• 10 Teleskop Bintang Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Teleskop Bintang Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Teleskop Bintang Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Teleskop Bintang Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Teleskop Bintang Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Teleskop Bintang Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Konstelasi bintang dan benda-benda langit memiliki pesona tersendiri untuk diamati. Sayangnya, jangkauan mata manusia terbatas sehingga tidak bisa melihat gugusan bintang dengan jelas. Karena itu, dibutuhkan teleskop atau teropong bintang agar Anda dapat menikmati keindahan langit.


Ada banyak merek teleskop yang tersedia, seperti Celestron, Xiaomi, dan Meade. Tiap-tiap merek memiliki karakteristik dan keunggulan berbeda. Kali ini kami akan mengulas cara memilih teleskop bintang yang bagus untuk pemula dan profesional. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Bacalah dengan saksama dan temukan teleskop bintang terbaik untuk Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Adlai Yulianus
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 24 Januari 2023
Daftar isi

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo).


Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Adlai Yulianus
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

※ Informasi pada artikel ini sudah ditinjau oleh pakar kami dan disusun kembali oleh tim editorial mybest.

Pengertian dan fungsi teleskop bintang

Pengertian dan fungsi teleskop bintang

Teleskop atau teropong bintang adalah alat optik yang digunakan untuk mengamati benda-benda langit. Untuk itu, teleskop membuat objek yang letaknya jauh menjadi dapat dilihat oleh mata. Instrumen utama pada teropong bintang adalah lensa dan cermin. Kedua instrumen tersebut membantu Anda melihat objek dengan metode pengumpulan cahaya.


Makin besar aperture teleskop, makin banyak cahaya yang dikumpulkan. Pengertian aperture disini adalah “bukaan”, yang merupakan diameter lensa atau cermin dari komponen optik utama teropong bintang. Jadi, objek yang diamati pun terlihat lebih jelas.


Umumnya teleskop bintang memiliki dua buah lensa cembung (positif), yaitu lensa objektif dan lensa okuler.

  • Lensa objektif adalah lensa utama yang mengumpulkan cahaya objek dari “pembengkokan” (dengan perhitungan panjang fokus).
  • Lensa okuler (di dekat mata pengamat) merupakan lensa pembesar dari objek yang diamati.

Bayangan yang dihasilkan dari kedua lensa tersebut bersifat maya, terbalik, dan diperbesar. Jadi, objek yang Anda lihat memiliki posisi terbalik dari posisi yang sebenarnya


Sementara itu, teropong bumi berfungsi untuk melihat objek di permukaan bumi yang letaknya jauh. Biasanya teleskop bumi digunakan oleh nakhoda, pengamat aktivitas gunung berapi, tentara, dan pengamat burung.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih teleskop bintang

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memilih sebuah teleskop ruang angkasa. Silakan simak poin-poinnya secara saksama dan temukan produk yang paling pas.

Pilih berdasarkan jenis tabung optik

Teleskop luar angkasa terdiri dari tiga bagian, yaitu tabung optik, dudukan, dan tripod. Tabung optiknya sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yakni jenis refraktor, reflektor, dan catadioptric.

Teleskop refraktor, mudah dirawat dan cocok untuk pemula

Teleskop refraktor, mudah dirawat dan cocok untuk pemula

Teleskop refraktor memungkinkan Anda untuk mengamati benda-benda langit dengan jelas menggunakan lensa. Anda dapat menggerakkan teleskop ke arah yang diinginkan dan menemukan gugusan bintang yang ingin dilihat dengan mudah.


Anda juga tidak perlu menyesuaikan sumbu optik atau melakukan perawatan yang merepotkan sehingga cocok untuk pemula. Teleskop refraktor juga memiliki bobot lebih ringan daripada jenis lainnya. Teleskop jenis ini menggunakan lensa objektif di bagian depannya.


