10 Rekomendasi Teleskop Ruang Angkasa Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Teleskop Ruang Angkasa Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Di malam hari banyak benda-benda angkasa yang terlihat indah dari bumi. Ada bulan, planet Venus, salah satu bintang paling terang Antares, konstelasi bintang, dan banyak lagi. Anda dapat mengamati dengan lebih jelas dengan menggunakan teleskop ruang angkasa dengan aperture dan perbesaran yang tepat.

Oleh karena itu, tentunya Anda memerlukan teleskop dengan perbesaran optimum, praktis digunakan, dan berkualitas tinggi. Artikel kami kali ini memaparkan tentang cara memilih teleskop ruang angkasa terbaik dan 10 rekomendasi teleskop pilihan kami dari berbagai merek. Pastinya, akan membantu Anda mendapatkan alat terbaik untuk pengamatan ruang angkasa Anda.

Daftar isi

Pengamatan astronomi dengan teleskop

Pengamatan astronomi dengan teleskop

Teleskop ruang angkasa harus memiliki bagian-bagian ini agar bisa digunakan mengamati benda langit, yaitu:

  • Badan utama – tabung teleskop yang ditandai dengan lingkaran oranye
  • Gantry – penghubung tabung teleskop dan tripod yang dapat digerakkan ke berbagai arah, ditandai dengan lingkaran biru
  • Tripod – kaki tiga untuk menopang teleskop dan gantry, ditandai dengan lingkaran hijau

Ketiga bagian tersebut biasanya dijual dalam satu set, tetapi jika Anda sudah terbiasa, Anda bisa mengganti part-nya tersebut dengan part yang Anda sukai.

Dahulu, teleskop ruang angkasa banyak menggunakan equatorial mount. Teleskop dengan equatorial mount bergerak seiring dengan poros bumi sehingga alat ini cukup akurat dalam pengamatan astronomi. Saat ini, banyak teleskop yang pergerakkannya diatur dengan komputer sehingga mempermudah pengamatan karena Anda cukup memasukkan kontelasi yang diinginkan dan gantry akan bergerak secara otomatis ke arah konstelasi tersebut.

Cara memilih teleskop ruang angkasa

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memilih sebuah teleskop ruang angkasa. Tentu saja Anda tidak ingin salah pilih, bukan?

Tipe-tipe teleskop ruang angkasa

Ada beberapa jenis teleskop ruang angkasa berdasarkan lensa yang digunakannya. Teleskop refraktor, teleskop refleksi, dan lain-lain. Semua jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Teleskop refraktor

Teleskop refraktor

Teleskop refraktor adalah jenis teropong astronomi yang paling banyak digunakan, mulai dari pengamat pemula hingga profesional. Hal yang paling menonjol dari teleskop jenis ini adalah kemudahan penggunaannya. Anda cukup mengarahkan teleskop ke arah yang ingin Anda amati dan cukup melihat ke lubang lensanya. Alat ini mudah digunakan dan bidang pandang saat pengamatan relatif stabil. Teleskop ini memang lebih berat dibandingkan teleskop refleksi karena lensanya lebih banyak. Teleskop jenis ini juga tidak membutuhkan banyak perawatan.

Teleskop reflektor

Teleskop reflektor

Teleskop reflektor adalah teleskop dengan satu atau lebih cermin lengkung untuk memantulkan cahaya dan bayangan benda. Hal lain yang sangat membedakan teleskop ini dengan teleskop tipe refraktor adalah finderscope-nya yang terletak di sisi badan teleskop. Anda perlu membiasakan diri dan mempelajari terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan finderscope tersebut dengan lancar.

Teleskop ini bisa menangkap bayangan benda-benda angkasa dengan intensitas cahaya yang kecil. Sangat cocok untuk mengamati benda angkasa seperti nebula, galaksi, dan komet. Jenis teleskop reflektor adalah jenis teleskop yang banyak digunakan para astronom NASA.

Jenis teleskop lainnya

Jenis teleskop lainnya

Selain dua jenis teleskop di atas, ada juga teleskop katadioptrik. Teleskop katadioptrik adalah teleskop gabungan antara refraktor dan reflektor. Alat ini menggunakan lensa dan cermin lengkung. Ada beberapa macam teleskop katadioptrik, contohnya teleskop Schmidt-Cassegrain dan teleskop Maksutov.

Jenis-jenis teleskop ini biasanya memiliki fungsi koreksi saat pengamatan, seperti koreksi warna dan kelengkungan bayangan benda. Teleskop ini ringkas dan mudah digunakan, tetapi performanya tergantung dari produsen pembuatnya. Jika Anda memilih teleskop katadioptrik, lebih baik beli dari produsen yang terpercaya.

Pilih ukuran lensa

Pilih ukuran lensa

Teleskop ruang angkasa memiliki dua lensa, yaitu lensa obyektif dan lensa mata (eyepiece). Lensa obyektif berada di depan, berfungsi untuk memfokuskan bayangan, sedangkan lensa mata berada di belakang dan berfungsi untuk memperbesar bayangan. Ukuran diameter lensa obyektif yang besar dan kemampuannya untuk menangkap cahaya disebut dengan aperture.

Semakin besar aperture, akan semakin tajam dan jelas bayangan obyek yang terlihat. Untuk teleskop ruang angkasa, pilihlah aperture yang besar sehingga dapat menangkap banyak cahaya di malam hari agar pengamatan ruang angkasa Anda lebih jelas.

Pilih berdasarkan kemampuan perbesaran lensa

Pilih berdasarkan kemampuan perbesaran lensa

Ukuran lensa obyektif dan lensa mata mempengaruhi perbesaran pada teleskop ruang angkasa. Obyek luar angkasa tentu saja terlihat sangat kecil dengan mata kita. Teleskop memberikan perbesaran dan kejelasan untuk melihat benda-benda angkasa. Untuk mendapatkan pengamatan terbaik, antara perbesaran dan aperture harus berkorelasi dengan baik sehingga menghasilkan perbesaran maksimum yang efektif.

Perbesaran maksimum yang efektif harus berkisar 1,5-2 kali kelipatan diameter lensa obyektif. Untuk lensa obyektif dengan aperture 60 mm, perbesaran efektifnya 60-120 kali; untuk lensa obyektif dengan aperture 200 mm, perbesaran efektifnya 300-400 kali. Jika perbesarannya tidak efektif, gambar yang dihasilkan akan buram.

10 Rekomendasi teleskop ruang angkasa terbaik

Kini Anda telah mengetahui cara memilih teleskop ruang angkasa terbaik. Namun, apakah Anda tahu manakah teropong ruang angkasa yang terbaik? Berikut kami sajikan 10 rekomendasi teleskop ruang angkasa terbaik untuk Anda.

10. Land and Sky Astronomical Telescope

10. Land & Sky Astronomical Telescope

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 489.000

Bisa digunakan untuk pengamatan ruang angkasa dan daratan sekaligus!

Teleskop ini bisa Anda gunakan untuk mengamati benda ruang angkasa dan juga pengamatan jarak jauh di daratan. Diameter lensa obyektifnya sebesar 50 mm dan panjang fokusnya 360 mm, obyek ruang angkasa akan tampak jelas. Tripodnya terbuat dari bahan aluminium yang kuat dan ringan.

Alat ini memiliki dua eyepiece dengan ukuran 6 mm dan 20 mm dengan perbesaran 60 dan 18 kali. Anda bisa memilih perbesaran dengan menggunakan eyepiece tersebut. Lensa obyektif pada teleskop ini full coated sehingga tidak merefleksikan sinar dan gambar yang dilihat akan lebih jernih.

9. Suncore Telescope F36050M

9. Suncore Telescope F36050M

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 338.696

Teleskop portabel dan mudah dibongkar pasang

Jika Anda adalah penggemar astronomi, teleskop Suncore ini bisa Anda gunakan untuk melakukan hobi Anda. Alat ini juga sangat sesuai untuk digunakan oleh anak-anak. Alat ini memiliki diameter lensa obyektif 50 mm dengan tipe refraktor. Eyepiece pada alat ini bisa diperbesar dengan perbesaran 30x untuk melihat obyek ruang angkasa berjarak dekat dan 60x untuk melihat obyek ruang angkasa berjarak jauh.

Alat ini mudah untuk dipasang dan sangat portabel, Anda tidak memerlukan peralatan untuk memasang baut-baut pada alat ini. Dilengkapi dengan tiga buah finder scope, Anda dapat dengan mudah menemukan benda ruang angkasa untuk diamati. Tripod pada alat ini memiliki tipe pemasangan altitude azimuth, mudah digerakkan horisontal dan vertikal.

8. Visionking Reflector Telescope

8. Visionking 76300 Telescope

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 706.000

Berdesain unik, praktis, dan tepat untuk pengamatan astronomi

Lihatlah bentuk teleskop yang unik ini! Teleskop Visionking 76300 adalah teleskop untuk anak yang baru belajar tentang ruang angkasa. Teleskop ini sangat mudah digunakan dan praktis sehingga anak-anak pun bisa memakainya untuk pengamatan malam mereka.

Dilengkapi dengan dua eyepiece, Anda cukup menggantinya saat ingin memperbesar gambar (12 dan 19 x). Alat ini mudah dibongkar pasang, terbuat dari aluminium dan plastik yang ringan dan tahan lama. Tripod teleskop ini bisa diputar 360o dengan mudah sehingga baik Anda atau anak Anda bisa melihat sekeliling langit dengan leluasa.

7. Jiehe Spotting Scope/Telescope

7. Jiehe Spotting Scope/Telescope

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.175.000

Pengamatan lebih jelas berkat perbesaran 25-75 kali

Jiehe Spotting Scope/Telescope merupakan alat yang bisa digunakan baik untuk pengamatan terestrial dan ruang angkasa. Alat ini memiliki perbesaran 25 hingga 75 kali dengan diameter lensa obyektif 60 mm. Dilengkapi dengan tripod aluminium setinggi 123 cm dan tas penyimpanan, alat ini mudah dibawa-bawa.

Obyek ruang angkasa yang bisa diamati dengan jelas menggunakan alat ini di antaranya bulan dan konstelasi bintang. Untuk mengamati obyek angkasa yang lebih jauh, Anda akan membutuhkan lensa tambahan dengan aperture yang lebih besar. Alat ini sangat sesuai untuk Anda yang ingin pengamatan konstelasi bintang dengan lebih jernih.

6. Celestron EclipSmart Travel Solar Scope 50

6. Celestron EclipSmart Travel Solar Scope 50

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 4.221.883

Teleskop khusus untuk mengamati matahari

Celestron EclipSmart Travel Solar Scope 50 ini dibuat khusus untuk mengamati matahari. Dilengkapi lensa obyektif berdiameter 50 mm dengan filter surya berstandar ISO, dengan teleskop ini Anda bisa mengamati matahari secara langsung. Finderscope-nya memiliki fitur solar safe untuk melindungi mata Anda.

Alat ini juga bisa membantu Anda mengamati kejadian gerhana matahari dengan jelas. Eyepiece pada teleskop ini berukuran 20 mm dan memberikan perbesaran 18 x sehingga Anda mudah mengamati pergerakan matahari serta bintik-bintik hitam pada permukaan matahari. Alat ini juga ringan dan sangat portabel.

5. Gskyer 60 mm AZ Refractor Telescope

5. Gskyer 60 mm AZ Refractor Telescope

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 4.911.217

Hasilkan gambar tajam dan jernih dengan perbesaran 105 kali!

Teleskop satu ini bisa digunakan untuk pengamatan ruang angkasa dan terestrial. Body-nya terbuat dari aluminium yang kuat, tahan lama, dan ringan. Dengan panjang fokus 350 mm dan diameter lensa obyektif 60 mm, teleskop ini mampu menghasilkan gambar yang tajam dan jernih dengan perbesaran 105 kali.

Kekurangan teleskop ini adalah tripodnya yang terlalu rendah sehingga kurang nyaman digunakan orang bertubuh tinggi. Selain itu, panjang fokusnya tidak terlalu panjang bagi para pengamat profesional. Namun, teleskop ini merupakan teleskop dengan spesifikasi yang memadai jika Anda adalah pelajar yang sedang mempelajari ruang angkasa dan pengamat pemula.

4. Maede Polaris Telescope

4. Maede Polaris Telescope

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 5.200.000

Pengamatan ruang angkasa yang detail dengan teleskop ini

Teleskop Maede Polaris didesain bagi para pengamat astronomi tingkat menengah. Teleskop ini memiliki aperture yang cukup besar, yaitu 114 mm dengan panjang fokus 1000 mm dan bertipe reflektor. Dengan alat ini, Anda dapat mengamati planet-planet dan obyek lainnya seperti galaksi, nebula, dan bintang-bintang dengan lebih detail.

Alat ini dilengkapi dengan tiga buah eyepiece dengan kemampuan perbesaran rendah (6,3 mm), sedang (9 mm), dan tinggi (26 mm) untuk mengamati bulan, planet, dan benda angkasa yang sangat jauh. Selain eyepiece untuk mencari obyek ruang angkasa, alat ini juga dilengkapi dengan viewfinder bertitik merah.

3. Emarth Astronomical Refracter Telescope

3. Emarth Astronomical Refracter Telescope

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 6.455.482

Teleskop ringan yang mudah dipindah-pindah

Produk ini ditujukan untuk digunakan oleh anak-anak yang ingin mengamati bintang dengan teleskop berbobot ringan. Dengan panjang fokus 360 mm, diameter lensa obyektif 70 mm, dan lensa yang fully coated, teleskop ini menghasilkan gambar ruang angkasa dan terestrial yang sangat jelas.

Dua eyepiece-nya berukuran 25 mm dan 6 mm, menghasilkan perbesaran 14,4 x dan 60 x. Gunakan eyepiece 25 mm untuk menemukan lokasi obyek ruang angkasa, kemudian eyepiece 6 mm untuk pengamatan selanjutnya. Tripod teleskop ini terbuat dari aluminium yang sangat ringan, pemasangannya pun sangat praktis.   

2. Celestron Cometron FirstScope 21023

2. Celestron Cometron FirstScope

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 3.621.000

Letakkan teleskop ini di atas meja dan amati benda ruang angkasa favoritmu!

Celestron Cometron FirstScope dibuat dengan desain menarik, bergaya Dobsonian yang bisa diletakkan di atas meja. Dengan panjang fokus 300 mm dan aperture 76 mm, alat ini memiliki jangkauan pandang yang lebar, Anda bisa mengamati benda ruang angkasa dengan jernih.

Teleskop ini bertipe reflektor, perbesaran minimumnya 11 x dan perbesaran maksimumnya 118 x. Berbentuk tabletop, Anda tidak perlu memasangnya pada tripod. Celestron memberikan garansi selama dua tahun sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan pada teleskop Anda.

1. Bushnell Astronomical Voyager with Sky Tour

1. Bushnell Astronomical Voyager with Sky Tour

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 10.689.913

Tidak bosan berkat handset Sky Tour yang dapat bercerita

Teleskop ini adalah teleskop yang mutakhir bagi Anda penggemar astronomi, bahkan jika Anda seorang pemula. Dengan sistem refraktor, alat ini memberikan hasil gambar bayangan benda ruang angkasa yang jelas dan jernih. Teleskop Bushnell Astronomical Voyager with Sky Tour ini memiliki panjang fokus 800 mm dan diameter lensa obyektif 70 mm.

Disertai dengan handset Sky Tour dengan LCD yang bisa bercerita mengenai konstelasi, fakta menakjubkan ruang angkasa, serta mitos-mitosnya, alat ini tidak akan membuat Anda bosan. Dilengkapi eyepiece berukuran 8 mm dan 12,5 mm, tingkat akurasi dan perbesaran teleskop ini sangat tinggi. Finderscope-nya juga dilengkapi LED berbentuk titik merah yang memudahkan Anda menemukan obyek ruang angkasa.

Kesimpulan

Teleskop ruang angkasa bisa membantu Anda untuk mengamati langit malam yang indah atau matahari di siang hari dengan lebih detail. Sekarang, Anda sudah mengetahui cara memilih teleskop ruang angkasa terbaik dan juga beberapa rekomendasi produk dari kami. Perhatikan kesesuaian alat tersebut dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Karena tentunya Anda ingin mendapatkan pengalaman memandang langit yang terbaik pula, bukan?