelesaikan beberapa pelatihan kebidanan komplementer, beliau membantu ibu hamil dengan Prenatal Gentle Yoga dan Hypnobirthing. Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan persalinan yang minim trauma, alami, dan lancar. Destry berpraktik di Pro V Clinic di wilayah Jakarta Selatan sejak 2019. Sejak saat itulah beliau makin cinta dengan profesinya. Beliau selalu ingin membantu para ibu hamil untuk memiliki pengalaman persalinan yang menyenangkan dan penuh dengan cinta.

Profil Destry Permata, STr. Keb
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Cara memilih sendok makan untuk bayi

Pertama, kami akan memberikan informasi cara memilih sendok makan untuk bayi. Simak terus artikel kami dan temukan produk yang paling cocok untuk buah hati Anda!

1

Pilih bentuk yang sesuai dengan tingkat perkembangan bayi

Anda mesti memperhatikan kemudahan penggunaan sendok makan bayi agar si kecil bersemangat dan mudah untuk makan sendiri. Untuk itu, kami akan membahas bentuk sendok makan bayi yang sebaiknya Anda pilih untuk si buah hati.

Parent feeding spoon: Untuk bayi usia 6–12 bulan yang belum bisa makan sendiri

Parent feeding spoon: Untuk bayi usia 6–12 bulan yang belum bisa makan sendiri
Parent feeding spoon biasa digunakan orang dewasa untuk menyuapi bayi. Nah, feeding spoon ini tidak tepat Anda gunakan untuk melatih bayi makan sendiri. Gagangnya panjang dan bisa menyulitkan bayi untuk menemukan posisi yang tepat. Selain itu, kebanyakan feeding spoon bergagang tipis sehingga mudah terputar saat digenggam bayi.

Hal tersebut bisa membuat sang buah hati makin kesulitan menemukan sudut yang tepat untuk makan. Parent feeding spoon yang paling ideal biasanya berukuran panjang, tipis, dan ujung sendoknya cekung. Hal ini untuk mencegah makanan mudah tumpah saat sedang menyuapi si kecil. Anda juga bisa memilih yang ujung kepalanya kecil atau lebar tergantung preferensi. 

Self-feeding spoon: Untuk bayi usia 10 bulan ke atas

Self-feeding spoon: Untuk bayi usia 10 bulan ke atas

Berbeda dengan parent feeding spoon, self-feeding spoon sebaiknya bergagang pendek dan tebal agar mudah digenggam. Hal ini bertujuan agar bayi lebih dapat mengandalkan kemampuan palmar grasp-nya saat memegang sendok/garpu. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat mencari baby self-feeding spoon.


  • Pertama, carilah yang bisa digunakan kedua tangan. Umumnya penentuan penggunaan tangan dominan ditentukan pada usia 2–4 tahun. Di luar usia tersebut, bayi biasanya masih menggunakan kedua tangannya secara seimbang. Jadi, produk yang bisa dipakai di tangan kiri dan kanan akan memudahkan bayi menggunakannya.

  • Kedua, jika si kecil sudah makan makanan padat, Anda bisa memilih sendok bayi yang didesain cekung ke dalam. Sendok ini berfungsi untuk menampung makanan lebih banyak. Meski begitu, bila bayi Anda belum terbiasa, tidak semua makanan dalam sendok dapat terambil. Untuk menyiasatinya, gunakanlah sendok yang cekungannya lebih dangkal bila si kecil baru mulai makan sendiri.

  • Ketiga, pilih sendok garpu yang tidak licin saat digenggam. Agar sang buah hati lebih mudah makan, Anda bisa memilih produk yang garpunya tidak licin. Terlebih bila ujungnya tipis, garpu tersebut akan makin mudah digunakan untuk menusuk makanan.

Saat anak belajar makan sendiri, sering kali ia ingin menggunakan apa yang digunakan oleh orang tuanya saat menyuapi. Jika anak tetap ingin mencoba, berikan dan pantau penggunaannya agar tidak menyakiti atau tersedak saat makan.