Jika ingin menikmati teleskop dengan cara mudah, Anda bisa memakai lensa achromatic. Namun, untuk menikmati observasi visual yang lebih indah, gunakan lensa apochromat


  • Lensa achromatic: dapat menghilangkan efek blur yang ditimbulkan dari warna merah dan biru, tetapi tidak untuk warna hijau.
  • Lensa apochromatdirancang untuk meminimalkan kesalahan lensa kromatik dengan mengarahkan tiga gelombang cahaya ke titik fokus yang sama.


Namun, teleskop tipe ini bisa membuat warna bintang terang terlihat seperti buram. Warna palsu dapat menjadi masalah serius bagi orang yang ingin melihat bulan dan planet dengan daya tinggi. Untungnya, hal tersebut dapat diminimalkan dengan menggunakan rasio fokus panjang atau kacamata khusus.


Selain itu, refraktor tidak dapat ditingkatkan dengan baik karena beberapa alasan. Sebagai contoh, biaya untuk membangun lensa yang bagus meningkat sangat tajam seiring dengan kemampuannya.

Teleskop reflektor, tampilan warna lebih jelas dan tajam untuk para profesional

Teleskop reflektor, tampilan warna lebih jelas dan tajam untuk para profesional

Sesuai namanya, teleskop reflektor adalah teleskop yang merefleksikan (memantulkan) cahaya dari objek yang diamati menggunakan cermin. Teleskop reflektor dapat memberikan gambar yang tajam dan kontras dengan biaya lebih murah dari refraktor dengan bukaan yang sama. 


Teleskop jenis reflektor direkomendasikan untuk Anda yang ingin mengamati objek deep-sky seperti nebula. Teleskop reflektor yang paling umum adalah tipe Newtonian (ditemukan oleh Isaac Newton). Cermin utamanya cekung (berbentuk piring) dan melengkung di ujung bawah teleskop.


Namun, peephole (lensa intip) teleskop reflektor berada di samping sehingga objek langit yang dilihat ada di arah yang berlawanan. Karena menggunakan cermin, penampakan benda langit yang dihasilkan merupakan hasil proyeksi dari cerminnya. Maka dari itu, Anda butuh waktu untuk memahami arah objek saat memakai jenis ini.


Jenis teleskop bintang reflektor memerlukan adaptasi dengan suhu di sekitarnya. Sumbu optiknya juga sering bergeser akibat getaran sehingga membutuhkan penyesuaian dan pemeliharaan ekstra. Karena pemakaiannya yang agak rumit, teleskop ini direkomendasikan untuk pengguna profesional.

Teleskop catadioptric, gabungan jenis refraktor dan reflektor

Teleskop catadioptric, gabungan jenis refraktor dan reflektor

Teleskop ini ditemukan pada 1930an dengan tujuan menggabungkan karakteristik terbaik dari refraktor dan reflektor. Dengan jenis ini, Anda bisa menikmati jenis reflektor dengan cara penggunaan seperti jenis refraktor.


Daya tarik terbesar dari instrumen ini terletak pada bentuknya. Panjang tabung hanya dua sampai tiga kali lebarnya. Tabung yang lebih kecil dapat menggunakan pemasangan yang lebih ringan sehingga relatif mudah diatur. Hasilnya, Anda bisa mendapatkan teleskop dengan bukaan besar dan fokus panjang yang sangat mudah dibawa-bawa.


Namun, sumbu optik pada jenis ini bisa bergeser saat terjadi benturan. Pergeseran tersebut akan sulit dibetulkan oleh pemula. Jadi, teleskop catadioptric lebih cocok digunakan oleh para semiprofesional dan profesional. Banyak teleskop jenis ini yang memiliki focal length panjang sehingga pembesaran yang didapatkan juga tinggi. Jenis ini pas untuk Anda yang ingin mengamati permukaan bulan dan planet.

Sesuaikan jenis dudukan dengan kebutuhan

Dudukan atau mounting berfungsi untuk memasangkan tabung optik ke tripod. Jenis dudukan sendiri ada dua, yaitu altazimuth dan equatorial. Keduanya memiliki struktur dan cara pakai yang berbeda.

Altazimuth: Sistem sederhana untuk para pemula

Altazimuth: Sistem sederhana untuk para pemula

Jika ingin memakai teleskop tanpa kesusahan, pilihlah dudukan altazimuth. Jenis dudukan ini mempunyai sistem yang mudah digunakan. Cukup menggerakkannya secara vertikal atau horizontal, Anda sudah dapat menyesuaikan teleskop ke arah yang ingin dilihat. Anda juga tidak perlu menyesuaikan sumbu kutub sehingga jenis ini cocok untuk pemula dan anak-anak.


Dudukan altazimuth menggunakan dua buah sumbu, yaitu sumbu X atau altitude (atas bawah) dan Y atau azimuth (kanan kiri). Untuk pengoperasian, dudukan altazimuth sebenarnya jauh lebih mudah dibandingkan dudukan ekuatorial.


Akan tetapi, sistem pelacakan bintang yang bergerak akan cukup sulit dilakukan dengan dudukan ini. Anda perlu menggerakkan dua sumbu pada saat bersamaan sedikit demi sedikit. Pertimbangkan yang dilengkapi dengan pelacak otomatis yang terkomputerisasi untuk mengamati dalam waktu cukup lama.

Equatorial: Pembesaran tinggi untuk penggunaan tingkat lanjut

Equatorial: Pembesaran tinggi untuk penggunaan tingkat lanjut

Dudukan equatorial cocok untuk Anda yang ingin melakukan pengamatan dengan pembesaran tinggi atau melakukan astrofotografi. Dudukan ini dapat bergerak mengikuti gerak bintang di dekat kutub (polar axis), deklinasi, dan asensiorekta. 


Sebagai informasi, asensiorekta atau panjatan tegak adalah istilah astronomi yang dikaitkan dengan sistem koordinat ekuator. Asensiorekta merupakan salah satu dari dua koordinat bola langit pada sistem koordinat khatulistiwa. Karena memiliki pembesaran yang tinggi, dudukan equatorial ideal untuk Anda yang hendak melakukan observasi


Terlebih, dudukan equatorial memungkinkan teleskop untuk bergerak ke segala penjuru langit, mulai dari langit utara-selatan hingga timur-barat. Dudukan ini juga memungkinkan teleskop dapat menghadap ke langit tepat atas kepala.


Menariknya lagi, ada produk yang memiliki fitur deteksi otomatis yang memudahkan pencarian benda langit. Hanya saja, Anda perlu melakukan penyelarasan sumbu kutub berdasarkan bintang utara sebelum memakainya. Penggunaannya pun cukup rumit untuk pemula. Anda bisa mencoba dudukan jenis ini saat sudah terbiasa memakai teleskop.


Banyak juga dudukan ekuatorial yang dilengkapi dengan motor listrik yang berfungsi sebagai penggerak otomatis teleskop dalam mencari benda langit. Motor listrik juga memungkinkan Anda mengikuti gerak benda langit, misalnya Bulan, yang bergerak semu mengikuti rotasi Bumi.

Periksa spesifikasi lensa dan cermin pada teleskop

Lensa dan cermin merupakan bagian terpenting yang menentukan hasil pengamatan. Jadi, jangan lupa periksa spesifikasinya juga. 

Ukuran aperture: Makin besar, makin mudah mengumpulkan cahaya

Ukuran aperture: Makin besar, makin mudah mengumpulkan cahaya

Ketika memilih teleskop, pilihlah yang lensa objektif atau cerminnya berdiameter besar. Makin besar diameternya, makin mudah pula teleskop mengumpulkan cahaya. Dengan begitu, hasil pengamatan ruang angkasa jadi lebih terang. Dengan tingkat pembesaran yang sama sekalipun, hasilnya tetap lebih cerah.


Diameter lensa objektif yang direkomendasikan adalah 60 mm, sedangkan untuk cermin pilih yang diameternya lebih dari 100 mm. Jika lebih kecil, cahaya yang ditangkap akan lebih sedikit sehingga objek langit sulit dilihat. Di sisi lain, jika diameternya terlalu besar, teleskop menjadi lebih berat sehingga merepotkan saat dibawa dan disimpan.


Perlu diketahui, aperture atau bukaan adalah aspek pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli teleskop. Semua jenis teleskop, besar atau kecil, dirancang untuk melakukan dua hal, yaitu mencerahkan dan memperbesar pandangan terhadap benda-benda langit. Teleskop jenis refraktor, reflektor, dan katadioptrik melakukan ini dengan cara yang berbeda, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Apa pun jenis teleskop yang nantinya Anda beli, spesifikasi pertama yang paling penting adalah aperture-nya. Dalam hal ini diameter utama yang akan mengumpulkan cahaya (bisa lensa atau cermin). Perlu dicatat, makin besar aperture, makin tajam dan terang pandangan Anda terhadap benda-benda langit.

Eyepiece: Pembesaran untuk melihat objek

Eyepiece: Pembesaran untuk melihat objek

Eyepiece berfungsi sebagai lensa okuler pada sistem teleskop. Eyepiece dipasang pada ujung tabung melalui flip mirror atau diagonal. Biasanya, eyepiece mempunyai pengunci untuk keamanan sehingga tidak terjatuh dan hilang.


Anda dapat mengubah pembesaran pada teleskop menggunakan eyepiece. Karena itu, Anda tidak perlu memikirkan tentang pembesaran saat membeli teleskop. Meski ada produk yang menawarkan magnifikasi tinggi, kami kurang merekomendasikannya jika Anda hanya menginginkan pembesaran.


Sebuah aperture yang besar juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan magnifikasi atau pembesaran yang maksimal. Walau Anda sebenarnya bisa mendapatkan pembesaran maksimal dengan eyepiece, tetapi tanpa aperture besar, pembesaran tinggi tidak akan terlalu berpengaruh. Anda justru hanya melihat cahaya kabur, berantakan, dan blur.


Sebuah teleskop dengan magnifikasi 50x (50 kali pembesaran) sudah dapat digunakan untuk melihat Jupiter, cincin Saturnus, nebula, bahkan galaksi. Namun, untuk mendapatkan detail permukaan Mars atau "memisahkan" pandangan sebuah bintang ganda, diperlukan teleskop dengan magnifikasi 150x atau lebih.

Batas magnitudo dan daya pengumpulan cahaya: Objek samar lebih terlihat

Batas magnitudo dan daya pengumpulan cahaya: Objek samar lebih terlihat

Batas magnitudo adalah satuan yang menyatakan magnitudo terlemah/teredup dari objek astronomi yang masih dapat dilihat teleskop. Jika Anda ingin melakukan pengamatan tingkat lanjut, pilih teleskop dengan batas magnitudo dan daya pengumpulan cahaya yang besar.


Makin tinggi angka batas magnitudo, makin banyak pula bintang yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang bisa disaksikan. Begitu juga dengan daya pengumpulan cahaya, makin besar dayanya, hasilnya pun lebih cerah. Namun, besar batas magnitudo dan daya pengumpulan cahaya harus proporsional dengan diameternya.


Cara mencari tahu batas magnitudo adalah 7.5 + 5 log aperture atau diameter (dalam cm). Diameter 70 mm untuk magnitudo 11,7, diameter 80 mm untuk magnitudo 12, dan seterusnya. Namun, metode penghitungan ini bisa berbeda sesuai produsen dan spesifikasi teleskop lainnya.


Daya pengumpulan cahaya merupakan nilai numerik yang menunjukkan banyaknya cahaya yang dapat dikumpulkan dibandingkan mata telanjang. Cara menghitung nilai tersebut adalah kuadrat dari diameter lensa÷(7x7). Misalnya, lensa berdiameter 60 mm dapat mengumpulkan cahaya 73 kali lipat lebih banyak dari mata normal. Makin besar angkanya, makin jelas objek langit yang dapat dilihat.

Pertimbangkan teleskop yang dilengkapi adaptor untuk menghubungkan dengan kamera

Pertimbangkan teleskop yang dilengkapi adaptor untuk menghubungkan dengan kamera

Bagi Anda yang ingin memotret objek langit, pilih produk yang bisa dipasangkan adaptor kamera. Adaptor biasanya dipasang di eyepiece supaya Anda bisa memotret menggunakan smartphone atau kamera


Saat membeli teleskop, pastikan produk tersebut menyediakan adaptor asli. Jika tidak tersedia, Anda bisa memilih produk yang kompatibel dengan adaptor yang dijual di pasaran. Beberapa adaptor memiliki batas ukuran dan berat maksimal kamera. Pilihlah yang cocok dengan kamera Anda.

Untuk penggunaan di luar ruangan, pilih teleskop yang ringan dan mudah dipasang

Untuk penggunaan di luar ruangan, pilih teleskop yang ringan dan mudah dipasang

Jika Anda ingin memakai teleskop di luar ruangan, periksalah berat dan ukurannya. Dari macam-macam teleskop yang tersedia di pasaran, pilihlah yang aksesorinya bisa dibongkar pasang. 


Jika ingin praktis saat menyimpan, pilih teleskop yang bagian terpanjangnya berukuran maksimal 100 cm. Ukuran tersebut mudah dibawa. Akan lebih baik jika teleskop incaran Anda menyediakan tas penyimpanan. Kami juga menyarankan teleskop yang sekrupnya sedikit dan mudah dibongkar pasang.

Cek ketersediaan sistem deteksi otomatis untuk mencari nebula dan gugus bintang

Cek ketersediaan sistem deteksi otomatis untuk mencari nebula dan gugus bintang

Nebula dan gugus bintang memang sulit ditemukan dengan mata telanjang, bahkan teleskop biasa. Jika ingin melihatnya, pilihlah teleskop yang memiliki sistem deteksi otomatis. Anda hanya perlu mengatur jenis bintang yang ingin dilihat. Setelah itu, teleskop akan mencari dan melacaknya secara otomatis.


Beberapa produk memungkinkan Anda untuk memasukkan nama dan koordinat benda langit menggunakan software khusus. Ada juga produk yang menampilkan display bintang yang dicari. Anda cukup mengarahkan teleskop sesuai display tersebut.


Namun, untuk menggunakannya, Anda butuh pengetahuan lengkap tentang benda-benda langit, seperti susunan dan nama bintang. Hal ini mungkin sulit untuk seorang pemula. Teleskop dengan sistem deteksi otomatis memang lebih pas untuk Anda yang mempunyai pengetahuan lengkap tentang objek astronomi

10 Rekomendasi teleskop bintang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk teleskop bintang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 26 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Nikula F36050 Telescope memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Celestron NexStar 90SLT Computerized Telescope yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 7 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.

Gambar produk
1
Nikula  F36050 Telescope 1

Nikula

2
Space Astronomical Telescope F70060 1

3
Xiaomi  Star Trang Celestron Astronomical SCTW–70 1

Xiaomi

4
Celestron Travel Scope 80 Portable Telescope With Smartphone Adapter 1

Celestron

5
Celestron  PowerSeeker 80EQ Telescope 1

Celestron

6
Meade Instruments Infinity 50AZ 1

Meade Instruments

7
Celestron  NexStar 90SLT Computerized Telescope 1

Celestron

8
Celestron Cometron 114AZ Telescope 1

Celestron

9
Celestron Astromaster 114EQ Telescope 1

Celestron

10
Celestron Astro FI 90mm Refractor Telescope 1

Celestron

Nama produk

F36050 Telescope

Space Astronomical Telescope F70060

Star Trang Celestron Astronomical SCTW–70

Travel Scope 80 Portable Telescope With Smartphone Adapter

PowerSeeker 80EQ Telescope

Infinity 50AZ

NexStar 90SLT Computerized Telescope

Cometron 114AZ Telescope

Astromaster 114EQ Telescope

Astro FI 90mm Refractor Telescope

Keunggulan

Teleskop untuk pemula dengan harga ramah di kantong

Nikmati keseruan melihat benda-benda langit bersama anak

Ajak si kecil menikmati konstelasi bintang dengan teleskop ini

Teleskop bintang portabel, muat dimasukkan ke tas!

Teropong bintang dengan tampilan elegan, hasil visualnya memuaskan

Mengamati objek-objek di darat dan langit lebih leluasa serta presisi

Dilengkapi sistem terkomputerisasi untuk pengamatan tingkat lanjut

Didesain untuk mengamati komet, sekalipun bagi pemula!

Tembus batas angkasa dengan pembesaran salah satu yang tertinggi

Terintegrasi dengan Wi-Fi dan smartphone, mencari objek langit jadi lebih mudah!

Harga mulai dariRp 188.550,00Rp 497.200,00Rp 1.109.700,00Rp 2.323.000,00Rp 2.200.000,00Rp 856.000,00Rp 16.950.000,00Rp 5.495.000,00Rp 4.390.000,00Rp 13.699.000,00
JenisRefraktorRefraktorRefraktorRefraktorRefraktorReflektorCatadioptricReflektor ReflektorRefraktor
DudukanAltazimuthAltazimuthEquatorialAltazimuthEquatorialAltazimuthAltazimuthAltazimuthEquatorialAltazimuth
Diameter50 mm60 mm 70 mm80 mm80 mm 50 mm 90 mm 114 mm 114 mm 90 mm
Eyepiece6 mm, 20 mm4 mm (175 kali), 12,5 mm (56 kali), dan 20 mm (35 kali)20 mm (30 kali, 100 kali)20 mm (20 kali), 10 mm (40 kali)20 mm (45 kali), 4 mm (225 kali)Tidak disebutkan25 mm (50 kali), 9 mm (139 kali) 20 mm, 10 mm20 mm (50 kali), 10 mm (100 kali)25 mm (36 kali), 10 mm (91 kali)
Batas magnitudo10,910,811,7121210,912,312,812,812,3
Daya pengumpulan cahaya51 kali73 kali100 kali131 kali131 kali51 kali165 kali265 kali265 kali165 kali
Adaptor kameraTidak disebutkanTidak disebutkanAdaAdaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanAda
Berat・UkuranTidak disebutkanTidak disebutkan・70 cm x 10 cmTidak disebutkan1,9 kg・Panjang tabung optik: 45,72 cm8,62 kg・Panjang tabung optik: 96,5 cmTidak disebutkanTidak disebutkan3,81 kg・Tinggi: 73,7–116,8 cm13 kg・Tinggi: 81,28–129,54 cm6,8 kg・Tinggi: 86,36–137,16 cm
Tautan produk
10

CelestronAstro FI 90mm Refractor Telescope

Mulai dari Rp 13.699.000,00

JenisRefraktor
DudukanAltazimuth
Diameter90 mm
Eyepiece25 mm (36 kali), 10 mm (91 kali)
Batas magnitudo12,3
Daya pengumpulan cahaya165 kali
Adaptor kameraAda
Berat・Ukuran6,8 kg・Tinggi: 86,36–137,16 cm
9

CelestronAstromaster 114EQ Telescope

Mulai dari Rp 4.390.000,00

JenisReflektor
DudukanEquatorial
Diameter114 mm
Eyepiece20 mm (50 kali), 10 mm (100 kali)
Batas magnitudo12,8
Daya pengumpulan cahaya265 kali
Adaptor kameraTidak disebutkan
Berat・Ukuran13 kg・Tinggi: 81,28–129,54 cm
8

CelestronCometron 114AZ Telescope

Mulai dari Rp 5.495.000,00

JenisReflektor
DudukanAltazimuth
Diameter114 mm
Eyepiece20 mm, 10 mm
Batas magnitudo12,8
Daya pengumpulan cahaya265 kali
Adaptor kameraTidak disebutkan
Berat・Ukuran3,81 kg・Tinggi: 73,7–116,8 cm
7

Celestron NexStar 90SLT Computerized Telescope

Mulai dari Rp 16.950.000,00

JenisCatadioptric
DudukanAltazimuth
Diameter90 mm
Eyepiece25 mm (50 kali), 9 mm (139 kali)
Batas magnitudo12,3
Daya pengumpulan cahaya165 kali
Adaptor kameraTidak disebutkan
Berat・UkuranTidak disebutkan
6

Meade InstrumentsInfinity 50AZ

Mulai dari Rp 856.000,00

JenisReflektor
DudukanAltazimuth
Diameter50 mm
EyepieceTidak disebutkan
Batas magnitudo10,9
Daya pengumpulan cahaya51 kali
Adaptor kameraTidak disebutkan
Berat・UkuranTidak disebutkan
5

Celestron PowerSeeker 80EQ Telescope

Mulai dari Rp 2.200.000,00

JenisRefraktor
DudukanEquatorial
Diameter80 mm
Eyepiece20 mm (45 kali), 4 mm (225 kali)
Batas magnitudo12
Daya pengumpulan cahaya131 kali
Adaptor kameraTidak disebutkan
Berat・Ukuran8,62 kg・Panjang tabung optik: 96,5 cm
4

CelestronTravel Scope 80 Portable Telescope With Smartphone Adapter

Mulai dari Rp 2.323.000,00

JenisRefraktor
DudukanAltazimuth
Diameter80 mm
Eyepiece20 mm (20 kali), 10 mm (40 kali)
Batas magnitudo12
Daya pengumpulan cahaya131 kali
Adaptor kameraAda
Berat・Ukuran1,9 kg・Panjang tabung optik: 45,72 cm
3

Xiaomi Star Trang Celestron Astronomical SCTW–70

Mulai dari Rp 1.109.700,00

JenisRefraktor
DudukanEquatorial
Diameter70 mm
Eyepiece20 mm (30 kali, 100 kali)
Batas magnitudo11,7
Daya pengumpulan cahaya100 kali
Adaptor kameraAda
Berat・UkuranTidak disebutkan
2

Space Astronomical Telescope F70060

Mulai dari Rp 497.200,00

JenisRefraktor
DudukanAltazimuth
Diameter60 mm
Eyepiece4 mm (175 kali), 12,5 mm (56 kali), dan 20 mm (35 kali)
Batas magnitudo10,8
Daya pengumpulan cahaya73 kali
Adaptor kameraTidak disebutkan
Berat・UkuranTidak disebutkan・70 cm x 10 cm
1
JenisRefraktor
DudukanAltazimuth
Diameter50 mm
Eyepiece6 mm, 20 mm
Batas magnitudo10,9
Daya pengumpulan cahaya51 kali
Adaptor kameraTidak disebutkan
Berat・UkuranTidak disebutkan

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Jangan memilih teleskop hanya karena harganya murah atau bentuknya menarik menurut mata Anda. Penting untuk memastikan bahwa Anda membeli produk teleskop yang berkualitas. Jadi, hasilnya tidak akan mengecewakan ketika Anda mencoba mengamati planet.


Dengan memilih produk yang tepat, Anda bisa mengamati objek astronomi tersebut dengan jelas, tidak berupa titik kecil saja. Agar lebih mudah lagi, Anda dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi peta langit seperti Stellarium, Sky Maps, dan Star Chart.

Baca juga rekomendasi perlengkapan outdoor di sini

Apakah Anda senang mengamati rasi bintang di luar ruangan? Untuk Anda, kami telah mengulas berbagai perlengkapan outdoor yang dibutuhkan. Jika Anda tertarik untuk membacanya, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Bagi Anda yang senang mengamati bintang-bintang, teleskop akan membantu untuk mengetahui jenis dan rasi bintang yang tersusun di langit. Kami pun telah memberikan tips memilih teropong bintang yang tepat serta rekomendasi produk terbaik untuk dipertimbangkan. 


Ada berbagai jenis teleskop bintang yang dapat ditemukan di pasaran. Harga dan fiturnya pun bervariasi. Anda dapat menjadikan artikel kami sebagai panduan untuk memilih. Semoga ulasan ini membantu, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah. Namun, bagaimana jika Anda mengendarai motor atau sepeda? Mantel atau jas hujan tentu menjadi barang yang lebih tepat untuk dipakai. Baik model ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian agar tak basah. Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Respiro, Axio, hingga EIGER. Kali ini, kami akan memberikan review produk jas hujan terbaik yang hadir dalam berbagai harga. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Simak hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Ponco Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Ponco Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ponco adalah model jas hujan berbentuk terusan yang memiliki potongan lebar dan besar dengan lubang di bagian tengahnya. Tidak sedikit orang yang ragu memilih model jas hujan ini karena dianggap tidak mampu melindungi tubuh dengan optimal. Kini, desain jas hujan ponco sudah bervariasi dengan berbagai kelebihan.Banyak merek jas hujan ponco yang bagus di pasaran, seperti merek Penguin, Tiger Head, dan Elmondo. Jika Anda berencana membeli jas hujan ponco, kami sarankan untuk menyimak artikel ini. Kami akan mengulas jas hujan ponco terbaik yang aman dan nyaman digunakan. Yuk, langsung disimak!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Walkie talkie dan handy talky sering digunakan sebagai alat komunikasi dalam sejumlah kegiatan. Kedua alat komunikasi ini dijadikan pilihan karena mudah digunakan. Selain itu, walkie talkie dan handy talky dapat dioperasikan tanpa pulsa dan internet sehingga lebih hemat biaya operasional.Anda akan menemukan berbagai merek walkie talkie dan handy talky yang bagus, seperti Motorola, Xiaomi, dan Baofeng. Agar tidak kebingungan saat memilih, kami akan memberikan tips memilih walkie talkie dan handy talky. Kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda berencana hiking atau pergi ke luar negeri saat musim salju? Jika ya, Anda akan membutuhkan down jacket atau jaket bulu angsa yang sesuai. Namun, ada banyak down jacket atau jaket bulu angsa terbaik yang dijual di pasaran. Ada down jacket merek Columbia, Naturehike, dan Decathlon. Agar Anda tidak bingung, kami akan memperkenalkan berbagai down jacket yang bagus untuk pria. Selain itu, kami juga akan memberitahukan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan down jacket terbaik untuk pria. Jadi, simaklah artikelnya dengan saksama, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Salah satu cara melindungi mata saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata anti UV. Namun, banyak orang kebingungan saat mencari kacamata yang efektif mengingat adanya berbagai standar dan perbedaan dalam spesifikasi lensa.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kacamata anti UV agar Anda dapat menemukan produk yang bagus sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari berbagai merek, seperti RockBros, GREY JACK, dan Bitzen. Mari kenakan kacamata yang tepat dan lindungi mata Anda dari radiasi UV!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Handuk Pantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Handuk Pantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya di pantai, Anda bisa memakai handuk pantai atau beach towel selama camping atau untuk menghias rumah. Handuk pantai yang tak lagi dipakai bahkan bisa dijadikan cover sofa atau hiasan dinding! Terlebih lagi, ukuran, desain, dan jenis handuk pantai juga beragam.Daripada galau, lebih baik Anda membaca cara memilih handuk pantai yang bagus dari artikel kami berikut ini. Ada banyak produk dari merek ternama yang bisa dipilih, seperti Naturehike, Frenchie, dan Fipper. Motifnya juga kekinian! Yuk, scroll ke bawah untuk mendapatkan referensi handuk pantai yang keren!
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori