• 10 Baby Spoon Fork Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Baby Spoon Fork Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Baby Spoon Fork Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Baby Spoon Fork Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Baby Spoon Fork Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Baby Spoon Fork Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist dan Bidan (Terbaru Tahun 2022)

Memasuki masa MPASI, Anda harus menyiapkan baby spoon fork yang bagus untuk menunjang kegiatan makan bayi. Sendok makan bayi memang berbeda dengan sendok makan orang dewasa pada umumnya. Kami akan menjelaskan perbedaannya serta membantu Anda memilih rekomendasi sendok makan bayi terbaik. 


Beaba, Pigeon, atau Mother's Corn menyediakan berbagai variasi baby spoon fork yang bisa dijadikan pilihan. Ada pilihan sendok untuk bayi belajar makan sendiri. Ada pula sendok yang cocok untuk para orang tua saat menyuapi makanan. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Leona Victoria, dan bidan kami, Destry Permata Sari.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Leona Victoria
Destry Permata, STr. Keb
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 05 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND, dan Bidan, Destry Permata Sari, STr. Keb

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak.


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Destry Permata, STr. Keb
Bidan
Destry Permata, STr. Keb

Destry adalah lulusan Kebidanan yang saat ini berfokus menjadi seorang pendamping ibu hamil. Beliau mendampingi ibu hamil dalam memberdayakan dirinya selama masa kehamilan sampai melahirkan. Setelah menyelesaikan beberapa pelatihan kebidanan komplementer, beliau membantu ibu hamil dengan prenatal gentle yoga dan hypnobirthing. Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan persalinan yang minim trauma, alami, dan lancar.


Destry berpraktik di Pro V Clinic di wilayah Jakarta Selatan sejak 2019. Sejak saat itulah beliau makin cinta dengan profesinya. Beliau selalu ingin membantu para ibu hamil untuk memiliki pengalaman persalinan yang menyenangkan dan penuh dengan cinta.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih baby spoon fork

Pertama, kami akan memberikan informasi cara memilih baby spoon fork. Simak terus artikel kami dan temukan produk yang paling cocok untuk buah hati Anda!

Pilih bentuk yang sesuai dengan tingkat perkembangan bayi

Anda mesti memperhatikan kemudahan penggunaan baby spoon fork agar si kecil bersemangat dan mudah untuk makan sendiri. Untuk itu, kami akan membahas bentuk baby spoon fork yang sebaiknya Anda pilih untuk si buah hati.

Parent feeding spoon: Untuk bayi usia 6–12 bulan yang belum bisa makan sendiri

 Parent feeding spoon: Untuk bayi usia 6–12 bulan yang belum bisa makan sendiri
Parent feeding spoon biasa digunakan orang dewasa untuk menyuapi bayi. Nah, feeding spoon ini tidak tepat Anda gunakan untuk melatih bayi makan sendiri. Gagangnya panjang dan bisa menyulitkan bayi untuk menemukan posisi yang tepat. Selain itu, kebanyakan feeding spoon bergagang tipis sehingga mudah terputar saat digenggam bayi.

Hal tersebut bisa membuat sang buah hati makin kesulitan menemukan sudut yang tepat untuk makan. Parent feeding spoon yang paling ideal biasanya berukuran panjang, tipis, dan ujung sendoknya cekung. Hal ini untuk mencegah makanan mudah tumpah saat sedang menyuapi si kecil. Anda juga bisa memilih yang ujung kepalanya kecil atau lebar tergantung preferensi. 

Self-feeding spoon: Untuk bayi usia sepuluh bulan ke atas

Self-feeding spoon: Untuk bayi usia sepuluh bulan ke atas

Berbeda dengan parent feeding spoon, self feeding spoon sebaiknya bergagang pendek dan tebal agar mudah digenggam. Hal ini bertujuan agar bayi lebih dapat mengandalkan kemampuan palmar grasp-nya saat memegang sendok/garpu. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat mencari baby self-feeding spoon.


  • Pertama, carilah yang bisa digunakan kedua tangan. Umumnya penentuan penggunaan tangan dominan ditentukan pada usia 2–4 tahun. Di luar usia tersebut, bayi biasanya masih menggunakan kedua tangannya secara seimbang. Jadi, produk yang bisa dipakai di tangan kiri dan kanan akan memudahkan bayi menggunakannya.

  • Kedua, jika si kecil sudah makan makanan padat, Anda bisa memilih sendok bayi yang didesain cekung ke dalam. Sendok ini berfungsi untuk menampung makanan lebih banyak. Meski begitu, bila bayi Anda belum terbiasa, tidak semua makanan dalam sendok dapat terambil. Untuk menyiasatinya, gunakanlah sendok yang cekungannya lebih dangkal bila si kecil baru mulai makan sendiri.

  • Ketiga, pilih sendok garpu yang tidak licin saat digenggam. Agar sang buah hati lebih mudah makan, Anda bisa memilih produk yang garpunya tidak licin. Terlebih bila ujungnya tipis, garpu tersebut akan makin mudah digunakan untuk menusuk makanan.

Saat anak belajar makan sendiri, seringkali ia ingin menggunakan apa yang digunakan oleh orang tuanya saat menyuapi. Jika anak tetap ingin mencoba, berikan dan pantau penggunaannya agar tidak menyakiti atau tersedak saat makan.

Pilih produk berdasarkan bahannya

Beberapa bahan yang biasa dipakai untuk baby spoon fork adalah plastik dan silikon. Kami akan menjelaskan keunikan masing-masing bahan agar Anda makin mudah menemukan produk yang sesuai.

Bahan plastik, lebih ringan dan tahan lama

Bahan plastik, lebih ringan dan tahan lama
Pada tahap tertentu, bayi akan sangat aktif dan sering melempar benda yang dipegangnya. Baby spoon fork berbahan plastik kebanyakan berbobot ringan dan cukup kuat. Tentunya produk seperti ini tidak mudah patah meski dilempar oleh si kecil. Saat memilih produk dengan bahan plastik, pastikan bahan yang digunakan mengandung BPA free sehingga aman untuk kesehatan bayi. 

Kelemahan bahan ini adalah warna makanan yang pekat, misalnya wortel, labu, atau buah naga akan mudah menempel. Saat Anda cuci menggunakan sabun pun warnanya sulit hilang. Selain itu, bekas goresan lebih mudah tertinggal pada produk berbahan plastik saat digigit oleh bayi. Hal itu terutama ketika giginya sedang mulai tumbuh.

Silikon, lebih lentur dan nyaman di gigi bayi saat tergigit

Silikon, lebih lentur dan nyaman di gigi bayi saat tergigit

Baby spoon fork yang banyak ditemukan di pasaran saat ini adalah yang berbahan silikon. Bahan ini banyak disukai para orang tua karena bahannya lentur. Selain itu, bahan ini juga aman dan nyaman di gigi bayi, apalagi jika bayi suka menggigiti sendok saat makan


Sayangnya, alat makan berbahan silikon punya kelemahan yang sama dengan plastik. Bahan ini sulit dibersihkan, terutama jika menyentuh makanan yang berminyak. Beberapa produk juga bahkan meninggalkan bau makanan meski sudah dicuci. Lalu, makanan yang ada di sendok silikon cenderung lebih mudah tumpah. Jadi, pastikan Anda mengecek kecekungan sendok sebelum membelinya. 

Pilih yang dilengkapi wadah agar mudah dibawa-bawa

Saat bepergian, Anda tentu akan menyiapkan bekal makanan untuk si kecil dari rumah. Alat makan seperti sendok dan garpu tentu saja tidak boleh ketinggalan untuk dibawa. Agar lebih praktis dan higienis, sendok garpu yang dilengkapi wadah tentu nyaman dibawa ketimbang yang tanpa wadah

Maka dari itu, Anda juga perlu menyetok sendok garpu dengan wadah untuk dipakai saat bepergian seperti ini. Namun, ada juga bayi yang hanya mau makan dengan sendok garpu yang biasa dia pakai di rumah. Jadi, sebaiknya perhatikan juga hal ini sebelum membawa bayi bepergian.

Agar lebih aman, pastikan produk sudah memiliki label food grade

Agar lebih aman, pastikan produk sudah memiliki label food grade

Banyak peralatan makan bayi yang terbuat dari plastik. Banyak orang tua khawatir bahan plastik bisa melepas senyawa kimia bernama bisphenol-A yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 


Maka dari itu, saat membeli peralatan bayi Anda harus memastikan produk tersebut sudah berlabel food grade atau BPA free. Food grade biasanya ditandai dengan tanda angka 1-PETE, 2-HDPE, 4-LDPE, dan 5-PP.