2

Tentukan produk berdasarkan bahannya

Tentukan produk berdasarkan bahannya

Faktor lain yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan saat membeli sendok makan bayi adalah bahannya. Mayoritas dari produk sendok garpu bayi yang dijual di pasaran terbuat dari bahan campuran antara plastik dan silikon. Bahan plastik digunakan untuk membuat bagian ujungnya, sedangkan gagangnya terbuat dari silikon atau kayu. 


Selain itu, sendok garpu berbahan full silikon juga banyak digunakan untuk menyuapi bayi oleh para orang tua. Hal ini disebabkan karena karakter bahan silikon yang lebih lentur. Keunggulan lain dari bahan silikon adalah aman dan nyaman di gigi bayi. Tentunya, bahan ini akan lebih bersahabat di gigi bayi Anda saat masuk fase suka menggigiti. 

3

Pertimbangkan yang dilengkapi wadah untuk kemudahan dibawa bepergian

Pertimbangkan yang dilengkapi wadah untuk kemudahan dibawa bepergian
Saat bepergian, Anda tentu akan menyiapkan bekal makanan untuk si kecil dari rumah. Alat makan seperti sendok dan garpu tentu saja tidak boleh ketinggalan untuk dibawa. Agar lebih praktis dan higienis, sendok garpu yang dilengkapi wadah tentu nyaman dibawa ketimbang yang tanpa wadah. 

Oleh sebab itu, Anda juga perlu menyetok sendok garpu dengan wadah untuk dipakai saat bepergian seperti ini. Namun, ada juga bayi yang hanya mau makan dengan sendok garpu yang biasa dia pakai di rumah. Jadi, sebaiknya perhatikan juga hal ini sebelum membawa bayi bepergian.

4

Agar lebih aman, pastikan produk sudah memiliki label food grade

Agar lebih aman, pastikan produk sudah memiliki label food grade

Banyak peralatan makan bayi yang terbuat dari plastik. Banyak orang tua khawatir bahan plastik bisa melepas senyawa kimia bernama bisphenol-A yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 


Oleh sebab itu, saat membeli peralatan bayi Anda harus memastikan produk tersebut sudah berlabel food grade atau BPA free. Food gradebiasanya ditandai dengan tanda angka 1-PETE, 2-HDPE, 4-LDPE, dan 5-PP.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi sendok makan terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sendok makan bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria dan Destry Permata Sari.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Sugarbaby

Healthy Silicone Spoon & Fork Nature Series

Sugarbaby Healthy Silicone Spoon & Fork Nature Series 1

Rp47.000

Agak Murah

Anak bisa belajar makan dengan mudah berkat gagangnya yang pendek

2

BenBen

Premium Silicone Training Spoon and Fork

BenBen Premium Silicone Training Spoon and Fork 1

Rp48.000

Agak Murah

Desain stopper-nya cegah risiko anak tersedak

3

KURU Baby Indonesia

Flexi Fun Spoon and Fork SetSF1

KURU Baby Indonesia Flexi Fun Spoon and Fork Set 1

Rp33.500

Agak Murah

Gagang fleksibel dan bisa dibengkokkan sesuai kebutuhan

4

Kottonville

Silicone Bendable Spoon and Fork Set

Kottonville Silicone Bendable Spoon and Fork Set 1

Rp79.000

Menengah

Terdapat banyak pilihan warna menarik yang cocok untuk si kecil

5

Momi Homi

Silikon Set Sendok Garpu03

Momi Homi Silikon Set Sendok Garpu 1

Rp32.999

Agak Murah

Terbuat dari bahan food grade dengan harga terjangkau

6

Beiens Official Store

Elephant Learning Spoon Fork

Beiens Official Store Elephant Learning Spoon Fork 1

Rp279.000

Lebih Mahal

Senantiasa higienis karena mudah disterilkan dengan berbagai cara

7

Yori & Co

Baby Training Wooden Silicone Spoon & Fork

Yori & Co Baby Training Wooden Silicone Spoon & Fork 1

Rp69.000

Menengah

Desainnya premium dan berkelas, cocok dijadikan kado

8

KEOLA

Set Silicone Baby Spoon & Fork

KEOLA Set Silicone Baby Spoon & Fork 1

Rp55.554

Menengah

Memiliki ketahanan yang bagus terhadap temperatur ekstrem

9

BBET Indonesia

Bendable Baby Fork Spoon

BBET Indonesia Bendable Baby Fork Spoon  1

Rp125.000

Agak Mahal

Ujung sendok bisa berubah warna berkat sensor panas

10

Coconi

Little Bear Fork & Spoon Set

Coconi Little Bear Fork & Spoon Set 1

Rp79.000

Menengah

Sendok garpu beruang yang lucu dan imut untuk bayi

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SugarbabyHealthy Silicone Spoon & Fork Nature Series

Healthy Silicone Spoon & Fork Nature Series 1
Sumber: shopee.co.id
Healthy Silicone Spoon & Fork Nature Series 2
Sumber: shopee.co.id
Healthy Silicone Spoon & Fork Nature Series 3
Sumber: shopee.co.id
Healthy Silicone Spoon & Fork Nature Series 4
Sumber: shopee.co.id
Healthy Silicone Spoon & Fork Nature Series 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp47.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp47.000
Agak Murah

Anak bisa belajar makan dengan mudah berkat gagangnya yang pendek

Kelebihan:

  • Gagangnya pendek sehingga mudah digenggam tangan anak 
  • Garpunya lebih aman untuk anak karena tidak tajam
  • Pilihan warnanya cukup bervariasi 

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi wadah, cukup sulit dibawa bepergian

Anda mencari alat makan yang mudah dan aman digunakan oleh anak? Sugarbaby memiliki koleksi Nature Series yang bagus. Koleksi ini dinamakan Nature Series karena warna-warnanya terinspirasi dari alam yang earthy dan fresh


Tak ketinggalan, dari segi keamanan dan kemudahan, sendok garpu ini juga bisa diandalkan. Ujung garpunya tidak tajam sehingga dapat meminimalkan risiko gusi anak Anda terluka. Gagangnya pendek serta ujung sendoknya yang lebar dan dalam akan mempermudah anak Anda mengambil makanan. 

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

BenBenPremium Silicone Training Spoon and Fork

Harga referensi
Rp48.000
Agak Murah

Desain stopper-nya cegah risiko anak tersedak

Kelebihan:
  • Aman untuk dimasukkan ke dalam sterilizer dan microwave
  • Ada tiga pilihan warna yang bisa dibeli 

Kekurangan:

  • Tidak menyediakan wadah sehingga kurang praktis jika harus dibawa bepergian

Tidak hanya mudah digenggam, produk ini juga dilengkapi stopper di bagian leher sendok garpunya agar makin aman digunakan. Stopper ini akan membantu mencegah anak Anda memasukkan garpu terlalu dalam ke mulut. Jika Anda ingin mencegah hal itu terjadi, pilihlah produk ini. Anda pun bisa bebas khawatir dan bisa membiarkan si kecil makan sendiri dengan lebih tenang. 

No.3

KURU Baby IndonesiaFlexi Fun Spoon and Fork SetSF1

Harga referensi
Rp33.500
Agak Murah

Gagang fleksibel dan bisa dibengkokkan sesuai kebutuhan

Kelebihan:

  • Gagangnya tidak licin sehingga mempermudah anak untuk makan sendiri 
  • Desainnya fleksibel untuk memudahkan anak makan dari berbagai sudut 
  • Dibekali wadah yang mendukung higienitas dan mudah dibawa bepergian

Kekurangan:

  • Bagian ujung sendok dan garpunya berwarna putih sehingga memerlukan perawatan yang lebih cermat supaya bisa tetap kinclong

Memberi makan anak yang sedang dalam masa pertumbuhan memang merupakan sebuah tantangan untuk orang tua. Oleh sebab itu, Anda bisa membeli sendok garpu set yang gagangnya fleksibel untuk memberi makan anak dari segala arah.


Tak hanya untuk bayi yang masih disuapi, sendok garpu ini juga bisa dipakai oleh anak yang mulai belajar makan sendiri. Gagangnya juga nyaman digenggam dan tidak licin. Hal tersebut tentu dapat meminimalkan kesulitan anak Anda saat belajar makan sendiri. 

No.4

KottonvilleSilicone Bendable Spoon and Fork Set

Harga referensi
Rp79.000
Menengah

Terdapat banyak pilihan warna menarik yang cocok untuk si kecil

Kelebihan:

  • Sendok garpunya fleksibel dan gagangnya bisa dibengkokkan
  • Terbuat dari bahan yang non-toxic dan anti-bacterial sehingga aman untuk bayi

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk bayi yang tangannya masih kecil karena gagangnya tergolong lebar

Anda punya anak yang susah makan? Cobalah untuk membeli sendok garpu set ini. Sendok garpu set dari Kottonville ini dilengkapi dengan beberapa warna menarik. Tak hanya terdiri dari satu warna saja, tetapi dua warna senada pada sendok dan garpunya. 


Ada empat macam varian yaitu pink, biru, kuning, dan ungu. Bahannya pun tergolong aman untuk bayi karena sudah ada label food grade dan BPA free. Selain itu, sendok garpu set ini juga terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. 

No.5

Momi HomiSilikon Set Sendok Garpu03

Harga referensi
Rp32.999
Agak Murah

Terbuat dari bahan food grade dengan harga terjangkau

Kelebihan:

  • Ada sensor yang bisa mengubah warna sendok jika sudah terlalu panas 
  • Tidak lengket dan mudah dibersihkan setelah dipakai 

Kekurangan:

  • Gagangnya tidak fleksibel sehingga ada kemungkinan patah 

Siapa bilang bahwa semua sendok garpu bayi harganya mahal? Jika Anda ingin membeli sendok garpu bayi yang mudah, produk ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Secara harga, sendok garpu set yang satu ini memang tergolong ramah di kantong. Meski begitu, sendok makan bayi ini memiliki sensor panas yang dapat mengubah warnanya pada suhu 38 °C.


Dengan demikian, Anda lebih mudah mengetahui jika makanan masih terlalu panas untuk bayi. Ada tiga pilihan warna yang bisa Anda pilih yaitu pink, biru, dan hijau. Tidak ketinggalan, bahannya juga sudah bebas BPA dan berlabel food grade sehingga aman untuk bayi Anda. 

No.6

Beiens Official StoreElephant Learning Spoon Fork

Elephant Learning Spoon Fork 1
Sumber: shopee.co.id
Elephant Learning Spoon Fork 2
Sumber: shopee.co.id
Elephant Learning Spoon Fork 3
Sumber: shopee.co.id
Elephant Learning Spoon Fork 4
Sumber: shopee.co.id
Elephant Learning Spoon Fork 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp279.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp279.000
Lebih Mahal

Senantiasa higienis karena mudah disterilkan dengan berbagai cara

Kelebihan:

  • Di ujung gagangnya ada boneka gajah sehingga terkesan unik dan lucu untuk anak-anak 
  • Bagian ujung sendoknya cekung sehingga bisa digunakan untuk makan sup dengan mudah

Kekurangan:

  • Sendok dan garpunya berukuran kecil sehingga kurang pas untuk anak yang sudah mulai besar 

Saat memberi makan anak, kebersihan sendok garpu memang harus diutamakan. Jika Anda mencari sendok garpu anak yang mudah dibersihkan, produk ini bisa menjadi pilihan tepat. 


Pasalnya, sendok garpu ini bisa disterilkan melalui tiga cara yaitu boiled disinfection, steam sterilization, dan UV disinfectionTidak ketinggalan, produk ini juga dilengkapi kotak sehingga mudah dibawa saat bepergian. 

No.7

Yori & CoBaby Training Wooden Silicone Spoon & Fork

Harga referensi
Rp69.000
Menengah

Desainnya premium dan berkelas, cocok dijadikan kado

Kelebihan:

  • Gagangnya terbuat dari kayu yang ramah lingkungan
  • Memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu panas dan dingin
  • Bisa dicuci dengan dish washer dan disterilkan menggunakan sterilizer

Kekurangan:

  • Kurang cocok dibawa travelling karena tidak dibekali wadah yang reusable


Sendok garpu set bisa dijadikan sebagai ide hadiah untuk anak, keponakan, atau anak dari relasi Anda. Hal ini terutama untuk anak yang sudah mulai belajar makan sendiri. Produk ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dihadiahkan berkat desainnya yang premium. 


Gagangnya terbuat dari kayu dan bagian ujungnya merupakan silikon dengan warna-warna pastel yang cantik. Mayoritas dari warnanya netral sehingga cocok untuk anak laki-laki atau perempuan. Tak hanya desain, kualitasnya juga premium karena durable dan memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu tinggi dan rendah. 

No.8

KEOLASet Silicone Baby Spoon & Fork

Harga referensi
Rp55.554
Menengah

Memiliki ketahanan yang bagus terhadap temperatur ekstrem

Kelebihan:

  • Mudah dibersihkan, baik secara manual maupun dengan alat seperti sterilizer dan dishwasher
  • Dibekali wadah sehingga mudah dijaga kebersihannya, terutama saat travelling
  • Ada stopper yang bisa mencegah bayi tersedak saat makan 

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk anak laki-laki karena desain dan warnanya cenderung cute 


Produk sendok garpu set dari KEOLA ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk bayi yang ingin belajar makan sendiri. Ukurannya kecil sehingga pas untuk bayi yang tangannya masih kecil. Tidak ketinggalan, sendok garpunya juga memiliki stopper yang mencegah bayi tersedak. 


Keunggulan lain dari sendok garpu ini adalah memiliki ketahanan yang bagus terhadap suhu ekstrem. Kisarannya mulai dari -40 °C sampai 200 °C sehingga tak masalah jika sendok garpunya masuk ke oven, sterilizer, dan freezer

No.9

BBET IndonesiaBendable Baby Fork Spoon

Harga referensi
Rp125.000
Agak Mahal

Ujung sendok bisa berubah warna berkat sensor panas

Kelebihan:

  • Gagangnya bisa dibengkokkan sampai 360 derajat dan antiselip
  • Dibekali wadah sehingga mudah dibawa travelling 

Kekurangan:

  • Harganya tergolong pricey jika dibanding dengan produk lain yang serupa

Sesuai dengan namanya, Bendable Baby Fork Spoon adalah produk set sendok garpu yang bisa dibengkokkan gagangnya sampai 360 derajat. Tak hanya itu saja, gagangnya juga antiselip sehingga mempermudah bayi Anda saat memegang sendok atau garpu. 


Salah satu hal paling unik dari set sendok garpu ini adalah bagian ujungnya. Bagian ujungnya bisa berganti warna menjadi terang jika suhu makanan mencapai 40°C. Jadi, Anda bisa mengetahui jika makanan tersebut terlalu panas untuk bayi. 

No.10

CoconiLittle Bear Fork & Spoon Set

Harga referensi
Rp79.000
Menengah

Sendok garpu beruang yang lucu dan imut untuk bayi

Kelebihan:

  • Desainnya lucu dan imut sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk bayi 
  • Gagang sendok dan garpunya kecil, mempermudah bayi untuk memegangnya

Kekurangan:

  • Bagian ujungnya terbuat dari plastik dan berwarna putih sehingga perlu usaha ekstra untuk membersihkan supaya tetap kinclong

Jika Anda mencari sendok makan bayi yang desainnya lucu, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Bagaimana tidak? Bagian gagang sendok dan garpunya didesain mirip beruang tanpa mata. Tidak ketinggalan, bagian ujung garpunya juga bergerigi yang membuatnya makin tematik. 


Ada tiga pilihan warna untuk gagangnya yaitu biru, merah muda, dan kuning. Anda bisa pilih salah satu warna favorit anak dan si kecil pun akan bersemangat untuk makan sendiri!

Hal yang perlu diperhatikan untuk keberhasilan MPASI pada bayi

Melatih anak supaya bisa makan sendiri memang bukan hal mudah. Pastinya, akan ada banyak rintangan yang mungkin Anda temui. Untuk mempermudah pekerjaan Anda, tentunya ada beberapa tips yang dapat dicoba. 

Tips melatih bayi makan sendiri

Tips melatih bayi makan sendiri

Setiap orang tua pada akhirnya pasti ingin mengajari anaknya untuk bisa mandiri dalam hal apa pun. Makan sendiri juga salah satu bentuk kemandirian yang perlu dilatih semenjak dini. Namun, kapan waktu yang tepat dan bagaimana caranya?


Umumnya, pada umur 6 bulan anak sudah bisa diajari makan sendiri, tetapi mereka cenderung lebih menyukai makan menggunakan tangannya. Untuk mengajari anak menggunakan sendok dan garpu, tunggulah hingga ia berumur setidaknya 8 bulan. Pada usia tersebut anak sudah bisa duduk tegak dalam waktu lama. Berikut ini beberapa tips melatih anak makan sendiri:


  • Perkenalkan terlebih dahulu alat makan kepada anak dengan perlahan-lahan tanpa memaksa. Jika anak memiliki ketertarikan memegang alat makannya sendiri, berikan kesempatan agar anak bisa bereksplorasi.

  • Berikan alat makan yang sesuai dan aman digunakan oleh anak. Agar bisa menarik perhatian, berikan alat makan yang sesuai dengan kesukaannya.

  • Berikan contoh cara menyuap makanan dengan sendok yang benar. Setelah terbiasa, lama-kelamaan ia akan bisa memakai sendoknya sendiri.

  • Mulai dengan makanan yang bertekstur lembut dan mudah untuk disendok.

  • Selalu dampingi ketika bayi memakai sendok atau garpu. Refleksnya dalam menyuap masih sangat buruk. Sendok dan garpu yang masuk ke mulutnya sangat mungkin tersodok terlalu dalam dan membuatnya tersedak. Oleh sebab itu, kehadiran Anda sangat dibutuhkan untuk mencegah hal itu terjadi.

  • Berikan ia kepercayaan dan kesempatan meski mungkin ruang makan Anda akan jadi sangat berantakan.

  • Tetap sabar meski anak mungkin melakukan banyak kegagalan. Anda perlu terus mengulang cara memegang sendok yang benar berkali-kali sampai ia berhasil.

  • Pujilah setiap progress yang ditunjukkan anak sekecil apa pun itu. Dengan begitu, anak akan makin bersemangat dan termotivasi.

  • Anda juga dapat melatih dengan membiarkan anak bermain dengan sendok, garpu, dan cups saat sensory play sehingga anak bisa berlatih scooping.

Tips mengatasi anak yang suka melempar peralatan makanan dari bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb

Tips mengatasi anak yang suka melempar peralatan makanan dari bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb
  • Tetap tenang dan temani anak ketika mereka melempar alat makannya. Jangan berikan reaksi sedikit pun, baik dari orang tua maupun dari orang di dekatnya.

  • Berikan pilihan alat makannya yang ingin digunakan. Mungkin saja ia bosan dengan alat yang itu-itu saja.

  • Berikan penjelasan dengan nada yang lembut, tetapi tegas bahwa melempar alat makan bisa menunda anak menyelesaikan makanannya. 

Baca juga rekomendasi berbagai perlengkapan makan lainnya untuk bayi di sini

Agar bayi bisa makan dengan nyaman dan bersih, ada banyak perlengkapan makan yang bisa Anda gunakan. Celemek, kursi makan, dan baby cup adalah beberapa item yang tepat untuk dimiliki. Yuk, dapatkan informasi mendetail mengenai cara memilih dan rekomendasi seluruh produk tersebut di sini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai artikel kami kali ini? Apakah Anda sudah mendapat baby spoon fork yang diinginkan untuk membantu buah hati makan dengan mudah? 


Sebelum memutuskan membeli, pastikan untuk memilih produk dengan bentuk sesuai tumbuh kembang anak. Ketahui juga bahan dan ada tidaknya wadah khusus saat memilih baby spoon fork. Pilihlah produk yang paling pas untuk buah hati Anda, ya!

5 Rekomendasi Sendok Makan untuk Bayi terbaik

No. 1: SugarbabyHealthy Silicone Spoon & Fork Nature Series

No. 2: BenBenPremium Silicone Training Spoon and Fork

No. 3: KURU Baby IndonesiaFlexi Fun Spoon and Fork SetSF1

No. 4: KottonvilleSilicone Bendable Spoon and Fork Set

No. 5: Momi HomiSilikon Set Sendok Garpu03

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Sendok Makan Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.