10 Rekomendasi baby spoon fork terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baby spoon fork terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria dan Destry Permata Sari.

10
BahanPlastik
Ukuran14 cm x 2,5 cm
Dilengkapi wadah khususX
Target usia penggunaTidak diketahui
Jenis spoon forkParent feeding spoon
Food grade
9

NubyiMonster™ Spoon & Fork Set

22010

Mulai dari Rp 79.000,00

BahanPlastik
Ukuran19,8 cm × 10 cm × 2 cm
Dilengkapi wadah khususX
Target usia pengguna12 bulan ke atas
Jenis spoon forkSelf-feeding spoon
Food grade
8

Little Baby Flexible Baby Spoon & Fork

FBS0321

Mulai dari Rp 38.500,00

BahanTidak ada keterangan
UkuranTidak ada keterangan
Dilengkapi wadah khususX
Target usia pengguna6 bulan ke atas
Jenis spoon forkSelf-feeding spoon
Food grade
7

BeabaToddler’s Self Feeding Cutlery Set of 10 – Assorted

Mulai dari Rp 359.000,00

BahanPlastik
UkuranTidak disebutkan
Dilengkapi wadah khusus
Target usia pengguna8 bulan ke atas
Jenis spoon forkSelf-feeding spoon
Food grade
6

OonewBaby Spoon & Fork Set

TB-1693

Mulai dari Rp 129.000,00

BahanPlastik PP (polypropylene)
Ukuran15,3 cm x 7,5 cm
Dilengkapi wadah khusus
Target usia pengguna6 bulan ke atas
Jenis spoon forkSelf-feeding spoon
Food grade
5

KUBBaby BLW Learning Spoon Fork

Mulai dari Rp 84.000,00

BahanPlastik (TPE dan PP)
Ukuran2, 7 cm x 14,5 cm
Dilengkapi wadah khususX
Target usia pengguna6 bulan ke atas
Jenis spoon forkSelf-feeding spoon
Food grade
4
BahanSoft material
UkuranTidak disebutkan
Dilengkapi wadah khusus
Target usia pengguna7 bulan
Jenis spoon forkSelf-feeding spoon
Food grade
3

Mother’s CornSelf Training Spoon and Fork Set

Mulai dari Rp 117.500,00

BahanEkstrak jagung
Ukuran7 cm × 2,5 cm × 13 cm
Dilengkapi wadah khususX
Target usia pengguna18 bulan ke atas
Jenis spoon forkSelf-feeding spoon
Food grade
2

PigeonBaby First Spoon and Fork Set

Mulai dari Rp 40.400,00

BahanPlastik PP (polypropylene)
UkuranTidak ada keterangan
Dilengkapi wadah khususX
Target usia pengguna6 bulan ke atas
Jenis spoon forkParent feeding spoon
Food grade
1

BenBenPremium Silicone Training Spoon and Fork

Mulai dari Rp 48.000,00

BahanSilikon
Ukuran7,5 cm x 5 cm
Dilengkapi wadah khususX
Target usia pengguna6 bulan ke atas
Jenis spoon forkSelf-feeding spoon
Food grade

Tabel perbandingan produk baby spoon fork terbaik

Gambar produk
1
BenBen Premium Silicone Training Spoon and Fork 1

BenBen

2
Pigeon Baby First Spoon and Fork Set 1

Pigeon

3
Mother’s Corn Self Training Spoon and Fork Set 1

Mother’s Corn

4
Richell Easy-Grip Spoon & Fork with Case 1

Richell

5
KUB Baby BLW Learning Spoon Fork  1

KUB

6
Oonew Baby Spoon & Fork Set  1

Oonew

7
Beaba Toddler’s Self Feeding Cutlery Set of 10 – Assorted 1

Beaba

8
Little Baby  Flexible Baby Spoon & Fork  1

Little Baby

9
Nuby iMonster™ Spoon & Fork Set 1

Nuby

10
Young Young Baby Spoon & Fork Set 1

Young Young

Nama produk

Premium Silicone Training Spoon and Fork

Baby First Spoon and Fork Set

Self Training Spoon and Fork Set

Easy-Grip Spoon & Fork with Case

Baby BLW Learning Spoon Fork

Baby Spoon & Fork Set

Toddler’s Self Feeding Cutlery Set of 10 – Assorted

Flexible Baby Spoon & Fork

iMonster™ Spoon & Fork Set

Baby Spoon & Fork Set

Keunggulan

Desain stopper-nya cegah risiko anak tersedak

Set lengkap untuk bayi yang baru pertama kali makan

Dibuat dari jagung, makin aman dan ramah lingkungan

Mudah disterilkan dan dicuci, senantiasa higienis!

Didesain ergonomis, lebih mudah dipegang dan nyaman dipakai

Dilengkapi wadah multifungsi, makin higienis saat dibawa travelling

Isi lebih banyak, bisa dipakai di rumah maupun saat bepergian

Bengkokkan saja gagangnya sesuai kebutuhan

Colourful dan berdesain menarik, agar si kecil bersemangat makan

Terbuat dari material food grade dengan harga bersahabat

Harga mulai dariRp 48.000,00Rp 40.400,00Rp 117.500,00Rp 72.900,00Rp 84.000,00Rp 129.000,00Rp 359.000,00Rp 38.500,00Rp 79.000,00Rp 25.875,00
BahanSilikonPlastik PP (polypropylene)Ekstrak jagungSoft materialPlastik (TPE dan PP) Plastik PP (polypropylene)PlastikTidak ada keteranganPlastikPlastik
Ukuran7,5 cm x 5 cmTidak ada keterangan7 cm × 2,5 cm × 13 cmTidak disebutkan2, 7 cm x 14,5 cm15,3 cm x 7,5 cmTidak disebutkanTidak ada keterangan19,8 cm × 10 cm × 2 cm14 cm x 2,5 cm
Dilengkapi wadah khususXXXXXXX
Target usia pengguna6 bulan ke atas6 bulan ke atas18 bulan ke atas7 bulan6 bulan ke atas6 bulan ke atas8 bulan ke atas6 bulan ke atas12 bulan ke atasTidak diketahui
Jenis spoon forkSelf-feeding spoonParent feeding spoonSelf-feeding spoonSelf-feeding spoonSelf-feeding spoonSelf-feeding spoonSelf-feeding spoonSelf-feeding spoonSelf-feeding spoonParent feeding spoon
Food grade
Tautan produk

Tips melatih bayi makan sendiri

Tips melatih bayi makan sendiri

Setiap orang tua pada akhirnya pasti ingin mengajarkan anaknya untuk bisa mandiri dalam hal apa pun. Makan sendiri juga salah satu bentuk kemandirian yang perlu dilatih semenjak dini. Namun, kapan waktu yang tepat dan bagaimana caranya? 


Umumnya, di umur enam bulan anak sudah bisa diajarkan makan sendiri, tetapi mereka cenderung lebih menyukai makan menggunakan tangannya. Untuk mengajarinya menggunakan sendok dan garpu, tunggulah hingga ia berumur setidaknya 8 bulan. Di usia tersebut anak sudah bisa duduk tegak dalam waktu lama. Kemudian, berikut tips melatih anak makan sendiri: 


  1. Perkenalkan terlebih dahulu alat makan kepada anak dengan perlahan-lahan tanpa memaksa. Jika anak memiliki ketertarikan ingin memegang alat makannya sendiri, berikan kesempatan agar anak bisa bereksplorasi.
  2. Berikan alat makan yang sesuai dan aman digunakan oleh anak. Agar bisa menarik perhatian, berikan alat makan yang sesuai dengan kesukaannya.
  3. Berikan contoh cara menyuap makanan dengan sendok yang benar. Setelah terbiasa, lama-kelamaan ia akan bisa memakai sendoknya sendiri.
  4. Mulai dengan makanan yang bertekstur lembut dan mudah untuk disendok.
  5. Selalu dampingi ketika bayi memakai sendok atau garpu. Refleksnya dalam menyuap masih sangat buruk. Sendok dan garpu yang masuk ke mulutnya sangat mungkin tersodok terlalu dalam dan membuatnya tersedak. Maka dari itu, kehadiran Anda adalah untuk mencegah hal itu terjadi.
  6. Berikan ia kepercayaan dan kesempatan meski mungkin ruang makan Anda akan jadi sangat berantakan.
  7. Tetap sabar meski anak mungkin melakukan banyak kegagalan. Anda perlu terus mengulang cara memegang sendok yang benar berkali-kali sampai ia berhasil.
  8. Pujilah setiap progress yang ditunjukkan anak sekecil apa pun itu. Dengan begitu, anak akan makin bersemangat dan termotivasi.
  9. Anda juga dapat melatih dengan membiarkan anak bermain dengan sendok, garpu, dan cups saat sensory play sehingga anak bisa berlatih scooping.

Tips mengatasi anak yang suka melempar peralatan makanan dari bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb

Tips mengatasi anak yang suka melempar peralatan makanan dari bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb
  1. Tetap tenang dan temani anak ketika mereka melempar alat makannya. Jangan berikan reaksi sedikit pun baik dari orang tua maupun dari orang di dekatnya.
  2. Berikan pilihan dari alat makannya, yang mana yang ingin digunakan. Mungkin saja ia bosan dengan alat yang itu-itu saja.
  3. Berikan penjelasan dengan nada yang lembut, tetapi tegas bahwa melempar alat makan bisa menunda anak menyelesaikan makanannya. 

Baca juga rekomendasi berbagai perlengkapan makan lainnya untuk bayi di sini

Agar bayi bisa makan dengan nyaman dan bersih, ada banyak perlengkapan makan yang bisa Anda gunakan. Botol susu, celemek, tempat makan, kursi makan, dan baby cup adalah beberapa item yang tepat untuk dimiliki. Yuk, dapatkan informasi mendetail mengenai cara memilih dan rekomendasi seluruh produk tersebut di sini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai artikel kami kali ini? Apakah Anda sudah mendapat baby spoon fork yang diinginkan untuk membantu buah hati makan dengan mudah?

Sebelum memutuskan membeli, pastikan untuk memilih produk dengan bentuk sesuai tumbuh kembang anak. Ketahui juga bahan dan ada tidaknya wadah khusus saat memilih baby spoon fork. Pilihlah produk yang paling pas untuk buah hati Anda, ya!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Bak mandi bayi diperlukan untuk memandikan bayi yang baru lahir/newborn dan belum bisa duduk. Terdapat berbagai jenis bak mandi bayi, misalnya merek Sugar Baby, IKEA, dan Richell. Setiap produk memiliki karakteristik masing-masing. Ada yang bisa digunakan di wastafel dan ada juga bak mandi vinil yang bisa dilipat untuk bayi.Kami akan memberikan tips untuk memilih bak mandi bayi secara detail. Kami akan menjelaskan poin-poin saat memilih bak mandi bayi seperti kemudahan penggunaan dan kemudahan penyimpanan. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi bak mandi bayi yang bagus sebagai bahan referensi.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sleeping Bag Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sleeping bag bayi bermanfaat untuk menghangatkan badan bayi saat tidur. Penggunaan kantong tidur bayi ini sangatlah praktis dan mudah. Karena itu, banyak orang tua yang memilihnya sebagai pengganti selimut bayi biasa. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merek sleeping bag bayi yang bagus, mulai dari Omiland, Baby Joy, dan Dr. Bebe.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan mengajak Anda menyimak tips memilih sleeping bag atau sleep sack untuk bayi. Di artikel ini, terdapat berbagai rekomendasi produk yang dapat Anda jadikan referensi. Yuk, temukan yang terbaik untuk si buah hati!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Sikat Dot (Botol Bayi) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sikat Dot (Botol Bayi) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu alat yang penting untuk membersihkan botol bayi adalah sikat dot. Terdapat banyak merek sikat botol bayi, seperti Pigeon, Medela, Cussons, dan lainnya. Namun, tidak semua sikat dot bayi memiliki bahan dan keunggulan yang sama. Anda harus memilihnya sesuai dengan jenis botol yang akan dibersihkan.Agar tidak salah pilih, kami akan memberikan informasi cara memilih sikat botol bayi yang bagus. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi sikat dot terbaik. Silakan baca hingga selesai dan jadikan artikel ini sebagai referensi. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Alat Potong Kuku Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Alat Potong Kuku Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, merawat bayi bukanlah hal mudah. Kulit bayi yang masih sensitif membutuhkan perhatian khusus, begitu pula dengan kuku bayi. Kuku bayi umumnya tumbuh lebih cepat dibandingkan kuku orang dewasa. Untuk itu, kuku bayi perlu lebih sering dipotong menggunakan alat potong khusus.Alat potong kuku bayi tersedia dalam beberapa tipe, yaitu gunting, tuas, dan kikir elektrik. Beberapa merek yang bagus, seperti Pigeon, Momi Homi, dan Kuru Baby mungkin membuat Anda sulit menentukan pilihan. Nah, kami akan mengulas cara memilih alat potong kuku bayi dan merekomendasikan produk-produk terbaiknya untuk Anda.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apabila bayi Anda sudah bisa duduk, pasti menyenangkan jika Anda menggunakan kursi makan bayi. Dengan demikian, bayi Anda dapat duduk nyaman di sana ketika makan atau sekadar mengonsumsi snack. Jenis dari kursi makan bayi cukup beragam. Ada yang bisa dilipat, ada juga yang mejanya dapat dilepas.Saat ini, Anda dapat menjumpai berbagai jenis dan merek kursi makan bayi yang bagus. Nah, artikel ini akan mengulas cara memilih produk terbaiknya serta merekomendasikan produk dari merek Joie, IKEA, dan BabySafe. Jadi, simaklah sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Sikat Gigi Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sikat Gigi Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Kesehatan gigi dan gusi bayi akan memengaruhi kesehatan tubuhnya. Karena itu, Anda perlu menanamkan kebiasaan menyikat gigi bayi sejak gigi pertamanya tumbuh. Namun, memilih sikat gigi bayi tidak boleh sembarangan. Anda harus menyesuaikan produk dengan usia bayi. Karakteristik produk untuk usia 8 bulan, 10, bulan, dan 1 tahun, tentu berbeda-beda.Kami akan menerangkan cara memilih sikat gigi terbaik untuk bayi. Ada juga rekomendasi produk dari merek-merek yang bagus, seperti Pigeon dan Dr. Brown's. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Kursi Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kursi Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Kursi mandi bayi atau baby bather akan memudahkan Anda ketika sedang memandikan bayi. Bayi pun dapat merasa lebih nyaman duduk di atasnya. Namun, Anda mungkin bingung memilih kursi mandi bayi yang bagus. Ada yang berupa tempat duduk, ada juga yang memungkinkan bayi untuk rebahan.Untuk membantu Anda, artikel ini akan membahas berbagai aspek penting dalam memilih kursi mandi bayi, salah satunya harga. Kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda pilih, seperti merek Pliko, Rotho, dan Sugarbaby. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perawatan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah merawat rambut. Namun, merawat rambut bayi tidak cukup dengan keramas teratur saja. Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambutnya, bayi perlu memakai hair lotion khusus bayi.Ada beberapa merek hair lotion bayi yang bisa Anda pilih, seperti Tropee Bebe, Beauty Barn, atau Zwitsal. Nah, agar mendapatkan hair lotion bayi yang bagus, simaklah rekomendasi dari kami dan tips memilihnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Artikel ini sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit bayi tergolong masih sensitif dan membutuhkan pembersih yang ringan. Jadi, segala sesuatu yang menyentuh kulit bayi harus benar-benar diperhatikan kandungannya, salah satunya sabun mandi. Anda tentu ingin mencari sabun bayi terbaik yang aman dan tepercaya. Hal ini terutama jika Anda memiliki bayi yang baru lahir. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus. Kami juga akan memberi rekomendasi sabun bayi dari berbagai merek, seperti Pigeon, Zwitsal, JOHNSON'S. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak pembahasannya sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Bayi Kembar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Bayi Kembar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki bayi kembar adalah anugerah. Namun, tentu tidak mudah bagi orang tua jika harus menggendong kedua bayi ketika bepergian. Karena itu, Anda memerlukan stroller khusus yang dapat membantu Anda saat bepergian bersama bayi kembar.Agar Anda mendapat stroller bayi kembar terbaik, kami akan menjelaskan cara memilihnya di sini. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Babyelle, Joie, dan Graco. Anda dapat menemukan stroller bayi kembar yang bisa dilepas, lho. Yuk, tuntaskan artikel ini supaya jalan-jalan bersama si kembar makin aman dan nyaman!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori